10 Foto Taman Mundu Surabaya Air Mancur Malam Hari + Letak Alamat Lokasi Tambaksari

Diposting pada
Taman mundu surabaya kota sby jawa timur 60136 tambaksari malam hari indonesia air mancur letak alamat di lokasi deskripsi foto gambar
Taman Mundu, Foto: sudarsi.wordpress.com

Lokasi: Jl. Juwet, Tambaksari, Sby, 60136
Map: Klik Disini
HTM: –
Buka/Tutup: 06.00-21.00
Telepon: –

Layaknya sebuah kota yang hidup dan selalu menunjukkan kehebatannya dalam segala bidang. Tentunya kota yang indah adalah sebuah wilayah di mana terdapat banyak lahan terbuka hijau serta memiliki tata ruang kota yang teratur dan mencerminkan sebuah modernitas, tanpa meninggalkan unsur budaya lokal.

Taman Mundu Surabaya, Foto: justanothersupergirl.wordpress.com

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwa kota yang baik dan hidup seharusnya terdapat lahan terbuka hijau. Salah satu contoh lahan hijau itua adalah adanya taman kota. Pemerintah memang sedang gencarnya mengkampanyekan pesyaratan adanya lahan terbuka hijau di setiap wilayah di Indonesia. Selain untuk memberikan fungsi sebagai para-paru kota, juga untuk menekan pertumbuhan gedung-gedung tinggi di tengah kota yang telah memakan banyak lahan, sehingga tak ada tempat hijau lagi di kota.

Adanya taman kota pasti memberikan keindahan dan kesegaran tersendiri. Umumnya taman kota juga berfungsi sebagai tempat olahraga, piknik atau sekedar duduk-duduk sembari membaca buku atau makan sambil menikmati udara segar.

Ruang Terbuka Hijau, Foto: okkyindrap.blogspot.com

Beberapa kota besar di Indonesia memiliki taman kota lebih dari satu, semuanya memiliki konsep taman yang berbeda-beda, tentunya ini juga supaya menarik peminat banyak pengunjung. Namun, tetap harus menjaga kebersihan dan kenyamanan taman, supaya keindahan serta kesegarannya tetap ada.

Surabaya sebagai ibukota dari provinsi Jawa Timur, memiliki beberapa taman kota, salah satunya adalah taman Mundu yang terletak di daerah Tambaksari. Dinamakan taman Mundu karena ada dua pohon mundu yang cukup besar di sini, saat ini termasuk pohon langka dan mulai jarang ditemukan. Keisitimewaan buah mundu yang terlihat seperti manggis berwarna kuning ini bermanfaat penting untuk kesehatan tubuh.

BacaJuga:  10 Gambar Gua Maria Pohsarang Kediri, Lokasi Alamat, Sejarah, Penginapan Hotel, Rute Jalan Menuju Wisata
Menikmati Indahnya Malam Di Taman Mundu, Foto: kabarsurabaya.org

Taman mundu Tambaksari ini lokasinya tepat di depan Stadion Gelora 10 November. Taman kota yang dahulu merupakan lapangan terbengkalai dan hanya digunakan seperlunya saja, bahkan digunakan sebagai lahan parkir kadang-kadang. Sekarang, bekas lapangan yang terbengkalai tersebut telah menjelma menjadi sebuah taman yang luas dan cantik.

Dibuat di atas lahan seluas 4800 meter persegi, taman mundu sby ini memiliki konsep seperti panggung acara yang terbuka. Tentunya akan sangat cocok dijadikan lokasi event dengan skala yang cukup besar. Taman Mundu juga dilengkapi beberapa kolam air dan terdapat air mancur menari juga.

Wisata Taman Mundu di Surabaya, Foto: teluklove.com

Pertunjukkan air mancur menari yang disuguhkan di sini adakah yang paling favorit dari semua fasilitas yang disediakan. Air mancur yang dapat dipancarkan bahkan setinggi sepuluh meter, ditambahn dengan variasi gerakan dari air mancur tersebut. Bila berkunjung saat malam hari, akan terlihat lebih menarik lagi, karena akan dihiasi dengan efek pencahayaan saat air mancur beraksi. Warna-warni lampu yang ditampilkan di antara gerakan air mancur tersebut memberikan kesan seperti pelangi yang muncul di tengah air.

Fasilitas lainnya yang tersedia di sini adalah lintasan refleksi kaki, jogging track, playground untuk anak-anak, adanya panggung terbuka juga dilkengkapi dengan area tempat duduk yang luas. Di sini juga tersedia air kran yang siap mnum, tentunya ini gratis. Fasilitas yang ada di sini termasuk yang cukup lengkap dari semua taman yang ada di Surabaya.

Pedagang Makanan Yang Mengelilingi Taman, Foto: limelilolalia.blogspot.com

Taman Mundu dibuka setiap hari dan gratis untuk masuk ke area taman, yang penting tetap menjaga kebersihan dan keteraturan dalam menggunakan fasilitas taman. Alamat tepatnya taman mundu ada di jalan juwet, tambaksari. Jadi, bila ingin merasakan segarnya berjalan-jalan di taman kota Surabaya, taman Mundu dapat menjadi destinasi utama Anda, terutama saat sore hari. Saat jelang malam, dapat langsung melihat atraksi air mancur di sini.

BacaJuga:  6 Daftar Kolam Renang di Madiun, Harus Dikunjungi Bersama Keluarga
Destinasi Wisata Dalam Kota, Foto: swaraguna.com

Taman Sebagai Hiasan Kota

Para pengunjung yang ingin melihat atraksi air mancur di taman mundu, langsung masuk dari pintu utama taman. Nanti akan menjumpai dua kolam air dan terdapat air mancur di tiap kolamnya. Masuk lebih dalam, akan menjumpai panggung terbuka yang dapat digunakan sebagai tempat pertunjukkan seperti yang telah disebut sebelumnya. Panggung yang lengkap dengan tempat duduk ini berbentuk setengah lingkaran dan letaknya tepat di tengah taman.

Tempat Wisata di Surabaya, Foto: reservasi.com

Taman sebagai hiasan kota ini memang lekat dengan program penghijauan, terlebih lagi udara dan cuaca di Surabaya yang cenderung panas. Saat masuk ke taman-taman kota ini, rasanya bisa bernapas dengan lega dan menghirup udara segar dengan leluasa. Taman kota di Surabaya di desain dengan area yang cukup luas, sehingga warga kota dapat melakukan macam-macam aktivitas di area taman dengan leluasa, termasuk berolahraga.

Aktivitas lainnya selain olahraga adalah pastinya jalan-jalan keliling taman, atau menemani anak-anak bermain di taman. Desain taman juga dibuat semenarik dan seunik mungkin, sehingga banyak pengunjung yang datang. Pastinya para pengunjung juga akan mengabadikannya dalam sebuah foto, gambar lukisan yang cantik dengan latar belakang taman yang unik.

Di Area Depan Taman Mundu, Foto: vanbeneran.wordpress.com

Beberapa taman kota yang ada di Surabaya selain taman mundu adalah, taman bungkul, taman krembangan, taman pelangi, taman kunang-kunang, dan lainnya. Masing-masing memiliki tema, sesuai dengan nama taman yang mewakilinya.

Misalnya taman bungkul, dinamakan demikian karena letaknya bersebelahan dengan makam sunan bungkul. Sedangkan untuk taman kunang-kunang yang terletak di kawasan penjaringan, rungkut, sby memiliki keunikan yaitu adanya beberapa tiang-tiang lampu yang pada ujungnya terdapat lempengan besi dengan bentuk seperti sayap. Saat malam hari, lampu-lampu dinyalakan dan berwarna putih serta memendarkan cahaya seperti berkelip-kelip layaknya kunang-kunang. Hal inilah yang mendeskripsikan konsep dari taman kunang-kunang.

BacaJuga:  10 Makanan Khas Sidoarjo, Semuanya Sangat Enak dan Lezat
Taman Mundu Surabaya Yang Cantik, Foto: tempatwisata-indah.xyz

Taman Krembangan Timur, dinamakan demikian karena letaknya di jalan krembangan timur, Surabaya. Lokasi taman ini dapat dikatakan strategis, karena berada di antara hamparan gedung-gedung bersejarah, seperti gedung perkebunan nasional XI. Lain halnya dengan taman pelangi yang terletak di perbatasan kota Surabaya, tepatnya jalan Ahmad yani.

Konsep dari taman pelangi adalah ruang terbuka hijau di kawasan lalu lintas  yang padat. Penanda yang sangat terlihat dari taman ini adalah barisan pilar-pilar dengan kemiringan yang teratur berurutan dengan bentuk yang mirip sirip daun. Dari tiap pilarnya memancarkan air yang tenang.

Saat malam hari, taman pelangi terlihat indah, di kolam pilar terdapat tatanan pencahayaan warna-warni, sehingga saat dilihat dari jauh akan terlihat seperi pelangi. Itulah beberapa konsep taman yang ada di Surabaya. Selamat berlibur.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.