69 Tempat Wisata di Bogor Best Vacation, Kota, Sentul, Jasinga Jawa Barat dan Sekitarnya Untuk Keluarga

Posted on
Tempat wisata di bogor puncak yang murah best vacation 2018 dekat stasiun kota sentul untuk anak jasinga barat dan sekitarnya dengan terbaru leuwiliang jawa keluarga bagus wajib dikunjungi malam hari 10 selatan little venice megamendung ziarah rumpin indoor buat nambo naik kereta tk taman matahari family gathering waterboom outdoor recommended ada penginapannya jarang harga tiket masuk sekitar indah edukasi venesia bunga fishing valley villa wilayah baru tahun kuliner sukabumi foto situ gede hits inilah daftar pemandangan jungle jungleland penginapan kekinian anak2 nirwana residence outbound objek selain seperti luar negeri safari pabangbon utara air terjun alam apa aja ala eropa anti mainstream bidadari ah poong beserta alamatnya pacaran penjelasannya gambar cileungsi curug
Tempat wisata di bogor (foto: bogor-landscape.blogspot.co.id)

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Bogor merupakan tujuan utama untuk menghabiskan hari libur mereka. Karena selain lokasinya yang relatif dekat, Bogor menyajikan sesuatu yang berbeda lewat udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang indah, obyek wisata yang komplit, serta ketersediaan infrastruktur dan fasilitas yang memadai.

Tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa Bogor bakal memberikan jaminan best vacation bagi siapa saja yang berkunjung ke kota hujan tersebut.

Berikut daftar beberapa tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang indah, menarik, seru dan tentunya wajib dikunjungi, lengkap dengan foto dan alamatnya, sehingga dapat dijadikan sebagai panduan perjalanan wisata saat berkunjung ke objek-objek wisata yang hits di Bogor.

1. Marcopolo Water Adventure

Alamat: Bukit Cimanggu City, JL. Soleh Iskandar No.1, Desa Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin – Jumat Rp.55.000, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Rp.70.000
Operasional: Senin – Jumat 09.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (0251) 7536334

Baca Juga: Promo Harga Tiket Masuk Marcopolo Waterpark Adventure Night Swimming

Marcopolo Water Adventure (foto: pegipegi.com)

Aneka wahana games air terpadu menjadi suguhan utama di lahan seluas 5 hektar yang ditempati Marcopolo Water Adventure. Mengusung konsep tematik Mediteranian, berbagai wahana air yang menjadi andalan diantaranya adalah waterboom versi besar dan versi mini.

Kolam Renang untuk Dewasa, Anak dan Bayi, Whirpool atau Kolam Air Panas, Kolam Arus, Kolam Gurita, Ember Raksasa Tumpah, Goa Seven Kurcacy,  Goa Bajak Laut, dan masih banyak lagi yang lain.

Selain wahana permainan air tersedia pula berbagai aktifitas lainnya yang tidak kalah seru, diantaranya adalah Wahana Sport Club, Wahana Cinema 4D, Kolam Pemancingan dan Wisata Danau yang dilengkapi dengan Rumah Pohon, Jaring Track, Flying fox, ATV Tracker, Wahana Balon Air Raksasa, Sepeda Air, Becak Air, serta wahana yang lain.

2. Situ Gede

Alamat: Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Baca Juga: Video Wisata Situ Gede dan Sejarahnya

Situ Gede (foto: tempatwisatadibogor.net)

Dengan luas sekitar 6 hektar dan terletak di tepi Hutan Dramaga yang merupakan hutan penelitian Badan Litbang Kehutanan, membuat Situ Gede diselimuti keindahan panorama hamparan air danau yang berpadu dengan rimbunnya pepohonan serta udara yang sejuk dan segar.

Jogging, memancing dan menyusuri danau dengan menggunakan perahu merupakan aktifitas utama dari para wisatawan yang berkunjung ke Situ Gede.

Bagi penggemar fotografi dan mereka yang ingin menghiasi akun instagramnya dengan foto-foto yang menawan, danau ini juga memiliki banyak spot menarik untuk diabadikan dengan lensa kamera.

3. Kebun Raya Bogor

Alamat: JL. Ir. H. Djuanda No.13, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif Baca ini: Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional 09.00 – 16.30 WIB
Telepon: (0251) 8311362

BacaJuga:  35 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Yang Baru Kota Utara : Sabda Alam, Darajat Pass, Pantai Santolo, Sampireun dan Sekitarnya
Kebun Raya Bogor (foto: bisniswisata.co.id)

Dengan luas lebih dari 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi sebanyak 15.000 jenis tanaman. Tidak heran jika tempat ini banyak dijadikan sebagai tempat study tour dan berbagai aktifitas wisata edukasi lainnya, selain juga sangat menarik sebagai objek wisata alam, karena pemandangan yang ada di sekelilingnya dapat memanjakan mata.

Kebun Raya Bogor telah difungsikan sebagai hutan buatan sejak masa pemerintahan raja Prabu Siliwangi (1474 – 1513 M). Hutan buatan tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi taman bergaya Inggris Klasik oleh Thomas Stanford Raffles pada tahun 1800 yang merupakan cikal bakal dari Kebun Raya Bogor.

Destinasi wisata yang sangat populer ini cukup mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang dari luar kota, terutama yang naik kereta api. Lokasinya yang dekat stasiun, membuat wisatawan yang turun dari kereta api bisa langsung naik angkutan umum atau berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 – 20 menit.

4. Museum Zoologi

Alamat: JL. Ir.G. Juanda No.9, Desa Paledang,  Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Museum Zoologi dan Alamatnya

Museum Zoologi (foto: lovelybogor.com)

Museum yang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor ini menyimpan koleksi lebih dari 2000 jenis satwa yang diawetkan dan ditampilkan dalam bentuk diorama yang memukau.

Seperti pertarungan antara rusa dan srigala, berbagai jenis primata, burung, reptil, ukan dan hewan laut, serta yang lainnya, termasuk tulang ikan Paus Biru berukuran raksasa yang menjadi ciri khas dari museum ini.

5. Prasasti Batu Tulis

Alamat: JL. Batutulis No.54, Desa Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Baca Juga: Sejarah dan Legenda Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis (foto: ragamtempatwisata.com)

Prasasti Batu Tulis merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran pada masa pemerintahan Surawisesa (1521 – 1535 M). Prasasti yang ditulis dengan menggunakan bahasa dan aksara Sunda Kuna tersebut bertujuan untuk mengabadikan kebesaran Prabu Siliwangi yang merupakan ayah dari Surawisesa.

Selain prasasti, di tempat ini juga dapat dilihat Batu Tapak, yaitu batu yang terdapat bekas tapak Surawisesa, batu bekas sandaran tahta raja, meja tempat sesajen perayaan, batu lingga, serta tombak batu sebanyak lima buah. Peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut tentu merupakan objek yang menarik bagi penggemar wisata sejarah.

6. Museum Pembela Tanah Air

Alamat: JL. Jenderal Sudirman No.35,  Kelurahan Sempur,  Kecamatan Bogor Utara
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.2.500
Operasional: Minggu, 09.00 – 15.00 WIB

Baca Juga: Sejarah Museum Peta Kota Bogor, Lokasi Terletak Dimana?

Museum Pembela Tanah Air (foto: netralnews.com)

Museum Pembela Tanah Air (PETA) sengaja didirikan di Bogor, karena di tempat inilah untuk pertama kalinya dilaksanakan pendidikan Perwira PETA. Bahkan lokasi yang menjadi tempat pendidikan militer para calon Perwira PETA tersebut yang saat ini menjelma menjadi bangunan Museum PETA.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Samudra Baru Karawang, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Hotel di Sekitar + Rute Menuju ke Sana

Saat memasuki museum ini, pengunjung akan menjumpai 14 Diorama yang menggambarkan peristiwa pembentukan tentara PETA serta kontribusi PETA dalam Pergerakan Kebangsaan untuk merebut kemerdekaan. Selain Diorama terdapat pula koleksi patung, berbagai macam senjata dan perlengkapan perang, serta meriam yang digunakan pada masa Perang Kemerdekaan.

7. Vihara Bio Dewa Rejeki

Alamat: Kawasan Wisata Gunung Pancar, Kecamatan Babakan Madang
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 24 Jam

Vihara Bio Dewa Rejeki (foto: lovelybogor.com)

Dengan umur bangunan yang sudah mencapai 400 tahun, Vihara Bio Dewa Rejeki tentunya menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata sejarah sekaligus wisata religi diluar fungsinya sebagai tempat ibadah.

Sebagaimana umumnya bangunan vihara, nuansa budaya China sangat kental mewarnai setiap sudutnya, mulai dari dominasi warna, patung, relief dan ornamen-ornamen yang menghiasi beberapa bagian bangunan.

8. Kampung Wisata Cinangneng

Alamat: JL. Babakan Kemang RT.01 RW.02, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 8621895

Desa Wisata Cinangneng (foto: hellobogor.com)

Menempati lahan seluas 1,5 hektar di dekat kampus IPB Dramaga, Kampung Wisata Cinangneng mengajak para wisatawan untuk menikmati aktifitas dan kehidupan ala masyarakat desa, seperti menanam padi, membajak sawah, memandikan kerbau, membuat makanan dan minuman khas Bogor, membuat wayang dari daun singkong dan sebagainya.

Mengusung konsep Agrotourism,  Kampung Wisata Cinangneng dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti sawah, kebun, sungai, gift shop, cafe, penginapan, serta yang lain. Karena tempat wisata ini cenderung mengenalkan budaya asli Indonesia, membuatnya banyak dikunjungi anak-anak sekolah pada saat weekdays.

9. Gong Factory Bogor

Alamat: JL. Pancasan Blok Mustopa No.32, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 15.00 WIB
Telepon: (0251) 4777099

Gong Factory Bogor (foto: v2.garudamagazine.com)

Bagi Anda yang masih penasaran dengan cara pembuatan alat musik tradisional gong, dapat berkunjung ke Gong Factory untuk melihat proses pembuatannya tanpa dikenakan biaya.

Tempat pembuatan gong yang telah berumur 370 tahun lebih tersebut kerap dikunjungi turis dari mancanegara, baik yang datang hanya sekedar ingin melihat proses pembuatannya maupun membeli gong dengan berbagai ukuran.

Jika wisatawan dari luar negeri saja tertarik untuk melihat proses pembuatan gong, kitapun seharusnya juga wajib untuk mengetahuinya.

10. Telaga Warna

Alamat: Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.5000, Hari Libur Rp.7.500
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 4777099

Telaga Warna (foto: piknikasik.com)

Dengan luas keseluruhan 5 hektar dan luas telaga 1,5 hektar, kawasan wisata ini memiliki banyak keistimewaan, salah satu diantaranya adalah banyaknya pohon-pohon langka yang tumbuh di pinggir telaga.

Kawasan ini juga menjadi habitat hidup dari sejumlah binatang, seperti Macan tutul, Babi Hutan, berbagai macam jenis burung, unggas serta yang lain.

Keistimewaan yang paling menonjol adalah warna air telaga yang sekali waktu berubah, sehingga telaga ini dinamakan Telaga Warna.

BacaJuga:  10 Foto Observatorium Bosscha ITB Lembang Bandung, Sejarah, Tiket Masuk + Pengertian

Perubahan warna air telaga tersebut disebabkan karena ganggang air serta pantulan cahaya matahari oleh pohon-pohon perindang yang tumbuh di tepi telaga, sehingga menciptakan gradasi warna.

Perubahan warna air telaga itulah yang membuat pemandangan di sekitar telaga terlihat eksotis.

Meskipun kealamian dari Telaga Warna ini masih terjaga, namun sejumlah fasilitas juga telah disiapkan bagi para wisatawan seperti Flying fox, walking track, shelter, toilet, fasilitas outbond, serta warung-warung makanan.

11. Telaga Alam Malimping

Alamat: JL. Kolonel Bustomi Burhanudin, Desa Malimping, Kecamatan Cigombong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.5000, Hari Libur Rp.7.500
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 9148919

Telaga Alam Malimping (foto: indotur.blogspot.co.id)

Pemandangan alam yang indah. udara yang sejuk dan segar, berbagai ragam aktifitas wisata dan fasilitas yang lengkap, membuat siapapun akan tertarik untuk berkunjung ke Telaga Alam Malimping.

Berbagai wahana permainan yang tersedia di sini diantaranya adalah: Istana Balon, Kebun Binatang Mini, Tempat Pemancingan, Flying Fox, ATV, Mini Trail, Canoppy Street, Nuansa Perahu, Paint Ball, Water Park, Banana Boat, Jet Ski, Becak Mini, serta Rafting yang terbagi dalam 3 jarak tempuh, yakni 5 km dengan harga Rp.180.000, 7 km Rp.200.000 dan 11 km dengan harga Rp.300.000 perorang.

Sedang untuk fasilitas yang disediakan diantaranya adalah: tenda, gazebo, penyewaan studio musik, digital studio recording, pondok kuliner, ruang pertemuan, serta penginapan yang terdiri atas resort, cottage dan hotel.

12. Istana Bogor

Letak: Jl. Ir.H. Juanda No. 1, Paledang, Pos 16122
GoogleMaps: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: Senin-Kamis 09.00-14.00, Jumat 09.00-11.00 dilanjutkan 14.00-16.00 WIB
Telpon: 0251 8321001
Fax: 0251 8328172

Rusa di Seputaran Istana Bogor, Gambar: arsiteklopedia.blogspot.co.id

13. Gunung Gede Pangrango

Letak: Jalan Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Pos 43253
GoogleMap: KlikDisini
HTM: Hari libur Umum Rp.34.000/)Orang, Pelajar Rp.19.000 dan Hari Kerja Umum Rp.29.000/Orang, Pelajar Rp.17.500/Orang
Buka/Tutup: 06.00-17.00
No.Telpon: 0263 512776

Baca Juga: Jalur Pendakian Pendaftaran Gunung Gede Pangrango dan Sejarah Asal Usulnya

Gunung Gede Pangrango National Park, Gambar: yogoisnanto.blogspot.co.id

14. Sirkuit Sentul

Letak: Jalan Sentul International Circuit, Babakan Madang, Pos 16810
Google Maps: KlikDisini
Buka/Tutup: 09.00 – 17.00
No Telpon: 0823 2018 8878

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Lokasi Sirkuit Sentul Terbaru 2018 dan Apa Benar Direnovasi Diperbaiki Untuk MotoGP?

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak
Lintasan Sirkuit Internasional Sentul, Photo: nextstarbussiness.blogspot.co.id

15. Gunung Salak

Terdapat di: Pasawahan, Cicurug, Sukabumi
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telpon: 0251 7542215

Baca Juga: Mitos Misteri Angker Gunung Salak Endah dan Sejarahnya

Gunung Salak Endah, Image: gepalar-adventure.blogspot.co.id

Selanjutnya Baca Halaman Dua: 16 – 25 Tempat Liburan di Bogor Yang Anti Mainstream

6 thoughts on “69 Tempat Wisata di Bogor Best Vacation, Kota, Sentul, Jasinga Jawa Barat dan Sekitarnya Untuk Keluarga

  1. Infonya sangat bagus dan membantu.
    Izin share ya.
    Villa kapasitas 200 orang. harga menyesuaikan.
    More Info : 085715888705, 081212208847.
    bukitpinus.com

  2. Cm mau ngasih Tau kl istana bogor Bukan tempat wisata Sekali pun bs masuk Paling pas ultah bogor itu pun hrs antri masuknya trs diarahin cm sampe belakang istana saja…tdk boleh msk sampe ke depan istananya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.