7 Tempat Yang Cocok Buat Ngabuburit di Tegal

Diposting pada

Ketika bulan Ramadhan tiba, banyak orang yang menjalankan ibadah puasa akan mencari tempat-tempat bagus baik itu untuk sahur, berbuka dan satu lagi tak boleh ketinggalan “ngabuburit”.

Ngabuburit adalah istilah ngetren menghabiskan waktu sore hari menanti adzan maghrib di bulan puasa, yang mana biasanya diisi dengan mengunjungi beragam tempat-tempat menarik.

Sama seperti daerah lainnya, kota Tegal di wilayah Jawa Tengah ini juga memiliki sederet tempat menarik yang bagus buat mengisi agenda ngabuburit.

Bagi yang sedang bertandang ke kota Tegal saat bulan puasa, berikut ada sejumlah tempat bagus buat ngabuburit dan sangat sayang bila tidak dikunjungi.

1. Alun-alun

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Jln.Pancasila, Mangkukusuman, Kota Tegal Timur, Jawa Tengah
Map: KlikDisini

Alun-alun yang berlokasi di jalan Pancasila daerah Mangkukusuman dan merupakan ikon kota Tegal ini adalah destinasi ngabuburit paling favorit urutan pertama.

Dengan akses lokasi yang begitu mudah dan tentunya banyak ditemukan penjaja makanan membuat ikon kota ini menjadi tempat paling ramai dikunjungi baik itu saat pagi, sore ataupun malam hari.

foto by wisnuwidiarta.com

Disamping itu, penataan kawasan yang dipercantik dengan pembangunan ornamen bertuliskan kota Tegal membuat masyarakat lebih betah berlama-lama disini.

Selain untuk sekedar jalan-jalan sore, bersantai dan berfoto, Alun-alun ini juga kerap dimanfaatkan sebagian masyarakat sebagai area berolah raga.

2. Tugu Poci Slawi Ayu

foto by brebestegalslawi.blogspot.com

Alamat: Jln.Ahmad Yani, Procot, Slawi, Kota Tegal, Jawa Tengah
Map: KlikDisini

Tugu Poci yang terletak di tengah-tengah bundaran Monumen GBN tepatnya di depan Masjid Agung ini bisa dibilang tempat ngabuburit paling rekomendasi setelah Alun-alun kota Tegal.

BacaJuga:  King Garden Bandungan, Objek Wisata Baru di Kabupaten Semarang

Sebagai ikon kota kedua dan dibangun untuk melambangkan budaya poci yang merupakan tradisi Tegal membuat tempat ini begitu unik juga menarik.

Nah, bagi yang berkunjung ke Tugu Poci di Slawi ini pasti akan menjadi kunjungan paling berkesan karena ketika tiba di lokasi tersebut kita disuguhi aroma khas wangi teh melati.

3. Alun-Alun Hanggawana Slawi

foto by pictame.com

Alamat: Jln.DR.Soetomo No.01, Prenam, Slawi, Tegal, Jawa Tengah
Map: KlikDisini

Alun-alun yang berada di wilayah Slawi tepatnya di jalan Dr.Soetomo dan ditanami sebanyak 140 pohon tabebuya ini juga termasuk dalam salah satu daftar tempat ngabuburit paling favorit di Tegal.

Lokasinya yang cukup strategis dekat dengan masjid dan pusat perbelanjaan membuat Alun-alun tersebut selalu ramai dikunjungi terutama saat bulan Ramadhan tiba.

foto by jateng.tribunnews.com

Disamping dimanfaatkan sebagai area jogging dan tempat berkumpul bersama komunitas, lokasi ini juga dijadikan sebagai destinasi berburu aneka kuliner enak khas Tegal.

Selain itu, kawasan Alun-alun desa Slawi ini juga lokasinya masih berdekatan dengan ikon kota Tegal kedua yaitu Tugu Poci.

4. Rita Park

foto by tempatwisataseru.com

Alamat: Jln.Kolonel Sugiono No.155, Pesurungan Kidul, Kota Tegal Barat, Jawa Tengah
Map: KlikDisini

Nah, bagi yang ingin menghibur keluarga kecil, mengunjungi taman bermain Rita Park di jalan Kolonel Sugiono tersebut juga bisa menjadi pilihan ngabuburit paling tepat loh.

Di Rita Park tersebut kita bisa mengajak si kecil bermain berbagai wahana permainan dengan sepuasnya dan kemudian berfoto di beberapa spot yang telah disediakan.

Bukan hanya itu saja, sembari menunggu bedug di Rita Park tersebut kita juga bisa menikmati live festival lampion ataupun berburu aneka kuliner untuk menu berbuka.

5. Diamond Cafe

foto by oktavianisea.wordpress.com

Alamat: Jln.AR.Hakim, Kota Tegal, Jawa Tengah

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Gombong Tarif Murah

Nah, bagi anak-anak muda yang ingin menambah ilmu bagaimana cara stand up comedy, berkunjung ke Diamond Cafe di jalan AR.Hakim ini adalah jawabannya.

Selain untuk hang out bersama teman-teman, di cafe tongkrongan tersebut para pengunjung juga bisa bertemu sesama komika lainnya yang juga belajar stand up comedy.

Dibangun dengan konsep komik yang cukup menarik, membuat para pengunjungnya akan merasa nyaman dan tidak ingin beranjak dari Diamond cafe tersebut.

6. Kedai Yaul

foto by tripadvisor.co.id

Alamat: Jln.Diponegoro No.35, Mangkukusuman, Kota Tegal Timur, Jawa Tengah
Map: KlikDisini

Kedai dengan pilihan aneka kopi bernama Yaul ini juga termasuk sebagai salah satu tempat ngabuburit anak muda yang paling asyik dan juga seru.

Dibangun dengan konsep nuansa klasik serta dipenuhi koleksi foto-foto dan barang antik membuat kedai Yaul ni menjadi tempat paling nyaman untuk bersantai menenangkan diri dari kepenatan.

7. Pantai Alam Indah

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Mintaragen, Kota Tegal Timur, Jawa Tengah
Map: KlikDisini

Selain Alun-alun dan beberapa cafe populer lainnya, Pantai Alam Indah yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Tegal ini juga menjadi salah satu tempat ngabuburit paling seru buat dikunjungi.

Banyak hal menarik bisa kita lakukan di kawasan objek wisata ini seperti menikmati keindahan sunset, berolahraga santai di area jogging track hingga berburu ta’jil unutk menu berbuka.

foto by jateng.tribunnews.com

Bagi yang ingin menghibur si kecil, santai aja karena kawasan Pantai Alam Indah ini juga telah dilengkapi fasilitas taman bermain anak.

Selain itu juga, pesona panorama yang begitu menakjubkan ditambah dengan jembatan kayu kecil menuju ke tengah laut membuat tempat tersebut sangat cocok untuk dijadikan referensi spot foto.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.