15 Tempat Wisata di Cibubur Yang Murah : Cileungsi, Junction, Kampung Jepang

Posted on
Tempat wisata di cibubur yang murah cileungsi junction kampung jepang alam keluarga kota kolam renang baru harga tiket masuk taman bunga wiladatika jurassic park telaga arwana cina nama alamat lokasi legenda buperta daerah jakarta timur gratis romantis meriah ada outbound kawasan perumahan malam anak bumi perkemahan
Tempat Wisata di Cibubur (foto: twitter.com)

Di Jakarta meski sudah terkenal dengan kemacetan dan polusinya, masih menyimpan beberapa tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan tiba. Salah satunya yaitu Kota Cibubur yang berada di pinggir Jakarta bagian timur. Banyak sekali tempat rekreasi keluarga yang sangat bagus dan beredukatif bagi anak-anak. Lokasi sangat strategis dan harga yang sangat terjangkau membuat tempat-tempat rekreasi disana tak pernah sepi pengunjung.

Nah, apa saja tempat wisata itu? Kami merekomendasikan tempat yang sangat cocok untuk kamu berlibur ke Kota Cibubur. Mari kita simak;

1. Taman Bunga Wiladatika

Alamat: Jalan Jambore No.1, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 8.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 18.00 WIB
Telepon:
021 8731859

Taman Bunga Wiladatika (foto: mangacew.com)

Taman Bunga Wiladatika menyajikan betapa indahnya bunga-bunga yang ada di Cibubur. Taman ini terletak di seberang Cibubur Junction yang sudah tidak asing lagi. Pemandangannya sangat bagus, apalagi jika kamu datang bersama pasangan, maka suasan romantis akan muncul dengan sendirinya. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga 8.000 rupiah per orang.

Selain itu ada juga wahana lain yang ditawarkan seperti  kolam renang dan permainan Bom-bom car untuk anak-anak.

2. Telaga Arwana

Lokasi: Jalan Jambore RT. 05 / RW. 06, Harjamukti, Cimanggis
Map:
Klik Disini
HTM:
Rp 8.000 / orang
Buka Tutup:
08.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:
021 84312978

Telaga Arwana (foto: youtube.com)

Tempat wisata keluarga lainnya yang ada di daerah timur Jakarta ini adalah Telaga Arwana. Cocok sekali jik kamu datang kesini bersama keluarga. Terdapat sebuah kolam pemancingan ikan jika ada yang memiliki hobi memancing. Selain itu juga ada kolam renang serta outbond. Peralatan pancing sudah disediakan disini, kamu hanya perlu menyewanya.

Untuk anak-anak selain disediakan kolam renang, banyak wahan lainnya yang bisa dinikmati. Seperti kolam lumpur, kolam tangkap ikan dan waterpark.

3. Buperta Cibubur

Alamat: Jalan Buperta – Jambore, Cibubur, Harjamukti, Cimanggis
Peta:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
RP 10.000 / malam
Jam Operasional:
24 jam
No Telp:
021 8444948

Buperta Cibubur (foto: detik.travel.com)

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata alam ini, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata atau yang biasa disebut Buperta Cibubur selalu ramai pengunjung. Bahkan bukan hanya di akhir pekan, di hari biasa pun selalu tampak kegiatan ada disini. Selain didatangi dari organisasi kepramukaan, tempat ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang perorangan atau dengan keluarga. Banyak fasilitas yang tersedia disini seperti outbond.

Alamat Buperta ini ada di Jalan Buperta – Jambore, sesuai dengan nama tempat wisatanya jadi kamu tidak akan kesulitan untuk sampai kesini.

4. Kampoeng Maen Cibubur

Alamat: Pondok Ranggon, Cipayung
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 60.000 / anak
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WIB
Telepon:
021 3901575

Kampoeng Maen Cibubur (foto: jubilee-jkt.sch.id)

Lapangan yang beralaskan rumput ini disulap menjadi tempat wisata bermain dan belajar bagi anak-anak. Suasana disekitar berkonsep tradisional seperti tema tempat wisata ini. Udaranya sangat sejuk dan asri membuat para pengunjung sangat betah. Selain arena tempat bermain, disediakan juga lokasi berkemah bagi yang ingin bermalam disini. Karena akan pada malam hari juga banyak sekali kegiatan yang dilakukan dan tidak kalah seru.

Karena konsepnya memang area permainan bagi anak-anak maka jangan heran jika kamu berkunjung banyak sekali rombongan dari sekolah taman kanak-kanak. Lokasi Kampoeng Maen Cibubur sangat strategis, banyak sekali petunjuk arah yang akan memandu kamu dan keluarga untuk sampai disini.

5. Kampung Cina

Alamat: Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 jam
Telepon:
0896 0345 2290

Kampung Cina (foto: olx.co.id)

Terletak di tengah kota, menjadikan Kampung Cina ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk didatangi jika kamu berkunjung ke Kota Cibubur. Banyak sekali yang bisa kamu nikmati pertunjukkan dari etnis Tingkok ini. Mulai dari rumah adatnya, keseniannya, dan pernak – pernik kerajinan yang dihasilkan oleh warga sekitar.

Mulai dari gerbang masuknya saja kamu akan merasa kagum dengan suasana yang ada. Selain itu ada fasilitas yang ditawarkan disini yaitu wahana air dengan bebek perahu unutk melintasi danau.

6. Kampung Jepang

Alamat: Jl. Boulevard Kota Wisata, Ciangsana, Gunung Putri
Koordinat: 
Klik Disini

Kampung Jepang (foto: mytastytravel.com)

Di Cibubur selain ada Kampung Cina yang memang sudah terkenal, masih ada lagi tempat wisata lainnya Kampung Jepang namanya. Tentu saja tak kalah rame dengan Kampung Cina. Kamu akan bisa merasakan suasana yang mirip sekali dengan negara yang dijuluki dengan Negeri Matahari Terbit. Desain yang diusung oleh sang arsitektur sama persis dengan di Jepang.

Selain dapat melihat-lihat bangunan yang ada, disini juga terdapat toko yang menjual aksesoris Jepang. Jadi kamu bisa membeli oleh-oleh untuk kerabat setelah berkunung dari Kota Cibubur.

7. Monumen Pancasila Sakti

Alamat: Jl. Pancasila Sakti, RT.4/RW.12, Lubang Buaya, Cipayung
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.500 / orang
Jam Operasional:
08/00 – 17.00 WIB

Monumen Pancasila Sakti (foto: travelingyuk.com)

Bentuk dari monumen Pancasila Sakti ini berupa burung Garuda raksasa dengan Pahlawan Revolusi berjumlah tujuh orang. Dan di bawahnya ada diorama tentang peperangan pada saat 30 September 1965, serta sebuah tulisan pesan “Waspada….. dan awasi diri agar peristiwa sematjam ini tidak terulang lagi”.

Di monumen ini selain kamu dapat melihat patung tersebut, terdapat sebuah sumur lubang buaya. Sepanjang kamu memasuki monumen pasti akan melihat banyaknya diorama tentang peperangan zaman penjajahan dulu.

8. Monumen Perjuangan Jatinegara

Alamat: Jalan Matraman Raya No. 212, Bidara Cina, Jatinegara
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Monumen Perjuangan Jatinegara (foto: store.tempo.co)

Berbagai peristiwa terjadi pada saat zaman perjuangan dulu, salah satunya di Jatinegara, kawasan Jakarta Timur. Nah, salah satu untuk mengingat peristiwa tersebut dibangunlah sebuah monumen. Monumen ini berada di alamat Jalan Matraman Raya.

Patung ini menggambarkan seorang pemuda yang memeluk senapan dan menggunakan ransel. Pembuatan patung terbilang sangat lama, sekitar 2.5 tahun dengan menggunakan bahan batu cor dan gips.

9. Museum Perangko

Alamat: TNII, Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Geber, Cipayung
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 16.00 WIB
Telepon:
021 8401210

Museum Perangko (foto: indonesiakaya.com)

Museum ini berlokasi di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Banyak sekali koleksi perangko yang ada di semua negara bisa kamu lihat di tempat ini. Tidak hanya perangkao saja ada disini, tetapi juga ada foto-foto pembuatan smapai jadi sebuah perangko.

Selian itu juga ada diorama dari perangko yang ada di berbagai negara, bahkan kegiatan filateli yang dilakukan. Tempay ini sangat pas untuk kamu dan keluarga selain berlibur juga menambah wawasan pengetahuan.

10. Museum Komodo

Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 / orang
Jam Operasional:
09.00 – 16.00 WIB
Telepon:
021 8400709

Museum Komodo (foto: tripadvisor.com)

Museum Komodo ini sebenarnya tidak hanya memamerkan binatang Komodo saja, banyak lagi binatang lainnya. Hanya saja keunikan lain dari tempat ini adalah bentuk ruangannya yang menyerupai Komodo. Museum ini terbilang bukan museum baru, karena sudah diresmikan mulai Tahun 1978. Tempat wisata ini cocok sekali untuk anak-anak yang ingin menambah pengetahuan tentang fauna yang ada di Indonesia. Di ruangan lantai pertama, kamu akan disuguhkan dengan koleksi dari macam-macam jenis mamalia dan reptil.

11. Cibubur Garden Dairy

Alamat: Jalan Peternakan Raya Blok C No. 12, Pondok Ranggon, Cipayung
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 65.000 / orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 (weekday) dan 14.00 – 17.00 WIB (weekend)
Telepon:
0877 8009 3450

Cibubur Garden Dairy (foto: ciputatours.com)

Sang pemilik Cibubur Garden Dairy telah berhasil mengubah yang dulunya hanya sebuah peternakan sekarang menjadi sebuah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika mampir ke Cibubur. Sang pemilik yaitu Pak Rachat lebih mengkhususkan pengunjung untuk anak-anak meski beliau tak menutup bagi pengunjung dewasa. Hanya saja beliau ingin memberi pengetahuan tentang manfaat meminum susu bagi tubuh.

Kegiatan yang ditawarka di tempat ini sangat banyak, mulai dari cara merawat sapi dengan baik, memerah susu dengan tepat sampai cara memandikan sapi. Bahkan saat akan meninggalkan tempat ini kamu akan diberi susu sapi asli dari peternarkan.

12. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Alamat: Ceger, Cipayung
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 15.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 22.00 WIB
Telepon:
021 87792078

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) (foto: cibubur.com)

Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa dikenal dengan TMII adalah tempat rekreasi keluarga yang berkonsep tentang kebudayaan di Indonesia. Kamu akan dapat melihat miniatur dari semua suku nusantara mulai Sabang sampai Merauke.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati beberapa fasilitas wahana permainan yang ada. Serta terdapat beberapa museum yang tak jarang didatangi oleh para pengunjung, seperti  Museum Indonesia, Museum Keprajuritan dan masih banyak yang bisa kamu nikmati disini.

13. Cibubur Junction

Alamat: Jl. Jambore No.1, Cibubur, Ciracas
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
10.00 – 22.00 WIB
Telepon:
021 87755678

Cibubur Junction (foto: Unknown)

Selain tempat wisata alam, di Cibubur juga ada tempat perbelanjaan yang sudah sangat terkenal, yaitu Cibubur Junction. Masih terbilang mall yang baru karena Cibubur Junctin sendiri baru resmi dibuka pada tahun 2005 lalu. Selain berbelanja anek kebutuhan sehari-hari dan oleh-oleh, kamu juga dapat menikmati kuliner yang ada disana. Banyak sekali restaurant yang hadir di Cibubur Junction, bahkan makanan khas Sunda pun juga tersedia.

14. Fantasy Island Cibubur

Alamat: Kompleks Perumahan Kota Wisata, Cibubur
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
10.00 – 17.30 WIB
Telepon:
021 8493 4848

Fantasy Island Cibubur (foto: alwaysrestlessfeet.wordpress.com)

Di Indonesia juga ada wisata fantasy, tepatnya di Cibubur yaitu Fantasy Island. Berada di kompleks perumahan Kota Wisata, kamu bisa menjelajahi tempat hiburan ini. Bagi anak-anak, tempat hiburan ini sangat menarik karena terdapat sebuah taman yang unik, yaitu Taman Jurasic Park. Binatang yang menjadi legenda ini rupanya jadi daya tarik tersendiri.

Selain itu banyak sekali wahana yang ditawarkan, seperti Bumper Car, ATV, Flying Horse, dan masih banyak permainan lainnya. Di dalamnya juga ada danau buatan dan bisa kamu nikmati dengan menyewa perahu untuk mengelilingi indahnya pemandangan yang ada.

15. Taman Buah Mekarsari

Alamat: Jl. Raya Jonggol – Cileungsi KM.3, Mekarsari
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 25.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
Telepon:
021 8231822

Taman Buah Mekarsari (foto: hellobogor.com)

Nah di Cibubur kamu juga akan dimanjakan dengan wisata buah. Ya, Taman Buah Mekarsari namanya. Kamu bisa menikmati berbagai macam buah yang ada di seluruh Indonesia. Tiket masuk ke tempat ini juga sangat terjangkau, dengan hanya 25 ribu rupiah kamu bisa mencicipi semua buah yang ada.

Dari buah musiman hingga non musim ada disini. Untuk buah musiman di Taman Buah Mekarsari ini ditumbuhi dengan buah Mangga, Jambu, Melon, Lengkeng dll. Sedangkan buah non musim, seperti Nanas, Pisang dan Markisa Rola.

One thought on “15 Tempat Wisata di Cibubur Yang Murah : Cileungsi, Junction, Kampung Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *