15 Rekomendasi Tempat Makan di Jakarta yang Unik, Legendaris dan Enak

Posted on

Dikenal sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta menjadi kota dengan fasilitas paling lengkap. Ibaratnya, Anda bisa menjumpai apapun di sini, termasuk di antaranya adalah untuk urusan kuliner. Ada deretan tempat makan di Jakarta yang siap menyajikan menu yang telah diakui kelezatannya selama bertahun-tahun. Ada pula tempat makan yang tidak hanya menyediakan menu lezat, tapi juga menghadirkan suasana yang unik.

Ingin tahu lokasi tempat makan di Jakarta yang memenuhi kriteria tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa mengikuti rekomendasi tempat makan enak dari Traveloka Eats berikut:

1. JimBARan Lounge

JimBARan Lounge, foto by jakarta.panduanwisata.id

Ingin menikmati suasana makan di tempat yang bernuansa alami di pusat Kota Jakarta? Datang saja ke JimBARan Lounge yang ada Ayana Midplaza Jakarta. Di sini, Anda berkesempatan untuk mencicipi beragam menu lezat dengan suasana seperti di tepi sungai. Pilihan lainnya, Anda juga bisa menggunakan area indoor yang menampilkan kesan eksklusif.

Pilihan menu yang bisa Anda temukan di sini beragam. Menariknya, pihak JimBARan Lounge mampu mengombinasikan antara kuliner luar negeri dengan cita rasa Nusantara. Sebagai buktinya, mereka menyediakan menu seperti jongkong surabaya macaron, talam pisang macaron, beragam jenis cocktail, dan lain-lain. Sebagai hiburan, pihak restoran juga menyediakan pertunjukan live jazz untuk para tamunya.

  • Lokasi : Ayana Midplaza Jakarta, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 10-11, Jakarta Pusat
  • Telepon : (021) 2510888
  • Jam buka : 08.00-00.00

2. Hospitalis Resto & Bar

Hospitalis Restaurant & Bar, gambar by ulinulin.com

Kalau Anda ingin mencari suasana tempat makan di Jakarta yang berbeda, bisa mempertimbangkan untuk datang ke Hospitalis Resto & Bar. Di sini, Anda dapat menemukan tempat makan dengan suasana ala rumah sakit. Tidak hanya dari segi bangunan, tapi juga secara keseluruhan, termasuk di antaranya menu serta para pramusajinya.

Suasana rumah sakit yang kental akan terasa ketika memasuki area restoran. Apalagi, tempat duduk yang mereka gunakan untuk para pengunjung berupa kursi roda. Tampilan menu juga tidak kalah uniknya. Anda bisa menjumpai menu yang disajikan dengan mangkok stainless steel yang biasa digunakan di rumah sakit ataupun minuman yang sengaja ditempatkan pada gelas kaca yang biasa dipakai di laboratorium kimia.

  • Lokasi : Jl. Ahmad Dahlan Nomor 31 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam buka : 11.00-03.00
  • Telepon : (021) 97826123

3. Bubur Kwang Tung

Bubur Kwang Tung, image by ksmtour.com

Menikmati bubur di Restoran Kwang Tung jadi pilihan kuliner enak yang bisa Anda pertimbangkan. Di sini, Anda bisa memperoleh kesempatan untuk mencicipi bubur ala Hong Kong. Menariknya, meski berlabel sebagai kuliner Tionghoa, restoran ini memberikan jaminan makanan yang halal. Ditambah lagi, restoran ini buka selama 24 jam.

Bubur di restoran ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan bubur ayam yang kerap dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Di sini, bubur disajikan dengan beragam pilihan. Anda bisa memilih menyantap bubur seafood yang di dalamnya terdapat kepiting berukuran besar. Hanya saja, jangan datang sendiri kalau ingin menyantap menu spesial ini. Dalam setiap penyajiannya, bubur ini bisa dimakan untuk 3 sampai 5 orang.

  • Lokasi : Jl. Pecenongan Nomor 67, KebonKelapa, Jakarta Pusat
  • Telepon : (021) 3865688
BacaJuga:  10 Gambar Kidzania Jakarta, Pacific Place Indonesia, Artha Gading + Harga Tiket Masuk Wisata

4. Gado-Gado Bon Bin

Gado Gado Bon Bin Cikini. photo by wanderbites.com

Menu yang disajikan oleh tempat makan di Jakarta yang satu ini boleh jadi cukup biasa, gado-gado. Namun, jangan membandingkan gado-gado di sini dengan gado-gado di tempat lain. Apalagi, Gado-Gado Bon Bin ini dikenal sebagai salah satu tempat makan legendaris di Jakarta, telah ada sejak tahun 1960.

Gado-gado yang disajikan di sini memang terkenal kelezatannya. Bahkan, beberapa nama besar tokoh nasional Indonesia merupakan pelanggan setia dari warung sederhana ini. Beberapa di antaranya adalah mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, mendiang Taufik Kiemas, ataupun mantan Menpora Andi Malarangeng.

  • Lokasi : Jl. Cikini IV Nomor 5, RT 14 RW 3, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 10.00-17.00
  • Telepon : (021) 3141539

5. Bebek Kaleyo

Bebek Kaleyo Cempaka Putih, foto by tripadvisor.co.za

Nama Bebek Kaleyo sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta kuliner. Apalagi, restoran ini telah memiliki total sebanyak 18 cabang yang berlokasi tidak hanya di Jakarta, tapi juga di kota-kota besar Indonesia lainnya. Namun, tidak ada salahnya kalau Anda mencoba untuk mencicipi menu Bebek Kaleyo di gerai utamanya yang ada di Cempaka Putih.

Di sini, Anda bisa menjumpai beragam menu olahan bebek. Anda bisa menjumpai bebek bakar, bebek cabe hijau, bebek tanpa kulit, ataupun bebek yang disajikan secara utuh. Sebagai pelengkap, pihak restoran juga menyediakan menu penamping seperti dimsum, tahu dan tempe goreng, sayur asem, tumis jamur, dan lain-lain.

  • Lokasi : Jl. Cempaka Putih Raya Nomor 112D
  • Jam buka : Senin-Sabtu pukul 11.00-23.00
  • Telepon : (021)42873000

6. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, gambar by ksmtour.com

Kalau Gado-Gado Bon Bin telah ada sejak tahun 1960, maka Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sudah menjadi langganan orang-orang Jakarta sejak tahun 1958. Nasi goreng di sini pun begitu terkenal, meski memiliki lokasi yang begitu sederhana, tak jauh berbeda dengan warung pinggir jalan lainnya di Jakarta. Tengok saja, di setiap malam, warung ini begitu ramai oleh para pengunjung setianya.

Rekomendasi tempat makan di Jakarta yang legendaris dari Traveloka Eats ini menyajikan menu nasi goreng secara spesial. Resep pembuatan nasi goreng merupakan resep turun-temurun. Keberadaan potongan daging berbentuk dadu menjadi sebuah kewajiban dari setiap sajian nasi goreng di sini. Sebagai tambahan, ada pula menu lainnya seperti sate kambing, sate ayam, ataupun sate hati kambing.

  • Lokasi : Jl. Kebon Sirih Barat Dalam I, RT3 RW 2, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 17.00-02.00

7. Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia, foto by goodindonesianfood.com

Ragusa Es Italia jadi pilihan menarik kalau Anda ingin mencicipi es krim legendaris yang telah ada di Jakarta sejak tahun 1932. Kedai es krim ini didirikan oleh dua bersaudara asal Italia bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa yang kemudian dibantu oleh Jo Giok Siaw.

Cita rasa es krim di sini begitu khas, dengan bahan-bahan yang selalu dijaga. Salah satunya adalah dengan selalu menggunakan bahan susu segar dan tak pernah memakai butter milk. Hasilnya, es krim terasa begitu lembut saat di dalam mulut. Pilihan rasa es krim yang bisa dijumpai di sini cukup beragam, di antaranya adalah cokelat, mocca, stroberi, vanila, nogat, ataupun durian.

  • Lokasi : Jl. Veteran I/10, Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 10.00-22.00

8. Soto Betawi H. Husein

Soto Betawi H. Husein, image by liputan6.com

Kalau ke Jakarta tanpa mencicipi soto Betawi, tentu kurang begitu afdhol. Apalagi, ada warung Soto Betawi H. Husein Manggarai yang sudah terkenal kelezatannya. Apalagi, warung sederhana ini telah ada sejak tahun 1988. Tak heran kalau Anda akan mendapati warung soto Betawi ini selalu ramai, terutama pada jam makan siang dan akhir pekan.

BacaJuga:  10 Foto Waterbom Jakarta Pik, Harga Tiket Masuk Murah + Alamat Lokasi Dimana?

Soto dengan kuah santan yang disajikan di sini terasa begitu gurih. Apalagi, resep soto tidak hanya menggunakan santan, tapi juga disertai dengan susu. Anda bisa mencoba untuk mencicipi beragam jenis soto di tempat makan di Jakarta yang enak ini, di antaranya adalah soto daging, soto paru, ataupun soto yang di dalamnya terdapat campuran daging dan jeroan.

  • Lokasi : Jl. Padang Panjang Nomor 6C, Manggarai, Jakarta Selatan
  • Jam buka : 07.00-14.00, hari Jumat tutup
  • Telepon : (021) 83706476

9. Restoran Kembang Goela

Kembang Goela Restaurant, poto by sugarandcream.co

Kalau ingin menyantap makanan lezat dengan suasana ala zaman kolonial, Restoran Kembang Goela bisa jadi pilihan menarik. Di sini, Anda akan menjumpai desain interior restoran yang sengaja didesain dengan bentuk seperti di masa kolonial Belanda. Suasananya kian romantis, dengan pencahayaan yang remang-remang, cocok kalau Anda ingin mengajak pasangan untuk makan malam di sini.

Mengenai pilihan menu yang mereka tawarkan, Restoran Kembang Goela menyediakan deretan menu peranakan dan menu Eropa. Anda bisa mencoba untuk mencicipi menu seperti asem-asem iga, ayam mevrouw lintje, ataupun dendeng balado di sini. Selain itu, pastikan pula untuk mencoba menu sosis sinyo londo yang menjadi salah satu menu favorit di restoran ini.

  • Lokasi : Jl. Jenderal Sudirman Nomor Kavling 47-47, Karet Semanggi, Jakarta Selatan
  • Jam buka : 11.00-23.00
  • Telepon : (021) 5205651

10. Nasi Uduk Gondangdia

Nasi Uduk Gondangdia, foto by qraved.com

Berada tidak jauh dari Gado-Gado Bon Bin yang legendaris, Anda bisa menjumpai tempat makan di Jakarta yang enak berikutnya, yakni Nasi Uduk Gondangdia. Warung ini memiliki penampilan yang sederhana, dengan lokasi tepat di samping rel kereta api. Namun, cita rasa nasi uduk di warung yang telah berdiri sejak tahun 1993 ini mampu membuat para pelanggannya terus berdatangan.

Sajian nasi uduk di sini bisa Anda pesan dengan menggunakan beragam jenis lauk, di antaranya adalah ayam goreng manis, ayam goreng asin, empal, sate udang, dan lain-lain. Sebagai pelengkap, nasi dengan rasa gurih ini disajikan dengan 2 pilihan sambal, yakni sambal pedas sambal kacang.

  • Lokasi : Jl. Cikini IV Nomor 12, RT 015, RW 005, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 10.00-23.00

11. Asinan Betawi H Mansyur

Asinan Betawi H Mansyur, gambar by liputan6.com

Kalau ingin mencoba asinan terenak di Jakarta, Anda wajib untuk singgah ke Warung Asinan Betawi H Mansyur. Di tempat ini, Anda bisa menjumpai dua jenis asinan, yakni asinan sayur dan asinan buah. Asinan sayur di tempat ini, memiliki perpaduan rasa gurih, pedas, serta asam yang seimbang. Sementara itu, asinan buahnya dibuat dengan bahan yang segar dan cita rasa pedas asam yang begitu kuat.

  • Lokasi : Jl. Taman Kamboja Nomor 10, RT III, RW 11, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam buka : 10.00-21.00

12. Laksa Betawi Assirot

Laksa Betawi Assirot, foto by travelingyuk.com

Laksa Betawi jadi menu menarik yang harus Anda cicipi selagi berada di Jakarta. Apalagi, kuliner ini dikenal sebagai salah satu makanan yang cukup langka. Rekomendasi tempat makan di Jakarta yang menawarkan sajian laksa Betawi yang terkenal kelezatannya adalah di Laksa Betawi Assirot.

Laksa Betawi di tempat ini memiliki cita rasa yang khas, dengan kuah yang begitu terasa bumbunya. Laksa ini dibuat dengan mencampurkan beragam jenis bumbu, seperti kunyit, jinan, biji pala, lada, kencur, daun jeruk, daun salam, kemiri, ketumbar, dan lain-lain. Bahan yang tak terlewatkan dan menjadi ciri khas laksa Betawi, yakni rebon alias udang kecil juga hadir dalam sajian laksa di sini.

  • Lokasi : Jl. Assirot Nomor 1, RT1 RW 3, Kebayoran Lama, Jakarta Barat
  • Jam buka : 09.00-21.00
  • Telepon : (021) 72677505
BacaJuga:  10 Gambar Masjid at Tin TMII Taman Mini Jakarta, Biaya Akad Nikah/Wedding + Harga Sewa Aula

13. Restoran Trio

Restoran Trio, gambar by manual.co.id

Bangunan dengan cat dominasi hijau menjadi identitas utama dari restoran legendaris di Jakarta, Restoran Trio. Restoran ini telah berdiri sejak tahun 1957. Sejak awal pendiriannya, bangunan restoran ini pernah diubah catnya menjadi warna biru, namun tak lama kembali dicat dengan warna hijau.

Menu yang bisa ditemukan di restoran ini pun begitu banyak, total ada sebanyak 200 makanan. Dari sekian banyak pilihan menu, ada sekitar 47 makanan yang kerap dipesan oleh pengunjung restoran ini. Sebagian besar, menu-menu yang disajikan Restoran Trio merupakan makanan ala Tiongkok, di antaranya adalah lumpia udang ala Shanghai, sup asparagus yang menggunakan telur kepiting, sapi cah kailan, ayam nanking, dan lain-lain.

  • Lokasi : Jl. RP. Soeroso Nomor 29A, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 10.00-14.00 dan 17.00-21.30
  • Telepon : (021) 31936295

14. Warung Tinggi Coffee

Warung Tinggi Coffee, photo by guideplanet.com

Untuk para pecinta kopi, wajib datang ke Warung Tinggi Coffee di Jakarta. Tempat yang satu ini dikenal sebagai warung kopi tertua yang ada di Jakarta, berdiri tahun 1878. Lokasi aslinya beralamat di Jl. Tangki Sekolah Nomor 26, Jakarta Barat. Hanya saja, lokasi tersebut kini sudah tak lagi memungkinkan dijadikan sebagai kafe. Saat ini, fungsi bangunan di sana ditujukan untuk produksi bubuk kopi.

Sebagai gantinya, Warung Tinggi Coffee menyediakan tempat bersantai sambil menikmati secangkir kopi nikmat di Mall Grand Indonesia. Pihak pengelola Warung Tinggi Coffee menjanjikan, sajian kopi yang bisa disantap di sini terjaga kualitasnya. Sebagai pelengkap, Anda daat pula menyantap menu pendamping seperti kue cubit dan kue-kue tradisional lainnya.

  • Lokasi : Grand Indonesia West Mall Lantai 15, Jl. MH Thamrin Nomor 1, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 10.00-22.00
  • Telepon : (021) 6256843

15. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi Gang Kelinci, foto by bakmigangkelinci.com

Bakmi Gang Kelinci dapat menjadi daftar kuliner legendaris yang harus Anda cicipi di Jakarta. Bakmi di sini telah ada sejak tahun 1957. Bagi traveler muslim, tempat ini memang tidak dilengkapi dengan sertifikat halal dari MUI. Namun, pihak pengelola memastikan bahwa dalam setiap proses pembuatannya, tidak menggunakan minyak babi. Bahkan, mereka juga tidak menyajikan menu babi kepada para pengunjung.

Beragam menu bakmi bisa Anda santap selagi berada di sini. Menu-menu tersebut di antaranya adalah bakmi ayam cah jamur, bakmi ayam lebar, i fu mie, ataupun kwetiau goreng mini. Selain itu, ada pula menu tambahan lainnya, seperti nasi tim, nasi goreng ikan asin, nasi goreng spesial, ataupun cah ayam.

  • Lokasi : Jl. Kelinci Raya Nomor 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat
  • Jam buka : 07.00-21.00, khusus hari Minggu buka dari 07.00-19.30
  • Telepon : (021) 3522288

Itulah 15 tempat makan di Jakarta yang legendaris, lezat, serta menawarkan keunikan tersendiri. Sangat rugi kalau Anda datang ke Jakarta tanpa menyempatkan waktu untuk mencicipi kuliner enak rekomendasi Traveloka Eats tersebut. Untuk rekomendasi tempat makan enak lainnya, Anda juga bisa mendapatkannya di aplikasi Traveloka Eats yang bisa diunduh pada perangkat Android dan iPhone.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Selamat berburu kuliner enak, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.