10 Gambar Taman Laut Taka Bonerate Makassar, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Luas Area + Akses Jalan Menuju ke Sana

Diposting pada
Rate this post

Lokasi: Jl. S. Parman No.40, Pulau Tinabo Besar, Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan 92812
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon: (0414) 21565

foto by news.lewatmana.com

JejakPiknik.com. Keindahan taman laut yang ada di Sulawesi Selatan ini tak perlu lagi diragukan. Jika Anda tahu bahwa Taka bonerate mendapat posiis ke 3 di dunia sebagai taman laut yang memiliki karang atol terbesar.

Itulah sebabnya taman laut ini menjadi taman laut nasional yang merupakan ikon wisata di Provisinsi Sulsel.

Pada tahun 2005 silam, Taman Laut Nasional Takabonerate sudah didaftarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup ke UNESCO. Kini, taka bonerate masih dalam daftar tentatif atau sementara dalam situs UNESCO World Heritage Committee.

Sejarah Asal Usul Taka bonerate

foto by cintanegeri.com

Takabonerate berasal dari letusan gunung merapi. Sisa- sisa letusan ini kemudian mengendap dan terendam di bawah permukaan laut sedalam 2.0000 meter. Kemudian endapan ini membentuk terumbu karang.

Disana tumbuh pula beragam tumbuhan laut hingga terdapat sebuah areal yang luas menyerupai sabana. Pendudukk setempat menamainya padang lamun. Serupa seperti padang rumput didaratan namun ini letaknya dibawah laut.

foto by sportourism.id

Taman laut Takabonerate memiliki topografi berbentuk atol dengan luas mencapai 220 ribu hektar. Disini terdapat sekitar 244 jenis moluska, 261 jenis terumbu karang seperti Fungia concinna, Acropora palifera, dan banyak lainnya. Itulah sebbanya ikan-ikan karang senang tinggal disini. Terdapat sekitar 295 jenis ikan karang berwarna-warni yang hidup disini.

Selain itu, Takabonerate adalah tempat tinggal para biota penyu. Terdapat 4 jenis penyu yang dapat dijumpai seperti Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Tempayan (Caretta caretta), dan Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea).

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Kodingareng Keke, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Keindahan di Sekitar Area + Rute Jalan Menuju Wisata
foto by kanalwisata.com

Pemerintah setempat telah berusaha menjaga kekayaan kekayaan biota laut di Taka bonerate dengan sangat baik bahkan pertumbuhannya dapat mencapai 41%. Taman ini sedang gencar dipromosikan agar para wisatawan internasional datang menyaksikan betapa indahnya Indonesia tidak kalah dengan Kwajalein, Kep. Marshall atau Suvadiva, Maladewa.

Saat tepat ke Taka bonerate

Bagi Anda yang ingin ke sini sebaiknya antara bulan April hingga Juni atau Oktober hingga Desember. Jika Anda ingin melihat pertunjukan wisata yang ada di Kab. Sebaiknya datang di bulan Oktober hingga Desember untuk turut serta dalam ‘Ekspedisi Takabonerate’.

foto by catatanhariansangjournalis.blogspot.co.id

Ini adalah event tahunan meliputi Lomba Penulisan Blog, Pagelaran Seni budaya, Parade Joloro Hias, Bakti Lingkungan Hidup, Lomba Fotografi Bawah Laut, International Fishing Tournament, Underwater Exhibition meliputi diving dan snorkeling, Lomba Foto Darat, dan Fam Tour.

foto by holobis.net

Fasilitas

Fasilitas di sekitar Taman laut Takabonerate sudah memadai dari transportasi, penginapan, rumah makan, money changer, travel agent dll. Segala informasi tentang ini dapat Anda kunjungi website resmi milik dinas pariwisata kabupaten selayar. Anda dapat melihat informasi harga, no. telp, dan gambar disana.

Jika Anda ingin mendapat sensasi yang berbeda, disarankan lebih baik menginap di homestay. Selain beristirahat dengan nyaman, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain-main di padang terumbu karang yang amat luas.

foto by wisataindonesia.co.id

Anda juga dapat mengamati dan berinteraksi langsung dengan aktivitas warga setempat. Mereka yang mendiami daerah ini berasal dari suku Bugis dan Bajo. Aktivitas-aktivitas tradisional warga disini seperti pengeringan ikan, membuat kapal kayu, mencari kerang dan bulu babi. Anda dapat bercengkerama langsung dengan mereka.

Yang spesial dari taka bonerate adalah kulinernya dan Anda harus coba mumpung sedang disini. Ragam kuliner seperti ikan bakar, bakso cakalang, kolak sukun, dan yang menarik adalah bahkan tie-tie sebuah masakan dari bulu babi.

BacaJuga:  Kete Kesu, Desa Wisata yang Harus Anda Kunjungi Saat Berada di Toraja
foto by itjeher.com

Alamat

Letak Taman Laut Nasional Taka bonerate ada di Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Benteng yaitu ibu kota ari Kabupaten Kepulauan Selayar kurang lebih 25 km. Jika Anda datang dari Kota Makassar, jarak tempuh sekitar 300 km. Memang cukup jauh perjalanan yang dibutuhkan tapi worth it sekali dicoba.

foto by ayokeselayar.com

Transportasi

Terdapat dua jenis transportasi yang bisa Anda gunakan yaitu via darat dan udara. Via darat Anda dapat menggunakan bus. Pertama, Anda lakukan perjalanan ke terminal Bus Mallengkeri dengan taksi. Setelah di terminal naik bus tujuan Benteng, Selayar yang biasa berangkat pukul 08.00 WITA ke pelabuhan Bira, Bulukumba.

Dari Pelabuhan Bira, Anda lanjutkan dengan naik Kapal Ferry menuju Pelabuhan Pamatata, Selayar selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan kekota Benteng sekitar 1,5 sampai 2 jam baru sampai.

foto by kotaksurat.wordpress.com

Perjalanan selanjutnya dalah menuju Tinabo mennggunakan mobil sewaan dan dilanjutkan perjalanan laut dengan kapal kayu jolloro atau speed boat. Dalam perjalanan ke Tinabo ini, Anda dapat melihat keindahan wisata yang ada di Tinabo dari spot diving, hingga wisata budaya seperti di P. Tarupa, P. Rajuni, dan P. Latondu.

Via udara dari Bandara Sultan Hasanuddin ambil tujuan penerbangan ke Bandara H. Aeropala Selayar dengan jarak tempuh sekitar 45 menit. Memang lebih praktis via udara karena lebih cepat. Namun, selain sesuaikan dengan budget yang Anda punya tentunya preferensi.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.