15 Tempat Wisata di Cimahi Yang Murah: Curug, Taman, Outbound, Kolam Renang

Posted on

Tempat wisata di cimahi yang murah bandung cic romantis harga tiket masuk alam curug bugbrug taman paku haji kupu malam berpetualang daerah cisarua jawa barat jabar lembang sekitar kota parongpong ada air anak gratis nama daftar lokasi objek utara cihanjuang outbound kolam renang

Cimahi merupakan salah satu bagian dari kota di Jawa Barat yang memiliki tipe sama seperti beberapa kota di Jabar lainnya, teduh, sejuk, asri, dan indah. Tak jarang, banyak dari wisatawan dari kota besar seperti Jakarta memilih untuk berwisata dan menghabiskan waktu untuk refreshing di lokasi ini.

Berikut beberapa daftar nama objek wisata yang ada di daerah Cimahi dan sekitarnya, tempat-tempat wisata ini sangat beragam. Mulai dari wisata alam, tempat rekreasi keluarga, taman bermain anak, wisata kuliner, dan lain sebagainya.

1. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Alamat: Jl. Kol. Masturi, RT. 03 / RW. 15, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 19.30
Nomer telepon:
+62 852 2103 8317
HTM:
Tergantung paket yang dipilih

Ciwangun Indah Camp (CIC) (foto: nesca87.wordpress.com)

Ciwangun Indah Camp (CIC) merupakan tempat wisata rekreasi keluarga yang dipadukan dengan wisata alam, dengan kegiatan andalannya adalah outbound, flying fox, kolam renang, dan masih banyak lagi. Tempat ini menyediakan sarana pelatihan kepemimpinan dan keberanian para pengunjungnya dengan melalui aktivitas outbound dan kegiatan diluar alam.

Terdapat objek wisata alam yang romantis dan nantinya akan dinikmati oleh beberapa pengunjung seperti berpetualang di hutan pinus, kebun teh, sungai situ Lembang, lembah dan perbukitan dengan pepohonan rimbun, dan lainnya.

2. Curug Bugbrug

Lokasi: Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.
Map:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Harga tiket masuk:
Gratis

Curug Bugbrug (foto: ashadinatha.wordpress.com)

Bugbrug dalam bahasa Sunda berarti saling tumpang tindih, lokasi dimana air terjun ini berada dekat dengan Kota Cimahi dan ada di satu kawasan dengan Curug Pelangi. Kolam yang menjadi tempat jatuhnya air terjun ini memiliki kedalaman 3 hingga 4 meter, sedangkan untuk ketinggiannya sendiri mencapai 50 meter dengan debit air cukup deras.

Curug ini juga berdekatan dengan tempat CIC (Ciwangun Indah Camp) berada, sehingga terkadang wisatawan yang mengikuti program disana juga bisa berkunjung ke Curug Bugbrug tersebut.

3. Wisata Kuda Paku Haji

Alamat: Jl. Haji Ghofur Km. 4, RT02/RW10, Pakuhaji, Ngamprah
Peta:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Telpon:
+62 813 2227 2623
Tarif:
Rp. 2.000 perorang, Rp. 10.000 untuk tiap wahana

Wisata Kuda Paku Haji (foto: infobdg.com)

Taman Wisata Kuda Paku Haji menyediakan berbagai macam wisata dan wahana yang dibalut dengan keindahan alam daerah Jawa Barat. Ada tempat pacuan kuda ala koboi disini sebagai selah satu wahana andalannya, wisatawan dapat memilih arena serta kuda yang ingin digunakan.

Selain itu masih tersedia jenis wisata lainnya seperti menaiki ATV, mengikuti kegiatan outbound, bermain flying fox, mengunjungi kebun binatang mini, atau bahkan bermain air di kolam renang yang telah disediakan. Bagi yang ingin mencicipi kuliner khasnya bisa mengunjungi tempat makan Nasi Liwet disini yang terkenal sangat lezat.

4. Alam Wisata Cimahi

Alamat: Jl. Kolonel Masturi KM. 4 No. 157, Cipageran, Kota Cimahi Utara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 21.00
Nomer telepon:
+62 22 270 0228
HTM:
Tergantung wahana yang dipilih

BacaJuga:  10 Foto Kampung Daun Bandung Lembang, Menu, Alamat + Harga Tiket Masuk Wisata
Alam Wisata Cimahi (foto: anekatempatwisata.com)

Alam Wisata Cimahi terkenal sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang juga tergabung dalam wisata alamnya yang menarik dan unik. Berbagai pilihan jenis wahana sapat dipilih disini dengan biaya yang berbeda-beda, seperti kegiatan outbound lengkap dengan wahana flying fox, jembatan gantung yang memacu adrenalin, mengendarai ATV, dan masih banyak lagi.

Fasilitas lain seperti tempat makan pun tersedia dengan sajian santapan kuliner khas Jawa Barat yang lezat dan menggugah selera. Menyantap makanan disini pun akan semakin nyaman dengan hawa dan pemandangan alam sekitar yang sejuk dan teduh.

5. Curug Cimahi

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Cihanjuang Rahayu, Parongpong
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 20.00
No telp:
+62 821 2099 8872
Harga tiket masuk:
Rp. 12.000 (pukul 07.00 – 17.00) – Rp. 15.000 (pukul 17.00 – 20.00) perorang

Curug Cimahi (foto: mangacew.com)

Curug Cimahi terkenal juga dengan sebutan Air Terjun Pelangi, karena area disekitar air terjun diberikan lampu hias dimana lampu tersebut akan menyala pada malam hari dan menambah keindahan tempat wisata tersebut. Maka dari itu, Curug Cimahi dibuka hingga malam hari sehingga pengunjung dapat melihat cantiknya air terjun dengan hiasan lampu tersebut.

Fasilitas yang ada disini yakni adanya dek sebagai tempat para pengunjung menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan.

6. Pasar Cimindi

Alamat: Jl. Mahar Martanegara No. 65, Cigugur Tengah, Cimahi Tengah
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 05.00 – 17.00
Tarif:
Gratis

Pasar Cimindi (foto: fokusjabar.com)

Bagi pengunjung yang ingin berwisata kuliner sekaligus wisata belanja dapat mengunjungi pasar tradisional yang satu ini, yakni Pasar Cimindi. Bahkan bagi para hijabers wanita dapat menemukan banyak ruko yang menjual kain, kerudung, jilbab, hingga pasmina berwarna warni dengan banderolan harga murah meriah disini.

Wisatawan yang juga ingin membeli souvenir, oleh-oleh, dan pernak pernik khas Cimahi, Jawa Barat dapat menemukannya dengan mudah di Pasar Cimindi tersebut. Sajian beberapa makanan dan camilan khas Sunda pun tersedia di beberapa bagian pasar khusus untuk tempat makan.

7. Kampung Adat Cireundeu

Alamat: Leuwigajah, Kabupaten Cimahi Selatan.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Kampung Adat Cireundeu (foto: rajatourbandung.com)

Jawa Barat juga kaya akan tempat wisata budaya dan adat yang unik dan menarik untuk ditelusuri, salah satunya adalah Kampung Adat Cireundeu. Fakta unik, di kampung ini seluruh masyarakatnya memakan singkong sebagai kebutuhan pokok, bukan beras layaknya masyarakat umum.

Salah satu spot yang wajib dikunjungi oleh pengunjung di Kampung Cireundeu ini yakni adalah Hutan Larang dan Hutan Tutupan yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung. Selanjutnya ada tempat yang dinamakan Batu Cadas Gantung, disepanjang perjalanan, wisatawan akan menemukan pemandangan perkebunan singkong yang sangat cantik dan memanjakan mata.

8. Taman Kartini

Lokasi: Jl. Taman Urip Sumoharjo, Baros, Cimahi Tengah.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Taman Kartini (foto: kota-cimahi.blogspot.com)

Walaupun Cimahi terkenal sejuk, teduh, dan asri, namun bukan berarti tidak ada tempat penataan ruang hijau di kota ini. Adanya Taman Kartini merupakan sebuah tempat wisata dan rekreasi murah meriah bagi sebagian penduduk Cimahi atau wisatawan dari luar kota.

BacaJuga:  10 Gambar Puncak Darajat Pass Garut, Harga Tiket Masuk Wisata + Penginapan Hotel Murah

Taman Cimahi menyediakan fasilitas rekreasi keluarga seperti taman bermain anak-anak, danau buatan yang menambah pemandangan, hingga pepohonan rindang yang terdapat beberapa bangku-bangku taman untuk pengunjung duduk dan beristirahat sambil menikmati suasana taman yang menyegarkan pikiran.

9. All About Strawberry

Alamat: Jl. Cihanjuang Rahayu KM. 2,5, Cibabat, Cimahi Utara.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya pukul 09.00 – 17.00
Telpon:
+62 22 663 1234
Tarif:
Rp. 5.000 perorang

All About Strawberry (foto: hipwee.com)

All About Strawberry merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan serba serbi stroberi kepada pengunjung, mulai dari welcome drink dimana akan diberikan jus stroberi asli gratis, memetik dan memanen stroberi sendiri di kebun, dan ada juga beberapa wahana anak yang menarik lainnya.

Tersedia juga taman bermain anak dimana dinamakan ‘Disneyland’, beberapa wahananya ada panjat tebing, flying fox, outbound, permainan balon untuk anak-anak, dan masih banyak lagi. Di beberapa bagian tempat wisata terdapat factory outlet, tempat pemancingan, danau yang dapat disebrangi dengan rakit, dan masih banyak lagi.

1o. Taman Bunga Cihideung

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No. 223, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM:
Gratis

Taman Bunga Cihideung (foto: pariwisatabandung.info)

Taman Bunga Cihideung tidak hanya menjadi tempat wisata alam saja, tetapi juga tempat budidaya bunga terbesar di Jawa Barat dan sekitarnya. Taman bunga ini menjadi pemasok tanaman hias terbesar di Bandung, selain itu wisatawan juga dapat melihat banyak kupu-kupu yang berkumpul disini mengitari taman bunga.

Pengunjung tidak cuma dapat menikmati pemandangan taman bunga disini, tetapi juga bisa membeli oleh-oleh atau souvenir berupa bunga yang khas. Karena berbagai jenis bunga dari yang paling umum hingga anggrek yang paling langka sekalipun tersedia di Taman Bunga Cihideung ini.

11. Curug Malela

Lokasi: Curug Malela, Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Curug Malela (foto: irhamfaridh.com)

Curug Malela merupakan salah satu objek wisata alam yang dijuluki sebagai ‘The Little Niagara’ karena memiliki lebar sebesar 50 meter dan tinggi kira-kira 60 – 70 meter. Medan menuju air terjun ini sangat terjal dan mendaki, pada dasarnya air terjun ini memiliki rangkaian 7 air terjun dibawahnya dan Curug Malela ini merupakan air terjun teratas.

Di bawah Curug Malela masih ada 6 total air terjun yang terangkai kebawah hingga mencapai 1 kilometer, beberapa air terjun tersebut bernama Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan terakhir adalah yang paling bawah, Curug Pamengpeuk.

12. Kampung Gajah Wonderland

Alamat: Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat.
Koordinat:
Klik disini
Buka Tutup:
Senin – Kamis pukul 09.00 – 17.00, Jumat, Sabtu dan Minggu pukul 08.00 – 17.00
Telpon:
+62 22 8888 4012
Tarif:
Rp. 15.000 (Senin – Jumat), Rp. 20.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

BacaJuga:  Tiket Masuk Curug Pangeran Bogor Gunung Salak Endah dan Bunder + Penginapan Camping Ground
Kampung Gajah Wonderland (foto: liburananak.com)

Daerah Cimahi dan sekitarnya juga ternyata memiliki taman rekreasi keluarga bernama Kampung Gajah Wonderland. Berbagai macam fasilitas permainan dan wahana menarik tersedia disini seperti wahana outbound, flying fox, kolam renang waterpark, dan lain sebagainya.

Untuk fasilitas kolam renang layaknya waterboom terdapat kiddy pool yang aman digunakan untuk anak-anak bermain. Bagi orang dewasa sendiri tersedia permainan menantang seperti Bunge Trampolin, Big Tornado, Aqua Boat, Octopus Race, dan masih banyak lagi.

13. Natural Hill

Alamat: Jl. Kolonel Masturi Belakang Pom Bensin Sukajaya RT. 02/06, Desa Sukajaya, Lembang, Kertawangi, Cisarua
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telepon:
+62 812 1441 9543
HTM:
Tergantung paket yang dipilih

Natural Hill (foto: tempatwisataunik.com)

Natural Hill adalah salah satu tempat wisata keluarga dan rekreasi yang menyediakan fasilitas outbound, penginapan, dan camping area. Natural Hill memadukan antara tempat rekreasi keluarga dengan wisata alam yang indah dan pemandangan alami.

Natural Hill sendiri memiliki sebuah air terjun alami yang salah satunya adalah aliran dari Curug Malela, untuk menuju tempat ini ada jalur trekking khusus dimana pengunjung perlu melewati jalanan terjal yang menanjak dan berbatu, namun didukung dengan pemandangan alam yang cantik dan memukau.

14. Rumah Bunga Rizal

Lokasi: Km. 2,4, Jl. Raya Maribaya, Kayuambon, Lembang
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 16.00
No telp:
+62 22 278 6321
Harga tiket masuk:
Gratis

Rumah Bunga Rizal (foto: pergidulu.com)

Cimahi di Jawa Barat memang terkenal dengan perkebunan bunga yang subur dan rimbun, salah satunya adalah Rumah Bunga Rizal yang merupakan sebuah produksi bunga dan tanaman hias. Wisatawan dapat dengan mudah berpartisipasi dan melihat cara budidaya bunga, tanaman hias, dan beberapa semak cantik yang juga dibudidayakan.

Beberapa bunga dan tanaman hias yang menjadi favorit bagi pengunjung adalah bunga anggrek dan tanaman kaktus indoor untuk hiasan. Pengunjung pun dapat membawa pulang tanaman unik tersebut untuk dijadikan oleh-oleh atau souvenir.

15. Pasar Terapung Lembang

Alamat: Jl. Grand Hotel No. 33E, Lembang
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 19.00
Telpon:
+62 22 278 7766
Tarif:
Rp. 15.000 perorang

Pasar Terapung Lembang (foto: poskotanews.com)

Merasakan sensasi belanja dan makan di sebuah pasar diatas perairan tentunya akan menjadi pengalaman wisata yang tidak terlupakan, salah satu objek wisata tersebut adalah Pasar Terapung yang terletak tidak jauh dari Kota Cimahi. Tidak hanya menyajikan pemandangan cantik, pasar terapung ini juga memiliki fasilitas taman bermain di dekatnya.

Bagi yang ingin mencicipi kuliner khas Sunda terdapat beberapa tempat makan tradisional yang menyajikan santapan ala Jawa Barat. Ada juga tempat makan yang terapung berada di atas sebuah perairan pasar terapung tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *