35 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur 2017 : Lamin Etam Ambors (LEA) Kilo Km 28 DLL

Posted on

Tempat wisata di balikpapan kalimantan timur 2017 kilo km 28 malam wana hutan bakau margomulyo rumah adat dalam bahasa inggris dan sekitarnya daerah selatan yang ada pantai baru terkenal tujuan obyek daftar lokasi kaltim 10 foto paket diving kota outbound beruang madu air terjun alam

Mendengar kata Balikpapan tentunya akan terbesit sebuah gambaran ‘Kota Minyak’ yang terletak di pinggir pantai. Balikpapan memiliki kesan ‘nyaman’ bagi setiap pengunjung yang sempat bertandang ke kota layak huni dengan 18 kali mendapatkan penghargaan Adipura ini.

Balikpapan sendiri dinobatkan menjadi kota paling nyaman di tahun 2014 dengan indikator ketersediaan fasilitas rekreasi yang berkualitas dan rendahnya kriminalitas di kota ini. Buktikan dengan mengunjungi35 tempat wisata di Balikpapan, Kalimantan Timur  dan sekitarnya yang wajib dikunjungi tahun 2017 ini. Berikut daftar lokasi dari beberapa objek wisata tersebut beserta foto dan paket wisatanya.

1. Taman Bekapai

Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 822 5518 8000
HTM: Gratis

Taman Bekapai (foto: id.wikipedia.org)

Taman Bekapai merupakan taman kota kebanggaan warga Balikpapan, terletak tidak terlalu jauh dari Masjid Agung, Monpera, dan Pantai Melawai. Taman ini akan lebih indah dikunjungi pada malam hari karena ada air mancur yang bisa menyala dengan tampilan warna warni lampu indah.

Lokasi Taman Bekapai yang strategis di tengah kota membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh anak muda dan beberapa wisatawan. Beberapa warung makan dan pedagang kuliner lainnya berjejeran di belakang taman sebagai referensi untuk wisata kuliner khas Balikpapan.

2. The Plaza Balikpapan

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.1, Klandasan Ilir
Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga Tiket Masuk: Gratis

The Plaza Balikpapan (foto: id.wikipedia.org)

The Plaza Balikpapan adalah salah satu mall dari perusahaan Agung Podomoro Group, pasti wisatawan dari Jakarta sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Mall ini memiliki tiga lantai dan isinya layaknya pusat perbelanjaan pada umumnya, ada KFC, bioskop CGV Blitz, Matahari Department Store, Hypermart, dan sebagainya.

Plaza paling terkenal di Balikpapan ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan untuk shopping atau berbelanja secara modern. Mall ini sudah dibangun sejak tahun 1992 dan karena itu, mall ini menjadi salah satu mall terpopuler dan tertua di kota Balikpapan.

3. Klenteng Guang De Miao

Alamat: Jl. Pasar Baru, Klandasan Ilir
Peta: Klik disini
Jam operasional:
Disesuaikan jadwal ibadah
Tarif Gratis

Klenteng Guang De Miao (foto: foursquare.com)

Untuk wisatawan yang ingin berwisata religi di Balikpapan, salah satu objek wisata favorit adalah Klenteng Guang De Miao. Klenteng ini sudah berusia lebih dari satu abad yakni didirikan dari tahun 1915 dan menjadi pusat peribadahan masyarakat penganut Kong Hu Cu di Kalimantan Timur. Awalnya, klenteng ini dibangun oleh para imigran asal Tiongkok yang bekerja sebagai buruh kontrak di perusahaan minyak milik Belanda.

Disarankan untuk mengunjungi klenteng ini pada saat hari perayaan besar China seperti Imlek, akan ada perayaan yang amat meriah seperti pertunjukan Barongsai untuk para pengunjung yang datang.

4. Kebun Raya Balikpapan

Alamat: Jl. Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional: Belum ditentukan
HTM: Gratis

Kebun Raya Balikpapan (foto: kebunraya.balikpapan.go.id)

Sejak tahun 2014 sebenarnya Kebun Raya Balikpapan ini sudah dibuka namun pengelolaan dari pemerintah masih kurang. Hal tersebut ditandai dari harga tiket masuk yang gratis dan tidak dikenakan biaya apapun hingga saat ini, pengunjung hanya diharuskan mengisi buku tamu.

Namun keindahan kebun raya tersebut cukup memuaskan untuk dinikmati para pengunjung, terdapat lebih dari 1.200 spesies tanaman disini. Ada juga beberapa gazebo dan saung yang dapat dinikmati oleh para wisatawan untuk beristirahat atau sekedar duduk-duduk santai di sekitar area Kebun Raya Balikpapan.

5. Karang Joang Golf and Country Club

Alamat: Jl. Soekarno Hatta KM. 5,5, Karang Joang
Koordinat: Klik disini
Buka / Tutup:
Setiap hari pukul 05.00 – 17.00
Nomer telp: +62 54 2566 5846
HTM: Ditentukan saat reservasi

Karang Joang Golf and Country Club (foto: mybalikpapan-rosita.blogspot.com)

Karang Joang Golf and Country Club adalah sebuah lapangan golf yang dilengkapi dengan penginapan modern atau yang dalam bahasa inggris disebut resort. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung untuk sekedar bermain golf, menikmati makanan restoran kelas atas, dan menginap di resort mewah bisa dilakukan disini.

Tempat bermain golf ini sendiri sudah sangat terkenal hingga ke internasional, karena itu lebih banyak turis luar negeri yang datang dan menginap disini. Sedangkan untuk suasananya masih dipenuhi dengan hijau pepohonan yang asri sekaligus menemani pengunjung yang ingin bermain golf disini.

6. Pantai Banua Patra

Alamat: Prapatan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Banua Patra (foto: jalanbro.wordpress.com)

Pantai Banua Patra menjadi lokasi objek wisata yang juga tidak kalah populer di tahun 2017 ini se area Balikpapan. Terutama saat menjelang sore, pengunjung akan semakin banyak datang kesini karena pemandangan matahari terbenamnya disini sangat indah untuk dinikmati.

Uniknya, Pantai Banua Patra banyak disebut sebagai pantai batu-batu karena terdapat puluhan bebatuan alami yang membentuk seperti pulau di pinggiran pesisir pantai. Maka dari itu, pengunjung dilarang berenang di area ini karena terhitung ada ratusan bebatuan yang lumayan terjal dan licin di sekitar pantai.

7. Pantai Kemala atau Pantai Polda

Alamat: Jl. Sudirman
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Kemala atau Pantai Polda (foto: wardie99.blogspot.com)

Bila Pantai Banua Patra melarang pengunjungnya untuk berenang atau diving, tidak perlu khawatir karena disini ada Pantai Kemala atau yang disebut dengan Pantai Polda. Pantai ini bernuansa Bali dengan pasir putih yang halus dan jernih, deburan ombaknya juga kecil disertai dengan banyak pepohonan kelapa yang menambah keeksotisan tempat ini.

Di pantai ini juga ditawarkan berbagai wahana air seperti Banana Boat, Jet Ski, Outbound, dan Flying Fox dengan biaya Rp. 25.000 perorang. Pantai Kemala akan lebih ramai dikunjungi saat sore hari karena penyewaan Banana Boatnya sendiri hanya dibuka pada pukul 4 sore.

8. Tugu Australia

Alamat: Prapatan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tugu Australia (foto: wikimapia.org)

Tugu Australia ini sendiri menjadi salah satu alternatif wisata sejarah di Kota Balikpapan, tempat ini menjadi saksi bisu dalam Perang Dunia II. Tugu ini sendiri sebenarnya dibangung oleh Pemerintah Australia untuk memperingati gugurnya para pahlawan Australia dalam perang melawan Jepang.

Keunikan dari monumen ini adalah bentuk bangunannya yang tidak terlalu tinggi disertai dengan berbagai macam tanaman bunga di sekitar area tugu. Setiap tanggal 25 April, perwakilan Kedubes Australia di Jakarta akan melakukan upacara penghormatan di taman Tugu Australia ini.

9. Pantai Monpera

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Monpera (foto: daihatsuku-bpn.blogspot.com)

Pantai Monpera berdekatan dengan Tugu Monpera dan menjadi salah satu destinasi tujuan wisata sejarah di Balikpapan. Pantai ini memiliki garis yang sangat panjang dengan pasir putih yang lembut, walaupun memang air lautnya tidak terlalu jernih dikarenakan Balikpapan sendiri adalah kota minyak.

Pemandangan matahari terbenam disini sangat memukai, sehingga di sore hari akan ada banyak orang di sekitar yang berkumpul untuk mengabadikan pemandangannya. Beruntungnya, Pantai Monpera tidak terlalu ramai layaknya Pantai Kemala, karena itu suasananya akan lebih menenangkan berwisata di pantai ini. Sedangkan keunikan Monumen Perjuangan Rakyat disini karena lokasi yang ada pantai baru terkenal sebagai salah satu tujuan wisata.

10. Pantai Melawai

Alamat: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Melawai (foto: ksmtour.com)

Satu lagi pantai yang menjadi tongkrongan banyak anak muda dan mudi di Balikpapan, karena pantai ini tidak terlalu jauh juga dari Pelabuhan Semayang. Pantai ini tidak memiliki pasir putih dengan bentuk landau karena memang jenis pantainya curam dengan banyak bebatuan alami di sekitarnya.

Pantai ini juga terkadang dilewati oleh kapal atau perahu yang ingin berlabuh menuju Pelabuhan Semayang di dekatnya. Ada beberapa hotel dan café atau tempat makan menarik di sekitar Pantai Melawai, karena jaraknya dengan perkotaan juga dekat sehingga gedung perkantoran pun juga terdapat di area ini.

11. Caribbean Island Waterpark

Alamat: Perumahan Balikpapan Regency, Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II), Jl. Ruhui Rahayu, Sepinggan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 19.00
No. telp: +62 54 287 8583
HTM: Rp. 45.000 (Senin – Jumat untuk dewasa), Rp. 25.000 (Senin – Jumat untuk pelajar), Rp. 60.000 (Sabtu, Minggu dan hari libur untuk semua kategori)

Caribbean Island Waterpark (foto: wisataku.id)

Caribbean Island Waterpark merupakan sebuah kolam renang dengan berbagai wahana air untuk berwisata bersama keluarga dan teman-teman. Beberapa permainan menarik yang tersedia di dalam kolam renang Caribbean Island Waterpark adalah Kolam Renang Adventure, Octopus Tower, Caribbean Island, Monkey Slide Kids, Spillet Bucket, Sliding Race, Fun Free Slide, Elephant Slide, dan masih banyak lagi wahana menarik yang wajib dicoba.

12. Meriam Jepang

Alamat: Asrama Bukit Kelurahan Kampung Baru Ilir, Central Baru
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Meriam Jepang (foto: katakanpadahkan.wordpress.com)

Satu lagi situs peninggalan sejarah di Balikpapan yang bisa dikunjungi sebagai salah satu obyek wisata sejarah di kota ini. Meriam Jepang peninggalan Kaigun pada masa Perang Dunia II ini masih berdiri tegak saat berperang melawan Australia dulu, akibat perang ini juga Tugu Australia dibangun.

Meriam Jepang tersebut masih terlihat awet dan terawat saat berdiri tegak di lapangan luas dekat Asrama Bukit Kelurahan Bru ilir. Meriam inilah yang menjadi saksi bisu kemenangan Jepang atas Australia saat perang memperebutkan sumur minyak di kota Balikpapan.

13. Pasar Inpres Kebun Sayur

Alamat: Pasar Inpres Permata Biru Blok M No. 24, Marga Sari
Koordinat: Klik disini
Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 18.00
HTM: Gratis

Pasar Inpres Kebun Sayur (foto: kotabalikpapan.wordpress.com)

Bagi wisatawan yang tidak ingin shopping di mall tetapi tertarik untuk berbelanja oleh-oleh dapat langsung datang ke kawasan pasar tradisional bernama Pasar Inpres Kebun Sayur ini. Bahkan untuk membeli souvenir seperti senjata khas suku Dayak hingga baju adat dan makanan tradisional Kalimantan semuanya ada disini dengan lengkap.

Namanya memang Kebun Sayur tetapi di dalam pasar tradisional ini ada berbagai macam barang dan kebutuhan sehari-hari yang dapat dibeli. Pada jaman dahulu, pasar ini memang sebuah kebun sayur biasa, atau lebih tepatnya kebun kangkung dan kemudian dibangun pasar oleh Presiden Soeharto pada tahun 1981.

14. Kawasan Kampung Atas Air

Alamat: Jl. Sepaku, Baru Tengah
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telpon: +62 821 5832 2252
HTM: Gratis

Kawasan Kampung Atas Air (foto: pegipegi.com)

Berbeda dengan kampung pada umumnya yang memiliki pemandangan sawah, kebun, dan lain sebagainya, Kampung Atas Air di Balikpapan ini berdiri diatas air laut langsung. Walaupun terbuat dari balok kayu sebagai alasnya, kawasan Kampung Atas Air ini memiliki ruang hijau sendiri yang membuatnya tetap asri.

Hampir disepanjang jalanan berjembatan beton maupun besi dan kayu ini dilewati oleh arus air laut di bawahnya. Tak jarang pengunjung dapat melihat beberapa anak kecil yang bermain air dan tak segan langsung menceburkan dirinya ke laut.

15. Taman Wana Wisata KM 10

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Batu Ampar
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Telefon: +62 852 6910 0051
HTM: Rp. 1.000 (Pejalan kaki), Rp. 3.000 (Parkir kendaraan)

Taman Wana Wisata KM 10 (foto: wisataindonesia.biz)

Taman Wana Wisata KM 10 dekat dengan Sungai Wain dimana terkenal kaya akan flora dan faunanya yang unik dan dilindungi. Di dalamnya selain terdapat hutan, pepohonan yang masih asri, hingga area berkuda, ada juga fasilitas outbound dan flying fox untuk anak-anak.

Lokasi menuju tempat wisata ini sebenarnya agak terpencil dan penataannya juga masih kurang, bisa dilihat dari retribusi karcis dan tiket masuk yang dikenakan. Namun ada juga pemandangan menarik yang masih bisa dilihat seperti contohnya hamparan kebun teh layaknya di daerah pegunungan Bogor.

16. Hutan Lindung Sungai Wain

Alamat: Sungai Wain
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM: Tergantung paket yang dipilih dan banyak pengunjung

Hutan Lindung Sungai Wain (foto: triptrus.com)

Setelah dari Taman Wana Wisata KM 10 pengunjung dapat menemukan Hutan Lindung Sungai Wain di dekatnya. Lokasinya lebih mudah dijangkau dibandingkan Wana Wisata KM 10, walaupun sungai Wain khas Balikpapan ini terkenal sebagai sungai ‘perawan’ dimana belum tersentuh banyak tangan manusia.

Di dalam Hutan Lindung Sungai Wain ini terdapat pemandu wisata karena sungai Wain terkenal dengan banyaknya buaya yang bersemayam di dalamnya. Pemandangan disini akan sangat asri dan alami layaknya masih di dalam hutan rimba, pepohonannya masih sangat tinggi sehingga tingkat kealamian tempat ini juga tinggi. Jangan kaget jika beberapa pengunjung dapat menemukan beruang madu yang masih kecil disini untuk mencari makan.

17. Pantai Manggar Segarasari

Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar, Balikpapan Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 18.00
HTM: Rp. 2.000 (Anak-anak), Rp. 3.000 (Dewasa), Rp. 2.500 (Parkir motor), Rp. 10.000 (Parkir mobil)

Pantai Manggar Segarasari (foto: berbagiinfo4u.com)

Pantai Manggar Segarasari memiliki fasilitas layaknya pantai tempat wisata pada umumnya, seperti Banana Boat, Jet Ski, kapal karet, dan lain sebagainya. Tempat makan disini pun sangat lengkap yang menjual berbagai macam makanan khas Kalimantan untuk para pengunjung.

Ada taman bermain anak-anak di dekat pantai, berhubung pantai ini memiliki pasir putih dengan tipe melandai yang bisa dicoba untuk berenang. Terkadang di akhir pekan, sering diadakan panggung budaya maupun acara pertunjukan tradisional lainnya di sekitar pantai.

18. Hutan Mangrove Margomulyo

Alamat: Belakang SMA Negeri 8, Marga Sari
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 18.00
HTM: Seikhlasnya

Hutan Mangrove Margomulyo (foto: benyaminlakitan.wordpress.com)

Hutan bakau menjadi salah satu pemandangan yang unik dan indah bila ditelisik lebih dekat, terutama Wana Hutan Bakau Margomulyo ini. Beragam tanaman konservasi jenis bakau hadir disini untuk mencegah air laut saat sedang terjadi pasang yang lumayan tinggi.

Lokasinya sangat mudah ditemukan dari belakang gedung SMA Negeri 8, masuk ke gang disebelahnya dimana gang tersebut terbuat dari jembatan kayu. Pengunjung hanya perlu mengikuti arah jalan jembatan kayu hingga menemukan loket tempat masuk hutan bakau Margomulyo.

19. Hutan Mangrove Pendopo Teritip

Alamat: Gg. Pendopo, Teritip, Balikpapan Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Rp. 5.000 (Motor), Rp. 10.000 (Mobil)

Hutan Mangrove Pendopo Teritip (foto: pariwisatakatlim.blogspot.com)

Hutan Bakau Pendopo Teritip memang masih kurang populer dibandingkan Hutan Mangrove Margomulyo dimana disana disediakan perahu untuk mengelilingi beberapa danau. Namun Hutan Mangrove Pendopo Teritip juga menyediakan pemandangan yang lumayan indah disertai dengan fasilitas penginapan untuk pengunjung.

Bagi beberapa pengunjung yang ingin mendirikan tenda atau sekadar untuk berkemah di malam hari bisa dilakukan disini bersama-sama. Pemandangan matahari terbenam di dekat pantai dengan hutan bakau ini juga lumayan menakjubkan untuk dinikmati, terutama saat pantai sedang pasang surut.

20. Pantai Wisata Lamaru

Alamat: Jl. Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 18.00
Nomor telepon: +62 813 4720 1592
HTM: Rp. 10.000 (Perorang), Rp. 5.000 (Parkir motor), Rp. 10.000 (Parkir mobil)

Pantai Wisata Lamaru (foto: tempatwisataid.com)

Salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata di Balikpapan ini berada di sebelah timur dari Pantai Manggar Segarasari. Pantai ini menghadap ke arah Sulawesi dan jarang dikunjungi atau dilabuhi oleh beberapa kapal nelayan maupun kapal minyak, sehingga beruntungnya air laut disini terlihat jernih, hijau kebiruan dan berpasir putih.

Ombak dari Pantai Wisata Lamaru ini cukup bersahabat sehingga pengunjung dapat bermain air, berenang, diving, atau menyewa beberapa wahana permainan air disini. Beberapa pedagang makanan dan minuman sudah disediakan di lokasi bangunan tertentu layaknya sebuah kantin.

21. Penangkaran Buaya Balikpapan

Alamat: Jl. Mulawarman No. 66, RT. 029, Teritip
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Nomor telepon: +62 54 242 6337
HTM: Rp. 15.000 (Dewasa), Rp. 10.000 (Anak-anak)

Penangkaran Buaya Balikpapan (foto: zonalibur.com)

Penangkaran Buaya di Balikpapan terkenal karena memiliki spesies buaya terbanyak searea Kalimantan Timur dengan total 1.450 ekor lebih buaya yang dibudidayakan. Menariknya, pengunjung disini dapat memberi makan buaya liar ini sendiri di dalam kandang, tentunya dengan bantuan pemandu dan penjunak buaya.

Ada juga fasilitas hiburan tambahan disini yakni dengan menunggangi gajah khas Lampung asli, bahkan untuk mencicipi kuliner sate buaya juga disediakan. Sate buaya dipercaya baik bagi kesehatan, tersaji juga tangkur buaya dan minyak buaya dan dapat dibeli hanya pada waktu liburan akhir pekan saja.

22. Bukit Bangkirai

Alamat: Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara
Koordinat: Klik disini
HTM: Rp. 3.500 (Dewasa), Rp. 1.500 (Anak-anak), Rp. 3.000 (Parkir motor), Rp. 5.000 (Parkir mobil)

Bukit Bangkirai (foto: sweetykd.wordpress.com)

Kali ini mengunjungi Bukit Bangkirai yang merupakan objek wisata alam dengan nuansa hutan hujan tropis di Kalimantan. Terdapat jembatan gantung dimana jembatan gantung kayu terpanjang pertama di Indonesia ini akan memacu adrenalin para wisatawan.

Dari atas jembatan gantung dari kayu ini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau hutan Borneo yang merupakan salah satu paru-paru dunia. Tak khayal hutan di Bukit Bangkirai ini terlihat seperti hutan rimba karena kebanyakan pohon Bangkirai disini memiliki tinggi 40 hingga 50 meter. Ada juga air terjun alam yang terkenal disini dengan nama Air Terjun Bangkirai dengan pemandangan tidak kalah indah.

23. Lamin Etam Ambors (LEA)

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, Ambarawang Darat, Semboja
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM: Rp. 15.000, Rp. 5.000 (Parkir)

Lamin Etam Ambors (LEA) (foto: experienceofborneo.blogspot.com)

Lamin Etam Ambors (LEA) adalah tempat wisata yang terletak di daerah kilo meter 28 yang merupakan daerah selatan Balikpapan atau sering disebut sebagai wana wisata KM 28. Lamin Etam Ambors layaknya sebuah wahana di dalam hutan dimana pengunjung bisa menikmati fasilitas outbound, ATV, flying fox, dan lain sebagainya.

Tersedia juga pemancingan untuk para wisatawan yang hobi memancing, hingga arena pacuan kuda untuk berkuda. Bagi pengunjung yang ingin menginap juga disiapkan penginapan dengan setara villa, restoran yang menyediakan kuliner khas Kaltim yang terkenal, dan lain sebagainya.

24. Taman Korpri Tiga Generasi

Alamat: Sepinggan, Balikpapan Selatan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Korpri Tiga Generasi (foto: kaltim.tribunnews.com)

Taman Korpri Tiga Generasi pada dasarnya adalah taman kota kebanggaan masyarakat Balikpapan, taman ini juga berfungsi sebagai ruang terbuka taman hijau. Hal yang unik di taman ini adalah rangkaian burung merpati yang banyak singgah di beberapa spot pada taman ini untuk mencari makan.

Kadang terlihat beberapa warga atau anak-anak yang memberi makan kerumunan burung merpati disini sebagai salah satu bentuk hiburan. Ada kolam ikan yang menjadi pemandangan tambahan disini, taman bermain kecil untuk anak-anak juga disediakan beserta permainannya seperti ayunan atau perosotan kecil.

25. Pasar Klandasan

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 9, Klandasan Ulu
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 21.00
HTM: Gratis

Pasar Klandasan (foto: kaltim.prokal.co)

Pasar Klandasan memang layaknya sebuah pasar tradisional pada umumnya, namun pengelolaannya yang baik membuat pasar ini terlihat bersih. Pasar ini sendiri dapat dikunjungi untuk membeli beberapa barang kebutuhan sehari-hari hingga souvenir atau oleh-oleh khas Kalimantan.

Pasar ini memang lebih besar ketimbang Pasar Inpres Kebun Sayur, dan uniknya juga, Pasar Klandasan terletak dekat tepi pantai. Suasana pasar tidak terlalu panas karena angin pantai yang berhembus akan sangat terasa disini, pengunjung juga dapat berwisata kuliner di tempat ini.

26. Angkasa Airsoftgun Area

Alamat: Jl. Mulawarman, Sepingggang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – malam hari
Nomor telepon: +62 542 5600 0405
HTM: Rp. 100.000 (Durasi 2 jam termasuk sewa alat)

Angkasa Airsoftgun Area (foto: jotravelguide.com)

Angkasa Airsoftgun Area, atau yang lebih sering disingkat sebagai A3 merupakan salah satu arena permainan tempur pertama di Balikpapan dan searea Kalimantan. Arena permainan ini resmi dimiliki oleh Yayasan TNI Angkatan Udara dan dibuka untuk umum bagi pengunjung yang menyukai permainan airsoft gun.

Beberapa area dibagi menjadi arena untuk pertempuran darat, perang kota dengan dua gedung seluar 800 meter persegi yang akan menambah adrenalin, hutan untuk berperang, serta pantai yang juga bisa digunakan untuk mendaratkan kapal amphibi.

27. Balikpapan Super Block (BSB)

Alamat: Jl. Jenderal sudirman No. 47, Gn. Bahagia, Balikpapan Selatan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Nomor telepon: +62 54 2765 888
HTM: Gratis

Balikpapan Super Block (BSB) (foto: wikimedia.org)

Balikpapan Super Block atau yang banyak disebut sebagai BSB ini adalah sebuah pusat perbelanjaan modern layaknya sebuah mall pada umumnya. Wisatawan akan menemukan banyak hotel dan toko perbelanjaan modern serta restoran disini dengan lebih mudah bila selesai berwisata alam di Balikpapan.

Kawasan Balikpapan Super Block ini dikenal juga sebagai tempat pusat perbelanjaan paling besar dan modern di kota ini. Bahkan tersedia berbagai macam salon, fun wordl yang merupakan wahana permainan modern untuk anak-anak, café, club, karaoke, dan tempat hiburan lainnya.

28. Pulau Segajah

Alamat: Bontang Kuala, Kota Bontang (250 KM dari pusat kota Balikpapan)
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Siang sampai sore hari
HTM: Gratis

Pulau Segajah (foto: viva.co.id)

Menelusuri objek wisata alam dekat dengan Balikpapan juga tidak kalah menarik, salah satunya adalah Pulau Segajah pada Kota Bontang ini. Pulau ini hanya muncul pada pagi dan siang hari, sedangkan pada sore dan malam hari akan ditelan oleh ombak dan air laut yang mulai pasang naik.

Pulau ini berukuran hanya sebesar punggung gajah, maka dari itu disebut pulau segajah dan mudah tenggelam saat air laut mengalami pasang naik. Pengunjung dapat melakukan diving atau snorkeling disini untuk mengabadikan keindahan wisata bahari di dalam laut sekitar Pulau Segajah tersebut.

29. Liang Mangkulangit

Alamat: Muara Komam, Paser.  (5 jam perjalanan dari Balikpapan)
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Liang Mangkulangit (foto: panoramio.com)

Masih di daerah sekitaran luar Balikpapan ada bukit pegunungan karst yang menyimpan keindahan alami dan hampir tak tersentuh tangan manusia. Liang Mangkulangit adalah sebuah bukit karst dimana dibawahnya terdapat gua dan sungai bawah tanah yang bisa dilihat keindahannya oleh pengunjung.

Atap gua ini menjorok keatas seperti sedang mengangkat langit, karena itu objek wisata alam ini dinamakan Liang Mangkulangit. Sedangkan di bagian bawahnya membentuk gua yang sangat luas dan megah dengan aliran Sungai Kandilau dibawahnya.

30. Danau Cermin Lamaru

Alamat: Lemaru, Balikpapan Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Danau Cermin Lamaru (foto: pegipegi.com)

Berkunjung ke danau ini, wisatawan dapat bercermin pada air danau yang sangat jernih sekali sambil menaiki perahu. Saking jernihnya, pantulan pepohonan dan sinar matahari dari sekitar danau akan terlihat layaknya sebuah cermin memantulkan refleksi gambar di depannya.

Lokasi danau ini terletak pada bagian belakang lapangan tembak milik TNI dan Polri Balikpapan, tempat ini sendiri belum ditetapkan sebagai tempat tujuan wisata oleh pemerintah. Tetapi banyak sekali pengunjung yang datang ke danau ini karena pemandangan alamnya yang luar biasa indah dan menakjubkan.

31. Waduk Manggar

Alamat: JL. Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomor telepon: +62 54 205 4272
HTM: Gratis

Waduk Manggar (foto: tribunnews.com)

Waduk Manggar memang tidak seindah Danau Cermin Lamaru, karena waduk buatan ini dikhususkan untuk PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Balikpapan untuk keperluan warganya. Banyak sekali flora dan fauna yang hidup di sekitar waduk ini, tetapi bagi wisatawan diharapkan tidak mengganggu dan membuang sampah sembarangan mengingat waduk ini merupakan sumber air bersih bagi warga.

Waduk Manggar juga lebih luas dibandingkan Danau Cermin karena memang fungsinya disediakan sebagai air bersih untuk satu jutaan warga Balikpapan disini.

32. Mahavihara Budhamanggala

Alamat: JL. MT. Haryono RT 43 No. 153, Graha Indah Ring Road, Batu Ampar, Balikpapan Utara
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 22.00
Nomor telepon: +62 54 286 1106
HTM: Gratis

Mahavihara Budhamanggala (foto: mudita.or.id)

Dinamakan Mahavihara karena Vihara ini merupakan Vihara paling besar di daerah Balikpapan dengan beberapa candi modern dan ada patung Buddha tidur disini. Patung Dhammasala, atau disebut sebagai patung Buddha tidur disini merupakan patung Buddha paling besar yang pernah dibuat di Indonesia.

Vihara ini memiliki berbagai relief patung yang indah, seperti tiga patung singa, kolam dengan motif bunga teratai di tengahnya, hingga candi modern dengan patung kepala gajah yang memancarkan air pada setiap belalainya.

33. Griya Water Park

Alamat: Perumahan Griya Permata Asri, Jl. Ruhui Rahayu Ring Road Damai III, Gunung Bahagia RT. 42, Balikpapan Selatan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Nomor telepon: +62 54 2720 2107
HTM: Rp. 60.000 (Diskon 20% dengan kartu member)

Griya Water Park (foto: panoramio.com)

Waterpark dan kolam renang Griya Permata Asri ini juga salah satu tujuan wisata air yang patut dikunjungi. Ada berbagai wahana air seperti kolam renang yang terbagi menjadi 4 bagian, 7 perosotan dengan 2 seluncuran tertinggi untuk memacu adrenalin pengunjung, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Tersedia pula tempat makan seperti café dan restoran di dalam area waterpark, area parkir bebas biaya alias gratis, dan beberapa meja untuk pengunjung dengan paying di atasnya disediakan secara gratis untuk digunakan.

34. Museum Kodam VI

Alamat: JL. Letjend Suprapto, RT. 024, RW. 005, Baru Tengah, Balikpapan Barat
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 15.00
Nomor telepon: +62 54 273 5359
HTM: Gratis

Museum Kodam VI (foto: prokal.co)

Museum ini khusus diperuntukan bagi wisatawan yang ingin berwisata sejarah di Balikpapan yang letaknya di kawasan konservasi TNI Angkatan Darat. Terdapat 6 ruangan di dalam museum ini dimana isinya berupa foto-foto kota Balikpapan jaman dulu, peralatan perang yang pernah dipakai para pahlawan, miniatur kapal perang dan sebagainya.

Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan dan film dokumenter tentang bagaimana sulitnya para pejuang dahulu berperang untuk memperebutkan kemerdekaan Indonesia.

35. Dahor Heritage Museum

Alamat: Jl. Letjen Suprapto, Baru Ilir, Balikpapan Barat
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM: Gratis

Dahor Heritage Museum (foto: adityaparama.blogspot.com)

Dahor Heritage Museum ini sendiri sebenarnya hanyalah sebuah rumah panggung kecil di area beberapa peninggalan rumah khas Belanda yang masih ada hingga sekarang. Di dalamnya tersedia foto-foto pameran sejarah Balikpapan, komunitas Balikpapan tempo dulu, dan 9 rumah peninggalan Beanda yang kini menjadi cagar budaya berupa rumah adat untuk dijadikan museum.

Rumah panggung di salah satu kawasan Dahor Heritage Museum ini bernuansa jaman kolonial Belanda. Sejarah perang Asia Pasifik antara Australia dan Jepang pun bisa dilihat sisa-sisannya dan dipelajari foto peninggalan perang tersebut.

2 thoughts on “35 Tempat Wisata di Balikpapan Kalimantan Timur 2017 : Lamin Etam Ambors (LEA) Kilo Km 28 DLL

  1. Liang Mangkulangit punya sebuah kekhasan yg bikin greget wisatawan yg berkunjung kesana, berkat artikel ini jadi bnyak taunya deh, makasih min infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *