10 Gambar Telaga Ngipik Gresik, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat + Jam Buka

Posted on
Telaha Ngipik, foto: instagram.com/sambarazone

Lokasi: Desa Ngipik, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur 61151
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Di Indonesia, ada beberapa daerah yang mempunyai potensi tambang nan cukup kaya. Satu di antaranya adalah Cisolok, Sukabumi. Sumber daya alam yang terkandung di kawasan tersebut, yaitu emas, mangan, zeolite dan galena.

Selain itu, Cisolok juga terkenal akan objek wisata pemandian air panas alami yang memiliki keunikan. Lokasinya bukan di pegunungan seperti mata air panas pada umumnya, melainkan di pantai.

Macing Malam Hari di Sekitar Telaga, foto: instagram.com/dianayusmita

Di sana terdapat tiga titik sumber air panas yang berasal dari geyser dan masing-masing bersuhu 80O. Bila penasaran, silakan lihat foto atau videonya yang tersebar di YT (Youtube).

Berbicara mengenai hal ini, ternyata di Nusantara ada area-area bekas pertambangan yang diubah menjadi tempat pelesir nan menarik.

Salah satunya, yakni Danau Biru Loa Bakung di Samarinda. Situ ini awalnya merupakan sebuah lubang untuk aktifitas tambang batu bara yang tidak lagi beroperasi. Ia memiliki air bernuansa biru terang dan dikelilingi pepohonan hijau yang sebagian batangnya tenggelam dalam air.

Pemandangan Telaga di Malam Hari, Foto: instagram.com/gresiktourism

Lalu, ada Telaga Ngipik yang menurut sejarah dibangun pada bekas tambang tanah liat perusahaan semen Gresik. Ia menjadi tujuan berlibur favorit masyarakat Kota Pudak untuk menghindar dari kesumpekan pabrik. Apa saja yang ditawarkannya?

Pesona Telaga Ngipik

Pefona Yang Dimiliki, foto: instagram.com/fegiy

Di tengah hingar-bingar kota industri, Gresik ternyata menyediakan beberapa ruang terbuka yang layak dikunjungi. Pulau Bawean, misalnya, yang memiliki spot-spot  menarik, seperti Pulau Gili dan Pulau Noko dengan pasir putih serta pemandangan laut nan menawan.

BacaJuga:  10 Foto Coban Sewu Malang, Jalan Menuju Lokasi Air Terjun + Misteri-nya

Kemudian, Pantai Kuburan Panjang yang terbagi menjadi dua sisi. Di dalamnya terdapat makam yang menurut cerita merupakan tempat peristirahatan terakhir pengawal Aji Saka.

Lalu, yang tidak kalah cantik adalah Telaga Ngipik. Tentu warga Kota Industri telah akrab dengan keberadaan dan asal mula terbentuknya danau tersebut.

Pemandangan di Sekitar Telaga dari Ketinggian, foto: instagram.com/akhmad_nurul_fajri

Tempat pelesir ini bernama lain Taman Wisata Giri Wana Tirta. Dimana “giri” disini diambil dari nama seorang Walisongo, yakni Sunan Giri, “wana” yang artinya bermain dan “tirta” diartikan sebagai air.

Kawasan dengan luas sekitar 20 hektar itu dulunya digunakan untuk mengeksploitasi tanah liat sebagai bahan baku pembuatan semen. Setelah dikeruk, menyisakan kubangan yang terisi air hujan dan berubah menjadi telaga.

Guna menghapus kesan Gresik sebagai kota yang dipenuhi polusi udara, PT. Semen Gresik menanami pepohonan nan hijau dan tinggi di sekitarnya. Bisa dibayangkan bagaimana sejuk dan rindangnya kawasan tersebut.

Keseruang Berenang di Sekitar Telaga, foto: instagram.com/dyne_saifuddin

Ada berbagai kegiatan yang direkomendasikan untuk menikmati suasana di sana. Yakni, mengelilingi telaga dengan perahu motor sepanjang 12 meter yang mampu menampung 20 orang. Anda hanya perlu membayar sekitar Ro2.500,- untuk sekali putaran.

Anda juga dapat mengajak anak ke taman bermain, memancing ikan, seperti yang dilakukan oleh Komunitas Mancing Mania, menonton hiburan yang digelar pada hari-hari tertentu dan mengambil gambar dengan background telaga.

Meski demikian, fasilitas yang disediakan objek wisata tersebut masih perlu dikembangkan. Sebab, hanya ada area parkir, toilet dan kafetaria.

Pemandangan Sore Hari, foto: instagram.com/rizaldby

Selain menjadi destinasi wisata alternatif, Telaga Ngipik juga dimanfaatkan untuk olahraga ski air. Bahkan, pada tahun 1999 pernah dijadikan ajang Kejuaraan Daerah Ski Air Jatim. Jadi, jangan heran bila melihat atlit-atlit nasional yang sedang melakukan latihan di danau tersebut.

BacaJuga:  10 Gambar Predator Fun Park Batu Malang + Harga Tiket Masuk Wahana Wisata

Lokasi  Telaga Ngipik

Alamat Telaga Ngipik ada di Desa Ngipik, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Lokasi berjarak sekitar 3 km ke arah barat Alun-Alun Kota Gresik dan 4,2 km dari Dynasty Water World.

Lokasi Mancing di Telaga, foto: instagram.com/alfatich27

Selain itu, cukup dekat dengan Bengkel Bajaj. Jadi, tidak perlu khawatir bila kendaraan Anda bermasalah ketika melakukan perjalanan ke destinasi.

Akses jalan menuju kawasan tersebut terbilang cukup mudah. Kalau berangkat dari Surabaya, ambil rute tercepat melalui Jalan Tol Surabaya – Gresik. Perkiraan sampai di tujuan kurang lebih 1 jam, tergantung keadaan lalu lintas saat itu. Lumayan, sambil test drive motor Viar baru.

Pesona Alam Sekitar, foto: instagram.com/akhmad_nurul_fajri

Atau, naik bus jurusan Surabaya – Gresik dan turun di Terminal Bunder sebelum meneruskan ekspedisi dengan ojek. Tidak perlu bingung mengenai arah-arahnya, Anda bisa menggunakan peta atau Google Map sebagai pemandu.

Jam Buka dan Harga Telaga Ngipik

Telaga Ngipik buka selama 24 jam. Jadi, Anda bisa ke sana kapan saja.  Selain itu, untuk masuk ke zona wisata, pengunjung juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Hanya membayar retribusi parkir sekitar Rp2.500,-. Murah meriah, bukan?

Sunrise ngipik lake gresik, foto: instagram.com/rizaldby

Jadi, daripada spa jauh-jauh di Rehat Massage, Legian, lebih baik menyimpan ongkos ke sana untuk menikmati wisata alam dan hiburan di Giri Wana Tirta.

Tapi, ingat, datanglah dengan tujuan yang baik, bukan semata-mata untuk berbuat hal-hal yang tidak senonoh. Pasalnya, beberapa tahun lalu pernah ada yang kepergok tengah berbuat mesum.

Selain menjadikan eks tambang sebagai objek wisata, PT. Semen Indonesia juga menyewakan tanah milik mereka yang berada di Jalan Fatimah binti Maimun pada KUKMI (Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia) untuk menampung para PKL dari Telaga Ngipik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.