7 Tempat Ngabuburit Keren di Madiun Belum ada Bintang

Diposting pada

Ngabuburit adalah istilah lain yang digunakan oleh masyarakat umat muslim zaman sekarang untuk menghabiskan waktu sore hari menjelang berbuka puasa.

Dan untuk menghabiskan waktu sebelum bedug, orang-orang yang menjalankan ibadah puasa biasanya akan mengunjungi objek wisata atau ada juga sekedar jalan sore bersama keluarga.

Madiun yang terkenal sebagai salah satu kota bersejarah ini masyarakatnya juga tak ingin kalah ketinggalan dalam menyediakan tempat ngabuburit asyik untuk menunggu adzan maghrib.

Seperti beberapa daftar tempat berikut ini merupakan destinasi rekomendasi yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Madiun untuk menghabiskan kegiatan ngabuburit.

1. Alun-Alun

foto by madiunrent.com

Alamat: Jln.Kolonel Marhadi No.12, Nambangan Lor, Pangongangan, Mangunharjo, Madiun
Map: KlikDisini

Lokasi ngabuburit pertama yang cukup recommended dan selalu ramai dikunjungi di Madiun baik itu untuk sekedar jalan sore maupun nongkrong adalah Alun-alun kota di jalan Kolonel Marhadi no.12.

Sama seperti daerah lainnya, ikon kota Madiun ini juga menjadi daftar pilihan pertama yang dijadikan oleh masyarakat sebagai tempat ngabuburit baik itu bersama keluarga maupun komunitas.

foto by piknikdong.com

Selain letaknya strategis karena berada di jantung kota, kemudahan untuk mencari berbagai kuliner berbuka yang enak juga membuat Alun-alun tersebut jadi destinasi paling tepat.

Tak hanya itu saja, saat menjelang malam hari biasanya Alun-alun akan semakin ramai dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan ikon kota ini menyuguhkan keindahan yang tiada duanya.

2. Pasar Bunga

foto by antarafoto.com

Alamat: Jln.Larasati, Kelurahan Oro-oro, Kecamatan Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur

BacaJuga:  Rute Teluk Bidadari / Pantai Mbehi di Malang + Harga Tiket Masuk

Tempat kedua yang akan selalu ramai dikunjungi saat mengisi waktu ngabuburit di kota Madiun adalah Pasar Bunga di daerah Oro-oro.

Pasar yang telah beroperasi sejak tahun `1980 ini dan memiliki letak begitu strategis di pusat kota ini merupakan sentra penjualan berbagai bunga serta tanaman hias.

foto by madiuntoday.id

Sembari menunggu adzan maghrib, di Pasar tersebut pengunjung dapat bersama keluarga maupun teman sambil berkeliling melihat-lihat aneka bunga dan tanaman hias.

Selain untuk melihat aneka jenis bunga dan tanaman hias yang cantik, di kawasan Pasar Bunga ini juga telah disediakan spot untuk selfie maupun swafoto.

3. Rel Kereta Api

foto by jogja.tribunnews.com

Alamat: Madiun, Jawa Timur

Sembari menanti adzan maghrib masyarakat Madiun memiliki tradisi ngabuburit yang cukup unik, dimana mereka menghabiskan waktu dengan duduk di pinggir rel sambil bercerita bersama kerabat.

Uniknya, sekitar 1-2 jam sebelum waktu berbuka di sepanjang rel ini puluhan warga akan duduk rapi hanya untuk melihat kereta api lewat.

Selain menyaksikan kereta api lewat dan bertemu dengan teman-teman, di sekitar lokasi tersebut kita juga dapat berburu ta’jil enak serta mengajak si kecil bermain wahana.

Dengan keunikan yang ditawarkan dan suasananya pun cukup mengesankan, tak heran jika lokasi ini menjadi tempat ngabuburit paling favorit masyarakat Madiun.

4. Kedaton Garden

foto by jatimnow.com

Alamat: Jln.Mayjend Sungkono No.41, Nambangan Kidul, Kab.Mangunharjo, Madiun, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Nah, bagi yang ingin ngabuburit sambil menikmati keindahan langit dari kota Madiun, mengunjungi Kedaton Garden di lantai 3 hotel Aston di jalan Mayjend Sungkono bisa jadi pilihan paling tepat.

Di Kedaton Garden ini kita bisa memilih ingin melakukan kegiatan apa saja untuk mengisi waktu ngabuburit melalui paket yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

BacaJuga:  12 Rental Sewa Mobil di Madiun Tarif Murah

Bila adzan maghrib tiba, sambil menyaksikan life cooking chef kita dapat menyantap seluruh menu ala resto yang telah disediakan oleh Kedaton Garden tersebut.

Namun jangan harap semua makanannya gratis ya, karena dari awal masuk setiap pengunjungnya akan dikenakan biaya kontribusi yaitu sekitar Rp.98.000 per orangnya.

5. Wana Wisata Grape

foto by mazmuzie.blogspot.com

Alamat: Ds.Kresek, Wungu, Area Kebun dan Hutan, Kuwiran, Madiun, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota, kita juga bisa menemukan tempat ngabuburit yang cukup seru untuk dikunjungi sembari menanti bedug, namanya yaitu Wana Wisata Grape.

Wana Wisata Grape yang berada di kaki gunung Wilis dan dikelola oleh KPH Madiun ini menawarkan tempat ngabuburit dengan udara sejuk serta pemandangan asri.

foto by madiun.info

Selain bermain air sungai, background kawasan wisata Gape tersebut juga cukup mantap untuk kita jadikan sebagai spot foto keren loh.

Bila adzan tiba kita juga tak perlu ambil pusing soal mencari menu berbuka karena kawasan tersebut telah di lengkapi warung makan dan fasilitas lainnya seperti mushola, toilet hingga taman bermain.

6. Waduk Widas Saradan

foto by madiunae.id

Alamat: Ds.Pajaran, Saradan, Kota Madiun, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Daftar tempat ngabuburit yang seru untuk dikunjungi selanjutnya di kota Madiun adalah Waduk Widas Saradan di daerah Pajaran.

Waduk Widas ini tidak hanya terkenal dengan pesona keindahannya saja namun juga dikenal karena menyediakan beraneka fasilitas menarik seperti spot foto, area bermain, outbond dan lainnya.

7. Umbul Dulopo

foto by lelungan.net

Alamat: Jln.Ngumbul, Ds.Glonggong, Dlopo, Madiun, Jawa Timur
Map: KlikDisini

Dan tempat ngabuburit terakhir yang cukup seru dan menghibur di Madiun adalah Umbul Dulopo di jalan Ngumbul desa Glonggong.

BacaJuga:  10 Gambar Alun Alun Lamongan, Jalan Menuju Lokasi + Penginapan Hotel di Sekitar

Di taman wisata yang sudah ada semenjak penjajahan Belanda ini kita bisa melakukan banyak aktifitas sembari menunggu bedug misalnya seperti bermain wahana atau duduk santai di pendopo.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.