45 Tempat Wisata di Majalengka Jabar Terbaru 2017 : Paralayang Menarik, Kebun Teh Cipasung, Taman Bukit Alam Hejo, Curug Tonjong Dll

Posted on

Tempat wisata di majalengka jabar terbaru 2017 paralayang menarik kebun teh cipasung taman bukit alam hejo curug tonjong forum daerah kab kabupaten kadipaten cikijing sekitar talaga jawa barat romantis indah terindah baru foto nama gambar alamat daftar air terjun panas yang ada kolam renang argapura

Majalengka merupakan kota kecil di daerah Jawa Barat. Akan tetapi tak boleh diremehkan karena kota ini juga menyimpan sejuta wisata yang menarik. Letaknya yang terbagi antara dataran rendah dan perbukitan dan pegunungan membuat memberikan suguhan panorama menatik disetiap tempatnya. Berikut ini destinasi wisata menarik yang ada di Majalengka dan sekitarnya.

1. Kebun Teh Cipasung

Alamat: Lemahsugih, Cipasung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45465
Tarif: Rp 3.500
Koordinat: Klik disini

Kebun Teh Cipasung (foto: bisnisbandung.com)

Majalengka yang berada di dataran tinggi membuantnya memiliki perkebunan teh. Hal ini kemudian menjadi salah satu destinasi wisata favorit yakni Kebun Teh Cipasung. Meski mungkin pemandangan yang didapat di perkebunan teh ini tidak berbeda dari lainnya tetapi tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat ini. Apa lagi bagi wisatawan yang sedang mencari suasana alam untuk menyegarkan pikiran.

Hamparan kebun teh yang luas tentu memberikan suguhan pemandangan yang sangat indah ditambah udaranya sangat sejuk. Berlibur akan terasa lebih menarik apabila datang ke tempat ini saat musim petik, karena bisa melihat para petani memetik secara langsung.

2. Gunung Ciremai

Lokasi: Bantaragung Sindangwangi
Harga Tiket Masuk: Rp 6.000
Google Map: Klik disini

Gunung Ciremai (foto: petaniadv.com)

Mencari tempat menyalurkan hobi naik gunung, bisa menjajal Gunung Ciremai. Letak gunung Ciremai ini tepat berada pada 3 wilayah yaitu Majalengka, Cirebon dan Kuningan. Tinggi dari gunung Ciremai ini berkisar 3.078 mdpl dengan tiga jalur pendakian yang sudah populer.

Jalur Palutungan, jalur Linggarjati dan yang terakhir jalur Apuy. Jalur yang paling favorit bagi para pendaki ialah via Apuy karena tidak terlalu sulit serta pemandangannya sangat bagus. Sangat disarankan apa bila ingin melakukan pendakian perlu mengajak orang yang memang sudah mengenali medan dari gunung Ciremai ini.

3. Wisata Paralayang Gunung Panten

Letak: Sidamukti, Munjul, Kec. Majalengka 45417
HTM: Rp 450.000
Nomor Telepon: +62 813-9424-3456
Maps: Klik disini

Wisata Paralayang Gunung Panten (foto: satyawinnie.com)

Majalengka memiliki destinasi wisata memacu adrenalin bagi yang ingin menatang ketinggain dari atas gunung. Paralayang di gunung Panten termasuk yang paling terkenal di Majalengka. Bahkan di sini juga sudah pernah digunakan untuk kejuaraan nasional paralayang dan juga kejuaraan gantolle nasional.

Pemandangan luar biasa kota Majalengka akan terlihat dengan indah apalagi saat sore hari dimusim kemarau, selain itu dataran Majalengka juga gunung Ciremai dari atas ketinggian. Untuk yang masih pemula tak perlu khawatir di sini ada pemandu yang akan menemani terbang bebas. Tak hanya paralayang di tempat ini juga ada wisata sejarah petilasan Prabu Siliwangi dan para sesepuh desa jaman dahulu.

4. Air Terjun Cibali

Alamat: Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Majalengka Jawa Barat
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Cibali (foto: kreasitekno.co)

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai Air Terjun Cibali melewati persawahan hijau sehingga pemandangannya sangat menakjubkan. Nuansa alamnya juga masih bersih dan segar sehingga suasananya sangat apik. Tempat ini sangat cocok untuk yang ingin melepas penat melupakan hiruk pikuk perkotaan.

5. Air Terjun Cilutung

Alamat: Talagakulon, Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45463
Telepon: +62 852-2381-4646
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Cilutung (foto: tipsjalan.com)

Air terjun Cilutung salah satu destinasi wisata alam yang kondisinya masih alami tanpa tercemar limbah industri. Airnya bersih dan segar sangat menyenangkan untuk digunakan berendam. Nuansa pedesaan yang nyaman dan tenang akan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di sini.

6. Bukit Panyaweuyan Argapura

Alamat: Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
No Telp: +62 817-613-246
Koordinat: Klik disini

Bukit Panyaweuyan Argapura (foto: kaskus.co.id)

Destinasi favorit bagi pecinta fotografi ialah Bukit Panyaweuyan Argapura. Pemandangan datarannya menjadi yang paling menarik, biasanya fotografer yang menyambangi tempat ini akan datang pagi buta demi mendapatkan sunrise serta bukit yang berselimut kabut. Lewat bukit ini wisatawan juga akan disuguhi pemandangan gunung yang berdekatan dengan kabupaten Majalengka.

7. Goa Lalay

Alamat: Sukadana, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45462
Koordinat: Klik disini

Goa Lalay (foto: palabaja-majalengka.blogspot.com)

Goa Lalay terletak tidak jauh dari Curug Muara Jaya dan sering disebut sebagai green Canyon-nya Majalengka. Dan memang tak salah karena pemandangannya sangat bagus. Begitu masuk ke mulut goa akan langsung disambut oleh ribuan keleawar.

Tetapi perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke goa Lalay agak sulit. Harus berjalan kaki di jalanan setapak yang kadang juga licin pada musim hujan. Bagi yang suka petualangan tempat ini sangat cocok.

8. Jembar Waterpark

Alamat: Ranjiwetan, Kasokandel, Ranji Wetan 45453
Buka Tutup: 07.00-19.00
Tarif: Senin-Sabtu Rp 20.000
Minggu/Hari Libur Rp 25.000
Koordinat: Klik disini

Jembar Waterpark (foto: wisata-tanahair.com)

Tak hanya wisata alam dan pegunungan alami, Majalengka juga memiliki tempat rekreasi bernuansa waterpark. Jembar Waterpark berada di Desa Ranjiwetan, yang unik dari tempat ini ialah adanya patung hewan-hewan dinosaurus zaman purba. Hal menarik lainnya dari waterpark ini menggunakan nuansa pedesaan.

Lokasinya berada di perbukitan yang cukup luas. Meski tempat ini sebuah kolam renang, namun sering digunakan untuk perkumpulan besar seperti reuni atau pertemuan. Sehingga bisa dipastikan tempat ini salah satu tempat favorit.

9. Kolam Renang Balong Sang Raja

Alamat: Kelurahan Cigasong
Koordinat: Klik disini

Kolam Renang Balong Sang Raja (foto: jabarprov.go.id)

Kolam Renang Balong Sang Raja dulu digunakan sebagai pemandian para pejabat pemerintah kerajaan Belanda. Di tempat ini ada mata air akar yang mengalir ke kolam sehingga kolam renangnya sangat jernih dan segar.

Meski lokasi ini terkesan kuno karena berumur ratusan tahun tempat ini sangat menarik. Bahkan di tempat ini juga menawarkan area permainan outbond yang sangat menarik. Beberapa tanda peninggalan jaman Belanda lainnya juga ada seperti Tugu dan beberapa pohon besar.

10. Telaga Nila

Alamat: Lengkong Kulon Sindangwangi
Koordinat: Klik disini

Telaga Nila (foto: reservasi.com)

Telaga Nila juga salah satu tempat wisata menarik di Majalengka. Telaga ini memiliki air jernih yang dapat memantulkan bayangan pepohonan yang ada disekitar telaga. Airnya berwarna biru kehijauan saat terkena sinar matahari.

Letak Telaga Nila ini berada di kaki gunung Ciremai sehingga udara serta suasananya sangat segar. Telaga ini juga sering disebut sebagai surga tersembunyi di Jawa Barat. Bagi yang suka fotografi perlu menyambangi tempat ini karena panoramanya sangat menarik untuk difoto.

11. Bendungan Raksasa Rentang

Alamat: Jatitujuh, Pilangsari, Panongan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45458
Koordinat: Klik disini

Bendungan Raksasa Rentang (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Bendungan Raksasa Rentang memang bukan tempat rekreasi yang mewah. Tetapi bagi yang tak punya banyak waktu untuk melakukan perjalanan namun ingin melepas penat maka tempat ini bisa menjadi alternatif. Tempat ini berupa bendungan terbesar yang ada di bagian utara Majalengka yang menampung beberapa sungai di Jawa Barat seperti Cimanuk, Citarum dan beberapa sungai kecil lainnya.

Meski kesannya tidak ada apa-apanya tetapi tempat ini juga cukup ramai dikunjungi warga Majalengka. Banyak yang menggunakanya sebagai arena olahraga jogging atau jalan-jalan. Tak hanya itu di sini juga banyak warung-warung penjaja kuliner khas makanan sunda, sehingga dijamin tidak akan menyesal datang ke tempat ini.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Leuwi Lieuk, Harga Tiket Masuk + Letak Rute Jalan Menuju Lokasi

12. Gunung Batu Tilu

Alamat: Desa Jatimulya Kecamatan Kasokandel
Koordinat: Klik disini

Gunung Batu Tilu (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Gunung Batu Tilu merupaka wisata yang berasal dari sebuah legenda tentang seekor naga besar yang kepalanya ada di gunung Ciremai sedangkan ekornya memanjang sampai gunung Batu Tilu. Tempat ini berupa kumpulan tiga bukit dengan keindahan dan keunikan berbeda. Bukit ini berupa puncak Sukmana, puncak gunung Tilu sementara yang satunya masih belum diketahui namanya.

Tak hanya wisata berupa pegunngan tetapi juga kesegaran dari 2 sungai besar yang melintas di sana. Ada juga hutan lindung yang banyak ditumbuhi pohon jati serta pinus. Kalau sampai di puncak gunung Tilu barulah mendapati situs batu berbentuk naga sesuai dengan legenda tempat ini.

13. Argo Batu Luhur

Alamat: Padabeunghar, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45559
Tarif: Rp 2.000
Koordinat: Klik disini

Argo Batu Luhur (foto: triptrus.com)

Obyek wisata Argo Batu Luhur ini masih terbilang baru dan terus dikembangkan. Bebatuan tinggi yang ada di sini menjadi salah satu daya tarik dari wisata ini. Pembangunan yang terus dikembangkan di sini berupa kegiatan rohani, edukasi tanam dan hewan.

Sementara ini telah banyak wahana permainan yang sudah disediakan seperti flying fox dengan rute terpanjang di wilayah III Cirebon. Tempat ini juga menyediakan lokasi perkemahan.

14. Situ Sangiang

Alamat: Sangiang Banjaran Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Tarif: Rp 3.000
Koordinat: Klik disini

Situ Sangiang (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Situ Sangiang atau telaga Sangiang merupakan wisata alam sekaligus tempat ziarah makam keramat Pucuk Ulum atau Sunan Parung. Lokasi telaga sangat asri dan rimbun karena dikelilingi hutan lebat. Tetapi saat ini hutan itu sudah menjadi ladang milik para penduduk sekitar.

Aneka macam satwa, burung atau kera masih banyak hidup di hutan itu. Mereka akan menjadi penyambut untuk para wisatawan yang datang mengunjungi telaga.

15. Curug Muara Jaya

Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura
Tarif: Rp 4.000
Koordinat: Klik disini

Curug Muara Jaya (foto: youtube.com)

Curug Muara Jaya dengan ketinggian kurang lebih 73 meter ini menawarkan panorama alam yang menyejukkan. Berada di lereng Gunung Ciremai tentu memberikan suasana yang lebih menenangkan dengan suasana asri serta pepohonan hijau. Airnya sangat deras, sehingga perlu hati-hati saat bermain air.

Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan umum dari terminal Maja cukup menuju desa Argamukti.

16. Curug Sawer

Alamat: Argamukti, Argapura
Koordinat: Klik disini

Curug Sawer (foto: ksmtour.com)

Curug Sawer berada tidak terlalu jauh dari curug Muara Jaya dan bukit Panyaweuyan. Curug Sawer ini masih terus dikembangkan menjadi obyek wisata yang tak kalah menarik. Bagi yang suka berwisata alam air terjun maka curug satu ini tak boleh dilewatkan.

Muara airnya sangat deras, pemandangan sekitarnya juga sangat mempesona. Tempat ini masih terbilang sangat sepi karena lokasinya cukup sulit.

17. Curug Tonjong

Alamat: Teja, Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-18.00
Tarif: Rp 15.000
Koordinat: Klik disini

Curug Tonjong (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Curug Tonjong merupakan wisata air terjun yang sebelumnya sempat ditutup karena suatu masalah. Saat ini curug ini telah dibuka kembali, curug ini bagian dari sungai Cikadongdong dengan ketinggian kurang lebih 4 meter. Panorama curug yang berada di antara celah bebatuan serta rimba pepohonan sangat indah.

Ada jembatan bambu untuk menuju bagian hulu curug. Kondisi airnya masih bersih dan segar. Arus airnya cukup deras jadi yang ingin berenang harus selalu hati-hati.

18. Telaga Herang

Alamat: Padaherang Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Telaga Herang (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Telaga Herang beada tidak terlalu jauh dengan telaga Nila. Telaga ini berada pada perbatasan Desa Jerukleueut, Padaherang dan Lengkongkulon. Asal muasal telaga ini karena mata air tertampung pada cekungan sebuah tanah sehingga membentuk telaga.

Telaga air yang jernih itulah arti dari nama telaga herang sendiri. Sangking jernihnya ikan-ikan serta dasar danau akan terlihat langsung. Aneka fasilitas ditawarkan supaya tak bosan seperti bermain air, mengelilingi telaga dengan becak air serta aneka wisata kuliner juga lengkap.

19. Bukit Alam Hejo

Alamat: Desa Pasirayu, Sindang 45471
Tarif: Senin-Sabtu Rp 5.000
Minggu/hari Libur Rp 10.000
Koordinat: Klik disini

Bukit Alam Hejo (foto: mumunsurahman.wordpress.com)

Bukit Alam Hejo merupakan destinasi wisata berupa taman bermain. Tak hanya itu, di sini juga menyuguhkan wisata alam serta wisata kuliner dan juga wisata edukasi. Lokasinya berada di bawah kaki gunung Cireami.

Taman wisata ini juga menawarkan kolam renang dengan segala usia, saung, aneka permainan mulai dari motor ATV, flying fox dan masih banyak lagi di lokasi outbond. Wisata kulinernya juga lengkap sehingga tak perlu khawatir bila kelaparan. Selain itu semua kadang juga ada panggung hiburan pada hari minggu, lokasi ini juga sering digunakan untuk perkemahan anak sekolah.

20. Situ Cikuda

Alamat: Padaherang, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45474
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-16.00
Koordinat: Klik disini

Situ Cikuda (foto: majalengka-go.blogspot.co.id)

Sama seperti danau lainnya yang ada di Majalengka, situ Cikuda ini merupakan tempat wisata yang masih terus dikembangkan. Danau Cikudang ini banyak dikelilingi hutan yang masih alami sehingga tak heran suasananya masih sejuk dan asri.

Selain bermain air tentu pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkelilig serta memancing. Untuk yang suka fotografi tempat ini juga tak kalah menarik untuk diabadikan dalam bentuk potret.

21. Air Terjun Cipeuteuy

Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi 45474
Tarif: Rp 10.000
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Cipeuteuy (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Air terjun Cipeutey memiliki air sangat jenih serta segar. Sangat menyenangkan berendam dan bermain air sepuasnya di sini. Letak air terjun ini ada di Desa Bantaragung tidak terlalu jauh dari Curug Tonjong.

Penggemar wisata air terjun tentu tak boleh melewatkan lokasi yang satu ini. Akan selalu ada yang menarik yang bisa didapatkan di sini.

22. Air Terjun Sempong

Alamat: Curug Sempong, Cisempong, Sidamukti, Kec. Majalengka 45411
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-18.00
Tarif: Rp 5.000
Telepon: +62 821-3026-2288
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Sempong (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Air terjun Sempong tidak terlalu jauh dari pusat kota Majalengka. Untuk sampai ke lokasi air terjun perlu menuruni bukit sekitar 100 meter maka akan menemukan air terjun yang tersembunyi. Pesona alamnya sungguh mempesona dan dijamin tidak akan menyesal datang ke tempat ini.

23. Air Terjun Embun Pelangi

Alamat: Sukadana, Majalengka, Jabar 45462
Telepon: +62 817-613-246
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Embun Pelangi (foto: kompas.com)

Air terjun Embun Pelangi atau curug embun pelangi ini juga sering disebut dengan nama curug Ibun. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, aksesnya juga tidak terlalu sulit hanya melewati ladang warga dan menuruni tangga yang sedikit curam. Jatuhan air yang terkena sinar matahari nampak seperti pelangi, karena itulan namanya curug embun pelangi.

BacaJuga:  10 Gambar Kampung Gajah Wonderland Bandung Lembang : Waterboom Waterpark Kolam Renang Review

Tebing batu yang mengapit sungai diujung membuat pesonanya sangat indah. Tak akan menyesal datang ke tempat ini.

24. Lemah Putih

Alamat: Lemahsugih Kabupaten Majalengka Jawa Barat
Koordinat: Klik disini

Lemah Putih (foto: explorermajalengka.web.id)

Lewat wisata Lemah Putih kita akan disuguhkan pemandangan alam Majalengka dari atas ketinggian. Tak hanya itu di sini juga ada suguhan taman dinosaurus, kolam renang, kafe, aneka hiburan. Tempat ini juga menjadi destinasi favorite bagi yang suka dengan fotografi, banyak yang mengabadikan momen matahari terbenam berbalut awan yang sangat indah.

25. Cadas Gantung

Alamat: Mirat, Leuwimunding 45473
Tarif: Rp 3.000
Telepon: 0857-2140-2100
Koordinat: Klik disini

Cadas Gantung (foto: reservasi.com)

Majalengka memang memiliki kawasan wisata alam yang luar biasa indah-indah. Tak ketinggalan Cadas Gantung lokasi yang mempesona untuk melihat pemandangan gunung Kromong serta kawasan Leuwimuding, Palasah, Sumberjaya dan Jatiwangi yang berupa dataran rendah Majalengka di sisi barat. Untuk mencapai Cadas Gantung akan lebih mudah bila menggunakan kendaraan roda dua.

Di butuhkan tubuh yang prima untuk sampai tempat ini karena jalan menuju atas lumayan terjal namun akan terbayar dengan suguhan pesona alam bebatuan yang sepeti menggantung di tepi jurang.

26. Museum Talaga Manggung

Alamat: Talaga Kulon 1, Talagawetan 45463
Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-18.00
Telepon: 0813-2174-0000
Koordinat: Klik disini

Museum Talaga Manggung (foto: buruan.co)

Museum Talaga Manggung berupa lokasi wisata yang digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah dari kerajaan Talaga Manggung seperti kereta kencana, peralatan perang, alat kesenian dan masih banyak lagi. Lokasi ini sangat cocok bagi para pelajar dan anak-anak untuk mengenal sejarah. Tempatnya sangat terawat dengan aneka koleksi yang lumayan lengkap dan rapi.

27. Rumah Adat Panjalin

Alamat: Blok Rabu, Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya
Koordinat: Klik disini

Rumah Adat Panjalin (foto: disparbud.jabarprov.go.id)

Rumah adat Panjalin katanya merupakan rumah peningalan sesepuh Desa Panjalin abad ke 16. Nama Panjalin memililiki arti ‘hutan rotan’. Pendirinya rumah adat ini ialah eyang Sanata yang juga pendiri Desa Panjalin.

Saat membangun rumah adat ini konon hanya menggunakan sebatang pohon raksasa tanpa memotong pohon tersebut. Akar dari pohon ini berada di bawah rumah adatnya. Pemilik rumah ini hingga sekarang masih dipegang oleh keturunan eyang Sanata yang juga menjadi juru kuncen rumah adat ini.

28. Gunung Cakra Buana

Alamat: Lemah Putih Lemahsugih
Koordinat: Klik disini

Gunung Cakra Buana (foto: sangkakalaadv.blogspot.com)

Gunung ini berada di tiga wilayah kabupaten, yakni Majalengka, Garut dan Tasikmalaya. Memiliki empat jalur pendakian yaitu rute Bunar kecamatan Pageurageung Tasikmalaya, rute Malangbong Garut, rute Cakrawati Lemah putih dan rute Sukanriyu. Gunung ini memiliki aliran sungai untuk Citanduy dan Cimanuk.

Ada pula hutan raya yang terkenal dengan tanaman endemik aren sehingga gunung ini bisa menghasilkan 1.5 ton gula merah per hari.

29. Telaga Emas Situ Cipadung

Alamat: Pajajar, Indrakila, Sindang, Indrakila, Sindang 45471
Tarif: Rp 10.000
Telepon: 0856-8140-340
Koordinat: Klik disini

Telaga Emas Situ Cipadung (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Telaga Emas atau memiliki nama lain sebagai Situ Cipadung. Destinasi wisata keluarga yang sangat menarik, pengunjung bisa mengelilingi telaga dengan menggunakan becak air. Telaga ini termasuk bagian dari wisata Prabu Siliwangi yang juga termasuk dari Telaga Pancur.

30. Air Terjun Campaga

Alamat: Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Campaga (foto: ahmadafandispd.ga)

Curug Cempaga atau salah satu destinasi wisata air terjun yang sangat menarik untuk disambangi. Air terjun ini terbelah dua menuju satu arah dengan ketinggian 8 meter. Lokasi ini memiliki bebatuan hitam kecoklatan yang terlihat cukup unik.

Pesona alamnya juga sangat menyenangkan dan memiliki cuaca yang menyegarkan. Cukup pas untuk melepas penat setelah lelah dengan segala aktifitas sehari-hari. Tempat ini juga sudah terkelola dengan baik sehingga tak akan sulit menemukan lokasinya.

31. Air Terjun Cipeureus

Alamat: Sukamenak, Bantarujeg, Majalengka
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Cipeureus (foto: tempatwisataunik.com)

Terletak di Desa Sukamenak air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 12 meter. Wisata ini masih belum banyak dijamah orang karena lokasinya cukup sulit untuk dijangkau. Belum lagi supaya sampai ke tempat ini perlu jalan kaki selama hampir 15 menit.

Dan air terjun Cipeureus hanya menyenangkan ketika musim kemarau. Saat musim kemarau pengunjung baru bisa menikmati pemandangan bawah sungai. Lokasi curug berada di atas hamparan sungai jadi cukup berbahaya saat musim itu.

32. Air Terjun Puntang

Alamat: Ds. Cengal Maja
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Puntang (foto: tarungnews.com)

Air terjun Puntang memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Letaknya memang agak jauh dari pusat kota, memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk tiba di air terjun Puntang. Meski begitu tempat wisata ini tak salah jika tetap dikunjungi bila sedang ada di Majalengka.

Pemandangan alam, kesegaran air dan udaranya sangat menarik. Tak akan membuat para wisatawan menyesali datang ke lokasi yang masih sederhana ini. Tinggi air terjun sekitar 15 meter sehingga suara jatuhannya sangatlah indah dan akan membuat betah berada di tempat ini juga tak akan tinggal diam untuk tidak bermain air atau berfoto.

33. Situ Janawi

Alamat: Payung, Rajagaluh, Teja 45472
Koordinat: Klik disini

Situ Janawi (foto: infomajalengka.wordpress.com)

Situ Janawi berupa sebuah danau yang sangat luas sekitar 1 hektar. Sekelilingnya ada pemukiman serta perbukitan yang membatasi di sebelah selatan. Bentuk situ ini agak bulat dan yang unik ada danau kecil di tengahnya.

Sumber mata air dari situ ini menurut cerita berasal dari telaga suci atau dari kata Janavhi yang merupakan tempat suci kerajaan Rajagaluh dimasa lalu. Airnya jernih serta bersih dari sela-sela bebatuan perbukitan. Sangat menggoda untuk berenang di sana.

34. Situ Cipanten

Alamat: Gn. Kuning, Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45471
Koordinat: Klik disini

Situ Cipanten (foto: merahputih.com)

Destinasi wisata Situ Cipanten ini memiliki pesona perairan yang tenang serta dikelilingi hutan masih sangat asri. Selain sebagai tempat wisata Situ Cipanten juga digunakan sebagai pengairan dan perikanan. Wisata ini memang tidak seramai wisata alam lainnya di Majalengka namun juga tetap nyaman untuk digunakan tempat melepas penat sesaat.

35. Taman Nasional Sadarehe

Alamat: Payung, Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-17.00
Koordinat: Klik disini

Taman Nasional Sadarehe (foto: triptrus.com)

Taman Nasional Sadarehe berada menjadi bagian gunung Ciremai termasuk dari Taman Nasional Gunung Ciremai. Di tempat ini terdapat sebuah perkebunan teh yang memiliki keindahan alam, udara yang sejuk serta pemandangan yang sangat mempesona hijaunya. Perkebunan teh ini menjadi favorit wisatawan yang hobi fotografi tempatnya sangat menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Sambil menikmati perbukitan teh melalui lembah, kita juga bisa bersantai atau trekking dan jalan-jalan sambil menghirup udara pegunungan yang tak akan didapat saat di kota besar.

36. Makam Pangeran Muhammad

Alamat: Majalengka Kulon 45418
Koordinat: Klik disini

BacaJuga:  10 Gambar Gedung Sate Bandung, Sejarah, Misteri Malam Hari, Letak Alamat + Tiket Masuk
Makam Pangeran Muhammad (foto: khasnadigilang.blogspot.com)

Destinasi ini mungkin sedikit berbeda dari destinasi yang lainnya, lebih tepatnya wisata religi. Malam Pangeran Muhammad, beliau ialah utusan Sunan Gunung Jati untuk meneyebarkan agama Islam di Majalengka. Banyak peziarah yang datang untuk berziarah di makam Pangeran Muhammad.

Lokasinya sangat mudah dijangkau hanya berjarak km dari pusat kota Majalengka. Pada makam ada tanda jirat dan dua nisan yang berada di bagian utara dan selatan jirat. Makamnya sendiri ditutupi menggunakan kelambu putih yang disangga oleh empat tiang besi.

37. Taman Buana Marga Majalengka

Alamat: Margajaya, Lemahsugih
Tarif: Rp 5.000
Koordinat: Klik disini

Taman Buana Marga Majalengka (foto: ngabolangngabolang.blogspot.com)

Taman Buana Marga ini berupa taman dengan teman dinosaurus. Pengunjung akan disuguhi ikon dinosaurus kembar di sini. Destinasi tempat ini menyuguhkan kolam renang serta taman bermain. Tak hanya itu ada juga lapangan golf dan lintasan motorcross.

Lokasinya berada di kaki gunu Cakra Buana. Tempatnya memang cukup jauh dari pusat kota sekitar 40 km. Namun taman ini juga favorit untuk liburan bersama keluarga serta orang terkasih.

38. Wisata Cikebo

Alamat: Desa Tegal Sari, Kecamatan Maja
Koordinat: Klik disini

Wisata Cikebo (foto: explorermajalengka.web.id)

Wisata Cikebo ini menawarkan destinasi wisata panorama alam dari atas ketinggian. Suguhan pemandangan alam yang membentang indah sangat mempesona. Di tempat ini pengunjung bisa beristirahat sambil membakar jagung sebagai teman menikmati keagungan Tuhan akan alam.

Tempat ini menjadi salah satu alternatif destinasi wisata keluarga saat akhir pekan atau liburan.

39. Air Terjun Awul

Alamat: Ciatayam Desa Cibodas, Kecamatan Majalengka
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Awul (foto: tempatwisataunik.com)

Air terjun Awul salah satu wisata air terjun yang masih sangat terjaga kebersihan dan keaslian lingkungannya. Air terjun ini memiliki ekosistem, alam serta kebersihan yang sangat asri. Tingginya hanya sekitar 5 mater, lokasi ini juga belum banyak diketahui orang.

Rute untuk sampai ke sini sedikit sulit karena lokasinya sedikit tertutup dan terpelosok. Meski begitu hal ini menjadi menarik karena sangat nyaman bagi yang sedang ingin mencari ketenangan sembari menikmati alam.

40. Curug Ciwanda

Alamat: Lemahsugih
Koordinat: Klik disini

Curug Ciwanda (foto: tempatwisatakotamajalengka.blogspot.com)

Curug Ciwanda masih terbilang baru. Destinasi alam ini diperkenalkan oleh para pecinta alam daerah Majalengka khususnya para mahasiswa dari sebuah universitas di Majalengka. Berada di Lemahsugih, pemandangan alam bebas yang sangat mempesona.

41. Air Terjun Baligo

Alamat: Bantaragung, Sindangwangi
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Baligo (foto: fauziprima.blogspot.com)

Air terjun Baligo atau curug Baligo salah satu wisata air terjun yang lumayan tinggi. Wisata ini masih terbilang belum banyak dikenal orang sehingga belum banyak fasilitas lengkap di tempat ini. Meski begitu potensi wisata ini cukup menjanjikan dengan pemandangan alam pegunungan yang sejuk.

Untuk sampai ke lokasi air terjun perlu berjalan kaki menelusuri jalan setapak sekitar 10 menit dengan pemandangan sawah dan bukit. Ada jembatan bambu yang dibuat oleh warga setempat yang harus di lewati untuk mendekati air terjun.

42. Air Terjun Ibun Pelangi

Alamat: Sukadana, Majalengka, Jawa Barat 45462
Tarif: Rp 2.000
Telepon: 0817-613-246
Koordinat: Klik disini

Air Terjun Ibun Pelangi (foto: wisataterbaru.com)

Air terjun pelangi atau disebut sebagai Ibun Pelangi menawarkan keindahaan yang berbeda di daerah Majalengka ini. Kita akan diberi suguhan pelangi yang bisa dilihat secara kasat mata saat melihat air terjun ini. Durasi waktu muncul pelangi yakni dari jam 08.00 hingga 10.00 serta jam 12.00 hingga 17.00.

Tetapi untuk bisa menikmati itu kita diharuskan sedikit menguji keberanian kita menyusuri air terjun ini. Perlu melewati jalur penurunan yang sangat curam dengan kemiringan 85 derajat belum lagi jalan tanah yang perlu ekstra hati-hati saat melewatinya. Setelah melewati itu semua barulah kita akan mendapat suguhan goa serta tebing air terjun yang deras dan sejuk.

43. Petilasan Prabu Siliwangi

Alamat: Pajajar, Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45472
Koordinat: Klik disini

Petilasan Prabu Siliwangi (foto: twitter.com)

Petilasan Prabu Siliwangi bisa dikatakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan paket lengkap. Terdapat obyek wisata budaya, wisata alam dan juga wisata air. Tempatnya berada di kawasan hutan kecil tetapi memiliki pohon-pohon besar nan rimbun sehingga udarana sangat segar dan sejuk.

Di sini ada dua wisata telaga yaitu telaga pancur serta telaga emas atau situ Cipadung. Sumber airnya berasal dari dasar telaga yang sangat jernih lalu disalurkan dengan pipa dan dipancurkan oleh patung bentuk lumba-lumba. Dan daya tarik yang paling utama ialah destinasi wisata ziarah serta budaya mengenai Prabu Siliwangi yang pastinya sarat akan ilmu budaya dan situs sejarah.

44. Obyek Wisata Curug Sidomba Kuningan

Alamat: Peusing, Jalaksana, Peusing, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45554
Telepon: 0812-2207-1206
Koordinat: Klik disini

Obyek Wisata Curug Sidomba Kuningan (foto: idtempatwisata.com)

Wisata Curug Sidomba ini memang berada di daerah Kuningan tetapi masih sama menjadi bagian dari kaki gunung Ciremai. Lokasinya juga strategis dengan jalan yang sudah baik. Curug Sidomba atau nama lainnya curug Cidomba, di daerah ini banyak domba yang memiliki tanduk lebih dari dua.

Curug atau air terjunnya sendiri hanya memiliki ketinggian 3 meter, bisa dikatakan curug ini termasuk curug buatan dari aliran sungai yang mengaliri daerah ini. Meski begitu airnya sangat jernih dan segar karena sumber utamanya dari air gunung Ciremai. Curug ini dibendung dan di tempati aneka macam ikan mas juga ikan “Kancra Bodas.”

Tak jauh dari wisata air terjun ada bangunan masjid cukup megah dengan satu menara yang diberi nama Asma’ul Husna. Ini juga menjadi salah satu pemikat, untuk sampai puncak menara harus melalui tangga menara dengan jumlah 9 anak tangga sesuai dengan namanya. Dari atas ketinggian itulah akan ada suguhan pemandangan kaki gunung Ciremai.

45. Taman Wisata Linggarjati

Alamat: Jl. Bandorasa-Linggarjati, Linggamekar, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556
Jam Operasional: Senin-Minggu 08.00-18.00
Tarif: Rp 3.500/orang
Rp 4.000/orang
Telepon: (0232) 613188
Koordinat: Klik disini

Taman Wisata Linggarjati (foto: telusurindonesia.com)

Taman wisata Linggarjati ialah salah satu rute pendakian gunung Ciremai. Tempat ini berupa hutan sangat luas salah satu bagian dari hutan lindung gunung Ciremai yang terpisah. Bentuknya menurun dari arah barat ke timur dengan ketinggian tempat 55 mdpl.

Aneka hewan dan tumbuhan menarik masih bisa ditemui di sini. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata karena lokasinya yang sejuk dan nyaman karena keteduhannya. Daya tarik lain dari taman wisata ini ialah adanya gedung bersejarah tempat berlangsungnya perjanjian Linggarjati antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *