40 Restoran Tempat Makan di Bogor Daerah Sentul, Puncak Yang Enak dan Murah Meriah Untuk Keluarga

Posted on
Restoran tempat makan di bogor daerah sentul, puncak yang enak dan murah meriah untuk keluarga wajib dikunjungi jalan pajajaran selatan 24 jam zomato asyik asik taman kencana saung romantis viewnya bagus terkenal unik lesehan kota dengan pemandangan indah rumah masih buka sampai malam hits baru sunda rekomendasi siang malam anak daftar trade mall nirwana residence tengah barat timur utara korea jepang seafood buka puasa warung wisata kuliner
tempat makan di bogor (foto: food.detik.com)

Udara yang sejuk dan segar, viewnya yang bagus, dan dengan jarak hanya sekitar 50 km dari Jakarta, membuat Bogor menjadi pilihan utama dari warga Ibu Kota yang ingin menghabiskan akhir pekan mereka untuk menghilangkan rasa penat setelah sepekan lamanya sibuk dengan urusan pekerjaan.

Sehingga tidak heran jika pertumbuhan tempat wisata di daerah Bogor begitu pesat.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan tempat pariwisata, sektor lain yang  menjadi bagian dari industri pariwisata ikut pula terdongkrak, seperti  penginapan (hotel, motel, villa, resort, kondominium), transportasi, dan juga kuliner (warung, pujasera, café, restoran).

Berbicara tentang wisata kuliner yang ada di daerah Bogor, perkembangannya justru lebih pesat dibanding peningkatan dari destinasi wisata. Jika dulu tempat makan banyak bergantung dari keberadaan tempat wisata, saat ini tempat kuliner hadir dengan daya tarik tersendiri.

Dengan menyuguhkan makanan yang enak dan murah, konsep yang unik dan menarik, membuat tempat-tempat kuliner ramai dikunjungi, meskipun lokasinya jauh dari destinasi wisata.

Berikut daftar tempat wisata kuliner di Bogor yang cukup terkenal dan wajib dikunjungi, utamanya oleh mereka yang suka memanjakan lidah.

Beberapa dari tempat kuliner tersebut mendapat rekomendasi dari situs-situs kuliner ternama, seperti zomato, TripAdvisor, dan Qraved, sehingga tidak diragukan lagi soal rasa dan pelayanannya

1. Cimory Riverside

Cimory Riverside (foto: irfanhikmatiar.blogspot.co.id)

Udara sejuk dengan pemandangan indah berlatarbelakang taman dan beningnya air sungai yang mengalir di sela-sela bebatuan menjadi suguhan utama bagi para tamu yang ingin bersantap sambil menikmati waktu libur.

Untuk dapat bersantap di sini, pengunjung harus terlebih dahulu memesan melalui front desk Cimory Riverside, dan selanjutnya tim front desk akan menghubungi tim resto yang akan mencarikan tempat bagi pengunjung.

Sehingga pengunjung tidak repot mencari tempat makan yang kosong dengan naik turun lantai. Tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat makan, karena Cimory Riverside memiliki tempat makan yang luas dengan kapasitas yang banyak.

Sambil menunggu datangnya makanan yang dipesan atau setelah selesai bersantap, pengunjung dapat berkeliling menikmati keindahan taman di Cimory Riverside dan melihat beberape hewan peliharaan, baik yang dilepas di padang rumput maupun yang ditempatkan di dalam sangkar.

Jika datang bersama anak-anak, di sini juga tersedia arena permainan serta game master, yakni sarana permainan seperti yang ada di TimeZone.

Terdapat banyak pilihan menu  di resto  Cimory Riverside, mulai dari menu Nusantara, seperti Sop Buntut Goreng, Soto Ayam Kampung, Iga Bakar, dan Ayam Bakar, serta berbagai macam Oriental food dan Western food, seperti Chicken Cordon Blue, Zupppa Soup, dan menu-menu yang lain.

Lokasi: JL. Raya Puncak Km.76, Megamendung, Puncak, Bogor
Harga: Mulai dari Rp.24.500
Jam Buka: 08.00 – 20.30 WIB

2. Sop Buntut Mang UU

Sop Buntut Mang UU (foto: hellobogor.com)

Diantara sekian banyak restoran dan rumah makan yang memenuhi sentra wisata kuliner yang baru berkembang di Bogor, yaitu kawasan segi empat Antarjati – Indraprasta – Pandu Raya, salah satu warung yang selalu ramai didatangi pengunjung adalah warung Sop Buntut Mang UU.

Warung tersebut sebenarnya memiliki tampilan yang sederhana sebagaimana umumnya warung kaki lima. Menu yang disajikannyapun selain Sop Buntut  hanya ada 4 macam, yaitu: Sambel Kacang Hayang Deui, Sambel Cabe Rawit Jablay, Asinan Peureum Beunta dan Acar Bawang Bereum.

Namun karena rasa dari Sop Buntut yang ada di sini luar biasa lezat, membuat tampilan sederhana dari tempat makanpun tidak mempengaruhi pengunjung untuk bersantap di sini.

Sehingga meski jam buka sebenarnya mulai pukul 09.00 – 20.00, tapi seringkali pada jam 15.00 sudah harus tutup karena tidak ada lagi yang bisa dijual alias habis.

Lokasi: JL. Bangbarung Raya, Bogor Utara
Harga: Dibawah Rp.25.000
Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB

3. Momomilk Barn

Momomilk Barn (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Nikmatnya susu segar dan berbagai jenis makanan serta minuman yang berbahan dasar susu bisa Anda dapatkan di sini, mulai dari Milkshake hingga Yogurt. Tersedia pula berbagai varian roti dan aneka masakan Indonesia, Chinese Food hingga Western Food.

Tempat wisata kuliner ini menjadi menarik, karena lokasinya didesain sedemikian rupa hingga pengunjung seolah dibawa ke sebuah area peternakan ala Amerika dengan bangunan utama mirip dengan lumbung.

Lokasi: JL. Kantor Pos No.6, Pajajaran
Harga: Mulai dari Rp.9.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

4. Cyrano Café

Cyrano Café (foto: thescribblesblog.wordpress.com)

Terletak di lantai 2 kompleks ruko yang ada di Jalan Suryakencana, suasana di café ini cukup tenang sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi bersama pasangan, teman atau keluarga. Area outdoor dan indoornya spacious sekali dengan dekorasi modern warna-warni yang memanjakan mata.

Banyak sekali menu yang tersedia di sini, namun sebagian besar adalah makanan-makanan ala Eropa serta Western food, seperti Cyrano Crispy Chicken with Lemon Sauce, Piccante Aglio Olio e Pollo, Hongkong Style Fried Spaghetti, serta yang lain. Café ini juga dikenal karena dessertnya yang unik dan lucu.

Lokasi: JL. Suryakencana 126, Bogor
Harga: Mulai dari Rp.25.000
Jam Buka: 10.30 – 22.00 WIB

5. Lusso Café & Resto

Lusso Café & Resto (foto: Qraved)

Nuansa alami dengan desain interior yang unik menciptakan suasana romantis, utamanya saat berkunjung ke Lusso Café & Resto bersama pasangan. Di sini juga dapat Anda temukan berbagai macam menu khas Indonesia dengan citarasa yang luar biasa.

Jika ingin merasakan menu andalan, pesan saja Nasi Gurih Komplit, dan rasakan kelezatannya bersama orang terdekat sambil menikmati suasana yang asri di bagian terasnya.

Lokasi: JL. Ahmad Yani No.124, Tanah Sareal
Harga: Rp.15.000 – Rp.45.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

6. Nicole’s Kitchen & Lounge

Nicole’s Kitchen & Lounge (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Nuansa minimalis dan mewah dengan dominasi warna putih berhias pohon-pohon anggur yang menjalar di tiang-tiang memberikan pemandangan yang sejuk di mata.

Di teras bagian atas, dapat ditemui semacam dipan dengan bentuk bulat yang artistik dan nyaman untuk dipakai bersantai sambil menikmati minuman dan melihat matahari terbenam.

Di Nicole’s Kitchen & Lounge dapat Anda pesan berbagai varian Cordon Bleu serta aneka hidangan Internasional. Sedang untuk menu yang dijagokan, adalah Bola-Bola Keju yang meleleh di mulut pada saat digigit, dengan rasa yang lezat.

Lokasi: Kampoeng Brasco Cipanas, JL. Raya Cipanas Hanjawar No.1, Bogor Selatan
Harga: Rp.25.000 – Rp.350.000
Jam Buka: 09.00 – 00.00 WIB

7. De Salman Resto

De Salman Resto (foto: Koleksi De Salman Resto)

“Menyehatkan Customer”, motto itulah yang diusung De Salman Resto, sehingga menu-menu yang disajikannya hanya menggunakan bahan alami berupa rempah-rempah tradisional, tanpa menggunakan sedikitpun campuran bahan kimia, seperti  MSG, zat pengawet, zat pewarna atau zat pemanis buatan.

Dengan menghadirkan tempat makan berupa balai-balai, akan membawa pengunjung ke suasana pedesaan. Tersedia pula sarana bermain anak untuk pengunjung yang datang bersama- putra-putri mereka.

Suasana pedesaan tersebut sangat cocok dengan beragam makanan yang disajikan, karena semua menu yang ditawarkan adalah aneka masakan Indonesia, seperti: Ayam Goreng, Ayam Bakar Madu, Ayam Penyet, Bebek Cabe Ijo, Bebek Penyet, Bebek Goreng Kremes, Lele Goreng Tepung, Plecing Kangkung, Ikan Goreng, dan menu tradisional yang lain.

Lokasi: JL. Ahmad Yani No.68 (Jajaran Sebrang Kantor Imigrasi)
Harga: Dibawah Rp.50.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

8. Toastea Cafe

Toastea Café (foto: yuliadian.com)

Café yang relatif masih baru ini terbilang hits di kalangan anak muda, karena konsep outdoor di Toastea Café yang dijadikan tempat nongkrong anak muda, suasananya sangat cozy ditambah fasilitas free Wi-Fi.

Sehingga meskipun tempat yang disediakan tidak terlalu luas dengan hanya ditempati 8 meja yang masing-masing untuk 4 orang, ditambah bar dengan kapasitas 5 – 6 orang, namun suasana di sini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Untuk menu yang disediakan tidak terlalu banyak, dan sebagian besar berbahan dasar Mie dan Roti Bakar yang diolah dengan berbagi macam variasi, seperti burger, omelet, dan sebagainya.

Sedang untuk minuman, terdiri dari minuman hangat dan dingin, seperti Kopi, Classic Milk Taro, Hazelnut Milk Tea, Taro Milk Tea, Tea Tareek, dan minuman yang paling diunggulkan adalah Chocomellow, berupa minuman cokelat hangat dengan topping Marshmellow dan permen coklat yang ditaburkan di atasnya.

Lokasi: JL. Cirahayu No.14 (Seberang Parkiran Motor Botani Square)
Harga: Ro.10.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 12.00 – 21.00 WIB

9. Death by Chocolate Bogor

Death by Chocolate Bogor (foto: OpenSnap)

Dikenal sebagai sorganya penggila cokelat di Bogor, karena menu spesialnya memang aneka minuman dan makanan berbahan cokelat, dengan menu andalan “Death by Chocolate” yang berupa Brownie berbentuk seperti kuburan, dilengkapi dengan batu nisan.

Bagian dalam Brownie tersebut diisi dengan cokelat berkualitas yang akan meleleh lembut pada saat digigit.

Selain memanjakan penggemar cokelat dengan menunya, desain interior yang ditampilkan juga sangat menarik, berupa  nuansa horror dengan dekorasi hantu dan beberapa properti peti mati.

Tampilan tersebut menjadi semakin menyeramkan, karena café ini menempati sebuah rumah tua. Tidak hanya itu, pada setiap Jumat dan Sabtu malam,pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan hantu yang menyeramkan.

Lokasi: JL. Ciremai Ujung No.22, Bogor Utara
Harga: Ro.19.000 – Rp.59.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

10. The Place

The Place (foto: Zomato)

Menempati bangunan berlantai dua, selain menampung cukup banyak pengunjung, suasana yang dihadirkan juga terasa cozy dan hommy untuk dipakai nongkrong dan ngobrol bareng teman-teman. Terlebih di sini dilengkapi dengan fasilitas Live Music.

Menu-menu yang disajikan terbilang lengkap, mulai dari Appetizer, Soup, Salad, Pasta, Pizza, Main Course, Side, Dessert, serta berbagai varian Steak, Sandwich, dan Asian Food.

Lokasi: The Colonial Building 2nd Floor, JL. Salak No.6, Bogor
Harga: Ro.10.000 – Rp.135.000
Jam Buka: 11.00 – 00.00 WIB

11. Rumah Air Restaurant

Rumah Air Restaurant (foto: Likun8)

Suasana pedesaan yang disajikan dalam bentuk pondok-pondok beratap rumbia yang berdiri di atas permukaan air pada sebuah danau kecil, memberikan suasana yang tenang dan damai kepada para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Fasilitas lain yang diberikan adalah wahana Kids Adventure Centre yang tidak hanya menjadi wahana permainan bagi anak-anak, tapi juga wahana untuk belajar, seperti pertunjukan boneka, outbond, panggung seni, permainan air, dan sarana bermain yang lain.

Bagi yang memiliki hobby memancing, di sini juga disediakan fasilitas memancing lewatkolam ikan air tawar.

Untuk menu yang disajikan, berupa hidangan otentik khas Sunda, sehingga hampir semua makanan tradisional Jawa Barat dapat Anda temukan di Rumah Air Restaurant.

Sedang menu yang paling direkomendasikan adalah Nasdi Tutug Oncom, berupa nasi pulen yang dimasak dengan oncom panggang, dan dihidangkan bersama Ayam Goreng, Tempe, Sambal Terasi serta Kerupuk.

Lokasi: JL. Boulevard CBD Bogor Nirwana Residance ST 207
Harga: Ro.15.000 – Rp.90.000
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

12. Lemongrass Modern Kopitiam

Lemongrass Modern Kopitiam (foto: Koleksi Lemongrass Modern Kopitiam)

Nikmati suasana bersantai yang mewah sebagaimana setting dalam film-film Hollywood di Lemongrass Modern Kopitiam.

Pemandangan sekeliling yang instagramable dengan taman dan berbagai property penghias ruangan, termasuk lampu-lampu bohlam yang ikonik, tidak hanya membuat Anda betah untuk duduk berlama-lama, tapi juga betah untuk berfoto ria di setiap sudutnya.

Menu-menu yang disajikannyapun membuat mulut serasa ingin meneteskan ludah. Sebut saja Bakpao Nutella yang berupa bakpau lembut berisi cokelat yang meleleh saat digigit.

Ada juga makanan khas Malaysia yang bernama Roti Tisyu yang tipis dan lebar berbentuk seperti kerucut. Roti renyah ini dinikmati bersama lelehan cokelat pada bagian permukaannya. Selain kedua menu tersebut, masih banyak lagi menu-menu lain yang menggoda selera.

Lokasi: JL. Raya Padjajaran No.125, Bogor Utara
Harga: Ro.17.900 – Rp.119.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

13. Two Stories Cafe

Two Stories Café (foto: Surjorimba)

Kesan industrial lewat dinding-dinding batu bata, lantai keramik dan mural kelinci layaknya rumah-rumah tempo dulu  membalut bagian dalam Two Stories Café. Pengelola café ini seolah ingin menampilkan sebuah vibe yang  nyaman untuk digunakan bersantai lewat perpaduan unsur retro dan vintage.

Tidak kalah dengan tampilannya yang wah, menu yang disajikannyapun cukup mengundang selera. Bagi penggemar bir misalnya, tersedia berbagai jenis bir dengan rasa buah-buahan, seperti Bir Peach, Bir Leci, Bir Strawwberry, serta yang lain.

Jika ingin menikmati menu yang bikin ketagihan, pesan saja Avocado Coffee Float atau Risoles Durian yang tidak bakal Anda temui di tempat-tempat lain.

Lokasi: JL. Padjajaran Indah 5 No.1B, Bogor Timur
Harga: Ro.25.000 – Rp.120.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

14. Lemon8 Cafe

Lemon8 Café (foto: Koleksi Lemon8 Café)

Konsep outdoor dengan seluruh ruangan diselimuti dinding kaca, membuat dimanapun pengunjung memilih tempat duduk, tetap saja serasa berada di luar ruangan.

Menariknya, di sekeliling, bahkan di bagian atap ruangan, ditumbuhi berbagai macam tanaman hias yang siap memanjakan mata dengan pemandangan yang teduh.

Menu yang disajikan di sini mayoritas adalah makanan khas Indonesia dan Western Food dengan harga yang bersahabat. Restoran yang buka 24 jam non stop ini pada setiap malam Minggu selalu menggelar pesta BBQ All You Can Eat yang dihibur dengan live music.

Lokasi: JL.Danau Bogor Raya D6-16
Harga: Ro.25.000 – Rp.40.000
Jam Buka: 24 Jam

15. Royal Bakery & Café

Royal Bakery & Café (foto: koleksi Royal Bakery & Café)

Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet disarankan untuk tidak berkunjung ke tempat ini, karena dijamin tidak akan dapat menahan nafsu makan saat melihat aneka macam kue dan roti yang baru diangkat dari oven.

Kue-kue tersebut tidak hanya menebarkan aroma yang sedap, tapi juga memiliki bentuk-bentuk yang indah, dan tentunya juga memiliki rasa yang lezat.

Dengan tempat yang mewah berbalut pemandangan indah di sekelilingnya, tidak salah jika café ini diberi nama Royale, dan Anda akan dilayani dengan berbagai macam hidangan sebagaimana hidangan yang disantap para bangsawan.

Lokasi: JL.Siliwangi 65, Sukasari , Bogor Timur
Harga: Ro.10.000 – Rp.65.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

16. Peppino House Resto

Peppino House Resto (foto: andrehandoyo.com)

Tiga area siap menyambut kehadiran para pengunjung di Peppino House Resto, yaitu Upstair Area yang asyik untuk dipakai nongkrong dan ngobrol bareng teman-teman serta menarik dijadikan background foto, karena interiornya dipenuhi lukisan mural, sehingga member kesan santai dan semi formal.

Area kedua adalah Resto Lantai Dasar  yang pas untuk dipakai makan malam bersama keluarga atau digunakan untuk merayakan pesta, karena tersedia panggung untuk menggelar live music atau pertunjukan lainnya.

Itu sebabnya di Resto Lantai Dasar ini terkadang suasananya meriah sekali dipenuhi anak muda yang tengah menggelar pesta ulang tahun atau acara lainnya.

Area ketiga adalah Open Air Lounge, berupa area terbuka yang berada di bagian belakang resto yang dilengkapi meja kursi untuk duduk bersantai sambil menikmati hidangan dan lantunan live music.

Sejumlah menu klasik dapat dijumpai di sini, seperti Nasi Goreng Bakar Tuna, Spaghetti, Fruity Salad, Fruit Cocktail, serta yang lain, namun banyak pula menu-menu baru khas Peppino House seperti Sop Buntut Peppino, Honey Chicken, Fettucine, serta yang lain.

Lokasi: JL.Paledang No.41, Bogor
Harga: Rp.20.000 – Rp.586.000
Jam Buka: 10.00 – 00.00 WIB

17. Ah Poong (Pasar Apung Sentul City) Food Court

Ah Poong (Pasar Apung Sentul City) Food Court (foto: Riafhidayati)

“Menikmati berbagai jenis makanan dari seluruh dunia sambil melakukan berbagai aktifitas yang seru”, daya tarik itulah yang ditawarkan Ah Poong sebagai pujasera yang memiliki lahan sangat luas.

Jadi jika datang ke sini bersama keluarga, Anda dapat asik bersantap tanpa harus diganggu oleh si kecil, karena putra-putri Anda akan menikmati aktifitasnya sendiri, seperti duduk di atas perahu sambil bersantap atau aktifitas menyenangkan lainnya.

Setelah makan, Anda bersama keluarga juga dapat menyusuri sungai dengan menaiki perahu secara gratis.

Untuk menuju ke lokasi, Anda harus terlebih dahulu menyeberangi sungai dengan melewati   salah satu dari dua jembatan gantung yang ada. Saat berada di atas jembatan itulah dapat Anda saksikan hamparan pemandangan yang indah.

Sistem pembayaran yang diberlakukan di sini adalah menggunakan system kartu prabayar, sehingga pengunjung harus mengisi kartu terlebih dahulu dengan sejumlah uang, dan kartu tersebut nantinya digunakan untuk masuk dan memesan makanan.

Lokasi: JL.Ir. H. Djuanda, Sentul City
Harga: Mulai dari Rp.20.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

18. Culinaire Van Bogor

Culinaire Van Bogor (foto: Koleksi Culinaire Van Bogor)

Roti lembut dengan irisan yang tebal dan berasa manis serta topping aneka rupa, itulah keunggulan dari kuliner spesialis roti bakar ini.

Kelebihan lain adalah tata ruang yang instagramable lewat desain retro dengan mengusung suasana menyerupai gudang dilengkapi vespa antik, aneka mural dan berbagai macam property yang menarik untuk dipakai selfie.

Terdapat pula ruang VIP yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar pesta kecil-kecilan bersama keluarga atau teman-teman.

Lokasi: JL.Pandu Raya No.61, Bogor Utara
Harga: Rp.10.000 – Rp.35.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

19. Mie Ayam Baso Bangka “AL”

Mie Ayam Baso Bangka “AL” (foto: banyumurti.net)

Meski hanya berupa warung tenda dengan menu yang terbatas yaitu Mie Ayam (homemade),  Bakso dan Bakso Tahu, serta minuman berbagai macam juice buah-buahan, Es Tape Singkong, Es Tape ketan, Es Jeruk, Es Kelapa, Es Cendol, Es Campur dan Es Teler, namun tempat kuliner yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Lokasi: JL. Sawojajar, Belakang Toko Bogor Permai
Harga: Dibawah Rp.20.000
Jam Buka: 17.00 – 22.00 WIB

20. Cool & Cool

Cool & Cool (foto: Zomato)

Di sinilah tempat es krim paling enak di kota Bogor. Berbagai varian Soft Ice Cream berkualitas dengan bermacam topping bakal memanjakan lidah Anda dengan citara dan kelembutannya saat meleleh di lidah.

Tidak heran sejak buka sampai tutup tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung, utamanya anak-anak dan para remaja.

Lokasi: Botani Square, BTM, Lippo Mall, Giant Dramaga, Cibinong Square
Harga: Dibawah Rp.20.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

21. Warung Tam@n

Warung Tam@n (foto: hallobandung.com)

Tidak butuh biaya mahal untuk menikmati candle light dinner ala resto mahal, datang saja ke Warung Taman untuk menikmati berbagai macam menu yang sudah memasyarakat dan sudah akrab dengan lidah.

Seperti berbagai macam nasi goreng, mie ayam, mie goreng,  bistik dadar sapi, sup iga dan berbagai jenis minuman dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda bersama pasangan atau dengan teman-teman dijamin akan betah  berada di sini, karena bangku-bangku di dalamnya tertata rapi, pencahayaan dibuat agak temaram lewat pepohonan di sekeliling, juga fasilitas free Wi-Fi dan mini stage yang menampilkan musik akustik.

Lokasi: JL. Ciremai No.1, Bogor
Harga: Rp.14.000 – Rp.23.000
Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

22. Resto Solo

Resto Solo (foto: viva.co.id)

Meski berlokasi di Bogor, suasana yang diusung oleh resto ini tidak berbeda dengan namanya, yaitu menghadirkan suasana di daerah Jawa Tengah lewat bangunan yang berbentuk joglo, sepeda tua dan becak yang terparkir di beranda, meja dan bangku-bangku kayu yang unik.

Juga mesin jahit manual yang dialihfungsikan menjadi meja dengan mengganti bagian atas dengan marmer, serta pernal-pernik tradisional bernuansa jadul, seperti: kaleng krupuk, stoples kaca kuna, lampu, lukisan serta yang lain.

Tidak hanya suasananya saja yang membawa pengunjung ke daerah-daerah yang ada di Jawa Tengah, tapi juga menu-menu yang disajikan, seperti: Nasi Liwet, Gudeg, Urap, Pecel, Selat, Ketupat Opor, Gado-gado, Krecek, Ayam Goreng, serta yang lain.

Begitu juga dengan minumannya, seperti:  Es Selasih, Es Cincau, Es Pala, Wedang Jahe, dan lain-lain. Bagi masyarakat Solo atau Jawa Tengah pada umumnya yang tinggal di Bogor, tempat ini bisa menjadi tempat untuk melepas rasa rindu kepada kampung halaman.

Lokasi: JL. Padjajaran Indah V No.R5 , Baranangsiang, Bogor Timur
Harga: Mulai Rp.15.000
Jam Buka: 08.30 – 20.30 WIB

23. Bakso PMI

Bakso PMI (foto: travel.kompas.com)

Sehari menghabiskan minimal 60 kg daging sapi sudah bisa dijadikan sebagai ukuran, seberapa banyak para pengunjung yang menikmati sajian dari Bakso PMI.

Membludaknya pengunjung di warung ini setiap harinya, selain disebabkan karena rasa baksonya yang memang luar biasa, juga karena stand bakso ini memang sudah berumur beberapa dekade, sehingga pelanggannya pun dari beberapa generasi dan tersebar di mana-mana.

Untuk dapat menikmati kelezatan Bakso PMI, Anda dapat menebusnya dengan harga yang cukup murah. Untuk harga Bakso Rudal besar yang menjadi menu andalan misalnya, hanya dipatok sebesar Rp.17.000.

Bakso yang besar tersebut bentuknya padat, berserat dan terasa disetiap gigitannya. Selain itu ditambahkan pula kuah berwarna kekuning-kuningan yang merupakan perpaduan antara kaldu dengan rempah yang memberi sensasi rasa tersendiri.

Sebagai pelengkap, ditambahkan mie dan kerupuk kulit yang direndam di dalam kuah untuk menambah citarasa.

Lokasi: JL. Ahmad Adnawijaya (Pandu Raya) 137
Harga: Rp.17.000 perporsi
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

24. Pondok Sate Tongseng Assalam

Pondok Sate Tongseng Assalam (foto: jajanhalal.com)

Pondok Sate Tongseng Assalam yang berdiri sejak tahun 2003 ini tampilannya tidak berbeda halnya dengan rumah makan-rumah makan pada umummya, yang bersih dan rapi. Jika ada kelebihan yang membuatnya selalu ramai dikunjungi pembeli adalah karena rasa masakannya yang tidak dipungkiri lagi kelezatannya.

Menu sate yang menjadi andalan misalnya, selain dagingnya empuk, gurih dan dengan ukuran yang besar, juga tidak berbau amis. Begitu juga dengan tongsengnya yang bumbu rempah-rempahnya pas dan menyatu dengan daging kambing serta santan.

Selain Sate Kambing dan Tongseng, tersedia pula beberapa menu yang lain seperti  Sate Goreng, Tengkleng, Gule Kambing, Sate Ayam, Ayam Goreng, Ayam Bakar, Bebek Goreng dan Bebek Bakar.

Lokasi: JL. RE Abdullah Pasir Kuda, (Pertigaan Ciomas)
Harga: Rp.20.000 – Rp.90.000
Jam Buka: Sabtu – Kamis 11.00 – 21.30 WIB, Jumat 13.00 – 21.30 WIB

25. Boogie Cafe

Boogie Café (foto: hellobogor.com)

Menu-menu  Korea bakal menyambut Anda di Boogie Café, baik yang benar-benar bercitarasa Korea, maupun Korean Fussion, alias  makanan Korea yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Beberapa jenis makanan Korea tersebut diantaranya adalah: Jangmyeon, Teopokki, Patbingsoo, serta yang lain. Menu Korea yang ada di sini terbilang cukup lengkap, mulai dari camilan sampai dengan makanan berat, juga berbagai macam jenis minuman.

Sedang tempatnya yang mencoba mengadaptasi restoran di Korea, terasa nyaman untuk dipakai bersantai bersama teman dan keluarga.

Lokasi: Ruko Jalan Padjajaran 78K  (Ruko Masterpiece Karaoke/Eks KroZnut)
Harga: Rp.15.000 – Rp.62.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

26. Food Gallery BTM

Food Gallery BTM (foto: jabar.pojoksatu.id)

Tidak seperti foodcourt di sejumlah mall yang pada umumnya diisi tenant fastfood, foodcourt di Bogor Trade Mall (BTM) yang diberi nama Food Gallery BTM ini diisi oleh UKM-UKM yang ada di Bogor yang menyediakan berbagai menu makanan lezat dan beraneka jenis minuman.

Selain itu, saat bersantap pada siang hari pengunjung juga dapat menikmati hijau dan indahnya pemandangan Gunung Salak yang terhampar di kejauhan, atau gemerlap lampu-lampu di setiap sudut kota Bogor pada malam hari.

Kenyamanan bakal dirasakan saat berada di dalam area Food Gallery BTM, karena selain bersih dan tertata rapi, desain interiornya juga membuat kerasan lewat ornamen kayu yang mendominasi isi ruangan, mulai dari  dinding, pilar-pilar hingga signboard tenant.

Lokasi: Jalan Ir.H. Juanda 68, Bogor
Harga: Rp.3.000 – Rp.45.000
Jam Buka: 09.00 – 22.00 WIB

27. Cabana Café

Cabana Café (foto: majalahasri.com)

Berlokasi di kawasan Bogor Nirwana Residence, keberadaan Cabana Café cukup menarik perhatian lewat desain artitekturnya yang modern, simpel sekaligus unik. Bangunan berbentuk boks dengan material utama kaca memberi kesan simpel dan modern.

Sedang sisi unik dapat dilihat dari potongan-potongan kayu berbentuk horizontal yang tersusun acak menyelimuti boks, serta struktur rangka baja yang berlapis cat hitam.

Sedang furniture yang mengisi ruangan terdiri atas meja kayu kayu dan sofa berwarna-warni dengan bentuknya yang unik dan cheerful.

Di tempat ini, pengunjung dapat memesan berbagai macam masakan Nusantara, Oriental food dan Western food dengan rasa yang menggoyang lidah.

Untuk makanan pembuka misalnya, dapat dicoba Potato Boat, berupa kentang panggang yang bagian atasnya dilumuri saos dan bumbu pedas. Untuk makanan utama dapat dicicipi Nasi Timbel Komplit atau Nasi Bakar dengan citarasa yang nikmat.

Lokasi: JL. Bukit Nirwana Raya No.22, Bogor Selatan
Harga: Mulai dari Rp.30.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

28. De Leuit

De Leuit (foto: Qraved)

Ingin menikmati “Nasi Jambal” yang gurih khas Bogor? Datang saja ke De Leuit, dan Anda akan menikmati nasi yang diolah dengan rempah-rempah serta disajikan bersama krecek oncom, tahu goring, bakwan jagung, lalap dan sambel.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati menu istimewah lainnya, seperti Sop Buntut Bakar, Gurame Spesial, Gurame Goreng Kering Menari, dan aneka menu Nusantara serta oriental food lainnya.

Dengan suasana yang nyaman dan harga yang terjangkau, tempat kuliner ini bisa dijadikan alternative sebagai tempat berkumpul bersama teman, keluarga atau dengan relasi.

Lokasi: JL. Pakuan No.3 Ciheuleut
Harga: Rp.10.000 – Rp.35.000
Jam Buka: 10.00 – 21.30 WIB

29. Saung Kuring

Saung Kuring (foto: bogorhangout.com)

Desain interior mewah yang didominasi material kayu dan bambu dengan konsep Sunda modern menyuguhkan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Kenyamanan tersebut menjadi semakin lengkap dengan suguhan live music, keberadaan aquarium dan kolam ikan, lahan parkir yang luas, outdoor café, serta dua pilihan tempat untuk bersantap yaitu dengan cara lesehan atau duduk di kursi.

Untuk menu yang disajikan terdiri dari berbagai masakan Nusantara yang lezat, seperti : mie endog asin, patin bumbu pecak, ayam cabe ijo, lindung bumbu padang, gurame bakar, urak arik, iga bakar, ikan mas bumbu tauco, ikan bawal goreng dan berbagai menu lainnya yang menggugah selera.

Lokasi: JL. Sholeh Iskandar No.9
Harga: Rp.10.000 – Rp.35.000
Jam Buka: 10.00 – 21.30 WIB

30. Daiji Ramen

Daiji Ramen (foto: kulinerbgr.com)

Mengusung tagline “First Ramen in Bogor”, berbagai menu mie ramen khas Jepang dapat Anda temukan di sini, seperti: Shoyu Ramen, Takayama Ramen, Sapporo Miso Ramen, Curry Ramen, Miso Ramen, dan Daiji Bowl.

Untuk menambah daya tarik pengunjung, tidak hanya menunya saja yang khas Jepang, tapi juga desain interiornya yang bernuansa Jepang.

Lokasi: JL. Pajajaran Indah No.7
Harga: Rp.20.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 10.00 – 21.30 WIB

31. De Saung

De Saung (foto: hellobogor.com)

Suasana pedesaan dengan hamparan sawah berhias kolam ikan, serta tempat makan berbentuk saung menciptakan suasana yang nyaman dan damai saat bersantap di sini, terutama bersama keluarga, teman atau relasi.

Terlebih berbagai fasailitas juga tersedia, seperti live music, mushollah, toilet serta lahan parkir yang luas.

Untuk menu yang disajikan, diisi dengan makanan ala Nusantara yang didominasi dengan menu-menu khas Sunda, seperti Nasi Timbel, Ayam Bakar, Gurame Bakar, dan menu lainnya yang menggoda selera.

Pada saat bulan Ramadhan, De Saung dapat dijadikan sebagai tempat alternaitf untuk berbuka puasa, karena restoran bernuansa tradisional ini buka mulai jam 16.00 WIB.

Lokasi: JL. Tamansari II, Ciapus
Harga: Dibawah Rp.100.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

32. Meranti Restaurant

Meranti Restaurant (foto: Qraved)

Banyak yang berpendapat, kalau pergi ke puncak rasanya masih belum afdol jika tidak singgah ke Puncak Pass. Bersantap di tempat ini memang menghadirkan kenyamanan tersendiri dengan keindahan view pepohonan yang ada di sekeliling serta suasana yang sejuk dan tenang.

Berbagai macam menu yang didominasi dengan makanan Nusantara tersaji di sini, seperti Soto Ayam, Tongseng, Nasi Timbel, Sop Buntut dan berbagai menu yang lain.

Lokasi: Puncak Pass Resort, JL. Raya Puncak KM. 90,  Puncak, Ciapus, Bogor
Harga: Rp.100.000 – Rp.200.000
Jam Buka: Minggu – Kamis 07.00 – 22.00 WIB, Jumat – Sabtu 07.00 – 24.00

33. Bale Kabayan

Bale Kabayan (foto: food.detik.com)

Bagi pecinta makanan pedas khas Sunda, “Bale Kabayan” bisa dijadikan pilihan, karena di tempat ini Anda bakal menikmati rasa pedas yang mantap dengan kombinasi lauk dan racikan bumbu yang pas. Terutama menu Ayam Peprek yang merupakan menu favorit kebanggaan restoran ini.

Ayam Peprek adalah ayam yang digoreng hingga garing namun bagian dalamnya masih dalam keadaan empuk.

Ayam goring tersebut pada bagian atasnya ditutup dengan sambal super pedas, sehingga saat disantap dapat membuat lidah serasa terbakar. Sebagai pelengkap, disediakan pula Cah Kangkung dan lauk tempe tahu.

Selain menunya yang menggetarkan lidah, tempat makan yang disediakanpun cukup nyaman, berupa area lesehan dengan gubuk-gubuk kecil mengelilingi restoran.

Lokasi: JL. Binamarga I No.2, Bogor Timur
Harga: Dibawah Rp.50.000
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

34. Gurih 7

Gurih 7(foto: Koleksi Gurih 7)

Dengan interior khas Sunda, tempat makan lesehan, serta alunan gending-gending Sunda, Gurih 7 seolah ingin menegaskan bahwa  konsep resto yang diusungnya adalah tempat kuliner khas Sunda.

Sudah barang tentu menu-menu andalannyapun adalah makanan Sunda, meskipun tersedia pula berbagai jenis seafood  dengan total jumlah menu sebanyak lebih dari 100 jenis makanan.

Namun demikian, diantara sekian banyak menu tersebut, makanan yang paling difavoritkan adalah Ayam Bekakak dan berbagai olahan gurame, seperti  Gurame Bakar, Gurame Rica-rica, Gurame Asam Manis, dan Gurame Saos Mangga dengan harga mulai dari Rp.42.000 – Rp.83.000.

Gurame di tempat ini memang istimewah karena dipasok oleh peternak ikan dalam keadaan hidup dan ditempatkan di kolam yang ada di antara tempat lesehan, sehingga pengunjung dapat melihat langsung pengambilan gurame yang masih hidup tersebut, untuk selanjutnya di bawa ke bagian dapur dan diolah.

Lokasi: JL. Pajajaran No.102, Bogor Utara
Harga Rp.30.000  – Rp.180.000
Jam Buka: 08.00 – 21.00 WIB

35. Kedai Kita

Kedai Kita (foto: summer3angle.blogspot.co.id)

Meski memiliki tempat yang cukup luas, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan meja pada saat berkunjung ke sini, karena tidak hanya pada saat weekend, tapi disaat weekdays pun Kedai Kita selalu dibanjiri oleh pengunjung.

Tidak heran jika meja dan kursi yang ada di dalam ruangan diatur dengan agak berdempet dengan tatanan interior yang dihiasi lampu-lampu gantung yang indah sekali pada saatdinyalakan di malam hari.

Meski memiliki beragam menu, menu  yang paling diandalkan, sekaligus yang paling banyak dipesan oleh tamu adalah Pizza Bakar, yaitu Pizza yang cara masaknya dimasukkan ke dalam tungku besar dan dimasak dengan menggunakan kayu bakar sehingga menghasilkan pizza yang crunchy dan super lezat.

Menu lainnya yang juga banyak dipesan para tamu adalah Mie Hot Plate Lada Hitam, yang rasanya menyengat  lidah karena kelezatannya.

Lokasi: JL. Pangrango No.21, Bogor
Harga Rp.12.000  – Rp.45.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB

36. Apple Pie

Apple Pie (foto: klikhotel.com)

Salah satu wisata kuliner yang ada di Bogor ini menjadi tempat nongkrong yang cozy dan menyenangkan, karena suasana yang diusung mirip bangunan kastil sebagaimana yang ada dalam gambar-gambar komik dan film-film kartun.

Untuk tempat makan pun pengunjung bebas memilih, mulai dari lesehan, duduk di meja kursi, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Menu-menu yang dapat dipilih sudah pasti tidak jauh-jauh dari Pie, seperti strawberry pie, black black Russian pie, coffee pie, chicken pie, blueberry pie, bluerry cheese pie, black chocolate pie, dan cheese pie.

Sudah barang tentu yang menjadi menu andalan adalah Apple Pie sebagaimana identitas dari resto ini. Terdapat pula menu-menu yang lain, seperti biscuit pie dengan berbagai rasa, apple strudel, makaroni panggang,  combro, roast chicken  dan pizza metera.

Lokasi: JL. Pangrango No.9A, Bogor
Harga Rp.23.000  – Rp.98.000
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

37. Cafe Dedaunan

Cafe Dedaunan (foto: aini.rumahatiku.com)

Berlokasi di kawasan Kebun Raya Bogor membuat pengunjung akan dapat menikmati suasana yang asri dari hijaunya pepohonan saat bersantap di Café Dedaunan.

Terlebih tempat makan yang dihadirkan mengusung konsep terbuka, sehingga pengunjung dapat melepas pandangan di sekitar kebun raya sambil menikmati lezatnya hidangan.

Untuk menu yang disajikan dapat dipilih dari berbagai macam menu Asia dan Western food, namun jika ingin menikmati menu  andalan, Anda dapat memilih salah satu dari ketiga menu yang dijagokan, yaitu  rijstaffel, nasi ulam, dan sop buntut goreng.

Lokasi: JL. Ir. H. Juanda No.13, Bogor
Harga Rp.15.000  – Rp.90.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

38. Monarchy Bistro

Monarchy Bistro (foto: JKTGo.com)

Tempat yang cozy buat ngumpul bareng teman ini memiliki desain ruangan unik yang membuat siapapun akan betah berlama-lama di dalamnya. Untuk bersantap tersedia ruangan outdoor dan  ruangan indoor lengkap dengan bar stool dan pilihan area non-smoking serta area untuk para perokok.

Tempat kuliner yang banyak didatangi anak muda ini menyajikan berbagai macam menu Barat yang disajikan dengan unik dan menarik. Empat menu andalan yang banyak memikat selera tamu adalah Messy Burger, Beef Wellington, Matcha Frappe, dan Ice Lychee Tea.

Lokasi: JL. Pajajaran Indah V No.37, Bogor Timur
Harga Rp.15.000  – Rp.90.000
Jam Buka: Senin – Kamis 11.00 – 23.00 WIB, Jumat – Minggu 12.00 – 24.00 WIB

39. Daily Dose Coffee & Eatery

Daily Dose Coffee & Eatery (foto: hellobogor.com)

Kesan hangat dari perpaduan warna-warna kalem yang memenuhi ruangan dengan penataan minimalis, bukan hanya membuat Daily Dose  nyaman untuk  dipakai tempat hangout, tapi juga pas untuk dipergunakan sebagai tempat meeting dengan relasi.

Menikmati me time dengan membaca buku atau ngeblog juga sangat asyik dilakukan di tempat ini karena tersedia fasilitas free Wi-fi.

Dengan konsep coffe and eatery, maka menu  yang ditawarkannyapun adalah berbagai varian kopi dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari origin single coffee sampai dengan kopi blended.

Tersedia pula berbagai varian the dan beberapa jenis minuman yang lain untuk mereka yang tidak menyukai kopi. Sedang untuk menu makanan lebih didominasi jenis-jenis makanan ringan, seperti cake dan dessert.

Lokasi: JL. Pandu Raya No.141, Bogor
Harga Mulai dari Rp.25.000
Jam Buka: Minggu – Kamis 11.00 – 22.00 WIB, Jumat – Sabtu 11.00 – 24.00 WIB

40. DGlock

DGlock (foto: JKTGo.com)

Bagi komunitas Air Soft Gun, café & resto yang satu ini menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi, karena selain dapat menikmati berbagai macam hidangan yang menggugah selera, tersedia pula lapangan tembak dan free shoot serta berbagai pernak-pernik yang berkaitan dengan dunia Air Soft Gun, baik pada sisi interior maupun eksterior.

Begitu juga untuk mereka yang suka bernyanyi, tersedia fasilitas free karaoke dan live music pada setiap hari Kamis dan Sabtu, serta Live DJ pada Jumat malam.

Lokasi: JL. Ahmad Yani No.118, Bogor
Harga Rp.20.000  – Rp.50.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *