Harga Tiket Masuk Taman Lembah Gurame Depok, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Keindahan di Sekitar

Posted on

Lokasi: Jalan Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia 16432
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: Pukul 06.00 – 22.00
Telepon: –

foto by youtube.com

Pada hari kerja atau hari biasa, lokasi Taman Lembah Gurame ini biasa digunakan untuk tempat olahraga anak-anak sekolah dasar taman kanak-kanak untuk mengenal lingkungan hidup. Selain itu, para orang tua juga biasa memanfaatkannya untuk olahraga jantung sehat.

Kemudian jika akhir pekan tiba, kawasan ini biasanya akan lebih ramai karena diadakan berbagai kegiatan.

Kegiatan ini antara lain ada senam aerobik, kegiatan sosial masyarakat atau komunitas dan sesekali juga digunakan untuuk kegiatan sosial budaya dan seni dengan panggung atau tenda.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Lembah Gurame Depok

foto by poskotanews.com

Alamat lengkap dari Taman Lembah Gurame Depok ini yaitu berada di Perumahan Perumnas Depok 1 Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Perjalanan menuju tempat ini bisa ditempuh dari terminal maupun Stasiun Depok Baru. Jika Anda naik kendaraan umum, Anda bisa naik angkot D 01 dengan jurusan Depok Dalam. Kemudian Anda bisa turun di Lembah Gurame Jalan Irian Jaya Dalam Gereja Herculanus.

Bisa juga dengan naik angkot 06 dari Sawangan. Setelah Anda bertemu dengan Kantor Pos Perumnas Depok Jaya, angkot lurus dan turun di Indomaret. Kemudian naiklah angkot D 01 dengan biaya Rp 2000 dan turun di Taman Lembah Gurame.

foto by instagram.com/minusnol/

Jika ingin hemat, Anda bisa jalan kaki menurun sekitar 100 meter setelah pertigaan Tanah Baru. Kemudian turun melewati air terjun atau menyeberangi sungai untuk kemudian belok ke kanan sedikit di mana di situ terdapat gardu pos.

Selanjutnya beloklah ke arah kiri dan menuruni jalan sepanjang kurang lebih 50 meter sampai Anda bertemu dengan lokasi wisata ini.

BacaJuga:  Wisata Pantai Ombak Tujuh 7 Sukabumi Ujung Genteng + Alamat Peta Rute Ke Lokasi

Untuk Anda yang berada di Bogor, Jakarta, dan Cibinong bisa menggunakan commuter line dan turun di Stasiun Depok Baru. Dari stasiun tersebut Anda bisa berjalan kaki menuju ke arah fly over.

foto by instagram.com/rizal_sabq/

Kemudian di bawah fly over Arif Rahman Hakim biasanya ada banyak angkot yang sedang menunggu penumpangnya. Naiklah angkot D 01 jurusan Depok Dalam.

Saat naik angkot D 01 ini Anda perlu memperhatikan dengan baik karena ada juga angkot D 01 yang jurusannya ke arah kavling UI. Apabila Anda sudah naik angkot dengan benar, selanjutnya Anda bisa minta diturunkan di Taman Lembah Gurame.

Sementara jika membawa kendaraan pribadi, Anda bisa melewati beberapa jalan. Untuk yang dari Margonda bisa mengambil arah menuju Jalan Arif Rahman Hakim. Dari fly over lurus terus hingga mencapai lampu merah pertigaan PLN.

foto by instagram.com/syafanarifa/

Selanjutnya belok ke kiri melewati  pos polisi dan Kelurahan Pok Jaya. Dari situ kemudian dilanjutkan sampai melewati Gedung MUI, Telkom, Jalan Melati, Bank BCA, Bank Mandiri, Jalan Mawar, Pasar Depok Jaya, dan Ruko Depok Jaya.

Dari Ruko Depok Jaya tersebut nanti Anda akan melihat Jalan Irian Jaya yang terletak di depan Masjid Muhajirin. Dari situ Anda bisa belok kanan masuk ke Jalan Irian Jaya dan melewati beberapa jalan.

Jalan yang akan Anda lewati di antaranya ada Jalan Belimbing, Jalan Nanas, dan Jalan Durian.

foto by instagram.com/bang.rian/

Kemudian lanjutkan perjalanan melewati Masjid Taman Firdaus sampai ada turunan dan bertemu dengan perempatan atau jembatan sebelum Sekolah Santa Theresia atau Gereja Herculanus.

Dari situ kemudian belok kiri terus sampai Anda melihat ada pintu utama dan tempat parkir. Area parkir ini digunakan untuk kendaraan opersional dinas sejak September 2015, sehingga taman ini pun tidak mempunyai tempat parkir khusus.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Motor di Bandung Harian Bulanan Murah Mulai Rp.50.000

Bagi Anda yang membawa kendaraan motor bisa memarkirkan kendaraannya di depan gerbang utama Lembah Gurame. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan roda empat berupa mobil bisa parkir di pintu gerbang atau di sisi pagar Taman Lebah Gurame.

foto by instagram.com/riyantidee/

Selanjutnya bagi yang berangkat dari daerah Sawangan menggunakan kendaraan pribadi bisa melewati Jalan Raya Sawangan. Lalu sekitar 1 kilometer dari Rumah Sakit Bakti Yudha ada pertigaan Kantor Pos Perumnas Depok.

Lanjutkan perjalanan Anda dari Depok Jaya dengan belok kiri dan lurus sampai ada Indomaret. Selanjutnya belok kiri mengikuti jalan dan nantinya Anda akan bertemu dengan Taman Lembah Gurame.

Anda bisa lewat Gereja Herkulanus Jalan Irian Jaya dengan belok ke kanan dan saat bertemu perempatan, beloklah ke kiri sampai bertemu dengan gerbang yang bisa Anda gunakan untuk parkir kendaraan Anda.

Sejarah

foto by instagram.com/rieaseptiani93/

Taman ini memiliki luas sekitar 3,3 hektar di mana dulunya merupakan fasum fasos dari Perumahan Perumnas Depok 1, Kelurahan Depok Jaya. Pada awalnya tempat tersebut berupa lahan berawa-rawa di mana pada tahun 90-an sempat ada pemagaran.

Kemudian setelah tahun 1998 terjadi krisis moneter, lahan tersebut dibuat empang-empang  dan kebun oleh warga. Di 2007-an, para pemulung mulai masuk dan tempat ini pun sempat menjadi seperti kompleks pemulung.

Untungnya pada masa pemerintahan walikota Bapak Nur Mahmudi dan wakilnya Bapak Abdul Somad, kawasan ini mulai dibuat menjadi RTH atau ruang terbuka hijau untuk masyarakat umum.

Keadaan di Sekitar Lokasi

foto by instagram.com/taranokanai/

Di taman ini tidak akan Anda temui adanya warung ataupun gerbak dagangan yang menjual berbagai macam makanan. Hal ini dikarenakan adanya peraturan yang melarang untuk berjualan di taman.

Jika Anda ingin makan atau membeli minuman, Anda bisa membelinya di depan Sekolah Santa Theresia Jalan Irian Jaya. Anda boleh membawa makanan tersebut ke dalam taman dnegan satu syarat yaitu Anda harus membuang sampahnya ke dalam tempat sampah.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.