15 Objek Tempat Wisata di Indramayu Jawa Barat dan Sekitarnya Terbaik Menarik Indah Terbaru

Posted on

Objek tempat wisata di indramayu jawa barat dan sekitarnya pulau biawak jabar cirebon foto kabupaten pantai tirtamaya taman cimanuk pasir putih terbagus karangsong patrol jatibarang kolam renang terbaik menarik laut indah terbaru yang ada alam macam daftar obyek daerah kota mangrove malam air

Kota Mangga sebagai julukan kabupaten Indramayu. Di sini banyak buah mangga dan juga salah satu penghasil mangga terbesar di Indonesia. Potensi pariwisatannya juga tak kalah menarik di Indramayu ini.

Letaknya yang berdekatan dengan pantai bagian utara membuat potensi wisata pantainya sangat menarik. Tetapi tak hanya wisata pantainya ada juga wisata alam lain yang tak kalah menarik. Berikut ini aneka wisata menarik di Indramayu dan sekitarnya yang perlu diketahui.

1. Pantai Karangsong

Alamat: Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Karangsong (foto: ksmtour.com)

Memiliki sejarah buruk sebelum menjadi destinasi wisata pantai seperti sekarang ini. Pantai ini pernah tercemar tumpahan minyak mentah. Lalu dilakukan pembersihan serta reboisasi hutan bakau di kawasan pantai.

Sejak saat itu pantai ini menjadi lebih bersih dan segar. Tentu hal itu kemudian menarik para wisatawan untuk datang ke pantai ini.

2. Waduk Cipancuh

Lokasi: Situraja, Gantar 45264
Google Map: Klik disini

Waduk Cipancuh (foto: twitter.com)

Waduk Cipancuh menarik perhatian wisatawan karena viewnya sangat mempesona bila diabadikan dalam bentuk jepretan. Suasana lokasinya sangat nyaman dan sejuk pada saat matahari akan tenggelam akan menjadi pemandangan yang luar biasa indah. Meski bukan tempat wisata pada umumnya namun tempat ini pantut menjadi lokasi melepas penat bila tak punya waktu banyak untuk liburan.

3. Pantai Tirtamaya

Letak: Juntikedokan, Juntinyuat 45282
Jam Buka Tutup: Senin-Minggu 08.00-17.00
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000
Maps: Klik disini

Pantai Tirtamaya (foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Pantai Tirtamaya salah satu yang menjadi daya tarik di kota Indramayu. Di sini biasanya menjadi lokasi untuk menikmati pesona sunrise dan juga sunset. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga tak sulit untuk menjangkaunya dan membuat pantai ini menjadi pemikat untuk anak muda.

4. Pulau Biawak

Alamat: Kabupaten Indramayu Jabar
Biaya: Rp 25.000
Peta: Klik disini

BacaJuga:  10 Gambar Sirkuit Sentul Bogor Terbaru 2017 Direnovasi Diperbaiki Untuk MotoGP? + Harga Tiket Masuk Lokasi
Pulau Biawak (foto: kucingbloon.wordpress.com)

Pulau Biawak ini sebenarnya bernama Pulau Rakit. Menjadi pulau biawak karena di sini masih banyak dijumpai satwa liar yaitu varanus salvator atau biawak yang menjadi daya tariknya. Pulau Biawak terbilang masih sangat alami dan utuh dibanding pulau Gosong.

Ciri khas lain di pulau ini adanya marcusuar yang sudah ada sejak 1872.

5. Pantai Balongan Indah

Alamat: Jalan Raya Balongan
HTM: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Balongan Indah (foto: tosupedia.com)

Pantai Balongan Indah pas bagi wisatawan yang sedang menikmati keindahan pantai tanpa keriyuhan pengunjung. Pantai ini terbilang masih perawan karena belum banyak pengunjung datang ke tempat ini. Jadi bisa dipastikan pantai ini alamnya masih asri dan sangat nyaman untuk bersantai dan berenang.

6. Pantai Glayem

Alamat: Juntinyuat
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Glayem (foto: panoramio.com)

Di pantai Glayem ini pengunjung bisa sekalian mencicipi olahan ikan tangkapan para nelayan. Sebelumnya pantai ini merupakan pelabuhan tempat singgah para nelayan. Menurut kepercayaan hasil ikan tangkapan nelayan di sini sangat laris dan lebih enak.

Ada rumah makan yang terkenal di pantai Glayem ini yakni Perdut. Menyajikan olahan seafood serta ikan bakar yang sangat menggugah selera.

7. Taman Kali Cimanuk

Alamat: Taman Cimanuk, Penganjang, Sindang 45221
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-00
Koordinat: Klik disini

Taman Kali Cimanuk (foto: ksmtour.com)

Taman Kali Cimanuk ini taman rekreasi terbilang masih baru, letaknya ada di pusat kota dan berada di belakang masjid Agung. Wisata ini berupa taman terbuka hijau yang sangat nyaman dan sejuk meski berada di tengah kota. Belum lagi bangunan ini dibuat di bawah jembatan pinggir sungai.

Di tempat ini juga sering mengadakan acara pameran aneka seni budaya. Tak hanya itu di sini juga disediakan taman bermain untuk anak serta wisata kuliner yang lengkap.

BacaJuga:  30 Daftar Tempat Wisata di Bekasi Daerah Timur, Kota, Situ Gede, Cikarang, Cibitung dan Sekitarnya Yang Murah

8. Pantai Dadap

Alamat: Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik disini

Pantai Dadap (foto: dadapindramayu.blogspot.com)

Pantai ini masih terbilang belum ramai pengunjung. Di sini masih banyak nelayan yang melabuhkan perahunya di sepanjang pesisir. Meski belum banyak diketahui orang pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan tak akan sia-sia sudah datang ke sini.

9. Pantai Eretan

Alamat: Eretan Wetan, Kandanghaur 45254
Koordinat: Klik disini

Pantai Eretan (foto: wisatamu.com)

Pantai ini berada dijalur Pantura sehingga akses untuk ke wisata pantai ini tidak terlalu sulit dan mudah dijangkau. Menurut cerita sejarah di pantai inilah pasukan Jepang pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia untuk memulai perlawanan kepada Belanda. Pesona alam yang ada di pantai Eretan ini masih asri, hijau, dan menyegarkan.

Di sini juga tumbuh pohon bakau ada juga empang-empang. Jika beruntung saat sore pengunjung juga akan menemukan beberapa macam burung di sekitar pantai.

10. Hutan Mangrove Karangsong

Alamat: Karangsong, Kec. Indramayu
Jam Operasional: Senin-Minggu 09.00-18.00
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik disini

Hutan Mangrove Karangsong (foto: andromedocahyo.blogspot.com)

Letaknya tidak jauh dari pantai Karangsong. Tempatnya sangat menarik minat wisatawan untuk menikmati pesona hutan mangrove dengan perahu sembari mengabadikannya lewat jepretan foto. Hutan ini juga berfungsi sebagai pelindung dari ganas ombak laut yang dapat mengikis daratan sekitar pantai.

11. Situs Buyut Banjar

Alamat: Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang
Koordinat: Klik disini

Situs Buyut Banjar (foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Situs Buyut Banjar berupa makam Pangeran Surya Negara atau Buyut Banjar. Seorang patih yang ditugaskan untuk mengatasi masalah banjir di daerah ini. Menurut legenda ada monyet banjar dengan jumlah hampir 41 ekor. Monyet ini dipercaya sebagai perajurit Karang Kendal yang dikutuk.

12. Pantai Lemah Abang

Alamat: Desa indramayu, Kecamatan indramayu, Provinsi jawa barat.
Koordinat: Klik disini

BacaJuga:  10 Foto Curug Dago Pakar Bandung, Harga Tiket Masuk Waterfall & Lokasi Misteri Angker?
Pantai Lemah Abang (foto: bloggermangga.com)

Pantai Lemah Abang memiliki banyak batu penahan ombak. Batuan penahan abrasi ini membuat pemandangan pantainya semakin menarik. Sesuai namanya pantai ini tanahnya berwarna kemerahan. Warna itu akan semakin jelas saat matahari semakin terik.

13. Waterboom Bojongsari

Alamat: Jl. Bojong Sari, Sub-District, Indramayu Regency, West Java 45214
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Tarif: Rp 15.000
Koordinat: Klik disini

Waterboom Bojongsari (foto: tosupedia.com)

Jika sedang tidak ingin berlibur dengan nuansa alam maka waterboom Bojongsari bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu luang. Waterpark ini tak hanya menawarkan fasilitas kolam renang dan kolam arus. Di sini bahkan menawarkan fasilitas karaoke keluarga.

14. Situ Bolang

Alamat: Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung
Koordinat: Klik disini

Situ Bolang (foto: bloggermangga.com)

Danau ini memiliki luas sekitar 74 ha dengan suguhan pemandangan danau dengan hamparan sawah nuasna pedesaan yang sejuk dan tenang. Di sini pengunjung bisa memancing atau berkemah. Suasana pedesaannya akan membuat pengunjung betah sembari melihat banyak ternak serta pohon mangga yang tumbuh di sekitar danau.

Tak hanya itu di sini juga banyak warung makan yang menawarkan aneka kuliner menggoda.

15. Agrowisata Mangga

Alamat: Jalan Baru
Koordinat: Klik disini

Agrowisata Mangga (foto: pikiran-rakyat.com)

Sebagai pusat dan ciri khas kota Indramayu tentu saat berwisata di Indramayu tak boleh melupakan mencoba sajian buah mangga. Oleh-oleh mangga ini sebenarnya mudah ditemukan di mana saja di sebagian besar kota Indramayu. Tetapi kawasan yang ada di Jalan Baru cukup banyak toko berjajar menjual buah mangga dengan kualitas serta harga ang bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *