61 Tempat Wisata di Bogor, Rekreasi Alam Puncak Yang Murah Best Vacation, Destinasi Liburan Objek Air Terjun Camping

Posted on
Tempat wisata di bogor dan sekitarnya daerah timur utara barat kota sentul murah meriah taman bunga nusantara jungle land curug nangka luhur warso farm daftar alam puncak best vacation keluarga anak alamatnya terindah indah menarik seru paling bagus untuk foto romantis dekat stasiun naik kereta ipb buka sampai malam baru lagi hits objek obyek termurah air terjun nirwana residence seperti di eropa italia wajib dikunjungi
tempat wisata di bogor (foto: bogor-landscape.blogspot.co.id)

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Bogor merupakan tujuan utama untuk menghabiskan hari libur mereka. Karena selain lokasinya yang relatif dekat, Bogor menyajikan sesuatu yang berbeda lewat udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang indah, obyek wisata yang komplit, serta ketersediaan infrastruktur dan fasilitas yang memadai. Tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa Bogor bakal memberikan jaminan best vacation bagi siapa saja yang berkunjung ke kota hujan tersebut.

Berikut daftar beberapa tempat wisata di Bogor dan sekitarnya yang indah, menarik, seru dan tentunya wajib dikunjungi, lengkap dengan foto dan alamatnya, sehingga dapat dijadikan sebagai panduan perjalanan wisata saat berkunjung ke objek-objek wisata yang hits di Bogor.

1. Little Venice Puncak

Alamat: Kota Bunga Estate, JL. Hanjawar, Desa Sikanagalih Pacet, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Tiket Masuk Rp.20.000, Naik Gondola dan Missisipi Boat Ride Rp.50.000
Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0263) 580511

Little Venice Puncak (foto: puncakku.com)

Tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke kota Venesia yang ada di Italia untuk menikmati suasana romantis dengan menaiki gondola atau perahu menyusuri kanal yang diapit bangunan artistik di kanan-kirinya. Datang saja ke Little Venice Puncak karena destinasi wisata yang satu ini dibangun dengan mengusung konsep bangunan-bangunan yang ada di Eropa disertai kanal dan danau yang membelah bangunan-bangunan tersebut.

Malahan, saat menyusuri kanal dengan naik gondola, tidak hanya miniatur kota Venesia saja yang dapat Anda nikmati, tapi juga bangunan dengan sentuhan budaya Asia, seperti Patung Merlion yang ada di Singapura dan Gerbang Kemakmuran yang ada di Tiongkok. Selain itu, tidak hanya gondola saja sarana transportasi yang disiapkan bagi para pengunjung, tapi juga Rubber Boat, Banana Boat, Perahu Naga, Kapal Missisipi, Buble Ball, Sepeda Air Besar dan Kecil, serta Perahu Bebek.

2. Kebun Raya Cibodas

Lokasi: JL. Kebun Raya Cibodas, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas
Maps: Klik Disini
Harga Tiket Masuk: Rp.9.500
Buka Tutup: 07.00 – 18.00 WIB
Nomor Telepon: (0263) 512233, 520448

Kebun Raya Cibodas (foto: Water Melon)

Jika Little Venice Puncak menggantikan impian akan kota Venesia, maka Kebun Raya Cibodas bakal mewakili hasrat untuk dapat menikmati keindahan Bunga Sakura di Jepang. Karena di Kebun Raya yang memiliki luas sekitar 80 hektar ini terdapat 435 pohon bunga Sakura yang telah ditanam sejak tahun 1971.

Selain keindahan bunga Sakura,  Kebun Raya Cibodas yang dibangun pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann juga memiliki koleksi 5.831 jenis tanaman, dan dari koleksi tanaman sebanyak itu, sebanyak 1.206 berupa tanaman hidup yang menghiasi lahan di Kebun Raya ini.

Beberapa lokasi yang menjadi tempat favorit para pengunjung saat berkunjung ke tempat ini diantaranya adalah: Kebun Bunga Sakura,. Air Terjun Cibodas,  Araucaria Avenue, Danau, Lokasi Lanskap, dan Rumah Kaca (Green House) yang menyimpan sekitar 4000 contoh tanaman, beberapa diantaranya adalah 360 jenis Anggrek dan 350 jenis Kaktus.

3. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Letak: Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari
Peta: Klik Disini
HTM: Rp.2.500
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Nomer Telfon: (022) 7278341, 61006009

Penangkaran Rusa Giri Jaya (foto: wisata-tanahair.com)

Menempati area seluas 8,6 hektar, beragam jenis rusa ditangkarkan di Penangkaran Rusa Giri Jaya, seperti Rusa Cheetal, Rusa Bawean, Rusa Jawa, Rusa Timur, Rusa Totol, dan beberapa jenis rusa yang didatangkan dari Bangladesh, India, Srilanka dan Nepal. Di tempat ini pengunjung tidak hanya sekedar melihat-lihat, tapi juga dapat berinteraksi dengan memberi makan rusa-rusa tersebut.

Tersedia pula area outbond yang dapat disewa lengkap dengan berbagai fasilitas untuk berkemah. Area outbond yang berkapasitas 200 orang tersebut dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga menghadirkan udara yang sejuk serta pemandangan alam yang menawan.

4. Taman Bunga Nusantara

Alamat: JL. Mariwati Km.7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi
Google Map: Klik Disini
Biaya Masuk: Rp.30.000
Operasional: Senin – Jumat 08.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 17.30 WIB
No Telp: (0263) 581617, 581618

Taman Bunga Nusantara (foto: reportaseharga.com)

Sejuk, penuh dengan warna-warni, romantis, fantastis, dan masih banyak lagi kata-kata yang pantas untuk disematkan pada taman yang akan membawa pengunjung ke dunia fantasy. Setiap bagian yang ada di taman ini masing-masing memiliki tema yang mengusung nama-nama tempat di seluruh dunia, seperti Mediterrranean, Perancis, Jepang, Bali, serta yang lain.

Diantara sekian banyak taman yang ada, lokasi yang paling banyak mendapat perhatian pengunjung adalah Taman Rahasia atau Secret Labyrinth. Taman Rahasia ini serupa dengan The Wall of Troy atau Maze Garden yang memiliki banyak lorong, dan beberapa dari lorong yang berliku-liku tersebut merupakan jalan buntu sementara lorong lainnya adalah jalan yang berujung pada tempat istimewah.

5. Taman Safari Indonesia

Alamat: JL. Raya Puncak No.601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif Baca ini: Harga Tiket Masuk Taman Safari Cisarua Lengkap dengan Alamat Peta Wisata
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telpon: (0251) 8250000

Taman Safari Indonesia (foto: ariechicarito.blogspot.co.id)

Taman Safari pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1980 ini awalnya menempati lahan seluas 50 hektar, sebelum akhirnya dikembangkan menjadi 168 hektar dengan penambahan berbagai wahana rekreasi dan edukasi. Tidak hanya pada siang hari saja para wisatawan dapat melihat secara langsung kehidupan hewan di alam bebas, tapi juga pada malam hari lewat Paket Safari Malam.

Selain menyuguhkan pemandangan hewan liar yang beraktifitas di alam terbuka, Taman Safari Indonesia juga menyiapkan berbagai wahana bagi para wisatawan, seperti Animal Education Show, Taman Burung, Gajah dan Kuda Tunggang, Primates & Reptiles, Kincir Raksasa, Babby Zoo, Wild Wild West, Safari Trek serta Caravan & Hotel.

6. Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPAKB)

Alamat: Resort PPAKB, JL. Raya Bogor – Sukabumi, Desa Bodogol, Kecamatan Lido
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.37.500, Akhir Pekan dan Hari Libur Rp.40.000
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 8224742, 8224953

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPAKB) (foto: jalankemana.com)

Berjalan di atas jembatan tali yang tergantung di puncak pepohonan, sensasi itulah yang ditawarkan PPAKB bagi para pengunjung yang gemar memacu adrenalin. Pada saat melintasi jembatan Kanopi sejauh 400 meter itulah, dapat Anda saksikan keindahan alam hutan hujan tropis yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jangan lupa untuk membawa kamera, karena dari atas ketinggian akan banyak dijumpai spot-spot menawan untuk diabadikan lewat lensa kamera. Bahkan, jika beruntung, akan Anda lihat dua binatang langka yang dilindungi yaitu Elang Jawa dan Owa Jawa.

7. Fly Indonesia Paragliding

Alamat: JL. Raya Puncak, Bukit Paralayang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.350.000 Perpenerbangan Tandem Termasuk Sertifikat
Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
Telepon: 021-8795-2963, 0857-1795-1289

Fly Indonesia Paragliding (foto: sugarandspace.com)

Melayang-layang di udara selama 15 menit sambil menikmati keindahan alam di bawahnya tentu bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup. Pengalaman melayang di udara dengan menggunakan paralayang tersebut bisa Anda temukan di Bukit Paralayang.

Tidak butuh mengikuti pelatihan atau memiliki ketrampilan khusus untuk bisa terbang menggunakan paralayang, karena seorang instruktur berpengalaman akan terbang tandem bersama Anda, sehingga petualangan yang memompa adrenalin tersebut daoat terjamin keamanannya.

Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa terbang tandem, selain membayar sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Hanya saja berat badan maksimal tidak boleh lebih dari 85 kg, serta mengenakan pakaian standard berupa celana panjang, kaos dan sepatu olahraga.

8. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Alamat: Kampung Warungloa RT.03 RW.09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kaki Gunung Salak Km.13 Selatan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta (foto: indonesiakaya.com)

Pura Jagatkartta yang konon merupakan makam sekaligus tempat pemujaan para pembesar Kerajaan Padjajaran adalah pura terbesar kedua di Indonesia dibawah Pura Besakih yang ada di Bali. Meski menjadi salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi para wisatawan, pura ini sampai sekarang masih difungsikan sebagai tempat beribadah umat Hindu, utamanya yang berdomisili di Jawa Barat.

Karena itulah, dua buah pura yang ada di kopleks ini, yaitu Pura Pasar Agung dan Pura Melanting tidak boleh dimasuki para wisatawan kecuali untuk keperluan beribadah. Area yang boleh dimasuki para wisatawan hanya bagian alun-alun. Namun demikian, di alun-alun itupun sudah lebih dari cukup untuk mengagumi kemegahan Pura Jagatkartta yang dikelilingi taman-taman cantik dan berlatarbelakang Gunung Salak yang gagah.

9. Warso Farm

Alamat: JL. KH. Halimi, Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0251-211344, 0813-1063-0041

Warso Farm (foto: tripadvisor.com)

Warso Farm adalah Agro Wisata yang menempati lahan seluas 8,5 hektar dengan produk unggulan buah durian. Tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga ini memiliki 900 batang pohon durian yang terdiri atas 19 jenis, 7 diantaranya merupakan varietas unggul. Jenis-jenis durian tersebut sebagian ada yang berasal dari dalam negeri, seperti Durian Monthong, Sunan, Lay, Simas, Petruk dan Tembaga, sebagian lainnya didatangkan dari luar negeri.

Selain tanaman durian yang mendominasi areal perkebunan, tempat ini juga memiliki kebun buah-buahan lainnya, seperti kebun Jambu Monyet, nangka, buah naga, serta areal persawahan.

Pengunjung yang datang ke sini selain dapat melihat indahnya pemandangan juga dapat membeli buah-buahan yang ditanam di Warso Farm untuk dinikmati di tempat yang telah disiapkan atau dibawa pulang.

10. Kampung Budaya Sindangbarang

Alamat: JL. Endang Sumawijaya, RT.02 RW.09, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Paket Kunjungan Sehari Rp.55.000 per-orang, Paket Menginap Rp.800.000 per-rumah.
Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
Telepon: 0817-406-363, 0857-1909-3544

Kampung Budaya Sindangbarang (foto: lihat.co.id)

Kampung tertua di Bogor ini konon sudah berdiri sejak jaman Kerajaan Sunda, tepatnya sekitar abad VII Masehi. Suasana kampung Sunda tempo dulu bakal dirasakan dan dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini, termasuk 8 jenis kesenian khas Sunda yang masih dilestarikan oleh penduduk setempat.

Wisatawan yang tertarik untuk menginap di kampung adat ini akan menempati rumah-rumah adat dan dapat belajar tentang berbagai macam kesenian tradisional kepada para seniman tradisional, atau melihat aktifitas kaum wanita yang menumbuk padi dengan lesung serta menanak nasi dengan menggunakan kayu bakar serta kompor tradisional Sunda yang bernama Hawu.

11. Curug Cikoneng

Alamat: Desa Bojong Koneng, Sentul Paradise Park, Sentul Selatan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.25.000, Akhir Pekan Rp.40.000
Operasional: Hari Biasa 08.00 – 17.00 WIB, Akhir Pekan 07.30 – 18.30 WIB

Curug Cikoneng (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Curug Cikoneng semenjak dikelola Sentul Paradise Park mendapat identitas baru dengan nama Curug Bidadari. Air terjun yang terletak diantara Gunung Geulis dan Gunung Batu dan berada di kaki Gunung Salada ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan berada sekitar 700 – 800 meter dpl.

Di bagian bawah air terjun, terdapat kolam yang cukup besar dengan air yang jernih serta aman untuk dipakai mandi, berenang dan berendam yang dilengkapi dengan permainan perosotan serta kolam arus mini. Layaknya pesisir pantai, pada sisi luar kolam terhampar pasir berwarna putih sehingga semakin nyaman untuk dilihat.

12. The Jungle Waterpark

Alamat: Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jalan Dredet Pahlawan, Bogor Selatan
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.80.000, Akhir Pekan dan Libur Nasional Rp.100.000
Operasional: Hari Biasa 10.00 – 18.00 WIB, Akhir Pekan dan Libur Nasional 09.00 – 18.00 WIB, High Season 09.00 – 20.00
Telepon: (0251) 8212666

Baca Juga: Promo Harga Tiket Masuk The Jungle Waterpark Bogor dan info Jam Buka

The Jungle Waterpark (foto: tiketwahana.com)

Berbagai macam wahana permainan air yang mengasyikkan dapat Anda jumpai di sini, seperti Kiddy Pool yang disediakan khusus untuk anak-anak, lengkap dengan perosotan melingkar, pistol-pistolan air, serta mainan lainnya.

Terdapat pula Leisure Pool untuk mereka yang ingin bersantap sambil berendam di dalam kolam, atau Lazy River berupa kolam arus sepanjang 400 meter yang melingkari akuarium raksasa dengan koleksi ikan-ikan langka.

13. Gunung Pancar

Alamat: Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang
Koordinat: Klik Disini
Tarif Baca ini: Harga Tiket Masuk Camping Gunung Pancar Sentul dan info Rute ke Lokasi Wisata Naik Motor
Operasional: 24 Jam
Telepon: (021) 3665949, 0812-1344-6514

Gunung Pancar (foto: anekatop10.com)

Berada di ketinggian 800 meter dpl, Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang dipenuhi batang-batang pohon pinus yang menjulang tinggi bakal memberikan suasana romantis kepada siapa saja yang menginjakkan kakinya di tempat ini. Tidak heran jika tempat ini kerap dijadikan objek pengambilan foto pre-wedding.

Setelah puas menikmati keindahan hutan pinus, obati rasa lelah dengan mandi dan berendam di Pemandian Air Panas yang lokasinya tidak seberapa jauh dari pintu masuk tempat wisata ini.

14. Danau Quarry Jayamix

Alamat: Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 24 Jam

Danau Quarry Jayamix (foto: tribunnews.com)

Tempat wisata yang murah meriah ini sebenarnya merupakan bekas tempat penambangan pasir yang sudah tidak difungsikan. Meski demikian hamparan air yang terbentang menyuguhkan pemandangan cantik dan sangat bagus untuk dijadikan latar belakang selfie maupun wefie, karena di sekeliling danau terbentang dinding-dinding curam yang menawan untuk dipandang.

15. Tirta Sanita Ciseeng

Alamat: Kampung Ciseeng, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.10.000, Akhir Pekan dan Libur Nasional Rp.12.000
Operasional: 07.00 – 20.00 WIB
Telepon: (0251) 8542551, 8542550

Tirta Sanita Ciseeng (foto: lihat.co.id)

Berendam di kolam air panas dengan suasana sekeliling yang indah alami, tidak saja akan menyegarkan dan mengembalikan stamina tubuh, tapi juga menyegarkan pikiran. Manfaat ganda itulah yang bakal Anda rasakan saat berendam di Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng.

Tidak perlu cemas jika Anda datang dengan membawa anak, karena tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas rekreasi bagi anak-anak, seperti Fun Kart, Sepeda Air, Flying fox, dan masih banyak lagi permainan lainnya, termasuk juga area outbond.

16. Jungleland Adventure Theme Park

Alamat: Kawasan Sentul Nirwana, JL. Jungleland Boulevard No.1, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin – Kamis Rp.165.000, Jumat Rp.100.000, Sabtu – Minggu Rp.220.000, Holiday Season Rp.250.000
Operasional: Senin – Kamis 10.00 – 17.00 WIB, Jumat 10.00 – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu 09.00 – 18.00 WIB
Telepon: (021) 29311313

Jungleland Adventure Theme Park (foto: arenaharga.com)

Jungleland Adventure Theme Park adalah Taman Wisata Tematik terbesar yang menempati area seluas 35 hektar serta memiliki 33 wahana dan atraksi untuk segala umur yang masing-masing memiliki konsep unik. Wahana yang ada tersebut dikategorikan atas 3 jenis yaitu Wahana Anak-anak, Wahana Keluarga dan Wahana Seru. Wahana tersebut juga terbagi atas 5 zona, yaitu: Zona Tropicalia, Zona Eksplora, Zona Carnivalia, Zona Mysteria dan Zona Science Centre.

Selain wahana dan atraksi yang beraneka ragam, Jungleland Adventure Theme Park juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, diantaranya adalah Picnic Area, Media Centre, Information Centre, Phinisi Function Hall, Guest Corner, Cafe, Resto and Foodcourt, Mushollah, dan masih banyak lagi yang lainnya, termasuk lahan parkir luas yang dapat menampung 300 bus pariwisata, 100 mobil dan 3000 motor.

17. Marcopolo Water Adventure

Alamat: Bukit Cimanggu City, JL. Soleh Iskandar No.1, Desa Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin – Jumat Rp.55.000, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Rp.70.000
Operasional: Senin – Jumat 09.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (0251) 7536334

Baca Juga: Promo Harga Tiket Masuk Marcopolo Waterpark Adventure Bogor Night Swimming

Marcopolo Water Adventure (foto: pegipegi.com)

Aneka wahana games air terpadu menjadi suguhan utama di lahan seluas 5 hektar yang ditempati Marcopolo Water Adventure. Mengusung konsep tematik Mediteranian, berbagai wahana air yang menjadi andalan diantaranya adalah waterboom versi besar dan versi mini, Kolam Renang untuk Dewasa, Anak dan Bayi, Whirpool atau Kolam Air Panas, Kolam Arus, Kolam Gurita, Ember Raksasa Tumpah, Goa Seven Kurcacy,  Goa Bajak Laut, dan masih banyak lagi yang lain.

Selain wahana permainan air tersedia pula berbagai aktifitas lainnya yang tidak kalah seru, diantaranya adalah Wahana Sport Club, Wahana Cinema 4D, Kolam Pemancingan dan Wisata Danau yang dilengkapi dengan Rumah Pohon, Jaring Track, Flying fox, ATV Tracker, Wahana Balon Air Raksasa, Sepeda Air, Becak Air, serta wahana yang lain.

18. Situ Gede

Alamat: Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Baca Juga: Video Wisata Situ Gede Bogor dan Sejarah Legenda Misteri

Situ Gede (foto: tempatwisatadibogor.net)

Dengan luas sekitar 6 hektar dan terletak di tepi Hutan Dramaga yang merupakan hutan penelitian Badan Litbang Kehutanan, membuat Situ Gede diselimuti keindahan panorama hamparan air danau yang berpadu dengan rimbunnya pepohonan serta udara yang sejuk dan segar.

Jogging, memancing dan menyusuri danau dengan menggunakan perahu merupakan aktifitas utama dari para wisatawan yang berkunjung ke Situ Gede. Bagi penggemar fotografi dan mereka yang ingin menghiasi akun instagramnya dengan foto-foto yang menawan, danau ini juga memiliki banyak spot menarik untuk diabadikan dengan lensa kamera.

19. Taman Wisata Mekarsari

Alamat: JL. Raya Jonggol – Cileungsi Km.3, Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.25.000
Operasional: Senin – Jumat 10.00 – 16.30 WIB, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional 09.00 – 16.30 WIB
Telepon: (021) 8231822

Taman Wisata Mekarsari (foto: ngelayap.com)

Kawasan wisata yang menempati areal seluas 264 hektar ini memiliki koleksi sebanyak 1.470 tanaman buah dan 100.000 jenis pohon yang meliputi Tanaman Pangan, Tanaman Hias, Sayur, Tanaman Rempah, Tanaman Industri, Tanaman Biogarmatika dan Tanaman Pelindung. Karena Taman Mekarsari awalnya memang  merupakan tempat konservasi tumbuhan sebelum akhirnya dikembangkan menjadi wahana edukasi, rekreasi dan reboisasi, maka tempat inipun memiliki laboratorium penyilangan berbagai macam tumbuhan dan  tempat pembiakan bibit unggul.

Sebagai wahana rekreasi,  Taman Mekarsari memiliki wahana permainan air terbesar se-Asia dengan fasilitas sebuah Water Kingdom seluas 5,2 hektar yang dapat menampung pengunjung sekitar 15.000 orang. Water Kingdom ini dilengkapi dengan sejumlah wahana permainan, seperti Lazy River dengan panjang sekitar 600 meter dan merupakan kolam arus terpanjang di Indonesia, Papan luncur sepanjang 118 meter, Boomerang Slide dengan ketinggian 16 meter, serta wahana menarik lainnya.

20. Kebun Raya Bogor

Alamat: JL. Ir. H. Djuanda No.13, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif Baca ini: Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, info Peta Wisata + Misteri Mitos Angker
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional 09.00 – 16.30 WIB
Telepon: (0251) 8311362

Kebun Raya Bogor (foto: bisniswisata.co.id)

Dengan luas lebih dari 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi sebanyak 15.000 jenis tanaman. Tidak heran jika tempat ini banyak dijadikan sebagai tempat study tour dan berbagai aktifitas wisata edukasi lainnya, selain juga sangat menarik sebagai objek wisata alam, karena pemandangan yang ada di sekelilingnya dapat memanjakan mata.

Kebun Raya Bogor telah difungsikan sebagai hutan buatan sejak masa pemerintahan raja Prabu Siliwangi (1474 – 1513 M). Hutan buatan tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi taman bergaya Inggris Klasik oleh Thomas Stanford Raffles pada tahun 1800 yang merupakan cikal bakal dari Kebun Raya Bogor.

Destinasi wisata yang sangat populer ini cukup mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang dari luar kota, terutama yang naik kereta api. Lokasinya yang dekat stasiun, membuat wisatawan yang turun dari kereta api bisa langsung naik angkutan umum atau berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 15 – 20 menit.

21. Museum Zoologi

Alamat: JL. Ir.G. Juanda No.9, Desa Paledang,  Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor, Sejarah dan Alamatnya

Museum Zoologi (foto: lovelybogor.com)

Museum yang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor ini menyimpan koleksi lebih dari 2000 jenis satwa yang  diawetkan dan ditampilkan dalam bentuk diorama yang memukau, seperti pertarungan antara rusa dan srigala, berbagai jenis primata, burung, reptil, ukan dan hewan laut, serta yang lainnya, termasuk tulang ikan Paus Biru berukuran raksasa yang menjadi ciri khas dari museum ini.

22. Kuntum Nurseries

Alamat: JL. Raya Tajur No.291, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.30.000
Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (0251) 8244725

Kuntum Nurseries (foto: trover.com)

Kuntum Nurseries adalah kawasan Agrowisata yang mengkolaborasikan konsep nursery, rekreasi dan edukasi. Jadi jangan heran jika tempat wisata ini lebih banyak dikunjungi anak-anak bersama orang tua mereka.

Di tempat ini, anak-anak akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan alam, seperti bermain dan memberi makan kelinci, hamster, burung, ayam, bebek, kambing, sapi, kuda, serta yang lain. Di sini pengunjung juga dapat memetik sendiri buah dan sayuran yang ditanam secara organik untuk dibawa pulang, tentu saja setelah membayar sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Tersedia pula berbagai macam tanaman bunga yang juga dijual kepada para pengunjung.

23. Gunung Batu Jonggol

Alamat: Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 24 Jam

Gunung Batu Jonggol (foto: ardiusrudi.blogspot.co.id)

Hijaunya hutan dan kelak-kelok aliran sungai menjadi  suguhan yang menyejukkan mata saat berada di puncak Gunung Jonggol. Untuk dapat menikmati keindahan panorama tersebut, butuh waktu sekitar 45 menit mendaki mulai dari dasar gunung hingga sampai ke puncak, dengan medan yang tidak terlalu berat. Karena itu, gunung yang memiliki ketinggian sekitar 875 meter dpl ini merupakan tempat yang menarik bagi mereka yang memiliki hobby soft hiking.

24. Agro Wisata Gunung Mas

Alamat: JL. Raya Puncak Km.87, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.4.500
Operasional: 24 Jam
Telepon: (0251) 8250356

Agro Wisata Gunung Mas (foto: okezone.com)

Hamparan kebun teh yang berada pada ketinggian 800 – 1200 meter dpl menjadi sajian utama bagi para pengunjung yang datang ke Agro Wisata Gunung Mas. Selain menikmati hijaunya kebuh teh, pengunjung juga dapat melihat proses pengolahan teh di Pabrik Teh milik PTP Nusantara VIII yang ada di lokasi wisata.

Aktifitas lain yang dapat dilakukan pengunjung adalah berkuda mengelilingi area kebun teh, berenang di kolam renang Tirta Mas, serta bermalam di lokasi, baik dengan camping di area camping ground maupun menyewa bungalow yang telah disiapkan pihak pengelola.

25. Taman Riung Gunung

Alamat: JL. Raya Puncak Bogor, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 24 Jam

Taman Riung Gunung (foto: wisatakuliner09.blogspot.co.id)

Sama halnya dengan Agro Wisata Gunung Mas, lanskap hijaunya kebuh teh yang indah menjadi sajian utama Taman Riung Gunung bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini. Selain itu, tempat wisata yang berada pada ketinggian 1400 meter dpl ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas bagi para wisatawan, seperti Flying fox, kolam renang, arena bermain anak-anak serta camping ground.

26. Prasasti Batu Tulis

Alamat: JL. Batutulis No.54, Desa Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Baca Juga: Sejarah dan Legenda Prasasti Batu Tulis di Bogor

Prasasti Batu Tulis (foto: ragamtempatwisata.com)

Prasasti Batu Tulis merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran pada masa pemerintahan Surawisesa (1521 – 1535 M). Prasasti yang ditulis dengan menggunakan bahasa dan aksara Sunda Kuna tersebut bertujuan untuk mengabadikan kebesaran Prabu Siliwangi yang merupakan ayah dari Surawisesa.

Selain prasasti, di tempat ini juga dapat dilihat Batu Tapak, yaitu batu yang terdapat bekas tapak Surawisesa, batu bekas sandaran tahta raja, meja tempat sesajen perayaan, batu lingga, serta tombak batu sebanyak lima buah. Peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut tentu merupakan objek yang menarik bagi penggemar wisata sejarah.

27. Taman Budaya Sentul

Alamat: JL. Siliwangi No.1, Sentul City,  Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 09.00 – 16.30 WIB
Telepon: (021) 87961580

Taman Budaya Sentul (foto: lakupon.com)

Dikelilingi empat gunung yang tinggi menjulang, yaitu Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Geulis dan Gunung Gede, membuat Taman Budaya Sentul yang menempati area seluas 3000 meter2 berupa hamparan tanah lapang bernuansa alam, terasa sejuk dan asri. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, karena beragam aktifitas yang disediakan dapat dimainkan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Terdapat empat pusat kegiatan wisata yang ditawarkan di Taman Budaya Sentul, pertama   “Adventure Centre” berupa kegiatan Outbond Adventure, Fan Games, Team Building, Camping Experience, dan Ekowisata, kedua “Culture Centre” berupa painting, Clay Making, Traditional Dance dan Traditional Music Bamboo. Ketiga “Facility Centre” berupa Lapangan Nuansa Alam, Restoran, Spa dan Refleksi, Foodcourt, Guest House, Meeting Rooms dan Hotel. Keempat “Green Centre” berupa Live In dan Wisata Budaya.

28. Museum Etnobotani 

Alamat: JL. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Kelurahan Paledang,  Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000
Operasional: Senin –  Jumat 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu, 09.00 – 14.00 WIB
Telepon: (0251) 8387703

Museum Etnobotani (foto: satuharapan.com)

Museum Etnobotani Bogor memiliki daya tarik sendiri, karena koleksi yang dipamerkan berupa gabungan antara Ilmu Botani dengan berbagai macam karya budaya etnik dari seluruh penjuru Nusantara.

Terdapat lebih dari 2000 artefak yang dipamerkan kepada para pengunjung, seperti barang-barang keperluan rumah tangga, peralatan pertanian, perikanan, pakaian tradisional, mainan anak, alat musik, dan masih banyak lagi jenis-jenis yang lain, yang kesemuanya dibuat dengan menggunakan bagian-bagian tanaman lokal.

29. Rafting Cisadane Adventure

Alamat: Desa Cimande,  Kecamatan Caringin
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Paket Rafting Cisadane One Day Trip Rp.225.000, Paket Rafting Cisadane Menginap Rp.500.000
Operasional: Senin –  Jumat 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu, 09.00 – 14.00 WIB
Telepon: (0852) 82217374

Rafting Cisadane Adventure (foto: koperwisata.id)

Menyusuri arus sungai yang deras yang bersumber dari mata air Gunung Pangrango, ajan membuat mereka yang memiliki hobby adventure, terlebih yang menyukai olah raga air, bakal merasakan sensasi yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata saat melakukan arung jeram di sepanjang aliran Sungai Cisadane.

Terdapat 4 -5 jeram di sepanjang aliran sungai yang dilalui, dan setiap jeram yang ada bakal memacu adrenalin yang membuat Anda ingin mengulangi lagi sensasi yang sama. Beberapa tantangan lainnya adalah meloncat dari jembatan setinggi 7 meter di atas sungai dan menuruni Dam setinggi 3 meter menggunakan perahu karet.

30. Museum Pembela Tanah Air

Alamat: JL. Jenderal Sudirman No.35,  Kelurahan Sempur,  Kecamatan Bogor Utara
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.2.500
Operasional: Minggu, 09.00 – 15.00 WIB

Baca Juga: Sejarah Museum Peta Kota Bogor, Lokasi Terletak Dimana?

Museum Pembela Tanah Air (foto: netralnews.com)

Museum Pembela Tanah Air (PETA) sengaja didirikan di Bogor, karena di tempat inilah untuk pertama kalinya dilaksanakan pendidikan Perwira PETA. Bahkan lokasi yang menjadi tempat pendidikan militer para calon Perwira PETA tersebut yang saat ini menjelma menjadi bangunan Museum PETA.

Saat memasuki museum ini, pengunjung akan menjumpai 14 Diorama yang menggambarkan peristiwa pembentukan tentara PETA serta kontribusi PETA dalam Pergerakan Kebangsaan untuk merebut kemerdekaan. Selain Diorama terdapat pula koleksi patung, berbagai macam senjata dan perlengkapan perang, serta meriam yang digunakan pada masa Perang Kemerdekaan.

31. Taman Wisata Matahari

Alamat: Jl. Raya Puncak Km.77, Kelurahan Cilember, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif Baca ini: Harga Tiket Masuk Taman Matahari Puncak, Lokasi Ditutup? Benarkah?
Operasional: Senin –  Jumat 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 8252337 atau 8252239

Taman Wisata Matahari (foto: gadogadobogor.tk)

Berbagai macam wahana rekreasi yang bertemakan “ Recreation and Education Park” disuguhkan Taman Wisata Matahari di atas lahan seluas 30 hektar. Karena tujuan dari didirikannya tempat wisata yang mulai beroperasi sejak tahun 2010 ini memang untuk memberikan tempat berlibur bagi masyarakat menengah kebawah dengan harga yang terjangkau namun berkualitas.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Matahari, diantaranya adalah: Wahana Wisata Air, Wahana Permainan, Wahana Petualangan, Wahana Edukasi, Restoran dan Tempat Belanja, serta Penginapan berupa Hotel dan Villa. Untuk keempat wahana yang ada, semuanya memiliki berbagai macam aktifitas wisata yang menghibur serta mendidik.

32. Curug Lembah Pelangi

Alamat: Desa Jatake, Kecamatan Cibungbulang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: (0852) 10110993

Curug Lembah Pelangi (foto: wisatalova.com)

Udara yang panas dan lembab karena berada di wilayah dataran rendah, membuat bias cahaya matahari yang menimpah air terjun menciptakan pelangi yang memukau. Karena seringnya muncul bianglala itulah yang membuat air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter ini dinamakan Curug Pelangi.

Selain menyuguhkan keindahan alam yang eksotis, Curug Pelangi dan kawasan di sekitarnya banyak dikunjungi para wisatawan, sebab tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat dinding bebatuan yang kerap digunakan oleh pengunjung dan komunitas pecinta alam sebagai tempat untuk melakukan aktifitas  Rappelling dan Canyoning.

33. Curug Ciherang

Alamat: Desa Sirnajaya,  Kecamatan Sukamakmur
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 07.00 – 18.00 WIB

Curug Ciherang (foto: marisolotrip.wordpress.com)

Butuh waktu sekitar 15 menit untuk berjalan kaki dari gerbang masuk hingga ke lokasi air terjun. Perjalanan singkat tersebut dapat ditempuh dengan cukup mudah, karena jalan yang dilewati berupa undakan dari batu-batu alami dengan pemandangan yang indah di sekelilingnya.

Curug Ciherang memiliki ketinggian 30 meter lebih dengan beberapa undakan. Debit air terjun ini cukup besar dengan kolam kecil dibawah curahan air yang dapat dipakai untuk mandi serta berendam. Karena lokasinya di ketinggian, membuat pengunjung yang berada di lokasi air terjun dapat menikmati indahnya pemandangan yang terhampar di bawah.

Pemandangan terindah saat berada di sekitar lokasi Curug Ciherang dapat ditemui di rumah pohon yang dibangun di atas sebatang pohon besar. Rumah pohon tersebut dihubungkan sebuah jembatan kayu yang bagian bawahnya berupa jurang yang cukup dalam. Rumah pohon ini cukup populer dikalangan wisatawan, karena selain berfungsi sebagai gardu pandang untuk menikmati keindahan alam yang terbentang di bawahnya, juga menjadi spot selfie yang instagenic.

34. Gunung Kencana

Alamat: Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Operasional: 24 Jam

Gunung Kencana (foto: panoramio.com)

Bagi penggemar tracking dan hiking, Gunung Kencana cukup menarik untuk didaki, karena medan yang harus dilalui tidak terlalu ekstrim dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dari pos pendaftaran. Selain itu hamparan kebun teh dan kawasan hutan dapat menjadi hiburan tersendiri selama dalam perjalanan.

Daya tarik yang paling utama tentu saja saat sudah berada di puncaknya. Karena di atas ketinggian 1.802 meter dpl, Anda dapat menyaksikan pemandangan yang menawan dengan latar belakang Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Di puncak gunung tersebut juga tersedia camping ground untuk mereka yang ingin bermalam di bawah gemerlap bintang.

35. Curug Putri Kencana

Alamat: Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: 07.00 – 18.00 WIB

Curug Putri Kencana (foto: tripsantai.com)

Meski air terjun yang satu ini ukurannya relatif kecil, namun karena memiliki kolam alami yang kedalamannya bervariasi dan airnya yang sangat jernih, membuat Curug Putri Kencana banyak dikunjungi para wisatawan. Objek wisata ini juga sudah dikelola dengan baik, mulai dari kebersihannya sampai dengan fasilitas yang dimiliki, seperti adanya toilet serta mushollah.

36. Wisata Air Panas Ciparay

Alamat: Desa Ciparay,  Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.4.000
Operasional: 24 Jam

Wisata Air Panas Ciparay (foto: travel.detik.com)

Diantara beberapa pemandian air panas yang ada di Bogor, bahkan di Jawa Barat, Wisata Air Panas Ciparay terbilang yang termurah, karena untuk dapat masuk ke lokasi dan berendam air panas, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.4000.

Setelah membayar tiket, pengunjung tinggal berjalan menuruni 400 anak tangga, sambil menikmati indahnya pemandangan pegunungan yang membalut suasana sekeliling. Selain kolam untuk berendam, terdapat beberapa pancuran air panas di lokasi, yang dapat dimanfaatkan untuk terapi menghilangkan linu dan pegal-pegal, melancarkan aliran darah, menyembuhkan penyakit kulit, bahkan dapat mengendorkan syaraf untuk menghilangkan stress.

37. Curug Ngumpet

Alamat: Desa Gunungsari,  Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.7.500
Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
Telepon: (021) 3860828

Curug Ngumpet (foto: lovelybogor.com)

“Ngumpet” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “bersembunyi”. Nama tersebut menjadi identitas air terjun ini kemungkinan disebabkan karena tempatnya yang tersembunyi di balik tebing-tebing yang tinggi. Meski demikian, untuk sampai di lokasi air terjun tidak terlalu sulit, karena setelah membayar tiket pengunjung tinggal berjalan kaki sejauh 100 meter.

Curug Ngumpet terbilang kecil karena ketinggiannya hanya sekitar 20 meter, dengan sebuah kolam kecil di bawah curahan air. Meski air terjun ini berukuran kecil, namun pemandangan di sekelilingnya cukup dapat memanjakan mata.

38. Kebun Wisata Ilmiah

Alamat: JL. Tentara Pelajar No.1, Desa Ciwaringin,  Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Operasional: Senin – Jumat 07.00 – 15.00 WIB

Kebun Wisata Ilmiah (foto: harjo.wordpress.com)

Kebun yang memiliki luas sekitar 4 hektar ini sudah berfungsi sejak tahun 1876 yang awalnya bernama Cultur Tuin atau Taman Budaya. Saat ini, kebun yang dikelola Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Indonesia tersebut difungsikan sebagai tempat wisata edukasi sekaligus sebagai Kebun Plasma Nutfah yang bertujuan untuk mengembangkan dan mencari bibit unggul.

Terdapat sekitar 3000 jenis tanaman herbal dan atsiri yang menjadi koleksi Kebun Wisata Ilmiah. Mereka yang berkunjung ke sini selain dapat melihat berbagai jenis tanaman herbal, juga akan memperoleh informasi tentang cara menanam tanaman tersebut, serta proses pengolahan pasca panen.

39. Situ Cikaret   

Alamat: Desa Harapan Jaya,  Kecamatan Cibinong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 24 Jam

Situ Cikaret (foto: desawisatasitucikaret.blogspot.co.id)

Danau yang memiliki luas 1 x 1 km ini fungsinya adalah sebagai tempat penampungan air bagi irigasi sawah yang ada di sekitar lokasi. Namun, karena suasana di sekelilingnya yang sejuk dan rindang ditambah pemandangan alamnya yang cantik, Situ Cikaret pun banyak dikunjungi para wisatawan. Tidak hanya itu, para pemancingpun juga banyak yang berburu ikan di tempat ini.

Meski bukan tempat wisata yang dikelola secara profesional, namun para pengunjung yang datang ke tempat ini tidak akan kesulitan untuk mencari mengisi perut dan menghilangkan rasa haus, karena di sekitar danau, banyak para pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

40. Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea

Alamat: JL. Letnan Sukarna, Pasar Ciampea, Desa Ciampea,  Kecamatan Ciampea
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 24 Jam
Telepon: (0981) 59182

Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea (foto: jabar.pojoksatu.id)

Ho Tek Bio dalam bahasa China Hokkian memiliki arti “Berlimpah Rejeki dan Kebaikan”. Kelenteng ini tidak hanya menarik sebagai wisata religi tapi juga menarik sebagai wisata sejarah, karena kelenteng tersebut diperkirakan telah berumur sekitar 250 – 300 tahun. Bagi mereka yang tertarik mempelajari perkembangan budaya Tionghoa di Indonesia, tentu akan menjadi tanda tanya besar, kenapa budaya Tionghoa bisa merambah ke pedalaman Bogor, padahal lokasi kelenteng tersebut jauh dari pusat kota, dan pemerintah kolonial Belanda pada masa itu memberlakukan sistem lokalisasi yang sangat ketat.

41. Zam Zam Tirta

Alamat: JL. Sukamaju Ciapus Kreteg No.2A, Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Senin – Jumat Rp.20.000, Sabtu – Minggu dan Hari libur Rp.30.000
Operasional: Senin – Jumat 08.00 – 16.30 WIB, Sabtu – Minggu dan Hari libur 07.30 – 16.30
Telepon: (0251) 85367448

Zam Zam Tirta (foto: hargatiketmasuk.info)

Sejak berdiri tahun 1988 Pemandian Zam-zam Tirta tidak pernah sepi dari pengunjung karena tempat wisata ini memang memiliki kelebihan tersendiri yaitu airnya bersumber dari mata air yang ada di Gunung Salak yang sejuk dan jernih. Selain itu terdapat enam kolam dengan berbagai macam kedalaman mulai dari 35 cm sampai dengan 185 cm, sehingga pengunjung memiliki lebih banyak pilihan.

Beberapa wahana permainan dan fasilitas yang melengkapi Zam Zam Tirta diantaranya adalah Waterboom, Water Splash, Ember Tumpah, Istana Kelinci Labirin, Gazebo, Bale-bale, Panggung Terbuka, Ruang Terbuka Hijau, Mushollah, Kamar Mandi, serta lahan Parkir yang luas.

42. Curug Luhur

Alamat: Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.40.000
Operasional: 08.00 – 16.30 WIB

Curug Luhur (foto: wisata-tanahair.com)

Memadukan Wisata Air Terjun dan Wisata Buatan, konsep itulah yang diusung Curug Luhur sehingga harga tiket masuknya lebih mahal dibanding Wisata Air Terjun yang alami maupun wisata buatan. Air terjun yang memiliki ketinggian 62 meter di Curug Luhur saat ini hanya untuk dilihat, karena di sekelilingnya sudah diberi pagar, sehingga pengunjung tidak bisa mandi di kolam alami yang ada di bawah curahan air.

Sebagai gantinya, pengunjung dapat merasakan segarnya air terjun lewat kolam renang dewasa dan anak-anak yang sumber airnya berasal dari Curug Luhur. Kolam renang tersebut dilengkapi dengan waterboom seperti halnya wisata buatan pada umumnya.

43. Curug Nangka

Alamat: Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Curug Nangka (foto: tempatwisatadibogor.net)

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Bogor, karena kerap dijadikan lokasi camping dan pelatihan organisasi-organisasi Pecinta Alam, Pramuka, Karang Taruna  dan organisasi pemuda lainnya. Seringnya Curug Nangka dijadikan tempat kegiatan, karena lokasinya yang mudah dijangkau serta menawarkan keindahan yang masih alami.

Meski mudah dijangkau, untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, siapapun harus berbasah-basah terlebih dahulu, karena satu-satunya jalan untuk menuju ke lokasi harus menyeberang sungai yang lebarnya sekitar 3 – 4 meter. Begitu sampai di tempat, tidak ada lagi yang dapat dilakukan selain menikmati indahnya air terjun serta mandi dan berendam di airnya yang dingin.

Tidak perlu khawatir untuk mengisi perut, karena di dekat pintu masuk dapat ditemui para penjual makanan. Bahkan jika tidak membawa baju pengganti, dapat membelinya di sini. Di sekitar lokasi air terjun juga telah disiapkan  toilet dan mushollah, sehingga tidak perlu bingung saat akan menjalankan ibadah.

44. Curug Cilember

Alamat: JL. Raya Puncak Km.15, Desa Megamendung, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 8258890

Curug Cilember (foto: hellobogor.com)

Bukan hanya sekedar wisata air terjun tapi juga Wanawisata, karena  hutan pinus yang mengelilingi Curug Cilember juga memiliki daya pesona. Lebih dari itu, Curug Cilember tidak hanya menyuguhkan satu air terjun tapi tujuh air terjun sekaligus yang jarak antara air terjun yang satu dengan yang lainnya sekitar 150 – 450 meter. Ketujuh air terjun tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda dengan curahan air yang juga tidak sama.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau, membuat Curug Cilember kerap dijadikan tempat kegiatan camping, tracking, serta hiking oleh organisasi Pramuka, Pecinta Alam dan organisasi kepemudaan lainnya, karena di sekitar lokasi memang tersedia area camping ground. Bahkan tidak sedikit para wisatawan yang mendirikan tenda dan bermalam di sekitar lokasi air terjun, sebab pihak pengelola juga menyediakan peralatan camping untuk disewakan.

Satu lagi yang mendaya tarik dari Curug Cilember adalah Taman Konservasi Kupu-kupu berbentuk rumah kaca  dengan koleksi puluhan jenis kupu-kupu yang memiliki sayap berwarna-warni. Kupu-kupu tersebut bukan dalam kondisi mati dan diawetkan, melainkan dalam kondisi yang masih hidup sehingga sangat menarik untuk dilihat.

45. Danau Lido

Alamat: Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5.000
Operasional: 24 Jam

Danau Lido (foto: telusurindonesia.com)

Diapit oleh Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak membuat danau yang memiliki luas sekitar 1700 hektar dan berada pada ketinggian 500 meter dpl ini menghadirkan pemandangan alam yang menawan. Terlebih di pinggiran danau ditumbuhi berbagai jenis pepohonan, selain menambah keindahan juga membuat suasana sekitar terasa sejuk dan segar.

Selain menikmati panorama alam, wisatawan yang berkunjung ke sini juga dapat menikmati beberapa wahana permainan air, seperti speedboat, sepeda air, dan alat transportasi air tradisional yang terbuat dari bambu yang dikenal dengan nama gethek. Dengan menggunakan gethek, selain dapat berkeliling di kawasan perairan Danau Lido, juga dapat menyeberang menuju ke pulau kecil yang ada di tengah danau dan beristirahat sejenak di pulau tersebut.

Tidak hanya itu saja aktifitas yang dapat dilakukan para wisatawan di Danau Lido, karena tempat wisata ini memang telah dikelola secara profesional. Beberapa aktifitas lainnya yang dapat dinikmati di tempat ini diantaranya adalah: Flying fox, ATV, Rafting, Bamboo Raft, Aeromodelling, Terjun Payung, Paralayang, Paramotor dan Swayasa. Bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di dekat danau, juga tersedia resort dan villa dengan harga sewa yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah permalam.

46. Museum Perjuangan Bogor

Alamat: JL. Raya Merdeka No.56, Kelurahan Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000
Operasional: 08.00 – 16.00 WIB
Telepon: (0251) 8326377

Museum Perjuangan Bogor (foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Museum Perjuangan Bogor didirikan pada 10 Nopember 1957 dengan maksud untuk mewariskan semangat patriotisme dan nilai-nilai 45 kepada generasi muda. Museum ini menyimpan berbagai macam senjata yang digunakan oleh para pejuang pada saat merebut kemerdekaan, termasuk senjata yang dirampas dari tentara Inggris dan Jepang.

Dapat pula dilihat baju yang dipakai para pejuang yang sebagian ada yang berhiaskan darah asli dari pejuang yang tertembak tentara penjajah, mata uang kuno yang dipakai pada masa perang kemerdekaan, juga diorama yang menggambarkan pertempuran melawan penjajah di daerah Bogor dan sekitarnya.

47. Museum Pasir Angin

Alamat: Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.3.000
Operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Museum Pasir Angin (foto: phototour-id.blogspot.co.id)

Museum Pasir Angin merupakan museum yang digunakan khusus untuk menyimpan benda-benda purbakala yang ditemukan di Situs Pasir Angin yang terdapat di Desa Cemplang, Kecamatan Cubungbulang, Kabupaten Bogor. Situs arkeologi ini mulai diteliti sejak tahun 1970 dan dilakukan penggalian oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Peslitarkernas) pada tahun 1970, 1971, 1972, 1973, dan 1975. Dalam penggalian tersebut ditemukan banyak artefak dan benda-benda purbakala yang diperkirakan berasal dari tahun 600 – 200 Sebelum Masehi.

Berbagai benda yang ditemukan dalam penggalian itulah yang kini disimpan di Museum Pasir Angin, sehingga pengunjung yang datang ke sini dapat melihat berbagai macam artefak, seperti Kapak Besi, Kapak Perunggu, Arca batu, Gerabah, dan sebagainya. Selain menyimpan hasil temuan di Situs Pasir Angin, museum ini juga mengoleksi benda-benda arkeologi yang ditemukan di sejumlah daerah di sekitar Bogor, seperti temuan dari Situs Cibodas Ciampea.

48. Vihara 8 Po Sat

Alamat: JL. PWRI No.53, Desa Tajur Halang, Kecamatan Tonjong
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 24 Jam

Vihara 8 Po Sat (foto: travel.kompas.com)

Satu lagi tempat ibadah di Bogor yang juga menarik untuk dijadikan sebagai destinasi kunjungan wisata religi adalah Vihara 8 Pot Sat. Daya tarik utama dari vihara yang dibangun pada tahun 2005 – 2006 ini adalah keberadaan Patung Buddha Raksasa sedang tidur yang dibuat pada tahun 2012. Patung Sidharta Buddha Gautama yang sedang tidur dengan posisi miring tersebut memiliki panjang 18 meter dan tinggi 5 meter.

Selain Patung Buddha Raksasa, bangunan dari Vihara sendiri juga memiliki daya tarik dengan pintu gerbang berwarna merah yang identik dengan budaya China, sementara dinding-dinding bagian dalam Vihara dihiasi dengan relief-relief Buddha yang memiliki alur cerita. Terdapat pula stupa-stupa sebagaimana yang ada di Candi Borobudur, serta almari kaca yang berisi ratusan patung budha berukuran kecil dan setiap patung bertuliskan nama seseorang.

49. Vihara Bio Dewa Rejeki

Alamat: Kawasan Wisata Gunung Pancar, Kecamatan Babakan Madang
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 24 Jam

Vihara Bio Dewa Rejeki (foto: lovelybogor.com)

Dengan umur bangunan yang sudah mencapai 400 tahun, Vihara Bio Dewa Rejeki tentunya menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata sejarah sekaligus wisata religi diluar fungsinya sebagai tempat ibadah. Sebagaimana umumnya bangunan vihara, nuansa budaya China sangat kental mewarnai setiap sudutnya, mulai dari dominasi warna, patung, relief dan ornamen-ornamen yang menghiasi beberapa bagian bangunan.

50. Kampung Wisata Cinangneng

Alamat: JL. Babakan Kemang RT.01 RW.02, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea
Koordinat: Klik Disini
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 8621895

Desa Wisata Cinangneng (foto: hellobogor.com)

Menempati lahan seluas 1,5 hektar di dekat kampus IPB Dramaga, Kampung Wisata Cinangneng mengajak para wisatawan untuk menikmati aktifitas dan kehidupan ala masyarakat desa, seperti menanam padi, membajak sawah, memandikan kerbau, membuat makanan dan minuman khas Bogor, membuat wayang dari daun singkong dan sebagainya.

Mengusung konsep Agrotourism,  Kampung Wisata Cinangneng dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti sawah, kebun, sungai, gift shop, cafe, penginapan, serta yang lain. Karena tempat wisata ini cenderung mengenalkan budaya asli Indonesia, membuatnya banyak dikunjungi anak-anak sekolah pada saat weekdays.

51. Kebun Wisata Pasirmukti

Alamat: JL. Raya Tajur Pasirmukti Km.4, Desa Citeureup, Kecamatan Pasirmukti
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.15.000
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (021) 87943865

Kebun Wisata Pasirmukti (foto: tripadvisor)

Kebun berbasis wisata dan edukasi ini akan pengunjung untuk lebih dekat dengan alam di lahan seluas 35 hektar. Di tengah-tengah suasana khas pedesaan yang sejuk dan asri, berbagai macam aktifitas edukatif dihadirkan seperti membajak sawah dengan petani setempat, berlomba menangkap belut, memancing ikan, bermain tarik tambang, dan sebagainya. Pengunjung juga dapat melihat-lihat kebun sayur, kebun buah, kebun hidroponik, tempat pembibitan anggrek, dan taman yang berisi berbagai macam tanaman hias.

Tidak hanya sekedar melihat-lihat, pengunjung juga diajak praktek langsung tentang bagaimana melakukan pembibitan, menanam dan merawat tanaman, menyilangkan dua jenis tanaman, bercocok tanam dengan sistem hidroponik, dan berbagai macam kegiatan edukatif lainnya.

52. Melrimba Garden

Alamat: JL. Raya Puncak Km.87, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Operasional: Minggu – Jumat 08.00 – 21.00 WIB, Sabtu 07.00 – 23.00
Telepon: (0263) 523205

Melrimba Garden (foto: JadiBerita.com)

Menempati area seluas 5 hektar dengan panorama sekeliling berhiaskan perbukitan kebun teh yang hijau membuat mata terasa nyaman saat berkunjung ke Melrimba Garden. Wisata Terpadu yang buka dari pagi hingga malam hari ini menyediakan berbagai macam Paket Penginapan dan Paket Wisata dengan harga yang variatif. Jika tidak tertarik untuk membeli Paket Penginapan maupun Paket Wisata yang ditawarkan, pengunjung dapat menikmati indahnya Melrimba Garden dengan memesan berbagai macam menu makanan dan minuman yang disediakan Melrimba Kitchen.

Berbagai wahana dan fasilitas yang melengkapi Melrimba Garden diantaranya adalah: “Wisata Taman” yang akan mengajak wisatawan mengunjungi taman yang dipenuhi berbagai jenis tanaman hias dengan berbagai macam warna, sambil sesekali melihat sekumpulan Elang Jawa yang terbang berkelompok menuju hutan yang menjadi tempat sarang mereka. “Wahana Flora” menawarkan berbagai macam produk herbal, buah dan tanaman bunga. “Melrimba Kitchen” menyuguhkan berbagai macam menu makanan, mulai dari menu tradisional Nusantara sampai menu internasional.

Wahana keempat adalah “Taman Bermain” yang dilengkapi Mini Soccer, Basket Ball, Bungee Fly, ATV dan Buggy Kart, High Rope, Giant Chest, Mountain Bike, serta yang lain. Wahana kelima adalah “Kampoemg Melrimba on the Weekend” yang menjual berbagai macam makanan khas Puncak, seperti Umbi Cilembu Kukus, Jagung Bakar, Ketan Bakar, dan masih banyak lagi yang lain.

53. Gong Factory Bogor

Alamat: JL. Pancasan Blok Mustopa No.32, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Gratis
Operasional: 08.00 – 15.00 WIB
Telepon: (0251) 4777099

Gong Factory Bogor (foto: v2.garudamagazine.com)

Bagi Anda yang masih penasaran dengan cara pembuatan alat musik tradisional gong, dapat berkunjung ke Gong Factory untuk melihat proses pembuatannya tanpa dikenakan biaya. Tempat pembuatan gong yang telah berumur 370 tahun lebih tersebut kerap dikunjungi turis dari mancanegara, baik yang datang hanya sekedar ingin melihat proses pembuatannya maupun membeli gong dengan berbagai ukuran. Jika wisatawan dari luar negeri saja tertarik untuk melihat proses pembuatan gong, kitapun seharusnya juga wajib untuk mengetahuinya.

54. Telaga Warna

Alamat: Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.5000, Hari Libur Rp.7.500
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 4777099

Telaga Warna (foto: piknikasik.com)

Dengan luas keseluruhan 5 hektar dan luas telaga 1,5 hektar, kawasan wisata ini memiliki banyak keistimewaan, salah satu diantaranya adalah banyaknya pohon-pohon langka yang tumbuh di pinggir telaga. Kawasan ini juga menjadi habitat hidup dari sejumlah binatang, seperti Macan tutul, Babi Hutan, berbagai macam jenis burung, unggas serta yang lain.

Keistimewaan yang paling menonjol adalah warna air telaga yang sekali waktu berubah, sehingga telaga ini dinamakan Telaga Warna. Perubahan warna air telaga tersebut disebabkan karena ganggang air serta pantulan cahaya matahari oleh pohon-pohon perindang yang tumbuh di tepi telaga, sehingga menciptakan gradasi warna. Perubahan warna air telaga itulah yang membuat pemandangan di sekitar telaga terlihat eksotis.

Meskipun kealamian dari Telaga Warna ini masih terjaga, namun sejumlah fasilitas juga telah disiapkan bagi para wisatawan seperti Flying fox, walking track, shelter, toilet, fasilitas outbond, serta warung-warung makanan.

55. Telaga Alam Malimping

Alamat: JL. Kolonel Bustomi Burhanudin, Desa Malimping, Kecamatan Cigombong
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.5000, Hari Libur Rp.7.500
Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0251) 9148919

Telaga Alam Malimping (foto: indotur.blogspot.co.id)

Pemandangan alam yang indah. udara yang sejuk dan segar, berbagai ragam aktifitas wisata dan fasilitas yang lengkap, membuat siapapun akan tertarik untuk berkunjung ke Telaga Alam Malimping. Berbagai wahana permainan yang tersedia di sini diantaranya adalah: Istana Balon, Kebun Binatang Mini, Tempat Pemancingan, Flying Fox, ATV, Mini Trail, Canoppy Street, Nuansa Perahu, Paint Ball, Water Park, Banana Boat, Jet Ski, Becak Mini, serta Rafting yang terbagi dalam 3 jarak tempuh, yakni 5 km dengan harga Rp.180.000, 7 km Rp.200.000 dan 11 km dengan harga Rp.300.000 perorang.

Sedang untuk fasilitas yang disediakan diantaranya adalah: tenda, gazebo, penyewaan studio musik, digital studio recording, pondok kuliner, ruang pertemuan, serta penginapan yang terdiri atas resort, cottage dan hotel.

56. Taman Topi

Lokasi: Jalan Dewi Sartika Nomor 30, Kodepos 16121
Maps: KlikDisini
HTM: Senin–Jumat Rp.4.000 dan Sabtu-Minggu Rp.5.000
Buka/Tutup: Weekday 09.00-17.00 dan Weekend 08.00-18.00
No Telp: 0251 321460

Baca Juga: Cara Menuju Lokasi Wisata Taman Topi Bogor Dari Stasiun dan Harga Tiket Masuk

Serunya Wahana Retro, Foto: myzat.com

57. Gunung Bunder

Letak: Pamijahan, Sirnajaya, Kodepos 16830
Maps: KlikDisini
HTM: Rp.17.500/Orang + Motor, Rp. 30.000 untuk 2 Orang + Motor
Buka/Tutup: 07.00-17.00
No Telp: 0266 621256 atau 0856 2414 0863 atau 0817 020 6417

Baca Juga: Jalan Menuju Lokasi Gunung Bunder Dari Sentul Bogor, Jika Mau Wisata Camping Ground?

Beberapa Villa di Gunung Bunder, Foto: harindyahpratami.blogspot.co.id

58. Istana Bogor

Letak: Jl. Ir.H. Juanda No. 1, Paledang, Pos 16122
GoogleMaps: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: Senin-Kamis 09.00-14.00, Jumat 09.00-11.00 dilanjutkan 14.00-16.00 WIB
Telpon: 0251 8321001
Fax: 0251 8328172

Rusa di Seputaran Istana Bogor, Gambar: arsiteklopedia.blogspot.co.id

59. Gunung Gede Pangrango

Letak: Jalan Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Pos 43253
GoogleMap: KlikDisini
HTM: Hari libur Umum Rp.34.000/)Orang, Pelajar Rp.19.000 dan Hari Kerja Umum Rp.29.000/Orang, Pelajar Rp.17.500/Orang
Buka/Tutup: 06.00-17.00
No.Telpon: 0263 512776

Baca Juga: Jalur Pendakian Pendaftaran Gunung Gede Pangrango, Misteri dan Sejarah Asal Usulnya

Gunung Gede Pangrango National Park, Gambar: yogoisnanto.blogspot.co.id

60. Sirkuit Sentul

Letak: Jalan Sentul International Circuit, Babakan Madang, Pos 16810
Google Maps: KlikDisini
Buka/Tutup: 09.00 – 17.00
No Telpon: 0823 2018 8878

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Lokasi Sirkuit Sentul Bogor Terbaru 2017 dan Apa Benar Direnovasi Diperbaiki Untuk MotoGP?

Lintasan Sirkuit Internasional Sentul, Photo: nextstarbussiness.blogspot.co.id

61. Gunung Salak

Terdapat di: Pasawahan, Cicurug, Sukabumi
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telpon: 0251 7542215

Baca Juga: Mitos Misteri Angker Gunung Salak Endah Bogor dan Sejarahnya

Gunung Salak Endah, Image: gepalar-adventure.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *