Tiket Masuk Taman Balekambang Solo, Alamat Wisata Kota Surakarta Jawa Tengah + Sejarah Mister

Diposting pada
Taman Balekambang Solo, foto: solorayaonline.com

Lokasi: Jl. Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 06.00-17.00
Telepon: (0271) 736227

Solo merupakan salah satu kota di jawa tengah yang memiliki banyak sekali daya tarik, sehingga para wisatawan selalu saja ada alasan untuk datang lagi ke daerah ini. Selain masyarakatnya yang masih memegang erat budayanya, juga memiliki tempa wisata menarik. Salah satunya adalah taman balekambang. Dimana sejak tahun 2008 lalu, taman balekambang yang dulunya merupakan tempat khusus keluarga keraton saja telah resmi dibuka untuk umum sebagai hutan kota bagi para warga Surakarta.

Taman tersebut memiliki luas lima hektar dengan berbagai macam pepohonan yang tumbuh. Tentu saja siapa saja yang datang ke teman tersebut akan merasa sejuknya udara. Karena hal itu maka tak heran jika sekarang ini banyak sekali pengunjung baik anak-anak maupun orang dewasa yang menyempatkan waktu mereka untuk datang ke di taman ini. Lalu seperti apakah daya terik yang dimiliki oleh taman balekambang ? Untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

Sejarah Taman Balekambang Solo

salah satu wisata keluarga di solo, foto: kotawisataindonesia.com

Taman Balekambang solo sudah ada sejak tahun 1921 yang dibangun oleh KGPAA Mangkunagara. Pada saat pertama kali di bangun taman ini diberi nama Partini Tuin, dimana nama tersebut dipilih karena untuk mengabadikan putri kesayangannya yang memiliki nama Partini. Rindangnya pepohonan yang ada di taman tak hanya menjadi tempat nyaman untuk bercengkrama dengan teman atau keluarga saja, namun di taman ini para pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas ruang publik.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas tadi, bahwa pada awal dibangun taman balekambang hanya dapat diakses oleh para anggota keluarga kerajaan saja. Dimana baru pada masa pemerintahan kanjeng gusti pangeran aryo adipati VII, taman balekambang ini dibuka untuk umum.

Namun sayang taman balekambang dulu sempat ditinggalkan dan dibiarkan tidak terurus. Meskipun kini pemerintahan kota solo telah melakukan revitalisasi taman balekambang pada tahun 2007. namun taman balekambang dengan luas 9,8 hektare, hingga saat ini, baru bagian barat taman yang selesai di revitalisasi yakni seluas 5,4 hektar saja. Untuk itulah masih dibutuhkan usaha ekstra supaya taman balekambang bisa seindah seperti dulu.

patung partina bosh yang ada di taman, foto: ksmtour.com

Perlu anda ketahui, bahwa taman balekambang ini merupakan tempat grup pelawak srimulat berjaya. Dimana grup lawak yang dipimpin oleh almarhum Teguh berkibar di kota Solo setelah sebelumnya berpindah dari Surabaya. Lewat taman balekambang, grup lawan tersebut berhasil mengeluarkan beberapa pelawak terkenal seperti jujuk, pepe, gepeng. Namun sayang, kesuksesan srimulat di kota solo tidak berlangsung lama dan akhirnya mereka gulung tikar.

Setelah hilangnya srimulat, membuat taman balekambang semakin kelam. Dimana banyak masyarakat sekitar yang lebih menyukai dunia gemerlap jika dibandingkan dengan ruang publik di Balekambang. Bahkan dulu di taman balekambang sempat berdiri sebuah panti pijat, namun akhirnya berhasil dibersihkan oleh pemimpin surakarta pada saat itu yakni Jokowi dan Rudy.

 Pesona Keindahan Taman Balekambang Solo

salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar taman, foto: lihat.co.id

Sekarang ini balekambang telah berhasil dikembalikan menjadi sebuah taman yang benar-benar nyaman dan asri. Bahkan taman balekambang ini hampir mirip seperti kebun bogor, hanya saja berbeda luas tanah dan tidak adanya istana negara. Selain itu rencana pemerintah kota solo akan mengembangkan balekambang menjadi taman botani. Dimana nantinya akan terdapat banyak sekali berbagai macam pohon langka yang tumbuh rindang. Selain itu rencananya akan dibangun sebuah gedung baru bersebelahan dengan bangunan teater terbuka, dimana nantinya juga akan digunakan untuk pentas ketoprak.

Pertama kali didirikan, taman ini belum menggunakan balekambang. Dimana terdapat dua nama yang pernah di sematkan untuk taman ini, karena memang terbagi menjadi dua bagian. Untuk bagian pertama diberi nama partini tuin atau taman air partini dan yang kedua yakni partinah bosch atau hutan partinah.

Dimana di partini tuin terdapat sebuah kolam besar dan kolam renang dengan dua buah balai. Untuk balai pertama bernama bale apung. Pada saat awal didirikannya balai ini digunakan untuk tempat bersantai dan berkumpulnya anggota keluarga kerajaan. Nama balekambang sendiri konon berasal dari kata gabungan bale  dan kambang yang berarti mengapung.

daya tarik taman balekambang, foto: tstatic.net

Hal tersebut merujuk pada sebuah balai yang berada di atas telaga kecil di jaman dulu. Dimana memang para masyarakat dahulu sering memberi nama sebuah tempat dengan begitu sederhana dan sangat praktis. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah diingat dan tidak terlalu asing didengar. Pada jaman dulu bale mengapung tersebut berada diantara ribuan pepohonan yang sangat rindang, sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk beristirahat.

Nah untuk sekarang di kolam besar tersebut terdapat jasa penyewaan perahu yang dapat digunakan para pengunjung untuk berkeliling kolam. Selain itu pada acara tertentu, kolam besar tersebut akan digunakan sebagai arena lomba pemancingan.

Sedangkan untuk bale yang satunya diberi nama bale titayasa. Dimana pada jaman dulu, balai tersebut berfungsi sebagai tempat berganti pakaian anggota keluarga ketika ingin berenang. Hal ini karena di depan balai tersebut terdapat sebuah kolam renang besar, namun saat ini sudah tidak bisa digunakan kembali.

Sekarang kita beralih ke bagian lain dari taman ini, yakni partinah bosch. Dimana bagian taman tersebut sangat indah karena memiliki koleksi berbagai macam tanaman langkah, seperti beringin sungsang dan putih, kenari dan masih banyak lagi. Selain itu di taman tersebut hidup bebas kawanan kera, rusa dan angsa. Para pengunjung pun bisa mengunjungi taman ini atau duduk santai di bangku-bangku yang telah di sediakan di sekitar.

Untuk para pengujung yang ingin berkeliling taman namun males jalan kaki, maka bisa menyewa jasa kereta wisata. Dimana nantinya para pengunjung harus menggowes sendiri dan ada pula kera yang ditarik oleh kuda. Tentu saja kegiatan tersebut akan sangat seru, mengingat kita bisa menikmati keindahan taman balekambang.

suasana di dekat danau, foto: hoteldiindonesia.com

Selain itu di bagian paling belakang, terdapat taman reptil balekambang, dimana taman tersebut baru diresmikan pada tahun 2012. Hadirnya taman tersebut tidak terlepas dari dukungan komunitas pecinta reptil yang berkumpul di taman balekambang. Hal ini karena komunitas tersebut tidak memiliki tempat tepat, akhirnya dibangun taman reptil ini. Karena itulah seluruh koleksi reptil yang ada di taman tersebut merupakan sumbangan dari komunitas. Sedangkan untuk perawatan sehari-hari dari koleksi yang ada di taman ini menjadi tanggung jawab komunitas pecinta reptil.

Tidak hanya memiliki berbagai macam jenis reptil saja, dimana di taman reptil balekambang ini juga terdapat batu istimewa yang diberi nama batu asmara. Batu asmara tersebut merupakan pecahan dari meteor yang pernah jatuh di sekitar kota solo. Batu meteor tersebut terdapat dua buah, dimana selain di dalam reptil balekambang juga terdapat di sebelah sisi area taman.

Tak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, namun di taman balekambang juga menjadi salah satu tempat berkembangnya berbagai seni asal kota surakarta. Hal ini karena di taman ini terdapat dua tempat pertunjukan yang megah. Untuk panggung di luar mampu menampung sekitar 1000 penonton, dimana area tersebut biasanya digunakan untuk pementasan sendratari ramayana setiap malam bulan purnama. Selain sendratari ramayana, pentas seni lainnya yang sering di lakukan di panggung tersebut adalah tembang kenangan, musik keroncong dan musik-musik lainnya. Semua pertunjukan tersebut dibuka untuk umum.

fetival payung yang dilakukan di sekitar taman, foto: breakingnews.co.id

Sedangkan untuk panggung pertunjukan yang ada di dalam gedung mampu menampung sekitar 300 penonton. Gedung tersebut sering diadakan pagelaran ketoprak setiap sabtu malam. Masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan di kedua bangunan pertunjukan di taman balekambang ini.

Untuk saat ini taman balekambang sering digunakan sebagai tempat untuk menyambut para tamu petinggi pemerintahan kota surakarta, acara pesta terbuka yang sangat mengesankan. Jadi tidak salah jika taman balekambang menjadi salah satu tempat tujuan wisata anda dan keluarga ketika berada di kota solo. Selain tempatnya yang cukup menarik dan asri, para pengunjung pun tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk taman alias gratis.

Karena hal itu taman balekambang menjadi salam satu ruang tersebut yang nyaman dan indah untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Dimana kita hanya perlu membayar parkir kendaraan saja, anda bisa menikmati keindahan taman balekambang ini.

patung yang ada di tengah-tengah kolam, foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Nah untuk Anda yang memiliki rencana untuk berwisata di sana, disarankan untuk membawa bekal makanan minuman seperlunya. Ya meskipun disana kita juga akan menemui beberapa pedagang kaki lima yang menjual berbagai minuman serta makanan ala kadarnya. Namun akan lebih baik jika membawa makanan sendiri dari rumah.

Selain itu harap diingat, jangan suka membuang sampah secara sembarangan. Kita harus selalu menjadi taman balekambang tetap asri dan bersih, sehingga area terbuka ini tetap lestari.

Fasilitas di Taman Balekambang Solo

festival yang di adakan sekitar taman, foto: surakarta.go.id

Tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas fasilitas apa saja yang ada di dalam taman balekambang solo ini. Jika berbicara fasilitas, tentu saja taman yang satu ini memiliki fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Seperti kereta kuda, perahu kayuh, mobil-mobilan berkapasitas empat orang pun ada di taman ini, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah para pengunjung ketika ingin berkeliling ke seluruh bagian balekambang.

Karena lengkapnya fasilitas di taman balekambaang, membuat tidak hanya anak-anak saja yang senang bermain di area terbuka ini, namun para remaja pun juga merasa takjub dengan pesona alam dari tempat rekreasi. Bahkan karena keindahannya, sering sekali taman wisata balekambang ini dijadikan sebagai tempat pemotretan pre-wedding.

Nah untuk anda yang hobi browsing internet, maka tak perlu khawatir kehilangan signal atau kehabisan kuota. Karena di taman balekambang ini tersedia hotspot wifi secara gratis yang bisa digunakan oleh seluruh pengunjung. Selain itu pemerintahan kota surakarta juga memasang dua tower yang berfungsi untuk memancarkan koneksi internet.

Lokasi Taman Balekambang

Nah untuk anda yang tertarik ingin pergi berwisata ke taman balekambang ini bersama keluarga, maka langsung saja datang ke alamatnya. Untuk persisnya taman balekambang ini beralamat di Jl. Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Dimana lokasi tersebut persis terletak di sisi utara stadion manahan solo dan tak jauh dari terminal bus tirtonadi serta stasiun balapan.

Karena lokasinya dekat dengan terminal dan bus, maka akses menuju ke taman balekambang ini sangat mudah sekali. Dimana selain menggunakan kendaraan pribadi, para pengunjung juga bisa menggunakan transportasi umum yang tersedia menuju ke sana. Anda hanya perlu naik bus dari kota asal anda dan turun di terminal tirtonadi. Nah dari Tirtonadi anda bisa bisa melanjutkan perjalanan dengan naik becak, dimana hanya perlu membayar ongkos sekitar Rp 10 ribu atau Rp 15 ribu dari Stasiun Balapan.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Tiket Masuk Taman Balekambang Solo, Alamat Wisata Kota Surakarta Jawa Tengah + Sejarah Mister

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.