25 Tempat Wisata di Nganjuk Yang Menarik dan Terkenal. Nomer 11 Bagus Banget! 5/5 (2)

Posted on
Objek tempat wisata di nganjuk jawa timur terbaru murah alam kediri lengkong kertosono foto bukit cinta batu songgong jurang gatuk sawahan kabupaten menarik loceret nama ada air terjun terkenal pantai baru gambar apa saja
Bukit Batu Songgong, gambar by instagram.com/gusto_fc_cell

Dibagian barat Provinsi Jawa Timur ini terdapat sebuah Kabupaten yang dahulu dikenal dengan sebutan Anjuk Ladang dan terkenal sekali dengan sebutan Kota Angin, yaitu Nganjuk.

Tak kalah dengan kabupaten lainnya, di Nganjuk juga punya banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kabupaten Nganjuk sendiri berbatasan dengan Kediri dibagian selatan.

Tempat wisata alamnya tak kalah keren dengan yang ada di Kabupaten lain. Nganjuk punya beberapa tempat wisata terbaru yang wajib didatangi.

Bahkan bagi kamu yang memang warga Nganjuk pasti ada yang belum didatangikan? Karena tempat wisatanya banyak yang baru. Selain wisata alam ada pula tempat-tempat bersejarah yang tak kalah bagusnya. Nah, apa saja itu?

1. Air Terjun Sedudo

Alamat: Sawahan, Ngliman, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.500 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 16.00 WIB

Air Terjun Sedudo (foto: yukpiknik.com)

Air Terun Sedudo adalah destinasi wisata yang bisa dibilang bukan baru lagi dikalangan wisatawan. Tempat ini sudah sangat terkenal. Meski beberapa orang menganggap air terjun memiliki cerita mistis tetap saja tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Pemandangan yang hijau dan indah membuat para pengunjung tidak lupa untuk mengambil gambar di air terjun ini. Suasananya pun sangat segar. Tak jarang banyak para pengunjung mandi di air terjun ini yang katanya airnya dipercaya membuat awet muda.

2. Air Terjun Sumber Manik

Lokasi: Blongko, Ngetos, Kabupaten Nganjuk
Map:
Klik Disini
HTM:
Gratis

Air Terjun Sumber Manik (foto: pegipegi.com)

Air Terjun Sumber Manik lokasinya berada di lereng sebuah gunung, yaitu Gunung Wilis. Berada di dalam sebuah kedalaman desa memang membuat air terjun ini masih belum terlalu dikenal oleh wisatawan.

Tetapi jangan salah, pesona pemandangan yang diberikan nampak sangat indah. Air terjunnya terdiri dari dua cabang dan turun dari ketinggian sekitar 35 meter.

3. Air Terjun Roro Kuning

Alamat: Bajulan, Loceret
Peta:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp 3.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam

Air Terjun Roro Kuning (foto: dzofar.com)

Keindahan alam yang diberikan oleh Air Terjun Roro Kuning memiliki cerita sejarah. Konon ceritanya air terjun ini bisa menyembuhkan seorang putri di jaman dahulu.

Lepas dari cerita tersebut, pemandangan yang diberikan disini sangat bagus. Disekitar air terjun juga terdapat sebuah monumen perjuangan. Jadi sambil menikmati indahnya alam, kamu bisa belajar tentang sejarah tentang Kota Nganjuk.

4. Air Terjun Singokromo

Lokasi: Ngliman, Sawahan
Koordinat:
Klik Disini
Buka Tutup:
08.00 – 16.00 WIB

gambar by instagram.com/tholibi

Debit air di air terjun Singokromo ini sangat besar, meski ketinggian airnya hanya 20 meter saja. Tetapi airnya sungguh masih alami, bening dan bersih. Maka tak jarang para pengunjung yang dtang banyak sekali yang mandi di air terjun Singokromo ini.

Lokasinya berada di Desa Sawahan, hanya berjarak kurang lebih 30 km dari kota. Bagi kamu yang menggunakan roda empat hanya bisa sampai di pintu gerbang bawah. Selanjutnya kamu harus berjalan kaki menuju air terjun ini.

5. Air Terjun Ngebleng

Alamat: Desa Pule, Kecamatan Jatikalen
Koordinat: 
Klik Disini

Air Terjun Ngebleng (foto: wisatapetualang.blogspot.com)

Air terjun ini memiliki perbedaan dari yang lain, yaitu memiliki tiga tingkat air terjun. Uniknya belum dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat, tempat ini sudah banyak didatangi oleh para pengunjung.

Jalan menuju air terjun ini memang sedikit menantang, kamu harus masuk ke pelosok-pelosok desa dan kemudian melewati hutan dan berjalan kurang lebih sejauh 3 km.

Tetapi rasa kamu akan terbayar saat melihat keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Ngebleng.

6. Air Terjun Watu Lumbung

Alamat: Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Air Terjun Watu Lumbung (foto: twitter.com)

Selain wisata air terjun yang sudah tim jejakpiknik.com bahas diatas, di Nganjuk masih ada tempat lainnya yang belum diketahui banyak orang. Baru-baru ini pemerintah setempat membuka tempat wisata baru.

Ya, Air Terjun Watu Lumbung atau orang sekitar kadang menyebutnya Air Terjun Tetes Embun. Lokasinya bertepatan di kaki Gunung Wilis yang sudah cukup terkenal.

Karena wisata ini cukup baru, maka akses menuju air terjun belum memiliki fasilitas yang bagus. Jalanannya belum dibuat dari aspal, masih bertanah dan licin.

Jadi sangat disarankan kamu berjalan kaki dari kawasan hutan. Kendaraan bermotor kamu cukup diparkir di rumah warga. Tidak ada biaya tiket masuk, hanya saja kamu perlu membayar parkir motor.

7. Air Terjun Tirto Panji

Alamat: Kecamatan Rejoso
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:

BacaJuga:  Ranu Pane, Desa Wisata Asal Suku Tengger
Air Terjun Tirto Panji (foto: okenyus.com)

Nah, ada lagi air terjun yang abru dibuka di Kota Nganjuk, tepatnya di daerah Desa Tritik, Kecamatan Rejoso. Namanya Air Terjun Tirto Aji. Sama seperti halnya air terjun yang baru dibuka lainnya, disini juga belum ada fasilitas jalan yang baik.

Masih tergolong sangat berat. Meski demikian banyak juga yang berdatangan ke Air Terjun Tirto Aji untuk menghilangkan rasa penasaran. Bahkan banyak pula warga Nganjuk yang datang.

Setelah berjalan kaki melewati hutan, tak lama kamu akan menemui suara gerojokan atau tumpahan air yang seolah0olah menghilangkan rasa lelah. Hawa sejuk dan dingin akan kamu rasakan. Serta pemandangan yang sangat asri akan tampak disekeliling air terjun.

8. Jurang Gatuk

Alamat: Desa Gondang, Kecamatan Pace
Koordinat: 
Klik Disini

Jurang Gatuk (foto: ngadem.com)

Jurang Gatuk mungkin masih tidak terlalu diketahui oleh wisatawan, bahkan oleh masayarakat Nganjuk sendiri. Karena tempat ini tergolong tempat wisata terbaru di Nganjuk. Jurang Gatuk adalah jurang yang ada aliran air yang begitu jernih.

Tentu saja bukan jurang yang menyeramkan, bahkan dijamin kamu pasti akan menyukainya. Untuk dapat sampai ke tempat ini kamu hanya bisa melalui dengan jalan kaki saja.

9. The Legend Waterpark

Alamat: Jalan Raya Surabaya- Madiun KM. 04, Nglawak, Kertosono, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 25.000 / orang
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:
0358 556454

The Legend Waterpark (foto: eastjava.com)

Disuguhkan banyaknya wahana air bisa kamu dapatkan di The Legend Waterpark Nganjuk. Konsepnya antara perpaduan indahnya pemandangan dan beberapa patung dinosaurus. Wahana air tersebut seperti Kolam Ombak, Spiral Slide, Racing Slide dan masih banyak wahana lainnya.

Selain wahana air, terdapat juga fasilitas 3D Dino Art. Didalam ruangan ini kamu dapat melihat banyak sekali sketsa Dinosaurus yang sangat mirip dengan aslinya. Biasanya banyak sekali pengunjung yang mengambil foto di tempat ini.

10. Agrowisata Perkebunan Mawar

Alamat: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan
Koordinat: 
Klik Disini

Agrowisata Perkebunan Mawar (foto: media.halomalang.com)

Di Kabupaten Nganjuk juga terdapat sebuah Agrowisata yang menyuguhkan pemandangan sangat indah yaitu perkebunan mawar. Selain menikmati alam yang ada, kamu juga memperoleh pengetahuan tenang bercocok tanam bunga mawar.

Bahkan kamu bisa membeli oleh-oleh produk buatan dari bunga mawar seperti sirup dan parfum. Tentu kamu belum pernah kan merasakan sirup dari bunga mawar. Tempat wisata ini sangat pas sekali kamu datangi bersama keluarga saat liburan atau weekend datang.

11. Bukit Batu Songgong

Alamat: Margopatut, Sawahan
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 18.00 WIB

Bukit Batu Songgong (foto: nusantaranews.co)

Sekitar 4 km dari jalan raya Kabupaten Nganjuk, kamu dapat menemui bukit ini. Namanya Bukit Batu Songgong, biasanya orang menyebutnya dengan bukit cinta karena banyak sekali anak-anak muda berpacaran disini.

Perjalanan menuju bukit ini sedikit menantang, jalannya berbatu serta kamu juga akan menemui tanjakan jalan dan turunan. Jadi kamu wajib berhati-hati agar bisa sampai bukit dengan selamat.

Terdapat monumen-monumen mini dan disusun dari lempengan batu. Dari jauh memang terlihat taman yang ditata dengan batu-batu di taman alam.

12. Museum Anjuk Ladang

Alamat: Jl. Gatot Subroto, Kauman, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
08.00 – 14.00 WIB
No Telp:
0358 821793

Museum Anjuk Ladang (foto: museumnganjukk.wordpress.com)

Salah satu tempat untuk mengenang sejarah bangsa adalah museum. Ya, salah satunya ada di Kota Nganjuk. Tepatnya berada di Jalan Gatot Subroto ada museum yang bernama Anjuk Ladang.

Museum ini menyimpan banyak sekali arca-arca dari batu dan patung – patung. Di sisi lain ada sebuah patung yang selalu menjadi pusat perhatian pengunjung yaitu Lara Bengok.

Dan masih banyak lagi yang tersimpan di museum ini, jadi kamu wajib mengunjungi museum ini jika ke Kota Nganjuk.

13. Pura Kerta Bhuwana

Alamat: Desa Bajulan, Kecamatan Loceret
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
09.00 – 16.00 WIB

Pura Kerta Bhuwana (foto: eastjava.com)

Pura yang berumur paling tua di Pulau Jawa ini ternyata berada di Kabupaten Nganjuk. Letaknya tepat persis berada di lereng gunung sehingga udara yang ada disekitar pura sangat sejuk.

Tepatnya di Desa Bajulan, banyak sekali warganya yang memeluk agama Hindu. Mulai dari warga yang sudah turun temurun ada disana hingga para pendatang.

Meski demikian, mereka hidup damai bersama pemeluk agama lain di desa sekitarnya. Jika kamu penasaran maka harus datang ke Pura Kerta Bhuwana. Tak jarang sering dilakukan kegiatan di hari-hari tertentu.

BacaJuga:  Jual Apa Saja Pasar Atom Mall Surabaya: Butik Dress, Wisata Kuliner + Buka Jam Berapa?

14. Sendang Putri Wilis

Alamat: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 / orang

Sendang Putri Wilis (foto: jejak-nganjuk.blogspot.com)

Tempat wisata yang satu ini tentu saja sudah banyak dikenal oleh masyarakat Nganjuk. Ya, Sendang Putri Wilis. Pesona keindahan pemandangan yang akan membuat kamu merasa nyaman ketika berkunjung ke Sendang Putri Wilis.

Suara air yang mengalir serta kicauan burung membuat kamu tak akan melewatkan untuk mandi disini. Airnya begitu jernih dan bagus. Batu-batu yang ada disekitaran membuat tempat ini begitu eksotis.

Sendang Putri Wilis tidak pernah sepi oleh pengujung, apalagi di hari libur dan weekend.

Sendang Putri Wilis ini berada di Desa Ngliman, searah dengan wisata air terjun Sedudo. Perjalanan menuju Sendang Putri Wilis ini cukup menantang adrenalin, kamu perlu berjalan kaki melewati bebatuan serta sungai.

15. Grojogan Duwur Sumbermiri

Alamat: Lengkong, Sumbermiri, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Grojogan Duwur Sumbermiri (foto: cdninstagram.com)

Grojogan Duwur Sumbermiri memang belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Tetapi sangat disayangkan jika dilewatkan ketika kamu berkunjung ke Kota Nganjuk. Pemandangan di Grojogan Duwur Sumbermiri ini sungguh akan sangat memikat hati dan mata.

Banyak orang menilai Grojogan Duwur Sumbermiri seperti surga dunia, airnya yang begitu jernih serta pemandangan disekitar membuat kamu betah dan merasa nyaman.

Akses menuju Grojogan Duwur Sumbermiri memang dirasa cukup sulit karena jalannya rusak. Tetapi jangan kawatir, sesampainya di Grojogan Duwur Sumbermiri semua lelah kamu akan terbayar dengan keindahannya.

16. Candi Ngetos

Alamat: Jl. Ngetos-Berbek, Ngetos, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif: Gratis

Candi Ngetos (foto: tripadvisor.com)

Candi yang satu ini memang cukup unik, berada di pinggiran jalan aspal sehingga banyak sekali pengunung yang sering datang kesini. Konon sejarahnya bahwa Candi Ngetos ini tempat makam dari Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit.

Menurut kepercayaan dari penduduk setempat, di dalam candi ini ada dua buah arca, yaitu Paidon dan Baki yang dibuat dari kuningan.

Agar bisa sampai ke tempat ini, kamu harus mencari jalan menuju arah Sedudo. Tenang saja Candi Ngetos ini tempatnya sangat strategis dan mudah ditemui. Untuk masuk ke tempat ini juga tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

17. Goa Margo Tresno

Alamat: Jalan Kr Goa Margo Tresno, Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu
Koordinat:
Klik Disini
Tarif: Rp 3.000

Goa Margo Tresno (foto: gokediri.com)

Goa Margo Tresno berada di daerah Sugihwaras Kecamatan Ngluyu. Lokasinya berada di dalam desa membuat perjalanan menuju goa ini menantang dan seru. Sesampai di gerbang pintu masuk, kamu akan dikenakan tarif sebesar 3ribu rupiah.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki karena motor kamu harus diparkir. Tak jauh, hanya sekitar 500 –  600 meter saja. Disepanjang jalan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang apik dan udaranya cukup segar.

Sampai di Goa Margo Tresno, jangan disia-siakan untuk mengambil foto karena tempat bersejarah ini cukup terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Nganjuk.

Disana kamu akan dipandu oleh seseorang yang sudah lama tinggal disekitar goa, tentu saja kamu akan mendapatkan banyak informasi tentang goa yang sedang kamu kunjungi saat itu.

18. Candi Lor

Alamat: Jl. Panglima Sudirman, Candirejo, Loceret, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
09.00 – 17.00 WIB

Candi Lor (image: wikimedia.org)

Candi Lor adalah candi yang tertua di Nganjuk, letaknya di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret. Candi Lor sangat mudah dijangkau, jika kamu dari alun-alun maka kamu tinggal mengambil arah lurus ke selatan.

Menurut sejarah, Candi Lor adalah asal usul dari Kota Nganjuk. Meski ada beberapa yang rusak, candi ini memang sengaja tidak di renovasi agar tidak mengurangi nilai sejarahnya. Meski demikian tidak mengurangi wisatawan yang datang kesini.

19. Monumen Dr. Soetomo

Alamat: Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
24 jam

Monumen Dr. Soetomo (foto: nganjukshop.com)

Dr. Soetomo adalah seorang cendekiawan yang sedang memperdalam ilmu di Pulau Jawa. Patung yang ada di Nganjuk ini merupakan patung ketiga yang diresmikan oleh Bapak Harmoko yang pada saat itu menjabat Menteri Penerangan RI.

Patung lainnya berada di Kota Surabaya. Jika kamu mengunjung tempat bersejarah ini, selain patung kamu juga bisa berkeliling ke tempat lain. Seperti, Pendopo, Pringgitan dan beberapa peralatan kedokteran yang dipamerkan.

Monumen Dr. Soetomo ini didirikan diatas tanah seluas 6 hektar. Lokasinya juga sangat strategis, berada di Desa Ngepeh Kecamatan Loceret. Ada petugas yang menjaga monumen ini selama 24 jam.

BacaJuga:  10 Gambar Gua Selomangleng Kediri, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju Wisata, Tiket Masuk + Rahasia Misteri

20. Klenteng Hok Yoe Kiong

Alamat: Jl. Raya Sukomoro Nganjuk, Sukomoro, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 3.000
Jam Operasional:
09.00 – 21.00 WIB

Klenteng Hok Yoe Kiong (foto: jagadtalirasa.blogspot.com)

Klenteng Hok Yoe Kiong yang ada di Nganjuk ini memiliki keunikan tersendiri, terdapat sebuah sarang semut yang dipercaya umurnya lebih lama 3 tahun dari bangunan klenteng ini. Meski secara bangunan klenteng ini tidak jauh beda dengan klenteng yang ada di beberapa daerah lainnya.

Yang menjadi unik juga saat dilakukan sembahyang, para semut ini keluar dari sarangnya. Berbeda saat acara kunjungan wisata, semu-semut ini tidak akan keluar dari sarangnya. Ini dipercaya bahwa akan membawa berkah dan apa yang diinginkan akan cepat terkabul.

21. Monumen Geriliya Jenderal Sudirman

Alamat: Bajulan, Loceret
Koordinat: 
Klik Disini

Monumen Geriliya Jenderal Sudirman (foto: tempo.co)

Jenderal Sudirman adalah salah tokoh pahlawan terbesar di Indonesia. Terbentuknya TNI merupakan salah satu apa yang dilakukan oleh beliau.

Maka dari itu sebagai penghargaan terhadap beliau, di Kabupaten Nganjuk didirikan sebuah Monumen Gerlya Jenderal Sudirman. Lokasi monumen ini sendiri tidak jauh dari tempat wisata alam yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu Air Terjun Roro Kuning.

Lebih tepatnya berada di samping tempat wisata tersebut. Masih berdiri kokok maka tak jarang wisatawan yang berkunjung ke monumen ini tidak lupa untuk diambil gambar sebagai kenang-kenangan.

22. Embung Estumulyo

Alamat: Sawahan, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Embung Estumulyo (photo: twitter.com)

Masih dari Kota Nganjuk, masih ada tempat wisata yang wajib dikunjungi yaitu Embung Estumulyo. Embung Estumulyo ini sebuah cekungan digunakan untuk meningkatkan kualitas yang ada di sungai.

Menampung air hujan mencegah banjir dan untuk mengairi sawah pertanian adalah salah satu dari fungsi Embung Estumulyo.

Embung ini berada dikawasan pegunungan, jadi udara yang diberikan selalu sejuk dan segar. Lokasinya jika kamu berangkat dari Alun-alun Nganjuk maka harus melewati jalan A. Yani. Jalannya sangat mudah dilalui dan beraspal.

23. Taman Kota Pandan Wilis

Alamat: Warungotok, Kabupaten Nganjuk
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 21.00 WIB
Telepon:
0812 1044 6475

Taman Kota Pandan Wilis (foto: putra-wilis.blogspot.com)

Taman Kota Pandan Wilis merupakan taman rekreasi keluarga yang terbilang baru di Nganjuk. Berada di tepi jalan sehingga taman ini mudah sekali ditemui. Banyak sekali yang berkunjung di taman ini di pagi hari dan sore hari.

Banyak permainan anak serta fasilitas lainnya. Mulai dari wahan air, taman bunga serta beberapa monumen di taman yang disekelilingnya terdapat sebuah kolam.

Selain itu area parkir kini sudah tertata dengan rapi, karena pemuda kampung membuka jasa penitipan motor. Selain orang dewasa yang datang ke taman ini, tak jarang juga anak-anak bersama orang tuanya juga mengunjungi Taman Kota ini.

24. Masjid Yoni Al-Mubarok

Alamat: Jl. Mayjen Supeno No.76, Ngrawan, Berbek
Koordinat: 
Klik Disini

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak
Masjid Yoni Al-Mubarok (foto: panoramio.com)

Nah, setelah berwisata alam dan kota, kali ini kami akan merekomendasikan wisata religi yang ada di Kabupaten Nganjuk. Masjid Yoni Al-Mubarok ini terdapat di daerah Berbek tepatnya berada di barat Alun-alun. Masjid ini memiliki sejarah tersendiri, yaitu dibangun berdasarkan prasasti Sosrokusumo.

Arsitektur dari masjid ini masih sangat kental dengan desain dan konsep Jawa. Ukiran di kayu jati memenuhi semua ornamen masjid mulai dari dinding dan langit-langit.

Tak hanya itu, dekorasi yang menghiasi masjid juga menggunakan nuansa Jawa, seperti jam dinding dan lingga yoni. Sangat unik maka kamu wajib mengunjunginya ketika datang ke Kabupaten Nganjuk.

25. Makam Kanjeng Jimat

Alamat: Jl. Mayjen Supeno No.76, Ngrawan, Berbek
Koordinat: 
Klik Disini

Makam Kanjeng Jimat (foto: eastjava.com)

Makam Kanjeng Jimat ini berada satu komplek dengan Masjid Yoni Al-Mubarok, yaitu berada disebelah timur. Kanjeng Raden Toemenggoeng Sosrokoesoemo atau yang lebih sering disebut Kanjeng Jimat adalah pimpinan cikal bakal sejarah dari keberadaan Kabupaten Nganjuk.

Disebelah utara makan ada sebuah payung yang bertingkat dua, sedangkan disebelah selatan terdapat sebuah prasasti yang memiliki tulisan arab tetapi masih dengan Bahasa Jawa.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

2 thoughts on “25 Tempat Wisata di Nganjuk Yang Menarik dan Terkenal. Nomer 11 Bagus Banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.