10 Foto Telaga Nilem Kuningan

Diposting pada
5.0
01
Telaga nilem kuningan majalengka kabupaten jawa barat alamat penginapan di mandirancan kaduela dimana cikalahang pasawahan jabar cirebon arah cerita daerah mana foto gambar instagram jalan lokasi rute peta tiket masuk kedalaman kasus legenda mitos misteri menuju sakti sejarah tempat wikipedia wisata nilam 2019
foto by alampriangan.com

Alamat: Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat
Peta Map: Klik Disini
Jam Buka: Pukul 08.00-17.00 WIB
HTM: Rp.5.000 Weekday dan Rp.17.500 Weekend

Telaga Nilem

Rekan-rekan pecinta travelling, pasti setuju dengan pendapat bahwa pesona pariwisata Indonesia itu sangat banyak dan tidak cukup hanya didatangi sekali. Keindahan alam negara kita ini banyak dicari oleh para turis asing. Bila dihitung dengan nilai uang, tentu tidak terbayang betapa banyak dana harus dikeluarkan bila ingin ‘membangun’ replika pesona wisata kita.

Selain terkenal dengan keanekaragaman hayati, flora dan fauna, Indonesia juga terkenal memiliki budaya serta beragam latar sejarah. Keragaman ini tentu datang dari banyaknya suku bangsa dan bahasa di negeri kita tercinta.

Salah satu tempat yang menyimpan potensi wisata besar adalah Jawa Barat. Provinsi di bagian barat Pulau Jawa ini sudah lama terkenal dengan alam, sejarah, serta kekhasan budaya dari suku Sunda. Nah kawan, mari sejenak menilik tempat wisata di kawasan Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Kuningan.

Lokasi

Objek yang sedang kita bicarakan adalah sebuah telaga dengan letaknya tidak jauh dari Talaga Remis, yaitu Telaga Nilem (kadang ada juga loh yang menyebutnya Nilam, entah salah atau benar). Letak Telaga Nilem ada di Kab. Kuningan, tidak jauh dari arah Mandirancang, Cikalahang.

Kawan, beberapa sumber menyebutkan nama yang berbeda untuk tempat wisata ini. Beberapa diantaranya (yang kemungkinan merujuk pada lokasi ini) adalah Telaga Biru, Situ Cicerem, atau juga disebut dengan Tagala Nilam.

Sebenarnya, Telaga Nilem masih termasuk dalam satu kompleks kawasan wisata yang sama dengan Telaga Remis. Rekan-rekan akan bisa melihat kawasan Telaga Remis dari pintu masuk atau loket retribusi wisata di tempat ini. Keduanya terbentuk secara alami dan secara administrasi masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

BacaJuga:  Gunung Batu Lembang, Menawarkan City View Ter-Epic

Bila rekan-rekan ingin berkunjung dengan menggunakan transportasi pribadi ke Telaga Nilem, rute perjalananya tidak begitu sulit kok. Jalan menuju destinasi liburan ini juga sudah beraspal sehingga akan membuat perjalanan kalian menyenangkan sambil menikmati rimbunan pepohonan. Kemudahan akses ini salah satunya juga karena Telaga Nilem berada di daerah perbatasan antara Kabupaten Kuningan, Cirebon, dan Majalengka.

foto by teluklove.com

Daya Tarik

Tahukah kawan bahwa lokasi wisata kita ini terletak di daerah pegunungan? Tepatnya adalah berada di kawasan kaki Gunung Ciremai, Jabar. Telaga Nilem terkenal dengan airnya yang jernih dan berwarna biru, dimana lokasi ini juga sekaligus menjadi tempat banyak ikan emas hidup di dalamnya.

foto by backpackerjakarta.com

Airnya sangat segar karena berasal dari mata air pegunungan. Kondisinya pun masih minim pencemaran air sehingga dijamin kebersihannya. Kalian akan bisa melihat apa yang ada di dalam telaga dari permukaan air. Bisa juga mengabadikannya dalam suatu foto. Kalian akan bisa menikmati pemandangan dasar telaga dengan anggota ekosistemnya.

foto by kesiniaja.com

Air di telaga ketinggiannya cukup beragam, namun rata-rata berkisar antara 2,5 hingga 3 meter. Hal ini tentu membuat pengunjung harus berhati-hati ketika bermain di sekitar telaga. Terutama bagi pengunjung yang tidak bisa atau belum fasih berenang karena kedalaman airnya.

Kawasan Telaga Nilem, sebagai suatu daerah wisata yang dekat dengan Telaga Remis, adalah suatu destinasi liburan yang dikelola oleh pemerintah. Di tempat ini terdapat banyak tumbuh-tumbuhan dengan berbagai jenis. Kalian juga mungkin akan menemukan beberapa jenis tumbuhan langka masih hidup dan berhabitat di sini.

foto by andromedocahyo.blogspot.co.id

Kawan, kalau membahas tentang nama lokasi wisata, mungkin beberapa dari kalian bertanya-tanya, mengapa diberi nama Telaga Nilem?

Seperti kebanyakan tempat liburan di Indonesia (atau bahkan mungkin di dunia), di mana ada begitu banyak versi cerita ataupun sejarah asal-usul penamaan yang beredar di masyarakat. Beberapa bahkan ada yang mengatakan tentang mitos, misteri, serta kasus sakti.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Rancabuaya Beach Garut + Tiket Masuk dan Jalur Menuju Lokasi

Salah satu alasan yang saat ini umu dimengerti oleh kebanyakan orang adalah adanya hewan, yaitu ikan nilem, yang berhabitat di telaga ini sehingga membuat masyarakat sekitar menamai lokasi sesuai dengan nama hewan tersebut.

Telaga Nilem memiliki kondisi udara yang menyenangkan untuk bersantai. Daerah ini berada di ketinggian sekitar 315 mdpl sehingga memiliki rata-rata suhu udara antara 20oC. Suhu udara yang sejuk, tidak panas namun juga tidak membuat pengunjung kedinginan.

foto by gurugeografi.id

Fasilitas

Pihak pengelola wisata sudah memperhitungkan begitu banyak kemungkinan sehingga fasilitas yang ada di kawasan Telaga Nilem pun sangat mendukung bagi pengunjung untuk menikmat waktu liburan. Di tepian telaga, terdapat beberapa gazebo atau tempat duduk sehingga pengunjung dapat menikmati suasana sejuk serta keindahan alam.

foto by merahputih.com

Di sekitar lokasi wisata juga terdapat beberapa warung sederhana yang menjajakan makanan serta minuman. Kalian bisa membeli beberapa keperluan untuk mengganjal perut selagi berwisata. Tentu ini akan sangat memudahkan rekan-rekan dan menghembat barang bawaan.

foto by instagram.com/mahmudin_20/

Rekan-rekan tidak hanya bisa bersantai saja loh. Pihak pengelola wisata juga mengizinkan pengunjung untuk melakukan beberapa kegiatan sambil menikmati keindahan alam Telaga Nilem. Pengelola serta pemuka adat setempat juga mempersilakan pengunjung untuk berenang di kolam.

Biasanya, kolam yang digunakan pengunjugn untuk berenang memiliki kedalaman yang relative dangkal sehingga tidak terlalu membahayakan keselamatan. Sayangnya, bila rekan-rekan ingin ke toilet/kamar mandi, kalian masih harus menumpang di warung atau rumah penduduk di sekitar kawasan ini.

foto by instagram.com/edieewibowo/

Di sekitar kawasan Telaga Nilem juga sudah tersedia banyak penginapan. Rekan-rekan bisa dengan mudah menemukan hotel, villa, guest house dari internet atau melalui berbagai aplikasi booking. Namun, bila ingin lebih menghemat biaya berlibur serta belajar dari alam, bisa juga dengan berkemah di kawasan Telaga Nilem.

BacaJuga:  10 Homestay Murah di Bogor, Harganya Mulai 100 Ribuan Per Malam

Biasanya, beberapa pengunjung juga memanfaatkan waktunya dengan melakukan tracking ringan, offroad, camping, ataupun juga beberapa kegiatan outdoor lainnya. Untuk menikmati keindahan serta fasilitas di kawasan wisata Telaga Nilem pun tidak membutuhkan biaya yang mahal kawan. Tiket masuk lokasi wisata hanya berkisar sekitar Rp15.000 per orang.

Tips Berkunjung

Nah, bagaimana? Bukankah lokasi ini bisa menjadi salah satu destinasi liburan kalian berikutnya? Beberapa tips nih yang mungkin bisa menjadi bekal ketika hendak berkunjung ke Telaga Nilem.

1. Jangan lupa untuk membawa camera, HP, ataupun handycam. Kalian pasti ingin mengabadikan keindahan ala mini dalam bentuk gambar, foto, ataupun video.

foto by instagram.com/uli.umay/

2. Bila ingin berenang atau bermain air, pastikan untuk membawa peralatan mandi yang cukup lengkap mengingat ketersediaan kamar mandi yang minim. Boleh juga kalau kalian membawa beberapa peralatan praktis seperti hand sanitizer atau tissue untuk membantu keperluan kalian.

3. Pastikan juga untuk tetap menjaga keindahan serta kebersiha lingkungan kawan. Tetaplah membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Bila kalian melihat beberapa sampah yang berserakan, baik untuk berinisiatif membuangnya loh kawan. Kalau bukan kita yang memulai menjaga, maka siapa lagi?

Nah, sekian dulu informasi kali ini. Jangan lupa untuk menambahkan pengalaman kalian via Instagram atau Wikipedia ya.

Selamat merancang liburan di tahun 2019 ini. Salam traveler.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.