Taman Vanda, Sisi Keindahan Lain Dari Kota Bandung

Diposting pada
Taman vanda di kota bandung jawa barat indonesia malam hari alamat dimana arti ini air mancur ward wanita website web wedding wujud winter winner rumah dijual race racing rice romantis tangerang terbaru tumblr togel youtube yamaha young yoga online palem semi jual perumahan pusaka putri pignato lokasi letak lagu lucu lirik karawaci kenapa disebut kiss jakarta jerawat jimbo jimbaran jogja harga hamil herbal hujan hijab hijau hotel hot gambar gezilecek gunung gitar golem facebook frozen family fenix full movie album film fine dayak delivery dua doughlas doraemon download sejarah surabaya spa adalah museum muda murah miranda motor mojokerto net nunes nusantara bdg biru biasa bogor video vulkan cluster cuci cinta cinayet conor rute fasilitas informasi tematic garden kembang wisata asal-usul asal kuliner warna warni gratis babakan ciamis merdeka bioskop
foto by instagram.com/deannurdiana1/

Alamat: Jalan Merdeka Nomor 9, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:

Harga Tiket Masuk

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp 1.500,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

foto by instagram.com/sukoy16/

Berwisata ke Kota Bandung kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan wisata, salah satunya ya Taman Vanda ini. Wisata taman ini termasuk yang paling diburu oleh masyarakat untuk sekadar bersantai sambil bincang2 ringan bersama orang2 terdekat.

Buat yang kepengen menikmati suasana tenang di Taman Vanda ini, kamu nggak perlu mengeluarkan budget untuk masuk kesini, karena tiket masuknya gratis lho. Paling kamu hanya akan dikenai biaya parkir yang tak lebih dari 5ribu saja.

Kesempatan mengajak dan membahagiakan orang2 terdekat di Taman Vanda ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja nih guys. Kapan lagi kan bisa refreshing tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. Kamu bisa jadikan Taman Vanda ini sebagai alternatif malam mingguan di Bandung.

Rute Jalan Menuju Taman

foto by instagram.com/vandaanindita/

Taman Vanda ini terletak dikawasan yang cukup strategis yakni di Pusat Kota Bandung. Lokasi Taman Vanda berada ada di depan Polrestabes Bandung dan juga Bank Indonesia serta tak jauh juga dari Taman Balai Kota Bandung, lebih tepatnya di Jalan Merdeka Nomor 9, Babakan Ciamis.

Untuk bisa menjangkau lokasi ini tentu sangatlah mudah, kamu bisa menggunakan motor atau mobil pribadi bahkan kendaraan umum sekalipun. Taman Vanda ini cocok sekali untuk dijadikan tempat nongkrong dan bersantai sambil menikmati suasana kota Bandung sore maupun malam hari.

Fasilitas Taman

foto by instagram.com/yunesra334/

Fasilitas milik Taman Vanda yang mampu menarik minat warga kota Bandung ialah air mancur warna-warninya. Ditengah2 Taman Vanda terdapat sumber air mancur yang menyembur ke permukaan terlihat berwarna-warni karena ada efek lampu2nya.

BacaJuga:  18 Wahana Seru di Water Park SKI Bogor

Air mancur ini adalah spot paling disukai dan jadi favoritnya anak2 dan tak sedikit juga menjadikan lokasi ini untuk berswafoto.

Selain air mancur, Taman Vanda ini juga difasilitasi taman bunga mini yang semakin membuat suasana sekitar menjadi lebih berwarna dan terasa sejuk. Sebagai tempat duduknya, kamu bisa menempati undak2an yang ada di sekeliling Taman Vanda ini.

Sejarah Taman Vanda

Sebelum menjadi sebuah taman yang indah nan cantik, bentuk awal Taman Vanda ini adalah sebuah Gereja Santa Franciscus Regis dan kemudian diganti menjadi Bioskop Rex. Bioskop ini cukup terkenal di era tahun 1950-an. Singkat cerita akhirnya Bioskop Rex ini kemudian dirobohkan dan dialihfungsikan menjadi sebuah taman yang dinamai Taman Vanda.

foto by instagram.com/suryadian06/

Taman Vanda ini secara resmi dibangun pada tahun 1990an dan telah melalui beberapa kali proses revitalitasasi, kemudian jadilah Taman Vanda dengan tampak makin cantik dan menawan seperti yang terlihat sekarang ini.

Pada masa kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil, tercipta cukup banyak taman di Bandung beberapa diantaranya seperti Taman Lansia, Taman Jomblo, Taman Labirin, Taman Fotografi, Taman Film, Teras Cikapudung, Pet Park, dan Taman Vanda ini.

Taman Vanda ini menjadi salah satu destinasi taman tematik paling favorit di Bandung karena antusiasme warga lokal maupun wisatawan yang datang kesini ramai tak hanya saat weekend saja tetapi dikala weekdays juga.

Keunikan yang dimiliki oleh Taman Vanda ini bisa dilihat dari bentuk segitiga pada wujud tamannya. Luas dari Taman Vanda ini kurang lebih mencapai 2000 m2 yang dipenuhi dengan tanaman hias ditengahnya. Sementera di sekiling taman dibangun seperti sebuah tembok pembatas.

Kunjungi Tempat Wisata Sekitar

Jika kamu kurang puas menikmati suasana kota Bandung dari Taman Vanda ini, alternatif mengunjungi tempat2 wisata lainnya yang berada di sekitaran sini pun bisa dipilih. Karena lokasi dari Taman Vanda ini berada di area publik dan tengah kota maka tak heran jika disekelilingnya pun terdapat wisata2 lain, contohnya seperti yang ada dibawah ini.

BacaJuga:  15 Resort di Bandung Harga Murah Mulai Rp.290.000, Bagus Untuk Keluarga

1. Taman Balai Kota

foto by instagram.com/meylianaelisabeth/

Saat kolonial Belanda menduduki bumi pertiwi, Taman Balai Kota ini awalnya adalah sebuah Gudang Kopi kepunyaan Andreas De Wilde. Dia adalah pengusaha perkebunan yang menguasai hampir sebagian besar tanah di Bandung. Gudang Kopi itu sendiri didirikan pada era tahun 1819, namun sayangnya sang pendiri harus terusir kembali pulang ke Belanda di tahun 1885.

Setelah itu Gudang Kopi ini kemudian dirobah menjadi sebuah Balai Kota (Gemeente Huis). Namun pada tahun 1950-an Balai Kota ini berganti nama menjadi Taman Merdeka dan di tahun 1996 berubah nama lagi jadi Taman Dewi Sartika.

2. Jalan Braga

foto by instagram.com/maya_y_s_sirait/

Jalan Braga ini adalah salah satu tempat favorit para wisatawan yang ingin berfoto bak seperti sedang berada di jalanan luar negeri. Jejeran bangunan kuno khas Belanda di Jalan Braga ini ternyata mampu menjadi sebuah spot foto yang instagramable dan aestethic.

3. Taman Gembok Cinta

foto by instagram.com/bkurniadi_mauza/

Buat kamu penggemar drama korea pasti tau dong dengan Namsan Tower Korea, sebuah tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan untuk memasang gembok cinta fenomenal. Nah, menariknya, jika kamu ingin menjajal memasang gembok cinta seperti yang ada dalam drakor2, kini nggak perlu jauh2 ke Korea lho karena di Bandung pun ada.

Taman Gembok Cinta ini sengaja didesain agar serupa dengan Namsan Tower Korea, sehingga sensasinya akan sama juga seperti tempat tersebut. Untuk bisa menemukan Gembok Cinta ini kamu hanya perlu datang ke Taman Balai Kota. Disana sudah ada ribuan gembok cinta yang terpasang milik para sejoli kasmaran baik warga lokal maupun wisatawan.

4. Taman Jomblo

foto by instagram.com/ekki_apriandi/

Buat kamu yang masih menjomblo sampai sekarang, sudah saatnya datang ke Taman Jomblo ini deh. Taman Jomblo adalah sebuah Taman yang cukup terkenal di Bandung, lokasinya ada di kawasan Lebak Siliwangi tepatnya di Jalan Tamansari Nomor 66.

BacaJuga:  Jalan Menuju ke Curug Cipeuteuy Majalengka

Meskipun namanya Taman Jomblo tapi tempat ini tidak semerta-merta hanya ditunjukkan oleh para jomblowan dan jomblowati saja nih, terbuka untuk semua orang. Mitosnya sih orang yang datang kesini sendiri, pulang2 bisa bawa gandengan guys.

Asal usul penamaan Taman ini awalnya bermula dari kursi taman yang ada sengaja di susun hanya dengan satu dudukan saja. Sehingga dari situlah muncul istilah nama Taman Jomblo. Dudukan tersebut pun jumlahnya cukup banyak dan dihiasi dengan penuh warna.

5. Taman Sejarah Bandung

foto by instagram.com/10969arbi/

Selanjutnya ada Taman Sejarah Bandung yang lokasinya tak jauh dari Balai Kota Bandung. Luas lahan yang luasnya mencapai 2,6 Km2 ini membuat Taman Sejarah ini cocok untuk dijadikan tempat bermain anak-anak.

Taman Sejarah Bandung ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kolam kecil, tempat dudukan kayu, dan amphitheatre.

Sejatinya Taman Sejarah Bandung ini memang dikhususkan untuk anak-anak khususnya usia sekolah dini. Jadi jangan heran ya kalau taman ini dipenuhi dengan krucil-krucil yang berlarian kesana kemari.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Taman Vanda, Sisi Keindahan Lain Dari Kota Bandung

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di paketwisatabantul.com
    . Sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.