7 Tempat Ngabuburit Favorit di Sukabumi

Diposting pada
7 Tempat Ngabuburit Favorit di Sukabumi
5 (100%) 2 vote[s]

Saat bulan Ramadhan tiba, ada satu kegiatan umat muslim yang tidak pernah dilewatkan begitu saja dan mungkin sudah menjadi kebiasaan turun-temurun yaitu Ngabuburit.

Kegiatan mencari kesibukan menunggu adzan maghrib tersebut biasanya diisi dengan mengunjungi berbagai lokasi menarik mulai dari tempat makan, area rekreasi dan lain sebagainya.

Dan pada umumnya, sebagian besar dari lokasi yang dijadikan sebagai tujuan ngabuburit oleh masyarakat adalah objek-objek wisata di sekitarnya.

Karena dengan mengunjungi objek wisata tersebut, waktu menunggu adzan maghrib dan berbuka puasa tak akan terasa lelah, demikian juga halnya dengan masyarakat di Sukabumi.

Ketika bulan Ramadhan tiba, masyarakat di Sukabumi juga memiliki beberapa tempat favorit untuk mengisi waktu ngabuburit yang asyik untuk dikunjungi. Seperti beberapa daftar dibawah ini.

1. Alun-Alun Digital

foto by radarsukabumi.com

Alamat: Gunungparang, Desa Cikole, Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini

Tempat ngabuburit pertama yang cukup recommended dan paling favorit bagi masyarakat Sukabumi adalah Alun-alun Digital Jampang Kulon.

foto by bintang-suarakeadilan.com

Alasan masyarakat menjadikan Alun-alun Digital di desa Cikole ini sebagai lokasi ngabuburit favorit yakni dikarenakan tempatnya yang strategis dan banyak ditemukan pedagang makanan disekitarnya.

Bukan hanya itu saja, di Alun-alun Jampang Kulon tersebut juga kita akan menemukan banyak sekali tempat tongkrongan kawula muda, tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi.

2. Situgunung

foto by wisataunik.com

Alamat: Kampung Pasanggrahan, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini

Saat Ramadhan tiba, beberapa objek wisata biasanya akan beralih fungsi menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sore menunggu bedug atau lebih dikenal dengan istilah ngabuburit.

BacaJuga:  7 Info Penting yang Wajib di Baca Sebelum Berwisata ke Curug Cimahi Kabupaten Bandung Barat

Salah satu contohnya adalah Situgunung di kecamatan Kadudampit. Saat bulan puasa tiba maka lokasi tersebut akan selalu ramai dikunjungi mulai dari keluarga hingga pasangan kekasih.

foto by foto.inilah.com

Selain tempatnya yang terlihat rapi dan bersih, kehadiran jembatan gantung dengan panjang sekitar 250 meter di Situgunung ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung.

Untuk mengisi kegiatan ngabuburit, di lokasi wisata tersebut kita bisa bersantai dengan nyaman maupun berselfie dengan latar pemandangan hijau dan jembatan panjang.

3. Gunung Sunda

foto by patwapajar.blogspot.com

Alamat: Jln.Padaasih, Cisaat, Kota Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini

Gunung Sunda di daerah Cisaat tepatnya di jalan Padaasih kampung Jambealer ini juga termasuk sebagai salah satu tempat ngabuburit favorit masyarakat Sukabumi.

Saat bulan puasa tiba, objek wisata Gunung Sunda ini akan dibuka pada pukul 14.00 dan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.2.000 per orangnya.

foto by antarasenja.wordpress.com

Saat memasuki lokasi wisata puncak ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan bambu yang menawan dan di setiap pinggiran juga terdapat papan berjajar dengan berbagai macam tulisan.

Bukan hanya itu saja, dari ketinggian 700 meter Gunung Sunda ini kita juga akan menemukan keindahan hamparan sawah dan jembatan untuk hunting foto keren.

Namun sayangnya, bila kita mengunjungi Gunung Sunda ini saat bulan Ramadhan pengunjung tidak akan diizinkan untuk membawa makanan maupun minuman apapun.

4. Pantai Pelabuhan Ratu

foto by pantaiindonesia.net

Alamat: Jln.Raya Cisolok No.61, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Saat menjelang adzan maghrib di bulan Ramadhan, Pantai Pelabuhan Ratu di jalan Raya Cisolok ini menjadi salah satu lokasi ngabuburit paling favorit oleh masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Dengan akses yang cukup mudah dan menawarkan keindahan pantai begitu mengagumkan membuat para pengunjung senang mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan waktu ngabuburit.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Taman Lembah Gurame Depok, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Keindahan di Sekitar

Di pantai yang curam dan memiliki hutan cagar alam ini, kita juga dapat berwisata sejarah ke tempat peristirahatan Presiden Soekarno di Tenjo Resmi.

5. Karang Para

foto by maszaladventure.com

Alamat: Ds.Kebonmanggu, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini

Lokasi wisata Karang Para yang berada di desa Kebonmanggu ini juga termasuk sebagai salah satu tujuan ngabuburit favorit masyarakat Sukabumi.

Dengan keindahan alam dan hamparan batu karang yang ditawarkan oleh objek wisata tersebut dijamin akan membuat setiap pengunjung berdecak kagum.

Selain untuk melepas kepenatan, lokasi wisata bahari satu ini juga sangat mantap jika kita jadikan sebagai area hunting foto yang instagramable.

6. Curug Bibijilan

foto by wisatalova.com

Alamat: Kampung Lebak Nangka, Ds.Kerta Angsana, Cimerang, Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini

Curug Bibijian yang cukup unik dan berada di kawasan wisata Buni Ayu ini juga menjadi salah satu destinasi favorit untuk ngabuburit oleh warga Sukabumi.

Pasalnya, di Curug Bibijilan ini kita akan disambut oleh hutan pinus dan gemericik air terjun yang terlihat berwarna hijau tosca.

Selain menikmati keindahan air terjun, masih banyak aktifitas lain yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke Curug ini seperti bermain air, berenang, naik flying fox hingga panjat tebing.

7. Pantai Cimaja

foto by youtube.com

Alamat: Sukabumi, Jawa Barat
Map: KlikDisini

Bagi para pecinta surfing, mengunjungi Pantai Cimaja untuk mengisi kegiatan ngabuburit sembari menunggu adzan maghrib mungkin menjadi pilihan paling mantap.

Di Pantai Cimaja yang pernah dijadikan sebagai lokasi kompetisi surfing ini, kita bisa menikmati keindahan pemandangan dengan ombak begitu tinggi mencapai 4 meter.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.