Liburan Sejuk dan Seru Tanpa Bayar di Taman Balai Kota Bandung

Diposting pada

Alamat: Jalan Wastukancana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Google Maps: KlikDisini
Harga Tiket Masuk (HTM): Gratis
Jam Buka: Setiap Hari, 24 Jam
No. Telepon:

Taman balai kota bandung kolam renang harga tiket lokasi jalan menuju ada apa di wikipedia malam hari 2019 buka jam berapa dimana sungai labirin jawa barat air angkot saja 40117 indonesia gembok cinta dewi sartika daerah parkir fungsi masuk rute ke merpati pintu no telepon wisata
foto by instagram.com/lisda7030/

Tahun 2019 ini Indonesia tengah menggalakkan pariwisatanya. Berbagai daerah di pelosok negeri mulai menggali potensi wilayahnya. Di wilayah perkotaan, yang termudah dan banyak memiliki manfaat adalah pembuatan taman.

Taman kota selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan paru – paru kota, juga menjadi tempat hiburan bagi warga sekitar. Seperti Taman Balai Kota Bandung atau Bandung City Hall ini. Ada apa saja di Taman Balai Kota Bandung?

Sejarah Taman Balai Kota Bandung

foto by instagram.com/tita0016/

Dulunya, Taman Balai Kota Bandung lebih dikenal sebagai Taman Dewi Sartika. Hal ini dikarenakan terdapat patung Dewi Sartika, sang tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita, di area ini.

Menurut artikel di Wikipedia, Taman Balai Kota Bandung dulunya berperan penting dalam sejarah. Yaitu digunakan untuk gudang kopi seorang Tuan Tanah dari Priangan bernama Andries de Wilde.

Kemudian, di tahun 1927 gudang kopi ini diruntuhkan dan beralih fungsi menjadi ruang kerja wali kota. Tidak hanya ruang kerja saja, namun juga dilengkapi dengan taman.

foto by instagram.com/kurnia_wandi/

Menurut mitos yang beredar di masyarakat, patung badak putih di sini merupakan persyaratan pusat Kota Bandung. Serta diyakini bahwa lokasi tersebut merupakan tempat berkubangnya badak putih.

BacaJuga:  10 Foto Kampung Gajah Wonderland Bandung Lembang + Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata

Daya Tarik Taman

Gedung Balai Kota termasuk bangunan tertua di Bandung. Di tamannya, ditumbuhi pohon – pohon berusia ratusan tahun hingga membuat area di sini menjadi sangat rimbun.

foto by instagram.com/utarinovindra/

Selain pepohonan yang rimbun, kebunnya pun dihiasi dengan bunga warna – warni yang sangat indah. Ada juga patung dan monumen yang dapat digunakan sebagai spot foto.

Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Balai Kota Bandung ini. Jika ditanya buka jam berapa? Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, pengunjung dapat menikmati objek wisata ini di siang maupun malam hari.

Menelusuri Taman Labirin

foto by instagram.com/fhelintrism4/

Di Taman Labirin, terdapat pintu masuk dari empat penjuru yang berbeda. Dari pintu masuk ini, pengunjung harus mencari jalan keluar. Labirinnya berkelak – kelok dan susah untuk dilalui.

Ditambah lagi, pengunjung tidak dapat melihat jalan sekitar, hanya jalan lurus dan belokan labirin. Hal ini karena labirin menggunakan pembatas berupa rerumputan yang ditanam sangat tinggi, hingga menghalangi pandangan orang dewasa.

Inilah yang membuat Taman Labirin menjadi wahana paling disukai oleh pengunjung. Karena selain seru dan asyik, juga dapat mengasah ketangkasan.

Berfoto di Gembok Cinta

foto by instagram.com/ana.triyana27/

Salah satu area yang menarik lainnya adalah Gembok Cinta. Daerah ini biasa didatangi oleh para pasangan muda – mudi untuk mengabadikan momen mereka. Mengaitkan gembok sebagai pertanda cinta mereka akan semakin langgeng.

Selain itu, di sekitar Gembok Cinta ada taman bunga yang sangat indah. Tertata rapi dan penuh bunga berwarna – warni. Menjadikan lokasi ini sebagai spot foto favorit para pengunjung.

Terkadang, ada merpati yang bergerombol di sini. Menambah romantis suasana di Gembok Cinta.

BacaJuga:  15 Penginapan Murah di Ujung Genteng Mulai 100 Ribu, Dekat Pelabuhan dan Pantai

Arena Bermain Anak dan Area Kebugaran

foto by instagram.com/nizar.rachmadian/

Tidak hanya menyajikan keindahan pemandangan, Taman Balai Kota Bandung juga menyediakan arena bermain untuk anak – anak. Anak – anak tentu tidak akan bosan, yang terpenting orang tua harus selalu mengawasi.

Di sini tersedia permainan anak, seperti jungkat jungkit, ayunan, serta kursi – kursi bagi orang tua yang mengawasi anaknya.

foto by instagram.com/dhiyalova_shadiqah/

Selain itu, ada juga area kebugaran yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun di waktu kapan pun. Orang dewasa dapat menikmati peralatan olahraga seperti di pusat kebugaran secara gratis.

Di sini juga terdapat jogging track yang nyaman digunakan. Pengunjung dapat jogging bersama atau sendiri. Meskipun berada di tengah kota, berolahraga di sini masih tetap nyaman dilakukan, karena polusi tidak terlalu mengganggu.

Bermain Air Sungai

foto by instagram.com/rais.photography/

Di Taman Balai Kota Bandung memang tidak disediakan kolam renang, tapi di sini terdapat aliran air sungai. Sungai yang mengaliri adalah Sungai Cikapayang, dimana sudah melalui proses penyaringan supaya dapat digunakan anak – anak bermain.

Tempat Kegiatan Anak Muda

Taman Balai Kota Bandung dapat menjadi wahana rekreasi keluarga atau tempat berkumpul anak muda. Tempatnya begitu nyaman serta rindang. Selain itu, di sini juga sering diadakan aktivitas anak muda, seperti latihan menari, parkour, serta kegiatan lainnya.

Fasilitas Taman

foto by instagram.com/shoppingntravelingind/

Taman Balai Kota Bandung menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi pengunjung. Diantaranya mushola, lahan parkir, toilet, pusat kebugaran, serta puskesmas kecil yang terletak di pintu masuk taman.

Rute Menuju ke Lokasi

Dengan kendaraan pribadi, pengunjung dapat memanfaatkan Google Maps sebagai penunjuk arah. Sementara jika naik angkot, pengunjung dapat naik angkot rute Kalapa – Ledeng, Stasiun Hall – Dago, Antapani – Ciroyom, Stasiun Hall – Ciumbuleuit, serta Margahayu – Ledeng. Kemudian turun di depan Taman Balai Kota.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.