Melihat Ribuan Bulus di Taman Wisata Tawun Ngawi

Posted on
Melihat Ribuan Bulus di Taman Wisata Tawun Ngawi
Rate this post

Lokasi: Jalan Sunan Lawu, Dari, Desa Tawun, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi, Jawa Timur 63281
HTM: Rp. 10.000
Buka/Tutup: Pukul 07:00 – 17:00 waktu setempat
Map: KlikDisini

foto by kampoengngawi.com

Jawa Timur, khususnya daerah Ngawi, tersimpan keindahan dan keberagaman tempat wisata yang sayang jika harus dilewatkan. Salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Ngawi ini adalah Taman Wisata Tawun.

Taman ini terkenal dengan bulusnya atau hewan sejenis penyu yang berkeliaran bebas bisa sampai ribuan jumlahnya.

Kekentalan Adat Ngawi di Tawun

foto by nyamuknyamuk.wordpress.com

Taman Wisata Tawun ini sebetulnya sudah mulai ramai dikunjungi warga sekitar semenjak tahun 1952. Apalagi, taman ini sering digunakan sebagai tempat upacara adat bernama Keduk Beji yang dilakukan setiap Selasa Kliwon dalam perhitungan kalender Jawa Islam.

Upacara ini dilakukan sebagai tanda pembersihan sumber mata air di wilayah sekitar dengan melakukan penggantian air yang ada di dalam beji.

foto by yukpigi.com

Seluruh warga di kawasan ini yang berjenis kelamin laki-laki akan bergotong-royong membersihkannya. Biasanya, acara inilah yang memikat pengunjung untuk datang ke Taman Wisata Tawun ini.

Kemasan Baru Taman yang Lebih Menarik

Setelah pengelolaan yang lebih intensif oleh pihak swasta bernama Bukit Tawun Ketawan Indah, taman ini lebih dikemas dan di-retouch menjadi tempat wisata kekinian yang menarik.

foto by panwis.com

Jika Anda berwisata ke sini, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dengan pohon-pohon hijau dan binatang-binatang khas seperti monyet, burung, dan bulus yang menjadi ikon dari tempat ini dengan jumlah yang sangat banyak.

BacaJuga:  10 Gambar Alun Alun Batu Malang Malam Hari, Wisata Jawa Timur + Alamat Bianglala
foto by ngawikabmuseumjatim.wordpress.com

Selain pemandangan flora dan fauna, Anda juga bisa menikmati wahana seperti kolam renang, baik untuk dewasa maupun khusus anak-anak yang dilengkapi dengan arena waterboom menyenangkan.

foto by youtube.com

Ada juga balok loncat, sarana olahraga, dan taman bermain. Sangat cocok dijadikan pilihan tempat wisata Anda bersama keluarga.

Tentukan Spot Foto Menarik

Jika Anda ingin menikmati keindahan pemandangan dengan sensasi yang tidak bisa dilupakan, Anda bisa menaiki perahu kano atau bebek air fiberglass di danau buatan.

foto by wisatahore.wordpress.com

Jika Anda suka memancing, ada kolam berisi ikan lele untuk sarana memancing Anda. Anda juga bisa menikmati keindahan lain dan menentukan spot foto menarik untuk menambah koleksi gambar di momen berharga Anda.

Anda bisa memilih spot berswafoto di pagar hits colourfull yang unik dengan beragam paduan warna. Bisa juga di kursi-kursi cantik sambil Anda sejenak beristirahat. Atau mencari bulus yang berkeliaran untuk diajak foto bersama. Anda juga bisa menghilangkan penat dan lelah di gazebo yang disediakan.

foto by kampoengngawi.com

Jika Anda ingin bermalam dan menikmati keindahan malam hari di kawasan ini, tersedia 25 kamar untuk Anda   menginap dengan beragam kelas. Dari mulai kelas 1, kelas Melati 1 atau Melati 2.

Anda juga tidak usah khawatir karena di sini tersedia berbagai macam stand makanan atau foodcourt untuk mengisi perut Anda yang lapar setelah berjalan-jalan, harga makanannya pun terjangkau dan tidak menguras kantong.

Tersedia juga toilet untuk keperluan Anda. Lahan parkir pun luas dan dijaga ketat, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan Anda.

Rute Jalan Menuju Taman Tawun

foto by kampoengngawi.com

Untuk menuju ke Taman Wisata Tawun ini tidak sulit. Jaraknya sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Ngawi dan Anda mengambil arah ke timur.

BacaJuga:  5 Rental Sewa Kamera Probolinggo Canon DSLR, GoPro, Mulai Dengan 10 Ribu

Anda akan melewati perjalanan dengan melewati Jalan Raya Solo-Ngawi, kemudian masuk ke Jalan Basuki Rahmat, lalu di depan Angkringan Dn ‘Dm, Anda belok kiri ke Jalan Pahlawan sampai di perempatan.

foto by id.wikipedia.org

Kemudian belok kanan sampai akhirnya Anda menemukan Jalan Sunan Lawu. Anda bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan umum, atau memakai kendaraan pribadi baik beroda empat atau pun beroda dua.

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.