Tiket Masuk Taman Wisata Kopeng Semarang Jawa Tengah, Lokasi Jalan Raya Salatiga Magelang

Posted on
Taman wisata kopeng kebun strawberry salatiga semarang jawa tengah tiket masuk bandungan tempat magelang 50774 harga daerah 2018 indonesia central java alam biaya jam buka cuntel hotel foto gambar htm info rekreasi kartika lokasi peta penginapan sekitar tarif
Taman Wisata Kopeng, foto: widrializa.blogspot.co.id

Lokasi: Jalan Raya Salatiga-Magelang KM.15, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah 50774
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-16.30
Telepon: 0298-318344

Jawa Tengah (Central Java) memiliki banyak tempat wisata yang bisa diulas. Tidak hanya kota yang sudah terkenal lebih dulu akan wisata sejarahnya tetapi juga yang bisa dibilang masih baru. Ada salah satu kota yang terletak di salah satu pulau negara Indonesia yang masih masuk dalam kawasan Gunung Merbabu, yaitu Kopeng, Salatiga.

jalan menuju taman outbound, foto: tukanginfo.com

Kopeng, atau yang lebih dikenal dengan Wisata Kopeng terletak di daerah lereng pegunungan. Kawasan wisata ini terletak di 1.450 meter di atas permukaan laut. Secara administratif, Kawasan Wisata Kopeng masuk wilayah Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Akan tetapi lokasinya yang berdekatan dengan Kota Salatiga sejauh 14 kilometer menjadikan Kopeng lebih lekat dengan Salatiga.

Di jalur ini, terdapat beberapa kawasan wisata yang didominasi suasana pegunungan yang menyejukkan. Memang, kawasan ini masih berada di sekitar lereng Gunung Merbabu. Salah satunya adalah Taman Wisata Kopeng.

Aktivitas yang Ditawarkan

kolam renang yang ada di tempat wisata, foto: traveltodayindonesia.com

Taman Wisata Kopeng menawarkan berbagai macam aktivitas yang didukung oleh berbagai fasilitas. Fasilitas yang ditawarkan di ats taman seluas 4 hektar ini adalah resor keluarga, restoran, billiard, ATV, outbond, gedung pertemuan paint ball, gathering, karaoke, kuda wisata, sampai pasar buah dan sayuran segar. Anda pun bisa membeli oleh-oleh dari tempat ini di pusat souvenir dan kaos corner. Anda tak perlu khawatir jika membawa kendaraan. Kawasan ini memiliki tempat parkir yang cukup luas yang bisa menampung banyak kendaraan.

Anda bisa memicu adrenalin dengan mencoba wahana flying fox setinggi 12 meter. Selain itu,  menantang sang anak mencoba flying fox yang setinggi 6 meter. Kemudian Anda bisa lanjut mencoba spider jumper serta lorong gantung untuk sang anak. Trampolin jaring, panjat dinding, repling pohon bisa dicoba juga oleh sang anak.

Fasilitas yang ditawarkan di sini mirip dengan Taman Rekreasi Bandungan Indah. Kawasan tersebut berada di Kabupaten Semarang. Bandungan juga memiliki nuansa pegunungan dengan fasilitas outbond, berenang, fasilitas penginapan. Anda pun bisa berbelanja hasil bumi yang didapat di Bandungan berupa buah-buahan ataupun sayuran.

Harga Tiket Masuk

Taman Wisata Kopeng mematok harga tiket masuk sebesar Rp 10.000. Ini belum termasuk dengan wahana yang akan Anda coba. Ada kemungkinan htm ini akan berubah ketika memasuki tahun 2018.

BacaJuga:  Alamat Solo Paragon Mall Hotel & Residences, Sejarah Misteri Angker, Tenant: Informa ibox Guardian Gramedia Passion Payless

Rute ke Taman Wisata Kopeng

daya tarik Taman Wisata Kopeng, foto: wisatawan.id

Menuju kawasan ini bisa dibilang cukup mudah walaupun lokasinya sekitar 88 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota, arahkan kendaraan menuju Sawangan melewati Muntilan. Selanjutnya Anda belok ke kanan ketika melihat plang penunjuk arah Ketep. Lanjutkan perjalanan Anda dan ketika menemui pertigaan, ambil jalan ke kiri untuk sampai Kopeng. Selain itu, Anda tinggal menuju Semarang melewati Tol Bawen jika datang dari arah Yogyakarta dan Solo.

Jalur lainnya, Anda juga bisa menuju tempat ini dengan mengarahkan ke kota Salatiga. Akses jalan ini bisa dilalui oleh baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Penginapan Sekitar Taman Wisata Kopeng

kegiatan yang bisa dilakukan di taman, foto: wisatawan.id

Di sini disediakan tempat menginap bagi Anda yang berencana menikmati kawasan ini sampai puas. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp 200.000. Kebanyakan penginapannya berupa villa bukan hotel. Jika Anda lebih menyukai hotel, bisa memilih di luar kawasan ini dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Ada Hotel Kartika Wisata Kopeng yang terletak di Jalan Raya Salatiga Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah. Hotel ini memiliki fasilitas restoran serta laundry service. Selain hotel ini, Anda juga bisa memilih menginap di Kayu Arum Resort, Laras Asri Resort & Spa atau di Grand Wahid Hotel Salatiga. Rata-rata penginapan di atas, menurut peta, berjarak 500 meter sampai 2 kilometer dari kawasan ini.

Atraksi Wisata Sekitar Taman Wisata Kopeng

  1. Gardu Pandang Cuntel
Gardu Pandang Cuntel, foto: tenda-inspirasi.com

Cuntel, mungkin tak asing di telinga para pendaki gunung, terutama Gunung Merbabu. Jalur ini adalah jalur resmi pendakian Gunung Merbabu via Kopeng. Di sini Anda bisa menimati senja yang romantis.

Gardu Pandang ini dulunya hanya sebuah pohon pinus setinggi kurang lebih 7 meter. Di tengah pohon dibuat tempat duduk serta rumah pohon tanpa atap, tak lupa tangga untuk menaikinya. Spot ini lah yang akhirnya jadi Gardu Pandang yang cukup terkenal.

Tak hanya satu, Gardu Pandang Cuntel memiliki 2 lagi gardu pandang. Gardu Pandang yang lain adalah gardu pandang yang lama dengan ciri khas gazebo terbuat dari beton. Tapi kondisinya sudah tidak utuh lagi. Sedangkan gardu kedua adalah kayu yang dikaitkan ke batang pohon. Ada nama Cuntel yang terbuat dari ban luar motor. Anda bisa memilih ingin berfoto di gardu pandang yang mana.

BacaJuga:  Wisata Goa Rong View & Tlogo Resort Tuntang Salatiga Semarang Jawa Tengah

Biaya yang diperlukan untuk masuk kesini pun dihargai Rp 2.000 per orang. Jika Anda membawa kendaraan, ada juga biaya parkirnya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

  1. Ketep Pass Magelang
Ketep Pass Magelang, foto: ketahui.com

Pemandangan alam Gunung Merapi bisa dilihat dengan indah di lokasi yang memiliki ketinggian 1200 mdpl. Bahkan lokasi ini sangat pas jika Anda ingin mengambil gambar dengan Gunung Merapi sebagai latar belakang. Akan tetapi itu bisa diwujudkan asalkan sekitar merapi tidak sedang berawan. Selain itu, Anda bisa menonton film tentang Gunung merapi yang meletus di Ketep Volcani Theatre, mengunjungi Museum Lava Merapi serta melihat replika Gunung Merapi.

Untuk masuk ke Ketep Pass, biaya yang perlu disiapkan sebesar Rp 15.000 per orang. Jam buka Ketep Pass mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB. Jangan lupa membawa baju hangat atau gunakan pakaian tebal jika ke sini. Udara yang dingin akan menyambut Anda persis ketika Anda membuka pintu kendaraan.

  1. Kebun Strawberry Banyuroto
Kebun Strawberry Banyuroto, foto: .gemza.my.id

Sudah sampai di lereng Gunung Merbabu, rasanya belum komplit jika tidak sekalian mengunjungi Agrowisata Banyuroto. Lokasinya berada di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di sini Anda bisa melihat pemandangan kebun strawberry yang terhampar luas. Anda bisa memetik strawberry langsung di kebun warga. Asalkan meminta ijin terlebih dahulu.

Sudah banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan tempat ini. Oleh sebab itu setiap akhir pekan dan liburan, kawasan ini termasuk ramai pengunjung. Sebelum memetik, Anda akan dibekali info dan pengetahuan mengenai strawbery yang siap panen. Bahkan Anda bisa makan sepuasnya serta membawa pulang buah yang sudah Anda petik. Tentunya setelah ditimbang dan dihargai berapa rupiah. Rata-rata strawberry yang dipetik sendiri akan dihargai Rp 60.000 per kilogram dengan minimal petik ¼ kilogram.

Selain kebun strawberry, di Banyuroto Anda bisa “panen” sayuran segar seperti tomat, cabai, kol, sawi, bawang, wortel dan sebagainya. Harganya pun akan menyesuaikan dengan permintaan Anda dan keinginan pemilik kebun.

  1. Air Terjun Umbul Songo
BacaJuga:  Jam Buka Pgs Pusat Grosir Solo, Apa Yang Dijual: Kosmetik Helm Jilbab Tas Batik Kaos Distro Makanan Ringan
Air Terjun Umbul Songo, foto: surgawisata.id

Jangan lewatkan Air Terjun Umbul Songo jika sudah sampai di Taman Wisata Kopeng. Hanya berjarak 550 meter saja dari taman wisata tersebut. Nama Umbul Songo, menurut legenda, adalah mata air yang ditemukan oleh para wali saat Kerajaan Demak. Ada sembilan mata air di sekitar Peng, Kopeng, Kali Sati, Takelan, Tayengan, Contre, Selodhuwur. Air terjun ini memiliki tinggi 15 meter dengan debit air yang cukup deras.

Untuk menuju ke sini, Anda memang diharuskan masuk ke hutan dengan berjalan kaki selama 30 menit. Tetapi pemandangan air terjun yang disuguhkan sangat menwan sehingga rasa cape Anda pun terbayarkan. Tertarik mengunjungi wisata alam ini? Anda perlu mempersiapkan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Kamar mandi umum pun tersedia di kawasan ini.

  1. Gunung Merbabu
pemandangan gunung merbabu, foto: gogonesia.com

Mengapa hanya di lerengnya saja? Anda bisa langsung menuju Gunung Merbabu dan menikmatinya dengan hiking dan camping. Gunung Merbabu terkenal dengan keindahan sabana dan tanaman edelweis. Tapi, jangan sekali-kali memetik edelweis. Biarkan ia tumbuh di habitatnya.

Ada dua jalur yang bisa Anda pilih untuk naik ke puncak gunung. Jalur pertama melaui Cuntel, Kopeng. Sedangkan jalur kedua melalui Thakelan, Kopeng. Pendakian membutuhkan waktu 6-7 jam, tergantung dari stamina pendaki. Di spot tertentu, Anda bisa menikmati golden sunrise yang memesona.

Ada tiga puncak di kawasan ini yang menakjubkan, yaitu Puncak Syarif, Puncak Trianggulasi, serta Puncak Kentheng Songo. Jika Anda tertarik mendaki Gunung Merbabu, ada baiknya Anda juga berkemah di sini. Siapkan Rp 15.000 sebagai retribusi fasilitas di basecamp dan parkir kendaraan.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *