Enak dan Murah Meriah, Ini 45 Rekomendasi Tempat Makan di Bandung

Posted on
Tempat buka puasa di bandung rekomendasi bersama bareng pacar yang murah makan kuliner keluarga favorit enak cocok untuk jajanan romantis timur selatan berbuka lesehan asyik asik buat anak muda cafe recommend karaoke bulan dan kota yg nyaman recomended setiabudi seru meriah
45 Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Bandung Bersama Bareng Pacar dan Keluarga Yang Murah Romantis (foto: eatbma)

JejakPiknik.com. Tidak hanya kaya akan destinasi wisata, ibukota propinsi Jawa Barat yang dijuluki Paris van Java ini juga dipenuhi restoran dan tempat makan yang tersebar di seluruh kawasan, mulai dari daerah Lembang, Dago Pakar di Bandung Utara, Bandung Timur, Barat, sampai ke kawasan Selatan.

Berbagai menu masakan yang enak, khas bahkan unik dengan harga variatif, mulai dari yang murah sampai yang mahal dapat Anda temui mudah. Sehingga tidak salah jika Bandung juga dikenal dengan wisata kulinernya.

Berikut ini adalah restoran dan tempat makan yang dapat dijadikan rujukan saat Anda berkunjung ke kota kembang, Bandung.

1. Dusun Bambu

Dusun Bambu (foto: bandungtour99)

Selain merupakan tempat wisata keluarga, Dusun Bambu juga tempat makan privat khas Sunda yang nyaman dengan pemandangan indah, karena tempat makan yang ada di sini berada di atas pohon berbentuk rumah burung, sehingga terlihat keren dan berbeda dari yang lain.

Selain rumah di atas pohon, tempat makan lainnya yang bisa dipilih adalah di tengah danau dengan menyewa rumah-rumah yang bentuknya unik dan lucu.

Jika memilih makan di tengah danau, di situ dapat dijumpai restoran Purbasari yang menawarkan berbagai menu makanan khas Sunda.

Sedang untuk mereka yang ingin makan di rumah yang berada di atas pohon, dapat membeli makanan di restoran Café Burangrang atau di food courd Pasar Katulistiwa.

Lokasi: Dusun Bambu, JL. Kolonel Masturi, KM.11, Lembang, Bandung
Harga: Rp.100.000 s/d Rp.200.000
Jam Buka: 08.00 – 23.00 WIB

2. Sapu Lidi

Sapu Lidi (foto: trover.com) revisi

Restoran ini menawarkan sesuatu yang berbeda, karena Anda dapat menyantap makanan sambil  menikmati pemandangan khas pedesaan lewat sawah buatan yang menghadirkan kesan sejuk dan asri.

Tidak hanya itu, Sapu Lidi juga menyuguhkan suasana yang lain untuk mereka yang kurang berkenan dengan hamparan pemandangan sawah, yakni mengajak pengunjung serasa berada di tengah hutan, atau seolah berada di danau.

Bahkan pengunjung juga dapat menyusui sungai yang ada di tempat itu dengan menggunakan perahu.

Untuk menu yang ditawarkan, sangat variatif, mulai dari makanan khas Sunda, berbagai menu masakan Indonesia, sampai dengan menu makanan Eropa. Namun, menu yang menjadi favorit para pengunjung yang datang ke sini adalah: Ayam Kalasan.

Alamat: Jl. Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa, Cihideung, Lembang
Harga: Rp.10.000 s/d Rp.85.000
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

3. One Eighty Coffe

One Eighty Coffe (foto: mixedupalready.com)

Bersantap dengan kaki terendam air kolam tentu memberikan sensasi tersendiri, begitulah yang dihadirkan One Eighty Coffe yang baru dibuka pada tahun lalu.

Restoran yang dilengkapi dengan kolam bermain anak-anak ini menjadi tempat makan yang pas untuk keluarga, karena disaat Anda bersantap, anak-anak dapat beraktifitas di kolam bermain.

Berbagai menu disajikan di restoran ini, mulai dari hidangan khas Indonesia seperti Iga Garang Asam hingga menu-menu Western, seperti English Breakfast, Aglio Olio, serta menu lainnmya yang menggugah selera.

Alamat: Jl. Ganesha No. 3 Bandung 40132
Harga: Rp.10.000 s/d Rp.100.000
Jam Buka: 08.00 – 23.00 (hari biasa dan Minggu) | 08.00 – 24.00 (Jumat – Sabtu)

4. Feast, Sheraton

Feast, Sheraton (foto: sheratonbandung.com)

Bukan tanpa alasan situs Qraved menempatkan Feast, Sheraton sebagai restaurant paling keren di Bandung. Dengan kapasitas 140 orang, Feast Restaurant menyuguhkan suasana yang hangat dan santai dengan lokasi yang menghadap langsung ke kolam renang.

Para tamu yang datang ke sini tidak hanya bisa bersantap, tapi juga berkesempatan untuk melihat para koki mempertunjukkan kebolehannya dalam memasak secara terbuka.

Berbagai menu masakan dari seluruh dunia dapat dijumpai di Feast, Sheraton, namun yang menjadi favorit para tamu tetap saja makanan khas Sunda, seperti nasi tutug oncom, nasi kedelai bakar yang dibungkus daun pisang, serta yang lain.

Lokasi : Sheraton Bandung, Hotel & Towers, Jl. Ir. H. Juanda No.390 (Dago Bawah) Bandung
Harga: Rp.100.000 s/d Rp.300.000
Jam Buka: 06.00 – 23.00 WIB

5. Sierra

Sierra (foto: christophorusdanu)

Jika Anda berkunjung ke kawasan wisata alam Dago, jangan lupa untuk mampir ke Sierra Café & Longue Bandung, untuk menikmati berbagai macam menu yang diracik para koki professional dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau.

Café dan resto yang dapat menampung sampai dengan 700 orang dalam satu waktu tersebut tidak hanya akan memanjakan lidah, tapi juga mata Anda dengan view sekeliling yang eksotis serta romantis. Terlebih pada malam hari.

Aneka kuliner dapat dipilih di sini, mulai dari masakan khas Sunda, menu Nusantara, Asian Cuisin, sampai dengan Western and European Food.

Jadi bukan hanya rica-rica, nasi rames, atau ayam goreng saja yang bisa Anda temui, tapi juga aneka olahan seafood, chicken Teriyaki dan sushi khas Jepang, food spaghetti ala Itali, grilled Norwegian salmon, aneka Beef Steak, serta menu yang lain.

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No 33, Dago Atas Bandung Utara
Harga: Rp.30.000 s/d Rp.70.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

6. Congo Cafe

Congo Café (foto: congogallery)

Menu kuliner yang menggoda selera dan tempat bersantap yang unik serta eksklusif menjadi daya tarik utama dari café berlantai tiga yang berlokasi di kawasan Dago pakar ini.

Ditambah lagi tampilan live music yang menemani saat bersantap, semakin memberikan kenyamanan bagi para tamu yang berkunjung.

Dikatakan unik dan eksklusif, karena sebelum memasuki lokasi, para tamu akan diajak melintasi kawasan hutan lebat sebagaimana yang ada di Negara Congo, Afrika.

Untuk makanan yang disajikan, didominasi menu ala barat, seperti grilled dan steak, namun untuk lidah yang kurang familier dengan masakan western, tersedia pula menu Nusantara, seperti kakap dabu, iga bakar, sop buntut, dan makanan lainnya dengan rasa yang lezat.

Alamat: Jalan Rancakendal Luhur No.8 Dago Pakar, Bandung Utara.
Harga: Rp.40.000 s/d Rp.80.000
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

7. The Valley

The Valley (foto: sharontravelogue.com)

Berada di kawasan puncak Dago Pakar yang tidak dilewati kendaraan umum, membuat suasana tenang dan nyaman dihadirkan oleh suki garden, bistro café, serta hotel & resort yang bernama The Valley ini.

Para tamu bisa bersantap di area indoor atau outdoor yang menggunakan konsep balkon. Sehingga sambil bersantap, pandangan dapat dilayangkan ke sekeliling untuk melihat gemerlap lampu kota Bandung pada malam hari.

Menu yang disajikan di sini cukup bervariasi, mulai dari Oriental, Japanese, India hingga Europe Cuisine, dengan menu favorit Zuppa Soup dan Steak.

Alamat: Jalan Lembah Pakar Timur No.8 Dago Pakar, Bandung Utara.
Harga: Mulai Rp.80.000
Jam Buka: 11.00 – 23.30 WIB

8. Bellevue French & Italian Bistro

Bellevue French & Italian Bistro (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Nikmati suasana romantis dari restoran ini lewat lorong-lorongnya yang berhiaskan lampu Kristal serta pemandangan bebukitan dan kolam renang.

Mengusung desain Victorian dengan area Indoor berkonsep fine dining dan outdoor berkonsep casual dining, membuat tamu restoran ini serasa berada di Eropa.

Sesuai dengan nama yang diusung, menu yang disajikan restoran dengan 40 bar store ini adalah menu-menu Italia dan Perancis.

Alamat: Jalan Dr. Setiabudhi No.36 Bandung
Harga: Rp.36.000 s/d Rp.150.000
Jam Buka: 24 Jam

9. Stone Cafe

Stone Café (foto: sharontravelogue.com)

Memadukan desain gaya Eropa Klasik dengan suasana pedesaan membuat Stone Café memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan destinasi wisata kuliner.

Bangunan utama yang memiliki 3 lantai dibuat dengan gaya Eropa Klasik, sementara area outdoor berbalut suasana pedesaan dengan saung-saung beratap ijuk yang dijadikan sebagai tempat para tamu untuk menikmati makanan yang disajikan.

Suasana pedesaan menjadi semakin terasa dengan hadirnya batu-batu kali di sekeliling yang dialiri air dengan suaranya yang gemericik. Ditengah suasana yang nyaman itulah para tamu bisa menikmati berbagai menu ala tradisional serta Western yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Alamat: Jalan Rancakendal Luhur No.05, Dago Pakar,  Bandung
Harga: Rp.35.000 s/d Rp.80.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

BacaJuga:  10 Foto The Jungle Waterpark Bogor, Promo Harga Tiket Masuk 2018, Jam Buka + Alamat Lokasi

10. Warung Langit

Warung Langit (foto: zomato.com)

Berada di atas ketinggian 750 – 1200 meter dpl membuat Bandung City Light dapat dinikmati dari Warung Langit, terlebih pada sore dan malam hari.

Namun bukan itu saja nilai lebih dari rumah makan ini, makanan yang disajikan justru menjadi daya tarik utama, karena semua makanan diolah dari bahan herbal tanpa ada sedikitpun hasil olahan pabrik, seperti MSG.

Bahan yang dimasak bahkan diambil langsung dari kebun sayur yang ada di sekitar lokasi Warung Langit, sehingga pas sekali buat vegetarian.

Meski demikian, menu yang disuguhkan sangat variatif, seperti ikan tuna asap, ayam asap, nasi goreng dan berbagai menu lainnya sebagaimana yang ada di tempat-tempat kuliner lainnya yang ada di kota Bandung. Sedang untuk menu andalannya adalah Bala-bala Bayam.

Alamat: Jalan Cibengang, Cibengan Tengah, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung
Harga: Rp.10.000 s/d Rp.50.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

11. Warung Salse

Warung Salse (foto: trivindo.com)

Dengan model bangunan yang unik layaknya rumah miring berbentuk limas serta latar belakang panorama hijau di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri dari destinasi wisata kuliner yang satu ini.

Terlebih para tamu juga dapat menikmati berbagai macam karya seni rupa, karena konsep yang diusung Warung Salse adalah Art Gallery & Design Space.

Untuk menu yang ditawarkan terdiri dari berbagai macam masakan nusantara, terutama makanan khas Bandung, seperti: bubur asap, nasi goreng kambing, tektek cawit, nasi bakar, urap sapi pedas, soto daging kudus, serta menu lezat lainnya.

Alamat: Jalan Dago Giri No 101, Bandung Utara
Harga: Rp.25.000 s/d Rp.50.000
Jam Buka: 09.00 – 23.00 WIB

12. Warung Sitinggil

Warung Sitinggil (foto: kuliner.panduanwisata.id)

Dengan mengusung konsep Rustic, bahan bangunan dari rumah makan ini disesuaikan dengan kondisi alam sekitar, sehingga jauh dari kesan formal, glamour dan mewah.

Berlokasi di atas perbukitan berhiaskan hamparan hijau di sekelilingnya, membuat tamu yang datang, baik siang maupun malam dipastikan akan merasa betah.

Menu yang tersedia didominasi kuliner khas Indonesia, seperti sop buntut, nasi bakar, bubur ayam Bandung Anglo, iga bakar, serta yang lain. Namun, menu western juga dapat ditemui di sini, seperti burger, spaghetti blognese, dan menu lainnya

Alamat: Jalan Dago Giri No 90 Mekar Wangi, Bandung Utara
Harga: Rp.10.000 s/d Rp.50.000
Jam Buka: 12.00 – 22.00 WIB

13. D’Pakar

D’Pakar (foto: foody.id)

Berlokasi tidak jauh dari destinasi wisata alam paling fenomenal di Bandung, yaitu Tebing Keraton, membuat rumah makan ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Itu sebabnya pengelola D’Pakar menerapkan aturan berupa waiting list atau daftar antrian bagi para tamu, sebelum tercatat dalam daftar antrean. Hal ini dengan maksud agar tidak mengganggu pengunjung yang datang sebelumnya.

Satu lagi aturan yang berlaku, untuk bersantap di tempat ini, pengunjung harus terlebih dahulu memesan makanan atau membeli minuman seharga Rp.25.000.

Setelah itu Anda dapat menikmati berbagai menu Indonesian dan western food di tempot ini. Namun, yang menjadi favorit para tamu adalah ayam penyet dengan rasa yang pedas serta mantap.

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur, Desa Ciburial Dago pakar Bandung Utara
Harga: Rp.15.000 s/d Rp.30.000
Jam Buka: Selasa – Jumat 12.00 – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu 09.00 – 18.00 WIB

14. Rumah Kopi

Rumah Kopi (foto: klikhotel.com)

Bagi para penikmat kopi, spot wisata kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan, karena berbagai jenis minuman kopi, mulai dari rasa original klasik, mix sampai dengan rasa kopi yang unik dapat ditemui di Coffe Shop Dago atau yang lebih dikenal dengan Rumah Kopi Bandung.

Desain interior yang menarik dengan dinding berhiaskan patung-patung, lukisan, dan lampu yang artistic sebagaimana Coffe Shop di luar negeri, membuat pengunjung bakal betah berlama-lama di tempat ini.

Selain berbagai jenis minuman kopi, minuman dari jenis yang lain juga tersedia di sini, seperti berbagai varian es krim dan berbagai varian susu segar. Tersedia pula aneka camilan dan makanan, seperti nasi goreng, aneka pasta, lasagna, serta yang lain.

Alamat: Jalan Terusan rancakendal No 9, Dago Pakar Atas, Bandung Utara
Harga: Rp.12.000 s/d Rp.30.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

15. Boemi Joglo Rancakendal

Boemi Joglo Rancakendal (foto: bubyhungry)

Beragam lokasi tempat makan bisa dipilih di sini, mulai dari indoor, semi outdoor sampai dengan lokasi di luar yang dinaungi payung-payung unik.

Cara makanpun juga bisa dipilih sesuai dengan selera, bisa dengan menggunakan tempat duduk atau lesehan agar bisa bersantai untuk meluruskan tubuh sambil berbaring.

Selain hidangan yang lezat, suasana di sekeliling rumah makan ini juga menjadi daya tarik karena menghadirkan suasana yang sangat alami, seolah berada di tengah hutan, karena lokasi Boemi Joglo Rancakendal memang tidak jauh dari wisata alam Tebing Keraton.

Meski namanya identik dengan bangunan khas Jogjakarta dan Jawa Tengah yaitu Joglo, namun menu yang disajikan di sini adalah makanan khas Bandung, seperti nasi liwet ayam jamur, nasi liwet ikan asin, serta menu lezat lainnya.

Alamat: Jalan Raya Kendal Luhur No 17, Kota Bandung
Harga: mulai dari Rp.5.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

16. Kebun Awi Kaffee

Kebun Awi Kaffee (foto: foody.id)

Berada di areal kebun bambu membuat Café & Resto ini terkesan eksotik dan menyatu dengan alam. Kesan formal juga hilang di tempat ini karena pengunjung bisa duduk lesehan di saung sambil menikmati suasana sekeliling yang tenang berpadu dengan alunan musik tradisional Jawa Barat.

Selain menu tradisional khas Jawa Barat yang mendominasi olahan di tempat ini, tersedia pula menu Oriental seperti Dimsum, Gong Bow, Wonton, dan Chow Mein, serta menu ala Barat seperti Noah’s Barn atau verde, Bellamie Boulangerie, dan aneka olahan berbahan pasta, keju, serta panna cotta.

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No 29, Ciburial Cimenyan Bandung Utara
Harga: Rp.25.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

17. L’Societe

L’Societe (foto: tempatwisatadibandung.info)

Dengan platform The Best of Dine and Bar,  L’Societe menghadirkan tempat untuk berpesta  meriah dan menikmati live music dengan suasana yang berbeda, terutama dari sisi desain interiornya yang menawan lewat berbagai furniture dan ornament yang semakin terlihat istimewah berkat efek pencahayaan ruangan.

Aneka makanan tersedia di L’Societe, mulai dari menu khas Nusantara sampai dengan Asian dan western food. Sedang untuk minuman, karena tempat ini merupakan Dine and Bar, maka berbagai jenis minuman beralkohol bisa didapatkan, seperti Beer, dan Whiskey.

Alamat: Jalan Ir.H.Djuanda No 106, Dago Bandung Utara
Harga: Rp.100.000 – Rp.200.000
Jam Buka: 15.00 – 02.00 WIB

18. Takigawa

Takigawa (foto: Iwan Fahmi Wirakusuma)

Tagline “In The Sky” seolah ingin menegaskan bahwa sensasi yang ingin dihadirkan Resto & Café milik artis Ike Nurjanah ini adalah makan di atas ketinggian.

Tagline tersebut tidak salah karena Takigawa berlokasi di dataran tinggi Dago Pakar yang diselimuti udara dingin dan menghadirkan suasana romantis lewat keindahan alam di sekitarnya.

Ditilik dari nama, menu unggulan yang disajikan di sini sudah bisa ditebak, yaitu masakan khas Jepang, seperti: Tuna Katsu, Ika Salad, Tamago Cone, Inari Cone, Gyoza Dumpling, serta Edamame.

Tersedia pula berbagai olahan sup dan masakan yang dipanggang, seperti Volcano, Mushroom Wrap, Aspara Bacon, Mishosiru, dan Catterpilar Roll.

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur IV No 8, Dago Pakar, Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.150.000
Jam Buka: 14.00 – 23.00 WIB

19. Lisung

Lisung (foto: kulinerkulinerbandung.com)

Meski berada di lokasi yang sepi café ini senantiasa dibanjiri tamu karena konsep tradisional yang dihadirkan memang memberikan daya tarik tersendiri. Kesan tradisional tersebut terasa dari desain bangunan yang berbentuk gubuk dengan dekorasi yang dominan dengan ornament kayu.

Berbagai hidangan nusantara yang menggugah selera tersaji di sini, seperti nasi panggang, mie tek-tek dan yang menjadi favorit pengunjung adalah sop iga.

Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No 111, Dago Pakar ( Dago atas ) Bandung Utara
Harga: Rp.50.000 – Rp.70.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

20. Dago Tea House

Dago Tea House (foto: bamiyan.us)

Berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Bandung dan berada di atas ketinggian membuat pengunjung Dago Tea House dapat menikmati keindahan kota Bandung yang terhampar di bawahnya.

Selain daya tarik tersebut, suasana yang tenang dan nyaman serta sentuhan tradisional juga menjadi magnet bagi tamu-tamu yang datang.

Menu kuliner yang disajikan di sini, didominasi makanan khas Jawa Barat seperti nasi liwet, nasi timbel, lalapan, karedok dan berbagai minuman tradisional seperti bandrek dan bajigur. Namun demikian tersedia pula aneka menu Nusantara. Asia dan Western yang bakal memanjakan lidah.

Alamat: Jl. Bukit Dago Selatan 53 A, Dago Bandung Utara
Harga: Rp.20.000 – Rp.75.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

BacaJuga:  10 Foto Jalan Braga Bandung Kota Malam Hari Nightlife, Sejarah + Peta Wisata Kuliner

21. Caffe Bene

Caffe Bene (foto: foody.id)

Tempat wisata kuliner yang satu ini memang mengusung brand dari Korea yang telah membuka cabang di seluruh dunia.

Buat mereka yang menyukai style dan berbagai hal ala Korea, tempat yang dilengkapi free Wifi ini bakal membuat betah, terlebih tempatnya sangat tenang dan nyaman dengan desain interior bergaya techno and wood.

Tidak heran jika disepanjang tahun 2018 café ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Selain menyediakan berbagai cita rasa kopi, Caffe Bene juga menyiapkan dessert seperti mocktail dan yogurt. Tersedia juga berbagai menu yang lain, seperti cookies and cream waffle, Read Bean Bing Su s serut yang dipadu dengan berbagai macam toping, scoop vanilla ice cream, serta menu yang lain.

Alamat: Jalan Ir.H Djuanda No 155, Dago Bandung Utara
Harga: Rp.13.000 – Rp.35.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

22. Capital 8

Capital 8 (foto: letsgoeat.info)

Suasana informal dengan konsep warehouse ditambah live music, membuat Capital 8 menjadi salah satu spot wisata kuliner yang cukup popular di Bandung.

Kolam renang yang berada tepat di tengah café yang menempati rumah dengan desain kuna dan didominasi warna kayu ini, menciptakan suasana yang romantis, sehingga sangat pas untuk dikunjungi berdua dengan pasangan atau bersama keluarga.

Berbagai menu nusantara dapat dipesan di sini, seperti nasi goreng cikur, ayam goreng, tahu penyet, udang crispy dan sambal, serta menu lezat lainnya.

Untuk yang ingin menikmati menu mancanegara tersedia Ciabatta Sandwich, Pancake Fruits Yoghurt,  Paratha, Hot plate Cruspy Chicken, red velvet sundae, dan menu yang menggoda selera lainnya.

Alamat: Jalan Ir.H.Djuanda No 72, Dago Bandung
Harga: Rp.25.000 – Rp.75.000
Jam Buka: Senin – Sabtu 08.00 – 23.00 WIB, Minggu 10.00 – 23.00 WIB

23. Noah’s Barn Coffeenery

Noah’s Barn Coffeenery (foto: herstoria.blogspot.co.id)

Tempat wisata kuliner yang selalu dipenuhi anak muda ini terbagi atas 2 ruangan, yaitu ruang indoor yang menghadirkan suasana santai dan ruang outdoor yang berhadapan dengan taman yang sejuk dan asri.

Sajian utama dari café ini adalah minuman Coffee Crème Brulee, Cappucino dan Café Latte. Tersedia beberapa jenis minuman kopi lainnya, seperti Vietnam drip, French press, siphon, cold drip, woodneck dan aero press yang dapat dipesan langsung ke barista.

Bagi yang ingin mengisi perut, beberapa jenis kuliner mancanegara bisa dipilih, seperti spagethi, cakes, bread, dan pies.

Alamat: Jalan Laks M.U Nurtanio (Garuda) No 39 Bandung
Harga: Rp.30.000 – Rp.100.000
Jam Buka: Senin – Sabtu 09.00 – 21.00 WIB, Minggu 12.00 – 21.00 WIB

24. Bellamie Boulangerie

Bellamie Boulangerie (foto: foody.id)

Meski menempati lokasi yang tidak seberapa luas dengan bangunan berlantai dua, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung karena menghadirkan suasana yang familier dan nyaman terutama pada ruangan lantai dua yang mengusung desain modern berhias lukisan, tanaman di dalam pot dan berbagai ornament lampu gantung.

Alasan lain yang membuat pengunjung di tempat ini selalu ramai adalah sajian menu makanan kue dan roti ala Eropanya yang lezat dan tidak ditemui di tempat lain, seperti untuk sandwich saja, tersedia 5 jenis roti yang bisa dipilih, diantaranya:  ciabata, focacia, multigrain, caroissant, dan sourdough.

Menu lainnya yang tidak kalah lezat adalah salad, pizza, burger, pasta dan kuliner khas Bellamie yang menggunakan bahan dasar daging ayam, daging sapi dan salmon.

Alamat: Jalan Cihapit No 35 Bandung utara
Harga: Rp.10.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 06.00 – 21.00 WIB

25. Lawangwangi

Lawangwangi (foto: ardiatami.com)

Bersantap di Café Lawangwangi tidak hanya akan disuguhi santapan yang lezat, tapi juga pemandangan sekeliling yang eksotis dan romantis berupa hamparan bukit dan lembah yang hijau, serta karya-karya seni di ruang Design Space yang menyatu dengan café.

Menu yang tersaji di sini juga memiliki cita rasa juara berupa makanan tradisional Jawa Barat serta aneka makanan Western dan Asian food, seperti BBQ Chicken Wing, Fish & Chips, Tenderloin Steak, Calamari, serta menu lainnya yang menggoda selera.

Alamat: Jalan Dago Giri 99A, Mekarwangi Bandung
Harga: Rp.30.000 – Rp.75.000
Jam Buka: Selasa – Minggu 11.00 – 22.00 WIB, Sabtu 10.00 – 23.00 WIB, Senin Libur

26. Green Cafe

Green Café (foto: tempatwisatadibandung.info)

Sentuhan desain interior bergaya Perancis dengan ornament-ornamen unik  khas Fleur de Lis yang menghiasi sisi beberapa ruangan menghadikan suasana yang romantis bagi pengunjung yang datang ke tempat ini.

Ditambah lagi dengan penggunaan sofa sebagai tempat, membuat tamu semakin dimanjakan.

Green Café memiliki menu special yang menjadi favorit para pengunjung, yaitu nasi chicken Katsu Cheese, berupa nasi goreng yang gurih dengan chicken katsu yang lembut dibalut mozzarella cheese.

Aneka kue yang lezat dengan tampilan yang cantik juga cukup menggugah selera, seperti: tiramitsu delight, opera cake, dark forest, brownies, green n cokelat, waffle, dan  masih banyak lagi yang lain.

Alamat: Jalan Diponegoro No 26, Citarum, Bandung Timur
Harga: Rp.8.000 – Rp.45.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

27. Vanilla Kitchen & Wine

Vanilla Kitchen & Wine (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Pada lantai atas restoran ini, pengunjung dapat menikmati makanan sambil bersantai di atas tempat tidur, karena telah disiapkan sofa bed untuk dapat bersantap sambil berbaring santai.

Nikmati crispy mushroom sebagai menu pembuka, dan lanjutkan dengan mencicipi chicken balti dan sop buntut. Jangan lupa untuk memesan apple crumble yang menjadi menu jagoan restoran ini.

Setelah bersantap, Anda dapat berkeliling di seluruh bagian restoran untuk berbelanja hasil karya anak-anak muda di sebuah toko kecil yang ada di sekitar lokasi restoran atau mengunjungi barber shop.

Alamat: Jalan Cumanuk No.11 Bandung
Harga: Rp.15.000 – Rp.75.000
Jam Buka: 10.00 – 24.00 WIB

28. Giggle Box

Giggle Box (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Restoran bergaya Eropa ini memiliki interior yang bagus lewat sentuhan furniture berwarna pastel, foto-foto dan dekorasi bermotif floral. Berbagai menu lokal dan western yang disajikan di sini selain lezat juga tidak menguras kantong.

Namun yang paling banyak dipesan karena rasanya yang mantap adalah nasi goreng ikan asin, fish and chips serta twin chicken combo.

Alamat: Jl. Progo no. 33, Bandung
Harga: Rp.15.000 – Rp.85.000
Jam Buka: 07.00 – 24.00 WIB

29. Baker Street

Baker Street (foto: tesyasblog.com)

Konsep piknik dengan dominasi furniture kayu memberi kesan tenang dan santai saat berada di café ini. Terlebih dilengkapi dengan sofa dan bantal berwarna lembut serta alas makan bermotif kotak-kotak.

Spot kuliner yang memiliki dua lantai menyediakan menu favorit homemade burgers, Baker steak & eggs, sloopy joe serta lasagna. Jika ingin menikmati camilan, tinggal menuju ke counter untuk memilih berbagai macam kue dan pastry.

Alamat: Jl. Cimandiri No.18 Bandung
Harga: Rp.18.000 – Rp.55.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

30. Miss Bee Providore

 

Miss Bee Providore (foto: kopertraveler.id)

Restoran ini menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga karena menyuguhkan konsep hijau dengan ruang terbuka yang sangat luas, dan dilengkapi sarana bermain untuk anak-anak.

Sudut-sudut restoran yang cantik, sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto bagi pengunjung yang membawa kamera.

Menu yang disajikan di sini juga sangat beragam dengan rasa yang memanjakan lidah, seperti roasted chicken, homemade corn beef pasta, atau grilled honey pork yang dagingnya sangat empuk.

Alamat: Jl. Rancabentang No.11A Ciumbuleuit, Bandung
Harga: Rp.30.000 – Rp.150.000
Jam Buka: 07.00 – 23.00 WIB

31. Braga Permai

Braga Permai (foto: ceritaperut.com)

Restoran yang berdiri sejak tahun 1923 ini menyuguhkan tampilan anggun era kolonial lewat arsitekturnya, juga desain interior dan dapur antiknya.   Daya tarik itukah yang membuat restoran ini banyak dikunjungi tamu baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, seperti nasi goreng, angel hair pasta, crispy duck noodle, wagyu steak, serta t-bone steak.

Sedang untuk menu andalan, karena restoran ini awalnya adalah kedai es krim, maka yang menjadi ikon adalah es krim dengan berbagai rasa, serta aneka pastry dan kue-kue ala Belanda

Seperti: ananas geap, ontbijkoek, tompoesjes, booterstaf, speculaas almond, dan banyak lagi yang lain dengan keaslian rasa yang masih tetap bertahan dari jaman penjajahan dulu sampai sekarang.

Alamat: Jl. Braga No.58, Bandung
Harga: Rp.14.000 – Rp.140.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

32. Burgundy Dine & Wine

Burgundy Dine & Wine (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Bersantap sambil menikmati udara segar dan pepohonan hijau bakal memberikan kenikmatan tersendiri bagi siapapun. Kenikmatan itulah yang disuguhkan Burgundy Dine & Wine yang lokasinya jauh dari hiruk pikuk kota.

Sajian menggoda berpadu dengan sejuknya udara pegunungan di tempat ini, seperti mushroom soup, iga bakar, burgundy fries, dan salmon con salsa yang dipastikan bakal memuaskan lidah.

Alamat: Jl. Raya Maribaya Braga No.163 Lembang, Bandung
Harga: Rp.30.000 – Rp.650.000
Jam Buka: Senin – Jumat 11.00 – 23.00 WIB, Sabtu – Minggu 11.00 – 24.00 WIB

BacaJuga:  Wisata Kura Kura Belawa Cirebon + Mitos Sejarah Kisah Cerita Asal Usul Legenda

33. Le Delice Café

Le Delice Café (foto: eatinguntildiee.blogspot.co.id)

Menikmati suasana piknik di tengah kota, konsep itulah yang diusung Le Delice Café dengan menghadirkan kebun mungil lengkap dengan peralatan piknik, serta sarana bermain untuk anak-anak, seperti ayunan dan anjang-anjangan.

Lokasinya yang luas, membuat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga, karena anak-anak dapat bebas berlari kesana-kemari.

Berbagai menu makanan, aneka pasta serta pencuci mulut tersedia di sini, termasuk aneka kue, roti dan pastry.

Alamat: Jl. Guntur No.22, Bandung
Harga: Rp.15.000 – Rp.60.000
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

34. Bengkel Kopi

Bengkel Kopi (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Merujuk dari namanya, siapapun pasti bisa menebak, seperti apa desain interior dari restoran ini. Tidak salah, tatanannya tidak ubahnya seperti sebuah bengkel, meski yang ini tampak bersih dan ditata dengan sedemikian artistik.

Tempat ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, karena anak-anak bisa bermain di seputar lokasi yang tertata dengan unik atau bermain setir-setiran yang ada di atas meja.

Untuk sajian makanannya, tidak perlu diragukan kelezatannya, seperti nasi burung Puyuh, ramen, dan aneka sajian kopi yang menjadi andalan tempat makan ini.

Alamat: Jl. Setiabudi No.257, Bandung
Harga: Rp.10.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

35. Cups {Coffee&Kitchen}

Cups {Coffee&Kitchen} (foto: mysweetescapediary.com)

Konon di sinilah salah satu café dengan racikan kopi terbaik yang ada di Bandung. Selain itu, berbagai menu lezat dapat dinikmati di tempat ini, seperti Caesar salad,  aneka burger, breakfast platter, dan menu lezat lainnya.

Desain unik bakal menambah nafsu makan Anda lewat penataan ruang dengan konsep rumah kaca, yakni  dengan menutup bagian atap bangunan dengan menggunakan kaca. Sehingga saat Anda bersantap, sinar matahari bakal menyentuh lembut sekujur tubuh.

Alamat: Jl. Trunojoyo No.25, Bandung Barat, Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.70.000
Jam Buka: Minggu – Kamis 07.00 – 22.00 WIB, Jumat – Sabtu 07.00 – 23.00 WIB

36. Sukha Delights  

Sukha Delights (foto: sharontravelogue.com)

Layaknya cafe-cafe di Paris, desain restoran ini bergaya minimalis yang cantik dan elegan.

Nuansa Paris tersebut diusung karena menu yang tersaji di sini adalah menu-menu dari Perancis, seperti croissant yang dinikmati bersama secangkir kopi, berbagai varian unik dari roti seperti bulgogi croissant, smoked beef & egg croissant, serta croissant sandwich.

Sedang untuk menu berat terdiri atas banh mi atau Brithis breakfast, dan bulgogi rice bowl.

Lokasi:  Paskal Hyper Square, Blok.D1 No.11, JL. Pasir Kaliki, Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.50.000
Jam Buka: weekdays 08.00 – 22.00 WIB, weekend 08.00 – 23.00 WIB

37. Pinisi Resto

 

Pinisi Resto (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Dengan konsep kapal tradisional Pinisi dan berlokasi di daerah dataran tinggi yang dikelilingi hamparan perkebunan teh serta danau, membuat resto ini terkesan eksklusif dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tidak hanya tempat saja yang menjadi daya tarik dari resto ini tapi juga kelezatan makanannya yang terdiri dari berbagai macam menu Nusantara dan western, seperti BBQ, French Fries Sausage, Sandwich Beef Teriyaki, Hotdog, serta menu yang lain

Lokasi: Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Bandung Harga: Rp.35.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

38. Lereng Anteng

Lereng Anteng (foto: kangandri.com)

Tempat makan yang kid friendly ini berbalut panorama alam yang indah dan sejuknya udara pegunungan.

Anak-anak dijamin betah berlama-lama di sini, karena tersedia arena bermain sehingga mereka dapat beraktifitas sepuasnya, sementara kedua orangtuanya bersantap sambil menikmati indahnya alam pegunungan.

Berbagai menu makanan yang lezat dapat Anda pesan di tempat ini. Namun untuk lebih meresapi nikmatnya udara dingin, jangan lupa memesan Vietnamese Drip Coffee.

Lokasi: Pageurmaneuh, Punclut, Ciumbuleuit, Bandung
Harga: mulai dari Rp.10.000
Jam Buka: Senin – Jumat 08.00 – 22.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 23.00 WIB

39. Hummingbird Eatery

Hummingbird Eatery (foto: gastronomy-aficionado.com)

Desain eksterior dan interior yang unik dengan bentuk menyerupai sangkar burung raksasa, menjadi daya tarik tersendiri dari rumah makan ini.

Sehingga meski di sekitarnya banyak berjajar warung-warung dan restaurant, seolah tidak ada satupun yang dapat menandingi daya tarik dari Hummingbird Eatery.

Apalagi masakan yang disajikan cukup berkelas dari sisi rasa, seperti Matt’s favourite corn beef hash, eating machine, dan eggs society. Untuk makanan penutup, Anda dapat memesan rainbow cake dan jus buah segar.

Alamat: JL. Progo No.14 Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.70.000
Jam Buka: 07.00 – 22.30 WIB

40. Chingu Café

Chingu Café (foto: http://www.infobdg.com)

Mengusung nuansa Korea, segala sesuatu yang ada di tempat ini semua berbau Korea, mulai dari lagu-lagu yang diputar adalah lagu-lagu Korea yang sedang hits, interiornya dibuat mirip dengan kereta cepat yang ada di Korea, salah satu sudutnya yang dipermak layaknya Gangnam Station beserta petunjuk arah sebagaimana di stasiun kereta api sungguhan.

Begitu juga dengan menu yang disajikan, semua makanan khas Korea, mulai dari makanan ringan seperti Tteobokki, hidangan utama seperti Spicy Chicken Popcorn, Bibimbap, dan Bokkeumbap (nasi goreng khas Korea), sampai dengan pencuci mulut seperti  Pat Bingsoo.

Alamat: JL. Sawunggaling No.10 Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.65.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

41. Centropunto Indofusion Resto

Centropunto Indofusion Resto (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Restoran ini menjadi sangat istimewah karena memiliki ruangan yang cukup luas, dilengkapi area bermain dan kolam kecil untuk anak-anak, dan pada hari Minggu diselenggarakan cooking class bagi anak-anak yang belajar memasak di area outdoor sambil mengenakan busana ala chef.

Sajian live music juga menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi penggemar The Beatles, karena secara rutin digelar The Beatles Night.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Sedang setiap Ramadhan, Centrupunto menyiapkan layanan prasmanan saat tiba waktunya buka puasa dengan system All You Can Eat yang artinya bebas mengambil makanan dan minuman apa saja dengan satu harga.

Makanan yang tersedia di sini terdiri dari berbagai menu Nusantara dan Western food. Tersedia pula aneka sup dan pasta bagi anak-anak.

Alamat: JL. Trunojoyo No.58 Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

42. Madame Sari Restaurant

Madame Sari Restaurant (foto: adeknakemal.blogspot.co.id)

Restaurant ini menyajikan menu khas Indonesia dengan rasa yang otentik dan kelezatan yang luar biasa, seperti mie kocok, gado-gado, lontong kari, laksa ayam, batagor, pempek Palembang, sop buntut, sop garang asam, dan menu-menu yang lain.

Menariknya, di tempat ini tersedia pula arena bermain untuk anak-anak berusia 3 – 10 tahun dengan harga tiket Rp.15.000 untuk 2 jam. Sehingga anak-anak dapat bermain sepuasnya disaat  orang tua sedang menikmati lezatnya makanan.

Alamat: JL. Ir.H. Juanda No.85 Bandung
Harga: Rp.20.000 – Rp.45.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

43. Two Hands Full

Two Hands Full (foto: gourmetindo.com)

Bagi pecinta musik jazz yang gemar memanjakan lidah, tempat ini bisa dijadikan alternatif, karena alunan lembut music jazz selalu dikumandangkan di café yang memiliki desain interior bergaya industrial yang keren.

Sedang untuk menunya, bisa dipilih berbagai Western food seperti eggs in hell, smoked salmon with dill cream cheese, breakfast for champion, scrambled eggs with sourdough, poachies and capers, dan menu-menu yang lain.

Alamat: JL. Sukajadi No.206 Bandung
Harga: Rp.25.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

44. Waroeng Ethnic

Waroeng Ethnic (foto: urbanouteaters.com)

Tempat makan yang menempati bangunan kuna ini juga menyediakan playground dan kolam dengan air yang dangkal sebagai wahana untuk bermain anak-anak, sehingga tempat ini sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga.

Berbagai macam menu tradisional dan Western dengan rasa yang lezat dapat ditemui di sini, seperti Deep Fried Mushroom, Cream of Mushroom, Baked Scallops, Beef Bourguignon, Rosti con Salmon, serta menu-menu yang lain. 

Alamat: JL. Rancabentang No.18 Bandung
Harga: Rp.30.000 – Rp.140.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

45. Rumah Stroberi

Rumah Stroberi (foto: liburananak.com)

Meski lebih dikenal sebagai agrowisata, Rumah Stroberi juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk memanjakan lidah, karena makanan yang disajikan di sini tidak disangsikan lagi kelezatannya, terutama nasi liwet dan sop buntut  yang menjadi menu favorit.

Selain itu tersedia pula menu lainnya, seperti: Bebek Goreng/Bakar, Nasi Tutug Oncom, Karedok, Bubur Ayam, Nasi Goreng Strawberry, dan berbagai macam menu Italia.

Sebagai tempat yang menyuguhkan agrowisata, pengunjung yang datang ke sini dapat melihat kebun strawberry dan memetik sendiri buah strawberry dari pohonnya.  Selain itu tersedia pula Kiddy Land, ATV, area outbond, Flying Fox, Highrope, dan juga fasilitas penginapan.

Alamat: JL. Cigugur Girang No.145 Parongpong, Bandung
Harga: Rp.30.000 – Rp.140.000
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

2 thoughts on “Enak dan Murah Meriah, Ini 45 Rekomendasi Tempat Makan di Bandung

  1. Bingung lagi di bandung mau tidur dimana? Punya budget pas pasan? Budget tipis tapi pengen yang top solusinya ZBACKPACKER HOSTEL dengan layanan yang bagus range harga yang terjangkau, langsung cek aja HOSTEL DI BANDUNG DENGAN HARGA TERJANGKAU zbackpacker.com

  2. Sebagai orang bandung dan suka nyari hal hal yang baru..
    Wajib coba ini kalo yang beginian hehe..
    Asyik juga kalo ngajak anak istri makan makan ditempat yang baru..
    Deh malah jadi krebek-krebek liat gambar dah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.