40 Daftar Tempat Rekreasi Yang Ada di Makassar Wajib Dikunjungi

Diposting pada
Rate this post
Tempat rekreasi di makassar museum kota wisata sulawesi selatan taman macan air terjun dekat bandara malino yang wajib dikunjungi bunga sulsel bantimurung ada maccini sombala toraja dan sekitarnya terkenal bili bagus murah parangloe rotterdam cinta pelangi jual payung jasa pembuatan hias arthalia bermain tukang takalar sekitar ujung pandang gowa kuliner antang area beserta alamatnya alam anak terbaru bone barru bulukumba bantaeng dalam bahasa inggris paling dimana daerah daya galesong gambar malam hari jarang keluarga hiburan daftar maros jalan nusantara pangkep palembang banyak pantai terbaik wilayah baca burung buah baru
Air Terjun Takapala, foto by ararentalmakassar.com

Baca Halaman Sebelumnya: Selain Losari, Ini Daftar Pantai di Makassar Yang Akan Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

29. Museum Balla Lompoa

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 39, Gowa, Sungguminasa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Senin – Kamis pukul 08:00 – 16:00, Jumat 08:00 – 11:00, Sabtu dan Minggu libur
Nomor telepon: +62 41 186 7775
HTM: Gratis

Museum Balla Lompoa (foto: indonesia-tourism.com)

Memang jarang menemukan museum yang libur justru di weekend, tetapi berhubung Museum Balla Lompoa ini mengratiskan setiap pengunjung yang masuk, maka wajib dicoba untuk berkunjung kesini. Uniknya, museum ini tidak berbentuk layaknya gedung pada umumnya namun berbentuk rumah adat Makassar.

Museum Balla Lompoa menyimpan benda peninggalan sejarah pada jaman Kerajaan Gowa jaman dulu. Ada juga koleksi benda pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan tertentu, karena pada awalnya museum ini dulu adalah istana Raja Gowa XXXI.

30. Fort Rotterdam

Alamat: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kota Makassar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08:00 – 18:00
Nomor telepon: +62 41 132 1701
HTM: Sukarela sebagai bantuan donasi

Fort Rotterdam (foto: asiaforvisitors.com)

Salah satu tempat wisata bersejarah yang menyimpan nuansa kolonial Belanda jaman dahulu di Makassar adalah Fort Rotterdam atau yang juga biasa disebut Benteng Ujung Pandang. Di dalam benteng ini sendiri terdapat museum bersejarah yang bisa dimasuki dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Bentuk keseluruhan dari benteng ini sangat unik karena terlihat seperti seekor penyu yang merangkak turun ke lautan. Pemandangan benteng ini juga sangat Indah karena berada di pinggir laut, dekat pantai sebelah barat Kota Makassar.

31. Museum La Galigo

Alamat: Jl. Ujung Pandang No.2, Bulo Gading
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Senin libur, Selasa – Minggu pukul 08:00 – 17:30
Nomor telepon: +62 41 1362 3571
HTM: Rp. 5.000 (dewasa), Rp. 3.000 (anak-anak), Rp. 10.000 (turis asing sebagai bentuk retribusi)

Museum La Galigo (foto: wisatasambilkerja.blogspot.com)

Museum La Galigo terletak di dalam Fort Rotterdam dengan gedung nomor 10. Jadi bila mengunjungi benteng peninggalan sejarah ini, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke dalam Museum La Galigo yang menyimpan banyak sejarah Kota Makassar pada jaman kolonial Belanda dulu.

BacaJuga:  Pesona Batu Mongana Toraja Utara Sulawesi Selatan

Di dalam museum ini terdapat koleksi lebih dari 5.000 peninggalan sejarah Sulawesi Selatan, serta bentuk dari penjara yang dulu pernah menahan Pangeran Diponegoro. Terkadang di Museum La Galigo ini diadakan sejumlah pameran untuk menampilkan koleksi artefak sejarah yang mereka punya.

32. Taman Macan

Alamat: Jl. Sultan Hasanussin, Bulogading, Ujung Pandang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Macan (foto: online24jam.com)

Bagi pengunjung yang menginginkan tempat wisata murah meriah dan gratis, bisa menunjungi Taman Macan ini. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Segita dengan patung macan yang paling terkenal di taman tersebut, maka dari itu disebut sebagai Taman Macan.

Ternyata Taman Macan ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah kota Makassar, monument atau patung macan tersebut dibangun di tahun 1945 sebagai salah satu tanda perjuangan para pahlawan terdahulu. Bagi yang ingin berwisata sejarah di Kota Makassar dapat mengunjungi Taman Macan ini secara cuma-cuma.

33. Taman Maccini Sombala

Alamat: Jl. Nuri Baru, Maccini Sombala
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06:00 – 20:00
HTM: Gratis

Taman Maccini Sombala (foto: kompasiana.com)

Ini dia salah satu taman kebanggaan Kota Makassar dimana pengunjung dapat menikmati agrowisata gratis di taman ini. Fasilitas yang ada di taman ini diantaranya adalah bangku taman, gazebo atau beberapa saung untuk tempat istirahat, jalanan khusus untuk jogging, bersepeda, hingga pejalan kaki, dan sungai buatan dengan pemandangan yang indah.

Disini pengunjung bisa melihat kebun buah dan sayuran, serta kebun tanaman hias. Semuanya fasilitas ini sendiri gratis asalkan tidak memetik atau merusak tanaman sembarangan.

34. Monumen Korban 40.000 Jiwa

Alamat: Jl. Korban 40,000 Jiwa, Wala-Walaya, Tallo, La’latang, Tallo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Monumen Korban 40.000 Jiwa (foto: pengenliburan.com)

Salah satu tempat wisata bersejarah ini dibuka untuk umum guna pengunjung mengetahui sejarah Kota Makassar. Seperti namanya, monumen ini dibangun sebagai upaya untuk menghormati sekitar 40.000 korban tidak berdosa dari tragedi pembantaian yang mengenaskan di jaman kolonial Belanda terdahulu.

Di salah satu monumen tersebut terdapat patung yang menggambarkan seorang korban yang selamat dengan salah satu kakinya yang buntung dengan salah satu lengan menggunakan penyangga. Patung tersebut berukuran 4 meter dan konon, di area patung tersebut merupakan tempat dimana mayat korban dikubur dalam satu liang.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Makassar Murah Mulai Rp.400.000, Cocok Untuk Liburan Keluarga

35. Museum Kota Makassar

Alamat: Jl. Balaikota No.11, Baru
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Senin dan hari libur lainnya tutup, Selasa – Kamis pukul 08:00 – 14:00, Jumat pukul 08:00 – 11:00, Sabtu dan Minggu pukul 09:00 – 14:00
Nomor telepon: +62 41 131 4077
HTM: Gratis

Museum Kota Makassar (foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Museum Kota Makassar menjadi salah satu tempat tujuan wisata sejarah yang murah meriah. Suasana di dalam museum ini sangat kental dengan aksen dan nuansa kolonial Belanda yang dilengkapi dengan beberapa peninggalan sejarah Makassar. Salah satu koleksi antik yang paling populer adalah meriam tua berusia 300 tahun lebih.

Terdapat lemari kaca yang berisi keramik antik yang masih utuh dari pelaut asal China dan Jepang pada masa Dinasti Ming sejak abad ke 14 hingga 17.

36. Kompleks Makam Raja-Raja Tallo

Alamat: Jl. Sultan Abdullah Raya, Tallo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 852 4252 4985
HTM: Gratis

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo (foto: rifdakamila05.blogspot.com)

Mengunjungi Kompleks Makam Raja-Raja Tallo bukan berarti sedang berkunjung ke tempat semacam kuburan. Walaupun secara harfiah memang sebuah makam, tetapi makam disini berbentuk unik layaknya seperti candi. Disini pengunjung juga bisa berwisata sejarah untuk mempelajari kerajaan Gowa dan Tallo. Kini candi-candi yang merupakan makan ini terlihat sangat epik dan tertata rapi dilengkapi dengan beberapa taman.

Di sebelah timur kompleks bisa dijumpai benteng Tallo yang juga merupakan salah satu peninggalan bersejarah kerajaan Makassar pada masa pemerintahan kerajaan Tallo.

37. Tugu Adipura Anjungan

Alamat: Jalan Penghibur, Maloku, Ujung Pandang, Maloku
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tugu Adipura Anjungan (foto: beritakotamakassar.fajar.co.id)

Jika berkunjung ke Pantai Losari, tidak seru kalau tak mengunjungi Tugu Adipura Anjungan yang lumayan megah ini. Dua tugu piala Adipura ini menjadi ikon menarik di Anjungan Pantai Losari, tak heran bahwa tempat ini juga menjadi obyek wisata yang lumayan ramai di Pantai Losari. Selain karena desainnya yang unik, bentuk tugu kembar ini juga mempercantik pemandangan pantai dari jarak jauh.

Kedua tugu ini memiliki makna sebagai gerbang kota dunia dengan wujud kota bersih dan mencintai kebersihan. Keduanya dibangung di dekat Anjungan Toraja Mandar sebagai bentuk kebanggaan atas dua piala adipura yang didapatkan Kota Makassar.

38. Taman Nasional Bantimurung

Alamat: Bentenge, Mallawa, Maros
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08:00 – 16:00
Nomor telepon: +62 41 1388 0252
HTM: Rp. 20.000

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Raya Makassar, Lokasi Alamat, Arsitektur Pembangunan + Keindahan Kesempurnan di Dalamnya?
Taman Nasional Bantimurung (foto: daradaeng.com)

Taman Nasiona Bantimurung merupakan surga terpencil sebagai salah satu objek wisata menarik di Makassar. Taman Nasional ini memiliki banyak koleksi kupu-kupu sebagai salah satu hal utama yang ditonjolkan disini. Tak hanya itu, pemandangan sekitar pun lumayan indah karena berdekatan dengan Pegunungan Karst dan Air Terjun Bantimurung.

Wisata disini tidak hanya berbentuk wisata alam dengan mengunjungi Taman Nasional Bantimurung, tetapi juga wisata pengetahuan dengan adanya informasi mengenai jenis dan spesies koleksi kupu-kupu tersebut.

39. Air Terjun Bantimurung

Alamat: Bantimurung, Maros
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Air Terjun Bantimurung (foto: liburankeluarga.web.id)

Dari namanya sendiri, bisa diketahui bahwa Air Terjun Bantimurung ini berdekatan dengan Taman Nasional Bantimurung. Maka dari itu, pengunjung yang sudah mendatangi Taman Nasional dan ingin menyegarkan diri dapat mengunjungi Air Terjun Bantimurung tersebut. Disini wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

Perlu diperhatikan juga untuk berhati-hati dengan bebatuan air terjun yang ada disini serta arusnya, dikarenakan di sekitar air terjun ini tidak ada kru penyelamat atau staff Taman Nasional Bantimurung. Perjalanan dari Taman Nasional Bantimurung ini menuju air terjun akan dipenuhi dengan pemandangan kupu-kupu liar yang unik dan indah.

40. Air Terjun Takapala

Alamat: Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 852 4228 4161
HTM: Rp. 2.000

Air Terjun Takapala (foto: hellomakassar.com)

Air Terjun Takapala atau yang dikenal juga dengan nama Air Terjun Malino ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dengan debit air yang turun lumayan besar. Keindahan alamnya juga tiddak diragukan lagi, pengunjung bisa menikmati segarnya air pegunungan ini langsung. Di sekitar air terjun terdapat warung warga yang menyediakan teh atau kopi hangat dan pisang goreng hangat untuk dinikmati selepas bermain air di air terjun ini.

Corak bebatuan vulkanik pada tebing air terjun ini cukup unik dengan goa kecil yang bisa dimasuki pengunjung di balik air terjun.

Kembali ke Halaman Pertama Klik Disini

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “40 Daftar Tempat Rekreasi Yang Ada di Makassar Wajib Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.