35 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Yang Baru Kota Utara : Sabda Alam, Darajat Pass, Pantai Santolo, Sampireun dan Sekitarnya

Posted on

Tempat wisata di garut jawa barat yang baru daerah kota utara selatan sabda alam darajat pass pantai santolo kampung sampireun dan sekitarnya kawah puncak guha cipanas talaga bodas paket yang ada gambar objek obyek rekreasi tasikmalaya bandung alamatnya daftar romantis kabupaten wajib dikunjungi murah paling terkenal bagus indah malam 2017 lokasi taman air panas hotel penginapan karacak valley kamojang cihurip mahal

Kepenatan yang banyak dialami oleh masyarakat kota besar membuat banyak dari mereka mencari hiburan berupa wisata ke kota lain yang lebih sepi, sejuk, dan asri. Salah satu destinasi wisata alam yang masih kaya akan budaya rakyat kental dan keindahan alaminya adalah Kota Garut di Jawa Barat.

Jawa Barat terkenal dengan sajian wisata alam yang luar biasa, banyak surga dunia yang tersembunyi mulai dari pantai, pegununan, air terjun, hingga hutan untuk perkemahan. Beberapa diantaranya adalah 30 tempat wisata menarik dan terbaru yang ada di Garut dan wajib dikunjungi di tahun 2017 ini.

1. Sabda Alam Waterpark

Alamat: Jl. Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Kecamatan Rancabango, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
HTM:
Rp. 30.000 (Senin – Jumat), Rp. 40.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Sabda Alam Waterpark (foto: sabdaalam-garut.com)

Sabda Alam Waterpark adalah salah satu tempat wisata air dan rekreasi keluarga di Garut, Jawa Barat, dan merupakan bagian dari hotel atau penginapan Sabda Alam Resort. Daftar wahana dan fasilitas yang ada di objek wisata yang satu ini diantaranya adalah waterboom, sliderboom, waterboom spiral, sliderboon dewasa, kolam terapi ikan, goa harimau, dan masih banyak lagi.

Selain tempat bermain air, obyek wisata Sabda Alam Waterpark juga memiliki taman bermain anak-anak seperti bungee trampolin, wahana outbound, flying fox, serta yang lainnya. Fasilitas tempat makan pun disini disediakan dengan cukup lengkap untuk makanan dan kuliner khas Jawa Barat.

2. Darajat Pass

Lokasi: Jl. Darajat KM. 14, Kampung Bedeng RT/RW : 09/02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
No telp:
+62 813 2040 5837
Harga tiket masuk:
Rp. 25.000 (Senin – Jumat), Rp. 30.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Darajat Pass (foto: infowisataoleholehgarut.blogspot.com)

Satu lagi tempat wisata berupa waterpark yang tidak kalah terkenal dan wajib dikunjungi, bedanya Darajat Pass ini menyediakan pemandian dan taman air panas, restoran, dan paket penginapan. Selain fasilitas diatas, tersedia juga taman bermain untuk rekreasi keluarga, tempat meeting atau pertemuan di restoran disini, bahkan bungalow berkonsep rumah Sunda modern.

Bagi pengunjung yang membawa keluarga besar, kawan, rekan kerja, dan rombongan lainnya dapat memesan paket gathering dan meeting yang lebih murah dan terjangkau. Tempat ini dikelilingi pemandangan alam kota Garut yang indah dan romantis, sehingga cocok untuk berfoto-foto.

3. Pantai Santolo

Alamat: Pamalayan, Kecamatan Cikelet
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Telpon:
+62 896 6027 1603
Tarif:
Rp. 3.500 perorang

Pantai Santolo (foto: yukpiknik.com)

Pantai Santolo adalah salah satu jejeran pantai selatan di daerah Jawa Barat yang paling bagus setidaknya di kota Garut dan sekitarnya. Tempat ini menjadi alternatif destinasi rekreasi keluarga yang cukup ramai untuk tahun 2017, dipenuhi dengan pasir putih dan deburan ombak yang tidak terlalu kencang membuat pengunjung disini diperbolehkan berenang dengan aman.

Banyak spot menarik untuk mengambil foto dan gambar di Pantai Santolo ini, terlebih dengan adanya kawasan peluncuran roket resmi milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjadikan area ini menjadi lebih ramai.

4. Wisata Kampung Sampireun

Alamat: Jl. Raya Samarang Kamojang Km. 4, Ciparay, Sukakarya
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telepon:
+62 262 542 393
HTM:
Tergantung paket yang diinginkan

Wisata Kampung Sampireun (foto: panduanwisata.id)

Kawasa Wisata Kampung Sampireun merupakan resort modern yang mengusung tema alam dan tradisional khas Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata utama oleh pengunjung yang ingin berbulan madu dan menikmati suasana perkampungan alami namun disertai dengan fasilitas hotel atau resort berbintang.

Terdapat fasilitas restoran dengan aneka kuliner tradisional Jawa Barat dan Indonesia, selain itu ada juga spa yang dapat dinikmati. Yang membuat resort ini semakin terkenal di kalangan pelancong adalah keramahan staffnya yang mencerminkan budaya kesopanan Indonesia, terutama masyarakat Sunda.

5. Kawah Puncak Darajat

Lokasi: Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 22.000 (Senin – Jumat), Rp. 25.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Kawah Puncak Darajat (foto: dimasrifansyah.blogspot.com)

Wisata Kawah Puncak Darajat berada di dataran tinggi Garut yang masih memiliki wilayah alami, asri, dan sejuk, karena itu di tempat ini terdapar sumber mata air panas alami dari perut bumi. Fasilitas yang tersedia disini diantaranya adalah kolam renang air panas, wahana air seperti seluncuran, air tumpah, kolam arus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak perlu khawatir mencari tempat makan dan penginapan yang tidak terlalu mahal karena semuanya ada disini mulai dari penginapan bertaraf villa, guest house, homestay, dan hotel atau resort berbintang.

6. Pantai Puncak Guha

Alamat: Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Kecamatan Caringin
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Pantai Puncak Guha (foto: telusurindonesia.com)

Pantai Puncak Guha merupakan pantai curam dengan keindahan tersembunyi dimana masih jarang dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Alamatnya dekat dengan Pantai Rancabuaya namun kurang begitu populer, walaupun demikian, keindahan alamnya jangan diragukan karena terdapat rangkaian tebing terjal untuk melihat pemandangan lautan.

Sensasi berada di puncak tebing Pantai Puncak Guha ini berbeda dengan pantai landai pada umumnya, dan disinilah letak keunikan dan keindahan pantai ini. Tempat ini lebih cocok dikunjungi di pagi dan sore hari karena pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menawan.

7. Kampung Sumber Alam

Alamat: Jl. Raya Cipanas No. 122, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Nomer telepon:
+62 262 237 700
HTM:
Tergantung paket yang dipilih

Kampung Sumber Alam (foto: wikimedia.org)

Kampung Sumber Alam selain menjadi destinasi wisata juga dapat dijadikan tempat menginap setara hotel atau resort modern tetapi ditata sedemikian rupa menyerupai perkampungan. Seluruh ruangan di penginapan yang tersedia disini memiliki arsitektur tradisional khas masyarakat Sunda, dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas seperti restoran dan waterpark.

Wisata Kampung Sumber Alam juga disediakan juga teras atau semacam saung dan gazebo terapung di atas kolam ikan luas dengan pemandangan cantik. Wisatawan akan diajak menikmati keindahan alam dan kebudayaan kota Garut bahkan di siang dan malam hari.

8. Kawah Talaga Bodas

Lokasi: Jl. Telaga Bodas No. 5, Kecamatan Wanaraja
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 23 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 5.000 perorang

Kawah Talaga Bodas (foto: titasik-online.blogspot.com)

Kawah Talaga Bodas merupakan sebuah cekungan kawah bekas gunung yang terisi air dan sekarang menyerupai danau alami dengan pemandangan luar biasa. Daerah sekitar masih terlihat asri, rimbun, dan teduh karena berbatasan langsung dengan hutan, kawah ini sendiri masih mengeluarkan aktifitas vulkanik namun tidak berbahaya bagi makhluk hidup di sekitarnya.

Aktifitas vulkanik di tempat ini sendiri adalah berupa sumber mata air panas langsung dari bekas Gunung Talaga Bodas ini, disertai dengan kandungan belerang di dalamnya. Dari tempat ini, pengunjung juga bisa melihat pemandangan Gunung Sadahurip yang berbentuk piramida.

BacaJuga:  10 Foto Trans Studio Mall Bandung Jawa Barat + Alamat Salon & Restoran di TSM

9. Gunung Papandayan

Alamat: Gunung Papandayan
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 5.000 (Senin – Jumat), Rp. 7.500 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Gunung Papandayan (foto: asliindonesia.net)

Objek wisata Gunung Papandayan memiliki jalur pendakian yang cukup landai, maka dari itu dapat menjadi trek pendakian bagi para pendaki pemula. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas disini selain untuk pendakian, yakni bumi perkemahan dimana wisatawan yang ingin berkemah diperbolehkan dengan biaya tertentu.

Ada banyak spot yang bisa dikunjungi di area Gunung Papandayan ini, yakni Goa Belanda, Tegal Panjang, Hutan Mati, Tegal Alun, Pondok Saladah, hingga Kawah Papandayan dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

10. Karacak Valley

Alamat: Jl. Karacak Valley, Margawati, Kecamatan Sukanegla
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 262 241 104
HTM:
Rp. 10.000 (Dewasa), Rp. 5.000 (Anak-anak)

Karacak Valley (foto: asyakuradventure.com)

Karacak Valley adalah alternatif obyek wisata yang meliputi wisata air, wisata alam pegunungan, dan bumi perkemahan. Kawasan ini juga merupakan sebuah perbukitan yang dikelilingi kebun kopi dan pohon pinus, terdapat pula air terjun yang bernama Curug Ngebul. Lokasi air terjun pun terdapat di dalam kawasan hutan pinus berfasilitaskan tracking area.

Perkebunan kopi dan area hutan pinus ini sendiri menjadi spot yang menarik untuk mengambil gambar atau foto, banyak wisatawan yang juga melakukan foto pre-wedding di tempat ini karena keindahan alamnya yang luar biasa.

11. Gunung Cikuray

Lokasi: Kecamatan Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 15.000 perorang

Gunung Cikuray (foto: manusialembah.blogspot.co.id)

Gunung Cikuray adalah salah satu destinasi wisata pendakian gunung yang tidak kalah terkenal dengan Gunung Papandayan, selain itu tempat ini juga menjadi wana wisata alam. Pemandangan alam dan keindahannya yang ada disini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan, seperti jalur pendakian yang nantinya melewati kebun teh, rimbunan hutan pinus, dan lain sebagainya.

Gunung Cikuray ini terlihat seperti sebuah kerucut raksasa bila dipandang dari jauh, inilah yang membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Dan merupakan gunung tertinggi di Garut melebihi Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.

12. Gunung Guntur

Alamat: Kecamatan Tarogong Kaler
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 7.500 perorang

Gunung Guntur (foto: infopaguci.blogspot.com)

Berbeda dengan Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray, Gunung Guntur merupakan bekas gunung berapi yang masih mengeluarkan aktifitas vulkanik dalam skala kecil yang aman. Gunung ini juga menjadi trek pendakian dan bumi perkemahan, sedangkan untuk camping selama satu malam dikenakan tarif berbeda, yakni sebesar Rp. 12.500 perorangnya.

Melihat dari trek dan jalur pendakiannya sendiri, Gunung Guntur lebih curam, berpasir, dan berbatu dibandinkan Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray, tetapi hal itu tidak mengurangi keindahan alam yang disuguhkan di sepanjang perjalanan pendakian Gunung Guntur ini.

13. Situ Bagendit

Alamat: Jl. Kyai H. Hasan Arif, Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Rp. 5.000 perorang

Situ Bagendit (foto: pancensondel.blogspot.com)

Situ Bagendit adalah salah satu destinasi wisata berupa danau alami yang memiliki pemandangan dan keindahan luar biasa. Didukung dengan rimbunnya pepohonan hutan sekitar danau dan air dari danau ini sendiri yang sangat bening dan jernih membuat pengunjung terkesima dengan kealamiannya.

Fasilitas yang disediakan di Situ Bagendit ini kebanyakan adalah perahu kecil dan sepeda air guna mengarungi perairan situ yang lumayan luas. Terdapat tempat makan yang ditata rapi di area tertentu luar Situ Bagendit ini bagi wisatawan yang ingin mengisi perut dengan kuliner khas pedesaan masyarakat Sunda.

14. Candi Cangkuang

Lokasi: Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Kecamatan Leles
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 09.00 – 17.00
No telp:
+62 813 1677 9909
Harga tiket masuk:
Rp. 5.000 perorang

Candi Cangkuang (foto: travel.detik.com)

Candi Cangkuang sebenarnya adalah wisata sejarah yang berada dalam kawasan Situ Cangkuang, sebuah danau alami yang memiliki pulau di tengah danaunya. Tentunya disinilah letak keindahan dan keunikan candi tersebut dimana pengunjung wajib mengarungi danau dengan perahu atau rakit guna mencapai pulau yang berada di tengah-tengah danau.

Candi Cangkuang teletak di atas sebuah bukit dengan tangga yang sudah disediakan untuk menuju keatasnya. Di sepanjang tangga akan ada pedagang-pedagang souvenir dan oleh-oleh khas Garut yang menjajakan dagangannya dengan harga murah dan merakyat, kuliner khas Jawa Barat pun disediakan disini dalam bentuk jajanan murah.

15. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Alamat: Jl. Raya Bayongbong Timur, Cigedug No. 119, Blok Dawuan, Panembong
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 10.00
Telpon:
+62 852 2294 6046
Tarif:
Tergantung paket yang dipilih

Arung Jeram Sungai Cimanuk (foto: bandung.panduanwisata.id)

Wisata arung jeram atau rafting kini tersedia di Sungai Cimanuk yang terkenal memiliki arus lumayan kencang untuk aktifitas olahraga ini. Paket wisata arung jeram yang ditawakan disini bermacam-macam dengan harga yang juga beragam, namun dapat disewa untuk family gathering, bersama rekan kerja, dan lain sebagainya.

Trek dan jalur arung jeram ini cukup unik karena tempatnya yang melewati perumahan warga, kebun-kebun, persawahan, hingga rerimbunan hutan. Arung jeram ini memiliki trek paling tidak sepanjang 7 hingga 10 kilometer dan disediakan instruktur yang juga cukup berpengalaman.

16. Tebing Batu Alam Tumpang

Alamat: Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Tebing Batu Alam Tumpang (foto: digarut.com)

Tebing Batu Alam Tumpang merupakan wisata alam yang sekaligus menantang adrenalin pengunjung, karena disini terdapat tebing alami yang dapat digunakan sebagai olahraga panjat tebing. Tebing Batu Alam Tumpang ini akan ditemui oleh beberapa wisatawan yang ingin menuju Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang karena lokasinya cukup dekat.

Pohon-pohon pinus yang rimbun terhampar luas di area sekitar tebing, dilengkapi dengan pemandangan segar dari kebun teh yang menambah keindahan alam disini. Disekitar destinasi wisata ini sudah ada beberapa warung makan yang menyediakan santapan khas Sunda.

17. Pantai Sayang Heulang

Lokasi: Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 10.000 perorang

Pantai Sayang Heulang (foto: telusurindonesia.com)

Pantai Sayang Heulang berada dekat dengan Pantai Santolo, namun bedanya pantai ini bukanlah pantai jenis landai dengan ombak yang pelan. Justru Pantai Sayang Heulang ini memiliki tebing yang terjal dan curam, dipenuhi dengan batu-batu kaang unik yang membuat pengunjung tidak disarankan untuk berenang di area ini.

Tetapi meskipun demikian, pengunjung dapat bermain air dan melihat beberapa keindahan ikan-ikan laut yang bersembunyi di balik karang tersebut. Untuk sekedar bermain air di pinggiran pantai, wisatawan akan menemukan berbagai macam makhluk laut lainnya.

BacaJuga:  10 Foto Ranca Upas Ciwidey Bandung, Tiket Masuk Wisata Camping Ground, Sewa Tenda & Prewedding

18. Pantai Rancabuaya

Alamat: Desa Purbayani, Kecamatan Caringin
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 5.000 perorang

Pantai Rancabuaya (foto: tempatwisatadijawabarat.com)

Untuk wisatawan yang mencari penginapan dengan harga murah namun memiliki pemandangan pantai yang indah bisa mendapatkannya di area Pantai Rancabuaya ini. Jenis pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar namun berukuran sedang, tak seperti layaknya pantai utara Pulau Jawa.

Terdapat fasilitas pendukung yang disediakan untuk para pengunjung di pantai ini yakni diantaranya adalah tempat lesehan berupa saung atau gazebo, cottage tradisional ala masyarakat Sunda namun dengan tempat penginapan modern juga tersedia disini.

19. Kebun Binatang Cikembulan

Alamat: Cikembulan, Kecamatan Kadungora
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Nomer telepon:
+62 262 454 309
HTM:
Rp. 17.000 perorang dewasa, Rp. 8.000 peranak-anak (Senin – Jumat), Rp. 20.000 perorang dewasa, Rp. 10.000 peranak-anak (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Kebun Binatang Cikembulan (foto: travelgarut.com)

Kebun Binatang Cikembulan didaulat sebagai Taman Satwa satu-satunya di Jawa Barat, terhitung ada total 508 spesies binatang yang terdapat dalam kebun binatang ini. Salah satu hewan langka yang dilindungi dan berada dalam penangkaran disini adalah Harimau Sumatera.

Jenis hewan yang ada disini pun bermacam-macam, seperti jenis unggas layaknya elang, angsa putih dan hitam, kasuari, merak, dan lainnnya. Sedangkan untuk spesies kera ada lutung merah, kera Jawa, siamang, orang utan, dan sebagainya.

20. Curug Citiis

Lokasi: Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 10.000 perorang

Curug Citiis (foto: jelajahgarut.com)

Curug Citiis merupakan salah satu wisata alam air terjun yang terletak di kaki Gunung Guntur memberikan kesan alam tersendiri karena curug ini merupakan pertemuan antara dua mata air yang berbeda. Yang pertama adalah mata air dari Gunung Guntur ini sendiri dan yang kedua adalah sumber mata air panas dari perut bumi langsung, dan mengalir ke daerah Cipanas.

Bagi pendaki Gunung Guntur dapat singgah terlebih dahulu ke kawasan Curug Citiis ini dan menikmati pemandangan alam serta kesegaran air panas dari sumber mata air di curug. Ada juga tempat camping untuk berkemah, tracking dan hiking yang dapat dilakukan disini.

21. Curug Orok

Alamat: Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 20.00
Tarif:
Rp. 10.000 perorang

Curug Orok (foto: liburanbandung.web.id)

Curuk Orok merupakan sebuah air terjun di kawasan Garut yang memiliki tinggi sekitar 45 meter sebagai air terjun utama, sedangkan air terjun kecil yang ada disekitarnya ada dua. Curug Orok ini sendiri ternyata terletak di sebuah lembah dimana untuk mencapainya perlu menaiki sebuah tangga keatas.

Terdapat dua air terjun kecil yang berada di sisi air terjun utama Curug Orok ini, air tersebut mengalir dari bebatuan yang tertutupi oleh lumut dan perdu. Air terjun kecil inilah yang menambah kecantikan pemandangan curug dimana terlihat seperti sebuah miniatur air terjun.

22. Pantai Cijeruk Indah

Alamat: Sagara, Kecamatan Pameungpeuk
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Pantai Cijeruk Indah (foto: adrasablog.com)

Pantai Cijeruk Indah memiliki keunikan berupa warna air lautnya yang berbeda, yakni memiliki dua tekstur warna, yang paling mendekati pantai berwarna biru kecokelatan sedangkan bagian paling jauh berwarna biru kehijauan. Walaupun pantai ini melandai dan memiliki arus yang kuat, wisatawan dapat tetap berenang asalkan dengan hati-hati atau sekedar hanya bermain air di sekitar pantai.

Hal lain yang dapat dilakukan di pantai ini adalah menyewa perahu nelayan sekitar untuk berkeliling, memancing di beberapa tebing yang tinggi, hingga berselancar dengan deburan ombaknya yang tidak terlalu kuat, tempat ini juga menjadi spot terbaik untuk berfoto.

23. Pantai Karang Paranje

Lokasi: Karyasari, Kecamatan Cibalong
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai Karang Paranje (foto: siloka.com)

Satu lagi pantai indah yang tersembunyi di pesisir selatan pantai daerah Garut, Pantai Karang Paranje memiliki berbagai bongkahan karang yang menjadi keunikan di pantai ini. Pasir pantai yang terdapat di bagian bawah karang ini juga sangat putih dan halus, pengunjung bahkan dapat bermain air di area bawah karang dengan hati-hati.

Karena pantai ini masih sangat baru, belum ada tempat penginapan dan resort yang ada disini, tetapi beberapa warung makan tradisional tersaji di beberapa pinggiran area pantai untuk menyajikan kuliner khas Jawa Barat maupun santapan berbahan dasar ikan dan seafood.

24. Curug Cimandi Racun

Alamat: Desa Jangkurang, Kecamatan Leles
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Curug Cimandi Racun (foto: wisatalengkap.com)

Curug Cimandi Racun juga dikenal dengan nama Curug Cibuni Racun, air terjun dalam curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan sumber mata air asli dari Gunung Mandalawangi. Curug Cimandi Racun ini memiliki lahan yang cukup terjal dan miring, tetapi keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi, curug ini juga dikelilingi oleh beberapa perkampungan penduduk.

Jalan setapak menuju curug ini akan disuguhi oleh pemandangan alam yang menyegarkan mata, wisatawan dapat bermain air di sekitar curug dan perlu berhati-hati karena curug ini memiliki batuan yang besar. Kolam yang ada di aliran air terjun pun cukup kecil untuk bermain air, debit air terjun pun tidak terlalu besar.

25. Curug Sanghyang Taraje

Alamat: Desa Cibuluh, Cikajang, Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Gratis

Curug Sanghyang Taraje (foto: travelplusindonesia.blogspot.com)

Curug Sanghyang Taraje merupakan air terjun legendaris dimana masyarakat mempercayai bahwa tempat tersebut dahulunya adalah tangga para dewa menuju khayangan. Konon, ada sebuah batu di area air terjun ini yang memiliki bekas tapak kaki raksasa, masyarakat sekitar mempercayai telapak kaki itu adalah bekas milik Sangkuriang.

Namun hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihat batu berbekas tapak kaki tersebut, pengunjung disini hanya menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan, tempatnya sudah disediakan. Air terjun disini memiliki debit aliran yang sangat kuat karena merupakan perpaduan dua air terjun yang mengalir menjadi satu dan membentuk layaknya air terjun kembar.

26. Kebun Mawar Situhapa

Lokasi: Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
No telp:
+62 851 0070 6006
Harga tiket masuk:
Rp. 20.000 perorang

Kebun Mawar Situhapa (foto: travelingcow.com)

Kebun Mawar Situhapa merupakan sebuah taman wisata alam berupa hamparan tanaman bunga mawar berwarna-warni yang indah. Kebun mawar ini sendiri terletak di tengah-tengah antara beberapa gunung di Jawa Barat, yakni Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Guntur, dan Gunung Talaga Bodas.

Sedangkan selain kebun mawar, disini juga terdapat fasilitas penginapan dan resort setara hotel, lalu juga ada tempat makan yang menyediakan tiga jenis kuliner yakni makanan khas Sunda, makanan Indonesia, dan juga makanan Western. Terdapat juga fasilitas taman bermain anak-anak, tempat pengembangbiakan burung merpati yang cukup menarik.

BacaJuga:  10 Foto Taman Kencana Kota Bogor Jawa Barat, Dimana? + Peta Map Rute Angkot Menuju Ke Lokasi Malam Hari

27. Kawah Kamojang

Alamat: Kamojang, Loa, Paseh, Bandung.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Rp. 5.000 (Senin – Jumat), Rp. 7.500 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Kawah Kamojang (foto: digarut.com)

Kawah Kamojang merupakan bekas kawah gunung berapi yang masih mengeluarkan aktifitas vulkaniknya namun tidak terlalu berbahaya, alamatnya sendiri dekat perbatasan Garut dan Bandung. Untuk menuju lokasi Kawah Kamojang ini perlu melewati jalur yang cukup terjal dan curam dengan banyaknya tanjakan dan turunan.

Memasuki area kawah, wisatawan akan disuguhkan pemandangan berbagai macam cekungan kawah yang mengeluarkan sumber air panas asli dari perut bumi yang kaya akan mineral, salah satunya adalah belerang. Selain Kawah Kamojang, di wilayah ini juga dapat ditemukan kawah aktif lainnya yang bernama Kawah Hujan.

28. Pantai Cicalobak

Alamat: Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM:
Rp. 5.000 perorang

Pantai Cicalobak (foto: hoteldigarut.net)

Pantai Cicalobak adalah salah satu kawasan pantai selatan yang memiliki tepian curam dari bebatuan karang, kerasnya ombak yang menghantam susunan karang ini menimbulkan bunyi gemuruh yang unik. Disebelahnya ada Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang, namun Pantai Cicalobak dirasa masih kurang tenar walaupun memiliki pemandangan yang cukup indah.

29. Pantai dan Taman Laut Manalusu

Lokasi: Cigadog, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Pantai dan Taman Laut Manalusu (foto: adrasablog.com)

Pantai Manasulu menyajikan keindahan alam asli dimana banyak terdapat gugusan batu karang menghiasi wilayah pesisir pantai, dan yang paling menarik adalah keindahan taman laut di dalamnya. Pengunjung diperbolehkan berkemah di area sekitar pantai ini, sedangkan untuk memancing dapat dilakukan di atas tebing guna melemparkan pancingan lebih maksimal ke area laut.

Wisatawan yang ingin snorkeling guna menikmati keindahan alam laut di dalamnya diperbolehkan asal lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan arus air laut yang cukup keras namun juga tidak terlalu kencang sehingga banyak diminati hewan-hewan laut untuk bermukim di sekitar batu karang pantai.

30. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung

Alamat: Desa Subatan, Kecamatan Cilawu
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif:
Gratis

Perkebunan Teh Dayeuh Manggung (foto: menerjemahkan.com)

Jawa Barat memang terkenal dengan perkebunan teh yang paling banyak, termasuk di wilayah Cihurip dan Garut, salah satunya adalah Perkebunan Teh Dayeuh Manggung. Tersaji pemandangan yang elok, indah, dan asri dari perkebunan teh dengan bukit-bukit yang berliku menjadikan kebun teh ini sebagai salah satu alternatif destinasi wisata alam yang unik.

Pohon pinus yang rimbun di hutan sekitar kebun teh ini akan menambah daya tarik dari tempat wisata tersebut sebagai daerah yang sejuk dan teduh. Wisatawan dapat melakukan tracking, hiking, piknik, atau sekedar foto-foto di tengah kebun teh yang luas ini.

31. Wisata Kampung Naga

Alamat: Jl. Garut-Tasikmalaya, Neglasari, Salawu, Tasikmalaya.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Nomer telepon:
+62 812 2444 3369
HTM:
Gratis

Wisata Kampung Naga (foto: paketwisatamurah.net)

Kampung Naga merupakan sebuah perkampungan yang dapat dijadikan alternatif tempat wisata di Garut, Jawa Barat yang cukup unik. Perlu diketahui bahwa kampung ini sangat berbudaya karena masyarakatnya dikenal memegang teguh pada adat istiadat yang diwariskan turun temurun dari jaman nenek moyang mereka.

Rumah yang terdapat di perkampungan ini sangat tradisional dan masih terbilang kuno, namun disitulah poin dari keunikan kampung ini. Atap para rumah warga masih berupa daun rumbia, daun kelapa, dan ijuk, sedangkan untuk dinding rumahnya sendiri adalah anyaman bambu dan rotan.

32. Situ Cangkuang

Lokasi: Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Kecamatan Leles
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Rp. 5.000 perorang

Situ Cangkuang (foto: tamankosong.wordpress.com)

Sebelumnya pembahasan untuk memasuki Candi Cangkuang adalah harus melewati danau atau Situ Cangkuang itu sendiri, disinilah terkadang Situ Cangkuang menjadi daya tarik bagi para pelancong. Situ ini sendiri memang tidak terlalu besar dan untuk menuju ke pulau terpencil dimana terdapat Candi Cangkuang disitu, wisatawan dapat menggunakan rakit atau perahu yang disewakan.

Karena dengan adanya Candi Cangkuang ini di bagian tengah daratannya, Situ Cangkuang terkenal sebagai alternatif tempat wisata alam dan juga wisata sejarah.

33. Awit Sinar Alam Darajat

Alamat: Jl. Pasirwangi Km. 24, Darajat, Kecamatan Pasirwangi
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 19.00
Telpon:
+62 819 2288 626
Tarif:
Tergantung paket yang dipilih

Awit Sinar Alam Darajat (foto: hoteldigarut.net)

Awit Sinar Alam Darajat adalah salah satu tempat wisata alam yang dipadukan dengan pemandian air panas dan resort atau hotel modern namun memiliki nuansa perkampungan. Pengunjung disini dapat menikmati kolam renang air panas alami dimana sumber air panas itu sendiri berasal dari Kawah Puncak Darajat yang merupakan sumber alami.

Selain itu, wisatawan disini dapat mengunjungi kebun strawberry yang juga dekat dengan fasilitas rumah makannya. Wisata berkeliling kebun strawberry ini akan memanjakan mata para pengunjung dan juga mencicipi langsung strawberry dari kebunnya.

34. Museum RAA Adiwidjaja

Alamat: Jl. Pembangunan No. 2, Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00, Sabtu dan Minggu tutup
HTM:
Gratis

Museum RAA Adiwidjaja (foto: twitter.com)

Garut ternyata juga memiliki museum sebagai alternatif tempat wisata sejarah dan pengetahuan sekaligus, walaupun sangat disayangkan karena masyarakatnya sendiri masih kurang tertarik berwisata di Museum RAA Adiwidjaja ini. Museum ini sendiri memiliki benda-benda peninggalan sejarah dan budaya yang cukup menarik, mulai dari alat perang hingga peralatan rumah tangga jaman dulu.

Terdapat juga miniatur benda budaya khas Sunda seperti minatur rumah tradisional masyarakat Sunda yang bermacam-macam, serta barang tradisional lainnya yang bersejarah dan berbudaya.

35. Desa Wisata Saung Ciburial

Lokasi: Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.
Koordinat:
Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk:
Gratis

Desa Wisata Saung Ciburial (foto: beyznugraha.blogspot.com)

Selain menjadi tempat wisata, Desa Saung Ciburial menawarkan penginapan dengan fasilitas lengkap, modern, namun bergaya tradisional. Intinya, wisatawan disini diajak merasakan suasana pedesaan yang alami, bersahabat, dan juga berbudaya. Disini tersedia saung yang dibangun di tengah kolam ikan untuk penginapan, sehingga suasananya benar-benar alami.

Menariknya lagi, terdapat fasilitas homestay dimana pengunjung bisa merasakan menginap di rumah-rumah tradisional warga sekitar dan merasakan kuliner khas keluarga masyarakat Sunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *