40 Tempat Wisata di Aceh Yang Terkenal Daerah Utara Timur Selatan Besar Tamiang Tengah Takengon Barat Singkil

Diposting pada
40 Tempat Wisata di Aceh Yang Terkenal Daerah Utara Timur Selatan Besar Tamiang Tengah Takengon Barat Singkil
3 (60%) 1 vote

Tempat wisata di aceh yang terkenal daerah utara timur selatan besar tamiang tengah takengon barat singkil objek sabang indonesia kota romantis pulau yang ada paling indah jaya tenggara banda pantai religi sejarah air terjun terindah

Aceh merupakan provinsi paling ujung di bagian barat Pulau Sumatera. Seperti yang kita tahu, di sana diterapkan syariat Islam sehingga membuat suasananya menjadi berbeda dari daerah lain di Indonesia.

Namun tentu saja tempat-tempat wisata terus dikembangkan dan tetap dijaga agar tidak melanggar syariat Islam. Jenis obyek rekreasi yang banyak terdapat di sana antara lain wisata religi dan alam.

Muncul juga beberapa tempat wisata terkenal yang berasal dari peristiwa tsunami yang terjadi tahun 2004. Berikut ini daftar tempat wisata di Aceh dan sekitarnya lengkap dengan keterangan serta gambarnya:

1. Wahana Impian Malaka

Alamat: Malaka, Aneuk Glee, Kuta Malaka, Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar 23373
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 25.000, Sabtu-Minggu Rp. 30.000
Jam Operasional: 08.30 – 18.00, Jumat buka jam 14.00
Telepon: 0811 2222 3333

Wahana Impian Malaka atau WIM 69 merupakan tempat wisata dengan permainan air dan suasana alam yang indah. WIM69 juga cocok untuk dijadikan tempat mengadakan event-event. Objek wisata ini cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Ada beberapa kolam renang yang disiapkan untuk anak-anak dan dewasa. Banyaknya pepohonan di sekitar tempat wisata membuat suasana menjadi lebih rindang dan sejuk.

Disediakan pula pondok-pondok untuk tempat beristirahat. Fasilitas yang disediakan seperti toilet dan tempat ganti baju sudah cukup bersih.

2. Kapal di Atas Rumah

Lokasi: Gampong Lampulo, Kuta Alam, Kota Banda Aceh
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 07.00 – 18.00

Wisata Kapal di Atas Rumah sebenarnya berasal dari peristiwa tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu. Saat ini air laut membawa kapal seberat 20 ton tersangkut di atas rumah penduduk. Lokasinya berada di kawasan Gampong, Lampulo.

Kapal yang terbuat dari kayu tersebut memiliki panjang 25 meter dan lebar 5,5 meter. Penggunjung yang datar dapat naik dengan menggunakan tangga yang telah dibangun. Dari atas, pengunjung bisa melihat kapal dengan lebih jelas serta rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

3. PLTD Apung

Alamat: Punge Blang Cut, Jaya Baru, Kota Banda Aceh 23116
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 18.00 – 16.00
Telepon: 0823-6400-2230

Monumen PLTD Apung ini berupa kapal sumber tenaga listrik. Kapal sepanjang 63 meter ini sudah ditambatkan sebelum terjadinya tsunami sebagai sumber tenaga listrik bagi masyarakat Ulee Lheue. Saat terjadi tsunami, kapal ini kemudian terseret ke tengah Kota Banda Aceh sejauh 5 kilometer.

Saat ini area terdamparnya kapal dibeli oleh pemerintah dan dikembangkan menjadi wahana edukasi. Selain itu dibangun monumen peringatan untuk mengenang korban yang jatuh saat terjadinya tsunami.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Lokasi: Jl. Masjid Raya Baiturrahman, Kp. Baru, Kota Banda Aceh
Koordinat: KlikDisini

Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612 H. Bangunan megah yang mirip dengan Taj Mahal ini berada di tengah kota Banda Aceh.

Masjid ini sempat dibakar oleh Belanda, namun akhirnya dibangun kembali. Saat ini Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu obyek wisata religi sekaligu tempat beribadah. Menurut orang-orang, masjid ini merupakan salah satu masjid terindah di Indonesia.

Gaya arsitektur yang memukau, halaman yang luar serta kolam air mancur bergaya Kesultanan Turki Utsmani.

5. Taman Rusa

Alamat: Lambirah, Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar 23363
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000 – 10.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Wisata Alam Taman Rusa merupakan wahana wisata  yang dibuka tahun 2012. Ada berbagai wahana permainan yang bisa dipiliha antara lain kolam renang, kebun binatang mini,  sepeda bebek, bola udara, sekuter, kereta api, mandi bola, dan kolam pemancingan.

Banyaknya wahana yang disediakan membuat tempat ini banyak diminati oleh wisatawan. Tersedia fasilitas rumah makan yang menyediakan berbagai menu masakan.

6. Taman Putroe Phang

Lokasi: Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh 23116
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Taman Putroe Phang merupakan taman yang dibuat oleh Sultan Iskandar Muda  untuk permaisurinya yang berasal dari Kerajaan Pahang Malaysia. Saat ini taman tetap dirawat untuk dijadikan tempat wisata.

Di area sekitar taman terdapat kolam dengan sebuah bangunan kecil yang disebut Pintoe Khop. Ada juga 2 jembatan gantung untuk menyebrangi kolam.

Para pengunjung dapat bersantai di tempat duduk yang telah disediakan. Membawa anak kecil pun tak masalah karena ada area play ground yang dapat mereka gunakan untuk bermain.

BacaJuga:  10 Gambar Top Selfie Hutan Pinus Kragilan Magelang, Alamat Wisata + Rute Jalan Menuju Lokasi

7. Waduk Jeulikat

Alamat: Jeulikat Blang Mangat, Kota Lhokseumawe 24355
Koordinat: KlikDisini

Waduk Jeulikat terbentuk secara alami sejak puluhan tahun lalu. Akses menuju ke sana sudah diperlancar begitu juga dengan fasilitas yang cukup memadai seperti tangga penyebrangan dan pondok-pondok. Di sekitar waduk tersedia pedagang makanan dan minuman.

Para wisatawan dapat memanfaatkan area di sekitarnya untuk berpiknik bersama keluarga. Tak ada tiket masuk, dan pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja. Pagi dan sore hari menjadi waktu yang cocok untuk berkunjung ke tempat ini.

8. Queen Bay

Lokasi: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar 23371
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 35.000/orang
Jam Operasional: 10.00 – 18.00

Queen Bay di Aceh merupakan wisata pantai yang tak biasa. Tak hanya pemandangan pasir dan deburan ombak yang indah, pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang membuatnya tampil lebih menarik.

Ada rumah-rumah kelambu yang berwana pink menyambut para pengunjung. Tentu saja para pengunjung yang datang tidak boleh melakukan hal-hal yang mendekati maksiat, apalagi ini di Aceh.

Pasangan suami-istri atau para pecinta fotografi bisa memanfaatkan pemandangan romantis di Queen Bay. Harga tiketnya terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan pantai lainnya, tapi ada tambahan minuman ringan dan cemilan gratis.

9. Blang Padang

Alamat: Kampung Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh 23116
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0852-0722-3349

Blang Padang merupakan sebuah nama lapangan yang cukup bersejarah bagi warga Aceh. Dahulu lapangan ini merupakan lokasi persawahan yang dbeli oleh Sultan Iskandar Mudar dan diwakafkan pada imam Masjid Raya Baiturrahman.

Para pengunjung banyak datang di sore hari untuk bersantai menikmati jajanan yang dijual. Terdapat monumen pesawat Dakota Seulawah 001 yang merupakan cikal bakal berdirinya Indonesian Airways.

Kita juga bisa melihat prasasti “Thanks to the World” yang merupakan ucapan terima kasih pada negara-negara yang membantu Aceh setelah bencana tsunami.

10. Air Terjun Tansaran Bidin

Lokasi: Tansaran Bidin, Bandar, Kabupaten Bener Meriah 24582
Koordinat: KlikDisini

Air Terjun Tansaran Bidin merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan pemandangan indah. Lokasi dapat dikatakan masih alami, para pengunjung perlu berjalan kaki untuk sampai ke air terjun.

Pemandangan yang indah di tempat ini cocok untuk fotografi sehingga tak heran ada yang kemudian menggunakannya sebagai tempat foto pra-wedding. Namun, para pengunjung perlu berhati-hati saat melakukan foto atau aktivitas lainnya karena lokasinya yang masih alami.

11. Air Terjun Blang Kolam

Alamat: Sido Muliyo, Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara 24184
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 2.500/orang

Air Terjun Blang Kolam terletak di dalam hutan dengan ketinggian sekitar 75 meter. Suara air yang jatuh menciptakan gemuruh yang langka sehingga bisa menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Para wisatawan yang datang perlu menuruni anak tangga yang berjumlah 660 buah untuk sampai ke lokasi. Meskipun berada di hutan tapi fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap mulai dari toilet dan musholla.

Ada juga para petugas keamanan yang akan dengan sigap membantu para wisatawan.

12. Pantan Terong

Lokasi: Takengon, Ulu Nuih, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah 24475
Koordinat: KlikDisini

Pantan Terong merupakan sebuah bukit yang berada di Dataran Tinggi Gayo Takengon. Dari atas bukit, kita bisa melihat Kota Takengong dengan view yang terbaik. Dari tempat ini akan terlihat ibu kota Takengon dan Danau Laut Tawar secara keseluruhan.

Tersedia dua balkon raksasa bagi para wisatawan. Balkon pertama sejajar dengan tiga bangunan, namun pemandangan sedikit terhalang tiang lapu. Balkon kedua dilengkapi dengan tribun kecil yang dapat dicapai dengan turun melalui samping kiri.

13. Pantai Lancok

Alamat: Lancok, Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 09.00 – 18.00
Telepon: 0822-7795-5016

Pantai Lancok merupakan sebuah pantai di Aceh Utara. Pantai ini cocok untuk kegiatan memancing ikan. Sebagian garis panta telah dibangun tanggul untuk mencegah abrasi. Pengunjung juga akan menemukan warung-warung yang berdiri di sekitar pantai.

Salah satu masakan yang banyak dicari wisatawan yaitu mi kepiting. Fasilitas lainnya berupa toilet dan mushola yang dibangun oleh pemerintah setempat. Pada hari libur ratusan wisatawan bisa datang ke pantai ini baik dari dalam maupun luar kota.

14. Goa Loyang Koro

Lokasi: Toweren Uken, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang

Goa Loyang Koro berada sekitar 6 km dari kota Takengon. Menurut sejarah, gua ini dahulu merupakan tempat persembunyian Sultan Aceh dari Belanda. Salah satu keunikannya yaitu pintu masuk gua yang berada tepat di tebing pinggiran danau.

Wisatawan yang datang berasal dari berbagai daerah bahkan ada yang dari mancanegara. Tarif untuk masuk ke lokasi hanya Rp. 2.000 saja namun jika ingin masuk gua harus membayar lagi Rp.3.000.

Berkunjung ke goa ini bisa menambah wawasan sejarah kita dengan membaca sejarah dari Loyang Koro.

15. Cot Seulawah Agam

Alamat: Pulo, Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar
Koordinat: KlikDisini

Cot Seulawah Agam merupakan sebuah gunung yang berada di Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar. Gunung yang memiliki tinggi 1726 mdpl ini memiliki beberapa nama seperti Solawa Agam, Solawaik Agam, Goldberg, dan lain-lain.

Ada berbagai flora dan fauna yang hidup di kawasan gunung. Beberapa fauna yang bisa ditemui antara lain gajah, rusa, harimau, beruang, kancil, babi hutan, dan ular.

16. Pantai Ulee Lheu

Lokasi: Ulee Lheue, Meuraxa, Kota Banda Aceh
Koordinat: KlikDisini

Meskipun terkena dampak tsunami, Pantai Ulee Lheue masih tampak indah dan ramai dkunjungi. Telah dibangun tanggul pengaman serta jalan dua jalur menuju ke pelabuhan penyebrangan Ulee Lheu.

BacaJuga:  Cari Tempat Nongkrong Ala AGP Alias Anak Gaul Purwokerto? Daftarnya Ada Disini!

Dari pelabuhan tersebut pengunjung bisa menyebrang ke Pulau Weh. Saat air sedang surut maka akan terlihat batuan-batuan karang yang muncul ke permukaan air. Tersedia beberapa wahana permainan, salah satunya adalah perahu angsa.

17. Pantai Lampuuk

Alamat: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar 23353
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 3.000/orang

Pantai Lampuuk menyajikan pemandangan indah dengan garis pantai yang cukup panjang. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari berjemur, berselancar, berenang, ataupun bermain banana boat.

Ada juga aktivitas pelepasan penyu karena di sana juga terdapat tempat penangkaran penyu. Di pinggir pantai, terdapat banyak pedagang makanan, jadi tak perlu khawatir jika tak membawa bekal dari rumah.

Pantai Lampuuk sebelum pernah terkena dampak tsunami, namun saat ini sudah dikelola kembali dengan baik sehingga banyak wisatawan yang datang.

18. Pulau Weh

Lokasi: Sabang
Koordinat: KlikDisini

Pulau Weh bisa dikatakan cukup populer dengan kota Sabang yang terdapat di sana. Pulau ini dikenal sebagai tempat wisata untuk para pecinta snorkelling dan diving. Tujuan wisata utama di Pulau Weh memang berada di pantainya.

Para wisatawan bisa bersantai, berenang, menyelam, atau snorkelling. Selain itu ada juga Kilometer 0, yang merupakan titik paling  barat di Indonesia. Wisatawan bisa menyewa motor untuk berkeliling dengan biaya sekitar Rp. 100.000 per harinya.

19. Pantai Iboih

Alamat: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang
Koordinat: KlikDisini

Pantai Iboih merupakan salah satu yang terpopuler di Pulau Weh. Wisatawan dari mancanegara banyak yang berkunjung ke pantai ini. Salah satu kelebihanna yaitu keindahan bawah laut yang dapat dinikmati wisatawan bahkan tanpa perlu menyelam sekalipun.

Hutan lindung Iboih juga menjadi spot yang tak kalah menarik dengan garis pantai yang menawan. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling pulau.

Bagi yang ingin menyelam dan snorkeling maka bisa menyewa peralatan yang diperlukan. Ada pemandu yang dapat mendampingi untuk melakukan aktivitas tersebut.

20. Lhoknga Riverside

Lokasi: Jl. Banda Aceh-Meulaboh KM. 14, Mon Ikeun, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar 23371
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0811-670-314

Lhoknga Riverside merupakan sebuah resor yang terletak di Lhoknga, 20 menit dari Banda Aceh. Resor ini dikelilingi oleh gunung, sungai, dan laut sehingga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan, antara lain surfing, kitesurfing, spearfishing, kayak, dan stand up paddle board. Beberapa aktivitas memang hanya dapat dilakukan pada musim tertentu saja, namun resor ini menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memuaskan para tamu.

21. Air Terjun Kuta Malaka

Alamat: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar 23373
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 10.000/orang

Air terjun Kuta Malaka menyajikan pemandangan yang berbeda karena memiliki tujuh tingkat. Setiap tingkatnya bahkan memiliki ciri masing-masing. Walaupun jalan menuju ke sana cukup sulit namun akan terobati dengan keindahan alma yang ada.

Sumber airnya sendiri berasal dari pegunungan dan akan terasa sangat dingin. Pengunjung dapat bermain perosotan air, meluncur, ataupun berenang.

22. Air Terjun Peucari Jantho

Lokasi: Bueng, Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar 23951
Koordinat: KlikDisini

Air Terjun Peucari Jantho berada di tengah hutan Jantho, letaknya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil dari Banda Aceh. Pengunjung perlu melapor terlebih dahulu pada kelompok pemuda setempat agar didampingi untuk mencapai lokasi air terjun.

Hal tersebut dilakukan supaya pengunjung tidak tersesat sekaligus menjaga mereka. Air terjun Peucari sendiri berupa kumpulan air terjun yang teruntai menjadi satu, dari jauh akan tampak seperti tangga.

Wisatawan yang datang biasanya berendam pada telaga, namun tak dapat berenang karena cukup kecil.

23. Air Terjun Pria Laot, Sabang

Alamat: Batee Shoek, Sukakarya, Kota Sabang 24416
Koordinat: KlikDisini

Air Terjun Pria Laot terletak di hulu Gunung Sarung Keris, Pulau Weh. Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini memiliki kedalaman kolam sekitar 1-2 meter. Pengunjung bisa menyeburkan diri ke dalam air kolam yang sejuk.

Untuk mencapai ke sana perlu berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir kendaraan. Kita akan disambut dengan pemandangan alam yang indah.

24. Kolam Renang Tirta Raya

Lokasi: Kuta Alam, Kota Banda Aceh 23127
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

25. Museum Aceh

Alamat: Jalan Sultan Alaiddin Mahmudsyah No.10,  Peuniti, Baiturrahman, Kota Banda Aceh 23116
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 1.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

Museum Aceh merupakan tempat kita untuk belajar mengenal Aceh lebih dalam. Saat pertama kali masuk pengunjung akan disambut dengan lonceng Cakra Donya. Di depannya terdapat Rumoh Aceh yang berupa rumah tradisional dan merupakan bangunan pertama di museum itu.

Ada berbagai benda yang dipamerkan antara lan maket masjid raya, kepingan emas dari zaman kerajaan, prasasti, batu nisan, dan lain-lain. Harga tiket yang sangat murah dibandingkan dengan wawasan yang bisa didapat setelah masuk ke dalamnya.

26. Museum Tsunami Aceh

Lokasi: Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh 23243
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 09.00 – 16.30
Telepon: (0651) 40774

Bangunan Museum Tsunami Aceh tampak unik dan memiliki filosofi di setiap bagiannya. Pertama masuk ada Space of fear, lorong  gelap sepanjang 30 meter, yang menggambarkan gelombang tsunami Aceh tahun 2004.

Setelah itu ada Space of Memory, di sana pengunjung akan menyaksikan gambar tentang tsunami Aceh dalam 25 monitor yang disediakan.

BacaJuga:  10 Paket Wisata Dieng Murah Untuk 2 Orang Mulai Rp.115.000 Dari Jogja

Ada juga Ruang Sumur Doa atau Space of Sorrow. Di setiap dindingnya tertulis nama para korban tsunami Aceh yang berjumlah 2.000.

Bagian lainnya yaitu Space of Confuse atau Lorong Cerobong, dan Space of Hope atau Jembatan Harapan. Berkunjung ke museum ini memberikan kesan mendalam yang mungkin tak ditemui di tempat wisata lainnya.

27. Mutiara Waterpark

Alamat: Paya Bujok Seuleumak, Langsa Baro, 24375
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 10.000/orang, hari libur Rp. 15.000/orang
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Telepon: 0813-1099-9816

Mutiara Waterpark merupakan salah satu wisata yang populer di Kota Langsa. Ada berbagai wahana yang disediakan mulai dari kolam renang anak dan dewasa, permainan air, flying fox, dan lain-lain.

Ada juga fasilitas penitipan barang, gazebo, dan free wifi zone yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

28. Pulau Babi

Lokasi: Pasar Tinggi, Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue
Koordinat: KlikDisini

Pulau Babi terletak di bagian barat Pulau Sumatera, dengan pulau-pulau di sekitarnya antara lain Pulau Lasia, Pulau Bangkaru, Pulau Simeuleu, dan Pulau Tuangku.

Pemandangan pantai di pulau ini sangat indah dan dijadikan tempat bertelurnya penyu. Wisatawan yang datang biasanya untuk melakukan surfing karena ombak pantai dapat mencapai 5 meter.

29. Pulau Breueh

Alamat: Kabupaten Aceh Besar
Koordinat: KlikDisini

Pulau Breueh menjadi salah satu destinasi wisata baru yang menyajikan berbagai keindahan alam. Untuk sampai ke sana, wisatawan perlu menggunakan perahu boat nelayan. Salah satu tempat yang menari yaitu Meulingge yang memiliki pesona bawah laut.

Pantai dengan pasir putih masih ditambah dengan terumbu karang yang indah. Penduduk setempat sangat ramah dalam menyambut para wisatawan yang datang, jadi tidak perlu khawatir meskipun tidak ada hotel untuk menginap.

30. Pulau Bangkaru

Lokasi: Haloban, Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil
Koordinat: KlikDisini

Pulau Bangkaru dikenal sebagai tempat konservasi penyu di Sumatera. Wisatawan yang ingin datang ke pulau ini harus melalui izin dari Yayasan Pulau Banyak karena merupakan kawasan wisata terbatas. Hal ini untuk tetap menjaga keasrian pulau dan kehidupan para penyu.

31. Pasar Aceh

Alamat: Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat
Koordinat: KlikDisini

Pasar Aceh merupakan sebuah pasar tradisional yang ditata menjadi lebih modern. Berbagai barang kebutuhan masyarakat dapat ditemukan di pasar ini, mulai dari makanan, fashion, souvenir, perlengkapan rumah, dan lain-lain.

Tak hanya warga lokal, orang dari Malaysia pun ada yang datang untuk berwisata belanja di pasar ini.

32. Pasar Pagi Paya Ilang

Lokasi: Blang Kolak II, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah 24471
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

33. Pasar Ikan Peunayong

Alamat: Peunayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Pasar Ikan Peunayong merupakan cagar sejarah atau kawasan heritage. Pemerintah setempah terus melalukan pembenahan agar kawasan pasar tampak lebih baik. Pengunjung yang datang bisa membeli berbagai jenis ikan yang dijual di pasar tersebut.

34. Hermes Palace Mall Banda Aceh

Lokasi: Jl. T. Hasan Dek, Beurawe, Kuta Alam, Kota Banda Aceh 23127
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 10.00 – 22.00
Telepon: (0651) 636500

35. Suzuya Mall

Alamat: Jl. Teuku Umar, Lamtemen Timur, Jaya Baru, Kota Banda Aceh 23232
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 09.00 – 22.00
Telepon: (0651) 8011023

36. Danau Laut Tawar

Lokasi: Kabupaten Aceh Tengah
Koordinat: KlikDisini

Danau Laut Tawar berada di Dataran Tinggi Gayo dengan luas sekitar 5.472 hektar. Pemandangan yang indah membuat pengunjung dapat melepaskan segala penat saat berada di sini.

Jika ingin berkeliling maka bisa naik perahu motor. Tersedia juga fasilitas rental sepeda di sekitar danau. Danau ini juga mengandung beberapa jenis ikan jadi cocok untuk tempat memancing.

37. Air Terjun Karang Putih

Alamat: Jl. A. Yani, Kota Kutacane, Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara 24651
Koordinat: KlikDisini

38. Rafting dan Tracking Pulonas

Lokasi: Jl. Iskandarmuda no.1 Kutacane-24651, Pulonas, Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara 24561
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 00.00 – 14.45
Telepon: 0823-6309-6027

39. Bukit Kerang

Alamat: Desa Jambo Labu, Kecamatan Bendahara, Tamiang,
Koordinat: KlikDisini

Bukit Kerang merupakan sebuah situs purbakala yang berupa timbunan moluska atau kerang berkatup dua dengan tinggi 3,6 meter, dan luas lebih dari 80 meter persegi. Timbunan kerang tersebut ternyata telah berusia lebih dari 6080 tahun yang lalu dan merupakan sampah dapur purba.

Di sana diduga merpakan tempat perkampungan manusia purba ras mongoloid dan austromelanosoid. Sayangnya keberadaan tempat ini kurang pengelolaan yang baik padahal bisa menjadi tempat wisata purbakala yang menarik.

40. Bukit Wisata Goa Jepang

Lokasi: Blang Panyang, Muara Satu, Kota Lhokseumawe 24355
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 5.000/kendaraan, masuk gua Rp. 2.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Goa Jepang dahulu dibuat untuk kubu pertahanan yang berupa ruang penyimpanan. Goa sepanjang 750 meter ini dapat dimasuki dengan hanya membayar Rp.2.000 per orang. Diameter lorong gua berukuran sekitar 3 sampai 4 meter dengan cahaya neon di setiap sudut.

Di pintu keluar gua, pengunjung akan menemukan topi yang tergantung. Pengunjung dapat menggunakannya dan berfoto di ujung gua. Setelah keluar gua, para pengunjung biasanya menuju bukit seberang.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.