10 Gambar Taman Pelangi Surabaya, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat Peta + Sejarah

Posted on
Taman pelangi surabaya tiket masuk palembang bekasi bandung lembang harga gambar jakarta malang lokasi alamat klaten wahana jatiasih 2018 massage sejarah peta kuala lumpur indah lakeview residency bacaan voucher malaysia map nila tanzil pasar kemis tangerang perai penang sriwijaya tangkak hotel sleman alor setar batu cikarang cafe food gym grand residence gombak johor bahru semarang kudus harapan selayar ambarawa atau lampion bintaro banjarbaru bsb buka sampai jam berapa bogor cirebon cinema condo sentul clinic dago daerah mana jakabaring permainan kuliner rumah mutilasi makanan
Keindahan Taman Pelangi Surabaya, Foto: photography199.blogspot.com

Lokasi: Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.138, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235
Map:
Kilk Disini
HTM:
Rp.2000/Orang
Buka/Tutup:
05.00-23.00
Telepon:
(031) 5967387

Taman Pelangi Surabaya merupakan taman di tengah kota yang dibangun sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau yang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kelestaraian alam. Salah satu fungsi Taman Pelangi untuk keseimbangan dengan suasana kota yang sudah sesak dengan bangunan. Tentu saja taman ini bisa berfungsi sebagai metode untuk penyerapan air hujan sehingga air bisa merasuk kedalam tanah dan menjadi pasokan jika musim kemarau tiba.

Indahnya Taman Pelangi Surabaya, Foto: youtube.com

Selain itu, juga berfungsi sebagai keseimbangan alam agar bisa menampung air hujan sehingga tidak akan meluap dan bisa mengurangi resiko banjir. Hal ini memang sangat penting mengingat kota Surabaya juga memiliki tingkat curah hujan yang tinggi sehingga keberadaan taman sangat penting sebagai penampungan air hujan.

Di tengah jalan raya yang ada disekitar taman juga dibuat banyak lubang besi yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan agar bisa terserap ke dalam tanah. Pada trotoar yang terdapat dipinggir taman juga dibuat lubang-lubang untuk genangan air dengan jarak sekitar 3 meter. Hal ini juga bermanfaat agar tidak ada genangan air hujan di tengah jalan sehingga jalan raya bisa lebih awet dan tahan lama.

Fungsi lainnya untuk keseimbangan ekosistem sebagai habitat baru bagi binatang seperti burung, ulat, cacing, serangga, kupu-kupu dan sebagainya. Adanya sebuah taman merupakan bentuk sarana bagi para binatang terutama spesies burung agar bisa membuat sarang untuk berkembang biak. Tentu saja dengan adanya taman ini, sedikit banyak bisa mengurangi terjadinya kepunahan beberapa spesies binatang.

Manfaat lainnya juga bisa menyerap asap polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor sehingga bisa mengurangi tingkat polusi udara. Jalur utama di sebelah taman ini dilewati sekitar jutaan kendaraan setiap hari sehingga tingkat polusi sangat tinggi. Hal ini memang memerlukan adanya sebuah taman sebagai penyeimbang untuk mengurangi  tingkat polusi udara di kota itu.

Bagi para pengendara bisa mampir ke Taman Pelangi untuk beristirahat dan melepas setelah lelah menempuh perjalanan untuk bersantai sambil menikmati keindahan taman. Taman ini memiliki banyak pohon rindang sehingga suasana terasa sejuk. Selain itu, memiliki banyak tanaman berbunga sehingga taman lebih indah. Suasana bersantai akan lebih nikmat dengan semilirnya  angin yang menerpa di sela-sela pepohonan.

Tersedia fasilitas toilet umum yang bisa dimanfaatkan  para pengguna jalan untuk mencuci muka ataupun keperluan lainnya. Selain itu, juga ada sebuah musholla yang bisa digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim.

Taman pelangi surabaya tiket masuk palembang bekasi bandung lembang harga gambar jakarta malang lokasi alamat klaten wahana jatiasih 2018 massage sejarah peta kuala lumpur indah lakeview residency bacaan voucher malaysia map nila tanzil pasar kemis tangerang perai penang sriwijaya tangkak hotel sleman alor setar batu cikarang cafe food gym grand residence gombak johor bahru semarang kudus harapan selayar ambarawa atau lampion bintaro banjarbaru bsb buka sampai jam berapa bogor cirebon cinema condo sentul clinic dago daerah mana jakabaring permainan kuliner rumah mutilasi makanan
Taman Pelangi, Foto: tempatwisata-indah.xyz

Letak Taman Pelangi berada diantara dua jalan protokol sebagai akses transportasi yang masuk dan keluar dari kota Pahlawan. Lokasi Taman Pelangi berada di Jl. Frontage Ahmad Yani yang terletak di ujung selatan kota Surabaya sebagai jalur alternatif  menuju ke kota Sidoarjo. Taman ini menjadi pintu masuk untuk menyambut para pengendara yang akan menuju ke kota Surabaya sekaligus menjadi pintu keluar.

Taman Pelangi juga biasa digunakan para pengendara sebagai pertanda sudah memasuki kota Surabaya. Jalur ini merupakan jalan bawah yang tidak melewati jalan tol sehingga kendaraan dari jalur selatan dipastikan akan melewatinya.

Di sebelah taman merupakan jalur utama kota yang sangat sibuk dengan padatnya kendaraan hilir mudik sehingga sering terjadi kemacetan di area ini. Taman Pelangi juga bisa menjadi pemandangan indah dikala macet, sehingga bisa sedikit terhibur.  Jalan raya ini juga dilewati bus kota dan angkutan umum yang menuju ke Terminal Bungursih.

Di ujung taman juga terdapat jalur bundaran bagi pengendara yang ingin memutar balik arah kendaraan ataupun yang ingin berkunjung ke taman. Lokasi parkir taman berada di tengah taman dan agak jauh dari bundaran sekitar 200 meter .  Tempat parkir yang disediakan memang tidak begitu luas dan hanya bisa menampung beberapa mobil saja, namun mampu digunakan untuk puluhan motor.

Selain dilewati mobil dan kendaraan bermotor, terdapat juga rel kereta api sehingga jika ada kereta yang melintas maka akan terlihat jelas. Jalur kereta tersebut menghubungkan antara Surabaya dan Sidoarjo serta jalur selatan yang menuju ke kota Malang. Hal ini karena lokasi Taman Pelangi sangat dekat dengan Stasiun Jemursari.

Mengenal Lebih Dekat Taman Pelangi, Foto: yockisure.wordpress.com

Wahana Wisata Taman Pelangi Surabaya

Untuk menambah keindahan taman, maka dibuat sebuah kolam besar dan diatasnya dibangun batang besi sebanyak 31 buah dengan ujungnya bisa mengalirkan air ke dalam kolam. Batang besi ini berwarna putih dan jika malam hari akan menyala penuh dengan warna –warni sehingga terlihat seperti pelangi. Posisi batang besi memang memang tidak sejajar karena semakin ke ujung, ukuran batang besi semakin kecil dan posisinya miring seperti bangunan yang akan roboh.

Di sekitar kolam terdapat path lantai yang agak luas dan bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain bersama keluarga atau teman. Selain itu, di sekitar kolam juga terdapat tanaman beraneka ragam dengan warna daun dan bunga yang berbeda-beda. Tanaman di sekitar kolam ada yang berwarna hijau tua dan muda serta warna coklat, kuning, putih dan lainnya.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Kondang Merak di Malang Selatan Jawa Timur, Ini Lokasi Letak Peta-nya

Kondisi tanaman juga ditata dengan sangat rapi sehingga memberikan perpaduan warna yang indah dan membuat suasana seperti bukan di tengah kota. Jalur untuk pejalan kaki memang tidak begitu lebar karena sebagian besar tanahnya digunakan untuk tanaman dan padang rumput. Terdapat ratusan jenis tanaman yang dibudidayakan, ada tanaman berbunga, rerumputan, tanaman rambat, tanaman panas seperti palem serta masih banyak lagi tanaman lainnya.

Hal ini tentu saja sebuah pemandangan luar biasa yang bisa ditemukan di area jalan protokol sebagai hiburan bagi para pengguna jalan. Sedangkan di belakang kolam tersebut terdapat beberapa batang pohon rindang yang seolah-olah memayungi kolam dan batang besi tersebut.  Pohon besar yang ada di belakang kolam juga ditumbuhi tanaman rambat sehingga kulit pohon tidak terlihat karena tertutup.

Sedangkan di depan kolam lebih banyak ditumbuhi oleh tanaman berbunga yang beraneka warna sehingga terlihat indah jika dilihat dari jalan raya. Tanaman lainnya seperti jenis pohon palem juga banyak yang ditanam dipinggiran dekat trotoar. Ada juga pohon Kamboja yang memiliki bunga berwarna merah sehingga menambah kecantikan taman.

Pada pagi hari sudah banyak pengunjung yang datang untuk mencari tempat jogging ataupun bersepeda dengan udara yang sejuk. Biasanya para pengunjung dewasa lebih senang berada di area belakang kolam karena ada jalur khusu untuk jogging. Selain itu, ada juga jalur untuk pijat refleksi kaki gratis karena ada jalur yang dibuat dengan batu-batuan kecil yang bisa meningkatkan kesehatan jika berjalan tanpa alas kaki.

Pada siang hari juga sudah banyak pengunjung yang datang untuk bersantai di pinggir kolam untuk mengambil gambar keindahan taman ataupun selfi. Banyaknya pohon rindang membuat udara siang hari terasa lebih sejuk walaupun terik matahari menyengat. Dari area kolam, terlihat jelas gedung kantor Bulog yang berada tepat di seberang jalan.

Jika malam hari banyak pengunjung yang duduk di tepi kolam sambil menikmati keindahan warna lampu batang besi yang beraneka macam. Biasanya para pengunjung memanfaatkan area kolam sebagai spot foto ataupun selfi. Banyak juga para fotografer yang senang mengambil lokasi pemotretan di area kolam dan menggunakan gemerlapnya lampu warna-warni sebagai backround foto.

Selain itu, banyak juga calon pengantin yang memilih lokasi ini sebagai foto prewedding karena tempatnya sangat romantis dan penuh dengan aneka warna. Hasil foto juga terlihat lebih bagus karena banyak efek cahaya di sekitarnya yang sangat membantu untuk menghasilkan kualitas foto yang cerah.

Jika malam Minggu Taman Pelangi selalu dipadati pengunjung, terutama anak-anak muda yang ingin mencari  tempat untuk malam mingguan. Banyak pengunjung yang rela duduk di lantai depan air mancur karena saking asyiknya melihat pemandangan warna warni. Ada pengunjung yang membawa tikar bersama teman-temannya dan ada juga yang duduk tanpa alas.

Banyak para pengunjung yang hilir mudik lewat depan air mancur dan sesekali berselfi ria untuk mengabadikan gambar dengan latar belakang ikon Taman Pelangi itu. Lokasi yang paling banyak digunakan untuk selfi adalah kedua ujung kolam karena memiliki lampu penerangan yang  sangat jelas seperti yang dipakai pada stadion sepakbola.

Ada juga pengunjung yang nongkrong di belakang air mancur dan duduk santai di pinggir kolamnya bersama teman-teman. Ternyata area di belakang kolam air mancur juga sangat nyaman dan terdapat banyak spot untuk nongkrong dan lampunya terang serta tidak terganggu pengunjung lain yang hilir mudik.

Selain itu, para muda-mudi juga senang dengan taman ini karena memiliki fasilitas Free Wi-fi sehingga bisa nongkrong sambil internetan. Tentu saja aktifitas internetan jadi lebih asyik berada di tempat yang nyaman dengan pemandangan alam yang indah.

Penuh Warna di Taman Pelangi, Foto: hardrockfm.com

Tempat nongkrong lainnya berada agak jauh di belakang kolam air mancur yang terdapat pagar besi dan biasa digunakan untuk bersandar para pengunjung. Selain itu, ada juga lokasi nongkrong asyik lainnya, yaitu pada sebuah spot tanaman merambat yang dibuat sebuah terowongan pada jalur pejalan kaki.

Pemandangan lampu warna-warni air mancur sangat indah ketika hari mulai gelap sehingga akan tampak cahayanya memenuhi area disekitarnya. Lampu warna-warni air mancur akan menyala ketika malam telah tiba dan akan dimatikan pada jam 11 malam dan pertanda bahwa Taman Pelangi telah tutup. Selanjutnya para petugas keamanan akan berkeliling untuk memeriksa dan memberitahukan kepada pengunjung bahwa waktu berkunjung di taman telah selesai.

Semua fasilitas yang disediakan pihak pengelola diberikan secara gratis dan tidak perlu membayar biaya tiket masuk serta hanya perlu membayar biaya parkir saja. Taman Pelangi dibuka untuk umum dan sudah mulai buka sejak pagi hari sampai jam 23.00 malam.

BacaJuga:  10 Gambar Waterpark Kenjeran Surabaya, Harga Tiket Masuk 2018, Jam Buka + Fasilitas Wisata

Bagi pengunjung yang tidak membawa makanan dan minuman harus siap-siap untuk gigit jari, karena tidak ada penjual makanan di taman ini. Para pedagang memang tidak diizinkan masuk oleh petugas. Para pedagang  hanya diizinkan berjualan atau mangkal di tempat parkir saja. Hal ini sangat berbeda dengan taman-taman lainnya yang bersedia mengizinkan para pedagang asongan masuk ke dalam taman.

Para pengunjung juga dilarang untuk memetik bunga dan banyak sekali gambar atau tanda peringatan agar jangan sampai memetik bunga ataupun tanaman. Selain itu, terdapat banyak CCTV di setiap sudut taman dan jika ada pengunjung yang memetik bunga, pasti akan tertangkap basah karena petugas keamanan selalu stand by di depan CCTV yang ada di kantor.

Taman Pelangi akan terlihat sangat indah bagi para pengendara yang menuju ke arah utara atau memasuki kota Surabaya. Hal ini karena batang besi yang berwarna-warna menghadap ke arah barat pada jalan raya menuju jalur utara. Sedangkan pengendara yang menuju ke arah selatan memang kurang begitu jelas melihat pemandangan tersebut karena posisi air mancur serong ke arah barat.

Taman Pelangi Surabaya, Foto: lihat.co.id

Lokasi Alamat Peta dan Sejarah Taman Pelangi Surabaya East Java

Taman Pelangi Surabaya berada di Jalan Frontpage Ahmad Yani, Siwalankerto, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur. Lokasi tepatnya adalah jalur perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo sehingga taman ini sebagai patokan bagi para pengendara ketika ingin masuk atau keluar dari kota Surabaya dan bisa dilihat pada Google Map.

Lahan yang ditempati Taman Pelangi, sebelumnya adalah sebuah SPBU yang biasa dinamakan bom bensin. Kemudian lahan tersebut dialihfungsikan menjadi sebuah taman kota untuk mempercantik dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

Sebenarnya lahan tersebut memang milik pemerintah yang dikelola oleh pihak swasta dan selanjutnya diambil kembali dan dibangun sebuah taman. Pembangunan Taman Pelangi adalah inisiatif dari Gubernur Jawa Timur Pak De Karwo dan Walikota Surabaya Ibu Risma. Taman Pelangi menjadi salah satu fasilitas pemerintah yang diberikan untuk kepentingan umum agar bisa bermanfaat bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Tanaman Kebun Bunga, Foto: bungakebun.blogspot.com

Taman-taman Pelangi di Indonesia

Ternyata banyak sekali taman-taman di Indonesia yang menggunakan nama Taman Pelangi sebagai brand di beberapa propinsi. Salah satunya adalah taman yang ada di sebuah kompleks perumahan Graha Taman Pelangi yang berada di Bukit Semarang Baru BSB City. Alamatnya di Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Semarang Jawa Tengah 50212. Kompleks perumahan yang menggunakan nama taman pelangi juga ada di daerah Cirebon yang menghadirkan rumah dengan warna-warni seperti pelangi.

Daerah lainnya yang menggunakan nama Taman Pelangi adalah kota Yogyakarta yang memiliki Taman Lampion di daerah Monjali. Taman yang beralamat di jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Nganglik, Kabupaten Sleman ini pada awalnya adalah taman biasa. Setelah taman diberikan lampion warna-warni, masyarakat setempat menyebutnya sebagai Taman Pelangi.

Kota lainnya yang menggunakan lampion warna-warni di taman adalah kota Kudus dengan nama Taman Lampion Kudus. Namun lampionnya ditata dalam bentuk pohon dan ada juga yang diletakkan dalam pepohonan sehingga suasana di taman sangat indah dan terang benderang. Taman Lampion ini buka hanya 3 hari dalam seminggu saat weekend saja agar masyarakat tidak cepat bosan.

Di kota Klaten juga ada sebuah ruang hijau di tengah kota yang bernama Taman 1000 Pelangi yang membudidayakan tanaman berbuah. Hal yang unik dari taman ini adalah pembuatan rumah burung yang dicat dengan warna-warni sehingga tampak lebih indah dan bervariasi. Jumlah rumah burung memang banyak sekali dan berjajar sehingga tampak seperti  pelangi.

Propinsi Sumatera selatan juga memiliki tempat wisata kota yang bernama Taman Pelangi Sriwijaya yang berada di Komplek Dekranasda jakaBaring Palembang. Alamatnya di Jalan Gubernur H.Bastari, 15 Ulu 1, Palembang, Sumatera Selatan. Taman ini juga menggunakan lampion berwarna-warni yang dibuat dalam bentuk pohon, mobil-mobil an, tulisan dan lainnya. Terdapat lampion pohon dengan tinggi sekitar 8 meter dan merupakan lampion yang terbesar.

Tempat Nongkrong Anak Muda, Foto: marketingthanks.blogspot.com

Pada wilayah Bekasi terdapat sebuah wahana wisata yang bernama Taman Grand Pelangi yang berlokasi di wilayah Perumahan Grand Residence Avenue, Setu, Bekasi.  Taman ini juga memiliki banyak lampion berwarna-warni yang dibuat dalam bentuk patung hewan seperti kuda, dinosaurus dan lainnya. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah macam-macam wahana permainan seperti Bom-bom Car, Bola Air, Perahu Dayung dan lainnya.

Bekasi masih memiliki taman lainnya yaitu Taman Jatiasih Permai yang mengambil konsep rumah minimalis dengan warna-warni pelangi. Lokasi Taman Jatisari memang sangat strategis karena tempatnya sangat dekat dari pintu keluar Tol Jatiasih. Masih ada lagi perumahan lainnya yang mengambil konsep taman pelangi di Jl.Setia Budi, kebon Kopi, Cikarang utara, Bekasi.  Ada juga sebuah café yang menggunakan nama Seafood Pelangi di daerah Bintaro, tangerang dengan ruangan café yang di cat penuh dengan warna-warna pelangi.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Sipelot Malang Selatan Jawa Timur + Peta Akses Jalan Menuju Lokasi

Sedangkan di Bandung ada sebuah taman yang menarik karena memiliki tanaman yang disusun berjejer dan memanjang penuh dengan warna-warni seperti pelangi. Taman ini bernama Grand Rainbow dan lokasinya berada di Jalan Grand Hotel No.33E Lembang, Bandung. Tempat lainnya yang menyajikan keindahan nuansa pelangi adalah air terjun Dago yang memiliki jalur pejalan kaki dengan di cat warna- warni membentuk pelangi. Lokasi tempat wisata inijuga bisa terlihat dari Clinic Coffee Dago sambil menikmat sajian kopi hangat.

Acara Jakarta Fair juga selalu dimeriahkan dengan adanya Taman Pelangi yang tidak pernah ketinggalan. Taman pelangi menghadirkan beberapa wahana yang bisa dinikmati untuk keluarga seperti becak mini, safari train, perahu dayung, serta cinema 3D yang disajikan dengan penuh lampion berwarna-warni seperti pelangi.

Ada lagi sesuatu yang unik dari kota Ambarawa yaitu desa wisata Bejalen yang menghadirkan rumah-rumah dan tiang di pinggir jalan di cat warna-warni sehingga enak dipandang. Desa wisata ini memang masih baru karena mulai dibuka untuk umum sejak April 2018. Di pinggir sungai terdapat tiang pembatas yang terbuat dari besi dicat dengan warna-warni dan aksesorisnya adalah bola plastik yang di cat dan digantung pada tiang tersebut. Bola plastiknya banyak sekali dan tidak tahu berapa jumlahnya karena menghiasi dari pintu masuk sampai ujung desa.

Wisata dalam Kota, Foto: kompasiana.com

Tangerang juga memiliki sebuah pasar yang unik karena setiap kios menggunakan tenda yang berbeda warnamya sehing membentuk warna-warni yang unik seperti pelangi. Nama pasar tersebut adalah Pasar Kemis yang panjang pasarnya sekitar 1 kilometer.

Lain halnya dengan sebuah daerah di Kalimantan selatan yaitu Kelurahan Gunung paikat, Kabupaten  Banjarbaru. Rumah-rumah warga di kelurahan ini dimutilasi habis-habisan dengan berbagai lukisan benda dan manusia yang dilakukan oleh para seniman. Tentu saja tangan terampil seniman menghasilkan karya luar biasa yang semakin menambah keindahan kelurahan tersebut. Kampung yang tadinya kumuh, sekarang menjadi pemandangan yang sedap di mata.

Di kawasan Sulawesi selatan juga ada tempat wisata dengan nama Taman Pelangi yang ada di kabupaten Selayar.Taman pelangi Selayar memiliki beberapa batang besi yang sangat besar dan ditata dengan rapi serta di cat warna-warni sehingga tampak seperti pelangi. Sementara di daerah Bogor ada sebuah pemukiman masyarakat yang bernama Desa Pelangi Sentul. Nama tersebut disingkat menjadi De’Pes dan merupakan kompleks villa di daerah Cijayanti yang memiliki fasilitas seperti taman bermain, off road, out bound, kuliner serta wahana permainan lainnya.

Nama Perpustakaan Taman Bacaan pelangi

Salah seorang yang memperhatikan anak-anak sekolah di kawasan Indonesia timur mendirikan perustakaan yang bernama Taman Bacaan pelangi. Dia adalah seorang wanita bernama Nila Tanzil yang sedih melihat nasib anak-anak Indonesia bagian timur karena banyak yang tidak memiliki buku bacaan. Hal ini membuatnya tergugah untuk membantu anak-anak tersebut untuk bisa menikmati buka bacaan secara gratis dan dia juga membuka program belajar secara gratis. Dia memiliki harapan untuk mencerdaskan anak bangsa Indonesia.

Wisata Taman Pelangi di Surabaya, Foto: teluklove.com

Taman Pelangi Malaysia

Malaysia juga memiliki sebuah tempat yang bernama Taman Pelangi yang ada di daerah Johor Bahru. Kawasan ini adalah sebuah residential area atau kompleks perumahan dengan taman yang disewakan kepada para wisatawan ataupun kalangan bisnis. Metode penginapan menggunakan konsep home stay dengan ruangan yang luas selperti rumah hunian lengkap. Di kawasan Taman pelangi ini juga banyak café and food court sehingga akan mudah mencari makanan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Sedangkan penginapan yang lebih murah adalah Hotel Tangkak sebagai hotel bintang 3 yang masih satu propinsi dengan taman pelangi. Ada pula jenis Kondominium atau condo yang merupakan fasilitas negara yang bisa digunakan sebagai hak bangunan saja,

Tempat lainnya yang memiliki fasilitas penginapan adalah Kuala Lumpur Lake View Residency yang menawarkan penyewaan penginapan dengan konsep apartemen. Lokasinya berada di kawasan yang lebih elit dan terdapat restoran dan gym serta spa jika ingin massage. Pada hari-hari tertentu jasa penyewaan ini juga sering membagikan voucher sebagai discount atau pengurangan harga sewa.

Penginapan lainnya adalah The Light Hotel Penang, Perai, Malaysia dan beberapa hotel serta penginapan di Alor Setar. Ada lagi tempat penginapan lainnya di Batu Gombang dengan suasana yang sejuk dengan harga murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.