20 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon Maluku Tersembunyi Favorit: Air Terjun, Pantai

Posted on

Rekomendasi tempat wisata di ambon tersembunyi favorit foto gambar kota alamat saparua tual pantai ora liang maluku utara tengah paket daftar taman manise objek sejarah terkenal bahari indah belanja malam belut air terjun

Seperti namanya, julukan ‘Ambon Manise’ merujuk ke tanah di Kota Ambon yang penuh dengan kekayaan alam indah, subur, cantik, dan manis. Hal ini membuat Ambon memiliki banyak rekomendasi objek wisata, entah itu wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, dan lain sebagainya.

Ambon sendiri memiliki tempat wisata favorit berupa pantai yang terkenal, namun ada juga yang masih tersembunyi namun tidak kalah menarik dengan destinasi wisata di tempat lain. Berikut 20 daftar tempat wisata di daerah Ambon dan sekitar Maluku yang membuat pengunjung dijamin menyesal karena tidak mengunjunginya.

1. Pantai Wasisil

Alamat: Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Wasisil (foto: pinterest.com)

Pantai Wasisil berada di Pulau Saparua, dimana akses menuju pulau ini berada di Pelabuhan Tulehu yang terletak di Ambon, wisatawan dapat menyewa perahu untuk menuju ke pulau ini. Pantai ini memiliki tipe pantai pada umumnya, dengan pasir putih melandai dan ditumbuhi berbagai macam tanaman bakau pada beberapa tepi pantainya.

Wisatawan yang berkunjung tidak hanya disambut dengan pemandangan alam luarnya yang indah, namun juga biota laut dan beberapa batu karang cantik di dalam lautannya. Pengunjung dapat memancing, berenang, snorkeling, berselancar, atau sekedar jalan-jalan di sekitar pantai.

2. Benteng Duurstede

Lokasi: Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.
Peta:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Benteng Duurstede (foto: chateauceloteh.wordpress.com)

Tak jauh dari Pantai Wasisil yang letaknya juga dekat dengan Teluk Saparua terdapat sebuah tempat wisata sejarah yakni Benteng Duurstede peninggalan jaman kolonial Belanda. Bentuk bangunan benteng tua ini sangat bersejarah dengan arsitektur khas benteng Eropa tempo dulu, sehingga cocok menjadi spot pengambilan foto atau gambar selfie.

Dari benteng ini sendiri, pengunjung tidak hanya disuguhkan oleh suasana benteng yang bersejarah, tetapi juga pemandangan alam berupa landscape pantai dan lautan biru yang dapat dilihat dari Benteng Duurstede.

3. Pantai Itawaka

Alamat: Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.
Map:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Pantai Itawaka (foto: youtube.com)

Pantai Itawaka terletak di Desa Itawaka yang berada di pesisir dekat laut, pantai ini memang tidak seterkenal pantai lainnya di Ambon, tetapi menyimpan keindahan yang menakjubkan dan memanjakan mata. Berbagai jenis biota laut, batu karang cantik, dan ikan hias yang langka akan dengan mudah ditemukan bagi wisatawan yang snorkeling atau diving disini.

Tipe pantai ini pun layaknya pantai dengan pasir putih yang melandai pada umumnya, diselingi beberapa pepohonan kelapa di sekitar menambah suasana teduh, asri, dan sejuk. Pengunjung dapat dengan gampang menemukan beberapa warga sekitar yang sering berkunjung ke pantai.

4. Pantai Sirsaoni

Lokasi: Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Sirsaoni (foto: wisatanegerimaluku.blogspot.com)

Pantai Sirsaoni bisa dikatakan sebagai pantai paling terkenal di kalangan masyarakat Pulau Saparua dan wisatawan sekitar, karena lokasi bawah lautnya terdapat banyak batu karang indah yang menjadikan tempat ini sebagai surganya snorkeling. Aktifitas utama yang sering dilakukan pengunjung adalah melakukan diving dan surfing di lautan dekat pantai ini.

Pantai Sirsaoni memiliki pemandangan pantai ini dengan pasir putih yang halus dan ombak yang bening, jernih, serta terkadang biru kehijauan. Kekayaan laut seperti belut atau hewan lainnya pun dapat dijumpai di dalam alam bawah airnya yang indah.

5. Pantai Porto

Alamat: Pulau Saparua
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai Porto (foto: sopamahu-tuhusula.blogspot.com)

Pantai Porto berada pada Desa Porto yang merupakan ‘Kakak’ dari Desa Itawaka, maka dari itu pantai ini juga berdekatan dengan Pantai Itawaka dan menjadi destinasi wisata yang tersembunyi. Pantai ini memang tak seterkenal pantai lainnya, tetapi pemandangan di pantai ini sangat indah dan cantik saat sore menjelang malam.

BacaJuga:  10 Foto Jembatan Merah Putih Ambon Maluku + Anggaran Proyek Presiden Resmikan Pembangunan

Salah satu fenomena unggulan dari pantai ini adalah pemandangan matahari terbenam yang dapat terlihat cukup jelas dari pesisir Pantai Porto.

6. Pulau Bair

Alamat: Letvuan, Hoat Sorbay, Tual, Kabupaten Maluku Tenggara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Pulau Bair (foto: telusurindonesia.com)

Pulau Bair dijuluki sebagai ‘Raja Ampat’nya Maluku karena memiliki pantai dengan air laut yang dangkal berwarna biru kehijauan dan gugusan pulau-pulau kecil yang terbuat dari batu karang dan pepohonan rimbun. Wisatawan yang biasanya datang ke Pulau Bair ini akan melakukan diving atau snorkeling sambil menikmati keindahan alam bawah laut di sekitaran pulau.

Tebing batu yang berada di sekitaran pulau membuat tempat ini hampir menyerupai Raja Ampat, hanya saja bentuknya yang lebih kecil. Beberapa ekosistem dan vegetasi hutan bakau juga tertanam disini dengan penataan yang rapi dan cantik, menambah keindahan pulau.

7. Pantai Pasir Panjang

Alamat: Ngurbloat, Tual
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Pasir Panjang (foto: lihat.co.id)

Pantai Pasir Panjang juga dikenal dengan nama Pantai Ngurbloat, pantai ini memiliki garis pantai menlintang yang sangat panjang sehingga pengunjung dapat sambil berjalan menjelajahinya. Tak tanggung-tanggung, hamparan pasir ini dapat mencapai 5 kilometer, pastinya pemandangan laut dapat terlihat dengan lebih jelas.

Di pesisir pantai sendiri tumbuh berbagai macam jenis tanaman bakau, kelapa, dan lain sebagainya dengan pepohonan cukup rimbun. Pantai ini juga didukung dengan butiran pasir yang sangat lembut layaknya sebuah tepung bubuk.

8. Pantai Ngurtafur

Lokasi: Pulau Warbal, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai Ngurtafur (foto: dantoadityo.com)

Bila Pantai Pasir Panjang memiliki garis melintang sepanjang pantainya, maka Pantai Ngurtafur ini memiliki garis membujur menjorok menuju ke laut sepanjang 2 kilometer. Tentunya pemandangan disini sangat menakjubkan dimana pengunjung dapat berjalan hingga ketengah laut dan menikmati lintasan pasir pantai yang semakin menuju lautan.

Pemandangan laut yang terbelah dimana wisatawan dapat berdiri ditengah sisinya tentunya sangat luar biasa bila diabadikan dengan foto atau gambar. Warna air laut yang jernih, bening, dengan biru muda atau hijau muda akan menambah eksotisme tempat wisata ini.

9. Pantai Ora

Alamat: Taman Nasional Manusela, Kanikeh, Seram Utara
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Pantai Ora (foto: piknikasik.com)

Pantai Ora adalah salah satu destinasi wisata yang satu paket dengan Pulau Ambon, dari sini pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk menuju Pulau Seram yang juga kaya akan potensi wisata alamnya. Pantai Ora memiliki alam bawah laut yang sangat cantik, sehingga banyak dijadikan sebagai tempat surfing, diving, atau snorkeling.

Beruntungnya di sekitar pantai sudah ada tempat menginap setara resort atau hotel modern namun dengan konsep tradisional. Layaknya sebuah cottage, seluruh penginapan berada diatas air dengan pemandangan yang indah.

10. Pantai Liang

Alamat: Jl. Propinsi, Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Liang (foto: lihat.co.id)

Pantai Liang dahulu dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia, tak salah mengapa Ambon dijuluki Ambon Manise dimana hampir keseluruhan sudut memiliki pemandangan alam yang indah. Pantai ini tak seramai Pantai Natsepa, tetapi itulah letak keindahannya dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan lebih leluasa.

Air laut di sekitar pantai pun cukup tenang untuk snorkeling, diving, dan surfing, didukung beberapa biota laut dan alam bawah air yang sangat indah akan menambah keseruan liburan disini.

BacaJuga:  10 Foto Jembatan Merah Putih Ambon Maluku + Anggaran Proyek Presiden Resmikan Pembangunan

11. Taman Pattimura

Lokasi: Uritetu, Sirimau, Kota Ambon.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Pattimura (foto: anakkos.net)

Salah satu tempat wisata murah meriah namun memiliki nilai sejarah yang tinggi di Kota Ambon adalah Taman Pattimura, dimana disini terdapat sebuah patung atau monumen seberat 4 ton yang melambangkan Thomas Matulessy Pattimura. Kapiten Pattimura sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh pergerakan nasional dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Di taman ini tersedia lapangan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga, bermain bola, dan sebagainya. Pengunjung pun bisa menikmati suasana teduh dan sejuk di taman ini yang memang memiliki pepohonan cukup rimbun.

12. Benteng Victoria

Alamat: Pala, Uritetu, Sirimau, Kota Ambon.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Benteng Victoria (foto: 1hal.com)

Masih membahas tempat wisata bersejarah di Kota Ambon, terdapat Benteng Victoria dimana tempat ini menjadi salah satu destinasi tujuan wisata sejarah dan pengetahuan. Benteng Victoria merupakan sebuah bangunan peninggalan kolonial Portugis, maka dari itu tempat ini menjadi tempat atau bangunan tertua yang ada di Kota Ambon.

Di dekat benteng ini terdapat sebuah meriam raksasa yang sudah sangat tua, selain itu ada juga beberapa koleksi lukisan pemerintahan Belanda pada jaman dahulu saat Belanda berhasil merebut benteng ini dari tangan Portugis.

13. Waterboom Waitatiri

Alamat: Sisingamangaraja, Passo, Baguala, Kota Ambon.
Koordinat:
Klik disini
Buka Tutup:
Setiap hari pukul 11.00 – 19.00
HTM:
Tergantung paket yang dipilih

Waterboom Waitatiri (foto: instagram.com)

Kota Ambon ternyata memiliki sebuah tempat wisata modern yang dibalut dalam taman bermain air atau waterpark dan waterboom, salah satunya adalah Waterboom Waitatiri. Terdapat pilihan kolam renang untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa, wahana yang disediakan disini pun sangat beragam seperti seluncuran, kolam arus, dan sebagainya.

Dan yang lebih membuat pengunjung ingin bermain di Waterboom Waitatiri ini adalah pilihan kuliner khas Ambon yang bervariasi, terdapat pula santapan tradisional nusantara dan makanan luar negeri.

14. Air Terjun Waisia

Lokasi: Rumahkay, Amalatu, Kabupaten Seram Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Air Terjun Waisia (foto: indonesiakaya.com)

Menjelajahi tempat wisata alam di Kota Ambon Manise tidak akan ada habisnya, setelah mengetahui beberapa objek pantai sekarang masih ada wisata alam air terjun yang patut dikunjungi juga. Air Terjun Waisia atau yang dinamakan sebagai Air Terjun Rumahkay Seram berada di Pulau Seram dan terletak tidak terlalu jauh dari Pulau Ambon sendiri.

Air terjun ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa, dengan ketinggian mencapai 80 meter disertai dengan pepohonan rimbun di sekitar air terjun akan menambah nilai keindahan alam dari objek wisata tersebut.

15. Museum Siwa Lima

Alamat: Jl. Dr. Malaiholo, Taman Makmur, Nusaniwe
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 16.00
Telpon:
+62 911 341 652
Tarif:
Gratis

Museum Siwa Lima (foto: 1hal.com)

Berwisata sejarah di Kota Ambon bisa dimulai dari Museum Siwa Lima dimana museum ini sendiri sudah dibangun sejak awal penjajahan kolonial Belanda tempo dulu. Museum Siwa Lima menyimpan benda-benda bersejarah seperti alat pertanian masyarakat Ambon jaman dahulu, fosil binatang purba yang kebanyakan adalah binatang laut di pantai Ambon, dan masih banyak lagi.

Selain menyimpan benda sejarah Kota Ambon, terdapat juga beberapa peninggalan para penjajah jaman dulu seperti senjata dan beberapa dokumentasi saat masa penjajahan Belanda dan Jepang.

16. Pantai Batu Capeu

Alamat: Tulehu, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

BacaJuga:  10 Foto Jembatan Merah Putih Ambon Maluku + Anggaran Proyek Presiden Resmikan Pembangunan
Pantai Batu Capeu (foto: mrstetelepta.blogspot.com)

Pantai Batu Capeu atau yang terkadang disebut sebagai Pantai Batu Capeo adalah salah satu tempat wisata alam yang lumayan populer di masyarakat Kota Maluku. Pantai ini memang memiliki bebatuan alam dari batu jarang besar yang beberapa diantaranya ditumbuhi pohon.

Berbeda dengan pantai landai pada umumnya, area pantai memiliki tebing batu yang cukup tinggi, disertai dengan pasirnya yang juga bercampur dengan bebatuan kerikil kecil. Tetapi pemandangan yang disajikan disini sangat indah dan menawan, terutama keindahan alam dimana wisatawan dapat melihat matahari terbit dari arah pantai.

17. Pulau Pombo

Lokasi: Waai, Salahutu, Maluku Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pulau Pombo (foto: lihat.co.id)

Masih di wilayah Kepulauan Maluku yang terletak tidak terlalu jauh dari Kota Ambon terdapat sebuah pulau yang menjadi objek wisata bahari dan wisata alam andalan. Pulau Pombo merupakan sebuah surga yang tersembunyi, hamparan pasir putih, kekayaan biota laut yang menarik, serta air laut yang berwarna biru kerhijauan menjadi daya tarik tersendiri.

Wisatawan bisa langsung menceburkan diri ke laut di sekitar pantai pulau karena memang kedalamannya agak dangkal, pulau ini juga tidak berpenghuni sehingga dapat dijadikan tempat berkemah atau camping.

18. Pantai Natsepa

Alamat: Suli, Salahutu, Maluku Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 1.000 – Rp. 2.500 perorang

Pantai Natsepa (foto: telusurindonesia.com)

Pantai Natsepa adalah salah satu tempat wisata pantai yang paling populer di wilayah Ambon maupun Maluku, pantai ini memiliki pasir putih yang terkenal sangat lembut disertai dengan deburan ombak laut yang tenang. Gradasi warna laut yang membiru kehijauan juga menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung melakukan aktifitas berenang atau snorkeling disini.

Di pesisir pantai terdapat bagian pepohonan bakau yang cukup rimbun, menambah suasana asri dan teduh di pantai ini. Wisatawan juga dapat menemukan warung makan yang menyediakan santapan khas masyarakat Ambon.

19. Pantai Pintu Kota

Alamat: Nusaniwe, Kota Ambon.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Pintu Kota (foto: wikimedia.org)

Objek wisata Pantai Pintu Kota adalah salah satu dari beberapa wisata alam pantai yang ada di Kota Ambon, uniknya adalah pantai ini memiliki sisi yang berbatu disertai dengan beberapa tebing batu. Salah satu daya tariknya adalah sebuah batu karang raksasa yang memiliki luhang besar layaknya sebuah pintu gerbang namun mengarah ke lautan.

Pengunjung dapat menyewa perahu untuk mengelilingi laut di sekitar pantai, atau bagi mereka yang ingin diving atau snorkeling dapat mencobanya di pantai ini. Beberapa tempat makan juga bisa ditemukan di sekitar sini untuk berwisata kuliner sepuasnya.

20. Pantai Santai

Lokasi: Jl. Hati Ari, Latuhalat, Nusaniwe, Kota Ambon.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai Santai (foto: klikhotel.com)

Pantai Santai merupakan sebuah tempat wisata pantai dengan nama yang cukup unik, namun keindahan alam yang ditawarkan di area ini sangat indah dan cantik. Pantai ini agak berbatu dan berkerikil, tetapi tetap memiliki campuran pasir putih yang halus, selain itu, jarak 100 meter dari pantai ini sendiri air lautnya sangat dangkal dan tenang.

Terdapat tempat penyewaan perahu untuk menuju tengah laut, bagi yang ingin snorkeling atau diving dapat mencobanya langsung di tengah laut yang agak jauh dari area pantai untuk menemukan biota laut dan alam bawah airnya yang cantik.

8 thoughts on “20 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon Maluku Tersembunyi Favorit: Air Terjun, Pantai

  1. Artikelnya sangat menarik.
    Bagi anda yang sedang membutuhkan kendaraan untuk berkeliling di kota ambon, pulau seram, pulau saparua, pulau osi dan kota-kota lainnya di provinsi maluku dapat menggunakan jasa kami : rentalmobil-ambon.com

  2. Pantai Pintu Kota benar-benar bikin greget pengen kesana min, luar biasa banget pemandangannya
    makasih ya infonya min

  3. Masih banyak tempat wisata didaerah Maluku yang belum terekspos, Maluku memang kaya akan keindahan alam yang patut dijadikan rekomendasi wisata.

  4. **Ambonise Rental Motor**

    Kami menyewakan motor untuk kebutuhan anda berkendara di Kota Ambon.
    Praktis & Hemat

    Hubungi kami di
    Telp/ WA: 0.8.2.1.3.4.5.9.4.7.0.0
    Blog: rentalmotorambon.blogspot.co.id

    -Thanks-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *