10 Foto Tegalega Bandung: Lapangan, Renovasi Taman, Pasar + Map Peta Jalan Kota

Posted on
Tegalega bandung kota jawa barat 2017 sekarang 40242 indonesia kpp quotes quote wikipedia waktu weton wujud wulan wudhu wonosobo wonogiri enak excel renang rakyat run rumah rindu romantis ronaldo rokok tempo dulu taman terminal tugu tiki toko bunga yogyakarta yahoo youtube usul online inti ikan ini peta pasar psk lapangan pindah piala eropa pos lapang lap letak luas lilin lokasi kawasan kecamatan kua kuliner kidul kita kost jablay jalan jepara jepang jual jilbab jitu jogja acara di hari hotel hellprint hujan hitam hutan hilang hijau dekat sekitar gay gambar gerak gunung giri gitar gimana girl google foto facebook fashion fun run final daerah dokter tatang sejarah spa surabaya siti badriah simple soda solo soekarno adalah apotek alamat map monumen lautan api misteri mie maps menara museum noah naik narkoba news negara new pallapa nusantara nilai nii baru bondon vario vector veera vulkan vultur video vitamin volcano voice von vowel cantik cuaca com coklat xxi desain revitalisasi dinosaurus direnovasi tarif masuk harga tiket konservasi ridwan kamil t-rex rekreasi renovasi west java astanaanyar terbaru berita
Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega. Foto: merdeka.com

Lokasi: Jalan Otto Iskandar Dinata No.592, Nyengseret, Astanaanyar, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40242, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 08.00 – 16.30
Telepon: +62 22 2031490

Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki nilai tersendiri. Kota yang mempunyai julukan sebagai Paris Van Java ini memiliki keunikan. Baik dari segi tata kota hingga pariwisata. Hal ini pula yang membuat Bandung menjadi incaran para wisatawan yang ingin berlibur ke kota tersebut.

Ada banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi oleh para turis. Baik turis domestik dan juga mancanegara. Di Lembang, para wisatawan bisa mengunjungi aneka macam obyek wisata yang menarik. Untuk kawasan wisata alam, tempat wisata seperti Dusun Bambu, Kampung Gajah hingga obyek wisata alam dan kuliner seperti Floating Market bisa menjadi salah satu destinasi yang menarik.

Selain keindahan kawasan wisata alam di Lembang, di pusat kota Bandung juga banyak tempat wisata yang menyajikan nilai historis atau sisi sejarah yang tentu saja mempunyai peran yang sangat fenomenal. Ditambah lagi tidak terpisahkan dengan perkembangan dari kota Bandung tempo doeloe hingga Bandung yang sekarang ini sudah mulai maju. Salah satu kawasan wisata yang menyajikan sisi historis dan juga nilai sejarah yang tinggi adalah Tegalega Bandung.

Taman Bunga di Tegalega. Foto: petatempatwisata.com

Mengenal Kawasan wisata Tegalega Bandung

Kawasan wisata Tegalega Bandung atau dikenal sebagai Taman Tegalega Bandung atau Lapangan Tegalega Bandung yang sudah cukup lama dikenal di kalangan masyarakat ini memang menjadi salah satu obyek wisata historis di kota kembang ini. Pasalnya letak dari taman Tegalega Bandung ini sangat strategis.

Monumen Bandung Lautan Api. Foto: petatempatwisata.com

Tidak heran jika Tegalega Bandung ini menjadi salah satu kawasan wisata yang sangat populer di kota Bandung. Bukan hanya di jaman dulu saja kawasan wisata ini cukup terkenal. Di era sekarang ternyata taman Tegalega ini masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang cukup ramai dikunjungi oleh warga Bandung dan juga sekitarnya.

Bukan hanya masyarakat Bandung saja. Ternyata kawasan wisata taman Tegalega Bandung ini juga menjadi incaran para pelancong atau wisatawan baik domestik dan juga mancanegara yang sedang berlibur ke kota Bandung. Tentu saja hal ini membuat Bandung menjadi salah satu kota yang diincar oleh para turis. Taman Tegalega ini memiliki cerita sejarah dan sisi historis seperti halnya Gedung Merdeka hingga observatorium Bosscha dan Museum Sri Baduga.

Olahraga di Tegalega Bandung. Foto: petatempatwisata.com

Sejarah Taman Tegalega Bandung

Kawasan wisata taman Tegalega Bandung atau Lapangan Tegalega Bandung ini adalah sebuah lapangan yang cukup luas dan letaknya berada di tengah kota Bandung. Di sini para wisatawan bisa melihat sebuah monumen bersejarah bagaimana perjuangan masyarakat Banudng untuk membela kemerdekaan Indonesia. Di sini para wisatawan bisa menemukan monumen Bandung Lautan Api. Sebuah kisah sejarah yang sangat kuat di masa perang kemerdekaan Indonesia bersama Belanda.

Perang Bandung Lautan Api ketika itu di pimpin oleh pejuang Muhammad Toha. Seorang warga Bandung yang hidup di sebelah selatan kota Bandung yang rela mengorbankan semua harta kekayaan mereka. Caranya dengan membumi hanguskan semua kekayaan dengan cara membakar rumah-rumah mereka. Hal ini memiliki tujuan agar pemerintah Belanda yang masuk kembali ke Indonesia tidak bisa merampas dan mengambil kekayaan masyarakat Bandung.

Untuk memperingati cerita sejarah Bandung Lautan Api ini sendiri pemerintah daerah Jawa Barat mendirikan monumen. Dan pemerintah kota Bandung dan juga masyarakat sekitar Bandung akhirnya setiap tanggal 23 Maret merayakan momen bersejarah ini. Dan perayaan ini dilakukan di monumen Bandung Lautan Api yang letaknya berada di taman Tegalega Bandung tersebut.

Monumen Bandung Lautan Api di Taman Tegalega. Foto: infobandung.com

Tegalega sendiri memiliki arti sebagai lapangan yang luas menurut bahasa ibu dari Banudng yaitu Sunda. Oleh sebab itu lapangan yang cukup luas ini diberi nama sebagai Taman Tegalega Bandung oleh pemerintah dan masyarakat Bandung. Apalagi letak dan juga lokasinya sendiri berada di pusat kota Bandung. Lapangan yang cukup luas ini memang mempunyai berbagai fungsi. Di zaman dulu lapangan Tegalega Bandung ini menjadi pusat acara tahunan yang digelar di kota Bandung. Selain itu sebagai arena untuk balapan atau pacuan kuda yang menjadi kegemaran masyarakat. Selain itu menjadi tempat acara-acara hiburan yang tentu saja melibatkan masyarakat Bandung.

Jalur Jogging di Tegalega. Foto: hotelbandung.asia

Perkembangan Tegalega Saat Ini

Tentu saja sekarang ini perkembangan zaman menyebabkan beberapa hal mulai tergeser. Meski begitu Tegalega masih tetap berdiri dan menyajikan keindahannya. Akan tetapi Taman Tegalega ini mengalami beberapa perubahan dan renovasi sehingga tampilan lapangan ini menjadi lebih maksimal.

Pemanfaatn dan juga pengelolaan lapangan Tegalega ini tentu saja sekarang sudah banyak mengalami perubahan yang memberikan peran tersendiri. Di era pemerintahan kota Bandung sekarang ini, taman Tegalega mendapatkan pembenahan di area lapangan yang memiliki lua sekitar 16 hektar tersebut. Tentu saja penataan sudah dirancang dengan sangat baik sehingga Lapangan Tegalega Bandung ini sudah lebih teratur.

Foto Taman Tegalega dari Udara. Foto: petatempatwisata.com

Sebelumnya lapangan Tegalega ini pada era pemerintahaan beberapa dekade terakhir ini sangat kumuh dan juga tidak teratur dan juga tertata.  Bahkan sudah mendapatkan predikat negatif sebagai salah satu area prostitusi terselubung atau tempat esek-esek bagi masyarakat kelas bawah yang hidup di Bandung.

Dengan adanya pemikiran dan juga kerja keras yang dilakukan oleh masyarakat Bandung dan juga pemerintah, tentu saja bisa merubah wajah salah satu kawasan wisata sejarah yaitu Taman Tegalega Bandung. Sekarang ini taman wisata Tegalega Bandung menjadi salah satu kawasan Wisata sejarah dan juga area wisata yang pas dikunjungi bersama keluarga. Pasalnya ada banyak spot menarik di sini yang bisa dinikmati bersama keluarga dan juga teman-teman.

Jalur hijau di Tegalega Bandung. Foto: hotelbandung.asia

Aktifitas dan Fasilitas yang terdapat di Taman Tegalega Bandung

Kawasan wisata Tegalega Bandung sekarang ini sudah beralih fungsi menjadi salah satu kawasan wisata yang sangat tertib dan juga mencerminkan kota Bandung yang sangat bersih. Sebelumnya Bandung memang identik dengan sampah yang cukup banyak di pinggir jalan. Terutama di pusat kota. Sekarang predikat tersebut mulai hilang.

Ditambah lagi kawasan wisata Taman Tegalega ini membuat tampilan dari kota Bandung menjadi lebih segar. Tidak heran jika kawasan wisata ini sangat pas untuk mendapat julukan sebagai salah satu taman wisata keluarga di kota Bandung. Apalagi ada banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh masyarakat Bandung dan juga para wisatawan. Dan tentu ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di sini.

Fasilitas yang tersedia di sekitar kawasan lapangan Tegalega Bandung ini adalah lapangan bola. Lapangan bola ini letaknya berada di bagian tengah dari taman wisata Tegalega Bandung tersebut. Dan area ini cukup sering dijadikan arena dan juga tempat hiburan bagi sebagian warga Bandung dan juga para wisatawan terutama anak-anak muda untuk menikmati aktifitas bermain bola.

Acara di Monumen Bandung Lautan Api. Foto: destinasiasianews.com

Selain itu area lapangan ini juga kerap dijadikan tempat untuk pertunjukan hiburan. Masyarakat Bandung dan juga para wisatawan bisa menikmati sajian konser musik dan juga pertunjukkan hiburan lainnya di sini. Setiap akhir pekan biasanya akan digelar olahraga sehat seperti senam, joging hingga jalan sehat. Sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga.

Ternyata bukan hanya ini saja. Ada banyak hal yang cukup mengundang para wisatawan atau pelancong untuk berlibur ke kawasan wisata Tegalega Bandung ini. Di sini para wisatawan bisa bersantai sembari melihat keindahan dan sisi lain dari kota Bandung. Di kawasan wisata hutan Kota Bandung ini para wisatawan bisa merasakan kesegaran dan juga bisa melihat pemandangan hijau yang tentu saja memberikan cuaca atau suhu yang sangat sejuk dan juga fresh. Apalagi setelah lelah berkeliling kota Bandung untuk berbelanja dan juga beraktifitas lainnya.

Monumen Bandung Lautan Api di Tegalega. Foto: sebandung.com

Rute menuju ke taman Tegalega Bandung

Kawasan wisata hutan kota ini letaknya memang sangat strategis. Taman Tegalega ini berada di pusat atau tengah kota Bandung. Dan kawasan wisata Taman Kota Bandung tersebut letaknya juga berada di perlintasan dari berbagai macam arah dan juga jalur jalan yang saling berhubungan menuju ke pusat kota Bandung. Oleh sebab itu para wisatawan yang ingin berlibur ke kota kembang ini tentu saja bisa dengan mudah menemukan lokasi taman hutan kota Tegalega Bandung. Apalagi sudah ada Google Maps yang semakin memudahkan menuju ke sana. Taman huta kota ini bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Bagi angkutan umum, semua jalur hampir melewati kawasan wisata taman Tegalega ini. Tentu saja semakin memudahkan para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *