10 Gambar Taman Safari Prigen Pasuruan, Harga Tiket Masuk, Peta Alamat + Video Wisata

Posted on
Harga tiket masuk taman safari prigen 2 malang hotel wisata jawa timur peta alamat lokasi no telp gambar foto pasuruan permainan jam buka banteng camp jalan menuju rute sejarah letak promo resort surabaya operasional water world jadwal show pertunjukan indonesia menginap fasilitas rusa reguler beli online angkutan umum map
Pintu Masuk Taman Safari: Specindo.com

Lokasi: Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Map: KlikDisini
HTM: Rp.70.000 – 140.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: (0343) 6743000

Liburan panjang sudah hampir tiba, sudah kalian memikirkan akan pergi berwisata kemana untuk mengahabiskan hari libur anda. Tentu saja liburan kali ini harus meninggalkan kesan yang tak terlupakan, untuk itulah ditentukan tempat yang berbeda dengan tempat rekreasi yang sebelumnya. Jika masih bingung mungkin pergi berwisata ke Taman Safari Prigen bisa menjadi tujuan anda untuk rekreasi bersama keluarga. Dengan mengunjungan Taman Safari Prigen, anda dan keluarga anda bisa mengenal lebih dekat kehidupan binatang-binatang di alamnya.

Taman Safari Prigen adalah kawasan suaka margasatwa dan merupakan taman safari kedua setelah taman sarafi bogor. Taman Safari Prigen dapat dijadikan tempat wisata keluarga yang menyuguhkan pengalaman wisata terbaik untuk mengenal macam-macam satwa yang ada di dunia ini. hal ini karena sejarah berdirinya Taman Safari 2 ini begitu mengagumkan.

Letak Taman Safari Prigen berada di desa Jariarjo Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, di mana lokasi tersebut berada di ketinggian 800 mdpl yang terletak di lereng Gunung Arjuna. Taman Safari Prigen memiliki luas sekitar 340 hektare. Selain dijadikan tempat konservasi hewan-hean langka, Taman Safari Prigen juga dijadikan tempat rekreasi sambil belajar yang menarik. Tentu saja tempat ini sangat cocok untuk anak-anak, dengan berkunjung ke tempat ini mereka dapat mengenal kehidupan macam-macam hewan di habitat aslinya.

Denah Area Tampat Wisata: hargakini.com

Keanekaragaman hewan yang ada di Taman Safari Prigen ini beraal dari 5 benua yang ada, dimana ketika anda berkunjung ketempat ini, anda akan bertemu dengan hewa yang berasal dari benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia. Yang menjadi menarik ketika berkunjung ketempat ini adalah semua hewan yang ada tidak dimasukan kedalam kandang, melainkan dilepas bebas di area habitatnya. Karena hal itulah para pengunjung dilarang untuk turun atau keluar dari kendaraan mereka masing-masing dan untuk yang ingin memberi makan hewan akan didampingi oleh staf disana untuk memberikan makanan sesuai jenis hewannya. Hewan yang ada di Taman Safari Prigen ini banyak sekali macamnya seperti Gajah Sumatra, Singa, Harimau Bengala, Harimau Sumatra, Ular, Rusa,  Banteng, Orangutan, Zebra, Beruang, berbagai jenis unggas, dan Kanguru.

Karena banyaknya pengunjung setiap hari yang ada di Taman Safari Prigen ini, membuat para binatang sudah biasa akan kedatanagn manusia, bahkan para hewan tak segan-segan untuk datang menghampiri kendaraan yang lewat dan ada juga yang malah berbaring di tengah jalan. Jika hal tersebut terjadi ketika anda datang mengunjungi tempat ini, maka anda harus mengalah dan bersabar menunggu hewan tersebut pindah. Jangan membunyikan klakson untuk mengusirkan mereka, karena hal tersebut dapat menimbulkan kepanikan bagi hewan-hewan, untuk itulah hal tersebut sangat dilarang disana.

Rute Perjalanan ke Taman Safari Prigen

Berkeliling memutari habitat hewan, Foto: kompasiana.com

Rute menuju ke Taman Safari Prigen sangat lah mudah, untuk yang memulai perjalanan dari kota Surabaya jawa timur, anda harus menempuh jarak sejauh 55 km untuk bisa sampai di pintu masuk Taman Safari Prigen. Di mana lokasi pintu masuk tempat ini berada persisi di pinggir jalan raya Surabaya-Malang. Jika kamu berangkat dari Surabaya ke Malang, pasti di tengah perjalanan anda akan melewati lokasi Taman Safari Prigen, begitu juga sebaliknya jika anda pergi dari Malang ke Surabaya.

Setelah sampai dipintu masuk pertama, anda tidak langsung memasuki kawasan Taman Safari Prigen, melainkan hanya disambut dengan dua gading gajah buatan yang berukuran besar sebagai gerbang masuk dan ucapatan selamat datang. Dari gerbang tersebut anda masih harus menempu perjalanan dengan medan menanjak namun teraspal rapi, setelah kurang lebih 30menit anda akan sampai di pintu masuk utama dan di pintu masuk tersebut anda bisa melihat peta lokasi wahana yang ada di taman safari prigen. Setelah sampai di tempat tersebut anda akan menemukan loket pembelian tiker, toilet, area parkir, tempat istirahat, dan toko cendramata.

Wahana Taman Safari Prigen

Wahana yang ada di tempat wisata, foto: Youtube.com

Taman yang memiliki luas lahan sekitar 40 herktar ini dibagi menjadi tiga zona, di mana ketiga zona tersebut merupakan tempat yang paling menarik di Taman Safari Prigen. Nah untuk itulah di sini kami akan menjawabarkan ada apa saja di dalam ketiga zona tersbut, mari perhatikan ulasannya di bawah in.

  1. Zona Kehidupan Satwa

Untuk zona yang pertama adalah Zona Kehidupan Satwa, di mana zona tersebut merupakan lokasi tempat satwa dibiarkan hidup di alam bebas. Di zona tersebut anda bisa menyaksikan semua jenis hewan yang berasal dari lima benua yang ada, seperti hewan yang berasal dari Afrika, Eropa, Amerika, Australia dan juga Asia.

Yang membuat unik kawasan ini adalah semua ragam satwa tersebut hidup sesuai habitat asli mereka, sehingga para hewan merasa nyaman dengan tempat tersebut. Selain itu saat anda melindas ke zona ini dengan kendaraan pribadi, para pengunjung harus berhari-hari karena ada kawanan binatang yang biasanya mendadak lewat di depat mobil kalian. Untuk itulaah ada beberapa aturan yang harus di taati, seperti ketika ketika pengunjung melewati kawasan beruang di larang membunyikan klakson dan berhenti terlalu lama, karena kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyaman beruang.

  1. Zona Baby Zoo
Atraksi Gajah Duduk. foto: initempatwisata.com

Zona kedua yang ada di Taman Safari Prigen adalah Zoba Baby Zoo, di mana zona ini merupakan tempat favorit bagi para siswa sekolah ataupun anak-anak. Hal ini karena di zona ini para pengunjung diperbolehkan melihat lebih dekat satwa, bahkan para pengujung bisa menyentu, mengendong dan bisa berfoto bersama dengan binatang-binatang yang ada di zona. Karena hampir semua binatang yang ada di Zona Baby Zoo masih anak-anak. Beberapa bintang yang ada di dalam zona ini adalah seperti bayi kanguru, simpanse, bekantan, marmoset dan harimau bengala. Nah selain bisa berfoto bersama dengan binatang, di zona baby zoo para pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan aneka satwa yang di rangkum di dalam Animal Show yang akan di jadwal sesuai urutan pertunjukan.

Berfoto dengan Harimau, Foto: kompasiana.com

Animal Show adalah berbagai pertunjukan yang dilakukan oleh berbagai satwa unik dan lucu di Taman Safari Prigen yang dapat disaksikan oleh semua pengunjung. Di Animal Show selain memperagakan atraksi permainan satwa, para pengolag juga menekankan materi edukasi kepada para pengunjung tentang satwa tersebut. Berbagai pertunjukan satwa yang sangat menarik perhatian pengunjung diantaranya adalah Panggung Harimau, Dolphin Bay, panggung “Journey To The Temple Of Terror”  dan Plaza Gajah yang memperlihatkan seperti apa gajah kalau sedang duduk.

  1. Zona Rekreasi

Setelah seharian berkeliling mengenal lebih jauh mengenai kehidupan binatang, mungkin zona rekreasi bisa menjadi tujuan terakhir anda ketikan berkunjung di Taman Safari Prigen ini. Di dalam zona rekreasi memiliki banyak sekali wahana permainan seperti bom-bom car, sepeda layang dan untuk pengunjung yang suka dengan tantangan dan uji nyali, mungkin puri miteri adalah pilihan tepat untuk anda.

Zona Rekreasi, Foto: pegipegi.com

Selain itu terdapat juga wahana ekstrim yang memiliki banyak permainan ekstrim seperti Paint Ball, Flaying Fox dan Shooting Terget. Wahana terakhit yang ada di Zona Rekreasi ini adalah wahana Air yang bisa anda kunjungi sambil melepas penat.

Ketika anda mengunjungi zona rekreasi ini jangan lupa untuk pergi ke 4D Cinema, di sana anda akan merasakan sensasi saat kursi penonton yang bergerak mengikuti alur cerita yang sedang di putar.

Nah itu lah ketiga zona di taman safari yang wajib anda kunjungi ketika anda sedang berwisata di tempat ini. Jangan lupa untuk selalu menaati peraturan yang ada di setiap zona, dengan begitu wisata anda di teman safari prigen ini akan menyenangkan.

Daftar Tiket dan Jam Operasional Taman Safari Prigen

Fasilitas yang ada di tempat wisata, Foto: travelspromo.com

Sebelum anda bisa menikmati semua wahana yang ada di Taman Safari Prigen, terlebih dahulu anda harus membayar biaya tiket yang sudah ditentukan oleh pihak pengelolah. Di mana pihak pengelolah menyediakan 4 pilihan paket yang bisa dipilih oleh para pengunjung. Lalu apa sajakah paket biaya yang ada di Taman Safari Prigen ini ? untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

  1. Paket Deer’s

Untuk yang pertama adalah paket Deer’s, di mana paket reguler  ini para pengunjung dikenakan biaya 70ribu untuk hari senin sampai jumat dan 85ribu untuk hari sabtu dan minggu. Jika para pengunjung memiliki paket Deer’s, maka mereka bisa menikmati Safari Adventur dan 10 pertunjukan binatang yang sudah di sediakn oleh pihak pengelolah.

  1. Paket Rhino’s

Paket yang kedua adalah paket Rhino’s, di mana untuk harga tiket masuk taman safari prigen dengan paket Rhino’s Ticket Rp.100.000 untuk senin – jumat dan Rp.120.000 untuk hari sabtu dan minggu. Para pengunjung yang memilih paket ini bisa menikmatinya wahana Safari Adventure, 10 Animals Show, 23 Wahana Permainan dan Safari Water World.

  1. Paket Elephant’s

Paket Elephant’s ini merupakan paket yang bisa membuat para pengunjung bisa menikmati seluruh wahana yang ada di Taman Safari Prigen di tambah lagi nantinya adalah akan mendapatkan lunch atau makan siang. Paket Elephant’s ini diberi harga 120.000 untuk hari senin sampai jumat dan 140.000 untuk sabtu dan minggu.

  1. Paket Badak Unlimited

Untuk paket yang terakhir ini adalah paket Badak Unlimeted. paket ini merupakan paket promo  yang hanya berlaku pada saat libur lebaran saja, di mana para pengujung bisa menikmati semua wahana yang ada di Taman Safari Prigen ini hanya dengan membayar 115.000 untuk senin sampai jumatd dan 135.000 untuk sabtu dan minggu saja.

Bagaimana cukup murah bukan tiket masuk taman safari prigen ini, dengan harga yang terjangkau membuat anda dan keluarga bisa menikmati keseruan bermain dengan binatang di alam bebas.

Untuk anda yang tertarik ingin mengunjungi Taman Safari 2 Prigen ini, akan lebih baik jika mengetahui jam buka tempat wisata ini. Jam operasional Taman Safari Prigen ini di buka setiap hari, namun  dibedakan menjadi 2 macam yaitu pada hari senin – jumat dibuka mulai pukul 08.30 sampai 16.30 WIB, sedangkan untuk hari sabtu dan minggu atau hari libur dibuka mulai pukul 08.30 sampai 16.45.

Keistimewaan Taman Safari Prigen

Pertunjukan Lumba-lumba, Foto: sekilasharga.com
  1. Merupakan Taman Safari Terluas Se Asia

Perlu anda ketahui bahwa Taman Safari Prigen merupakan taman safari yang memiliki luas sekitar 350 hektar, dengan luas tersebut membuat taman ini menjadi terluas bukan hanya di Indonesia namun juga di Asia. Jika dibandingkan dengan ketiga taman safari yang ada di Indonesia, di mana Taman Safari Cisarua yang ada di bogor hanya memiliki luas 50 hektar dan Bali Safari yang hanya memiliki luas 40 hektar saja tentu Taman Safari Prigen jauh lebih luas. Karena luas lahannya tersebutlah tidak heran jika Taman Safari Prigen disebut juga sebagai cagar alam terbesar se-Asia.

  1. Memiliki Koleksi Satwa Terbanyak

Karena luas lahannya yang begitu luas, bukan tidak mungkin jika Taman Safari Prigen memiliki koleksi satwa yang sangat banyak. Di mana tempat ini memiliki lebih dari 3000 binang dari 200 spesies dari berbagai benua yang ada di dunia, satwa yang ada di Taman Safari Prigen adalah seperti Jerapah, Lumba-Lumba, Gajah Sumatera, dan bahkan pinguin Humboldt ada di tempat ini. Untuk itu lah bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini, pasti menemukan binatang yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya.

  1. Memiliki Banyak Koleksi Satwa Unik dan Langkah

200 spesies satwa yang ada di Taman Safari Prigen merupakan hasil yang mereka dapatkan dari mengumpulkan satwa-satwa yang ada di belahan dunia ini. Banyak sekali satwa unik dan langkah yang ada di Taman Safari Prigen, seperti Pinguin Humblod yang yang berasal dari Ameraka Selatan, ada pula Mandrill, yaitu seekor monyer dengan ukuran tubuh yang besar dan memiliki kemampuan berlari cepat hingga 40Km/Jam, ada juga satwa langkah seperti Pygmy Hippo yang memiliki populasi sekitar 2000 ekor saja hingga saat ini.

  1. Wisata Alam yang Memiliki Nilai Edukasi

Taman Safari Prigen selalu berusaha memberikan inovasi untuk pengunjungnya terrutaman dalam bidang edukasi, tentunya edukasi yang berhubungan dengan perlindungan flora dan fauna di sekitar kita. Ada banyak program yang dibuat oleh Taman Safari Prigen untuk mendukung pendidikan di Indonesia seperti Animal Goes To School, CSR (Corporate Social Responsibility) , Safari Sahabat Pendidikan, serta program pendidikan rutin yang lainnya.

Karena banyaknya program edukasi yang ada di tempat ini, maka ada banyak sekolah-sekolah yang datang berkunjung ke Taman Safari Prigen untuk belajar lebih mencintai satwa dan alam sekitar.Banyaknya program pendidikan yang berhasil dikembangkan oleh Taman Safari Prigen ini dikarenakan adanya kerjasama dengan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Kelembagaan Negara untuk program bisa memajukan seluruh program edukasi yang adai di Taman Safari Prigen.

Karena lengkapnya program edukasi yang ada di taman safari prige ini membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan datang mengunjungi Taman Safari Indonesia dan menyampaikan bahwa tempat ini merupakan media pembelajaran yang sangat menyenangkan. Beliau juga memberikan apresiasinya kepada para pengolah teman safari Indonesia, karena berhasil membuat tempat wisata yang menyenangkan tetapi tetap mengandung nilai edukasi tinggi.

Fasilitas Taman Safari Prigen

Tiger Cave Restaurant, Foto: tripadvisor.com

Tentu saja sebagai tempat wisata yang memiliki banyak peminat, tidak lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Nah karena itu lah untuk memanjakan seluruh pengunjung yang ada maka pihak pengolah Taman Safari Prigen ini memberikan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung semuanya. Berikut adalah fasilitas yang dimiliki oleh Taman Safari Prigen.

  1. Camping Ground : untuk para pengujung yang suka dengan kegiatan camping di alam terbuka, maka di taman safari prigen ini anda bisa melakukannya. Karena disediakan area Camping Ground yang cukup luas sehingga bisa menampung banyak pengunjung.
  2. Untuk anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir karena untuk melakukan Ibadah, karena taman safari memiliki masjid yang bisa digunakan tempat ibadah untuk para pengunjung
  3. Untuk anda yang ingin menginap di Taman Safari Prigen tidak perlu khawatir, karena terdapat fasilitas Banteng Camp yang akan membuat istirahat anda akan nyaman karena memiliki fasilitas yang memadai seperti hotel.
  4. Untuk Anda yang sudah mulai lapar karena seharian berkeliling taman safari bisa langsung mendatangi beberapa restoran yang ada dan akan menyuguhkan berbagai hidangan lezat seperti Warung Deso atau Tiger Cave Restaurant Resort. Uniknya di Tiger Cave Restaruant ini anda dapat menikmati hidangan dengan ditemani oleh harimau putih di balik dinding kaca. Tenang saja tidak akan membahayakan para pengunjung kok, karena lapisan dinding kaca tersebut sangat tebal sehingga tak perlu khawatir jika Harimau datang menyerang.

Bagaimana cukup menarik bukan tempat wisata yang satu ini dan untuk anda yang tidak menggunakan mobil, bisa naik angkutan umum yang ada di Taman Safari Prigen berupata bis secara gratis. Tentu saja untuk anda yang ingin menghabiskan waktu libur dengan keluarga tidak ada salahnya pergi ke Taman Safari Prigen ini. Itu lah informasi yang dapat kami sampaikan dan semoga informasi di atas dapat menambah daftar tempat tujuan wisata yang ingin anda kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *