Menikmati Warna Warni di Taman Bunga Cihideung

Posted on

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri, Isola, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 5.000,-
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:

foto by bolangroyal.blogspot.com

Tak berlebihan memang jika Bandung mendapat julukan Kota Kembang. Bukan kembang desa ya guys! Tapi kembang dalam arti yang sebenarnya.

Sepanjang sejarah, bahkan dari zaman kolonial, kota Bandung sudah terkenal dengan tumbuhan hias beraneka ragam.

Berbagai taman kota dengan hiasan tumbuhan yang apik dan berwarna – warni menghias kota ini. Berada di kawasan yang sejuk menjadikan Kota Bandung cocok ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan hias.

Bergeser ke daerah wisata Lembang, Kabupaten Bandung, kita akan menemui sebuah kawasan taman bunga terbesar di Bandung. Taman Bunga Cihideung namanya.

foto by wisatalembangjabar.blogspot.com

Objek wisata yang menempati kawasan seluas 50 hektar ini memiliki berbagai jenis tanaman hias yang lengkap. Baik tanaman bunga hias maupun tanaman bunga potong.

Tanaman bunga hias adalah tanaman untuk hiasan taman sedangkan tanaman bunga potong diperuntukkan sebagai hiasan dekorasi untuk berbagai hajatan seperti kawinan dan lainnya.

Jika anda kebetulan mendapati sebuah hajatan di Bandung dengan dekorasi bunga yang segar dan indah. Maka bisa dipastikan bunga-bunga tersebut berasal dari Taman Bunga Cihideung.

Atau berbagai tanaman hias di taman-taman kota Bandung, juga diambil dari Taman Bunga Cihideung. Karena tempat tersebut merupakan taman bunga terluas dan terlengkap di Bandung dan sekitarnya.

foto by pesonawisataindonesia.com

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan aneka tanaman hias di pekarangan warga. Dimana sebagian besar penduduk di desa Cihideung memang berprofesi sebagai petani tanaman hias.

Maka tak heran jika pekarangan rumah mereka dipenuhi oleh tanaman hias. Tanaman hias maupun bunga potong tersebut nantinya akan dijual tidak hanya di Bandung tapi juga ke berbagai kota di Indonesia.

BacaJuga:  10 Foto Taman Pustaka Bunga / Cilaki di Bandung, Alamat Lokasi Dimana + Tiket Masuk

Berbagai tanaman hias yang ada di objek wisata ini antara lain jenis Anggrek, aneka Bonsai dengan berbagai bentuk, Mawar, Bougenfil, tanaman Gelombang Cinta dan masih banyak lagi lainnya.

Seluas mata memandang, anda akan disuguhi warna-warni bunga yang indah dan tertata sedemikian rupa. Tak heran jika tempat ini dikunjungi ratusan bahkan ribuan warga setiap harinya.

foto by dolandolen.com

Selain itu, ada juga tempat-tempat wisata bagus lainnya yang berdekatan dengan objek wisata ini di kawasan Lembang.

Destinasi tersebut antara lain Dusun Bambu Lembang, De Ranch Lembang Bandung, Pine Forest Camp Lembang Bandung, Grafika Cikole, Kampung Daun dan masih banyak lainnya.

Jika anda berhasrat untuk memiliki tanaman hias yang anda inginkan. Anda dapat membelinya di sini. Harga dari tanaman tersebut bervarian.

Ada yang murah mulai dari puluhan ribu, juga ada yang mahal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung jenis dan ukuran tanaman yang dibeli.

Lokasi dan rute menuju Taman Bunga Cihideung

foto by sebandung.com

Objek wisata ini berada di alamat Jl Sersan Bajuri, Parompong, Lembang, Bandung. Letak destinasi ini berada di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut yang menjadikan lokasinya berhawa sejuk.

Agar dapat sampai ke objek wisata yang satu ini, kita dapat melakukan dengan dua cara. Yaitu memakai kendaraan pribadi dan kendaraan umum.

Jika kita melihat di Peta, lokasi Taman Bunga Cihideung masih dalam kawasan Jl.Sersan Bajuri, tepatnya di km 5. Kalau dari kota Bandung sekitar 20 km dan memakan waktu selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam perjalanan.

Jika memakai kendaraan pribadi, dari pusat kota anda diharuskan berkendara menuju Lembang di utara.

foto by infopromodiskon.com

Ambil arah ke Terminal Ledeng melalui Jl.Sukajadi atau Jl.Cipaganti, kemudian lanjut ke Jl Setiabudi Dalam sampai Terminal Ledeng. Dari sini ambil jalan cabang ke kiri di Jl.Sersan Bajuri hingga kilometer 5.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Cirebon Harga Murah Mulai Rp.170.000 Saja!

Jika anda kesulitan, maka bisa memakai Google Maps sesampainya di Jl. Sersan Bajuri untuk mengetahui denah lokasi di peta. Bisa juga bertanya ke warga sekitar.
Namun jika anda berkendara dari Kota Cimahi. Anda harus berkendara ke arah utara di Jl.Moh. Daeng Ardiwinata lanjut di Jl.Cihanjuang Rahayu hingga pertigaan Jl.Kolonel Masturi.

Dari sini anda belok kanan dan ikuti Jl.Kolonel Masturi hingga bersambung dengan Jl.Sersan Bajuri. Sekarang anda sudah dekat dengan tujuan, tinggal melanjutkan perjalanan menuju Taman Bunga Cihideung.

foto by istanavilla.net

Untuk kendaraan umum terdapat 2 rute. Pertama jika anda berada di Stasiun
Kereta Bandung. Keluar stasiun dari pintu keluar utara atau di Jl.Kebon Kawung.

Lalu naik angkot L-300 warna krem-hitam tujuan Lembang dan turun di pertigaan Setiabudi. Kemudian dari Jl.Sersan Bajuri (Ledeng) naik angkot jurusan Parompong dan turun di Taman Bunga Cihideung.

Rute kedua adalah dari Stasiun Kiaracondong, naik angkot biru-kuning 15 Margahayu Raya ke terminal Ledeng turun pertigaan Setiabudi. Lanjut angkot ke Parompong dan turun di Taman Bunga Cihideung.

Jam Operasional dan Fasilitas

foto by idntimes.com

Jam Operasional objek wisata di buka dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Disarankan untuk datang bukan saat libur sekolah. Karena pasti ramai. Jika demikian maka jangan berharap gambar anda akan instagrammable.

Pengelolaan taman wisata ini sudah cukup modern. Dengan harga tarif tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan.

Diantaranya adalah area parkir yang cukup luas, musholla, taman bunga, taman sayur, taman pembibitan benih dan warung makan.

Dengan adanya fasilitas yang memadai, diharapkan dapat menunjang kenyamanan pengunjung taman. Sehingga akan memberikan pengalaman yang berkesan selama kunjungan.

BacaJuga:  10 Gambar Danau Marakas Bekasi + Harga Tiket Masuk Kolam Renang
foto by sebandung.com

Taman Bunga Cihideung sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, terutama pada saat libur sekolah. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota menjadikan taman ini selalu ramai pengunjung.

Tips-tips berlibur asyik di Taman Bunga Cihideung

1. Datang di hari biasa

Yups, tidak salah lagi. Jika kamu ingin menikmati taman bunga dengan selfie maksimal. Usahakan datang di hari biasa alias bukan hari libur sekolah. Karena pengunjung akan sangat ramai di hari libur.

2. Datang dengan teman

Biar lebih asyik tentunya. Datang sendirian bukanlah pilihan bijak, karena kamu hanya akan berkeliling taman tanpa ada yang diajak ngobrol. Minimal jika membawa teman kamu tidak kesusahan ketika ambil foto.

foto by thebandungtour.com

3. Membawa makan sendiri

Kalau yang ini pasti alasannya bukan untuk berhemat lho ya! Mungkin terdengar pelit, namun jika kita membawa makanan sendiri dari rumah.

Tentunya makanan yang kita sukai, karena belum tentu jajanan yang di jual di objek wisata sesuai dengan selera kita. Disamping itu biar kita tidak mengeluarkan uang lagi untuk konsumsi di lokasi wisata.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

4. Membawa kendaraan sendiri

Membawa kendaraan sendiri akan menghemat waktu lebih banyak dibanding dengan transportasi umum. Rute yang dilewati tentunya yang paling pendek dan bisa mengakses jalanan yang paling cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.