10 Gambar Taman Gantung Surabaya, Awalnya Pintu Masuk Jembatan Penyeberangan

Posted on
Taman gantung surabaya minimalis sekarang sederhana lampu gambar asli rumah bali pot ubud singapore desain kursi irak hotel hias foto dari botol bekas negara pahang bandung tunjungan adalah anggrek diri peninggalan seni rupa arsitektur alamat solo aneka babel dibuat saat ini yang menjadi legenda terletak belakang cantik wisata cadas contoh cerita dinding barang depan kelas tembok fungsi fakta mesir hidroponik
Taman Gantung Surabaya, Foto: sbyatunjungan.blogspot.com

Alamat: Jalan Tunjungan no. 12, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kode Pos: 60275
Map Lokasi: Klik Disini
Jam Buka: 24 jam
Harga Masuk: Gratis
Telp: (031) 99001779

Rekan-rekan traveler, kembali membicarakan kota Surabaya, kota ini sangat dikenal dengan cerita legenda klasik ‘ikan Sura dan Buaya’, sebuah kisah kuno yang menjadi simbolis berdirinya kota tersebut (yang kemudian dijadikan ikon asli kota hingga Surabaya saat ini), banyak hal dapat kita ulik dari kota tua penuh kisah ini. Kota Surabaya juga adalah satu kota yang sarat dengan peninggalan sejarah dan menjadi bagian penting dalam sejarah NKRI.

Penyejuk di Tengah Himpitan Metropolitan Surabaya, Foto: adeutomo.com

Tidak hanya itu selain terkenal sebagai kota bersejarah, ibukota provinsi Jawa Timur ini juga memiliki tata kota yang baik dan didukung dengan berbagai rupa seni dalam bangunan. Berkunjung ke kota yang bisa dikatakan luas ini, Anda bisa menikmati beberapa rumah dan tempat-tempat bersejarah, juga beragam desain cantik dan modern dalam penataan kota yang belakangan semakin dikembangkan oleh pemerintah kota Surabaya.

Mulai dari penataan jalan raya yang cukup lebar, dengan jajaran gedung-gedung bertingkat yang sarat modernisasi, hotel-hotel berbagai macam kelas, serta tanaman berwarna hijau yang ditanam di sepanjang jalan, membuat kota yang cukup panas ini memiliki udara yang masih baik. Tak heran saat ini kota Surabaya menjadi salah satu jajaran depan destinasi wisata. Tidak sedikit juga loh taman kota yang dibangun oleh pemerintah untuk mempercantik Surabaya.

Taman Gantung Tunjungan, Foto: swiss-belhotel.com

Sobat Traveler, berbicara tentang hijaunya Surabaya dan keindahan arsitektur kotanya, ada satu tempat sederhana namun menarik yang bisa Anda kunjungi, yaitu Taman Gantung Surabaya. Kalau di luar negeri, ada beberapa taman yang terkenal seperti negara Singapura punya Garden By The Bay Singapore, Malaysia punya Taman Negara Pahang, Mesir punya Taman Al-Azhar, Irak punya Sami Abdulrahman Park.

Negara kita Indonesia juga tak mau kalah loh, lihat saja di Ubud-Bali punya Taman Saraswati, Bandung punya Taman Jomblo dan Cadas Gantung, Solo punya taman Balai Kambang, Babel (Bangka Belitung) punya taman baca Sungailiat, Surabaya pun punya taman yang tak kalah keren, Taman Gantung Tunjungan namanya, terletak di Kawasan jalan Tunjungan, jalan yang menjadi saksi bisu fakta sejarah Surabaya.

BacaJuga:  10 Gambar Pelabuhan Tanjung Perak, Hotel Dekat Lokasi + Letak Alamat Peta Fasilitas
Salah Satu Taman Indah di Tengah Kemacetan Surabaya, Foto: surabayaadventure.com

Ibu Risma, selaku walikota Surabaya, memiliki program untuk membangun banyak taman yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, Taman Gantung adalah salah satu hasil ide inovatif walikota wanita pertama kota Surabaya ini. Fungsi dan tujuannya jelas, taman ini dibuat untuk memberi ruang istirahat yang hijau pada rakyat dari berbagai kalangan dengan meletakkan berbagai barang yang cantic nan asri di taman.

Dengan cantiknya, bangunan minimalis ini dihias menjadi taman gantung yang cantik. Taman yang terletak di Jalan Tunjungan ini juga menjadi favorit masyarakat. Sekarang masyarakat bisa mengunjungi taman ini kapanpun, baik siang hari ataupun malam dengan bantuan lampu kota, secara gratis.

Bangunan Bekas Toko yang Disulap Jadi Taman Cantik, Foto: centroone.com

Lokasi dan Fasilitas Taman Gantung

Konsep yang unik dan menarik diusung oleh pemerintah kota Surabaya untuk Taman Gantung ini. Peresmiannya dilakukan pada tanggal 26 Juli 2016. Taman ini terletak di lorong jembatan sepanjang 30 meter di kawasan ekonomi Jalan Tunjungan Surabaya. Perlu diketahui jalanan kawasan Tunjungan notabene adalah jalanan terpadat di kota Surabaya, kita akan menjumpai banyak gedung-gedung tinggi, gedung-gedung tua, dan hampir tidak ada lahan hijaunya, hal inilah yang mendorong Walikota setempat membuat Taman Gantung ditengah kota.

Menggantung Diantara Gedung-Gedung, Foto: semesta.com

Letaknya unik, yaitu berada di jembatan penyeberangan. Tidak banyak ragam koleksi tanaman yang berada di tempat ini, hanya beberapa tumbuhan hias (terutama yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari dan tidak membutuhkan lahan tanah yang luas) seperti tumbuh-tumbuhan hidroponik, anggrek, dan tanaman lain yang hanya membutuhkan pot sebagai media lahan tanam.

Taman Dengan Konsep Semi Indoor di Surabaya, Foto: facebook.com

Rekan travelers, taman ini dapat menjadi inspirasi dan contoh bagi Anda bila menginginkan taman yang indah tetapi murah dan mudah, botol bekas yang dijadikan pot yang bisa Anda gantungkan pada tembok rumah.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Pulau Gili Labak Madura Sumenep + Paket Biaya Ke Tempat Wisata

Di Taman Gantung Surabaya ini, tersedia beberapa kursi memanjang, masyarakat dapat memanfaatkan kursi yang telah disediakan untuk sekadar beristirahat sambil menikmati hiasan, tumbuhan, dan dinding taman yang menarik, atau dapat juga memanfaatkan momen untuk foto, mengambil gambar dengan latar belakang taman gantung.

Penghubung Gedung, Foto: ezytravel.co.id

Rute untuk Parkir

Sobat traveler, perlu hati-hati nih ketika ingin parker menuju ke Taman Gantung. Perlu diketahui juga bahwa jalan Tunjungan itu jalan searah atau one way. Maka ada baiknya bila sobat traveler mengetahui terlebih dahulu bagaimana sobat traveler bisa sampai ke Taman Gantung tanpa bolak-balik.

Kalau sobat traveler mengujungi Taman Gantung dengan menaiki kendaraan pribadi (motor atau mobil) dan berasal dari arah blauran, tidak perlu repot, Anda bisa memarkirkan kendaraan di sisi kanan bawah Jembatan. Tenang, motor Anda akan aman karena sudah ada petugas parkir yang menjaga motor sobat di sana. Tetapi kalau sobat traveler mengujungi Taman Gantung dengan menaiki kendaraan pribadi (motor atau mobil) dari arah Tugu Pahlawan, tak perlu khawatir juga, karena ada parkir resmi di sisi kiri jalan.

Maksimalkan Ruang Kota, Foto: primaradio.co.id

Untuk sampai ke taman yang letaknya menggantung di atas, maka sobat perlu terlebih dahulu meniti beberapa anak tangga yang berada di bawah taman Gantung yang tidak terlalu tinggi. Taman Gantung Surabaya ini, mengubah image diri, kawasan jalan Tunjungan yang semula terkenal dengan kawasan kuno di Surabaya, tetapi kini menjadi kawasan yang indah dan hijau. Kalau sobat ke sana pada malam hari, ada pemandangan unik loh, karena lampion yang didominasi warna merah akan dinyalakan, bagus deh buat foto.

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke Taman Gantung ini adalah 0 rupiah alias Gratis, Cuma bayar parkir aja. Bisa jadi contoh buat kota-kota lain nih. Pengunjung bisa melihat tata kota kawasan Tunjungan yang kini tertata rapi.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Payangan Teluk Love Jember, Jalan Menuju Lokasi Wisata + Harga Tiket Masuk
Tunjungan Semakin Indah, Foto: facebook.com

Fasilitas

Walaupun Gratis tetapi Pemkot setempat menyediakan beberapa fasilitas, untuk menikmati suasana taman dan kota tua Tunjungan maka disediakan bangku taman. Ada tempat parkir yang cukup luas untuk mobil dan motor.

Keberadaan Taman Gantung berhasil menghidupkan kembali suasana Tunjungan yang sarat dengan sejarah Sarabaya. Adanya bunga-bunga yang Indah dan terawat untuk memanjakan mata pengunjung. Karena Tanaman harus disiram dengan air setiap hari maka Taman Gantung ini dilapisi lapisan persil supaya airnya tidak menetes ke bawah dan mengganggu keberadaan kendaraan bermotor yang berlalu lalang di bawah taman. Uniknya taman ini memiliki tema yang mempengaruhi jenis tanaman yang ada, misal dalam kuartal pertama dengan tema mawar, maka bunga yang berada di taman adalah varian tanaman berbagai macam bunga mawar, maka kuartal kedua beda lagi tema.

Dengan adanya Taman Gantung ini, ‘Wajah dan Diri’ Jalan Tunjungan kini sudah nampak cantik dan indah, silahkan sobat traveler mampir ke Taman Gantung di kawasan jalan Tunjungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *