40 Objek Wisata Terbaru di Banyuwangi, Sudah ke Sini Belum?

Posted on
Tempat wisata di banyuwangi jawa timur yang wajib dikunjungi selain pantai kawah ijen jatim kota pulau merah peta paket alas purwo plengkung teluk biru daerah kabupaten muncar rogojampi genteng kalibaru wedi ireng dan sekitarnya foto lengkap 2018 objek daftar destinasi alam jatim utara" src="https://alexandramar.files.wordpress.com/2017/03/tempat-wisata-di-banyuwangi.jpg" alt="Tempat wisata di banyuwangi jawa timur yang wajib dikunjungi selain pantai kawah ijen jatim kota pulau merah peta paket alas purwo plengkung teluk biru daerah kabupaten muncar rogojampi genteng kalibaru wedi ireng dan sekitarnya foto lengkap 2018 objek daftar destinasi alam jatim utara
Piknik di Banyuwangi (foto: wovgo.com)

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jatim, letaknya berada di ujung paling timur Pulau Jawa.

Bisa dikatakan bahwa provinsi Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata yang potensial. Tidak hanya di Malang namun masih banyak lagi potensi yang tersembunyi, salah satunya ada di Banyuwangi.

Tempat rekreasi di Banyuwangi sangat beragam, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada disana. Simak daftar obyek di Banyuwangi dan sekitarnya lengkap 2018 yang wajib untuk dikunjungi:

1. Teluk Hijau

Lokasi: Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.500/orang
Telepon: 0812-3893-6042
Jam Operasional: 07.00 – 16.30

Teluk Hijau (foto: blog.reservasi.com)

Teluk Hijau di Banyuwangi sangat menawan dikarenakan warna airnya yang sangat jernih. Objek ini disebut juga dengan Teluk Ijo karena airnya yang berwarna biru kehijau-hijauan disebabkan oleh alga yang tumbuh secara bergerombol di dasar pantai.

Teluk Hijau merupakan spot pantai yang lokasinya berada di dalam kawasan Pulau Merah dan juga Taman Nasional Meru Betiri.

Keindahan tempat ini tidak hanya dari warna airnya saja, namun juga karena adanya batu karang yang terletak di sisi Teluk Hijau. Batu Karang ini sering digunakan untuk tempat berfoto bagi pengunjung yang datang kesini.

Sayangnya untuk ke Teluk Hijau pengunjung harus menempuh perjalanan yang sulit. Meski sulit, lelah Anda akan terbayarkan ketika melihat keindahan di Teluk Hijau ini.

2. Watu Dodol

Alamat: Jl. Situbondo, Ketapang, Kalipuro
Map: KlikDisini
Harga Tiket Masuk: Rp.2.500/orang
Jam Operasional: 24 Jam

Watu dodol banyuwangi (foto: tabloidwisata.com)

Watu Dodol merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal karena panoramanya. Watu Dodol sendiri merupakan batu yang berdiri kokoh dengan tinggi 10 meter.

Lokasinya yang berada tepat di pesisir membuat Anda bisa sekaligus menikmati panorama pantai tersebut. Pengunjung dari arah Banyuwangi menuju Situbondo yang melewati Jalan Pantura pasti akan menemukan keberadaan Watu Dodol ini.

3. Pantai Boom

Lokasi: Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi
Peta: KlikDisini
HTM: Rp.2.000/orang
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai Boom (foto: wisataterindah.com)

Mengunjungi Kota Jatim terasa kurang rasanya jika tidak mengunjungi tempat ini. Pantai Boom adalah salah satu ikon di Jawa Timur yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kepopuleran Pantai Boom dikarenakan lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota, sehingga mudah sekali diakses oleh wisatawan lokal maupun asing.

Selain bisa bermain air pantai, Anda juga bisa duduk santai di kursi yang disediakan oleh pihak pengelola wisata disini sambil menunggu sunset datang.

4. Desa Osing

Alamat: Kemiren, Glagah
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang

Desa osing (foto: tipsjalan.com)

Selain pantai, Kota Banyuwangi juga memiliki tempat wisata penuh adat istiadat yaitu Desa Osing. Desa Osing masih menjaga erat budaya atau tradisi seperti puputan, nginang, selamatan dan tumpeng sewu.

Ciri khas yang bisa ditemukan disini adalah rumah adat dengan menggunakan gaya osing dan tandanya berupa kepala burung bouraq di bagian pintu. Setiap tahun di desa ini diadakan festival tahunan seperti tari seblang, barongan, menyangar kopi dan masih banyak lagi lainnya.

5. Air Terjun Lider

Lokasi: Sumberarum, Songgon, Banyuwangi Regency
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang
Buka / Tutup: Minggu dan Senin (08.00 – 18.00)

Air terjun lider (foto: banyuwangibagus.com)

Berwisata alam bisa dengan mengunjungi Air Terjun Lider yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Debit airnya pun cukup banyak sehingga bisa memanjakan mata Anda ketika berkunjung kesini.

Letak dari air terjun ini cukup tersembunyi sebab berada di lereng pegunungan dan dalam kawasan hutan lindung. Jika beruntung, Anda bisa melihat spektrum pelangi di sekitar air terjun.

Pohon rimbun dengan akar menjuntai seolah memiliki daya magis tersendiri dan menciptakan panorama alam yang indah.

Untuk bisa kesini Anda bisa menempuh perjalanan dari kecamatan Genteng menuju ke Sempu. Setelah itu dari Sempu silahkan Anda menuju ke desa Sumberwangi dan melewati Jambewangi dengan jarak 7 km.

Anda pun akan sampai di perkebunan Dukuh Lider dan air terjun tersebut ada didekat pedukuhan tersebut.

6. Pantai Plengkung

Alamat: Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi Regency
Koordinat: KlikDisini

foto by instagram.com/summer.simon

Salah satu objek menarik yang ada di Banyuwangi adalah Pantai Plengkung yang disebut juga dengan G-Land. G-Land merupakan salah satu wisata bahari yang fenomenal dan sangat terkenal dari sekian banyak pantai  di Banyuwangi .

Tidak hanya dikenal oleh masyarakat Banyuwangi saja namun kepopuleran Pantai Plengkung ini sudah mendunia. Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki ombak yang besar dan cocok digunakan untuk olahraga surfing.

Peselancar dunia pun suka untuk menantang ombak disini. Karena ombaknya yang besar, Pantai Plengkung dinobatkan sebagai spot untuk selancar terbaik di Asia Tenggara.

7. Pantai Sukamade

Lokasi: Sarongan, Pesanggaran
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 16.00)

Pantai sukamade (foto: asliindonesia.com)

Pantai ini disebut sebagai habitatnya bagi flora dan fauna. Pengunjung yang datang kesini bisa melihat secara langsung penyu sedang bertelur. Bahkan pantai ini dijuluki sebagai surganya penyu bertelur.

Pantai Sukamade disebut triangle diamonds dikarenakan memiliki keterikatan dengan G-Land dan Gunung Ijen. Ketiga tempat tersebut merupakan destinasi utama bagi wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

8. Kawah Ijen

Alamat: Taman Nasional Baluran
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.7.500/orang, Rp.150.000/turis asing

Kawah ijen (foto: manusialembah.com)

Kawah ijen merupakan destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Masyarakat sekitar menyebut tempat ini dengan Gunung Ijen.

Kawah Ijen merupakan gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif ditandai dengan banyaknya belerang di kawah tersebut. Turis asing tertarik untuk mengunjungi Gunung Ijen karena pesona kawahnya yang terlihat hijau dan kebiruan.

Anda pun bisa melihat bunga edelweiss di dataran tinggi Gunung Ijen, selain itu  jika beruntung blue fire bisa muncul dan terlihat disini. Fenomena Blue Fire ini hanya ada di dua tempat yaitu Banyuwangi dan Islandia.

9. Pulau Merah

Lokasi: Sumberagung, Pesanggaran
Koordinat: KlikDisini

Pulau merah (foto: agentwisatabromo.com)

Asal usul dinamakan Pulau Merah dikarenakan bukit unik yang ada di sekitar tepi pantai dan memiliki tanah yang merah. Pantai di Pulau ini tidak memiliki ombak besar sehingga bagi Anda yang ingin berwisata bersama dengan keluarga bisa datang kesini.

BacaJuga:  Wisata Kampung Warna Warni Jodipan Di Malang + Tiket Masuk Lokasi Alamat

Dulunya akses untuk menuju ke Pulau Merah jalannya lumayan rusak, namun berkat perhatian dari pemerintah jalanan yang jelek tidak akan dijumpai lagi.

10. Alas Purwo

Alamat: Jalan Brawijaya No. 20, Kebalenan
Koordinat: KlikDisini
Telepon: +62 333 428675
Tarif: mulai dari Rp.1.600.00/paket
Jam Operasional: Senin-Jumat (07.30 – 16.00)

gambar by ijenvolcanotour.com

Banyuwangi identik dengan hal-hal yang berbau mistis karena memiliki Alas Purwo. Meski memiliki daya magis dan nilai mistis, Alas Purwo tetap diminati oleh wisatawan.

Tidak mengherankan jika banyak agen travel yang menyediakan paket Alas Purwo yang sudah melingkupi biaya hotel, makanan dan juga biaya kendaraan.

Paket tersebut tidak hanya mengantarkan Anda di hutan paling tua di Jawa saja, namun juga ke lokasi wisata sekitar Alas Purwo seperti hutan bakau.

Ilmuwan mengemukakan fakta bahwa bebatuan yang di Alas Purwo sudah ada sejak zaman prasejarah sehingga diperkirakan umurnya sudah sangat tua.

11. Teluk Biru

Lokasi: Taman Nasional Alas Purwo, Kec. Muncar

Teluk biru (foto: asliindonesia.com)

Teluk Biru adalah spot menyelam dan snorkeling yang paling menarik di Banyuwangi. Dinamakan Teluk Biru dikarenakan airnya akan menimbulkan kesan warna hijau agak kebiru-biruan dan dijadikan spot menarik bagi penyelam dikarenakan pemandangan bawah air laut yang sangat eksotis.

Selain menyelam, pengunjung yang datang kesini bisa melakukan snorkeling, berenang, berlayar dan bermain sky air. Untuk bisa melihat sunrise Anda diwajibkan untuk datang kesini tepat pukul 2 dinihari. Jika tidak bisa datang tepat waktu, sunrise yang indah tidak bisa Anda lihat disini.

Sayangnya peta untuk menuju Teluk Biru ini belum berada di maps. Anda memerlukan rute pasti untuk menuju ke tempat ini. Rutenya adalah berikut ini:

  • Anda bisa mengambil arah Kota Lumajang, kemudian pilih jalur bebas hambatan. Setelah itu ambil rute Jalan Probolinggo atau Wonorejo kemudian dilanjutkan menuju Jalan Randu Agung.
  • Dari Jalan Randu Agung menuju ke Jalan Raya Tunjung, kemudian pilih rute menuju Sultan Agung. Dari Sultan Agung, Anda memilih rute Jalan Sumber Baru sampai ke Tajem.
  • Setelah dari Tajem, Ambil rute menuju POM Bensin yang ada di Jalan Raya Klakah. Sebelum POM Bensin belok kiri kemudian ikutilah jalan tersebut. Jalan tersebut akan membawa Anda ke alun-alun kota Jember.
  • Dari alun-alun tersebut Anda bisa menuju Pelabuhan Muncar. Pelabuhan tersebut akan membawa Anda menuju ke Teluk Biru dengan menyewa perahu. Perahu disana harga sewanya dibanderol mulai dari Rp.600.000. Sayangnya untuk mendapatkan perahu disini Anda harus melakukan booking jauh-jauh hari, tidak bisa secara mendadak.

12. Hutan Pinus Songgon

Alamat: Sumberbulu, Songgon
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang
Telepon: 0815-5679-4258
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

Hutan Pinus Songgon (foto: ngadem.com)

Hutan Pinus Songgon memiliki pemandangan yang sangat menarik selain itu hawa disini sangat sejuk. Seperti dengan namanya, kawasan ini dipenuhi dengan ribuan pohon pinus.

Untuk menuju hutan pinus ini Anda bisa mengambil rute Banyuwangi ke Jember. Ambillah rute dari Rogojampi, kemudian pilihlah kantor Telkom menuju ke arah kanan.

Ikuti jalan itu sampai ke kecamatan Songgon, setelah itu ambil rute menuju pasar dan lalu belok kiri. Tetaplah berada di jalan tersebut sampai menemukan kantor dengan hiasan patung pahlawan, teruslah berjalan lurus hingga menuju hutan pinus.

13. Air Terjun Tirto Kemanten

Lokasi: Kalibaruwetan, Kalibaru
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Senin – Minggu (24 Jam)

Air Terjun Tirto Kemanten (foto: wisataterindah.com)

Air terjun Tirto Kemanten ini lokasinya ada di kota Kalibaruwetan dan kecamatannya adalah Kalibaru. Tempat ini disebut juga dengan Air Terjun Wonorejo dikarenakan berada di dusun Wonorejo.

Ada dua aliran air disini sehingga disebut juga dengan Tirto Kemanten. Kemanten artinya pengantin, biasanya pengantin ada dua orang dan dipasangkan menjadi satu. Air terjun ini pun mirip pengantin yang sedang berdampingan.

14. Wedi Ireng

Alamat: Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Pesanggaran
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.3.000/orang

Wedi ireng (foto: eastjava.com)

Wedi Ireng merupakan objek wisata pantai di Banyuwangi yang memiliki arti pasir hitam. Di  tempat ini sebenarnya tidak hanya dihiasi pasir hitam saja, namun pasir putih pun juga ada.

Pantai Wedi ireng terbagi menjadi dua yaitu sisi barat dan juga timur. Pasir putih berada di sebelah timur dan disisi barat dihiasi dengan pasir hitam. Ombaknya yang besar membuat Anda harus berhati-hati ketika bermain air disini.

15. Pantai Blimbingsari

Lokasi: Jl. Pantai Blimbingsari, Rogojampi
Koordinat: KlikDisini

foto by wisatatempatku.com

Lokasi Pantai Blimbingsari berada di dalam kecamatan Rogojampi dan jaraknya sekitar 23 km dari pusat Kota Banyuwangi. Untuk menuju ke lokasi ini sangat mudah dikarenakan sudah banyak kendaraan yang bisa menuju ke Pantai Blimbingsari.

Saat berada di lokasi ini, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas ala Pantai Blimbingsari. Kuliner yang bisa Anda coba adalah ikan bakar dengan berbagai macam bumbu. Selain mencicipi kuliner khas berupa ikan bakar, Anda juga bisa melihat upacara petik laut setiap bulan Suro di pantai ini.

16. Umbul Bening

Alamat: Desa Sumbergondo, Glenmore
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang

Umbul bening (foto: umbul01.wordpress.com)

Umbul Bening merupakan objek wisata berupa kolam renang. Air yang ada di kolam Umbul Bening berasal dari perbukitan sehingga tidak mengherankan jika berenang disini hawanya lebih segar.

Rasanya berenang disini lebih menyegarkan dibandingkan dengan kolam renang yang berasal dari air tanah atau PDAM karena perbedaan sumbernya.

Anda bisa membawa anak dan keluarga liburan menuju ke tempat ini. Ada kolam renang khusus dewasa dan anak-anak dengan kedalaman yang berbeda. Meski kolam renang anak dangkal, pengawasan tetap harus Anda lakukan disini agar terhindar dari hal buruk dan yang tidak diinginkan.

17. Pantai Rajegwesi

Lokasi: Balai Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.7.500/orang

Pantai rajegwesi (foto: wisatajatim.info)

Pantai Rajegwesi lokasinya dekat dengan Bukit Capil. Ciri khas dari pantai ini adalah ombaknya yang tenang sehingga akan  membuat pengunjung bisa bermain air disini.

Bagi Anda yang suka masakan hasil laut, di sekitar pantai ada pedagang penjual seafood segar. Pantai ini masih di dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Meru Betiri. Banyak orang menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata ketika berada di Banyuwangi.

18. Mirah Fantasia

Alamat: Jalan Karimun Jawa No. 81, Lateng
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.15.000/orang
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 17.00)

Mirah fantasia (foto: irnariyani.wordpress.com)

Mirah fantasia merupakan objek baru di Banyuwangi dan lokasinya sendiri berada dekat pantai. Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati berbagai macam wahana menarik seperti naik hewan seperti gajah, kolam renang dan juga rekreasi di pantai.

Selain itu disini ada taman satwa yang memiliki berbagai macam jenis hewan misalnya burung, monyet, buaya dan juga gajah.

Sama seperti tempat lainnya, khusus kolam renang dibagi menjadi dua yaitu anak-anak dan dewasa. Bagi Anda yang membawa anak bisa mengajaknya berenang di Mirah Fantasia.

19. Taman Blambangan

Lokasi: Kepatihan, Banyuwangi
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 24 Jam

Taman Blambangan (foto: indoturs.com)

Taman Blambangan adalah sebuah alun-alun yang ada di Kota Banyuwangi dan sebelum diberi nama Blambangan dulunya bernama Tegaloji. Jangan lupa bagi Anda yang berada di Banyuwangi untuk mampir di taman ini.

BacaJuga:  10 Daftar Mall Terbesar di Banyuwangi Jawa Timur

Selain disini bisa jogging, Anda bisa bermain bola, skateboard dan olahraga basket pun bisa dilakukan di taman ini.

Taman Blambangan juga ada gelanggang seni dan budayanya. Karena dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas tersebut, taman ini tidak hanya seperti alun-alun biasa saja.

20. Pantai Bangsring

Alamat: Bangsring, Wongsorejo, East Java 68453
Koordinat: KlikDisini

Pantai basring (foto: telusurindonesia.com)

Pantai Bangsring dikenal dengan terumbu karangnya yang indah. Letak pantai ini berada di sisi sebelah utara pusat kota Banyuwangi Jatim.

Kondisi terumbu karang yang ada disini pun terpelihara dengan baik dan dijaga kelestariannya. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung pantai ini adalah snorkeling dan juga berenang.

Dengan kedalaman 2 meter saja, Anda bisa melihat ikan dan terumbu karang yang ada di ekosistem Pantai Bangsring. Tiket masuk gratis, namun jika ingin snorkeling Anda harus mengeluarkan biaya sewa peralatan.

21. Air Terjun Jagir

Lokasi: Glagah, Kp. Anyar
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Senin – Minggu (06.00 – 17.00)

Air terjun jagir, foto by instagram.com/ayodolan

Salah satu wisata air terjun yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Banyuwangi adalah  Air Terjun Jagir. Sumber airnya berasal dari Pawon yang memiliki arti berupa dapur.

Memang debit air yang ada di objek wisata ini berasal dari belakang rumah penduduk. Aliran airnya di lokasi ini ada sebanyak tiga buah sehingga disebut dengan curug tiga saudara.

Kata penduduk sekitar mengatakan bahwa air terjun tersebut bisa menyembuhkan segala penyakit. Caranya adalah dengan berendam di bawah aliran air terjun.

Fasilitas yang ada disini pun lumayan lengkap. Ada ruangan yang disediakan untuk berganti pakaian, toilet umum dan juga warung makan maupun minum. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas yang sudah disediakan disini.

22. Pura Agung Blambangan

Alamat: Blambangan, Muncar, Tembokrejo
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0858-5859-6073

Pura agung blambangan (photo: bimashindujatim.blogspot.co.id)

Berwisata sejarah bisa mengunjungi Pura Agung Blambangan. Pura ini merupakan bagian situs umpak songo yang merupakan peninggalan dari kerajaan Blambangan dan masih berdiri kokoh sampai sekarang. Saat ini Pura Blambangan berada di lahan dengan luas 1 hektar.

Sebanyak 1000 umat Hindu bisa beribadah dan berdoa disini. Sama seperti di BALI, pura ini juga mengadakan hari besar Kuningan dan sering digunakan untuk acara religi khusus umat Hindu. Pengunjung yang datang dan ingin masuk ke Pramaka wajib menggunakan selendang diikatkan pinggang.

23. Waduk Sidodadi Glenmore

Lokasi: Karangharjo, Glenmore
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 09.00 – 19.00

Waduk sidodadi glenmore (foto: banyuwangi.club)

Waduk Sidodadi Glenmore cocok bagi Anda yang menyukai wahana air. Meski tidak basah-basahan, Anda bisa menikmati wahana berupa naik perahu dengan mengelilingi waduk.

Pada awalnya pembuatan waduk ini dijadikan sebagai sarana irigasi untuk tanaman tebu. Karena pemandangan di sekitar waduk yang indah, membuatnya dijadikan sebagai objek wisata.

Tidak hanya wahana air saja yang bisa dicoba, namun Anda bisa bermain ATV, sirkuit motor, mini trail dan juga flying fox.

24. Rowo Bayu

Alamat: Bayu, East Java
Koordinat: KlikDisini

Rowo Bayu (foto: telusurindonesia.com)

Rowo Bayu merupakan objek wisata berupa telaga yang lumayan luas. Telaga Rowo Bayu sangat bersejarah bagi kota Banyuwangi hal itu dikarenakan adanya petilasan Raja Blambangan Tawang Alun.  Anda bisa melihat petilasan tersebut tepat di pinggir telaga Rowo Bayu.

Rowo Bayu dulunya digunakan sebagai tempat semedi Raja Blambangan Tawang Alun. Raja melakukan semedi dikarenakan merenungi nasib adiknya yang mati karena melawannya.

Di Rowo Bayu terdapat tiga buah mata air yang diberi nama sendang keputren, sendang wigangga dan sendang kamulyan.

25. X-Badeng Adenture

Lokasi: Dusun Sumber Agung, Desa Sumberbulu, Kec. Songgon
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.40.000 – Rp.100.000/orang
Telepon: 0852-3293-6801
Jam Operasional: 24 Jam

X Badeng adventure (foto: x-badengtubingadventure.blogspot.com)

Banyuwangi memiliki X-Badeng Adventure untuk penyuka olahraga ekstrem arung jeram. X-Badeng Adventure merupakan tempat yang cocok untuk menguji nyali saat Anda diharuskan melintasi arus air sungai  deras dan terjal.

Lokasi yang digunakan untuk arung jeram ini adalah Kali Badeng dikarenakan aliran air di tempat ini sangat deras.

Sungai atau kali Badeng ini sumbernya berasal dari Gunung Raung sehingga kondisi airnya cukup dingin. Di sungai ini pun terdapat batuan besar yang sangat menantang untuk ditaklukkan saat arung jeram.

Untuk bisa arung jeram disini, Anda harus memilih paket yang disediakan. Paket pertama adalah rute terpendek dimana jaraknya hanya 1,5 km saja.

Pilihan paket kedua memiliki rute sepanjang 4 km, jarak tempuhnya selama 2 – 3 jam. Paket ketiga adalah rute paling jauh dikarenakan Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 7 km dengan waktu tempuh 4 – 6 jam.

26. Mangrove Bedul Ecotourism

Alamat: Dusun Bloksolo, RT. 1, RW. 2, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00-16.00)
Telepon: 0852-3692-8947

Mangrove bedu ecotourism (foto: banyuwanginesia.com)

Mangrove Bedul merupakan hutan bakau yang digunakan sebagai objek wisata sejak tahun 2010. Letaknya di desa Sumber Asri kecamatan Purwoharjo. Sejak dibuka, pihak pengelola ekowisata tersebut terus meningkatkan sarana dan prasarana.

Yang ditingkatkan serta diperbaiki misalnya tempat parkir, warung makanan, toilet, tempat ibadah dan lain-lain. Anda bisa mencoba naik perahu dan berkeliling mengelilingi hutan bakau yang ada disini.

27. Pantai Mustika Pancer

Lokasi: Pesanggaran
Koordinat: KlikDisini

Pantai Mustika Pancer (foto: goophiee.blogspot.co.id)

Meski belum terlalu terkenal, namun pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Pantai Mustika Pancer ini  memiliki pasir lembut, pemandangan yang mengagumkan terlebih lagi objek wisata ini juga berdekatan dengan Pulau Merah.

Bahkan dulunya pengunjung di pantai ini bisa naik motor menuju ke Pulau Merah menggunakan sepeda motor. Sayangnya untuk saat ini hal tersebut sudah tidak diperbolehkan lagi.

28. Taman Sritanjung

Alamat: Jalan Sritanjung, Temenggungan
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 24 Jam
Telepon: 0812-3456-7890

Taman sritanjung (foto: banyuwangi.merdeka.com)

Keberadaan taman ini sebenarnya sudah lama. Dulunya taman ini disebut dengan Lapangan Tegalmasjid dikarenakan lokasinya yang ada di depan Masjid Agung Jami. Tepatnya pada tahun 2012, taman ini direnovasi ulang dan dibuat lebih bagus lagi.

Fasilitasnya pun semakin diperbaiki dan diperbarui. Yang ditambahkan di taman ini adalah bangku, lampu taman dan pembukaan lapak untuk pedagang kaki lima. Disini Anda bisa jogging ataupun bersantai menikmati suasana di sekitar taman.

29. Rowo Biru

Lokasi: Pesanggaran, Buluagung, Siliragung
Koordinat: KlikDisini

Rowo biru (foto: jepretannana.blogspot.co.id)

Banyuwangi memiliki Rowo Biru yang suasananya lebih terang dan tidak gelap. Berbeda dengan Rowo Bayu yang dikelilingi oleh perbukitan sehingga suasana menjadi lebih gelap. Rowo ini sering dikunjungi oleh wisatawan terutama anak muda.

Keberadaan jembatan kayu yang melintasi rawa membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pengunjung yang datang ke Rowo Biru ini suka berfoto di jembatan kayu tersebut.

30. Pemandian Tamansuruh

Alamat: Jl. Perkebunan Kalibendo, Taman Suruh, Glagah
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.10.000/orang
Jam Operasional: Senin – Sabtu (07.00 – 16.00), Minggu (07.00-16.30)

Pemandian tamansuruh (foto: pegipegi.com)

Keunikan dari pemandian ini adalah berenang ditemani dengan pemandangan sawah yang indah. Suasana di pemandian ini nyaman dan sejuk, bahkan tarif masuknya sangat murah. Tamansuruh merupakan salah satu pemandian populer di Banyuwangi dikarenakan pemandangan dan suasananya.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Hijau Slg Kediri, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju Wisata + Jam Buka

Saat menuju ke lokasi ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa sawah penduduk yang dibuat secara terasering. Tidak jarang selama perjalanan Anda akan menemukan petani yang sedang bercocok tanam di sawahnya masing-masing.

Pemandian Tamansuruh ini dibuka setiap hari dan untuk bisa berendam, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah saja.

31. Kawah Bulan Sabit

Alamat: Tamansari, Licin
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang

Kawah Bulan Sabit (foto: riandika.com)

Banyak yang tidak menyangka jika dibalik Kawah Ijen menyimpan keindahan lain. Jika Anda suka dengan trek yang menantang, silahkan datang ke Kawah Bulan Sabit ini.

Sayangnya pengelola kawasan Kawah Ijen melarang pengunjung untuk datang ke tempat ini. Hal itu dikarenakan rumitnya jalur atau rute menuju ke Kawah Bulan Sabit rentan membuat tersesat.

Pengunjung yang berhasil datang ke lokasi ini, akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan. Pemandangan Kawah Ijen dan sekitarnya bisa terlihat dengan jelas. Selain itu, Anda juga akan melihat landscape berbentuk bulan sabit berada tepat di bagian tengah kawah.

32. Taman Sayu Wiwit

Lokasi: Jl. Jember Kalibaru, Taman Baru
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Senin – Minggu (04.00 – 24.00)

Taman sayu wiwit (foto: banyuwangibagus.com)

Lokasi Taman Sayu Wiwit tepat berada di kantor Bupati Banyuwangi. Sebelumnya tempat ini adalah Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria. Semenjak kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, kompleks Taman Makam Pahlawan dibagi menjadi dua.

Pemecahan tersebut membuat taman depan TMP dijadikan sebagai ruang terbuka yang memiliki pemandangan hijau. Ruang terbuka itulah yang dinamakan Taman Sayu Wiwit.

33. Pantai Trianggulasi

Alamat: Taman Nasional Alas Purwo, Kendalrejo, Tegaldlimo
Koordinat: KlikiDisini
Tarif: Rp.5.000/orang

Pantai Trianggulasi (foto: banyuwangibagus.com)

Pantai ini memang tidak terlalu populer, meski begitu pemandangannya sangat mempesona berkat deburan ombaknya yang tinggi. Di pantai ini Anda bisa menikmati sunset, berwisata bahari bahkan juga berkemah.

Keunikan pantai ini adalah banyaknya satwa monyet dan siap menyambut setiap wisatawan yang datang. Tidak perlu takut, monyet ini hanya sering meminta makanan dan sifatnya juga jinak.

34. Pulau Tabuhan

Lokasi: Bengkak, Wongsorejo
Koordinat: KlikDisini

Pulau tabuhan (foto: kitamuda.id)

Pulau Tabuhan termasuk dalam kawasan tidak berpenghuni dan lokasinya sekitar 20 km dari pusat kota. Pulau ini memiliki pantai yang cukup luas sekitar 5 hektar, selain itu letaknya berada antara Jawa dan Bali.

Meski tidak berpenghuni, Pulau Tabuhan sangat eksotis. Pengunjung akan menemukan berbagai jenis coral dan biota laut yang beragam. Pecinta olahraga air yang ekstrem bisa mencoba kite surfing dan wind surfing di pulau ini.

35. Taman Nasional Baluran

Alamat: Sumberwaru, Banyuputih
Koordinat: KlikDisini
Telepon: (0333) 461936
Jam Operasional: Senin – Kamis (07.30 – 16.00), Jumat (07.30-16.30)

Taman nasional baluran (foto: balurannationalpark.web.id)

Di taman nasional ini, Anda bisa melihat savana paling luas. Bahkan Taman Nasional Baluran dinobatkan sebagai savana Pulau Jawa terluas. Savana ini membuat Anda serasa di padang rumput Afrika.

Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang bisa dinikmati disini, namun jika beruntung Anda bisa menemukan sekelompok rusa berlarian kesana kemari. Jumlah rusa yang ada di Taman Nasional Baluran mencapai ratusan.

Satwa yang bisa Anda temukan lainnya disini seperti Merak, Elang, dan Lutung. Kadang ada burung merak yang melebarkan sayapnya, serta Elang juga mencari makan di taman ini.

Selain itu Anda juga bisa melihat pohon khas Baluran bernama Pinang. Ciri khas dari Pohon Pinang adalah memiliki batang putih dan hanya akan berbuah selama  tahun sekali.

36. Savana Sadengan

Lokasi: Sadengan Alas Purwo, Kalipait, Tegaldlimo
Koordinat: KlikDisini

Savana Sadengan (foto: yukpiknik.com)

Savana Sadengan adalah padang rumput yang luas. Luas dari padang rumput tersebut bisa mencapai 80 hektar. Padang rumput ini merupakan hasil semi alami sebab muncul akibat hutan yang mengalami kerusakan.

Kemudian dari lahan bekas hutan rusak tersebut muncullah padang rumput yang sangat luas dan dinamakan Savana Sadengan. Satwa yang ada di padang rumput ini adalah banteng, rusa, ajag, kijang, babi hutan dan juga macan tutul.

37. Parangkursi

Alam at: Pesanggaran 68488
Koordinat: KlikDisini

Pantai parangkursi (foto: banyuwangibagus.com)

Mendengar namanya tentu Anda bertanya-tanya, mengapa Parangkursi?. Hal itu dikarenakan adanya karang yang bentuknya mirip dengan kursi. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat itu meresmikan pantai tersebut bernama Parangkursi.

Bapak Bupati Banyuwangi telah melakukan beberapa inovasi untuk kota Banyuwangi. Setelah meresmikan Taman Sayu Wiwit, beliau juga memberi nama Pantai Parangkursi ini.

Anda bisa menikmati air pantai yang jernih dan warna pasirnya sedikit kemerahan disini. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat batu karang besar berjejer rapi menghiasi Pantai Parangkursi.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

38. Air Terjun Selendang Arum

Lokasi: Sumberarum, Songgon 68463
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang
Jam Operasional: Senin – Minggu (24 Jam)

Air terjun selendang arum (foto: 1001wisata.com)

Air Terjun Selendang Arum masih perawan. Dikatakan masih perawan dikarenakan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Banyak pengunjung yang mengatakan jika spot wisata ini lebih eksotis dibandingkan dengan Air Terjun Lider.

Keistimewaan yang bisa pengunjung dapatkan disini adalah dinding tebing air terjun menyiratkan cahaya berkilauan saat terkena matahari.

Air Terjun Selendang Arum ditemukan oleh warga sekitar dan mereka tidak menyangka jika di kawasan tersebut memiliki air terjun yang sangat indah.

39. Pantai Grajagan

Alamat: Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.12.500/orang

Pantai grajagan (foto: telusurindonesia.com)

Dulunya pantai ini sangat fenomenal dikarenakan dihiasi dengan pasir yang hitam dan juga perbukitan. Saking fenomenalnya membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Mau siang atau malam hari, pantai ini tidak pernah sepi. Bahkan Pantai Grajagan sempat dijadikan bait-bait lagu yang dituliskan dalam bahasa Banyuwangi.

Sayangnya saat ini fenomena pantai Grajagan mulai tergantikan oleh pantai Merah, Teluk Hijau dan wisata baru lainnya di Banyuwangi.

Dari data pemerintah Banyuwangi, jumlah wisatawan Pantai Grajagan semakin menurun sejak tahun 2013. Salah satu penyebabnya adalah tumpukan sampah dan botol bekas minuman keras berada dimana-mana.

40. Jawatan Benculuk

Lokasi: Desa Benculuk, Kecamatan Cluring
Koordinat: KlikDisini

Djawatan Perhutani Benculuk , image by instagram.com/vita_safrieta

Sebenarnya Jawatan Benculuk tidak digunakan sebagai sarana wisata, melainkan untuk kawasan peresapan air dan tempat penimbunan kayu jati. Keberadaan pohon Trembesi membuat Jambatan Benculuk populer dan dijadikan sebagai spot foto yang menarik bagi netizen instagram.

Waktu pengambilan foto sebaiknya dilakukan saat sore hari. Sileut matahari senja akan menembus pohon trembesi sehingga akan menghasilkan foto yang indah dan memukau. Netizen banyak yang tertarik dengan tempat ini dikarenakan mirip pemandangan dalam film Lord of The Ring.

Demikianlah rekomendasi tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Banyuwangi.

4 thoughts on “40 Objek Wisata Terbaru di Banyuwangi, Sudah ke Sini Belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.