15 Daftar Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah: Sayung Mranggen Wedung Terbaru

Posted on
Tempat wisata di demak jawa tengah: sayung mranggen wedung terbaru objek baru kab kabupaten lokasi dan sekitarnya romantis religi hutan mangrove daftar desa taman biro perjalanan foto potensi kota pantai alam tebing air
Tempat Wisata di Demak (foto: nyoozee.com)

Kabupaten Demak merupakan salah satu tempat yang dikenal dengan wisata religi di Provinsi Jawa Tengah. Banyak sekali biro perjalanan memusatkan wisata religi di Kab Demak. Tetapi selain dikunjungi wisatawan religi, di Demak juga memiliki banyak potensi objek wisata alam yang wajib dikunjungi. Salah satunya pantai dan beberapa tempat atau pusat oleh-oleh.

Langsung saja kita bahas bersama beberapa daftar nama tempat wisata di Demak, Jawa Tengah yang patut kamu datangi.

1. Masjid Agung Demak

Alamat: Kampung Kauman, Kel. Bintoro, Demak
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
24 jam

Masjid Agung Demak (foto: betulcerita.blogspot.co.id)

Ke Kabupaten Demak memang sudah terkenal dengan wisata religinya yaitu Masjid Agung Demak. Masjid ini memiliki umur paling tuan di Pulau Jawa. Tak jarang banyak pengunjung yang datang dari luar kota bahkan dari luar Pulau Jawa uga ada. Lokasi masjid ini berada di tengah kota yaitu sebelah Alun-alun Kabupaten Demak.

Masjid ini memiliki bangunan yang berbeda dengan masjid yang lainnya. Kubah yang ada diatas Masjid ini berbentuk Limas dan bersusun tiga. Kubah tersebut memiliki arti tersendiri yaitu tiga limas artinya Iman, Islam dan Ihsan.

2. Museum Masjid Agung Demak

Lokasi: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro
Map:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Buka Tutup:
08.00 – 16.00 WIB

Museum Masjid Agung Demak (foto: javaloka.com)

Setelah melakukan ibadah di Masjid Agung Demak, tak lengkap jika kamu dan rombongan tidak berkunung ke museumnya. Museum ini berada satu kompleks dengan Masjid, jadi cukup berjalan kaki saja dari Masjid kamu bisa sampai disana.

Di museum ini banyak sekali benda-benda peninggalan dari Wali Songgo. Luasnya hanya 4 x 4 m tetapi koleksi bendanya sangat lengkap. Salah satu benda yang sangat terkenal yaitu Soko Guru, yang artinya tiang utama dari Masjid. Soko Duru ini didapat dari empat Wali yaitu Sunan Bonang, Sunan Ampel, Sunan Gunugjati dan Sunan Kalijaga.

3. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Alamat: Desa Bedono, Sayung
Peta:
Klik Disini
HTM:
Gratis
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Hutan Mangrove Morosari Sayung (foto: eksapedia.com)

Hutan Mangrove Morosari Sayung ini bisa dibilang objek wisata terbaru di Demak, karena belum banyak orang yang tau tempat ini. Dulunya tempat ini adalah sebuah perkampungan kecil tetapi seiring berjalan waktu penduduk di sekitarnya membangun sebagai tempat wisata alam. Karena tergolong baru, akses jalannya masih belum cukup baik, jalannya penuh bebatuan dan rusak.

Untuk masuk ke Hutan Mangrove Morosari Sayung ini tidak dipungut tiket masuk, tetapi jika kamu membawa kamera untuk mengambil foto maka kamu harus membayar sebesar 25 ribu rupiah. Suasana di Taman Mangrove ini sangat sejuk karena banyak sekali ditumbuhi pepohonan dan satwa liar seperti burung.

BacaJuga:  10 Gambar Bonbin Mangkang Taman Margasatwa Semarang + Tiket Masuk 2017

4. Pantai Morosari

Alamat: Jl. Semarang – Demak Km 9, Bedono
Koordinat:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 21.00 WIB
Nomor Telepon:
0811 274 433

Pantai Morosari (foto: ekspedia.com)

Pantai Morosari bisa kamu jumpai setelah berjalan melewati Hutan dan Taman Mangrove Morosari. Lokasi dengan dengan jalan raya, hanya sekitar 3 km saja. Panorama yang ditawarkan sangat indah, apalagi menjelang matahari terbenam akan menimbulkan suasan romantis. Kamu juga dapat menyewa perahu di pantai ini dan merasakan langsung sensasi air lautnya. Cukup dengan membayar 15 ribu per orang kamu bisa menyewa dengan puas.

Yang uniknya lagi adalah terdapat sebuah rumah makan terapung di pantai ini. Jadi jika kamu merasa lapar, langsung saja memesan aneka makanan olahan laut yang ada. Harganya sangat terjangkau dan rasanya begitu lezat.

5. Pantai Morodemak

Alamat: Morodemak, Kec. Bonang
Koordinat: 
Klik Disini

Pantai Morodemak (foto: rimanews.com)

Wisata alam yang satu ini sudah bukan hal yang baru di daerah Demak. Keindahan pemandangan pantai Morodemak adalah tujuannya. Lokasi pantai ini sangat dekat dengan pusat kota, hanya butuh 45 menit jika kamu mengendarai kendaraan bermotor.

Selain pantai, kamu juga akan menemui hamparan hutan bakau yang luas. Bagi kamu yang punya hobi mancing, rasanya ini adalah tempat yang cocok. Warga di sekitar pantai ini kebanyakan berprofesi sebagai nelayan karena pantai ini juga menjadi salah satu Pelabuhan Perikanan Pantai atau PPP di Kabupaten Demak.

6. Pantai Surodadi

Alamat: Desa Surodadi, Kecamatan Sayung
Koordinat: 
Klik Disini

Pantai Suridadi (foto: imgrum.net)

Pantai Surodadi merupakan tempat wisata tersembunyi yang ada di daerah Desa Surodadi. Masih banyak belum yang tau tentang destinasi wisata ini. Pengunjung yang datang kebanyakan masih dari warga lokal Kabupaten Demak. Pemandangan di pantai ini tentu saja tidak kalah dengan pantai yang ada di Demak lainnya, udara yang ada disana juga sangat nyaman dan sejuk.

7. Sentra Pengrajin Rebana

Alamat: Desa Pasean, RT 07/03, Karangmlati, Demak
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
09.00 – 21.00 WIB
Telepon:
0856 4078 9560

Sentra Pengrajin Rebana (foto: wisata.com)

Di Kabupaten Demak seni budayanya sungguh sangat dibanggakan. Selain tembang jawa dan wayang, di Demak juga mewarisi kesenian rebana. Tepatnya di Desa Pasean Kecamatan Karangmlati kamu akan menemukan sentra industri pembuatan rebana yang sudah dikirim ke pelosok Indonesia.

Dilihat dari kasat mata rebana memang terlihat sederhana tetapi jangan salah, pembuatan sangat dibutuhkan keahlian khusus. Membutuhkan waktu yang cukup lama dan sangat rumit. Rebana ini terbuat dari kulit sapi asli, sehingga harga yang ditawarkan juga tidak murah.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Kartini Jepara Jawa Tengah, Tiket Masuk Wisata + Lokasi Alamat

8. Sentra Kerajinan Batik

Alamat: Desa Wedung, Kec. Demak
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
09.00 – 18.00 WIB

Sentra Kerajinan Batik (foto: demakkublog.wordpress.com)

Kekayaan lokal lain yang dimiliki daerah di Demak adalah batik. Di Kabupaten  Demak juga memiliki sentra kerajinannya, tepatnya di Desa Wedung Kecamatan Demak. Jika kamu mengunjungi tempat ini selain k=dapat berbelanja batik, juga bisa melihat proses batik dibuat mulai dari awal hingga akhir. Motif yang terkenal dari Demak adalah memadukan klasik dengan kontemporer sehingga menghasilkan motif yang cukup unik.

9. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Alamat: Kampung Tembiring, Bintoro
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
09.00 – 18.00 WIB

Sentra Kerajinan Kaligrafi (foto: anekawisataseru.com)

Selain sentra rebana dan batik, di Kabapaten Demak juga memiliki kesenian yang patut dibanggakan. Kerajian Kaligrafi yang dimiliki disini tidak kalah bagusnya dengan yang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa Demak mendapat julukan Kota Wali, maka kamu akan menjumpai banyak sekali pengrajin Kaligrafi.

Yang sering dilihat adalah disekitar Masjid Demak, banyak sekali kios-kios yang menjual hasil pengrajin kaligrafi ini. Bahkan kamu juga bisa melihat proses pembuatan dari awal hingga terjadinya tulisan arab yang sangat indah.

10. Makam Sunan Kalijogo

Alamat: Kadilangu, Kec. Demak
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Makam Sunan Kalijogo (foto: tripadvisor.com)

Makan Sunan Kalijaga adalah salah satu destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi ketika datang ke Demak. Makan Sunan Kalijaga tepatnya berada di belakang Masjid yang juga sudah terkenal yaitu Masjid Sunan Kalijaga Kadilangu. Banyak para pengunjung dan rombongan selalu datang kesini. Ntah dari kunjungan pribadi atau dari perkumpulang pengajian di daerah-daerah.

Ketika sudah sampai di lokasi, uniknya kamu harus melewati masjid terlebih dahulu dan masuk dengan lorong yang ada disepanang jalan agar bisa sampai ke makam sunan. Selain makam Sunan Kaljaga, disini juga terdapat beberapa makan kerabat Sunan.

11. Makam Raja Demak

Alamat: Kampung Kauman, Kel. Bintoro, Kec. Demak
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Makam Raja Demak (foto: srikayaku.wordpress.com)

Selain makam Sunan Kalijaga, di Demak kamu juga dapat mengunjungi makan Raja Demak, Makam raja ini tepatnya berada di Kampung Kauman, tak jauh dari kota hanya sekitar 30 menit kamu bisa sampai ke makam raja.

Biasanya makam raja akan ramai ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, para penziarah akan memadatinyauntuk melakukan doa bersama. Selain makam raja, ada pula makam para abdi dalem serta kerabat dan saudara raja disini.

12. Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing

Alamat: Desa Mranak, Kec. Wonosalam
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 50. 000 / orang
Jam Operasional:
10.00 – 17.00 WIB

BacaJuga:  10 Gambar Goa Kreo Gunungpati Semarang, Tiket Masuk Wisata, Sejarah Legenda Misteri + Jalan Menuju Lokasi
Agrowisata Jambu Merah Delima dan Belimbing (foto: yukpiknik.com)

Di Kab Demak, selain budaya dan religi yang sangat kental tentu saja memiliki keunggulan lain, yaitu hasil pertanian yang melimpah. Belimbing dan Jambu merah adalah buah khas dari Kab. Demak. Rasa dari kedua buah ini sungguh sangat segar dan nikmat. Tak salah jika hasil panen yang melimpah sudah sampai di ekspor di beberapa negara tetangga seperti Malaysia.

Lokasi agrowisata ini berada di Desa Mranak yang tentu saja memiliki suhu daerah yang mendukung pertumbuhan tanaman.

13. Brown Canyon

Alamat: Desa Kebonbatur, Kec. Mranggen
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam

Brown Canyon (foto: indonesia-tourism.com)

Kamu ingin pergi melihat indahnya bangunan Grand Canyon yang ada di Amerika? Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa menemui tempat wisata ini di Kab Demak, Jawa Tengah. Lokasi ini menjadi hits dikalangan sosial media saat ini khususnya Instagram. Para pecinta fotografi memanfaatkan tempat ini sebagai objek pengambilan gambarnya.

Ya seperti Grand Canyon pada umumnya, Brown Canyon juga berupa tebing yang dihasilkan dari pengikisan tanah dan batuan.

14. Grebeg Besar Demak

Alamat: Bintoro, Kec. Demak
Koordinat: 
Klik Disini

Grebeg Besar Demak (foto: berita-suaramerdeka.com)

Grebeg Besar memiliki arti suara angin yang menderu. Warga Demak biasanya melakukannya adat budaya ini saat Idul Adha, jika kamu datang pada bulan itu maka beruntunglah kamu. Biasanya acara ini diadakan di sepanjang jalan kota mulai dari Pendopo sampai Makan Sunan Kalijaga.

Nilai estetis dari acara ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan. Serta nilai gotong royong antar warga juga tercermin dalam acara ini.

15. Kelenteng Hok Tek Bio

Alamat: Jalan Siwalan No 3, Bintoro, Kec. Demak
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
09.00 – 16.00 WIB

Kelenteng Hok Tek Bio (foto: ditempatwisata.com)

Kelenteng Hok Tek Bio sebenarnya adalah tempat beribadah umat Konghucu di Kab. Demak. Meski kental dengan adat Jawa, di Demak juga ada beberapa yang menganut Konghucu. Karena tempatnya yang cukup unik, maka para pendiri dan sesepuh di Klenteng ini tidak keberatan untuk dibuka secara umum. Tetapi disaat perayaan atau hari-hari tertentu Kelenteng Hok Tek Bio tidak dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *