Diminati Generasi Millennial, Ini 45 Tempat Makan di Malang Yang Instagramable Belum ada Bintang

Posted on
Tempat makan di malang yang enak cozy hits romantis terkenal restoran untuk keluarga pagi 24 jam kota 2018 murah masih sampai malam referensi rumah favorit lesehan batu suhat sawojajar mog murah meriah unik rombongan pernikahan bisa delivery daftar rekomendasi town square jawa timur jatim tripadvisor daerah selecta araya lawang vegetarian jepang korea seafood dimsum buka puasa warung wisata kuliner
Tempat Makan di Malang (foto: mirifica.net)

Sebagai salah satu tujuan utama wisata propinsi Jawa Timur, kota dingin Malang juga terkenal dengan wisata kulinernya dengan beragam menu yang enak, tempat yang cozy, dan konsep yang unik serta menarik, baik dari sisi desain eksterior dan interior maupun cara penyajiannya.

Sehingga tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke berbagai tempat wisata di Malang, seperti Jatim Park, Selecta, Kebun  Raya Lawang, atau berbelanja di Malang Town Square tanpa singgah di restoran dan tempat makan yang ada di Kota Apel ini.

Berikut daftar beberapa tempat wisata kuliner di Malang yang dapat dijadikan referensi, dan sebagian diantaranya mendapat rekomendasi dari beberapa situs kuliner.

Seperti: Qraved, Zomato, dan TripAdvisor untuk dikunjungi, karena disepanjang tahun lalu hingga awal tahun ini menjadi favorit masyarakat setempat maupun para wisatawan yang berkunjung ke kota Malang.

1. Taman Indie River View Resto

Taman Indie River View Resto (foto: liburmulu.com)

Menempati lokasi di tepi sungai Bango, dengan tema outdoor yang berdesain unik dan kental dengan nuansa Jawa, membuat Taman Indie River View Resto menarik untuk dikunjungi bersama keluarga sambil bersantap siang.

Terlebih makanannya yang didominasi dengan menu Nusantara terasa menggigit di lidah.

Lokasi: JL. Lawang Sewu Golf No. 2 – 18 Kota Araya, Malang
Harga: Mulai dari Rp.40.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

2. Rumah Makan Inggil

Rumah Makan Inggil (foto: liburmulu.com)

Di Rumah Makan Inggil, Anda tidak hanya sekedar menikmati lezatnya makanan, tapi juga diajak untuk menikmati dekorasi dan koleksi benda-benda antik.

Seperti telepon jadul, mesin jahit, mesin ketik, alat pemutar piringan hitam, radio, juga poster-poster iklan masa lampau yang jumlahnya cukup banyak, karena resto ini memang ingin mengangkat ciri khas etnik masyarakat Jawa Timur dimasa kolonial Belanda.

Suasana tempoe doeloe menjadi semakin terasa dengan diperdengarkannya lagu-lagu lawas dan gending-gending Jawa, serta pramusaji yang mengenakan pakaian tradisional.

Pada saat-saat tertentu para pengunjung juga dapat menikmati pagelaran Tari Topeng khas Malang di atas panggung yang ada di lokasi resto ini.

Nuansa tempoe doeloe juga dihadirkan lewat menu-menu yang disajikan untuk para tamu, seperti nasi jagung, aneka penyetan, ayam dan ikan segar yang digoreng/bakar, sate ayam, rawon buntut, nasi goreng, serta menu yang lain.

Begitu juga dengan minumannya, tersedia minuman-minuman tradisional, seperti: sinom, wedang ronde, jamu kebon agung, beras kencur, dan sebagainya.

Lokasi: JL. Gajah Mada No. 4, Malang
Harga: Rp.5.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

3. Simpang Luwe

Simpang Luwe (foto: halomalang.com)

Dengan nama yang menggelitik “Simpang Luwe” (luwe dalam bahasa Jawa artinya lapar), café dan resto ini jadi hits di kalangan anak muda kota Malang, karena selain bangunannya yang berlantai 2 mudah dilihat dan diakses, sensasi bersantai yang ditawarkannya juga cukup menggoda.

Terlebih di sini juga tersedia Wi-Fi yang dapat diakses secara gratis, ditambah live music setiap Senin – Jumat, dan kerapkali menggelar nobar (nonton bareng) lewat layar big screen yang ditempatkan di dalam ruangan.

Terdapat berbagai menu yang disiapkan di sini, diantaranya adalah: Rawon Blonceng, Nasi Goreng Lombok Ijo, Sup Tom Yam, Chicken Sandwich, MIKIRMIE, Mie Sate Ayam, Mie Steak Saus Mushroom, serta minuman dan makanan ringan.

Berbagai menu yang ada tersebut dapat ditebus dengan harga murah, setidaknya sesuai dengan kantong anak muda.

Lokasi: JL. WR Supratman, Rampal Celaket, Klojen, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 12.00 – 04.00 WIB

4. Grand Canyon Café And Resto

Grand Canyon Café And Resto (foto: http://liburmulu.com)

Konsep vintage dan menyatu dengan alam menjadi daya tarik café outdoor ini karena pengunjung dapat lebih santai ngobrol dengan pasangan, teman, atau keluarga.

Tidak hanya itu saja daya tarik yang disuguhkan, tapi juga kreatifitas dari pengelola café dan resto yang tidak hanya menjadikan kopi sebagai minuman, tapi juga membuatnya sebagai bahan olahan makanan, sehingga terciptalah Steak Ekstra Kopi, Saos dengan aroma kopi, dan sebagainya.

Menu lain yang dapat dipesan diantaranya: berbagai macam Spaghetti, Toast Bread, Kulit Ayam Crispy, Chicken Bruschetta, Kentang Goreng, Roti Bakar, dan yang menjadi menu andalannya adalah Pancake Korea, serta Tahu Gejrot ala Grand Canyon.

Lokasi: JL. Bendungan Sigura-gura No.25-A, Malang
Harga: Mulai dari Rp.10.000
Jam Buka: 12.00 – 00.00 WIB

5. Golden Heritage Koffie

Golden Heritage Koffie (foto: malangculinary.com)

Seolah ingin menegaskan kalau café ini menyuguhkan menu special kopi berkualitas ekspor, sehingga interiornyapun didesain menyerupai pabrik kopi.

Pengunjung yang datang juga melihat secara langsung proses roasting kopi (menyangrai kopi), sehingga aroma harus dari proses sangrai tersebut tersebar di setiap sudut café.

Beberapa jenis kopi yang diolah Golden Heritage diantaranya: kopi Aceh Gayo, Lintong, Bali Kintamani, Java Robusta, Mandheling, Papua Wamena, Flores Bajawa, Toraja Kalosi, dan Kopi Luwak.

Selain kopi, pengunjung juga dapat memesan berbagai jenis makanan, diantaranya Iga Bakar, Bratwust Tortilla, Deli Kebab, serta Sausage & Cheese Wrap.

Lokasi: JL. Raya Tidar 36 Malang
Harga: Rp.20.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 07.00 – 23.00 WIB

6. Madam Wang Secret Garden

Madam Wang Secret Garden (foto: malesmandi.com)

Disarankan untuk membawa kamera atau ponsel dengan kamera yang bagus saat berkunjung ke Madam Wang Secret Garden, karena setiap sudutnya benar-benar instagramable.

Lewat konsep kebun pada bagian tengah yang dibuat outdoor bernuansa taman anggur, lalu bagian indoor sekaligus difungsikan sebagai butik kain batik dan tenun ikat, benar-benar mencuri perhatian.

Sehingga rombongan anak-anak muda silih berganti keluar masuk resto ini, meski tidak sedikit tamu yang datang adalah satu keluarga atau para pebisnis yang ingin mengisi perut sekaligus melepas penat.

Selain lokasi, pilihan menunyapun sangat beragam, dengan rasa yang patut diacungi jempol, mulai dari menu tradisional, seperti Gudeg, Soto Betawi, Tawon, dan Nasi Goreng, sampai dengan menu Western seperti Steak, Sandwich Toast Box, Pizza, Pasta serta menu lainnya.

Soal harga, cukup terjangkau anak-anak muda.

Lokasi: JL. Telomoyo 12 Malang
Harga: Rp.25.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 07.30 – 21.00 WIB

7. My Kopi O Indonesian Bistro

My Kopi O Indonesian Bistro (foto: foodyfloody.com)

Memasuki My Kopi O Indonesian Bistro, Anda akan serasa berada di rumah sendiri. Beberapa ruangan yang terdapat di sini, ditata dengan desain yang berbeda-beda, dan kesemuanya sangat menarik untuk dijadikan background foto buat mereka yang suka bergaya di depat kamera.

Untuk menu yang ditawarkan, berbagai jenis masakan Nusantara dapat Anda jumpai di tempat ini, mulai dari Pecel, Soto Betawi, Gulai Ikan, Bebek Madura sampai dengan Tumpeng Mini yang disajikan dengan platting ala restoran bintang lima.

Lokasi: JL. Tenes 14 Malang
Harga: Rp.20.000 – Rp.70.000
Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB

8. Vargo Kitchen

Vargo Kitchen (foto: foodyfloody.com)

Lokasi yang luas dengan tampilan yang mentereng membuat café dan resto ini cukup menyita perhatian siapapun yang lalu lalang di dekatnya.

Soal parkir kendaraan, meski lokasinya di pinggir jalan raya juga tidak susah, karena lantai satu yang dimanfaatkan untuk area parkir mampu menampung puluhan motor dan mobil.

Di lantai dua yang menjadi tempat café dan resto akan dapat ditemui ruangan yang luas dengan langit-langit yang tinggi, serta meja kursi yang diatur sedemikian rupa sehingga memberi kesan yang lega.

Tidak terlalu banyak menu yang disajikan di sini,  tapi terhitung lengkap, mulai dari snack, course, pasta sampai dengan dessert. Beberapa menu yang bakal membuat lidah Anda ketagihan, diantaranya adalah Confit Duck Leg, Chicken Breast, dan Rib Eye Steak.

Lokasi: JL. Terusan Borobudur 63 A, Malang
Harga: Rp.25.000 – Rp.60.000
Jam Buka: 14.00 – 00.00 WIB

9. Mikado Eat and Coffee

Mikado Eat and Coffee (foto: foodyfloody.com)

Mengusung konsep garasi rumah yang tertata indah dengan suguhan pemandangan small garden di bagian depan, menjadikan Mikado tidak pernah sepi dari anak-anak muda.

Tidak banyak menu yang disajikan di sini, hanya berbagai varian roti maryam dan aneka beverage yang bahan dasarnya terbuat daru durian. Satu lagi menu khas yang tergolong unik adalah Mie Kolor yang terdiri dari 4 warna, yaitu pink, hijau, orange dan ungu.

Mie yang warna-warni tersebut, semuanya dibuat dari bahan alami. Untuk mie hijau dibuat dari sawi, mie ungu dari ketela ungu, mie orange dari wortel, dan mie yang berwarna ping dibuat dari buah naga.

Mie tersebut disajikan dengan topping potongan ayam yang diolah dengan bumbu khusus.

Sedang untuk minumannya, tersedia jus dengan berbagai rasa, dan CANDU (Canda Durian) yang berbahan dasar buah durian.

Sudah barang tentu kopi dengan berbagai variannya menjadi menu andalan dari MIKADO, utamanya Coffee Cube, yakni kopi yang dibekukan sehingga berbentuk es batu. Cara meminumnya adalah dengan menuangkan susu vanilla di atas es kopi tersebut, setelah mencari baru diminum.

Lokasi: JL. Candi Sewu 4A, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.20.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

10. Kauri Kitchen

Kauri Kitchen (foto: malangculinary.com)

Menu-menu unik dapat Anda temui di Kauri Kitchen, meski menu dasarnya tidak lain adalah makanan-makanan yang sudah akrab di telinga kita.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Mojokerto Lepas Kunci Harga Murah 2018 Matic Dengan / Tanpa Sopir

Hanya saja, karena kreatifitas dari pengelola resto ini, membuat dua jenis makanan yang berbeda dipadukan menjadi satu, sehingga menghasilkan citarasa yang unik tanpa kehilangan kelezatannya.

Beberapa dari menu tersebut diantaranya adalah Nasi Goreng Rawon dan Nasi Goreng Kencur yang disajikan dengan Sate Kambing dan Kerupuk udang.

Untuk tempatnya terkesan mewah dan elegant dengan dilengkapi spot mini golf serta meja kursi yang ditata memanjang, serta kursi siofa yang menempel di dinding.

Karena lokasi resto ini berada di lantai dua, jika ingin bersantap sambil melihat lalu lalang kendaraan  di bawahnya, tinggal memilih tempat duduk dengan kursi tinggi yang ditata seperti meja bar.

Lokasi: JL. Himalaya VE 4 No.12 Lt.2 Tidar, Malang
Harga: Rp.15.000 – Rp.75.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

11. Mie Kudusan

Mie Kudusan (foto: krepektempe.blogspot.co.id)

Sesuai dengan namanya, semua menu yang ditawarkan di sini berbahan dasar mie yang diolah dengan berbagai citarasa.

Terdapat 15 menu mie yang bisa dipilih, diantaranya adalah Pangsit Mie, Mie Ayam Swekiau Saos Lada Hitam, Mie Ayam Jamur, Mie Ayam Bakso, Mie Ayam Szechuan, Mie Kisi Sapi, serta yang lain.

Meski belum begitu lama berdiri, resto yang  desain interiornya bernuansa oriental ini perkembangannya cukup pesat, sehingga dari semula hanya buka di JL Bondowoso, berkembang dengan membuka cabang di JL Letjend S Parman.

Disusul dengan cabang di MOG (Malang Olympic Garden), dan terakhir membuka cabang di  MATOS. Bagi yang tidak sempat untuk datang ke lokasi, Mie Kudusan juga melayani delivery order.

Lokasi: JL. Bondowoso No.11, Malang
Harga: Rp.3.000 – Rp.20.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

12. Kedai Roti Bakar 543

Kedai Roti Bakar 543 (foto: foodyfloody.com)

Selain bagian luar yang terlihat fancy, sisi bagian dalam yang luas dan memiliki 2 lantai juga tidak kalah menarik dalam penataan interior lewat dominasi warna hitam dan abu-abu, serta meja kursi dan sofa yuang ditata dengan sangat cantik.

Meski menggunakan nama kedai, tempat kuliner ini memiliki beragam menu yang tersusun dalam daftar menu yang tebal dan dibagi perkategori. Kata “Roti Bakar” yang dijadikan nama kedaipun bukan berarti makanan yang tersaji di sini hanya roti bakar.

Banyak makanan yang bisa Anda pilih, sepertiMie Instan, Nasi Goreng dan Rice Bowl yang disajikan bersama Chicken Katsu serta disiram menggunakan saos telur asin.

Lokasi: JL. Surabaya No.12, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.55.000
Jam Buka: 15.00 – 22.00 WIB

13. Dahr Eatery

Dahr Eatery (foto: http://ilovemalang.net)

Kesan kekinian lebih mewarnai tempat makan ini meski nama yang digunakan menggunakan istilah Jawa yaitu Dahr atau dahar (bahasa Jawa halus yang artinya makan).

Tempatnya yang minimalis berlantai dua juga ditata sesuai selera anak muda yang simple dan praktis dengan meja bar yang memanjang dan kursi tinggi. Jika ingin suasana yang lebih santai, dapat langsung menuju ke lantai dua dan memilih kursi bersofa.

Meski menggunakan nama Dahr, jangan berharap menemui masakan Jawa di tempat ini, karena menu yang tersedia adalah menu-menu Western seperti Grilled Chicken Thigh BBQ, Chicken Rice, Chicken Steak, Chicken and Rice Curry, Pancake, Waffle, Smoothies Bowl, serta menu lainnya.

Lokasi: JL. Dieng No.27A, Malang
Harga: Rp.20.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

14. OTW Food Street Malang

OTW Food Street Malang (foto: opensnap)

Perlu adanya tambahan kata Malang di belakang OTW Food Street, karena tempat makan Pujasera dengan konsep dan nama yang sama juga telah ada di Jakarta.

Tidak berbeda halnya dengan yang ada di Jakarta, Pujasera yang ada di sini juga menghilangkan bentuk kaku dari sebuah Pujasera yang biasanya berbentuk ruangan bersekat-sekat.

Di OTW Food Street Malang, Pujasera lebih terkesan modern dengan desain industrialis dan free Wi-Fi. Jika ingin menikmati makanan di sini, Anda dapat memilih, memesan dan langsung membayar di stand yang dipilih, sehingga cenderung ke self service.

Untuk menu yang dapat dipilih sangat beragam, mulai dari menu Indonesia sampai dengan Western Food.

Lokasi: JL. Bondowoso No.20, Malang
Harga: Rp.15.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 16.00 – 22.00 WIB

15. Akalpa Café

Akalpa Cafe (foto: imgrum.org)

Satu lagi café di Malang yang instagramable adalah Akalpa Café. Dinding-dindingnya yang semarak dengan berbagai macam poster bercorak unik dan desain yang menarik, bisa dijadikan background foto yang cantik.

Tidak hanya tatanan ruang saja yang mencerminkan gaya anak muda, tapi juga menu yang disajikan berikut harganya, pas sekali dengan kantong anak muda.

Lokasi: JL. Terusan Dieng No.67, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.55.000
Jam Buka: Senin – Kamis 10.00 – 22.00 WIB, Jumat – Sabtu: 10.30 – 24.00 WIB, Minggu 10.30 – 23.00 WIB

16. Warunk Anak Lapar

Warunk Anak Lapar (foto: foodyfloody.com)

Aneka rasa roti bakar dan berbagai macam menu mie instan yang dimodif dengan bermacam topping tersaji di Warunk Anak Lapar. Jika tidak berkenan dengan mie instan, dapat memilih mie homemade tanpa MSG yang harganya tidak jauh berbeda.

Semua yang tersaji di sini, lebih mencerminkan gaya kekinian dan menyesuaikan dengan gaya anak muda, mulai dari nama warung, desain interior yang bergala simple dan modern, menu yang disajikan sampai dengan harganya yang cukup murah.

Lokasi: JL. Raya Tidar, 23A, Malang
Harga: Rp.18.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 12.00 – 22.00 WIB

17. Roemah Coffee Loe Mien Toe

Roemah Coffee Loe Mien Toe (foto: minumkopi.com)

Buat yang akan menggelar acara pernikahan, Roemah Coffe Loe Mien Toe adalah tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi foto pra-wedding, karena di setiap sudutnya kaya akan dekorasi unik dan menarik yang mengeksplotasi koleksi barang-barang antik.

Seperti koleksi lampu kuna, lukisan, lonceng, teropong, radio, dan masih banyak lagi. Meja kursi dan perabot yang ada di sini juga tidak dipoles dengan cat atau pelitur sehingga kesan alami sangat terasa sekali.

Tapi tentu saja bukan hanya lokasi yang menjadi daya tarik dari tempat ini, melainkan kopi yang disajikannya yang memiliki cukup banyak varian, seperti kopi Araboca, Robusta, Kopi Rempah, Kopi Lette, sampai dengan Cappucino.

Bagi yang tidak menyukai kopi, tersedia jenis minuman yang lain, seperti: Greentea Latte, Milkshake, Hot Lemon Tea, Frappe, dan Mojito.

Lokasi: JL. Tata Surya No.2 Dinoyo, Malang
Harga: Mulai dari Rp.20.000
Jam Buka: 13.00 – 24.00 WIB

18. Rumah Opa Kitchen and Lounge

Rumah Opa Kitchen and Lounge (foto: TripAdvisor)

Desain oldiest bergaya rumah-rumah Jawa pada masa lampau dengan perabotan bernuansa vintage memberikan rasa nyaman saat bersantap di tempat ini.

Beberapa ruangan didesain dengan nuansa yang berbeda, namun tetap menonjolkan sisi ketuaan. Bahkan pencahayaannya pun dibuat minim, sehingga suasana yang romantis sangat terasa.

Untuk menu yang disajikan, macamnya sangat banyak, sehingga buku daftar menu dicetak cukup tebal. Menu-menu tersebut terdiri dari berbagai macam masakan Nusantara, masakan oriental, masakan Jepang, Europen dan Western Food sampai makanan untuk vegetarian.

Lokasi: JL. Welirang No.41-A, Malang
Harga: Mulai dari Rp.30.000
Jam Buka: 10.00 – 01.00 WIB

19. Kimchi Story

Kimchi Story (foto: titofebrian.com)

Jika ingin menikmati makanan Korea yang recommended di Malang, Kimchi Story bisa dijadikan alternatif, karena banyak sekali menu Korea yang disiapkan dan semuanya berasa lezat, seperti: Beef Bulgogi, Spicy Bulgogi, Dakkganjeong, Yangnyeom Chicken, Mix Yangnyeom, Japchae Ramyeon, serta yang lain.

Meski menyajikan khusus makanan dari negeri ginseng, namun kesan Korea sama sekali tidak tertangkap dari sisi desain interiornya yang indah.

Kecuali foto-foto pemeran drama Korea “Running Man” yang terpajang di dinding, serta  alat permainan dari Korea “Truth or Dare” yang bisa dimainkan oleh pengunjung sambil menunggu makanan yang mereka pesan siap untuk disajikan.

Lokasi: JL. Raya Tidar No.2-A, Malang
Harga: Rp.25.000 – Rp.55.000
Jam Buka: 15.00 – 21.00 WIB

20. Vosco Coffee

Vosco Coffee (foto: yaniko.web.id)

Lokasi yang tidak jauh dari daerah kampus dengan tempat yang tenang dan nyaman serta lantunan musik jazz yang selalu terdengar, membuat Vosco Coffee menjadi tempat yang tepat untuk bersantai bagi mahasiswa yang ingin rileks sambil menenggak nikmatnya kopi.

Terdapat pula menu minuman yang lain, seperti Cappucino, espresso, Ice Blended, Ice Cream, Cokelat, dan berbagai menu makanan ringan seperti Cake, Macaronni Schootel dan Onion Ring. Sedang untuk makanan berat tersedia Sandwich, Nasi Goreng, Aneka Mie dan makanan lainnya.

Lokasi: JL. Borobudur No.27-A, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.25.000
Jam Buka: 08.00 – 22.30 WIB

21. Alice Tea Room

Alice Tea Room (foto: uglyzuzu.blogspot.co.id)

Café bergaya indoor dan outdoor ini tampil dengan konsep yang unik dan lucu sekaligus mewah lewat tatanan ruangnya yang didominasi warna pastel, kostum pelayannya yang pas, berbagai perabotan yang menarik, seperti piring, gelas, nampan sampai dengan meja, kursi, almari dan hiasan lainnya.

Sehingga membuat tamu yang datang serasa dibawa ke dunia “Alice in Wonderland”. Menu yang disajikannyapun juga cukup variatif, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan makanan dan minuman yang sesuai dengan selera.

BacaJuga:  Asyiknya Mancing di Waduk Notopuro Madiun

Lokasi: JL. Rinjani No.5, Malang
Harga: Rp.18.000 – Rp.28.000
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB Weekdays, 08.00 – 24.00 Weekend

22. Illy Cafe

Illy Café (foto: newestnewsweb.wordpress.com)

Bahan-bahan khusus yang didatangkan langsung dari produsen kopi di Italia, membuat varian kopi yang disuguhkan di sini terasa mantap di lidah.

Namun tidak hanya berbagai jenis minuman kopi saja yang dapat dipilih, melainkan juga jenis minuman yang lain, seperti Milkshake, Ice Cream,  Frame dan minuman berbahan Yoghurt.

Untuk menu makanannya mulai dari Burger, Sandwich, Nasi Panggang, Pasta Panggang, Melted Cheese Japanese Chicken Kare, Saredin Pedas, Beef Lada Hitam, dan menu lainnya.

Illi Café tidak pernah sepi dari pengunjung utamanya anak-anak muda, karena harganya yang sangat terjangkau, juga tempatnya yang cukup strategis,  yakni tidak jauh dari MOG (Mall Olympic Garden) dan Hotel Aria Gajayana.

Lokasi: JL. Arjuna No.36, Malang
Harga: Rp.8.500 – Rp.17.500
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

23. Doanrestaurant

Doanrestaurant (foto: Koleksi doanrestaurant)

Berbagai macam makanan khas Timur Tengah bisa Anda  dapatkan di Doanrestaurant, seperti Roti Arab, aneka nasi khas Arab seperti Mandhi, Briani dan Bukhari, dan aneka olahan daging kambing, seperti Mugalgal, Kibdah dan Sambosa yang disantap dengan Salad Arab berbahan wortel, timun bawang bombay dan tomat.

Tidak hanya menunya saja yang khas Timur Tengah, desain interiornya juga bernuansa Arab dengan hiasan-hiasan kaligrafi di setiap dinding, serta pilihan cara makan, yaitu duduk di kursi atau dengan lesehan.

Karena bernuansa Arab itulah, banyak yang mengatakan kalau Doanrestaurant pas sekali untuk dipakai sebagai tempat berbuka saat puasa.

Lokasi: JL. Kapten Piere Tendean No.8-C, Malang
Harga: Rp.25.000 – Rp.150.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

24. Relic Bistro

Relic Bistro (foto: foodyfloody.com)

Meski hanya memanfaatkan teras rumah, namun penataan café ini terkesan elegan dengan meja-meja bundar dan dominasi warna putih dan biru. Selain itu, makanan yang disajikannyapun tidak kalah dari restoran bintang lima, mulai dari snack, main course, hingga dessertnya.

Beberapa menu yang ditawarkan di sini diantaranya adalah Relic Chicken Tower, Regal S’mores, Banamons, Relic Treasure, serta menu lezat lainnya.

Lokasi: JL. Lokon No.32, Malang
Harga: Rp.12.000 – Rp.31.000
Jam Buka: 15.00 – 22.00 WIB

25. Melati Restaurant

Melati Restaurant (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Romantisme Tempoe Doeloe menjadi daya tarik yang disuguhkan restoran yang buka selama 24 jam ini lewat ambience masa lampau dengan dekorasi khas China peranakan, berhias tirai merah yang menjuntai, ukiran kayu, meja-meja marmer, lampu-lampu antik, perabotan Belanda dan arca-arca kuno yang ditata sedemikian apik.

Menu yang tersaji di sini cukup variatif dengan rasa yang otentik, mulai dari masakan Jawa, menu Oriental, perpaduan masakan Jawa-Belanda dan Jawa-China, juga menu ala Perancis.

Lokasi: Tugu Hotel Malang, JL. Tugu No.3, Malang
Harga: Rp.80.000 – Rp.250.000
Jam Buka: 24 Jam

26. Royal Angkor

Royal Angkor (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Royal Angkor adalah bagian dari Hotel Tugu yang didesain layaknya Candi Angkor Wat di Kamboja, termasuk dinding dan pilarnya yang terbuat dari batu. Pada bagian tengah dapat ditemui sebuah arca besar yang mirip dengan arca-arca pada jaman dahulu.

Di tempat inilah disajikan paket makan malam yang diberi nama The Lost Temple, berupa kombinasi antara sajian kuliner dengan pertunjukan seni teatrikal berupa sendratari yang menceritakan kisah perjalanan Raja Jayawarman II serta Raja Suryawarman II, baik di Kamboja maupun di Pulau Jawa.

Lokasi: Tugu Hotel Malang, JL. Tugu No.3, Malang
Harga: Rp.5.500.000 untuk 2 orang
Jam Buka: Lewat Reservasi, minimal H-2

27. Cleopatra Restaurant

Cleopatra Restaurant (foto: ksmtour.com)

Tidak hanya bangunan hotelnya yang unik bergaya arsitektur Romawi Kuna yang menyerupai bangunan  kastil pada cerita-cerita dongeng, restoran yang ada di Hotel Gajah Mada Graha inipun juga lain daripada yang lain.

Meski diberi nama Cleopatra Restaurant, namun tidak ada satupun aksen Mesir yang dijumpai, melainkan desain interior ala Romawi dengan pilar-pilarnya, lampu-lampu Kristal yang bergantungan, patung-patung marmer, serta furniture bergaya Eropa.

Untuk menu yang disajikan terdiri dari hidangan khas Jawa, Chinese Food, makanan ala Eropa dan Amerika, serta Vegetarian food. Untuk menu yang jadi jagoannya adalah Dimsum dan Yumcha.

Lokasi: Hotel Gajah Mada Graha, JL. Dr. Cipto No.17, Malang
Harga: Mulai Rp.100.000
Jam Buka: 24 Jam

28. Java Dancer Coffee

Java Dancer Coffee (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Kedai kopi ini bisa dibilang sebagai pelopor kedai kopi lokal yang menyuguhkan berbagai jenis kopi terbaik Nusantara, seperti Java Estate, Java Mountain, Aceh Gayo, Toraja, Sumatgera Mandheling, Wamena, Kopi Luwak, dan berbagai jenis kopi yang lain.

Tidak hanya jenis kopinya yang bervariasi, tapi juga metode penyajiannya, mulai dari kopi tubruk, siphon, French press, serta cara penyajian yang lain. Selain kopi, dapat pula memesan jenis minuman yang lain, seperti Lemon Tea, Cokelat, dan Marsmallow.

Untuk yang ingin mengganjal perut, tersedia Pancake, Pizza, Tiramitsu, dan Pasta.

Sesuai dengan nama yang diusung, nuansa Jawa sangat kental mewarnai sisi bangunan lewat struktur balok-balok kayu dengan lantai berkeramik cetak, lampu-lampu gantung yang memberikan cahaya temaram, dan patung Punakawan (Semar, Petruk, Gareng, Bagong) di setiap sudutnya.

Lokasi: JL. Terusan Kawi No.4, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.31.000
Jam Buka: 16.00 – 23.00 WIB

29. Delistreet

Delistreet (foto: gethashtags.com)

Mengusung tema layaknya Pujasera, tempat kuliner ini terdiri atas 3 stand dengan masing-masing stand menjual makanan serta minuman yang berbeda.

Ketiga stand tersebut diantaranya adalah: “Pocoyo Waffle” yang menyediakan berbagai macam waffle kelas premium, “CaraFies”yang menjual produk semacam Bento dengan topping ayam fillet yang disiram saus, Mie Ramen, dan beberapa jenis makanan Jepang lainnya, serta “Puppyluz” dengan berbagai jenis minuman yang dijualnya.

Lokasi: JL. Kahuripan No.12, Malang
Harga: Rp.15.000 – Rp.40.000
Jam Buka: Minggu – Kamis 11.30 – 22.00 WIB, Jumat – Sabtu 13.00 – 23.00, Selasa Libur

30. Warung Echo

Warung Echo (foto: foodyfloody.com)

Dengan tagline “Makanan Khas Jawa” warung ini menyediakan berbagai macam lauk-pauk rumahan layaknya warung Tegal dengan konsep self service, sehingga pengunjung dapat memilih sendiri sayur dan lauk yang disukai.

Meskipun menu-menu yang disajikan tidak berbeda dengan yang kita temui di rumah, namun soal rasa jangan disangsikan. Itu sebabnya meski warung ini berlokasi di gang sempit yang tidak bisa dilewati mobil, namun pengunjungnya banyak yang dating dari luar kota.

Lokasi: JL. Ikhwan Hadi No.32-A, Ngaglik, Kota Batu
Harga: Mulai Rp.5.000 (Tergantung lauk yang diambil)
Jam Buka: 10.00 – 16.00 WIB

31. Warung Pasta

Warung Pasta (foto: foodyfloody.com)

Salah satu cabang Warung Pasta yang sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia ini, menyediakan tempat yang cozy yang terbagi atas tempat indoor serta semi outdoor. Di area indoor setiap sudutnya dimanfaatkan untuk meja konsumen.

Namun karena penataannya yang bagus, sehingga tetap terlihat lega. Sedang untuk ruang semi outdoor dilapisi dengan green grass sintetis yang dipadu dengan meja kayu dan bean bags chair.

Seperti halnya cabang-cabang Warung Pasta yang lain, menu yang tersedia di sini terdiri dari beberapa macam menu pasta yang disajikan dalam berbagai bentuk seperti Spaghetti, baked serta yang lain. Pengunjung dapat pula memesan menu dessert, seperti Pizza, Rice ala Risotto dan Calzone.

Lokasi: JL. Jakarta No.26, Malang
Harga: Rp.20.000 – Rp.40.000
Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB

32. Javanine

Javanine (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Suasana fresh langsung menyambut begitu memasuki tempat kuliner yang merupakan perpaduan antara kafe dan restoran ini. Karena interiornya yang luas didominasi dengan unsure kayu serta furniture berdesain simple yang member kesan mewah.

Terlebih dengan adanya tambahan aksen taman vertical pada salah satu sisi dindingnya.

Menu yang tersedia di sini cukup variatif, namun yang paling direkomendasikan adalah Nasi Bebek Crispy yang dapat dinikmati dengan 3 macam sambal yaitu sambal bawang, sambal ijo dan sambal terasi.

Menu lainnya yang juga luar biasa lezat adalah Semur Lidah Sapi yang diberi nama Nasi Buk Madura.

Lokasi: JL. Pahlawan Trip No.A5, Malang
Harga: Rp.20.000 – Rp.80.000
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

33. Festival Dermaga Kuliner

Festival Dermaga Kuliner (foto: Via Irwantan)

Menyajikan suasana di dermaga lengkap dengan para pelayan yang mengenakan busana layaknya Anak Buah Kapal, membuat resto ini memberikan pengalaman wisata kuliner yang berbeda.

Karena dibuat seperti suasana di dermaga, maka berbagai aksesoris yang menghiasi resto inipun menyerupai benda-benda yang terdapat di dermaga.

Bahkan salah satu sudut dari restoran dilukis seperti panorama pantai dengan batu-batu karang serta cangkang kerang. Sebuah perahu berikut jaring dan dayungnya juga terpampang di dekat pintu masuk.

Meski mengusung suasana dermaga, untuk urusan menu tidak terfokus pada Seafood. Berbagai olahan Nusantara dan Chinese food dapat dipesan di sini, seperti aneka macam olahan daging ayam, sapi dan ikan, serta aneka hidangan berkuah dan penyetan.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Batu Wonderland Hotel Resort and Waterpark Malang Jawa Timur

Lokasi: JL. Danau Toba G1/E19 Sawojajar, Malang
Harga: Mulai dari Rp.12.000
Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB

34. Pondok Desa Kampoeng Telaga

Pondok Desa Kampoeng Telaga (foto: indoturs.com)

Mengusung tema “Traditional Restaurant”, tempat wisata kuliner ini bakal memanjakan tamunya lewat pemandangan alam pedesaan yang hijau dan asri serta dikelilingi kolam ikan yang luasnya hampir sama dengan ukuran dari restoran itu sendiri.

Selain itu, tersedia fasilitas yang lain, yaitu Telaga Koi dan Telaga Pancing untuk para Mancingmania.

Menu makanan yang disajikan di sini, didominasi dengan olahan berbahan ikan, baik ikan tawar, seperti Nila Sarang Telur, Kakap Bakar, Gurame Terbang, Gurame Bakar, Udang Penyet, Ikan Bawal Penyet serta menu lain, juga ikan laut lewat berbagai macam Seafood.

Terdapat pula menu berbahan selain ikan, seperti Tempe Penyet, Terong Penyet, Ayam Goreng, dan aneka tumisan sayuran.

Lokasi: Dusun Telaga Boutique Villa Resort, Malang
Harga: Rp.24.000 – Rp.140.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

35. VolksWaffle Streatery

VolksWaffle Streatery (foto: Koleksi VolksWaffle Streatery)

Dengan konsep food truck tempat makan ini mengusung nama yang sama dengan mobil yang digunakan sebagai dapur yaitu Volkswagen atau VW.

Untuk menu yang ditawarkan, adalah Belgian Waffle dengan citarasa yang gurih, tidak seperti waffle untuk pencuci mulut yang rasanya manis. Sedang untuk menu minuman tersedia chocolate, Thai Tea, Green Tea, dan beberapa jenis minuman lainnya yang harganya bersahabat.

Lokasi: JL. Semeru 76, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.15.000
Jam Buka: 15.00 – 23.00 WIB

36. Best Western OJ Hotel

Best Western OJ Hotel (foto: Koleksi Best Western OJ Hotel)

Paduan lezatnya makanan dengan panorama fantastis menjadi suguhan istimewah bagi siapapun yang berkunjung ke sini. Terlebih pada malam hari, akan dapat dinikmati kemilau cahaya bintang dan gemerlap lampu kota, karena tempat kuliner ini berada di area rooftop lantai 12.

Untuk menu makanannya tidak perlu disangsikan, khusus untuk menu dessert saja, tersedia hingga 20 varian dumsum.

Lokasi: Best Western OJ Hotel, JL. Dr. Cipto No.11, Malang
Harga: Rp.20.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 16.00 – 24.00 WIB

37. Ice Ah

Ice Ah (foto: foodyfloody.com)

Inilah tempat bagi penggemar ice cream memanjakan lidah, karena berbagai varian ice cream dapat dipesan di sini, seperti ice cream ala gelato, frozen yogurt, popsicle, sorbet dengan berbagai varian, dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk menu ice cream yang paling hits di tempat ini adalah ice cream dengan cone Bubble Waffle.

Lokasi: JL. Perum Griyashanta, Blok.N No,525, Malang
Harga: Rp.5.000 – Rp.20.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

38. Waroeng KayPang

Waroeng KayPang (foto: krepektempe.blogspot.co.id)

Menyajikan berbagai macam olahan ayam kampung dengan bumbu rempah alami tanpa menggunakan MSG membuat warung ini cukup populer di kota Malang.

Menu yang diandalkan adalah Beggar Chichken atau Ayam Asap garam, ditambah beberapa menu lainnya, seperti Nasi Pedas Komplit, Nasi Pedas Otot, Bubur Raja Kaypang, dan Herbal Chicken Soup.

Dengan bahan dasar yang hanya menggunakan ayam kampung dan bumbu bebas MSG, tempat kuliner ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang ingin bersantap sehat dengan rasa yang lezat.

Lokasi: JL. Thamrin No.11 Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.110.000
Jam Buka: 07.00 – 15.00 WIB dan 16.00 – 21.00 WIB

39. Noodle Inc

Noodle Inc (foto; indoturs.com)

Diantara puluhan tempat kuliner yang memenuhi kawasan Jalan Soekarno-Hatta yang dikenal dengan jalan Suhat, Noodle Inc Mie & Dimsum adalah salah satu yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

Banyak daya tarik yang disuguhkan dari tempat ini, seperti desain interiornya dengan konsep warehouse sehingga menghadirkan suasana yang santai dan nyaman, serta open kitchen lewat atraksi pembuatan mie dengan cara tradisional dan langsung dipertontonkan kepada para pengunjung.

Selain Mie Tarik yang menjadi menu andalam dari Noddle Inc, terdapat puluhan menu lainnya, seperti Mie Tarik Ayam, Mie tarik Asam Pedas, Spicy Noodle, Dimsum Hakau, Dimsum Siomay, Exotic Fried Rice, Sushi Crabstick, dan menu yang lain.

Lokasi: JL. Soekarno-Hatta DR 1-2, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 11.00 – 24.00 WIB

40. LOGO BOARD GAMES AND CAFE

LOGO BOARD GAMES AND CAFÉ (foto: foodyfloody.com)

Sejak dibuka pada tahun 2013 sampai sekarang, tempat ini selalu meriah sejak pagi hingga malam hari, terutama oleh para pelajar dan mahasiswa yang ingin menikmati makanannya yang lezat sambil memainkan berbagai jenis permainan yang memang disediakan oleh pengelola resto.

Seperti Kartu Remi, Monopoli, UNO, Tetris, Steco, dan alat permainan yang lain. Seiring dengan maraknya penggunaan gadget, tempat kuliner ini juga menyediakan fasilitas free Wi-Fi lengkap dengan colokan untuk penambah daya.

Sehingga tidak sedikit, pengunjung yang masih tetap tinggal di tempat meskipun makanan yang dipesan telah ludes, hanya karena asik bermain.

Lokasi: Ruko Gajahyana 20 A-B, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

41. Pangsit Mie Ayam Tan Malang

Pangsit Mie Ayam Tan Malang (foto: foodyfloody.com)

Meski tempatnya berada di ujung gang sempit yang tidak bisa dilewati mobil, kuliner yang satu ini cukup menghebohkan karena setiap harinya buka hanya sampai jam 09.00.

Setelah jam 09.00 pagi, jangan harap akan bisa menikmati 2 macam menu yang dijual yaitu  Pangsit Mie Ayam dan Bakso Tan plus Tulang Ayam, karena porsi yang disediakan setiap harinya memang dibatasi hanya 90 porsi.

Lokasi: JL.Jaksa Agung II No.34, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.12.000
Jam Buka: sampai dengan jam 09.00 WIB

42. Baegopa

Baegopa (foto: kitakemana.com)

Meski kata ‘Baegopa’ adalah istilah dari Korea yang artinya ‘lapar’, namun rumah makan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan Korea, bahkan menunyapun tidak ada satupun yang mengusung makanan Korea.

Baegopa ala Malang ini adalah rumah makan dengan aneka olahan ayam dengan porsi yang besar.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Salah satu misal untuk menu andalannya yang diberi nama Chicken Neon, berupa ayam fillet ala katsu yang disiram dengan saos keju. Untuk setiap porsi Chicken Neon, daging ayam yang dihidangkan seberat 200 gram ditambah dengan beberapa potongan besar potato wedges.

Sehingga cukup dengan satu porsi saja, untuk perut yang normal dipastikan akan kenyang. Menu lainnya yang tersedia di sini diantaranya adalah Chicken Bili-Bili, Chicken Kukuruyuk,  Chicken Cola, dan Chicken Pokpok.

Lokasi: JL.Kendalsari Barat No.7B, Suhat, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.35.000
Jam Buka: 12.00 – 23.00WIB

43. Mie Cobek

Mie Cobek (foto: malangculinary.com)

Makan mie goreng dengan wadah cobek atau makan mie kuah dengan wadah tempurung kelapa, tentu jarang atau bahkan tidak pernah Anda lakukan.

Di sini, sensasi kuliner tersebut akan Anda rasakan, termasuk menjadikan sambal uleg sebagai pelengkap dengan level kepedasan yang dapat disesuaikan dengan selera. Selain sambal, berbagai jenis topping juga ditambahkan, seperti ayam kremes, daging, sapi cincang dan jamur kremes.

Selain mie tersedia pula menu yang lain, seperti bakso, nasi lemak, lalapan dan yang paling direkomendasikan adalah Nasi Ayam Gejrot, yakni nasi yang disajikan bersama daging ayam yang digejrot atau ditumbuk dengan tingkat kepedasan dari level 1 – 15 disertai semangkok kuah hangat.

Lokasi: JL.Kawi Atas No.34B, Malang
Harga: Rp.10.000 – Rp.25.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00WIB

44. Right Time Cafe

Right Time Café (foto: liburmulu.com)

Buka selama 24 jam, café yang memiliki tempat: indoor dan outdoor ini ditata dengan konsep minimalis yang cozy banget untuk tempat bersantai.

Pada bagian outdoor dilengkapi dengan kursi dan meja kayu berpenutup payung besar, sedang ruang indoor diisi dengan sofa empuk wrna-warni sebagai tempat duduk.

Untuk memesan makanan, Anda tidak perlu membuka-buka buku daftar menu lalu menuliskannya di atas kertas, karena café ini akan memberikan iPad, sehingga Anda tinggal menggeser slide gambar setiap makanan yang tersedia.

Menunya sendiri tidak terlalu banyak, beberapa diantaranya adalah Saussage Cheese Carbonara, Sausage Spicy Sauce, Geindanjai Nutella, dan Milkshake.

Lokasi: JL.Dewandaru 04, Malang
Harga: Rp.15.000 – Rp.35.000
Jam Buka: 24 Jam, kecuali Senin Libur

45. Gardenia Resto

Gardenia Resto (foto: foodyfloody.com)

Mengusung konsep taman dengan tatanan interior serasa di rumah sendiri, restoran dengan ruang yang luas dan kapasitas yang banyak ini menjadi tempat makan yang nyaman bersama keluarga.

Adanya taman dan kolam ikan di sisi samping restoran, membuat suasana di dalam ruangan terasa sejuk dan menjadi semakin nikmat tatkala bersantap. Sajian menu yang lengkap juga dapat ditemui di Gardenia Resto, mulai dari appertizer, main course, sampai dengan dessert.

Lokasi: JL.Bandung No.28, Malang
Harga: Rp.15.000 – Rp.40.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

4 thoughts on “Diminati Generasi Millennial, Ini 45 Tempat Makan di Malang Yang Instagramable

  1. Info cukup lengkap dan membantu saat memilih resto. Review perlu ditambah dgn pilihan makanan dan minuman yg direkomendasikan chef.

  2. Malang penuh dengan spot-spot yang instagrammable. Wah, para pelaku usaha di sana sangat kompetitif.

  3. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 – Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899 / 081221833729
    BB PIN : 7D8DEB8C
    TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    Facebook.com/Warung.KhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.