7 Tempat Ngabuburit di Kediri Yang Asyik dan Kekinian

Diposting pada

Ketika bulan Ramadhan tiba, ada beberapa hal yang wajib dilakukan para umat muslim selain dari sahur dan berbuka puasa yakni ngabuburit.

Istilah ngabuburit yang berasal dari bahasa Sunda yakni “burit” ini merupakan salah satu kegiatan mengisi waktu sore hari sembari menunggu adzan maghrib tiba.

Kegiatan mengisi waktu menunggu bedug ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang cukup menarik seperti masjid, objek wisata, tongkrongan, taman atau lainnya.

Kediri yang merupakan salah satu kota wisata di Jawa Timur ini juga tak kalah ketinggalan dalam menyediakan tempat-tempat seru dan asyik untuk dikunjungi saat ngabuburit.

Nah, bagi yang menjalankan ibadah puasa di Kediri dan masih bingung ingin ngabuburit kemana, berkunjung ke beberapa daftar lokasi dibawah ini mungkin bisa menjadi alternatif paling tepat.

1. Monumen Kebangsaan Simpang Lima Gumul

foto by travel.tempo.co

Alamat: Desa Tugurejo, Ngasem, Kota Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Lokasi seru dan cukup recommended yang pertama buat ngabuburit di kota Kediri adalah Monumen Kebangsaan Simpang Lima Gumul di daerah Tugurejo.

Selain sebagai tempat tongkrongan dan objek wisata, Monumen Simpang Lima tersebut juga kerap dijadikan sebagai lokasi menghabiskan waktu ngabuburit oleh masyarakat sekitar.

foto by reresepan.com

Biasanya saat bulan Ramadhan, Monumen Simpang Lima ini akan ramai dikunjungi oleh para komunitas yang ingin melakukan berbagai acara.

Dan berbagai acara yang telah dipersiapkan mereka termasuk sebagai salah satu tontonan seru untuk mengisi kegiatan ngabuburit kita.

Bila waktu berbuka puasa tiba kita juga tak perlu khawatir karena ada banyak pedagang dan berbagai macam makanan bisa ditemukan disini.

BacaJuga:  15 Souvenir Khas Surabaya yang Menarik Untuk Diburu, Berikut Daftarnya!

2. Kebun Bunga Matahari

foto by bosniatravel.net

Alamat: Jln.Selomangleng No.143, Pojok Mojoroto, Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Sebagai salah satu daerah destinasi wisata di Jawa Timur, Kediri juga tak mau kalah dengan kota lainnya di Indonesia.

Di kota tersebut juga telah disediakan sebuah objek wisata yang cukup menarik dan bisa dibilang instagramable yakni Kebun Bunga Matahari, letaknya berada jalan Selomangleng nomor 143.

Nah, bagi yang ingin mengabadikan moment ngabuburit bersama keluarga maupun teman dan pasangan, jangan sampai Kebun Bunga Matahari ketinggalan dalam list kunjungan ya.

3. Masjid Agung

foto by singgahkemasjid.blogspot.com

Alamat: Jln.Panglima Sudirman No.160, Kampung Dalem, Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Seperti di beberapa kota lainnya, Masjid Agung selalu menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para umat muslim ketika sedang menunggu berbuka puasa.

Tempat yang satu ini biasanya akan selalu ramai dikunjungi karena disini kita bisa memperdalam ilmu agama, mengaji atau juga sekedar berbaring.

foto by anugerahkubah.com

Selain itu, keunikan arsitektur yang cukup berbeda dari masjid ini dan keindahan pemandangan senja membuat tempat tersebut begitu menarik untuk dikunjungi.

Bukan hanya itu saja, saat menjelang adzan maghrib akan ada banyak pedagang yang membuka lapak di sekitar masjid dan menyajikan berbagai menu takjil.

4. Kediri’s Photograph Museum

foto by bacaterus.net

Alamat: Jln. Kapten Piere Tendean No.60/160, Ngronggo, Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Termasuk sebagai destinasi wisata dan salah satu museum unik di Indonesia, Kediri’s Photograph ini juga menjadi lokasi pilihan masyarakat untuk ngabuburit.

Bagi para pecinta fotografi dan sejarah, berkunjung ke museum ini adalah jawaban paling tepat karena disini kita bisa melihat beragam koleksi foto, lukisan juga artikel pada zaman Belanda.

BacaJuga:  Taman Kelinci Batu, Katanya Mirip Negeri Dongeng?
foto by ulinulin.com

Untuk biaya tiket masuk, Museum tersebut tidak mematok tarif mahal bisa dibilang masih relatif terjangkau dan cukup murah.

Soal menu berbuka, kita tak perlu pusing karena saat menjelang adzan maghrib ada banyak penjaja makanan bisa ditemukan di sekitar museum.

5. Sumber Ubalan

foto by youtube.com

Alamat: Jln.sagi, Ds.Jarak, Kota Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota saja, Sumber Ubalan di desa Jarak ini juga termasuk sebagai salah satu destinasi ngabuburit favorit masyarakat Kediri.

Dengan pesona keindahan yang tiada duanya dan ditumbuhi pepohonan rindang serta dibekali taman membuat hutan lindung satu ini menjadi tempat paling tepat melepas berbagai kepenatan.

Untuk memanjakan pengunjung, pengelola kawasan wisata Sumber Ubalan ini telah menyediakan berbagai fasilitas menarik seperti tempat bermain, panggung hiburan dan kolam renang.

6. Alun-Alun Kota

foto by lelungan.net

Alamat: Jln.Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kota Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Sama seperti beberapa kota lainnya, Alun-alun Kediri yang merupakan ikon sebuah daerah ini juga menjadi salah satu tempat paling ramai dikunjungi saat menunggu waktu berbuka.

Hal tersebut dikarenakan selain lokasinya berada di jantung kota dan mudah untuk dijangkau, kemudahan untuk mendapatkan berbagai menu berbuka puasa juga menjadi alasan paling tepat.

7. Bundaran Taman Sekartaji

foto by cindyapriliawp.blogspot.com

Alamat: Jln.Veteran, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Tempat rekomendasi berikutnya yang juga cukup mantap dan selalu ramai dikunjungi saat ngabuburit adalah Bundaran Taman Sekartaji di jalan Veteran.

Selain sejuk, asri dan nyaman, untuk memanjakan para pengunjung Taman tersebut juga telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti full wifi, mushola hingga toilet.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.