Belajar Sambil Bermain, Hanya di Taman Pintar Jogja

Posted on
Belajar Sambil Bermain, Hanya di Taman Pintar Jogja
3.8 (76%) 5 votes
Pipa Bercerita, foto by tamanpintar.co.id

Lokasi: Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Gondomanan, Ngupasan, Kota, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Map: Klik Disini
HTM: Rp.10.000/Orang – Rp.18.000/Orang
Buka/Tutup: 05.00-14.00
Telepon: 081-233-339-889

Liburan panjang terkadang membuat anak menjadi lupa pelajaran yang ada di sekolah dan tentu saja malas untuk belajar, mereka lebih memilih untuk bermain seharian atau pergi berlibur ke tempat wisata.

Tentu saja anda sebagai orang tua akan merasa khawatir jika nanti sudah masuk sekolah lagi, anak anda masih saja lupa dengan semua pelajar yang ada di sekolah. Untuk itulah diperlukan usaha khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Suasana di sekitar lokasi, foto: wisatapedi.com

Berwisata memang tak harus selalu pergi ke gunung, pantai atau ke tempat wisata lainnya. Untuk anda yang ingin tidak mengalami masalah tersebut, bisa mengajak putra dan putri anda mengunjungi sebuah wisata edukasi. Salah satunya yakni Taman Pintar Yogyakarta (TPY).

Taman Pintar yang ada di joga ini berbeda dengan taman pintar yang ada di kota lain seperti, Bandung, Solo, Surabaya dan Jakarta, di mana Taman ini berusaha mengabungkan antara tempat rekreasi dan sarana edukasi dalam satu lokasi.

Hal ini menyebabkan Taman Pintar Yogyakartamemiliki arena bermain dan sarana belajar yang dibagi menjadi beberapa zona berbeda, sehingga para pengunjung bisa memilih tempat mana yang akan di tuju.

Tentu saja di setiap zona nanti memiliki pembelajaran yang berbeda dari zona lainnya, hal inilah yang membuat banyak pengunjung menjadi penasaran.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Gedung Oval, Foto: paketwisatajogja75.com

Taman Pintar Yogyakarta adalah salah satu wahana bermain sekaligus belajar yang cocok untuk anak-anak.

Disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta, taman pintar ini didirikan dengan tujuan untuk menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang akan mendukung kurikulum pendidikan dan memotivasi anak serta mempersiapakan generasi muda untuk mencintai ilmu sains.

Tempat wisata edukasi yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini banyak menyediakan berbagai wahana permainan yang tidak hanya akan membuat anak Anda merasa senang namun juga akan memberikan pendidikan secara tidak langsung.

Taman pintar ini bisa dinikmati oleh seluruh golongan anak-anak, baik yang belum sekolah hingga yang sudah bersekolah.

Hal ini karena taman pintar ini dapat memperluas dan mempendalam pelajaran mengenai ilmu sains di sekolah melalui pengamatan yang dilakukan secara langsung.

Meskipun pengamatan yang dilakukan bisa dibilang sederhana, namun Taman Pintar Jogja merupakan sebuah laboratorium dalam kemasan rekreasi sehingga akan membuat semua pengunjung merasa senang.

Salah satu kegiatan yang ada, foto: tamanpintar.com

Sebelum dijadikan tempat wisata seperti saat ini, dulunya bangunan taman pintar merupakan bekas pusat perbelanjaan atau shopping center dan akhirnya oleh pemerintahan setempat dilakukan Relokasi area pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Sanglen Gunungkidul Wonosari Jogja, Fasilitas Camping + Rute Menuju Lokasi

Yakni pada tahap pertama adalah pembangunan Playground dan gedung Paud Barat dan Timur yang selesai pada 20 mei 2006, setelah itu di lanjutkan pembangunan tahan kedua dengan pembangunan Gedung Oval dan Gedung Kotak yang selesai pada 9 juni 2007.

Tahap pembangunan yang terakhir adalah pembangunan Gedung Kotak lantai 2 dan 3, Gedung Memorabilia dan Tapak Presiden.

Setelah semua tahap pembangunan telah selesai, peresmian Taman Pintar ini dilakukan pada 16 Desember 2008 oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono.

Tujuan utama dari pembangunan Taman Pintar ini menurut pemerintah adalah dapat mendukung program pembelajaran regular anak-anak sejak dini.

Dengan mengasah kreativitas mereka sedini mungkin dengan begitu diharapankan nantinya akan semakin banyak pakar teknologi yang muncul dari Indonesia khususnya dalam bidang Sains.

Letak Atau Alamat Taman Pintar

Isi di dalam gedung Oval, Foto: tripadvisor.com

Alamat lengkap Taman Pintar ini terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1 -3 Yogyakarta, di mana lokasi tersebut terdapat di depan Bank Indonesia atau 200 meter di sebelah timurnya perempatan jalan Maliobro.

Lokasi yang dimiliki Taman Pintar ini sangat stategis, letaknya diantara Taman Budaya, Gedung Agung dan Benteng Vredeburg.

Hal tersebut membuat wisata edukasi ini dapat berfungsi sesuai yang diharapkan. Dan tentu saja hal itu karena didukung dengan bangunan bangunan yang ada disekitarnya.

Selain itu buku dibelakang bangunan taman pintar ini terdapat toko-toko yang menyediakan berbagai macam buku. Dengan begitu pengunjung yang masih penasaran dengan ilmu yang sudah mereka praktekkan di wahana gedung pintar bisa dipelajari lebih lanjut.

Hal yang Bisa Dilakukan

Wahana Bahari, mengelilingi miniatur perairan dengan kapal mini, gambar by tamanpintar.co.id

Di area taman pintar para pengujung dapat melakukan beraneka ragam kegiatan, mulai dari bermain hingga melakukan pengamatan secara langsung.

Hal ini karena di dalam tempat wisata ini memiliki banyak macam wahana yang bisa dikunjungi oleh semua pengujung, berikut adalah daftar wahana yang ada.

  1. Wahana di Gedung Kotak

Di dalam gedung kotak ini para pengujung sekalian akan menemui 10 macam zona yakni zona koleksi keris, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona otomoif, zona replika candi borobudur, zona pengolahan susu, zona peraga turbulensi, zona planning city dan zona pengolahan minyak gas dan bumi.

Nah di masing-masing zona nanti para pengunung bisa melihat berbagai macam aktivitas yang terkait identik dengan masing-masing zona tersebut.

  1. Wahana di Gedung Oval
Gedung Oval, gambar by tamanpintar.co.id

Kedung oval ini merupakan gedung yang berisikan semua macam mengenai ilmu sains, di mana para pengujung bisa melakukan penelitian secara langsung di dalam gedung ini.

Banyak sekali wahana yang ada di gedung ini, total terdapat 12 wahana yang bisa dinikmati di gedung Oval.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Seruni Gunung Kidul + Lokasi Alamat Rute Letak

Seperti Zona teknologi komunikasi, Tv trainer, Zona cuaca iklim dan gempa, Terowongan ilsi, pojok kreasi sains, aquarium air tawar, zona nuklit, ICT melihat bumi, zona kehidupan purba, generator pedal, generator Van De Graaf dan Zona Nuklir.

  1. Wahana di Gedung Memorabilia

Seperti dengan namanya yakni gedung Memorabilia merupakan gedung yang berisi mengenai perjalanan atau sejarah yang ata di Indonesia.

Untuk itulah di dalam gedung ini memiliki 3 macam zona, yakni zona tokoh pendidikan yang berisikan mengenai siapa saja tokoh yang bersaja di dalam dunia pendidikan di Indonesia, Zona Sejarah Kraton yang berisikan mengenai sejarah apa saja yang ada di dalam Kraton Yogyakarta mulai awal berdirinya hingga saat ini.

Dan yang terakhir adalah Zona Kepustakaan Kepresidenan yang berisikan tentang biografi para president yang pernah memimpin bangsa Indonesia mulai awal kemerdekaan hingga saat ini.

  1. Gedung Planeterium
Gedung Planetarium, photo by tamanpintar.co.id

Seperti dengan namanya yakni Planeterium, di mana gedung ini memiliki fungsi untuk memberikan pembelajaran mengenai ilmu tata surya dan antariksa melalui pertunjukan sebuah film.

  1. Gedung Paud

Gedung paud ini merupakan gedung pertama kali yang didirikan di taman pintar ini, di mana gedung paud ini dibagi menjadi dua bagian yakni Gedung Paud Barat digunakan untuk memberikan edukasi anak TK dan Gedung Paud Timur digunakan untuk memberikan edukasi untuk anak Pra-TK.

  1. Kampung Kerajinan

Kampung kerajinan ini merupakan area yang dibuat khusus untuk melatih tingkat kreatifitas yang dimiliki oleh anak-anak, di kampung kerajinan ini para pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan.

Seperti membatik, membuat dan melukis gerabah, melukis koas dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

  1. Playground

Terdapat juga sebuah Playground yang berada di depan gedung kotak, dimana wahana ini disediakan sebagai ruang publik yang memiliki beragam alat peraga gratis dan tentu saja akan membuat para pengunjung menjadi senang.

Harga Tiket Masuk Wahana

Dinding Berdendang, image by tamanpintar.co.id

Taman Pintar ini buka mulai 09.00 wib hingga jam 16.00 wib pada hari Selasa – Minggu, sedangkan untuk hari senin libur. Namun jika bertepatan dengan libur nasional maka Taman Pintar ini akan tetap buka.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata edukasi ini para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk, di mana harganya 10.000 rupiah untuk anak-anak dan 18.000 rupiah untuk dewasa, harga tersebut belum termasuk dengan tiket untuk menikmati wahana yang ada di taman pintar ini.

Sedangkan untuk bisa menikmati wahana yang ada di tempat wisata ini para pengunjung dikenakan biaya lagi di masing-masing wahana, berikut adalah daftar harga tiket wahana di taman pintar Yogyakarta:

Sumber: tamanpintar.co.id
  1. Wahana Teather 3D.
  • Umum: Rp. 20.000,-
  • Pelajar: Rp. 15.000,-
  • Rombongan: Rp. 15.000,- (minimal 20 orang).
  1. Program Kreativitas.
  • Kreasi Batik: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Kreasi Gerabah: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Lukis Kaos: Rp.30.000,- (Anak-anak) dan Rp.40.000,- (Dewasa)
  • Lukis Gerabah: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Hand on Science: Rp.5000,- (Dewasa dan anak-anak).
  • Latihan menjadi Presenter TV: Rp.10.000,- (Dewasa dan anak-anak).
  1. Gedung Paud.
  • Khusus untuk anak-anak usia 2 – 7 tahun saja dan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.3.000,-/anak.
  1. Planetarium.
  • Wahana Planetarium dibuka untuk semua usia dengan harga tiket Rp.15.000,-/orang.
  1. Wahana Bahari.
  • Harga tiket untuk masuk ke wahana Bahari adalah sebesar Rp.15.000,-/orang.
BacaJuga:  10 Foto Pantai Sanglen Gunungkidul Wonosari Jogja, Fasilitas Camping + Rute Menuju Lokasi

Fasilitas

Gedung Kotak, foto by tamanpintar.co.id

Selain memiliki banyak wahana, tersedia pula fasilitas lengkap yang dapat mempermudah para pengujung. Seperti :

  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet
  • Atm center
  • Foodcourt
  • Ruang kesehatan
  • Mushola
  • Pusat informasi
  • Pelayanan pengunjung
  • Lift khusus difable
  • Terdapat juga beberapa space yang disewa seperti exhibition hall untuk keperluan kegiatan sekolah atau suatu instansi dalam ruang
  • Lalu ada pula ruang audiovisual yang berkapasitas sekitar 40 orang.

Dengan fasilitas yang begitu lengkap anda tidak perlu khawatir jika memerlukan sesuatu, karena pihak pengolah taman pintar yogyakarta ini telah menyiapkan semuanya.

Tips Mengunjungi Taman ini dengan Rombongan

Untuk anda yang berniat ingin pergi ke tempat wisata edukasi ini dengan rombongan sekolah, sebaiknya mengikuti beberapa prosedur yang telah di tetapkan oleh pihak pengelolah, seperti :

  1. Setelah sampai di tempat lokasi taman pintar ini segara pergi menuju ke tempat pengelola sambil membawa surat pemberitahuan kunjungan dari sekolah.
  2. Jumlah minimal rombongan adalah 20 Orang yang terdiri dari murid dan guru. Untuk itu sebaiknya membawa rombongan lebih dari ketentuan yang ada.
  3. Untuk hari libur nasional dan hari minggu, pendaftaran rombongan tidak dapat berlaku atau bisa dikatakan masuk secara normal.

Nah itulah keseruan yang bisa para pengunjung dapatkan di dalam taman pintar Jogja ini. Tentu saja selain menyenangkan, para pengunjung juga akan mendapatkan ilmu baru dan orang tua tidak perlu khawatir lagi kepada buah hati mereka jika tidak mengingat pelajaran sekolah.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Belajar Sambil Bermain, Hanya di Taman Pintar Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.