3 Tempat Tahun Baru di Palembang dan Perayaan Pesta Kembang Api

Diposting pada

Palembang menjadi salah satu kota di Indonesia yang tidak akan berdiam diri ketika pergantian tahun menuju 2019 akan terjadi.

Di malam perayaan pergantian tahun baru ini banyak tempat di kota yang terkenal dengan pempeknya ini sudah siap menggelar acara dan juga event hingga hiburan untuk menyambut tahun baru.

Dan tentu saja sudah banyak hotel yang full booking untuk merayakan pesta pergantian tahun ini. Mulai dari hotel Novotel hingga Aston sudah penuh dibooking para wisatawan.

Ditambah lagi memang di setiap hotel juga menggelar acara dan juga hiburan seperti konser musik kecil-kecilan untuk memanjakan para wisatawan yang berniat menghabiskan waktu malam tahun baru di Palembang.

Selain itu juga terdapat berbagai macam paket dan promo guna merayakan pesta tahun baru di sini.

Selain hotel dan juga kafe, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan ketika mengunjungi kota Palembang guna merayakan malam pergantian tahun baru. Apa saja tempat wisata tersebut?

Pesta Kembang Api di Jembatan Ampera. Foto: mapio.com

1. Jembatan Ampera

Kurang pas rasanya mengunjungi kota Palembang tetapi tidak mengunjungi Jembatan Ampera. Jembatan yang bersejarah ini memang menjadi pusat untuk merayakan pesta pergantian tahun baru.

Di sini tentu saja sudah disediakan pesta kembang api guna menghibur para masyarakat Palembang dan juga para turis baik domestik dan juga asing.

Apalagi lokasi kawasan wisata Jembatan Ampera ini sangat menarik dengan latar belakang di kala malam yang sangat pas untuk berfoto atau mengambil gambar.

Kawasan wisata Jembatan Ampera ini memang akan sangat padat. Bahkan berita mengenai rekayasa lalu lintas bagi para masyarakat yang ingin mengunjungi jembatan ini sudah disosialisasi beberapa hari sebelumnya.

BacaJuga:  10 Mall Terbesar dan Terbaik di Palembang

Ketika memasuki malam pergantian tahun baru yang biasanya akan digelar sejak pukul 7 malam, jembatan ini sudah penuh.

Alhasil pada pukul 22.00 WIB hingga acara selesai yang biasanya akan rampung pada pukul 02.00 WIB, Jembatan Ampera sudah ditutup dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

Akan tetapi bagi para masyarakat yang ingin masuk ke Jembatan Ampera dengan berjalan kaki masih diperbolehkan.

Kemeriahan perayaan malam pesta tahun baru di Jembatan Ampera memang sangat menarik. Hampir semua warga akan berkumpul di Jembatan Ampera guna menyaksikan pesta kembang api yang digelar di sekitar kawasan wisata jembatan tersebut.

Sementara untuk area parkir bisa di dekat Benteng Kuto Besak dan juga Masjid Agung Palembang. Dari sini para masyarakat dan turis hanya berjalan kaki sejenak.

Saking penuhnya jembatan Ampera ini membuat kendaraan memang sudah tidak bisa bergerak dan juga menyeberang ke hulu dari hilir.

Tidak heran jika masyarakat Palembang dan juga para wisatawan memilih untuk berjalan kaki menuju ke Jembatan Ampera tersebut.

Para pengendara sepeda motor dan juga mobil sudah disediakan tempat oleh pemda Palembang di sekitar Jembatan Ampera.

Jika area tersebut penuh otomatis harus mencari parkir di area lain yang berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak dan juga Masjid Agung Palembang.

Menjelang malam pergantian tahun baru atau tepatnya jam 12 tepat, pesta kembang api akan dimulai.

Di sekitar Jembatan Ampera ini para wisatawan dan juga masyarakat bisa melihat kemeriahan pesta kembang api tersebut. Ditambah lagi dengan pemandangan dan panorama dari jembatan ini yang sangat indah dan juga menawan.

Penutupan Jembatan Ampera ini memang sangat membantu masyarakat dan juga wisatawan untuk menikmati pesta kembang api dengan leluasa.

BacaJuga:  10 Foto Taman Pelangi Palembang, Lokasi Alamat Peta, Harga Tiket, Sejarah, Buka Sampai Tutupnya Wisata

Apalagi di tahun 2019 nanti Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games. Praktis promosi dan juga perkenalan pesta olahraga Asian Games akan dilakukan di Jembatan Ampera tersebut.

Sementara bagi para wisatawan dan juga masyarakat yang ingin menyeberang dari hulu dan juga hilir, akan diarahkan untuk menuju ke Jembatan Musi II yang akan melewati Jalan Yusuf Singadekane.

Hal ini disebabkan Jembatan Ampera aksesnya ditutup seluruhnya sehingga kendaraan bermotor harus memutar. Penutupan Jembatan Ampera tentu saja sangat efektif dan bisa membantu para wisatawan lebih leluasa berpesta.

Perayaan di Tugu Sea Games. Foto: kalogpalembang.blogspot.com

2. Tugu Sea Games

Kawasan wisata Jembatan Ampera memang menjadi pusat untuk perayaan pesta kembang api guna menyambut tahun baru. Akan tetapi ada beberapa kawasan wisata lainnya yang tidak mau tinggal diam guna menyambut pesta tahun baru. Salah satunya adalah Tugu Sea Games.

Di sekitar kawasan tugu ini juga menjadi salah satu area yang ditutup oleh pihak Polresta Palembang.

Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada para masyarakat dan juga wisatawan guna merayakan pesta kembang api tersebut. Jalan protokol seperti Jalan Jenderal Sudirman hingga ke area Masjid Agung Palembang ini akan ditutup untuk kendaraan bermotor.

Para wisatawan harus memarkir kendaraan sedikit lebih jauh dan berjalan kaki menuju ke kawasan wisata Tugu Sea Games dan juga Masjid Agung Palembang yang letaknya memang berdekatan.

Tugu Sea Games ini berada di depan Masjid Agung Palembang. Di area tugu ini para wisatawan dan juga masyarakat bisa menunggu detik-detik pergantian tahun sembari membunyikan terompet.

Masyarakat Palembang memang menjadikan momen malam tahun baru ini untuk bepergian keluar rumah bersama keluarga. Jembatan Ampera dan juga Tugu Sea Games menjadi lokasi yang favorit bagi masyarakat Palembang.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Punti Kayu Palembang, Taman Atau Hutan Wisata Buka Jam Berapa?

Apalagi mereka membawa kembang api sendiri untuk menambah kemeriahan suasana di pesta tahun baru tersebut.

Jangan lupa untuk waspada dan juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Tidak heran jika di sekitar kawasan wisata ini akan macet total menjelang tahun baru.

Hiburan rakyat. Foto: tribunnews.com

3. Benteng Kuto Besak

Bagi para masyarakat dan juga wisatawan yang ingin menikmati acara dan juga pesta kembang api serta konser musik, bisa menuju ke Plaza BKB atau biasa dikenal dengan Benteng Kuto Besak.

Di sini akan digelar hiburan rakyat berupa konser musik bintang-bintang ternama dari ibukota seperti Saykoji.

Tentu saja konser musik ini akan ditutup oleh pesta kembang api yang digelar di Plaza BKB dan juga Jembatan Ampera yang letaknya berdekatan. Menikmati malam tahun baru di Palembang tentu saja memberikan pengalaman unik dan juga kesan tersendiri.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.