10 Foto Taman Topi Bogor, Harga Tiket Masuk Wisata + Alamat Lokasi Dari Stasiun

Posted on
Taman topi bogor square depok kota jawa barat 16122 2017 indonesia kfc bca alamat cibogor quiksilver wahana wisatahari waria weather weekend web wujud woles wonosobo wonogiri event reggae rute rabbani rekreasi review dari stasiun rimba rindu ripcurl roti unyil tutup jam berapa tempo dulu harga tiket tarif tentang toko sepatu buku kimia yahudi youtube yogurt yoga yogyakarta usul ade irma suryani isi ingram operasional objek obyek puncak puring psk pasar parkir peta permainan pintu masuk foto posisi lokasi letak lowongan laut ke luas lirik loker kanak kalua karaoke naik krl kereta keindahan kuliner kimia konser jakarta buka jerami jitu jilbab jogja johor jokowi htm hegar hujan hijau hitam hotel dekat sekitar di gay gambar gede gucci gunung guru gigi gitar golf goreng fasilitas fedora felek full movie album futbol fisika daerah mana denah deskripsi doger sekarang safari sejarah significato sorsakoski sosial ada apa aja adalah arema akses angkot angkutan amazone map matahari menuju menu mula mirah mobil monkey boots money changer neymar nembak news newsboy nusantara nike nyata nya no telp bandung bermain video void variasi city cfc com cafe custom zero asal air
Taman Topi Bogor, Foto: poskotanews.com

Lokasi: Jl. Dewi Sartika Nomor 30, Kota Bogor, Jawa Barat 16121
Map: Klik Disini
HTM: weekday Rp. 4.000 / weekend Rp. 5.000
Buka/Tutup: senin–jumat 09.00-17.00 / sabtu-minggu 08.00-18.00
Telepon: +62-251-321-460

Setelah mencari contoh gambar yang beralbum-album di google & menonton beberapa contoh full movie dari tarian Gandrung di youtube,yang di gadang-gadang akan berunjuk gigi didepan presiden jokowi pada upacara 17 agustus nanti. Sambil menikmati alunan music dari band void & tarian gandrung tadi, membuat saya terngiang kembali akan sejarah merdekanya negeri ini. Sebagai negeri kelautan yang diraih dengan penuh perjuangan para pahlawan, Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang tak hanya menawarkan keindahan namun juga penuh dengan sejarah. Beberapa kota di nusantara ini seperti Yogyakarta yang memiliki julukan The Jewel of java dengan museum sasmitalokanya yang menyimpan beragam peninggalan sang panglima besar yakni jenderal soedirman, tak kalah dengan jogja ada pula museum wayang di gaplek city wonogiri, ada juga candi kajangkoso wonosobo yang konon katanya lebih besar dari Borobudur,hingga gedung merdeka Bandung yang menjadi saksi sejarah KAA.

Taman Topi Bogor, Foto: tripadvisor.com

Selama ini banyak orang yang hanya mengetahui bahwa wisata di Bogor jawa barat adalah taman safari maupun lokasi lainnya yang mana sebatas berada di puncak saja,padahal di kota hujan yang rimbun dengan pepohonan bak hutan rimba & memiliki banyak gallery Gucci antik ini,banyak sekali pilihan mulai dari taman hutan,waterpark,beragam curug,maupun spot wisata kuliner. Sehabis menonton video Topi sorsakoski di youtube,saya jadi teringat mengenai salah satu tempat yang bersejarah di kota bogor. Ialah Taman Topi yang bagaikan sebuah berlian ditumpukan jerami atau banyaknya obyek wisata di kota bogor dengan segudang review positifnya. Tempat wisata yang berada dekat dengan stasiun kereta bogor ini,dilengkapi dengan beragam fasilitas didalamnya. Didepan areanya,berdiri patung kapten muslihat & ornament topi raksasa yang gede nya seperti gunung pada bangunan-bangunannya yang konon katanya mirip topi yahudi. Namun menurut saya,topi besar tersebut lebih mirip dengan topi fedora.

Bila ditilik dari asal usul nama & sejarah kapten muslihat yang menjadi icon didepan taman topi sendiri,sebenarnya memiliki significato dari sejarah pahlawan bogor yang bernama tubagus muslihat. Cerita dari guru saya semasa sekolah,Sang kapten yang kala itu masih berpangkat letnan,mengetahui inggris tengah menyerang bogor. Ia pun langsung maju untuk memimpin pasukannya menyerang pasukan inggris yang kala itu berada di jalan banteng. Ditengah pertempuran yang kian sengit & tak kunjung reda,membuat kedua pihak terdesak dan hanya bisa saling berbalas tembakan dari tempat berlindung masing-masing. Saat itu lah sang letnan mengambil langkah berani dengan merangsek seorang diri & berhasil membunuh beberapa serdadu inggris dengan senapannya. Namun naas,tubuhnya pun tertembus peluru musuh.

Main Air, Foto: tamantopi.com

Meski demikian ditengah kondisi kritisnya di rumah, ia sempat menanyakan beberapa anak buahnya yang juga menjadi korban & meminta sang istri untuk menyedekahkan sisa uang sebesar 600 rupiah yang ia miliki untuk para fakir & miskin, serta menamai anak dalam kandungan istrinya dengan nama Gelar Merdeka. Meski meninggal di usia belia yakni 19 tahun, namun untuk wujud penghargaan atas jasa-jasanya akhirnya letnan tubagus muslihat mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi kapten anumerta & di abadikan menjadi nama jalan & icon taman topi yang merupakan tempat gugurnya saat itu.

Asal mula berdirinya taman topi pada 1881 ternyata bernama Wilhelmina park,sesuai dengan nama Ratu belanda di masa 1890-1948 yang kala itu belum menjadi ratu. Taman ini didirikan oleh pemerintahan belanda sebagai sarana wisata bagi para noni-noni belanda & pelancong dari Eropa. Denah taman ini sendiri memanjang mulai dari pertokoan matahari hingga Borobudur yang ada didekat pasar anyar, kemudian di 1960 barulah taman ini mendapat beberapa renovasi dengan menambah luas pada area yang berada dekat dengan pasar & sisanya menjadi kebon kembang yang juga berupa taman.

Pintu Masuk, Foto: tripadvisor.com

Masih di area taman topi, berdiri juga taman ria atau taman bermain ade Irma suryani pada tahun 1975. Sayangnya pada masa pemerintahan di tahun 1994, saat itu membagi sebagian areanya untuk beralih fungsi & dilakukan pembangunan terminal angkot karena di anggap areanya sangat strategis. Kini tempat bersejarah ini lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan plaza taman topi, karena beberapa bangunan yang ada memiliki bentuk atap seperti topi raksasa. Disebut plaza pun, sebenarnya bukan seperti yang ada seperti sekarang. Konsep plaza di taman topi ini mengedepankan konsep ruang terbuka dengan suasana asri & hijau,yang dapat digunakan untuk kegiatan sosial, dengan di isi beberapa tempat berdagang & juga tempat–tempat duduk untuk berkumpul bersama keluarga layaknya di alun-alun dan juga money changer bagi para wisatawan mancanegara, seperti wisatawan dari johor yang sempat saya temui waktu itu.

Untuk anda yang penasaran dengan harga tiket 2017 untuk taman topi bogor & juga jam berapa buka dan tutupnya,untuk weekday anda cukup membayar 4 ribu rupiah saja perorangnya,sementara untuk weekend hanya 5 ribu rupiah perorangnya. Sementara untuk jam operasional,anda dapat mengunjungi taman topi mulai jam 9 pagi hingga 5 sore untuk weekday dan 8 pagi hingga pukul 6 sore untuk weekend. Sementara bagi anda yang ingin menggunakan wahana permainan kanak-kanak, dapat masuk ke taman ade Irma suryani dengan tarif 10 ribu rupiah & biaya wahana nya yang berkisar di 5.000 hingga 25.000 saja, untuk peta taman bermainnya sendiri dapat anda download langsung di web http://www.kotabogor.go.id/. Meski sempat diterpa isu negatif tentang kehadiran psk, waria & gay di sekitar stasiun bogor yang membuatnya hitam,namun nyata nya dengan htm yang murah ini menjadi strategi jitu pengelola untuk membuat wisatawan melirik.

Atapnya Menyerupai Topi, Foto: hargatiketwisatakita.com

Bagi anda yang tidak tahu ada apa aja di sekitar taman topi,kami beri sedikit bocoran informasi nih. Dibagian sisi jalan sepanjang jalur menuju pasar anyar,tersedia beragam pedagang yang menjajakan dagangannya. Seperti toko sepatu yang nampak berderet seperti pasar puring mulai dari gerbang pintu masuk hingga ke daerah pasar anyar dengan beragam model dagangannya baik itu sepatu sneaker bermerek nike,adidas & lainnya,ada pula sepatu-sepatu lainnya dengan model formal ataupun boots seperti caterpillar,kickers serta beberapa model sepatu wanita. Ada juga beberapa toko alat music seperti gitar,pianika,tamtam & lainnya,serta toko perlengkapan olahraga yang menjual perlengkapan olahraga baik untuk anda yang hobi golf,alat pancing,beragam jersey futbol yang tak hanya persikabo namun ada juga persib,arema dan juga klub mancanegara seperti jersey neymar yang sekarang telah pindah ke PSG dan juga bintang dunia lainnya.

Ada pula toko-toko elektronik bekas yang dijual dengan harga miring,alat-alat pertukangan seperti mesin bubut & kawan-kawannya pun berjajar lengkap disini. Bagi yang ingin mencari oleh-oleh yang berkesan,ada juga beragam kaos & news hat atau topi newsboy yang murah meriah disini. Selain itu bagi anda yang suka nembak,beragam senapan angin & pelurunya juga tersedia. Selain itu bagi anda pecinta custom, beberapa toko aksesoris mobil seperti audio system & variasi motor pun juga ikut meramaikan pasar ini.

Wisata Bogor Plaza Kapten Muslihat, Foto: ragamtempatwisata.com

Sementara di sisi sebelahnya, terdapat jajaran pedagang yang juga menjajakan beberapa dagangan di posisi samping area taman topi & stasiun bogor. Pedagang yang ada disini resmi menggunakan area yang memang diperuntukan untuk berdagang,mulai dari jam tangan berbagai merek seperti ripcurl,quicksilver dan lainnya,buku-buku murah baik buku pelajaran seperti kimia,fisika ataupun koleksi novel,hingga beragam pedagang makanan pun ada disini. Bagi anda yang ingin mencari hijab,beragam koleksi dari toko rabbani didekat taman topi square pun bisa jadi pilihan. Selain itu pemandangan disepanjang trotoarnya sangat cocok bagi anda yang gemar berfoto, apalagi dikala senja dengan model lampu & bangunan taman topi square didepannya yang masih bergaya tempo dulu.

Wahananya Lengkap, Foto: everybodygoesblog.com

Selain sebagai kawasan rekreasi,tempat wisata yang memiliki alamat kode pos 16122 & letaknya di kecamatan cibogor ini, biasanya juga membuka lowongan untuk tenaga bantuan pada momen lebaran bagi mereka yang membutuhkan loker. Selain itu tempat ini juga pernah menyelenggarakan pesta rakyat saat menyambut tahun baru 2016 dengan beberapa band seperti kalua dan band indie lainnya yang sering kali di info kan melalui akun ingram exo unity di twitter.com seperti pada pagelaran back to zero 2016 silam & juga beberapa kali dijadikan sebagai ajang pagelaran event reggae & ska di kota Bogor,seperti band reggae monkey boots,D’TREES, hingga konser band papan atas seperti Tipe-X dengan lagu salam rindu. Selain itu bagi anda yang ingin karaoke, ada juga amazon di taman topi square lantai 2.

Foto Bagian Depan, Foto: tripadvisor.com

Bagi anda yang tengah berkunjung kesini, tak perlu khawatir susah mencari makanan. Karena dikawasan taman topi ini, tersedia beberapa cafe ataupun pedagang kaki lima dengan beragam menu yang dapat anda pilih. Makanan favorit yang biasanya selalu ramai pengunjung,di antaranya es doger,es durian,toge goreng dan asinan bogor yang berada di satu spot dekat patung kapten muslihat. Sementara bagi anda yang ingin alternative lainnya, dapat memesan makanan dari cfc yang juga ada di taman topi. Sedangkan bagi anda yang ingin mencoba yang lain, bisa menuju ke yoga resto atau bakso hegar yang lagi hits ataupun ke pak ewok untuk mencoba sop buah yang dicampur yoghurt  & roti unyil yang sudah terkenal kelezatannya. Anda pun tak perlu khawatir repot mencari atm,karena ditaman topi square tersedia juga beberapa gerai atm termasuk atm bca.

Penuh Pengunjung, Foto: gedoor.com

Naah bagi anda yang ingin menghabiskan malam di kota bogor ini, anda dapat memilih beberapa penginapan seperti mirah sartika hotel, salak the heritage, ataupun hotel pangrango yang jaraknya dekat dari taman topi. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini,tentunya ada beberapa pilihan akses rute yang dapat anda gunakan dengan mudah tanpa bantuan map. Bagi para pengunjung dari Jakarta yang menggunakan mobil, dapat menggunakan tol jagorawi dan exit BORR lalu ikuti jalur air mancur, atau bisa juga exit bogor & ikuti jalur 1 arah menuju tugu kujang dengan bangunan kfc & botani square yang pernah dijadikan berjajar di sisi kiri & kanannya,lanjut menuju arah pasar bogor & berbelok ke arah kanan saat sampai didepan BTM, dari situ anda tinggal mengikuti arah ke stasiun bogor & gunakan parkir taman topi square untuk lebih mudahnya. Sementara bagi anda yang berencana menggunakan angkutan umum saja, sebagai contoh bagi anda warga depok dapat naik krl menuju bogor & woles bro, tidak perlu naik angkot lagi karena cukup berjalan kaki, anda sudah dapat sampai ditaman topi.

Bentuk Atapnya Unik-Unik, Foto: liputan6.com

Jadi tunggu apalagi? bagi anda yang ingin membawa rombongan, dapat mencoba menghubungi no telp yang tertera di deskripsi awal artikel untuk informasi lainnya. Tapi tentunya, selalu ingat untuk mengecek weather sebelum bepergian agar wisata anda berjalan nyaman & lancar!. Yuk kunjungi taman wisata murah meriah ini!

One thought on “10 Foto Taman Topi Bogor, Harga Tiket Masuk Wisata + Alamat Lokasi Dari Stasiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *