10 Gambar Taman Impian Jaya Ancol, Harga Tiket Masuk Sea World + Peta Denah Wahana Wisata

Diposting pada
Rate this post
Gambar taman impian jaya ancol harga tiket masuk sea world peta denah wahana wisata alamat jakarta utara sejarah dufan promo luas restoran letak map logo indonesia gelanggang samudra foto atlantis hotel website nomor telepon kawasan 2019 dulunya adalah buka jam berapa berada di kota biaya latar belakang
Taman Impian Jaya Ancol, Foto: malanmalan.blogspot.com

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara 14430
Map:
KlikDisini
HTM: Rp.25.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00-18.00
Telepon:
(021) 29222222

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata yang sangat lengkap karena hampir semua kegiatan rekreasi tersedia di tempat ini. Ada wisata pantai, taman, entertainment, olahraga, seni, sejarah, dan wisata out bound serta masih banyak sarana hiburan lainnya.  Wisata Ancol memang sangat tepat sebagai tempat rekreasi dan hiburan bagi segala usia, baik dewasa maupun anak-anak.

Jaya Ancol Dreamland, Foto: indonesia-tourism.com

Wisata Ancol memberikan banyak fasilitas hiburan bagi keluarga seperti kolam renang, kereta gantung, satwa laut, sepeda air, paint ball dan masih banyak lagi. Tersedia juga beberapa hotel dan penginapan serta ruang pertemuan untuk keperluan kerja maupun pesta serta konser musik, baik in door maupun out door. Alamat Taman Impian Jaya Ancol berada di Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Pademangan, Jakarta Utara.

Tempat wisata yang berada pinggir pantai Jakarta Utara ini dibangun dalam tanah seluas 552 hektar dan mulai dibuka sejak tahun 1966. Pembangunan wisata Ancol terus ditingkatkan dengan menambahkan wahana wisata baru sehingga lengkap seperti sekarang. Latar belakang pembangunan wisata ini karena lokasi tersebut menjadi pusat hiburan sejak zaman penjajahan Belanda.

Karena tempat wisata ini sangat luas, pihak pengelola menyediakan bus gratis atau Bus Wara-wiri untuk mengantarkan pengunjung agar lebih mudah menyambangi semua wahana wisata. Ada dua rute bus yang disediakan, yaitu rute utara dan selatan. Rute utara dimulai dari Marina sampai Hotel Mansion, sedangkan rute utara dimulai dari pintu gerbang barat sampai Stasiun Gondola.

Bermain Sepuasnya di Ancol, Foto: pegipegi.com

Wisata Taman Impian  Jaya Ancol

  1. Dufan (Dunia Fantasi)

Hampir semua wisata petualangan yang ada di dunia bisa ditemukan di kawasan Dufan, seperti petualangan di istana Hello Kitty dan boneka lainnya, petualangan Ice Age, petualangan Star Wars dan masih banyak lagi. Para pengunjung bisa merasakan sendiri sensasi petualangan film Star Wars dengan piring terbang menyusuri lorong-lorong gelap seperti berada di luar angkasa.

Selain itu, banyak sekali permainan ekstrim untuk mengocok adrenalin para pengunjung seperti naik Halilintar, Tornado, Hysteria, Bianglala, Kicir-kicir, Ontang-anting dan lainnya. Ada juga petualangan air seperti meluncur dari air terjun dengan kapal yang biasa disebut Niagara-gara dan bisa mencoba Arung jeram bersama teman-teman.

Lokasi Dufan berada di bagian paling barat kawasan Ancol, tepatnya diantara Pelabuhan Marina dan Discovery Hotel. Pada hari-hari biasa, wisata Dufan dibuka mulai pukul 10.00-18.00, sedangkan hari libur dan weekends buka jam 10.00-20.00. Sebelum pergi ke Dufan, sebaiknya perlu menghubungi nomor telepon costumer servicenya karena setiap bulan sering ada harga tiket promo atau diskon dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Seaworld di Ancol, Foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com
  1. Ocean Dream Samudera

Salah satu wisata unik di Ancol adalah Ocean Dream Samudera atau gelanggang samudra yang menawarkan berbagai atraksi lumba-lumba yang akan membuat pengunjung terhibur.  Masih ada pertunjukan lainnya, yaitu singa laut yang patuh mengikuti perintah dari pawangnya. Pertunjukan lainnya ada pentas aneka satwa, yaitu beruang madu, berang-berang dan burung kakak tua.

Selain itu, terdapat Taman Surga Burung yang memiliki banyak spesies burung dan bisa dijadikan pembelajaran jenis-jenis burung yang ada di dunia. Pertunjukan unik lainnya adalah atraksi berbahaya dari para stuntman handal yang berperan sebagai bajak laut dalam pentas Scorpion Pirates. Dalam pertunjukan tersebut, para stuntman melakukan adegan berkelahi, melompat, bergantungan dengan tali serta meluncur dengan speed boat melewati kobaran api yang membara.

Para pengujung yang suka menonton film bisa menikmati sinema 4D dengan bantuan kacamata 3D, serta merasakan ruangan yang penuh dengan getaran dan sorotan lampu agar terlihat nyata. Ada satu lagi pertunjukan unik yang dilakukan di dalam air yaitu Underwater theatre. Pertunjukan ini bercerita tentang putri duyung yang akan ditangkap gurita dan ada ikan lumba-lumba yang menolongnya.

Pertunjukan Lumba-Lumba, Foto: hargatiketmasuk.com
  1. Ocean Eco Park

Setelah masuk dari pintu gerbang barat, para pengunjung akan menjumpai lokasi wisata pertama yaitu Eco Park atau rekreasi taman hijau yang penuh dengan pepohonan. Di tempat ini banyak sekali wisata yang berhubungan dengan alam, seperti berkebun, danau, sungai, out bound, pemancingan dan lainnya. Selain itu, ada juga wisata satwa dan tersedia areal tempur dengan paint ball serta kawasan jogging serta bersepeda.

BacaJuga:  Diskon 69% Harga Tiket Masuk Waterboom Pantai Indah Kapuk PIK Wahana Terbaru Promo 2019

Luas kawasan Eco park sekitar 34 hektar dan banyak sekali wahana wisata yang bisa dicoba. Di tempat ini, para pengunjung bisa belajar berkebun dan ada team khusus yang akan mengajari bagaimana cara bercocok tanam yang baik. Bagi yang suka dengan permainan petualangan, bisa menyewa arena tempur dan lengkap dengan peralatan paint ball. Untuk menguji adrenalin, pengunjung bisa mencoba petualangan flying fox atau balapan di danau dengan bumper boat.

Bagi pengunjung yang suka dengan olahraga jogging, bisa berjalan menyusuri jalur di sepanjang taman. Pihak pengelola juga menyewakan sepeda, scooter, mobil golf untuk berkeliling di area taman. Tujuan utama wisata alam ini adalah sebagai wahana edukasi bagi para pengunjung tentang alam. Banyak juga pedagang kaki lima yang berjajar di sepanjang jalan menjajakan aneka makanan dan minuman tradisional Indonesia bagi pengunjung.

  1. Atlantis Water Adventure

Wahana wisata Atlantis Water Adventure berdiri diatas tanah seluas 5 hektar yang menawarkan kepada pengunjung untuk berpetualang dalam air. Wisata petualangan air terdiri atas beberapa kolam utama, yaitu kolam arus, kolam apung,  kolam tanding, Viddy Pool, kolam ombak, dan Crazy Highest Longest slide.

Kolam ombak memberikan sensasi seperti mandi di pinggir pantai yang sesekali datang ombak yang bergulung-gulung. Ombak akan datang setiap 1 jam sekali selama 15 menit sehingga pengunjung bisa bermain dengan ombak lebih lama daripada ombak yang ada di laut. Untuk kolam arus memang seperti sungai karena airnya selalu mengalir terus menerus sehingga banyak pengunjung yang menyewa ban.

Ketika berada di  wisata kolam apung, tubuh yang berendam dalam kolam tersebut bisa benar-benar terapung walaupun diam saja tanpa melakukan aktifitas renang. Hal ini karena air kolam memiliki kadar garam yang sangat tinggi dan airnya diambil dari laut mati. Kolam apung memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan cukup dalam. Sedangkan Viddy Pool atau kolam anak-anak menghadirkan sajian permainan air yaitu seluncuran rendah serta banyak air mancur dimana-mana. Selain itu, ada air tumpah dari atas dan seperti berada dibawah air terjun ketika air tumpah.

Permainan yang paling ekstrim adalah Crazy the Highest and Longest Slide, yaitu seluncuran yang memiliki panjang lebih dari 100 meter. Ternyata ada dua seluncuran di lokasi wisata ini. Yang pertama adalah seluncuran yang tertutup dengan panjang sekitar 149 meter dengan bentuk berkelok-kelok seperti ular. Dan yang kedua adalah seluncuran terbuka yang memiliki panjang sekitar 122 meter. Pengunjung akan berada dalam ban meluncur dengan kecepatan 12 km perjam serta diombang-ambingkan sebelum sampai di bawah.

Wahana Bermain Air, Foto: hotelsantanaeg.com
  1. Pasar Seni

Selain sebagai tempat tujuan wisata, ternyata Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan Pasar Seni yang menjadi pusat pembelian souvenir. Terdapat 110 kios seni yang memamerkan karya-karya indah dari para seniman Indonesia  yang tergabung dalam kawasan Ancol ini. Para seniman berusaha untuk menghadirkan karya terbaiknya untuk memanjakan kebutuhan souvenir bagi  para pengunjung.

Lebih dari 70 seniman yang aktif dalam pembuatan karya seni dengan gaya yang berbeda-beda dari yang beraliran klasik sampai modern. Bagi pengunjung yang ingin berburu karya seni, maka sangat tepat jika berkunjung ke kawasan ini karena hampir semua jenis karya seni bisa ditemukan di pasar ini. Ada karya seni lukisan, gambar, foto, patung, kerajinan kayu, cinderamata dan karya seni lainnya.

Tidak hanya sebagai pasar saja, para seniman juga sering menyelenggarakan pentas seni di panggung seni yang berada di ujung utara kawasan Pasar Seni. Suasana di kawasan pasar ini sangat teduh karena banyak sekali pohon tinggi yang memayungi tempat ini. Sebenarnya lokasi ini lebih pantas jika disebut sebagai taman atau galeri karena suasananya seperti berada di alam pegunungan.

Setiap toko tidak terlihat seperti kios, karena para seniman menghadirkan sebuah nuansa kenyamanan bagi pengunjung dengan menyediakan kursi untuk bersantai. Jalanan yang menggunakan batu alam menambah udara semakin sejuk dan sangat tepat jika digunakan sebagai tempat beristirahat. Selain itu, tampilan kios yang cantik dan suasana seperti di pegunungan sangat tepat jika dijadikan sebagai spot untuk pengambilan gambar dengan kamera.

Kora-Kora, Foto: baliwww.com
  1. Pantai Ancol
BacaJuga:  10 Tempat Rental Kamera dan Sewa Lensa Murah di Jakarta

Ancol memiliki garis pantai sepanjang 500 meter dan terbagi dalam 6 lokasi, yaitu Pantai Marina, Pantai Festival, Pantai Ria, Pantai Indah, Pantai Beach Pool atau Pantai Lagoon serta Pantai Karnaval. Pantai Marina dijadikan sebagai pelabuhan kapal ferry untuk trayek ke Kepulauan Seribu. Kapal berangkat dari Pantai Marina pada pagi hari dan datang dari Kepulauan Seribu pada waktu sore hari.

Sedangkan yang menjadi favorit pengunjung adalah Pantai Lagoon dengan pasir putihnya serta ombak yang tenang. Biasanya para pengunjung datang kesini ketika sore hari untuk bermain air di pinggir pantai. Banyak juga para pengunjung yang melakukan jogging atau bersepeda di area pantai sambil menunggu untuk melihat sunset. Di pinggir pantai banyak restoran dan café yang biasa digunakan  tempat nongkrong sambil merasakan semilir angin pantai.

Pilihan favorit kedua bagi para pengunjung adalah Pantai Karnaval. Dulunya, di sekitar pantai banyak sekali pohon kelapa sehingga suasana tidak terlalu panas. Biasanya pantai ini digunakan untuk bersantai dan jogging sambil menikmati keindahan laut Jakarta Utara. Di pantai ini terdapat panggung hiburan yang biasa dijadikan konser musik atau pagelaran seni lainnya dan bisa menampung 6000 penonton. Di pantai ini juga sering diadakan festival layang-layang bertaraf internasional yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

  1. Stasiun Gondola

Para pengunjung bisa melihat pemandangan kawasan wisata Ancol dari atas dengan naik kereta gantung. Pemberangkatan kereta dimulai dari Stasiun Gondola yang terletak di sebelah timur Pasar Seni atau  sebelah barat Sea world. Rute kereta gantung berangkat ke arah utara dari jalur kiri melewati Atlantis Water Adventure dan bisa melihat dengan jelas area wisata yang ada di Ancol, terutama pantainya.

Selanjutnya kereta gantung akan memasuki pos yang ada di belakang Hotel Mercure untuk berbelok arah ke barat menuju pos pembelokan yang ada di Pantai Festival. Dalam pos-pos tersebut ada beberapa patung dengan latar belakang animasi sebagai hiburan. Kereta gantung yang telah sampai di pos pembelokan akan bergerak memutar dan berbalik arah kembali ke Stasiun Gondola.

  1. Sea World

Wisata Sea World merupakan tempat konservasi jenis-jenis ikan laut dan ikan air tawar yang unik serta bisa dilihat para pengunjung karena berada dalam akuarium besar. Semua jenis ikan laut bisa ditemukan di sini, baik ikan yang sudah populer maupun jenis ikan yang langka. Ikan-ikan raksasa juga bisa dilihat para pengunjung seperti hiu raksasa, arwana raksasa, arapaima, dugong, penyu raksasa dan yang lainnya.

Ada juga jenis arwana merah yang sangat mahal harganya serta ikan-ikan berwarna-warni  yang hidupnya di tengah lautan dan jarang bisa dilihat. Yang paling populer adalah akuarium utama dan dibawahnya terdapat sebuah lorong kaca sehingga para pengunjung seperti berada di bawah laut dan bisa melihat dengan jelas berbagai jenis ikan.

Roller Coaster, Foto: youtube.com

Harga Tiket Masuk Sea World 2019

Harga tiket masuk ke lokasi wisata Sea World memang berbeda-beda tergantung berapa usianya. Untuk tarif umum pada hari-hari biasa sebesar Rp.85.000. Sedangkan tarif untuk weekend sebesar Rp.100.000. Harga tersebut bisa lebih murah jika di Blunding atau digabung dengan pembelian tiket Ocean Dream Samudera  atau dengan tiket Atlantis Water Adventure. Harga tiket Sea World pada hari biasa Rp.85.000 dan harga tiket Ocean Samudera dan Atlantis Water Adventure Rp.95.000.

Jika membeli tiket kedua wahana tersebut dengan cara Blunding atau digabungkan, maka hanya membayar Rp.160.000. Jadi pembelian tiket tersebut mendapatkan discount sebesar Rp.20,000. Untuk harga tiket Sea World pada saat weekend dan hari libur Rp.100.000 dan harga tiket Ocean Dream Samudera Rp.160.000. Jika menggabungkan pembelian kedua tiket wahana wisata tersebut, maka cukup dengan membayar biaya masuk Rp.200.000. Jadi bisa mendapatkan discount harga lebih besar lagi, sekitar Rp.60.000.

Biasanya pihak pengelola bekerjasama dengan agen penjualan tiket online dan memberikan harga promosi lebih murah atau diskon.  Seperti pada bulan Maret 2019 lalu, pihak pengelola Sea World memberikan diskon sebesar Rp.10.000 kepada pengunjung yang ngelike halaman Sea World di Facebook. Sebelum berwisata ke Sea World, sebaiknya mengecek dahulu di website resminya atau agen tiket online untuk mendapatkan info terbaru tentang harga tiket.

Water Sliding, Foto: kidsklik.com

Akses Transportasi Umum ke Taman Impian Jaya Ancol

BacaJuga:  4 Lokasi Pandora Experience Jakarta, Serunya Memecahkan Teka – Teki di Tengah Belantara Ibukota

Transportasi umum yang paling mudah untuk menuju lokasi Taman Impian Jaya Ancol adalah menggunakan Busway. Pemerintah kota DKI Jakarta sudah membuat rute Busway dari Harmoni-Ancol, sehingga para penumpang bisa langsung turun di pintu gerbang barat Ancol.

Rute Busway dari Halte Harmoni-Stasiun Kereta Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng-Jalan Gunung Sahari Raya-Mangga Dua-Ancol. Tarif tiket Busway Harmoni –Ancol, sebesar Rp.3500. Busway Harmoni-Ancol beroperasi dari jam 09.30-15.00 pada hari-hari kerja. Sedangkan pada hari libur beroperasi dari jam 09.30-20.00.

Alternatif lainnya menggunakan transportasi umum yaitu naik mikrolet M 15 atau M 15A. Mikrolet ini melewati pusat kota Jakarta, khususnya melewati Mangga Dua sehingga mudah untuk mencarinya. Trayeknya dari Mangga Dua menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa, lalu ke Ancol dan turun di depan pintu gerbang tempat wisata tersebut. Mikrolet M 15 atau M 15A mulai beroperasi  dari jam 03.00-23.00

Peta Denah Wahana Wisata Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol memiliki 4 pintu gerbang, yaitu Pintu Gerbang Barat sebagai Pintu Gerbang Utama yang berada di bagian paling barat kawasan Ancol. Letak Pintu Gerbang Barat dekat dengan Pelabuhan Sunda Kelapa dan mudah dijangkau dari kompleks Mangga Dua.

Sementara Pintu Gerbang Selatan berada di tengah kawasan Ancol agar mudah dijangkau para pengunjung yang berasal dari arah Kemayoran. Sedangkan yang ketiga adalah Pintu Gerbang Timur dan letaknya berada di ujung timur dari Kawasan Ancol. Pintu Gerbang Timur untuk memudahkan para pengunjung yang datang dari arah timur, khususnya dari Sunter dan bisa dilihat dari Google map.

Dan Pintu Gerbang Carnaval berada jauh dari wahana wisata Ancol karena berada di sebelah timur Perumahan Ancol. Pintu gerbang ini memang dibuat khusus untuk para pengunjung yang ingin ke Pantai Carnaval, Alive Museum dan Ancol Beach City. Selain itu, Pintu Gerbang Carnaval digunakan untuk para pengunjung yang datang untuk menyaksikan konser musik atau pagelaran seni lainnya di Pantai Carnaval.

Bermain Arung Jeram Bersama Keluarga, Foto: wartapublik.co

Pintu Gerbang Barat

Wahana Eco Park adalah tempat paling dekat dengan Pintu Gerbang Barat dan letaknya hanya di sebelah kanan gerbang tersebut. Sedangkan wahana Dufan berada disebelah utara agak jauh, namun bangunannya sudah kelihatan karena hanya lurus tepat ke arah utara saja.

Masuk dari Pintu Gerbang Barat, disebelah kiri ada tempat parkir pengunjung. Dari sini para pengunjung bisa menunggu Bus Wara-wiri untuk berkeliling. Di utara tempat parkir ada gedung loket Dufan dan dibelakangnya terdapat bangunan Discovery Hotel and Convention Ancol. Bangunan hotel menghadap ke selatan dan letak wahana wisata Dufan berada di belakang bangunan hotel tersebut.

Di sebelah utara lokasi Dufan, ada pantai Marina dan pantai Festival sebagai wisata untuk bersantai di pinggir lautan. Di sebelah timur wisata Dufan, terdapat bangunan Hotel Mercure yang megah, khusus bagi pengunjung yang ingin menginap dengan view pantai. Di depan hotel Mercure banyak pohon kelapa, sedangkan di sebelah barat terdapat taman dan gazebo di pinggir pantai.

Pintu Gerbang Selatan

Di sebelah timur Eco Park terdapat Pasar Seni, yaitu wisata bagi para pengunjung yang ingin berbelanja souvenir, logo atau sekedar jalan-jalan di kawasan ini. Sebenarnya lokasi Pasar Seni lebih dekat dijangkau dari Pintu Gerbang Selatan. Setelah masuk melalui Pintu Gerbang Selatan, pengunjung akan disambut dengan wahana wisata Sea World di sebelah kanan dan Stasiun Gondolan di sebelah kiri. Lokasi Pasar Seni tepat berada di sebelah barat Stasiun Gondolan.

Jadi jika ingin datang ke Sea World, sebaiknya masuk melalui Pintu Gerbang Selatan saja, agar aksesnya lebih cepat. Melangkah ke utara dari Sea World, para pengunjung akan menjumpai wahana Ocean Dream Samudera karena letak bangunan berada disebelahnya.

Rute Bus Wara-wiri

Rute Utara

  • Marina
  • Pantai Indah
  • Monumen
  • Gerbang Timur
  • Ancol Lagoon
  • Carnaval

Rute Selatan

  • Gerbang Barat
  • Busway Trans Jakarta
  • Dufan
  • Ecopark
  • Ecovention
  • Pasar Seni
  • Monumen
  • Ocean Dream Samudera
  • Atlantis Water Adventure
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.