Selain Umbul Ponggok dan Prambanan, Ini 23 Objek Wisata Hits di Klaten 5/5 (1)

Posted on
Tempat wisata di klaten dan sekitarnya 2018 umbul ponggok utara mata air terjun baru terbaru alam bukit sidoguro deles indah dalam bahasa inggris bayat kota kabupaten menyelam cokro daftar nama foto jawa tengah desa apa saja diving pedan jatinom pantai snorkeling
Romantisme Prambanan dalam Dekapan Malam, photo by tribunnews.com

Membicarakan tempat wisata di Jawa Tengah dan sekitarnya tidak akan ada habisnya, terutama kota atau kabupaten Klaten. Kota kecil yang asri, indah, dan damai ini terkenal dengan wisata alamnya yang berupa mata air, kolam air terjun, candi, dan masih banyak lagi.

Di bawah ini merupakan daftar nama beserta foto dari tempat wisata di Klaten hits terbaru yang bisa dikunjungi di tahun 2018 sebagai alternatif destinasi rekreasi.

Sebenarnya masih ada lebih dari puluhan objek wisata dan desa apa saja yang dapat dikunjungi sebagai salah satu tempat rekreasi yang juga tidak kalah menarik.

1. Umbul Ponggok

Alamat: Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten.
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 17.00
Nomor telepon: +62 857 2877 5999
HTM: Rp. 5.000 perorang

Umbul Ponggok (foto: portalwisata.com)

Siapa bilang Jawa Tengah tidak memiliki wahana wisata bawah air yang cukup menarik? Umbul Ponggok adalah kolam renang air tawar tempat menyelam, snorkeling, atau bahkan diving dengan pemandangan bawah air yang sangat unik.

Di dalam kolam renang Umbul Ponggok tersaji beberapa pemandangan terumbu karang buatan, ikan warna-warni, hingga sepeda, vespa, meja, mainan, dan lain sebagainya.

Disediakan pula peralatan snorkeling dengan harga sewa yang beragam, pengunjung yang ingin berfoto di bawah air disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 untuk hasil foto yang lebih bagus.

2. Candi Prambanan

Lokasi: Bokoharjo, Prambanan
Peta: Klik disini
Buka / Tutup:
Setiap hari pukul 06.00 – 17.00
No telp: +62 27 449 6401
Harga tiket masuk: Rp. 30.000 perorang, Rp. 10.000 – Rp. 15.000 (Parkir)

Candi Prambanan (foto: klikhotel.com)

Siapa yang tak kenal Candi Prambanan? Peninggalan sejarah yang berada di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten ini sangat terkenal bahkan hingga mancanegara.

Warisan budaya dunia ini atau yang dalam bahasa Inggris dijuluki UNESCO World Heritage Site, adalah maha karya luar biasa dalam kebudayaan Hindu abad ke 10.

Candi ini juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang dengan sejarah yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Terhitung total keseluruhan candi ada 240 bangunan candi besar dan kecil dengan candi pelataran yang membujur dari arah utara ke selatan.

3. Museum Prambanan

Alamat: Taman Wisata Candi Prambanan, Jl. Candi Sewu, Tlogo
Map: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Tarif: Sudah termasuk harga tiket masuk Candi Prambanan

Museum Prambanan (foto: majalahasri.com)

Pengunjung yang ingin tahu lebih jauh seputar sejarah Candi Prambanan ini dapat mengunjungi Museum Prambanan yang terdapat dalam kawasan taman Candi Prambanan tersebut.

Terdapat koleksi berbagai macam benda prasejarah peninggalan manusia purba Jawa Tengah terdahulu.

Wisatawan dapat mengunjungi museum ini gratis di dalam area taman Candi Prambanan, akan ada berbagai macam foto candi dari masa ke masa sebelum pemugaran banyak dilakukan.

Menariknya, alun-alun museum dibentuk layaknya keraton ala Jawa Tengah sehingga menambah keunikan dari museum itu sendiri.

4. Candi Bubrah

Lokasi: Tlogo, Prambanan, Kabupaten Klaten.
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 17.00
HTM: Sudah termasuk harga tiket masuk Candi Prambanan

Candi Bubrah (foto: tripjalanjalan.com)

Berkeliling Candi Prambanan memang tidak puas bila hanya mengunjungi area sekitar Candi Prambanan saja tanpa melihat daerah lainnya. Masih di dalam kawasan taman Candi Prambanan, terletak lumayan jauh dari pusat Candi Prambanan terdapat Candi Bubrah.

Beberapa onggokan bebatuan yang merupakan sisa dari kaki candi ini dinamakan Candi Bubrah yang berarti hancur berantakan.

Karena memang candi ini hanya tersisa dinding dan kaki candinya saja dengan komplek berisi bebatuan kuno sebagai sisa material pembuatan candi.

5. Candi Sewu

Alamat: Jl. Raya Yogya – Solo KM.15, Tlogo, Kalasan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 17.00
Telpon: +62 27 449 6402
Harga tiket masuk: Sudah termasuk harga tiket masuk Candi Prambanan

Candi Sewu (foto: asiaforvisitors.com)

Berkisar 800 meter dari arah pusat Candi Prambanan masih ada candi menarik lainnya yakni Candi Sewu, dari Candi Bubrah sendiri tidak terlalu jauh. Walaupun namanya adalah Candi Sewu yang berarti 1000, tetapi jumlah keseluruhan candi ini hanya ada 249 bangunan candi.

Candi Sewu mempunyai keunikan sendiri yakni pintu masuknya yang memiliki 4 pintu gerbang masing-masing menghadap utara, barat, timur, dan selatan. Di setiap pintu gerbang terdapat penunggu berupa patung atau Arca Dwarapala setinggi 2.3 meter.

6. Candi Plaosan

Lokasi: Jl. Candi Plaosan, Bugisan, Kecamatan Prambanan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Nomer telepon: +62 89 9927 0261
Tarif: Rp. 3.000 perorang

Suasana Romantis di Candi Plaosan, gambar: lifestyle.okezone.com

Bila Candi Bubrah dan Candi Sewu berada di kawasan Candi Prambanan, maka berbeda dengan candi kembar yang unik satu ini.

BacaJuga:  10 Gambar Salib Putih Salatiga + Harga Masuk Kolam Renang Agrowisata Hotel D Emmerick Kopeng

Candi Plaosan terletak sekitar 1 KM dari wilayah Candi Prambanan itu sendiri, bangunan candi ini dibuat oleh Rakai Pikatan khusus didedikasikan untuk permaisurinya, Pramudyawardan.

Candi Plaosan merupakan gabungan antara kebudayaan Budha dan Hindu, sehingga membentuk arsitektur yang unik dari pada candi pada umumnya.

Di dalam kompleks Candi Plaosan ini terdapat dua candi yang bentuknya mirip tetapi sebenarnya berbeda, namanya adalah Candi Plaosan Lor dan Candi Kidul.

7. Waduk Rowo Jombor

Alamat: Jalan Rawa Jimbung, Krakitan, Bayat
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Waduk Rowo Jombor (foto: wisatao.com)

Pada dasarnya Waduk Rowo Jombor ini adalah waduk buatan atau danau pada umunnya, tetapi banyak dipenuhi dengan warung makan terapung dipinggiran waduk tersebut.

Di tengah waduk terdapat ratusan keramba ikan segar yang nantinya akan dimasak dan dihidangkan kepada wisatawan dengan harga yang beragam.

Selaim terdapat rumah makan terapung, tempat wisata populer ini bisa dijadikan tempat pemancingan bagi pengunjung yang hobi memancing.

Warung makan apung disini kebanyakan menyediakan menu ikan bakar atau ikan goreng yang langsung diambil dari waduk tersebut.

8. Umbul Sigedang Kapilaler

Lokasi: Umbulsari, Ponggok, Polanharjo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
No telp: +62 812 1521 1921
Harga tiket masuk: Gratis

Umbul Sigedang Kapilaler (image: bakpiamutiarajogja.com)

Ingin merasakan mandi di kolam alami dari air kemasan minuman Aqua? Datanglah ke Umbul Sigedang Kapilaler dimana tempat ini memiliki mata air alami yang menyuplai air minum kemasan merk Aqua.

Umbul Sigedang Kapilaler adalah kolam air tawar dengan air yang berasal dari mata air murni Sigedang.

Umbul Sigedang Kapilaler memiliki air yang benar-benar murni dan terjaga sehingga inilah alasan perusahaan air minum Aqua mengambil sumber air minum alami dari sini.

Karena kolam airnya sendiri belum tercemar apapun seperti limbah, sampah, dan mengandung mineral paling tinggi di daerah Klaten.

9. Umbul Cokro

Alamat: Cokro, Tulung, Kabupaten Klaten.
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 17.00
Tarif: Rp. 10.500 perorang, Rp. 3.000 (Parkir motor)

Umbul Cokro, photo by klatenia.com

Jawa Tengah memang terkenal dengan tempat wisata umbul, yakni sebuah kolam air murni yang berasal dari sumber mata air.

Umbul Cokro juga memiliki waterboom dimana terdapat wahana air, kolam renang dengan papan seluncuran, kolam arus, dan masih banyak lagi yang lainnya disini.

Untuk menuju tiket masuk terdapat jembatan gantung yang cukup tinggi dimana di bawahnya terdapat sungai Umbul Cokro dengan air yang sangat jernih. Umbul Cokro dahulunya bernama Umbul Ingas, terdapat juga mata air Umbul Ingas yang masih populer hingga saat ini.

10. Candi Lumbung

Lokasi: Tlogo, Kecamatan Prambanan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 06.00 – 17.00
HTM: Sudah termasuk harga tiket masuk Candi Prambanan

Candi Lumbung (foto: pegipegi.com)

Satu lagi candi yang wajib ditelusuri oleh wisatawan yang berada pada kawasan taman wisata Candi Prambanan.

Candi Lumbung memiliki satu candi utama dengan 16 candi kecil di sekitarnya yang sudah tidak memiliki atap, tetapi relief dari dinding candi sendiri masih terlihat dengan jelas.

Candi Lumbung sendiri mempunyai 9 relung sebagai tempat untuk meletakan arca atau patung. Candi Bubrah berada persis di sebelah Candi Lumbung ini, sehingga sehabis mengunjungi kompleks Candi Bubrah, wisatawan dapat langsung melihat Candi Lumbung ini.

11. Candi Merak

Alamat: Karangnongko, Kabupaten Klaten.
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Rp. 1.000 perorang, Rp. 10.000 (Tour guide dan berfoto)

Candi Merak (foto: karangnongko.klaten.info)

Tidak lengkap rasanya bila ke Klaten tidak mengunjungi Candi Merak ini, walaupun namanya tak setenar Candi Prambanan. Di dalam Candi Merak tidak kalah menarik karena terdapat patung arca Durga, Nandi, dan Ganesha yang dipercaya sebagai dewa umat Hindu.

Konon, dulu terdapat pohon Joho tua raksasa dimana burung merak sering bertengger diatasnya, maka dari itu candi ini dinamakan sebagai Candi Merak. Sedikit sisa dari akar pohon ini masih berada di area sekitar candi karena awalnya pohon ini menutupi Candi Merak tersebut.

12. Curug Gedangsari

Lokasi: Tegalrejo, Gedang Sari
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif: Rp. 1.500 perorang

Curug Gedangsari (foto: jogja.mblusuk.com)

Wisatawan mungkin tidak akan menduga bahwa di Klaten terdapat wisata curug atau air terjun dari sumber mata air alami. Curug Gedangsari atau yang juga dikenal sebagai Curug Tegalrejo ini sebenarnya sudah masuk area Yogyakarta, lebih tepatnya Kabupaten Gunung Kidul. Tetapi Curug Gedangsari ini sendiri lebih cepat dan mudah ditempuh dari arah Klaten, Kabupaten Bayat.

Untuk menuju tempat ini memang medannya agak sulit bagi sepeda atau kendaraan bermotor. Curug Gedangsari ini sebenarnya adalah pekarangan rumab warga-warga, sehingga air terjun indah ini sekarang dikelola bersama dengan para warga sekitar.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Kauman Semarang Tempo Dulu + Letak Alamat Johar

13. Museum Gula Gondang Winangoen

Alamat: Jl. Yogyakarta-Solo Km. 25, Plawikan, Jogonalan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 08.00 – 15.00
Telpon: +62 27 232 6057
HTM: Rp. 3.000 perorang

Museum Gula Gondang Winangoen (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Wisata sambil menambah ilmu pengetahuan bisa dilakukan dengan mengunjungi Gondang Winangoen. Sebuah tempat bekas pabrik gula yang kini menjadi museum serta lokasi agrowisata gula pertama di Indonesia, bahkan di dunia.

Bangunan bernuansa jaman kolonial Belanda ini tidak hanya menyajikan museum gula, tetapi juha wahana bermain untuk anak dan keluarga.

Ada outbound dan flying fox, menaiki kereta uap untuk berwisata keliling area, waterpark, water slide, kids zone, dan lain sebagainya.

14. Desa Wisata Deles Indah

Lokasi: Balerante, Kemalang
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Gratis

Desa Wisata Deles Indah (foto: telusurindonesia.com)

Deles Indah adalah desa wisata yang menawarkan keasrian dan kearifan lokal budaya Jawa di Klaten. Banyak peninggalan bersejarah jaman manusia purba hingga gua tua yang unik berada di dalam desa wisata ini.

Seperti Pesanggrahan Pakubuwono X yang dipercaya sebagai tempat keramat untuk bertapa Raja Pakubuwono X.

Ada juga Bukit Pring Cendani dimana terdapat pandangan hutan bambu yang sangat asri dan sejuk. Di bawah bukit sendiri terdapat Gua Sapuangin tempat dulu para tentara Jepang bersembunyi saat perang.

15. Air Terjun Luweng Sampang

Alamat: Jl. Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Air Terjun Luweng Sampang (foto: telusurindonesia.com)

Satu lagi wisata alam air terjun yang dekat dengan Klaten namun berada di perbatasan Kabupaten Gunung Kidul di Jogjakarta. Air Terjun Luweng Sampang sendiri dekat dengan Curug Gedangsari karena berasal dari aliran dan mata air yang sama.

Air Terjun Luweng Sampang jauh lebih eksotis dan menawan karena diapit oleh dua batu besar raksasa dengan warna dan tekstur yang unik. Warna air yang sangat jernih yakni hijau kebiruan membuat tempat ini juga dijuluki Green Canyon Jawa Tengah.

16. Bukit Sidoguro

Lokasi: Krakitan, Bayat
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Bukit Sidoguro (foto: pictaram.com)

Bukit Sidoguro menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik di atas bukit yang berada di wilayah Bayat, Klaten.

Tak hanya menyajikan pemandangan asri dan indah dari puncaknya, disini juga terdapat fasilitas taman bermain anak-anak yang khusus dibuatkan untuk wisatawan.

Yang semakin menambah keunikan tempat ini adalah adanya batu raksasa yang cukup besar dengan sebuah rumah kecil diatasnya yang tidak berpenghuni. Rerumputan disini pun masih agak tinggi dengan pepohonan yang jarang-jarang namun menambah kesan rindang.

17. Keprabon

Alamat: Polanharjo, Kabupaten Klaten.
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Gratis

Tembus Pasar Luar Negeri untuk Produk Kerajinan Dari Tanduk Kerbau di Desa Keprabon, photo by ukmklaten.com

Keprabon sendiri adalah sebuah kota kecil atau bisa disebut sebagai desa wisata yang menawarkan berbagai kerajinan unik dan menarik.

Pengunjung bisa langsung datang kesini untuk membeli souvenir atau oleh-oleh khas Jawa Tengah dengan melihat cara pembuatannya langsung.

Salah satu kerajinan yang terkenal adalah proses pembuatan Wayang Kulit, Wayang Kayu, Sentra Kerajinan Payung dengan motif batik atau motif lainnya, kerajinan mebel ukiran, lurik, tanduk kerbau dan penyu, manik-manik, batik, dan lain sebagainya.

Selain Keprabon sebenarnya masih banyak tempat menarik yang terkenal menjual souvenir atau oleh-oleh khas Klaten, diantaranya adalah Pedan dan Jatinom.

18. Taman Lampion Klaten

Lokasi: Jl. Lek Panggih, Bareng Lor, Klaten Utara
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Tarif: Gratis

Taman Lampion Klaten (foto: heri-sugianto.blogspot.com)

Di sebelah utara Klaten terdapat tata ruang hijau berupa Taman Lampion Klaten yang menjadi salah satu destinasi wisata yang murah meriah. Dinamakan Taman Lampion bukan berarti wisatawan akan menemukan berbagai jenis lampion disini, itu hanya sebutannya saja.

Taman Lampion Klaten bernuansa China sehingga penamaan Taman Lampion ini sesuai dengan kondisi keadaan taman. Terdapat fasilitas tempat duduk, taman bermain anak-anak, dan beberapa pedagang makanan atau angkringan di area luar taman.

19. Arung Jeram Sungai Tubing Pusur

Alamat: Jalan Keprabon – Polanharjo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 09.00 – 15.00
Nomer HP: +62 856 4748 7060
HTM: Rp. 40.000 – Rp. 60.000 (Tergantung paket yang dipilih)

Arung Jeram Sungai Tubing Pusur (foto: pictaram.com)

Wisata arung jeram yang satu ini memudahkan pengunjung untuk menelusuri aliran Sungai Tubing Pusur dengan gelombang yang tidak terlalu deras.

Berbeda dengan rafting di arung jeram, wisata yang satu ini menggunakan ban bagian dalam mobil atau truk secara terpisah, bukan berkelompok.

Sensasi adrenalin yang ditawarkan juga sama menariknya dengan rafting arung jeram, hanya saja di Arung Jeram Sungai Tubing Pusur ini memiliki harga yang lebih murah dengan fasilitas yang setara dengan rafting arung jeram.

BacaJuga:  10 Gambar The Fountain Water Park Ungaran + Harga Tiket Masuk

20. Umbul Jolotundo

Lokasi: Jl. Klaten – Jatinom, Jambeyan, Karanganom
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Harga tiket masuk: Rp. 4.000 perorang

umbul-jolotundo

Umbul Jolotundo atau yang juga terkadang disebut Candi Umbul atau Pemandian Jolotundo merupakan wisata air pemandian.

Menariknya lagi, kolam renang yang terdapat dalam Umbul Jolotundo ini tidak diberikan kaporit layaknya kolam renang umum, ini menjadikan kolam air lebih alami karena juga bersumber dari mata air asli.

Di Umbul Jolotundo ini memiliki batu besar yang berbentuk seperti telapak kaki dan dipercaya pernah diinjak oleh Bisma. Salah satu tokoh pewayangan dalam adat Jawa, sehingga batu ini disebut sebagai Tapak Bisma hingga sekarang.

21. Wisata Lepen Kencana

Alamat: Desa Polanharjo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Wisata Lepen Kencana (foto: kreesnaa.blogspot.com)

Wisata Lepen Kencana adalah salah satu objek wisata air yang murah meriah karena dekat dengan sumber mata air Gedang yang juga mengalir ke Umbul Gedang Kapilaler. Airnya pun tidak perlu diragukan lagi, sangat bersih, jernih, dan segar untuk bermain air bagi anak-anak.

Terdapat jembatan kecil dimana di sisi samping jembatan tersebut dipasang seluncuran untuk anak-anak langsung meluncur ke sungai dibawahnya. Tidak perlu khawatir aliran sungai yang deras karena nyatanya, aliran air sangat tenang dan hampir tidak bergelombang.

22. Waterpark Galuh Tirtonirmolo

Lokasi: Jl. Manisrenggo KM. 1, Tlogo, Kecamatan Prambanan
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 07.00 – 18.00
No telp: +62 27 449 6855
HTM: Rp. 15.000 perorang

Waterpark Galuh Tirtonirmolo (foto: telusurindonesia.com)

Salah satu objek wisata air dengan berbagai wahana seru dan menyenangkan bisa ditemui di Waterpark Galuh Tirtonirmolo, Klaten ini.

Tempatnya lebih tepat berada di dalam Hotel Galuh, tetapi fasilitas waterpark ini bisa dinikmati oleh semua masyarakat tanpa harus menginap di hotel tersebut.

Selain menyajikan kolam renang, seluncuran, dan wahan waterpark pada umumnya, tempat ini juga menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Terdapat outbound, flying fox, boom boom car, komedi putar, dan lain sebagainya.

23. Umbul Manten

Alamat: Jl. Janti, Wunut, Tulung
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Harga tiket masuk: Rp. 3.000 perorang

Umbul Manten (foto: piknikasik.com)

Wisata air alami Umbul Manten ini juga tidak kalah dengan umbul lainnya di Klaten, dengan ruahan mata air yang alami dan jernih.

Di sekitar kolam air ini terdapat pohon-pohon besar yang batangnya bersentuhan langsung dengan air kolam, menambah kesan sejuk, teduh, namun juga mistis.

Guna mencegah pengunjung membuang sampah sembarangan disini, tidak ada pedagang makanan atau warung makan yang buka di sekitar area umbul. Maka dari itu wisatawan disarankan agar mengisi perut terlebih dahulu di tempat lain sebelum mengunjungi tempat ini.

24. Pemancingan 1000 Taman Air

Lokasi: Janti, Polanharjo
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari pukul 08.00 – 18.00
Telpon: +62 271 702 5798
Tarif: Rp. 2.000 (Untuk kolam renang saja)

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak
Pemancingan 1000 Taman Air (foto: klatentop.blogspot.com)

Pemancingan 1000 Taman Air terkenal karena memiliki wahana air seperti kolam renang, seluncuran, hingga taman bermain anak lainnya seperti outbound dan flying fox.

Pengunjung tidak hanya memancing saja disini tetapi juga bisa menikmati kuliner khas ikan air tawar yang langsung diambil dari kolam ikan.

Ikan yang sudah dipancing nantinya akan ditimbang dan dibayar dengan kisaran harga mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 49.000 perkilonya. Julukan Taman Air untuk Pemancingan 1000 ini memang sesuai dengan namanya, karena menyediakan tempat rekreasi bagi keluarga juga.

25. Hutan Kota Gergunung

Alamat: Jl. Ki Ageng Gribig, Gergunung, Klaten Utara
Koordinat: Klik disini
Jam operasional:
Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Hutan Kota Gergunung (foto: imgrum.net)

Jawa Tengah memang asri dengan berbagai macam tata ruang hijau di kota-kotanya, tak terkecuali Hutan Kota Gergunung di Klaten ini. Ada berbagai ratusan bahkan ribuan tanaman dari yang sering dijumpai hingga tanaman unik dan langka tertanam di hutan kota ini.

Tak hanya menyajikan pemandangan hutan saja, Hutan Kota Gergunung dilengkapi dengan fasilitas taman bermain untuk anak, rumah bagi para burung-burung yang bisa dipanggil untuk diberi makan, dan lahan parkir yang cukup besar.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

3 thoughts on “Selain Umbul Ponggok dan Prambanan, Ini 23 Objek Wisata Hits di Klaten

  1. Keprabon. Gambar sama judul beda. Yg diuraikan juga keprabon di polanharjo klaten, tp gambarnya kelurahan keprabon di surakarta a.k.a solo.. Beda nya jaaauuhh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.