35 Tempat Wisata di Lombok Daerah Timur Tengah Utara Barat Selain Pantai Yang Terkenal 2018 Gili Trawangan Untuk Honeymoon

Posted on
35 Tempat Wisata di Lombok Daerah Timur Tengah Utara Barat Selain Pantai Yang Terkenal 2018 Gili Trawangan Untuk Honeymoon
Rate this post
Tempat wisata di lombok daerah timur tengah utara selatan selain pantai yang terkenal 2018 gili trawangan untuk anak honeymoon bulan madu nusa tenggara barat ntb daftar dekat bandara paket 3 hari 2 malam peta nama objek gambar air terjun keren yang ada sekotong kabupaten tanjung paling bagus belum menarik sering jarang wajib dikunjungi senggigi mataram
tempat wisata di lombok (foto: orlandohotelsinfo.com)

Perlahan tapi pasti, Pulau Lombok yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat, menjadi salah satu primadona pariwisata dunia, setelah sebelumnya hanya dijadikan sebagai tempat wisata alternatif dari Bali. Dijadikannya Lombok sebagai tujuan kedua setelah Bali, pertama karena sesuai dengan gambar yang tertera pada peta, lokasi pulau Lombok berdekatan dengan Pulau Dewata, tepatnya di sebelah timur Pulau Bali. Alasan kedua tentunya karena nama Lombok masih belum begitu dikenal di dunia industri pariwisata dunia.

Bukan tanpa alasan jika di tahun 2018 Lombok menjadi salah satu tujuan utama wisata dunia, karena pulau ini memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang eksotis sehingga banyak yang menjulukinya serpihan surga di dunia. Selain memiliki banyak pantai yang terkenal, Lombok juga mempunyai beragam objek wisata lainnya, mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah, wisata budaya, sampai dengan wisata kuliner. Keragaman jenis wisata itulah yang menjadi nilai lebih, sehingga banyak dilirik para turis dari mancanegara.

Terlebih saat ini banyak perusahaan Tour and Travel yang menyediakan paket khusus wisata Lombok. Dengan membeli paket wisata tersebut, para wisatawan sudah dapat menikmati spot-spot wisata yang menarik di Lombok, berikut fasilitas lainnya seperti antar jemput ke bandara, hotel, makan, mobil pariwisata berikut sopirnya, guide, boat, tiket masuk ke tempat wisata serta yang lain.

Inilah daftar beberapa tempat wisata di Lombok yang menarik dan wajib dikunjungi saat Anda mengadakan trip ke propinsi Nusa Tenggara Barat.

1. Bukit Pergasingan

Lokasi: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.10.000

Bukit Pergasingan (foto: harryhermanan.blogspot.co.id)

Bukit yang memiliki ketinggian lebih dari 1700 mdpl ini sangat menarik bagi para penggemar wisata adventure, karena selain cukup menantang untuk dijadikan medan soft tracking, pemandangan yang disuguhkan dari atas ketinggian bukit memiliki keindahan yang sulit untuk dilukiskan, yaitu hamparan panorama desa Sembalun serta hijaunya kebun-kebun warga berlatarbelakang gunung Rinjani yang kokoh serta bebukitan.

Keindahan tersebut akan semakin sempurna jika mau menyembatkan diri bermalam di atas Bukit Pergasingan, karena keeesokan paginya akan dapat menikmati sunrise yang muncul dari balik punggung Gunung Rinjani. Tidak hanya aktifitas soft tracking saja yang dapat dilakukan di bukit ini, tapi juga beberapa aktifitas yang menantang lainnya, seperti sepeda gunung, paralayang, serta yang lain.

2. Pantai Nambung

Alamat: Dusun Nambung, Desa Pengantap, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Map: Klik Disini

Pantai Nambung (foto: lombokgilis.com)

Keindahan yang luar biasa disuguhkan Pantai Nambung lewat pasirnya yang seperti merica di hamparan bibir pantai yang luas dengan ombak yang besar berlatarbelakang berbukitan di sekeliling pantai. Pantai yang namanya melambung setelah disebarluaskan lewat jejaring sosial oleh anak-anak muda ini juga memiliki fenomena alam yang unik, yaitu air terjun asin.

Fenomena alam tersebut sesungguhnya bukanlah air terjun yang sebenarnya, melainkan hempasan gelombang besar yang menghantam dinding batu karang, dan airnya kembali mengucur jatuh dari atas ke bawah, sehingga menciptakan pemandangan layaknya air terjun.  Meski fenomena ini bukanlah sesuatu yang aneh, namun tidak semua pantai memiliki air terjun yang berasal dari ombak besar, sehingga air terjun asin yang ada di Pantai Nambung ini menarik perhatian banyak wisatawan.

3. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Lokasi: Desa Sekaruh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Peta: Klik Disini

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok (foto: tripcanvas.co)

Saat berada di sorga tersembunyi ini, Anda seolah dibawa ke bagian negara lain atau bahkan di dunia lain, karena panorama alamnya yang masih perawan, benar-benar berbeda dari apa yang sehari-hari Anda lihat.  Hijaunya hamparan padang savanah yang berpadu dengan birunya Samudra Hindia, dan tebing karang berwarna keemasan yang berlapis-lapis, membuat Anda akan berdecak kagum mengagumi ciptaan Tuhan.

Keindahan alamnya yang memukau tersebut jarang didatangi para wisatawan, karena untuk menuju ke lokasi memang cukup sulit, sebab harus melewati ladang  jagung dan jalan berbatu yang terjal. Tapi begitu sampai di lokasi, kerja keras Anda akan terbayar lunas dengan menikmati pemandangan yang luar biasa.

4. Pantai Semeti

Lokasi: Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini
Harga Tiket Masuk: Rp. 5000
Buka Tutup: 08.00 – 17.30 WIB

Pantai Semeti (foto: komunitasbloggerlombok.blogspot.co.id)

Tidak salah jika pantai ini dijuluki pantai Krypton, karena batu-batu dan karang yang ada di sekelilingnya akan mengingatkan para wisatawan pada planet Krypton sebagaimana yang digambarkan dalam film-film Superman. Formasi bebatuan yang dimiliki Pantai Semeti, bentuknya berlapir-lapis dan meruncing. Ada juga formasi karang yang muncul dari permukaan air laut dengan bentuk menyerupai piramida. Keunikan formasi bebatuan inilah yang memberikan daya tarik khusus disamping pemandangan di sekeliling pantai yang memang sangat indah lewat deburan ombaknya yang besar.

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Semeti secara menyeluruh, butuh sedikit kerja keras dan berhati-hati, karena jalan yang menuju ke pantai ini terjal dan berliku, serta melewati tebing karang dengan ketinggian 20 meter. Di balik tebing karang itulah, keindahan alam yang sempurna disuguhkan oleh Pantai Semeti.

5. Tanjung Poki

Lokasi: Desa Sekaruh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Koordinat: Klik Disini

Tanjung Poki (foto: hellolombokku.com)

Jangan terlena oleh keindahan alam di sekelilingnya saat berada di sekitar Tanjung Poki, karena ombak yang ada di sini sangat besar. Begitu besarnya hempasan ombak yang susul menyusul, hingga ketinggiannya ke udara bisa mencapai 10 meter.

Kondisi alam yang ekstrim itulah yang membuat Tanjung Poki tidak dapat dipakai untuk aktifitas berenang atau menyelam. Sebagai gantinya, aktifitas memancing di tempat ini akan dapat menghibur para wisatawan, karena Tanjung Poki merupakan salah satu spot memancing favorit, bahkan setiap minggunya selalu diadakan kompetisi memancing.

6. Gua Bangkang

Lokasi: Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini

Gua Bangkang (foto: hellolombokku.com)

Sebelum memasuki goa ini, bagi siapapun disarankan untuk mengenakan masker, karena bau yang tercium dari dalam goa sangat menyengat. Bau yang dapat membuat pusing tersebut bahkan sudah tercium dari mulut goa. Begitu memasuki mulut goa yang besar dan tinggi, pengunjung akan menjumpai dinding goa yang dibangun dari bebatuan berwarna hitam dan coklat.

Goa yang juga dikenal dengan sebutan Goa Gale-gale ini usianya sudah  ratusan tahun dan merupakan rumah bagi kelelawar yang jumlah ribuan ekor. Menelusuri sepanjang lorong Goa Bangkang akan menjadi aktifitas menarik bagi pecinta wisata adventure. Selain itu jika berkunjung ke tempat ini pada sore hari, Anda akan menjumpai pemandangan yang indah dari sinar matahari yang menerobos dinding goa menciptakan siluet, yang berpadu dengan gerombolan kelelawar yang terbang bergerombol meninggalkan goa.

7. Pantai Tebing

Lokasi: Dusun Luk, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Tebing (foto: sasakadie.blogspot.co.id)

Banyak yang mengatakan jika tebing tinggi yang menjadi dinding bagi pantai di lokasi wisata ini sepintas lalu menyerupai Grand Canyon yang ada di Amerika, seperti tekstur tebing yang berlekuk-lekuk seolah dipahat. Tebing dengan bentuknya yang keren tersebut bermula dari erupsi Gunung Samalas atau Rinjani Tua yang dahsyat pada tahun 1257.  Material erupsi yang terbawa endapan awan dan berpadu dengan dinginnya air laut itulah yang membentuk bukit dengan dinding yang indah.

Selain keindahan tebingnya yang instagramable, Pantai Tebing juga memiliki hamparan pasir berwarna hitam yang unik dan eksotis. Perpaduan keindahan tebing dan pantai itulah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Pura Lingsar Temple di Lombok Barat Mataram, Sejarah Misteri Keunikan + Cerita Berdirinya

8. Air Terjun Mangku Sakti

Lokasi: Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Koordinat: Klik Disini
HTM: Motor Rp.10.000, Mobil Rp.20.000 (Tiket Masuk dan Ongkos Parkir)

Air Terjun Mangku Sakti (foto: berugaqelen2010.wordpress.com)

Untuk dapat sampai ke lokasi Mangku Sakti Waterfall butuh perjuangan yang tidak ringan, karena harus melewati jalan yang terjal berbatu sekitar 4 km dengan pemandangan sekeliling berhias indahnya padang ilalang dan hutan alam. Setelah memarkir kendaraan, masih harus berjalan kaki lagi sejauh 1 km. Jalan mendaki yang harus ditempuh bukan melewati bukit, tapi melewati batu yang warnanya kehitam-hitaman.

Tapi tidak perlu khawatir, karena kendaraan Anda akan aman dijaga oleh tukang parkir yang notabene adalah penduduk setempat. Selain itu, terdapat pula para pedagang makanan di sekitar lokasi.

Begitu sampai di tempat, Anda akan dibuat terpesona oleh indahnya air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Derasnya air yang jatuh dari atas ketinggian terlihat jernih dengan warna kebiru-biruan. Rasa lelah selama perjalanan, akan sirna seketika begitu merasakan segarnya mandi dibawah guyuran air terjun sambil menikmati indahnya alam sekitar yang dikelilingi pepohonan.

9. Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi: Dusun Pemotoh, Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000

Air Terjun Benang Kelambu (foto: destinasipada.blogspot.co.id)

Air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini berbeda dari air terjun pada umumnya, karena air yang jatuh dari ketinggian tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan menyusup terlebih dahulu ke cela-cela tanaman merambat yang menghiasi dinding-dinding tebing sehingga membentuk semacam tirai. Karena itu pula lukisan alam yang  unik dan sangat indah ini dinamakan Benang Kelambu Waterfall.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, kendaraan harus terlebih dahulu melewati jalan beraspal yang rusak dan berliku-liku melewati pedesaan dan hamparan sawah. Setelah tiba di tempat parkir, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menerobos kawasan perkebunan kopi dan Cokelat sambil menghirup segarnya udara pegunungan.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Air terjun Benang Kelambu memiliki khasiat mencegah penyakit apapun. Jadi barang siapa mandi di sini, maka akan terbebas dari berbagai macam penyakit serta awet muda. Terlepas benar tidaknya mitos tersebut, melihat segarnya air pegunungan yang jatuh dari atas ketinggian, siapapun bakal tertarik untuk berbasah kuyup, mandi dibawah guyuran Air terjun Benang Kelambu.

10. Air Terjun Tiu Kelep

Lokasi: Desa Senayu, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.5000

Air Terjun Tiu Kelep (foto: cabeoutdoorservice.com)

Meski jaraknya hanya sekitar 3 jam dari kota Mataram, untuk mencapai lokasi Air terjun Tiu Kelep dibutuhkan perjuangan karena masih harus berjalan melewati hutan lebat yang berpagar pohon-pohon besar. Itu sebabnya, agar tidak tersesat, sangat disarankan memanfaatkan jasa pemandu lokal.

Selain pohon-pohon besar, selama perjalanan Anda juga akan melewati jembatan beton di ketinggian tebing, serta menaiki tangga, sehingga cukup memacu adrenalin. Perjalanan yang cukup melelahkan dan mendebarkan tersebut bakal tertebus begitu sampai di lokasi, karena keindahan air terjun dan alam sekitarnya akan membuat Anda diselimuti kedamaian. Terlebih, menurut mitos yang berkembang, Air Terjun Tiu Kelep juga memiliki khasiat yang sama dengan Air Terjun Benang Kelambu, yakni siapa saja yang mandi di sini, akan dikaruniai awet muda.

11. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Lokasi: Desa Merta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.10.000
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Taman Wisata Alam Gunung Tunak (foto: faztravelog.wordpress.com)

Taman Wisata Alam yang menempati area seluas 1.200 hektar ini, terbangun atas bukit-bukit yang berderet, yaitu Bukit Bungkulun, Bukit Takar-akar, Bekit Kelor, Bukit Batujangak, dan Bukit Pejanggik yang pada bagian barat – utara dibatasi Teluk Bumbang, sedang dibagian timur dibatasi Teluk Awang.

Tebing-tebing curam yang ada di bukit-bukit tersebut membentuk lekuk-lekuk teluk yang terlihat sangat indah kala berpadu dengan hamparan pasir di pantai.  Sementara pada bagian daratan, terbentang hijaunya hutan dan padang rumput yang luas.

Selain menyuguhkan keindahan alam, Taman Wisata Alam Gunung Tunak juga tempat yang mengasyikkan untuk melakukan berbagai macam aktifitas, seperti soft tracking bukit, jungle tracking, camping, taking picture,  fishing, swimming, serta pengamatan satwa. Sebab tempat ini merupakan habitat bagi sejumlah satwa liar, seperti Gosong kaki merah, Bondol, Rusa, Kera ekor panjang, Musang, Ayam Hutan merah dan hijau, Elang, Srigunting, Punglor merah, Tekukur, Udang biru dan merah, serta yang lain.

12. Pantai Batu Payung

Lokasi: JL. Kuta lombok, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Batu Payung (foto: inawisata.com)

Meski dinamakan pantai, jangan berharap dapat menemukan hamparan pasir saat berkunjung ke Pantai Batu Puyung, karena pantai ini hanya dihiasi bebatuan dan karang-karang besar. Namun begitu, pemandangan alam yang disuguhkan akan membuat siapapun terpukau, sehingga tempat ini dijadikan sebagai salah satu primadona wisata lombok, dan pernah dijadikan objek pembuatan iklan salah satu produk rokok.

Disebut Pantai Batu Payung, karena di pantai ini terdapat salah satu fenomena alam yang unik, yaitu sebuah bukit karang yang bentuknya menyerupai payung. Jika air laut sedang surut, karang besar berbentuk payung tersebut dapat dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri hamparan batu-batu karang selama kurang lebih 20 menit. Tapi jika air laut sedang pasang, untuk mencapai batu payung harus menyewa perahu dan berlayar menuju ke lokasi.

13. Pura Batu Bolong

Lokasi: JL. Raya Senggigi Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.20.000

Pura Batu Bolong (foto: lombokbulanmadu.com)

Inilah Tanah Lot-nya Lombok, sebuah pura yang terletak di pinggir pantai yang menebarkan pesona saat dilihat dari kejauhan sekaligus dapat menikmati keindahan panorama pantai Senggigi saat berada di dalam area Pura. Pemandangan yang paling bagus saat berada di Pura Batu Bolong  adalah aktifitas para pemancing tradisional yang mencari ikan dengan mencebur dan menyelam ke dalam laut. Sedang pemandangan yang paling istimewah adalah momen terbenamnya matahari (sunset) dengan latar belakang Gunung Agung yang ada di pulau Dewata.

Disebut Pura Batu Bolong, karena di dalam pura tersebut terdapat sebuah batu besar yang tengahnya berlobang. Karena puri tersebut masih difungsikan sebagai tempat beribadah, maka pengunjung yang masuk diharuskan mengikatkan kain berwarna kuning di pinggang.  Selain itu, untuk perempuan yang sedang haid, dilarang masuk ke dalam area pura.

14. Pantai Sekotong

Lokasi: Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Sekotong (foto: 1001malam.com)

Dikelilingi perbukitan yang melingkar dengan laut berwarna kebiru-biruan dan pantai berpasir putih, membuat Pantai Sekotong terlihat sangat cantik. Terlebih jika dilihat dari ketinggian bukit, keindahan pantai dan laut dengan latar belakang Gunung Agung semakin memanjakan mata. Tidak hanya gunung Agung saja yang tampak jelas dari atas bukit-bukit kecil yang ada di sekitar pantai, tapi juga pulau-pulau kecil di gugusan Gili Sekotong yang mengelilinginya, seperti Gili Genting, Gili Bedis, Gili Nanggu, Gili Lontar, Gili Berairan, Gili Gede, Gili Asahan, Gili Tangkong, GiliAnyaran, Gili  Layar, Gili Poh, Gili Goleng, dan Gili Rengit.

Selain pemandangan laut dan pantai, para wisatawan juga dapat menikmati sorga bawah laut, lewat aktifitas diving dan snorkeling karena terumbu karang di perairan Sekotong ini masih alami dan dipenuhi dengan berbagai jenis ikan serta binatang air yang menciptakan taman bawah laut.

15. Desa Bayan Sasak

Lokasi: JL. Labuan Lombok, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB
Koordinat: Klik Disini

Desa Bayan Sasak (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Berada di desa Bayan Sasak, akan membuat Anda seolah dilempar oleh mesin waktu ke masa lampau, karena desa yang menjadi tempat tinggal suku asli Sasak ini memiliki suasana, aktifitas dan rutinitas masyarakat yang hampir sama dengan masa 5000 tahun sebelum masehi.  Desa yang berada di kaki gunung Rinjani tersebut memang  telah tersentuh modernisasai, namun demikian masyarakatnya masih setia memegang gaya hidup yang diwariskan sejak berabad-abad silam.

Salah satu contoh adalah bangunan yang menjadi tempat tinggal penduduk setempat, semuanya dibangun dengan bahan-bahan alami dan dengan model yang tidak jauh berbeda, yaitu menyerupai lumbung padi. Dinding rumah tersebut dibuat dari campuran kotoran sapi dan tanah lemnpung, sementara atapnya dibuat dari ilalang.

16. Danau Segara Anak

Lokasi: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, JL. Arya Banjar Getas, Lingkar Selatan, Mataram, Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.11.500, Hari Libur Rp.13.000

BacaJuga:  10 Gambar Bukit Nanggi Sembalun Lombok, Lokasi Ketinggian + Jalur Letak Mendaki
Danau Segara Anak (foto: telusurindonesia.com)

Dinamakan “Segara Anak” atau “anak laut”, karena warna air yang ada di danau ini seperti air laut yang kebiru-biruan. Dengan luas sekitar 1,1 hektar dan berada pada ketinggian 2.000 meter dpl, Danau Segara Anak menyuguhkan pemandangan yang memukau lewat pepohonan dan bukit-bukit yang mengelilinginya, riak-riak air yang dimainkan oleh angin, serta sebuah gunung berapi aktif bernama Gunung Baru Jari setinggi 2.376 meter dpl yang ada di tengah danau.

17. Pantai Senggigi

Lokasi: Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Senggigi (foto: roompoetry.blogspot.com)

Pasirnya yang putih bersih ditambah pemandangan pantai, laut dan alam sekitar yang eksotis, membuat Pantai Senggigi sering disebut memiliki keindahan melebihi pantai-pantai yang ada di Bali. Tidak heran jika pantai ini selalu dibanjiri para wisatawan dan menjadi andalan pariwisata Lombok. Apalagi Pantai Senggigi adalah lokasi transit sebelum menuju Trio Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) yang sangat fenomenal.

Sebagaimana tempat-tempat pariwisata favorit lainnya, Pantai Senggigi menyediakan fasilitas yang komplit bagi para wisatawan, mulai dari resort, hotel, pusat hiburan, restoran, toko-toko souvenir sampai dengan toko-toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan wisatawan.

18. Gili Trawangan

Lokasi: Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB
Koordinat: Klik Disini

Gili Trawangan (foto: nationalgeographic.co.id)

Salah satu dari trio Gili yang populer di dunia industri pariwisata adalah Gili Trawangan. Popularitas pulau ini begitu fenomenal hingga mampu menandingi Pulau Bali. Hal itulah yang membuat para wisatawan semakin banyak yang mengalihkan tujuan perjalanannya dari Pulau Dewata ke Gili Trawangan.

Melonjaknya popularitas Gili Trawangan bukan tanpa alasan. Selain lanskap pulau yang masih natural, menurut hasil survey yang dilakukan sebuah situs perjalanan terbesar di dunia, biaya pengeluaran perhari (termasuk makanan, penginapan, spa, serta yang lain) di Gili Trawangan lebih terjangkau dibandingkan pulau-pulau wisata yang lain  di Asia Tenggara, termasuk Bali.

Kelebihan lain dari Gili Trawangan yang memikat para wisatawan diantaranya adalah: memiliki panorama pantai yang menakjubkan, pemandangan bawah lautnya yang memukau, serta terbebas dari macet dan polusi udara karena tidak ada satu kendaraan bermotorpun yang boleh beroperasi di pulau ini. Sebagai gantinya, di sini disediakan sepeda angin dan cidomo (kereta yang ditarik kuda) sebagai sarana transportasi.

19. Pantai Tanjung Bloam

Lokasi: Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Tanjung Bloam (foto: Wega Indonesia Travel Photo/Sujatmiko Hidayat)

Bagi penggemar fotografi, dipastikan tidak akan pernah kehabisan objek saat berada di Pantai Tanjung Bloam, karena disetiap  sudutnya terpancar keindahan yang tiada tara, mulai dari lembutnya pasir yang terhampar di sepanjang pantai, beningnya air laut yang berwarna kebiru-biruan, juga keindahan dua tebing batu padas yang berwarna hitam kekuning-kuningan yang mengapit pantai.

Selain keindahan panorama alamnya, Pantai Tanjung Bloam juga dikenal sebagai daerah konservasi penyu yang habitatnya di sepanjang garis pantai, mulai dari ujung utara hingga selatan.

20. Pantai Selong Belanak

Lokasi: Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Bar, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Selong Belanak (foto: lombokindonesia.org)

Keindahan Pantai Selong Belanak sudah dapat dinikmati dari kejauhan lewat hamparan pasirnya yang seputih susu dan garis pantai yang menyerupai bulan sabit. Keindahan tersebut semakin sempurna dengan keberadaan bukit hijau di setiap ujung garis pantai.

Kawasan pantai yang memiliki tebing sepanjang 1000 meter lebih ini seperempat wilayahnya dihuni para nelayan. Sehingga jika wisatawan kebetulan berada dekat dengan kampung nelayan, mereka dapat menyewa perahu dari para nelayan untuk berlayar menikmati hempasan gelombang atau memancing ikan.  Tapi jika ingin melakukan aktifitas diving dan snorkeling, sebaiknya mencari tempat di sisi utara, karena di tempat ini air lautnya sangat jernih dan tenang.

21. Sumber Air Panas Aik Kalak

Lokasi: Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB
Koordinat: Klik Disini

Sumber Air Panas Aik Kalak (foto: panoramio.com)

Sama halnya dengan sumber-sumber air panas lainnya, Sumber Air Panas Aik Kalak pun memiliki khasiat menyembuhkan pegal-pegal, rematik, encok, mengembalikan stamina tubuh serta penyakit kulit.  Bahkan, warga setempat mampu meramu air Aik Kalak dengan santan kental sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Aik Kalak menjadi tempat favorit bagi para pendaki karena lokasi sumber air panas ini jaraknya kurang lebih 200 meter dari area perkemahan.

22. Pantai Tangsi

Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pantai Tangsi (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Hanya ada tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink, dua diantaranya ada di Indenesia, yaitu di Nusa Tenggara Timur dan Pantai Tangsi yang ada di NTB. Warna pink yang menyelimuti bibir pantai, terbentuk dari campuran pasir putih dengan pasir merah yang berasal dari batu koral serta pecahan cangkang foraminifera yang warnanya kemerah-merahan.

Keindahan yang sempurna dari Pantai Tangsi dapat dinikmati antara pukul 08.00 – 16.00, karena  pada saat itu sinar matahari yang menimpah hamparan pasir di pantai dibiaskan sehingga menciptakan warna merah jambu yang sangat menawan.

23. Gili Kedis

Lokasi: Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.11.500, Hari Libur Rp.13.000
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Gili Kedis (foto: indonesia.tripcanvas.co)

Gili Kedis memang tidak sepopuler Trio Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air), karena pulau yang berlokasi di pesisir Barat Daya pulau Lombok ini memang merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun soal keindahan, tidak perlu disangsikan. Pulau kecil yang oleh warga setempat dijuluki “Pulau Burung Pipit” tersebut ukurannya hanya seluas lapangan bola dan hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk mengelilinginya.

Pulau ini sangat pas untuk dikunjungi pasangan yang sedang menikmati bulan madu, karena menebarkan suasana romantis lewat pasir putih yang berpadu dengan formasi batu karang yang unik, membentuk kanal-kanal kecil dengan air yang sangat jernih. Di kanal-kanal itulah dapat dilihat ikan-ikan kecil berwarna-warni berenang kesana-kemari. Dengan suasana yang dihadirkannya tersebut. Gili Kedis mendapat julukan Honeymoon Island.

24. Pantai Pengolong

Lokasi: Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.11.500, Hari Libur Rp.13.000
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Pantai Pengolong (foto: hellolombokku.com)

Meski merupakan kawasan pantai, sedikit sekali area berpasir yang dapat ditemui di Pantai Pengolong. Sebagai gantinya hamparan bebatuan dengan bukit dan batu karang raksasa bertebaran di sana-sini, sehingga jika dilihat dari kejauhan tampak seperti sekumpulan candi yang berdiri kokoh dan menjulang tinggi.

Hamparan bebatuan dan karang-karang raksasa yang menghiasi kawasan pantai, membuat pengunjung seolah dibawa ke negeri antah barantah pada zaman Megalitikum, begitu indah dan menakjubkan. Hanya saja, berfoto ria menjadi satu-satunya aktifitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Pengolong, sebab dengan ombaknya yang sangat besar, berbahaya sekali untuk dipakai berenang, menyelam, atau aktifitas di air lainnya.

25. Teluk Ujung

Lokasi: Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Koordinat: Klik Disini

Teluk Ujung (foto: hellolombokku.com)

Tidak berbeda jauh dengan pantai-pantai yang ada di Lombok lainnya, hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih dengan warna kebiru-biruan serta gugusan perbukitan yang membentang di sisi pantai, menjadi suguhan utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Teluk Ujung.

Keindahan tersebut akan semakin lengkap, jika mau sedikit bersusah payah dengan memanjat bukit. Karena di atas ketinggian, akan dijumpai lukisan alam yang memukau lewat hamparan lautan biru yang berpadu dengan deretan tebing dan gugusan gili dengan bentuknya yang unik.

26. Taman Wisata Alam Bangko-Bangko

Lokasi: Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Taman Wisata Alam Bangko-Bangko (foto: upiono.blogspot.co.id)

Di Taman Wisata yang menempati area seluas 2.610,17 Ha dan berada di atas ketinggian 0 – 400 mdpl ini para wisatawan dapat melakukan berbagai aktifitas, mulai dari hanya sekedar menikmati keindahan alam dan peninggalan bersejarah, sunbathing, camping, fishing, swimming, soft-trekking, sampai dengan surfing.

Beragam aktifitas wisata memungkinkan untuk dilakukan di sini, karena Kawasan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko memiliki pantai berpasir putih yang indah, peninggalan bersejarah berupa goa dan meriam Jepang kuna, desert point serta hutan bakau. Daya tarik lainnya adalah tingginya ombak di lautnya yang jernih, sehingga menjadi salah satu spot surfing terbaik yang ada di Lombok.

27. Taman Wisata Alam Pelangan

Lokasi: Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat,  NTB
Koordinat: Klik Disini

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Semeti Beach Lombok Tengah + Letak Peta Rute Lokasi
Taman Wisata Alam Pelangan (foto: upiono.blogspot.co.id)

Pantai yang cantik dan hutan lindung yang menawan, suguhan itulah yang diberikan Taman Wisata yang berada di ketinggian 0 – 100 mdpl dengan luas sekitar 344 Ha tersebut. Dengan bervariasinya kondisi alam, membuat Taman Wisata Alam Pelangan sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat melakukan berbagai macam aktifitas wisata, seperti: camping, swimming, fishing, Jungle trekking, serta yang lain.

28. Pantai Munah

Lokasi: Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah,  NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Hari Biasa Rp.11.500, Hari Libur Rp.13.000
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Pantai Munah (foto: caderabdul.wordpress.com)

Butuh waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor jika ingin mengunjungi Pantai Munah dari Mataram, karena jarak destinasi wisata ini dengan ibukota NTB sekitar 55 km. Setelah turun dari atas kendaraan, masih harus soft tracking lagi sekitar 10 menit untuk tiba di lokasi, baru setelah itu akan Anda nikmati pemandangan pantai yang memanjakan mata.

Meski nama Pantai Munah kurang begitu populer di kalangan wisatawan, namun keindahan yang dimiliki sesungguhnya tidak kalah dibanding pantai-pantai di Lombok lainnya yang menjadi favorit para wisatawan. Pasir putihnya yang halus, air lautnya yang jernih kebiru-biruan, ditambah batu-batu karang di sekitar pantai dan kawasan perbukitan di dekatnya menciptakan pemandangan yang eksotis.

29. Pantai Batu Bereng

Lokasi: Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
 Koordinat: Klik Disini

Pantai Batu Bereng (foto: hellolombokku.com)

Suasana yang tenang, damai, indah dan alami akan menyambut siapapun yang datang ke sini, karena Pantai Batu Bereng memang jarang dikunjungi para wisatawan. Penyebabnya adalah lokasi yang memang cukup terpencil, dan butuh perjuangan yang tidak ringan untuk dapat mencapainya. Sebab hanya ada 2 jalur alternatif yang dapat ditempuh, yaitu memanjat bukit yang dipenuhi semak berduri serta melewati tebing batu yang curam di pinggiran laut.

Namun, sesampai di tempat jerih payah tersebut akan terlunasi dengan pemandangan menawan yang ada di pantai tersebut. Suasana yang sepi dengan pantai yang bersih dan air laut yang jernih menjadi semakin eksotis karena di sekitarnya dipenuhi dengan batu-batu karang. Selain menarik untuk dijadikan objek pengambilan foto, aktifitas mengasyikkan lainnya yang dapat dilakukan di tempat ini adalah berendam air laut yang jernih di bak-bak kecil yang dibentuk oleh cekungan-cekungan batu karang.

30. Air Terjun Pancor Kopong

Lokasi: Desa Masbagik, Kecamatan Masbagik Utara Baru, Kabupaten Lombok Timur, NTB
Koordinat: Klik Disini
Tarif: Rp.2000

Air Terjun Pancor Kopong (foto: ntbtimes.com)

Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang lokasinya sulit dijangkau, Air Terjun Pancor Kopong tidak sulit untuk dikunjungi karena cukup dengan mengendari kendaraan bermotor selama 15 menit dari pusat kota Masbagik, disusul dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. Mudahnya akses untuk menuju ke lokasi, membuat air terjun ini  menjadi wisata favorit keluarga yang banyak dikunjungi ibu-ibu bersama putra-putri mereka pada saat liburan.

Meski mudah dijangkau, kesan indah dan alami masih sangat kental terasa di tempat ini lewat hamparan sawah yang menghijau, pepohonan yang rindang, dan tentunya suara curahan dan gemericik air dari atas tebing. Di bawah tempat jatuhnya air terjun dapat ditemui kolam-kolam kecil yang menampung curahan air dan digunakan untuk mandi serta berendam oleh para pengunjung.

Sementara di salah satu dinding batu yang ada di tempat itu, juga terdapat goa yang memancarkan sumber air. Goa tersebut oleh para pengunjung dimanfaatkan untuk berganti pakaian setelah puas menikmati guyuran air terjun.

31. Air Terjun Timponan

Lokasi: Dusun Rumbuk, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Air Terjun Timponan (foto: menggapaikeindahan.blogspot.co.id)

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau, namun tetap butuh sedikit usaha. Setidaknya harus menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor sekitar 2 – 3 jam dari kota Mataram, disusul berjalan kaki sekitar 1 jam melewati area perkebunan  warga dan semak belukar.

Air terjun yang tidak pernah kering ini memiliki diameter kolam di bawah curahan air seluas kurang lebih 10 meter yang dasarnya menjadi tempat hidup ikan-ikan, udang-udang kecil, dan berbagai biota air lainnya. Suara curahan air dari atas yang menghempas ke dasar kolam, ditambah suasana sekeliling yang rindang oleh pepohonan, menciptakan suasana tenang dan damai. Terlebih jika menceburkan diri di sejuknya air pegunungan yang dicurahkan Air Terjun Timponan.

32. Teluk Blongas

Lokasi: Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Teluk Blongas (foto: hellolombokku.com)

“Kaya akan aktifitas wisata”, gambaran itulah yang menyertai Teluk Blongas, karena bagi penggemar fotografi banyak dijumpai spot-spot menarik untuk dibidik lewat lensa kamera. Untuk penggemar memancing, bisa menyewa perahu menuju area favorit mancing mania. Jika tracking yang paling disukai, bukit-bukit yang indah tersedia untuk didaki. Pecinta renang dapat memuaskan hasratnya menikmati pantai dengan ombak yang tenang dan air yang bening. Begitu juga untuk yang memiliki hobby diving dan snorkeling, terdapat terumbu-terumbu karang yang indah beserta habitat lautnya yang beragam.

Untuk dapat menikmati satu atau lebih aktifitas wisata di teluk tersebut, tidak bisa dihilang mudah, karena  harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Mataram, dengan sebagian jalan kondisinya rusak parah berupa tanah berbatu yang jika musim hujan, jalan berbatu tersebut berubah menjadi lautan lumpur yang licin. Untuk itu disarankan agar tidak membawa mobil, melainkan mengendarai motor dengan kondisi mesin yang prima.

33. Pantai Mentigi

Pantai Mentigi (foto: hellolombokku.com)

Lokasi: Desa Malaka, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB
Koordinat: Klik Disini

Sorga bawah laut yang terdapat di perairan Pantai Mentigi, banyak memukau para wisatawan yang menyukai snorkeling, karena saat berada di bawah permukaan air, mereka serasa di dalam akuarium raksasa. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan terumbu karang dengan beragam jenis, ukuran dan warna, serta berbagai jenis ikan dan habitat laut lainnya yang menyuguhkan pemandangan luar biasa.

Selain menikmati sorga bawah laut, para wisatan yang datang ke Pantai Mentigi, juga dapat melihat indahnya “cloudy sunset” sambil duduk santai di atas hamparan pasirnya yang putih bersih.

34. Air Terjun Tibu Tereng

Lokasi: Desa Bukittinggi, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Air Terjun Tibu Tereng (foto: hellolombokku.com)

Sebagaimana wisata air terjun pada umumnya, jalan yang harus ditempuh menuju ke Air terjun Tibu Ireng juga sangat menantang, karena selain harus berkendara motor melewati kawasan perkampungan penduduk dan kawasan hutan yang kondisi jalannya cukup ekstrim, begitu menitipkan sepeda motor di tempat parkir masih harus soft trekking sekitar 10 menit.

Setelah itu, segarnya Air Terjun Tibu Tereng dan keindahan alam di sekitarnya akan dapat dinikmati. Aktifitas menarik yang dapat dilakukan di sini tentu saja hunting foto untuk menangkap lukisan alam di sekeliling, serta mandi di kolam air terjun yang jernih dengan warna kehijau-jauhan.

35. Pulau Namo

Lokasi: Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB
Koordinat: Klik Disini

Pulau Namo (foto: hellolombokku.com)

“Africa van Sumbawa” julukan itulah yang disematkan banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Namo, karena salah satu sudut dari pulau ini dihiasi hamparan padang savana yang luas serta beberapa batang pohon besar, sehingga pemandangan yang tersaji tidak ubahnya sepeti miniatur Afrika.

Selain keindahan yang ada di bagian tengah pulau, sajian menarik lainnya dari pulau yang tidak berpenghuni ini adalah alam bawah lautnya yang memukau. Dengan melakukan snorkeling, Anda akan dapat menikmati gugusan terumbu karang dengan ikan-ikan yang berwarna-warni, ubur-ubur, udang dan biota laut lainnya. Tidak harus mencebur terlebih dahulu ke dalam laut untuk dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan tersebut, karena airnya yang sangat jernih membuat pemandangan bawah air dapat dilihat dengan jelas dari atas perahu.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “35 Tempat Wisata di Lombok Daerah Timur Tengah Utara Barat Selain Pantai Yang Terkenal 2018 Gili Trawangan Untuk Honeymoon

  1. wihh keren, bnyak sekali tempat wisata nya jadi pengen ngunjungin semua nya.. smpe skrg belum kesampean buat kesana

    marketingkita.com/2017/08/expedisi-pengiriman-dalam-ilmu-marketing.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.