Perayaan Malam Tahun Baru Paling Meriah di Jawa Tengah, Intip 10 Tempatnya Disini

Diposting pada
foto by seputarsemarang.com

Saat mendekati pergantian tahun, mendadak setiap kota disibukkan dengan berbagai persiapan untuk menyambut pesta malam taun baru yang akan digelar secara meriah.

Jawa Tengah menjadi salah satu Provinsi yang merayakan pesta semarak akhir tahun dengan penuh kemeriahan. Banyak kota-kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan perayaan malam taun baru dengan cara-cara unik.

Pesta kembang api, panggung hiburan, konser musik, tiupan terompet menjadi beberapa bagian dari perayaan malam taun baru di Jawa Tengah.

Sentral perayaan pesta malam taun baru di Jawa Tengah pun tersebar di beberapa kota dimana masing-masingnya menyuguhkan tontonan berbeda-beda.

Beberapa kota di Jawa Tengah yang mengadakan perayaan pesta semarak tahun baru diantaranya seperti Semarang, Tegal, Jogja, Solo, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Klaten, Wonogiri, Purworejo dan lain sebagainya.

Jika kamu tertarik untuk menghabiskan malam taun baru di Jawa Tengah, sebelumnya cari tahu dulu yuk dimana kira-kira tempat paling meriah dalam perayaan new year eve tersebut.

Disini kami akan mengajakmu mengulas satu persatu tempat perayaan tahun baru di Jawa Tengah yang tersebar di beberapa daerah kota diantaranya sebagai berikut.

1. Simpang Lima, Semarang

Jika kamu berkunjung ke Semarang dan ingin merayakan malam taun baru disini maka salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah Kawasan Simpang Lima. Anime masyarakat yang berkumpul disini dalam menyambut pergantian tahun sangatlah besar.

BacaJuga:  7 Hal Penting Sebelum Berlibur ke Candi Gedong Songo, Wajib Dibaca!

Dengan merayakan malam tahun baru di kawasan Simpang Lima ini kamu bisa menikmati pertunjukan kembang api dan juga acara panggung hiburan secara bersamaan.

2. Titik Nol Kilometer, Jogja

Merayakan malam tahun baru di Jogja adalah salah satu keinginan yang mungkin dimiliki oleh setiap orang. Kemeriahan yang ditawarkan oleh Kota Jogja dalam menghibur masyarakatnya bisa dinikmati di beberapa titik.

Salah satu lokasi paling favorit untuk menikmati malam tahun baru di Jogja adalah Titik Nol Kilometer. Disini semua orang secara bergembira bersama-sama meneriakan hitung mundur dan tepat jam 00.00 akan ada pertunjukan pesta kembang api nan megah.

3. Jalan Slamet Riyadi, Solo

Perayaan malam tahun baru pun berlangsung juga di Kota Solo. Jika Jogja punya Titik Nol Kilometer sebagai pusat keramaiannya, maka Solo ada Jalan Slamet Riyadi yang menjadi sentral perayaan malam taun baru di Kota Batik ini.

Car Free Night yang berlakukan di Jalan Slamet Riyadi ini membuat masyarakat lebih leluasa untuk menikmati pertunjukan kembang api tepat pada pukul 00.00.

4. Alun-Alun Klaten

Jogja dan Solo sudah, jika kamu ingin merayakan malam tahun baru di Klaten juga bisa nih. Kawasan Alun-alun ini sudah mulai dipadati oleh pengunjung dari awal malam.

Anime masyarakat Klaten dalam menantikan pertunjukan kembang api saat pergantian taun cukup besar. Hal tersebut terbukti dari orang yang memadati kawasan alun-alun Klaten ini berasal dari usia anak-anak sampai dewasa.

5. Pantai Alam Indah, Tegal

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Kota Tegal saat malam perayaan tahun baru nanti, kami rekomendasikan datanglah ke Pantai Alam Indah. Lokasi ini adalah salah satu tempat paling favorit orang Tegal untuk menikmati malam pergantian tahun.

BacaJuga:  7 Pilihan Tempat Belanja di Semarang yang Populer dan Dikenal Murah

Pesta kembang api dan panggung hiburan sering diselenggarakan di Pantai Alam Indah ini. Pengalaman seru menikmati perayaan tahun baru di pinggir pantai bisa jadi momen paling nggak bisa dilupain nih.

6. Bukit Tranggulasih, Purwokerto

Buat kamu yang tinggal di Purwokerto, jika ingin merayakan malam tahun baru dengan cara berbeda, memilih Bukit Tranggulasih sebagai tempat perayaan pergantian taunmu adalah keputusan paling tepat.

Lokasi ini adalah spot terbaik untuk kamu bisa melihat seluruh sudut kota Purwokerto dihiasi oleh warna-warni kembang api menari-nari di langit sambil berkemah dan paginya akan disuguhkan oleh sunrise pertama di awal tahun.

7. Stadion Goentoer Darjono, Purbalingga

Stadion Goentoer Darjono Purbalingga ini sepertinya cocok buat kamu yang ingin dan terbiasa merayakan malam tahun baru dengan menonton konser musik atau event-event tertentu.

Sebab, setiap tahunnya Stadion Goentoer Darjono Purbalingga ini sering mengadakan event untuk merayakan pesta pergantian tahun dengan diisi oleh musisi-musisi dari Ibukota maupun indie lokal.

8. Sungai Serayu, Banjarnegara

Kamu berdomisili di Banjarnegara? Nggak perlu deh jauh-jauh ke Dieng untuk merayakan pesta malam tahun baru. Sebab di Sungai Serayu Banjarnegara ini bakal ada perayaan taun baru yang nggak kalah meriah.

Acara yang bertajuk Larung Lampion Air adalah salah satu agenda perayaan tahun baru di Sungai Serayu. Dimana ribuan lampu lampion akan dihanyutkan secara bersama-sama saat tepat jam 00.00 awal tahun hingga akhirnya terbawa aliran arus Sungai Serayu.

9. Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri

Sama meriahnya dengan yang terjadi di beberapa titik kota di Jawa Tengah, Wonogiri pun rutin menyelenggarakan acara tahunan untuk menyambut malam pergantian taun.

Perayaan tersebut berpusatkan di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Salah satu event perayaan taun baru yang diselenggarakan disini adalah Wonogiri Night Carnival (WNC).

BacaJuga:  King Garden Bandungan, Objek Wisata Baru di Kabupaten Semarang

10. Alun-Alun Purworejo

Lokasi terakhir yang bisa kamu datangi adalah Alun-alun Purworejo. Disini bakal ada panggung hiburan yang setiap tahunnya mengusung tema berbeda-beda.

Ribuan warga memadati kawasan Alun-alun Purworejo ini sejak petang yang semakin penuh saat mendekati peluncuran kembang api ke atas langit Purworejo.

Gimana? Menarik kan perayaan malam tahun baru yang berlangsung di Jawa Tengah? Kalau kamu lebih tertarik merayakan pergantian taun dimana nih?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.