15 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi: Pantai Terbaru Terkenal, Air Terjun Tersembunyi

Diposting pada
Tempat wisata di ciamis jawa barat yang wajib dikunjungi icakan pangandaran utara tasikmalaya banjar kota baru bermain hunting batu ngampar kampung kuta rancah panjalu kawali banjarsari pantai terbaru green canyon angker gambar objek daftar kawasan kab daerah curug keluarga religi sejarah terkenal air terjun tersembunyi
Tempat Wisata di Ciamis (foto: kitasatu.com)

Tim jejakpiknik.com kali ini akan memberikan rekomendasi tempat wisata di salah satu kabupaten daerah timur Jawa Barat, yaitu Ciamis. Ciamis memiliki beberapa objek wisata yang tak kalah bagus dengan yang lainnya. Banyak wisata alam yang wajib kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Meski mengalami beberapa kali pemekaran seperti Kec. Banjarsari yang menjadi kota baru yaitu Kota Banjar dan Pangandaran menjadi Kab Pangandaran, Ciamis masih memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata.

Nah, berikut daftar 15 tempat wisata untuk kamu yang ingin pergi ke Ciamis;

1. Mega Wisata Indonesia Icakan

Alamat: Dusun Cikacang, Sukamulya, Baregbeg, Jalatrang, Cipaku
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
Telepon:
0822 4065 7777

Mega Wisata Indonesia Icakan (foto: youtube.com)

Pergi berlibur ke waterpark adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menyukai permainan air. Di Ciamis tentu saja ada waterpark yang memiliki banyak sekali wahana bermain air. Nama tempatnya adalah Mega Wisata Indonesia Icakan. Lokasinya berada di Desa Sukamulya yang memiliki jarak dari kota sekitar 7 km.

Dengan luas sekitar 15 hektar, Mega Wisata Indonesia Icakan memiliki anyak fasilitas arena permainan air, seperti kolam ombak, kolas arus dan kolam renang anak. kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelili danau Icakan yang disini.

2. Green Canyon

Lokasi: Jl. Raya Cijulang – Green Canyon, Kertayasa, Cijulang
Map:
Klik Disini
Buka Tutup:
07.30 – 16.00 WIB
No Telp:
0815 4666 588

Green Canyon (foto: anekatempatwisata.com)

Green Canyon adalah sebuah tempat wisata yang sangat cocok untuk kamu pecinta alam. Green Canyon memiliki nama lain yaitu Cukang Taneuh yang dalam bahasa Sunda memiliki arti aliran sungai. Nama Green Canyon sendiri didapat dari seorang turis asing dari Perancis yang merasa tempata wisata ini mirip dengan Green Canyon yang ada di Amerika. Jadi kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke amerika untuk melihat indahnya Green Canyon, karena di Ciamis sudah ada.

Sungai Cijulang ini sangat unik karena aliran airnya diapit oleh dua bukit serta menembus sebuah gua. Kamu bisa bermain air disini dengan sensani gelap dibawah gua. Cukup menguju nyali memang, tetapi tentu saja sangat seru dan asik. Banyak pepohonan yang hijau dan rindang membuat udara di Green Canyon ini sangat sejuk.

BacaJuga:  Tiket Masuk Pantai Karang Hawu Sukabumi Jawa Barat + Penginapan Murah di Lokasi

3. Masjid Agung Ciamis

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman
Peta:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Gratis
Jam Operasional:
24 jam

Masjid Agung Ciamis (foto: mapio.net)

Nah, kali ini rekomendasi bagi kamu yang ingin berwisata religi, yaitu Masjid Agung Ciamis. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat menarik. Bangunannya didominasi oleh kayu yang tampak bagus, selain untuk beribadah, masjid ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto-foto.  Ada beberapa yang selalu menjadi sorotan para pengunjung yang selalu datang yaitu pohon kurma yang tumbuh di halaman masjid.

Masjid ini berada di pusat kota, sangat strategis dan dekat dengan alun-alun Kabupaten Ciamis. Tentu saja kamu akan sangat mudah menemukan Masjid ini karena terdapa banyak sekali penunjuk arah untuk menuju ke Masjid.

4. Situ Lengkong Panjalu

Alamat: Situ Lengkong, Panjalu, Kabupaten Ciamis
Koordinat:
Klik Disini
HTM:
Rp 2.500 / orang

Situ Lengkong Panjalu (foto: wisatamu.com)

Situ Lengkong Panjalu berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Ciamis, cukup strategis jika dilalui dengan kendaraan pribadi. Situ yang dalam arti bahasa Sunda adalah Danau. Situ Lengkong memiliki keunikan tersendiri yaitu ada sebuah pulau yang luas ditengah-tengahnya. Pulau tersebut bernama Nusa Gede. Kamu bisa menyeberang ke pulau tersebut dengan menggunakan perahu yang sudah disiapkan.

Di akhir pekan, Situ Lengkong selalu ramai pengunjung. Kamu hanya perlu membayar Rp 2.500 per orang untuk dapat masuk ke tempat wisata ini. Pemandangannya cukup bagus untuk diambil gambar dengan latar belakang danau yang berwarna hijau.

5. Kampung Adat Kuta

Alamat: Karangpaningal, Kec. Tambaksari
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Telepon:
0811 7461 9999

Kampung Adat Kuta (foto: tigatitik.wordpress.com)

Kampung Adat Kuta adalah Desa Karangpaninggal yang dimana banyak sekali bangunan-bangunan dari jaman sejarah peninggalan Kerajaan Galuh. Banyak sekali keunikan yang menjadi tradisi di Kampung Adat Kuta ini, seperti tidak boleh menggunakan alas kaki ketika kamu datang kesini, serta dilarang membawa tas.

Di Kampung Adat Kuta juga ada sebuah tempat yang bernama Hutan Keramat, tenang saja meski namanya sedikit agak seram tapi aman dan tidak angker kok. Kamu hanya bisa mengunjungi Hutan Keramat di hari Senin dan Jumat.

6. Curug Tujuh Cibolang

Alamat: Sandingtaman, Kec. Panjalu
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 7.500 / orang

Curug Tujuh Cibolang (foto: makalahskripsi.com)

Curug yang dalam arti air terjun ini berada di Desa Sandingtaman bernama Curug Tuhuj Cibolang. Seperti namanya, curug ini terdiri dari tujuh titik air terjun. Tracking menuju air terjun ini sangat menantang, kamu melewati bukit dan jalan setapak. Dipercaya bahwa air yang mengandung belerang di curug ini dapat mengobati beberapa penyakit. Tak sedikit pengunjung yang datang bahkan sampai membawa pulang air untuk dijadikan oleh-oleh.

7. Pantai Karang Nini

Alamat: Putrapinggan, Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Telepon:
0817 613 246

Pantai Karang Nini (foto: tripadvisor.com)

Berada di Kecamatan Kalipucang, Pantai Karang Nini berjarak kurang lebih sekitar 85 km dari Kota Ciamis. Pantai Karang Nini ini memmpunyai keunikan dan keunggulan tersendiri daripada pantai lain yang ada di Jawa Barat. Saat diperjalan menuju pintu pantai, kamu akan disuguhkan dengan sejuknya udara karena terdapat hutan jati disekitarnya.

BacaJuga:  10 Travel Bandung Ke Purwokerto Dengan Ongkos Mulai Rp 70.000

Nama Nini berasal dari batu karang yang ada di pantai ini menyerupai seorang nenek, karena nini sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti Nenek.  Di pantai ini juga terdapat sebuah Pondok Wisata, kamu dapat menyewa pondok ini untuk bersantai menikmati pemandangan pantai.

8. Pantai Pangandaran

Alamat: Desa Pananjung, Kec. Pangandaran
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang

Pantai Pangandaran (foto: youtube.com)

Siapa yang tak kenal dengan Pantai Pangandaran, pantai ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta laut. Bahkan pantai ini terbilang pantai paling ramai dikunjungi di Jawa Barat baik di akhir minggu atau hari biasanya. Selain pemandangan yang bagus bisa disaksikan disini, kamu juga bisa melihat banyaknya perahu nelayan yang lalu lalang di pinggiran pantai. Sebagain warga di sekitar dalah bermata pencaharian sebagai pencari ikan atau nelayan.

9. Pantai Batu Karas

Alamat: Jl. Batu Karas, Batukaras, Cijulang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000

Pantai Batu Karas (foto: klikhotel.com)

Masih berada di kawasan Pangandaran, terdapat sebuah pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Batu Karas berlokasi di Kecamatan Cijulang. Banyak yang bilang bahwa Pantai Batu Karas Balinya Ciamis. Pantai Batu Karas memiliki pasir yang berwarna hitam. Tak sedikit para wisatawan menghabiskan senjanya disini untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam yang terkenal bagus. Selain itu banyak fasilitas yang ditawarkan disini seperti berkemah, banana boat, jet sky dan masih banyak yang lainnya.

10. Lembah Putri

Alamat: Putrapinggan, Kalipucang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000
Telepon:
0817 613 246

Lembah Putri (foto: mypangandaran.com)

Ketika saat menuju Kota Pangandaran, kamu akan melewati tempat wisata ini. Ya, Lembah Putri namanya. Mungkin Lembah Putri masih belum terkenal di kalangan wisatawan karena termasuk golongan tempat wisata tersembunyi dan terbaru di Pangandaran. Di Lembah Putri kamu akan menyaksikan betapa indahnya pemandangan yang ada disana. Haraknya sangat dengat Pangandaran, hanya sekitar 5 kilometer.

11. Puncak Mandala Rancah

Alamat: Desa Situmandala, Kec. Rancah
Koordinat: 
Klik Disini

Puncak Mandala Rancah (foto: rancahbetah.blogspot.com)

Di Desa Situmendang terdapat banyak sekali potensi wisata tersembunyi yang masih belum terjamah pengunjung. Salah satunya yaitu Puncak Mandala Rancah. Suasana yang sejuk serta banyaknya hamparan sawah yang hijau sangat bagus sekali untuk dijadikan objek pengambilan foto. Akses jalan menuju Puncak Mandala tidak begitu sulit, bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Pemandangan di malam hari sangat indah karena kamu dapat menyaksikan lampu-lampu kota dari Puncak Mandala Rancah.

12. Pantai Batu Hiu

Alamat: Ciliang, Parigi, Karangbenda
Koordinat: Klik Disini

Tarif: Rp 5.000 / orang

Pantai Batu Hiu (foto: panoramio.com)

Pantai Batu Hiu memiliki cerita yang unik dari namanya. Banyak orang menyebutnya terdapat batu raksasa yang berbentuk menyerupai ikan hiu. Lokasi pantai ini sangat strategis, hanya membutuh antar 20 atau 30 menit dari Kecamatan Pangandaran kamu bisa sampai kesini.

BacaJuga:  10 Barbershop di Bogor Paling Recommended, Sudah Pernah Coba?

Terdapat sebuah bukit kecil di pantai ini. Jika kamu menaiki bukit ini, maka bisa menyaksikan pemandangan laut yang begitu indah.

13. Astana Gede Kawali

Alamat: Kawali, Kabupaten Ciamis
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang

Astana Gede Kawali (foto: safenusantara.blogspot.com)

Ciamis memiliki cerita sejarah yang cukup besar bahwa dulunya merupakan sebuah Kerajaan Galuh yang erdiri di abad ke VII. Maka dari itu banyak sekali peninggalan – peninggalan pada masa kejayaan kerajaan. Peninggalan yang ada hingga kini berupa 6 prasarti, 3 batu menhir dan 11 makam.

Selain wisatawan yang datang sendiri atau bersama teman dan keluarga, banyak sekali pengunjung datang dari rombongan siswa – siswa sekolah yang datang untuk melihat langsung beberapa arkeologis yang ada. Lokasi situs ini berada di Kecamatan Kawali, kurang lebih berjarak 21 dari Ciamis ke arah utara.

14. Wisata Batu Ngampar

Alamat: Medanglayang, Panumbangan
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 7.500 / orang
Jam Operasional:
06.00 – 16.00 WIB

Wisata Batu Ngampar (foto: tripadvisor.com)

Ngampar yang dari bahasa Sunda artinya terhampar, jadi Batu Ngampar adalah batu yang terhampar. Lokasi air terjun ini dekat sekali dengan Kota Tasikmalaya, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Batu Ngampar sendiri terletak disebuah kaki Gunung Syawal. Karena berada di kaki gunung maka suasana udaranya terasa dingin dan sejuk. Airnya sangat bersih dan jernih, tak heran banyak sekali pengunjung yang sering datang kesini.

Akses jalan menuju air terjun Batu Ngampar tidak lah sulit, hanya saja disarankan kamu harus menggunakan ban motor yang bergigi. Itu disebabkan karena jalannya masih terbuat dari tanah dan masih licin.

15. Rafting Sungai Citumang

Alamat: Desa Bojong, Citumang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 85.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 16.00 WIB
Telepon: 0265 771421

Rafting Sungai Citumang (foto: angkotwisata.blogspot.com)

Di Sungai Citumang yang ada di Ciamis memiliki arus air yang sangat deras. Maka dari itu sangat cocok sekali untuk dijadikan permainan air rafting. Banyak sekali paket rafting yang ditawarkan di sekitar Sungai Citumang, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk peralatannya. Semua sudah lengkap disediakan oleh warga setempat yang memiliki inisiatif membuka penyewaan alat rafting beserta instrukturnya.

Uniknya, saat kamu sedang bermain rafting akan di tawarkan pemandangan yang sangat bagus disekitar sungai. Banyak sekali pepohonan yang masih rindang. Ada sebuah goa yang sangat panjang disana. Selain rafting, kamu juga akan ditawari dengan kegiatan alam lainnya seperti panjat tebing.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

4 thoughts on “15 Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi: Pantai Terbaru Terkenal, Air Terjun Tersembunyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.