25 Objek Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah dan Sekitarnya Daerah Barat Majenang Kroya 2019

Diposting pada
Rate this post

Objek tempat wisata di cilacap jawa tengah dan sekitarnya daerah barat majenang kroya 2019 daftar yang ada pantai pasir putih karang pandan permisan nusakambangan teluk penyu sekitar kabupaten kab sampang nama gambar foto benteng pendem menarik romantis indah obyek paket biro perjalanan jateng alam apa saja kampung laut sidareja air terjun religi curug

Cilacap merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah, berbatasan dengan Brebes dan Banyumas. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat menjadikan pertemuan antara dua budaya.

Dalam segi pariwisata, Cilacap mempunyai beberapa objek wisata alam dan religi yang menarik dan wajib dikunjungi, kebanyakan merupakan pantai, air terjun, dan sejenisnya.

Kita bisa pergi ke sana dengan menggunakan paket biro perjalanan ataupun secara mandiri. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut berikut ini daftar tempat wisata di Cilacap 2019 lengkap dengan gambar dan keterangan lainnya:

1. Benteng Pendem

Alamat: Jl. Benteng, Cilacap Selatan 53211
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Benteng Pendem Cilacap merupakan peninggalan dari Belanda yang terletak di kawasan pantai Teluk Penyu. Sebelum menjadi obyek wisata, benteng ini sempat tertutup tanah dan tidak terurus. Ada beberapa ruangan di dalam benteng dan masih kokoh berdiri.

Secara umum ruangan yang diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang  senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru.

2. Pantai Widarapayung

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sidayu, Binangun 53281
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 3.000 – Rp. 5.000/orang

Pantai Widarapayung memiliki pantainya sangat indah dengan adanya pepohonan kelapa. Ada banyak tanaman hijau di sekitar bibir pantai. Untuk masuk ke area pantai, ada tiga pintu, yang utama berada di desa Widarapayung Wetan.

Pada bulan Sura, di sini biasanya diadakan upacara adat sedekah bumi. Fasilitas yang bisa kita temukan di pantai ini yaitu tur dengan menggunakan perahu ke Pulau Nusakambangan yang cukup dekat.

Ada juga andong yang bisa disewa untuk menjelajahi pantai. Pada bagian timur, wisatawan akan menemukan kolam renang. Jika ingin bermain di sana maka perlu membeli tiket Rp.5.000 per orang, atau Rp.3.000 untuk anak-anak.

3. Curug Mandala

Alamat: Mendala, Jeruklegi 53274
Koordinat: KlikDisini

Curug Mandala merupakan sebuah air terjun yang terletak di tengah perbukitan. Pengelolaan yang masih kurang membuat akses menuju ke tempat ini cukup sulit.

Berbeda dengan air terjun alami lainnya, curug ini ternyata terbentuk karena bom dari tentara Balanda yang mengenai sumber mata air.

Meskipun kurang dikelola dengan baik, namun ada saja wisatawan asing yang tertarik untuk berkunjung ke Curug Mandala. Tak heran karena curug ini cukup unik dan memberikan suasana romantis perbukitan yang sejuk.

BacaJuga:  10 Daftar Mall Yang Bagus di Tegal, Ada Bioskopnya

4. Pulau Nusakambangan

Lokasi: Cilacap, Jateng
Koordinat: KlikDisini

Pulau Nusakambangan selama ini dikenal sebagai tempat beberapa Lapas berkeamanan tinggi. Pulau yang berdekatan dengan Cilacap ini dimiliki oleh Kementrian Hukum dan HAM. Penghuni pulau ini hanyalah para narapidana dan pegawai lapas serta keluarganya.

Tentu saja sebagai sebuah pulau, Nusakambangan memiliki pantai-pantai pasir putih yang sebenarnya bisa dijadikan sebagai tempat wisata potensial seperti Pantai Permisan dan Pantai Karang Pandan. Ada juga benteng peninggalan Belanda serta beberapa goa di perbukitan kapur.

5. Wisata Gunung Selok

Alamat: Karangbenda, Adipala 53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 4.000/orang

Gunung Selok dikembangkan menjadi kawasan wisata alam oleh KPH Banyumas Timur. Lokasinya sendiri berada di desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Cilacap. Tersedia Selfie Deck dengan view laut selatan serta persawahan.

Bagi yang ingin bersantai tersedia banyak hammock yang terpasang di pepohonan. Wisatawan yang hobi fotografi atau suka selfie bisa menjadi tempat ini lokasi yang cocok untuk menyalurkannya.

6. Pantai Cemara Sewu

Lokasi: Jetis, Nusawungi 53283
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0813-2702-1888

Pantai Cemara Sewu seperti namanya, memiliki banyak pohon cemara yang berada di pinggir pantai. Pohon Cemara Udang yang terdapat di sana menambah keindahan pantai.

Dari pantai ini, kita bisa melihat perbukitan di Tanjung Karangbolong. Para wisatawan bisa memanfaatkan warung makan yang ada di sekitar pantai. Tersedia fasilitas kolam renang di bagian timur pantai.

7. Alun-Alun Cilacap

Alamat: Jalan Jendral Sudirman, Tegalreja 53212
Koordinat: KlikDisini

8. Teluk Penyu

Lokasi: Cilacap Selatan
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Pantai Teluk Penyu dikunjungi wisatawan mulai dari pelabuhan perikanan Samudera sampai bibir pantai Areal 70. Ada tempat pengembangan penyu di sini walaupun tidak sebanyak dulu. Dahulu banyak penyu yang berkembangbiak dan bertelur di pantai.

Fasilitas penunjang bagi wisatawan sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, toilet, tempat ibadah, gazebo, lapangan voli, water sport, mercusuar, dan lain-lain. Dari bibir pantai wisatawan bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan.

Selain menikmati keindahan pantai, ada beraneka kerajinan kerang dan souvenir yang bisa dibeli. Tersedia beberapa warung yang menjual ikan asin kering dan ikan segar yang dapat langsung dimasak sesuai keingginan wisatawan.

9. Curug Cimandaway

Alamat: Serang, Datar, Dayeuhluhur 3266
Koordinat: KlikDisini

Curug Cimandaway berada di area perkebunan karet milik Perhutai Banyumas Barat. Air terjunnya memiliki lima tingkatan, dengan ketinggian 100 meter membuatnya menjadi yang paling tinggi di Kabupaten Cilacap.

Sumber air berasal dari Sungai Singaraja dan akhirnya menuju Sungai Cikawalon. Sebagai tempat wisata tersedia beberapa fasilitas seperti area parkir, warung makan, kamar mandi, tempat istirahat, dan lain-alain.

10. Pantai Sodong

Lokasi: Karangbenda, Adipala 53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 4.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Pantai Sodong memiliki pemandangan yang cukup indah dan ditumbuhi oleh pohon cemara udang yang ditanam rapi.

Tersedia fasilitas ayunan dan bangku, namun jika kita menggunakannya perlu membayar Rp.5.000 karena masyarakatlah yang menyediakannya. Fasilitas lainnya berupa tempat parkir, toilet umum, dan warung-warung makanan.

BacaJuga:  30 Wisata Kuliner di Solo Yang Terkenal Bisa Untuk Rombongan

11. Pantai Ketapang Indah

Alamat: Jl. Pagubugan – Pantai Ketapang, Sidaurip, Binangun 53281
Koordinat: KlikDisini

Pantai Ketapang Indah memiliki luas sekitar 10 hektar. Akses menuju ke tempat wisata ini sangat mudah dengan menggunakan roda uda atau roda empat ke arah Cilacap-Gombong.

Pemandangan pantai serta pohon kelapa akan menyambut para wisatawan. Gelombang ombak dapat dimanfaatkan untuk olahraga selancar air. Kios-kios cinderamata juga tertata dengan baik di sekitar pantai.

12. Waduk Koebangkangkung

Lokasi: Kubangkangkung, Kawunganten 53253
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 2.000/orang
Jam Operasional: 07.00 – 17.00

Wisata Waduk Koebangkankung berada di perkebunan karet Kawungaten. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan pepohonan dan waduk yang menyejukkan. Di sekitarnya terdapat warung-warung yang menjual minuman segar seperti kelapa muda.

Ada beberapa wahana yang tersedia seperti kapal wisata, bebek kayuh, mandi bola, kereta wisata, terapi ikan, dan lain-lain. Jika ingin bermain di wahana tersebut perlu membayar lagi. Para wisatawan dapat bersantai menikmati pemandangan dengan duduk di gazebo yang tersedia.

13. Pemandian Air Panas Cipari

Alamat: Cipari 53262
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00

Pemandian air panas Cipari berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Cilacap. Dahulu tempat pemandian ini sebenarnya merupakan proyek gagal dari pemerintah  Belanda yangg sedang mencari sumur minyak.

Namun ternyata yang muncul adalah air panas. Air panas tersebut kemudian dikelola sebagai tempat wisata. Para wisatawatan bisa berendam di air yang mengandung belerang. Belerang dikenal baik untuk penyembuhan penyakit-penyakit kulit.

14. Bumi Perkemahan Jambusari

Lokasi: Jalan Cilacap Wangon, Jeruklegi, Jambusari 53252
Koordinat: KlikDisini

Bumi Perkemahan Jambusari saat ini dilakukan penataan kembali untuk memperbaiki bangunan yang ada di sekitar bumi perkemahan. Bangunan yang ada antara lain pendapa, gedung sekretariat, prasasti, dan gapura.

Pembangunan area perkemahan seluar 70 kavling juga dikerjakan pada tahun lalu untuk menjadikannya lebih baik. Fasilitas lainnya yang dibangun berupa jalan setapak, air bersih, toilet, dan penearangan.

Setelah pembangunan selesai tempat ini diharapkan dapat menjadi kawasan bumi perkemahan bertaraf nasional. Tak menutup kemungkinan perkemahan bertaraf internasional juga dapat dilakukan di tempat ini.

15. Pantai Srandil

Alamat: Karangbenda, Adipala 53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 2.000/orang

Pantai yang dekat dengan Gunung Srandil tepatnya di bagian selatan. Pantai Srandil banyak digunakan sebagai tempat memancing oleh warga sekitar. Aksese menuju ke tempat ini cukup mudah baik menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

16. Museum Susilo Soedarman

Lokasi: Gentasari, Kroya
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 2.000/orang
Jam Operasional: 07.00 – 18.00

Museum Soesilo Soedarman merupakan bangunan bersejarah yang berbentuk museum. Di sana menyimpan peninggalan dari Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman. Pendopo Wisma Mbah Ageng menjadi tempat museum yaang dibangun oleh kakek buyut dari Soesilo Soedarman.

Di halaman museum kita bisa melihat kendaraan panser Amphibi dan pesawat patroli maritim NOMAD N-22 TNI-AL. Di bagian dalam terdapat beberapa benda peninggalan seperti senjata, gamelan, wayang, foto-foto, dan lain-lain.

BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Wonogiri Lepas Kunci Tarif Harga Murah

17. Alun-Alun Kroya

Alamat: Kroya 53282
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Buka 24 jam

Alun-Alun Kroya merupakan tempat favorit bagi warga sekitar untuk bersantai dan menikmati kuliner. Alun-alun ini memiliki sebuah tugu dan pusat kuliner. Anak-anak juga disediakan kereta mainan. Para warga yang datang bisa berolahraga ataupun hanya bersantai sambil membeli makanan.

18. Kampung Laut

Lokasi: Kabupaten Cilacap, Jateng
Koordinat: KlikDisini

Kampung Laut merupakan sebuah daerah di Desa Klaces. Bagi yang ingin menuju ke sana bisa melalui jalur darat ataupun laut. Salah satu desa di sana yaitu Desa Ujungalang yang dahulu berada di tengah-tengah laut.

Namun seiring berjalannya waktu terjadi proses sedimentasi dan air mulai mendangkal. Masyarakat yang awalnya menggunakan rumah-rumah panggung beralih ke bangunan permanen biasa.

Pengunjung bisa menemukan masakan laut mulai dari kerang, kepiting, udang, dan ikan belanak. Dari Ujungalang kita bisa berjalan menuju ke beberapa gua yang terdapat di Pulau Nusakambangan.

19. Kermit Forest Karanggedang

Alamat: Karanggedang, Sidareja 53212
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Telepon+62 858-4285-5592

20. Waterpark Tirta Mas

Lokasi: Jl. Rinjani, Sidanegara, Cilacap Tengah 53224
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 19.ooo/orang

Waterpark Tirtamas menjadi salah satu pilihan wisata kolam renang di Cilacap. Banyak keluarga yang membawa anak mereka untuk rekreasi di tempat ini.

Ada tiga kolam renang yaitu anak kecil, menengah, dan orang dewasa. Di samping belakang terdapat kolam renang khusus untuk remaja dan dewasa. Tersedia beberapa gazebo untuk bersantai.

21. Banyu Pratama

Alamat: Jalan Sampang Sikampuh, Sidasari, Sampang 53273
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0821-3672-7555

22. Air Terjun Citepus

Lokasi: Jl. Karang Jati, RT01/RW01, Jeruklegi, Citepus, Jeruklegi 53252
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 06.00 – 17.00
Telepon: 0821-2575-4545

23. Curug Nangga

Alamat: Petahunan, Pekuncen, Kabupaten Banyumas 53164
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000/orang

Di lihat dari kejauhan, Curug Nangga tampak sangat menawan dengan 7 tingkatan. Keindahannya cukup populer sehingga banyak sekali orang yang datang. Di sekitar, pemandangan persawahan terasering juga ikut menambah keindahan.

Basarnas memberikan peringatan agar tidak mandi di kolam tingka 3 karena airnya cukup dalam sehingga berisiko. Perlu berhati-hati jika ingin naik ke tingkatan air terjun karena licin dan curam.

24. Alun-Alun Majenang

Lokasi: Jl. Diponegoro, Jenang, Majenang 53257
Koordinat: KlikDisini

25. Pura Mandara Giri Gunung Selok

Alamat: Jalan Srandil, Adipala, Karangbenda  53271
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 4.000/orang

Pura Mandara Giri terletak di kawasan wisata Gunung Selok. Jadi tiket masuknya sama dengan wisata Gunung Selok. Pura ini merupakan tempat persembahyangan umat Hindu. Wisatawan bisa menikmati arsitektur bangunan pura yang unik.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

5 thoughts on “25 Objek Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah dan Sekitarnya Daerah Barat Majenang Kroya 2019

  1. Paket Tour Nusakambangan 2017

    Kami Memiliki Paket Tour Murah, Ayo jelajahi Pulau Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah Indonesia, Pilih Paket Tour Murahnya :

    Produk dan Pelayanan :
    1. Adventure Motorcross Nusakambangan
    2. Mancing Mania Pantai Selatan
    3. Wisata Pengolahan Ikan
    4. Paradise Island

    Info lebih lanjut hubungi kami
    Info Wisata : 0856 4799 3399

    Web : pesonawisata.xyz
    FB : facebook.com/agenwisatacilacap
    Blog : pesonawisatacilacap.blogspot.com

    #cilacap #wisatacilacap #piknikcilacap #visitcilacap #enjoycilacap #paketwisata #wisataalam #wisataekstrim #nusakambangan #pasirputih #pantaicilacap #hutanmangrove #visitjawatengah #wondefulcilacap #ngapakasli #ngapakcilacap #ekstrim #wisataextrem #motorcross #motocross #wisataadventures #wisatatrail #jelajahnusakambangan #trailnusakambangan #visitjateng #visitbanyumas #tripcilacap #explorecilacap #cilacapbercahaya #pesonacilacap #wonderfulcilacap #paketwisatacilacap

  2. kak saya mau ke curug mandara cuman dari desa banjawaru jarak buat ke curug mandara nya kira2 berapa jam ya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.