30 Tempat Wisata di Madura Terbaru Yang Wajib Dikunjungi Daerah Bangkalan Sumenep Sampang Pamekasan Yang Dekat Dengan Surabaya

Diposting pada

Tempat wisata di madura terbaru yang wajib dikunjungi daerah bangkalan sumenep sampang pamekasan yang dekat dengan surabaya bukit jaddih air terjun toroan pantai lombang slopeng pulau kalianget yang ada terkenal religi ziarah terbaik daftar jatim jawa timur lokasi obyek destinasi suramadu kota api abadi air mata ibu baru

Madura merupakan sebuah pulau yang berada di Jawa Timur. Madura memiliki luas sekitar 5.168 km persegi berikut dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Budaya Madura yang khas dapat kita temui saat berkunjung ke sana.

Selain itu terdapat beberapa obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi. Siapa sangka, Madura yang selama ini terkesan sebagai pulau yang gersang menyimpan banyak tempat wisata menarik.

Berikut ini daftar tempat wisata di Madura yang terkenal dan terbaik lengkap dengan informasi dan gambarnya:

1. Bukit Kapur Arosbaya

Alamat: Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan 69151
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 06.00 – 17.00

Bukit Kapur Arosbaya terletak di Bangkalan Madura, merupakan objek wisata alam yang cukup dikenal masyarakat. Sebelumnya tempat ini merupakan tambang kapur, karena pemandangannya yang unik maka orang-orang banyak kemudian tertarik datang.

Pahatan-pahatan di bukit kapur dari para penambang membuatnya tampak menarik sehingga banyak yang kemudian memotretnya untuk kenang-kenangan. Di sana terdapat beberapa tangga yang bisa dinaiki namun perlu berhati-hati.

Tangga itu dulunya digunakan penambang untuk naik. Selain bukit kapur, di Arosbaya juga terdapat tempat ziarah yaitu pesarean Air Mata Ibu.

2. Wisata Pantai Lombang

Lokasi: Lombang, Batang, Sumenep, Jatim 69473
Koordinat: KlikDisini 
Tiket Masuk: Rp. 7.000/orang
Jam Operasional: 07.00 – 18.00
Telepon: 0852-3300-4788

Pengunjung dapat menikmati hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang di Pantai Lombang. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat wisatawan bisa berenang di sana. Di sekitarnya banyak di tanami pohon cemara udang.

Fasilitas yang ada antara lain kamar basuh dan warung makan. Jika ingin menginap bisa membangun tenda sendiri karena belum ada penginapan di sekitarnya. Pengunjung yang datang ke pantai ini cukup banyak mulai dari wisatawan lokal sampai mancanegara.

3. Edu Wisata Selamat Pagi Madura

Alamat: Jl. Lawangan Daya. Sentol, Pademawu, Kabupaten Pamekasan 693223
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 20.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telepon: 0877-5063-1489

Edu Wisata Selamat Pagi Madura merupakan obyek wisata baru yang terletak di Pamekasan. Di sana pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seperti kolam renang, area memanah, memancing, bukit cinta, flying fox, playgrouund, area berkuda, jaring para-para, taman bunga, dan lain-lain.

Selain wahana, ada juga hiburan menarik seperti atraksi sulap. Kebersihan tempat wisata terjaga karena ada karyawan yang disebar untuk  membersihkan sampah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak.

4. Air Terjun Toroan

Lokasi: Desa Ketapang Daya, Kabupaten Sampang 69261
Koordinat: KlikDisini 

Air Terjun Toroan memiliki lokasi yang berdekatan dengan pantai sehingga menyajikan pemandangan yang tak biasa. Kawasan di sekitarnya pun masih cukup alami sehingga pemandangan indah tak terhalangi  oleh bangunan.

Air yang mengalir dari air terjun akan mengalir ke muara dan menyatu dengan air laut. Air tersebut berasal dari Sungai Payung, Kecamatan Timur, Sampang.

Perpaduan pemandangan air terjun dan pantai yang unik membuat tempat ini sangat layak untuk dikunjungi, terutama pada saat matahari terbenam.

5. Wisata Pantai Siring Kemuning

Alamat: Macajah, Tanjungbumi, Kabupaen Bangkalan, 69156
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 3.000/orang

Pantai Siring Kemuning menyajikan pemandangan yang cukup cantik, tak kalah dari obyek wisata alam lainnya. Sayang pariwisata di tempat ini masih kurang dikembangkan untuk menunjangnya.

Di sekitar pantai terdapat pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat bersantai menikmati pemandangan. Fasilitas yang ada di sana yaitu toilet dan warung jajanan. Jika tak membawa makanan sendiri maka bisa membeli jajanan yang dijual di sana.

6. Wisata Pemandian Kolam Renang Gua Pote

Lokasi: Jaddih, Socah, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69161
Koordinat: KlikDisini 
Tiket Masuk: Rp. 2.000/orang
Jam Operasional:  08.00 – 16.00

Kolam Renang Gua Pote menawarkan suasana kolam renang yang berbeda karena terletak di bekas tambang batu kapur. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir, kamar ganti/mandi, gazebo, penjual makanan, dan lain-lain.

Harga masuknya cukup murah jika dibandingkan dengan kolam renang lainnya. Jika ingin berenang dengan pemandangan yang berbeda, maka tempat ini bisa dijadikan pilihan.

7. Pantai Rongkang

Alamat: Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, 69163
Koordinat: KlikDisini 
Telepon: 0811-3418-504

Pantai Rongkang memiliki batu karang dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Daya tarik lainnya berupa koral-koral kecil yang terhampar di atas pasir, membuat pemandangan menjadi cukup unik.

Di dekat pantai terdapat sebuah bukit kecil. Lokasi pantai ini tak jauh denggan Suramadu sehingga bisa melihat pemandangan kendaraan yang melintas di jembatan itu. Wisatawan biasanya datang pada sore hari sampai malam hari.

8. Vihara Avalokitesvara

Lokasi: Jl. Teja Pamekasan, Montok, Larangan, Kabupaten Pamekasan, 69382
Koordinat: KlikDisini 
Telepon: (0324) 326426

Vihara Avalokitesvara merupakan destinasi wisata religi yang terdapat di kota Pamekasan. Bangunan seluas 3 hektar ini didirikan pada abad ke-18. Di dalamnya terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 155 centimetes.

Tak hanya orang Tionghoa atau penganut agama Budha saja yang berkunjung ke sana. Wisatawan lain juga datang ke sana untuk sekedar melihat keindahan bangunan vihara. Di depan vihara juga terdapat sebuah mushola untuk beribadah bagi umat Islam.

9. Pantai Wisata Slopeng

Alamat: Jl. Raya Slopeng, Sema’an, Dasuk, Kabupaten Sumenep,
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 5.000/orang (pada hari libur)
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Telepon: (0328) 311445

Pantai Slopeng menyajikan pemandangan pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang kebiruan. Pasir yang cukup melimpah membuat orang-orang menyebutnya sebagai  gunung pasir.

Di sekitarnya terdapat juga tanaman pohon cemara udara yang juga dapat kita temui di beberapa pantai lainnya. Pengunjung bisa bersantai di pantai sambil menikmati makanan atau minuman yang dijual di warung-warung.

Di dekatnya, ada juga area bermain anak-anak yang memiliki ayunan, selucuran, dan lain-lain. Jadi membawa anak-anak ke pantai ini tak perlu risau karena sudah ada fasilitas untuk mereka.

10. Wisata Pantai Talang Siring

Lokasi: Montok, Larangan, Kabupaten Pamekasan, 69383
Koordinat: KlikDisini 
Telepon: 0852-3076-7763

Pantai Talang Siring masih belum banyak dikunjungi walaupun tak kalah indah dari tempat lainnya. Di sini kita bisa menikmati pemandangan ombak yang menghantam karang. Di sebelah selatan, terdapat hutan mangrove yang menghijau.

Saat air surut, kita bisa berburu binatang yang ada di tepi pantai seperti keping dan rajungan. Bagi yang tertarik dapat juga mengumpulkan kulit kerang dan membawanya pulang untuk kenang-kenangan atau dijadikan kerajinan.

11. Wisata Pantai Jumiang

Alamat: Desa Tanjung, Pademawu, Pamekasan, 69323
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 2.000/orang

Pantai Jumiang merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi muda-mudi. Di sekitarnya terdapat bukit bertebing, jika naik ke atasnya maka bisa melihat keseluruhan pantai yang indah. Suasana pantai cukup sejuk karena adanya banyak pohon.

12. Mercusuar Bangkalan

Lokasi: Jl. Sembilangan, Socah, Pernajuh, Bangkalan, 69161
Koordinat: KlikDisini 

Mercusuar Bangkalang merupakan bangunan peninggalan Belanda yang berdiri sejak tahun 1879. Bangunan Mercusuar  terdiri dari 16 lantai dan lantai ke 17 merupakan tempat lampu mercusuar.

Sampai sekarang mercusuar dapat berfungsi dengan baik dan akan menyala saat malam tiba. Sinar lampu mercusuar ini dapat menjangkau sekitar 20 mil.

Para pengunjung tak hanya dapat melihat bangunan mercusuar yang gagah tapi juga bisa melihat keindahan Selat Madura, terutama saat matahari terbenam.

13. Wisata Bukit Geger

Alamat: Geger, Kabupaten Bangkalan, 69152
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 2.000/orang
Jam Operasional: Buka 24 jam

Bukit Geger merupakan pilihan wisata alam yang ada di Bangkalan. Di sini kita bisa melihat pemandangan bukit yang penuh pepohonan dan kawanan monyet hutan.

Tersedia fasilitas untuk beristirahat dan penjual makanan/minuman. Selain itu terdapat 5 gua yang ada di kawasan Bukit Geger. Gua tersebut antara lain Petapan, Potre, Pelanangan, Pancong Pote, dan Ular.

Tak perlu  khawatir dengan jalanan perbukitan yang menyulitkan karena sudah ada jalur yang dibangun bagi wisatawan sehingga lebih mudah untuk dilewati.

14. Jembatan Suramadu

Alamat: Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya – Madura
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 15.000 – 45.000/kendaraan

Jembatan Suramadu merupakan jalan penyebrangan yang menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Madura. Meskipun sebenarnya bukan tempat wisata, namun banyak juga yang wisatawan yang sengaja datang untuk melihat bangunan jembatan yang megah.

Jembatan Suramadu diresmikan pada tahun 2009, tujuan utamanya untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura.

15. Makam Sultan Abdul Kadirun

Alamat: Demanga, Bangkalan, 60115
Koordinat: KlikDisini 

Makam Sultan Abdul Kadirun banyak dikunjungi oleh peziarah terutama saat bulan Ramadhan. Sultan Abdul Kadirun merupakan Sultan Bangkalan II yang cukup berjasa memajukan ujung barat Madura.

Raden Abdul Kadirun juga dikenal menjalankan pemerintahan dengan prinsip islami. Nisannya dibangun cukup megah dengan bangunan makam kuno. Peziarah dapat melihat sejarah mengenai Sultan Abdul Kadirun di makamnya.

16. Taman Adipura Sumenep

Lokasi: Pajagalan, Sumenep, 69416
Koordinat: KlikDisini 
Jam Operasional: Buka 24 jam

Taman Adipura Sumenep merupakan ruang terbuka hijau. Ada banyak pohon rindang yang membuat suasanya menjadi lebih sejuk. Tersedia kursi taman yang dapat digunakan untuk duduk santai.

Bagi yang membawa anak kecil, disediakan juga beberapa permainan seperti odong-odong, sepeda motor mini, dan lain-lain.

17. Bukit Jaddih

Alamat: Parseh, Socah, Bangkalan
Koordinat: KlikDisini 

Bukit Jaddih berupa bukit kapur putih yang merupakan tempat penambangan. Dari atas sana kita bisa melihat Madura dari atas.

Di bagian utara bukit terdapat sebuah pemandian alami yaitu Air Goa Pote. Pengunjung yang datang ke sana sebaiknya berhati-hati karena merupakan tempatpenambangan aktif.

18. Api Abadi (Tak Kunjung Padam)

Lokasi: Larangan Tokol, Tlanakan, Pamekasan, 69371
Koordinat: KlikDisini 
Tiket Masuk: Rp. 2.000 – Rp. 5.000/kendaraan

Wisata api tak kunjung padam bisa kita temui di Pulau Madura, tepatnya di Pamekasan. Api yang menyala hanya hidup di tanah yang telah dilingkari pagar. Ada sekitar 50 titik semburan nyala api yang ada di sana, sehingga perlu berhati-hati.

Api yang muncul sering dimanfaatkan oleh warga dan wisatawan untuk memasak. Pernah dilakukan penelitian tentang kandungan gas dari api tersebut namun hasilnya tidak ditemukan gas apapun.

19. Kolam Renang Tretan

Alamat: Mlajah, Bangkalan, 69116
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 5.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

Bagi yang berkunjung ke Bangkalan mungkin bisa menyempatkan diri bermain air di kolam renang Tretan. Harga tiketnya cukup murah dengan akses jalan yang mudah. Kolam renang Tretan memiliki  bangunan tinggi dua lantai.

Pada lantai dasar ada kolam renang untuk para wisatawan. Pada lantai kedua terdapat area berjualan makanan dan minuman dengan konsep kafe. Jadi tak hanya berenang saja namun juga bisa bersantai di atas sambil menikmati makanan dan minuman.

20. Pasar Ki Lemah Duwur

Lokasi: Jalan Halim Perdana Kusuma, Mlajah, Bangkalan 69116
Koordinat: KlikDisini 
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Telepon: 0852-3199-0712

Pasar Ki Lemah Duwur merupakan salah satu pasar terbesar di Madura, yang terletak di dekat Bangkalan Plaza.

Barang-barang yang dijual cukup beragam mulai dari sayuran buah, ikan, daging, pakaian, sampai kebutuhan rumah tangga. Seperti pasar tradisional lainnya pembeli bisa melakukan tawar menawar harga.

21. Pasar Raya Blega

Alamat: Jl. Raya Blega, Bangkalan
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 06.00 – 20.00
Telepon: 0857-3333-3296

22. Bangkalan Plaza

Alamat: Jl. Halim Perdana Kusuma, Mlajah, Bangkalan, 69116
Koordinat: KlikDisini 
Jam Operasional: 10.00 – 22.00
Telepon: (031) 51162088

Bangkalan Plaza merupakan  pusat perbelanjaan modern dengan tiga lantai. Pulau Madura yang selama ini terbilang masih alami jauh dari modernisasi, menjadi lebih berkembang setelah adanya pembangunan jembatan dan pusat bisnis seperti mall ini.

Di Bangkalan Plaza kita bisa menemukan Matahari, Hypermart, Foodmard, Mokko Factory, dan Boston Health Center.

23. Masjid Agung Bangkalan

Alamat: Jl. KH. Moh. Kholil, Demangan, Bangkalan
Koordinat: KlikDisini 

Masjid Agung Bangkalan didikan pada masa Raden Maulanan Abdul Kadir. Pada tahun 1990, masjid ini diperluas dan diperbaiki. Masyarakat yang datang bisa menikmati arsitektur dan keindahan masjid bersejarah ini, sambil beribadah.

24. Masjid Agung Sumenep

Alamat: Bangselok, Kota Sumenep
Koordinat: KlikDisini 

Masjid Agung Sumenep tampak memiliki bangunan yang cukup unik dan merupakan salah satu masjid tertua. Pembangunan masjid dimulai tahun 1779 dan selesai 1787.

Arsitektur masjid banyak dipengaruhi budaya Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura. Pada pintu gerbang tampak terlihat arsitektur bernuansa Tiongkok. Namun bangunan utama masjid dipengaruhi budaya Jawa dan Madura.

25. Kota Tua Kalianget

Alamat: Kalianget, Sumenep, Madura
Koordinat: KlikDisini 

Kota Tua Kalinget merupakan kota modern pertama di Pulau Madura. Kota ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

Kota Kalianget dikembangkan karena letaknya yang strategis sebagai bandar pelabuhan di Madura. Dahulu terdapat trem uap yang digunakan untuk mengangkut produk garam.

26. Museum Cakraningrat

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.35, Mlajah, Kec. Bangkalan,
Koordinat: KlikDisini 
Tiket Masuk: Rp. 1.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00

Di Madura, kita bisa menemui beberapa tempat wisata sejarah salah satunya Museum Cakraningrat. Di museum ini dipamerkan peninggalan purbakala dan kebudayaan yang ada di Madura, khususnya Bangkalan.

Dokumentasi berupa foto dan benda-benda kuni dari berbagai pelosok Bangkalan dapat kita saksikan di museum ini.

27. Museum Keraton

Alamat: Jl. Dr. Sutomo No. 6, Pajagalan, Kabupaten Sumenep, 69416
Koordinat: KlikDisini 
Tarif: Rp. 3.000/orang
Jam Operasional: 07.00 – 15.30
Telepon: (0328) 667148

Museum Keraton cukup populer bagi wisatawan salah satunya karena cerita Piring Ajaib. Piring Ajaib diyakini memiliki kekuatan magis yaitu jika diletakkan makanan di atasnya maka tidak akan basi.

Piring tersebut merupakan hadiah dari Raja Condronegoro pada Sultan Aburrahman Pakunataningrat. Di museum ini pengunjung juga dapat melihat Al-Quran raksasa dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter.

28. Monumen Arek Lancor

Lokasi: Barurambat, Pamekasan, 69317
Koordinat: KlikDisini 
Telepon: 0815-5522-2777

Monumen Arek Lancor merupakan simbol untuk penghargaan dan penghormatan semua pejuang pembebasan Pamekasan dari Belanda.

Bentuk monumen berupa tugu dengan bagian atasnya berupa dua alat tajam (arek dan lancor). Di sekitar monumen ini terdapat taman yang sering digunakan warga untuk bersantai.

29. Monumen Kota Sampang

Lokasi: Jl. Trunojoyo, Rong Tengah, Kabupaten Sampang, 69216
Koordinat: KlikDisini 
Jam Operasional: buka 24 jam
Telepon: 0811-3555-666

Monumen Kota Sampang memiliki bentuk yang menjulang tinggi terbuat dari logam kuning. Di sekitarnya merupakan taman kota. Tersedia fasilitas seperti taman bermain, wifi, penjual makanan, dan lain-lain.

Banyak warga yang datang ke tempat ini untuk bersantai dan mengajak anak mereka bermain di sore hari.

30. Pulau Kangean

Lokasi: Arjasa Kangean, Kabupaten Sumenep
Koordinat: KlikDisini 
Telepon: 0813-2883-9090

Kepulauan Kangean merupakan gugusan pulau yang terdiri 60 pulau. Pulau terbesarnya yaitu Pulau Kangean. Di pulau ini terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi antara lain pemandian Celgung, Goa Kuning, Pemandian Olbek, dan Pasir Putih Batuguluk.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

2 thoughts on “30 Tempat Wisata di Madura Terbaru Yang Wajib Dikunjungi Daerah Bangkalan Sumenep Sampang Pamekasan Yang Dekat Dengan Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.