10 Foto Taman Maya Datar Purwakarta, Lokasi Ngabuburit Favorit

Posted on
Taman maya datar purwakarta regency west java kabupaten jawa barat lokasi
Pendopo di Maya Datar. Foto: dilokasi.com

Lokasi: Nagri Tengah, Purwakarta Regency, West Java 41111
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon: 0877-7958-2179

Salah satu kawasan wisata menarik dan menjadi incaran para turis terutama lokal dan warga sekitar adalah Pendopo Taman Maya Datar yg alamat serta letaknya berada di Purwakarta Regency Jawa Barat.

Lokasi wisata ini terletak di Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41111, Indonesia. Obyek Wisata ini merupakan tempat liburan yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Apalagi ketika hari biasa dan juga hari liburan serta akhir pekan. Tempat ini akan cukup penuh dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan serta bisa memberikan sensasi berbeda ketika beraktifitas di sekitar area taman.

Signage Maya Datar. Foto: teluklove.com

Menilik Taman Maya Datar

Lokasi wisata Taman Maya Datar ini memang memberikan pesona keindahan dan juga cukup menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika menginjakkan kaki di Purwakarta harus dan wajib untuk mengunjungi wisata taman dengan menyajikan keunikan tersendiri.

Obyek wisata taman ini memang menjadi salah satu lokasi yg sangat pas dan cocok guna mengisi waktu dan kegiatan liburan. Ditambah lagi ketika memasuki musim libur nasional dan juga akhir pekan. Tidak heran jika di sini akan penuh para pengunjung.

Pengunjung bersantai di Pendopo. Foto: tribunnews.com

Keindahan dari Taman Maya Datar ini memang menjadi daya tarik tersendiri selain beberapa tempat wisata lain seperti Sri Baduga dan juga taman lainnya di sini. Tidak heran juga jika para wisatawan terutama turis lokal tertarik mengunjungi lokasi wisata ini.

Patung singa dan Signage. Foto: tribunnews.com

Rute dan transportasi ke Maya Datar

Lokasi taman wisata Maya Datar ini seperti yg sudah disebutkan berada di daerah pusat kota. Tentu saja akses dan rute menuju ke sini sudah sangat mudah dan juga mulus. Para wisatawan tidak perlu bersusah payah ketika hendak mengunjungi kawasan wisata ini.

BacaJuga:  10 Gambar Green Canyon Ciamis, Tiket Masuk, Lokasi Alamat + Jam Buka

Ada banyak papan petunjuk yg memudahkan para pengunjung untuk menuju ke lokasi Taman Maya Datar ini. Selain mengikuti papan petunjuk, disarankan untuk menggunakan aplikasi google maps guna memudahkan untuk mencari tempat.

Ada berbagai macam cara untuk menuju ke sini. Salah satunya adalah dengan menggunakan sarana transportasi berupa kendaraan pribadi seperti kendaraan roda 4 yaitu Mobil dan juga kendaraan roda 2 yaitu motor.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, para pengunjung bisa mengatur waktu dan juga memudahkan untuk menuju ke tempat wisata yg diinginkan. Tanpa harus menunggu kendaraan. Menggunakan kendaraan pribadi tentu saja harus dicek kondisi kendaraan sebelum berangkat.

Berfoto di depan patung. Foto: tribunnews.com

Selain kendaraan pribadi, bisa juga dengan menggunakan kendaraan umum. Di sini sudah tersedia angkutan umum seperti bis umum dan juga angkutan perkotaan. Salah satu sarana transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke taman Maya Datar ini.

Akan tetapi menggunakan kendaraan umum tentu saja memakan waktu. Para pengunjung harus berhenti di terminal bus kota dan juga di daerah-daerah tertentu. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan berganti angkutan atau memakai ojek serta taksi.

Tentu saja hal ini akan memakan waktu para pengunjung dan juga membuat waktu liburan di taman wisata tersebut akan lebih singkat.

Berfoto di area selasar. Foto: merdeka.com

Sisi menarik Maya Datar

Keindahan dan juga sisi menarik dari taman ini membuat para pengunjung datang guna melihat pesona keindahannya nan eksotis. Apalagi penduduk lokal di daerah purwakarta juga ramah terhadap tamu asing.

Kota purwakarta memang terkenal banyak area alam di dalamnya. Hal ini menjadi bukti bahwa Purwakarta memiliki pesona alam yang cukup sayang dilewatkan. Maya Datar menjadi salah satu area taman yg cukup terkenal di sini.

BacaJuga:  Indahnya Masjid Kubah Emas di Depok, Bisa Menampung 20.000 Jemaah. Ini Buktinya!

Bagi para pengunjung yg datang, sudah disediakan tampilan bunga-bunga menarik di sekelilingnya. Ditambah lagi dengan adanya pencahayaan yang membuat penampilan menjadi lebih eksotis.

Di sini sudah ada patung Macan putih dimana mencerminkan sosok Prabu Siliwangi guna menjadi simbol dari taman tersebut. Taman Maya Datar ini memiliki berbagai macam fungsi dan juga kegunaan di dalamnya

Area pendopo dan kolam. Foto: wisatajabar.com

Taman ini adalah alun-alun kota dimana kerap digunakan untuk perbagai macam kegiatan resmi. Tidak jarang digunakan masyarakat sekitar guna berkegiatan seperti olahraga atau bersantai sembari menikmati pemandangan di sore hari.

Biasanya warga sekitar pada malam hari atau sore setelah bekerja akan mengunjungi area Taman Maya Datar. Di sini adalah pendopo kantor bupati Purwakarta sehingga memberikan suasana yang alami dan juga asri.

Dengan banyaknya pepohonan rindang dan juga bunga-bunga cantik, tentu saja memberikan kepuasan tersendiri kepada para wisatawan dan pengunjung. Dengan suasana yg asri, pastinya memberikan sisi menarik tersendiri.

Ngabuburit di selasar. Foto: merdeka.com

Fasilitas Lengkap

Di kawasan wisata Pendopo Taman Maya Datar ini sudah menyajikan berbagai macam fasilitas yg komplit dan lengkap. Di sini sudah disediakan area Parkir untuk kendaraan. Bagi para pengunjung yg membawa kendaraan pribadi, bisa menempatkannya di area parkir tersebut.

Para wisatawan bisa mengunjungi taman ini dengan bebas. Apalagi tidak dipungut biaya alias gratis mengunjungi taman ini. Fasilitas lain yg sudah tersedia di sini adalah masjid yg letaknya tidak jauh dari taman.

Signage dan patung singa. Foto: pro89fm.com

Para pengunjung yg ingin beribadah bisa melakukannya dengan mudah di sekitar taman. Sudah ada pula fasilitas toilet atau Kamar mandi di dekat taman tersebut. Bagi yg mencari penginapan, sudah tersedia penginapan murah di sekitar kawasan taman wisata tersebut.

BacaJuga:  10 Gambar Kebun Raya Kuningan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Sejarah Asal Usul, Akses Jalan Menuju Wisata + Jam Buka Tutup

Di sekitar area ini pada malam hari terutama akhir pekan akan cukup ramai. Ditambah lagi sudah disediakan area jajanan atau kuliner untuk para pengunjung menikmati aneka makanan tersebut. Sembari bersantai di malam hari dengan ditemani aneka jajanan tentu saja cukup menarik.

Suasana di Maya Datar. Foto: merdeka.com

Tips berlibur ke Maya Datar

Bagi para wisatawan yg hendak berlibur ke Maya Datar, bisa mengikuti beberapa saran atau tips berikut agar liburan menjadi lebih menarik.

Ketika mengunjungi taman rekreasi di Purwakarta tersebut jangan lupa untuk mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan selama di taman ini. Salah satunya adalah kamera. Pasalnya ada banyak momen menarik ketika mengunjungi taman tersebut.

Ada banyak wisatawan yg berfoto atau mengambil gambar ketika mengunjungi kawasan wisata Taman Maya Datar tersebut.

Ketika berlibur pada akhir pekan atau libur panjang, disarankan untuk datang sejak sore. Pasalnya di malam hari kawasan ini cukup penuh. Sehingga cukup sulit untuk menemukan bangku-bangku yg kosong.

Jika area bangku kosong ini penuh biasanya para pengunjung akan duduk di padang rumput. Harap menjaga kebersihan area tersebut. Jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya sehingga tetap terjaga.

Jangan lupa dengan membawa berbagai macam perlengkapan kesehatan seperti antiseptik atau obat. Terutama jika membawa anak-anak. Jaga fisik dan juga perhatikan kondisi kendaraan ketika hendak berkeliling di Purwakarta.

Meski akses dan jalurnya cukup mulus, tetap saja memperhatikan kendaraan harus menjadi acuan utama agar tidak mengalami masalah ketika berlibur di sini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.