30 Daftar Tempat Wisata di Palembang Sumsel Yang Terkenal Pulau Kemaro Kota Terbaru 2017

Posted on
Tempat wisata di palembang sumsel yang terkenal pulau kemaro kota terbaru 2017 bahasa inggris pantai sumatera selatan kawah tengkurep air terjun lematang indah menarik terbaik unik malam tanah mas apa saja objek foto lokasi rekomendasi daftar religi budaya sejarah
tempat wisata di Palembang (foto: pegipegi.com)

Tempat wisata di palembang sangat beragam. Saat ini pun banyak objek terbaru 2017 bermunculan, sehingga banyak tempat yang bisa wisatawan kunjungi. Selain itu wisatawan juga bisa berwisata kuliner seperti berburu pempek, tekwan dan berbagai macam makanan khas Palembang lainnya.

Apa saja tempat wisata di Palembang yang wajib untuk Anda kunjungi? Simak daftar obyek menarik di Palembang lengkap dengan peta lokasinya berikut ini:

1.  Jembatan Ampera

Lokasi: Jl. Lintas Timur Palembang Sumatera Selatan
Koordinat: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam

Jembatan Ampera (foto: lihat.co.id)

Jembatan Ampera merupakan ikon dari Kota Palembang yang terkenal. Ampera sendiri merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan Ampera tepat berada di atas Sungai Musi.

Berwisata ke Palembang tidak akan lengkap rasa nya jika tidak datang ke jembatan ini. Sebaiknya Anda datang ke sini saat malam hari, sebab Ampera akan terlihat lebih indah saat malam hari.

2. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Alamat: Jl. Kolonel H. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang-Alang Lebar
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.10.000/orang dan Rp.5.000/anak-anak
Jam Operasional: Senin – Jumat  (09.00 – 16.00), Sabtu – Minggu (09.00 –  17.00)

taman hutan wisata punti kayu (foto: lihat.co.id)

Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan tempat wisata di Sumatera Selatan khusus untuk liburan bersama dengan keluarga. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini adalah hutan dan menjadi hutan wisata satu-satunya di Palembang.

Luas nya kira-kira 50 hektar dan sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah melintasi jembatan kayu, berenang, bermain dengan perahu dan lain-lain.

3. Pulau Kemaro

Lokasi: Sei Selayur, Kalidoni, 1 ilir
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.30.000/orang

Pulau Kemaro (foto: pegipegi.com)

Rugi besar kalau Anda datang ke Palembang namun tidak mengunjungi tempat wisata satu ini. Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dan terbaik di Palembang.

Disini juga biasa dijadikan sebagai tempat wisata religi oleh umat Buddha dikarenakan adanya bangunan Wihara.

Umat Buddha biasanya akan mengunjungi wihara ini untuk berdoa dan juga beribadah. Pulau Kemaro memiliki cerita yang tragis dimana seorang Putri Palembang yang gagal menikah dengan anak dari seorang raja China. Putri dan raja tersebut terjun ke sungai dan akhir nya tenggelam bersama.

Anda juga bisa datang ke Pulau ini saat perayaan Cap Go Meh. Saat perayaan tersebut pulau ini akan dipenuhi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Anda bisa berbincang-bincang dengan turis asing yang datang ke pulau ini menggunakan bahasa inggris.

4. Masjid Cheng Ho Palembang

Alamat: 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota 30267
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Gratis

Masjid Cheng Ho Palembang (foto: indonesiakaya.com)

Palembang memiliki banyak sekali tempat yang kaya akan sejarah, unik dan kaya akan budaya. Salah satu tempat yang memiliki multi budaya adalah Masjid Cheng Ho Palembang ini.

Dinamakan multi budaya dikarenakan masjid ini dengan memadukan unsur Melayu, Cina, Nusantara dan Arab. Anda bisa melihat unsur-unsur tersebut dari arsitektur masjid ini. Masjid ini memiliki dua lantai dengan jumlah jamaah sekitar 600 jamaah.

5. Danau Tanah Mas

Lokasi: Tanah MAS, Talang Kelapa, Sukamoro, Talang Klp, Kabupaten Banyu Asin
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 20.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Danau Tanah Mas (foto: danautanahmas.blogspot.co.id)

Berwisata bersama dengan keluarga bisa berlibur ke Danau Tanah Mas Palembang. Awalnya danau ini dibangun untuk sarana hiburan saja, namun lama kelamaan danau ini dijadikan sebagai tempat wisata.

Danau ini merupakan tempat baru di Kota Palembang. Wisatawan yang ada di sini bisa menikmati fasilitas yang disediakan di tempat ini seperti Waterpark, bermain perahu bebek di danau dan bermain di Taman Dinosaurus Area.

6. Kawah Tengkurep

Alamat: 3 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang 30111
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang

kawah tengkurep (foto: ksmtour.com)

Kawah Tengkurep merupakan tempat wisata di Palembang yang bersejarah. Di Kawah Tengkurep ini pengunjung tidak akan melihat kawah namun kompleks makam kerajaan Palembang Darussalam.

Disudut dari area pemakaman, Anda bisa melihat urutan silsilah dari Sultan Palembang. Dinamakan Kawah Tengkurep dikarenakan bentuk ari atap makam utama mirip dengan cawan yang terbalik.

7. Air Terjun Lematang Indah

Lokasi: Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.4.000/orang

air terjun lematang indah (foto: kompasiana.com)

Wisata alam yang bisa Anda jadikan sebagai objek foto adalah Air Terjun Lematang Indah. Tinggi air terjun sekitar 40 meter dan menjadi objek rekreasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan saat liburan tiba.

Untuk menuju ke lokasi air terjun dibutuhkan perjuangan yang ekstra sebab jalan nya terjal dan juga berliku. Meski begitu keindahan air terjun ini dapat mengobati lelah Anda.

8. Pulau Maspari

Alamat: Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tepatnya di Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan
Koordinat: KlikDisini
Telepon: (+62) 8080000800

Pulau Maspari (foto: kompasiana.com)

Jika Anda mengira Palembang tidak memiliki wisata pantai, anggapan Anda tersebut salah. Palembang memiliki wisata pantai tepatnya berada di Pulau Maspari. Saat berada di pantai pulau ini, Anda akan menemukan hamparan pasir putih dan juga pohon bakau.

Pulau ini termasuk pulau yang belum ada penghuni hanya ada dua bangunan yaitu kantor dinas milik Dinas Perikanan dan Kelautan milik dari provinsi Sumatera Selatan.

9. Al-Quran Raksasa

Lokasi: Jl. Moh. Amin, Gandus, Sumatera Selatan 30149
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang

alquran raksasa (foto: mirajnews.com)

Khusus untuk umat Islam, Anda bisa berwisata religi ke tempat ini. Wisata religi yang menarik ini lokasinya tepat berada di dalam Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang.

Anda bisa melihat Al-Quran dengan ukuran raksasa dimana setiap lembaran terbuat dari lembar kayu tembesu dan ayat Al-quran nya pun dipahat dan huruf nya diberikan warna kuning.

10. Bukit Siguntang

Alamat: Bukit Lama, Ilir Bar. I 30137
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang
Jam Operasional: mulai pukul 08.00

Bukit Siguntang (foto: hellopalembang.com)

Wisata di Palembang yang tidak boleh untuk Anda lewatkan adalah Bukit Siguntang yang ada di Palembang. Dulunya bukit ini dijadikan sebagai ritual untuk tempat peribadatan dan sering dijadikan sebagai lokasi untuk semedi.

Selain berwisata Anda bisa berziarah ke makam para Bangsawan yang dipercaya sebagai pendiri Kota Palembang. Tinggi bukit ini sekitar 29 sampai dengan 30 meter di atas permukaan laut. Bukit ini masih di sakral kan oleh masyarakat setempat sehingga Anda harus menjaga perkataan dan kesopanan ketika berkunjung ke bukit ini.

11. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Lokasi: Jl. Sultan Mahmud Badaruddin, 19 Ilir, Bukit Kecil 30113
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang, Rp.2.000/mahasiswa
Telepon: (0711) 371202
Jam operasional: Senin – Kamis (09.00 – 15.30), Kamis (09.00 – 16.00), Sabtu-Minggu (09.00 – 15.00)

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II (foto: panduanwisata.id)

Wisata sejarah yang tidak boleh untuk Anda lupakan ketika berkunjung ke Palembang adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Dinamakan sebagai wisata bersejarah dikarenakan museum ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Palembang Darussalam yang sangat dijaga keberadaannya.

Keunikan dari museum ini pengunjung harus menaiki anak tangga yang berkelok-kelok ketika akan masuk ke museum. Museum ini berfungsi untuk menyimpan koleksi benda-benda yang memiliki sejarah tinggi seperti arkeologika, biologi dan masih banyak lagi-lainnya.

12. Benteng Kuto Besak

Alamat: Jl. Dr. Ak. Gani, 19 Ilir, Bukit Kecil 30113
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang
Jam Operasional: 24 Jam

Benteng Kuto Besak (foto: tripadvisor.co.id)

Benteng Kuto Besak merupakan benteng yang termasuk dalam bangunan  keraton Palembang. Benteng ini sudah berumur lebih dari dua abad. Bangunan ini didirikan sejak tahun 1780 oleh orang Tionghoa.

Untuk pembangunannya menggunakan bahan material berupa batu bata, batu kapur dan yang unik di sini perekat nya tidak menggunakan semen namun menggunakan putih telur.

Letak dari benteng ini menghadap ke Sungai Musi. Di dalam benteng terdapat kantor kesehatan milik Kodam Sriwijaya II dan ada rumah sakit. Saat ini Benteng Kuto Besak ditempati oleh Kodim Militer Sriwijaya.

13. Masjid Agung Palembang

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Bukit Kecil 30111
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

Masjid Agung Palembang (foto: seputaranpalembang.blogspot.co.id)

Obyek religi yang bisa Anda kunjungi adalah Masjid Agung Palembang. Sesuai dengan namanya masjid agung ini memiliki bangunan yang cukup luas dan besar. Masjid ini sama dengan Masjid Cheng Ho dimana memadukan tiga kebudayaan.

Dilihat dari arsitekturnya, masjid Agung Palembang memadukan tiga kebudayaan seperti Nusantara, Eropa dan juga Tiongkok. Pengunjung yang datang ke sini bisa melihat nya di setiap lekuk bangunan masjid.

Saat Anda melihat pintu masjid ini, kebudayaan Eropa melekat pada pintu tersebut sedangkan untuk atap nya memiliki arsitektur bergaya Tiongkok dikarenakan atap masjid nya bentuk nya mirip dengan kelenteng. Ciri khas Nusantara melekat pada setiap menara yang ada di sini.

14. Kambang Iwak Family Park

Alamat: Jalan Tasik, Talang Semut, Bukit Kecil
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Gratis
Jam Operasional: 24 Jam

kambang iwak family park (foto: backpackerjakarta.com)

Tempat yang bisa Anda kunjungi saat malam hari adalah Kambang Iwak Family Park. Wisata ini berupa danau yang letaknya ada di pusat kota. Danau ini memiliki pohon yang lebat sehingga sangat terasa sejuk saat berada disini.

Pengunjung yang datang ke tempat ini saat malam hari akan melihat air mancur yang sangat indah kena sorotan lampu warna-warni.

Anda juga bisa merasakan berbagai macam fasilitas yang ada di danau ini misalnya saja trek lari untuk pagi hari, tempat duduk yang nyaman dan fasilitas kamar mandi yang memadai.

15. Monumen Perjuangan Rakyat

Lokasi: Jl. Merdeka No. 1, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Gratis
Telepon: (0711) 358450
Jam Operasional: 24 Jam

Monpera (foto: 1001wisata.com)

Sama seperti dengan kota lainnya, Palembang memiliki pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang untuk melawan penjajah kala itu. Jika di Jogjakarta ada Monumen 1 Maret, di Palembang ada Monumen Perjuangan Rakyat Palembang atau yang disebut dengan Monpera.

Lokasi dari monumen ini berada di tengah kota, sehingga sangat strategis dan mudah di akses. Saat Anda masuk ke dalam, Anda akan menemukan benda bersejarah peninggalan masa penjajahan kala itu.

16. Gudang Teh Gunung Dempo

Alamat: Pagar Alam City, Palembang, Sumatera Selatan
Koordinat: KlikDisini
Telepon: (+62) 711 430569

gudang teh gunung dempo (foto: amabeltravel.com)

Berwisata alam di Palembang tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi tempat ini. Saat mendaki dan memandang keindahan kebun teh Dempo Anda akan merasakan keindahan dan juga kesegaran udara yang ada di tempat ini. Pemandangan pemetik daun teh pun akan Anda lihat di sini.

Pemetik teh tersebut akan membawa keranjang di pundak nya dan menggunakan caping di kepala nya, tangan mereka tampak terampil memetik pucuk daun teh yang siap panen.

Selain perkebunan teh, Anda juga bisa mendaki Gunung Dempo. Gunung Dempo adalah puncak tertinggi yang ada di Bukit Barisan.

17. Palembang Bird Park

Lokasi: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.50.000/orang
Telepon: (0711) 5740127
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 18.00)

palembang bird park (foto: kaganga.com)

Pecinta burung atau love birds bisa datang ke Palembang Bird Park. Palembang Bird Park merupakan taman burung. Taman burung ini merupakan yang pertama di dirikan di Kota Palembang.

Bird Park ini dibuka pada tahun 2015 dan didirikan di atas lahan seluas 1.000 meter dan didalamnya ada 1000 jenis burung. Di sini Anda bisa mengenalkan berbagai jenis spesies burung kepada anak-anak.

18. Taman Publik Pom IX Palembang

Alamat: Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I 30126
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 24 Jam
Telepon: 0852-1683-4179

Taman Publik Pom IX Palembang (foto: skyscrapercity.com)

Palembang menyediakan tempat wisata gratis yang cocok bagi seorang backpacker. Meski tiket masuknya gratis, namun pengunjung yang datang ke tempat ini diwajibkan untuk tetap menjaga kebersihan taman.

Taman ini termasuk taman publik sehingga siapa pun bebas masuk dan lokasinya pun berada di tengah kota sehingga sangat strategis dengan sarana publik lainnya.

Anda bisa datang bersama dengan keluarga dan anak-anak. Disini Anda bisa bersantai sambil mengawasi anak Anda bemain di arena bermain.

19. Amanzi Waterpark @ CitraGrand City Palembang

Lokasi:  Citra Grand City, Copacabana Lifestyle Center Blok D No. 38, Jl. Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Klp, Alang Alang Lebar
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.50.000 (Senin-Jumat), Rp.75.000 (Sabtu),Rp.100.000 (Minggu dan hari Libur)
Telepon:  (0711) 7441199
Jam Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 18.00)

Amanzi Waterpark @ CitraGrand City Palembang (foto: webkito.net)

Berwisata bersama keluarga khusus nya bagi Anda yang membawa anak-anak tidak akan terasa seru jika Anda tidak berkunjung ke Amanzi Waterpark @ CitraGrand City Palembang. Sesuai dengan namanya tempat ini menyediakan arena bermain air dengan wahana yang lengkap. Wahana yang bisa dicoba seperti kolam arus River Nile, the cyclone, the velocity dan masih banyak lagi lainnya.

20. Kolam Renang Lumban Tirta

Alamat: Jl. POM Kampus No.9, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I 30121
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.15.000/orang
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.30 – 17.00)

Kolam Renang Lumban Tirto (foto: skyscrapercity.com)

Salah satu rekomendasi kolam renang adalah Lumban Tirta. Kolam renang ini sempat mengalami renovasi dan akhirnya kembali dibuka pada bulan juni 2012 silam. Kelebihan dari kolam renang ini adalah aset milik pemerintah Sumsel.

21. Jakabaring Aquatic Stadium

Lokasi: Plaju Darat, Kec. Plaju 30267
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.20.000/orang
Telepon: +62711 363321
Jam Operasional: 07.00 – 19.00 WIB

jakabaring aquatic stadion (foto: skyscrapercity.com)

Saat berada di Palembang, Anda wajib untuk datang ke tempat ini, pasalnya Jakabaring Aquatic Stadium dinobatkan sebagai kolam renang terbaik se-Asia.

Dulunya stadion renang mirip Jakabaring ada di China namun sudah di bongkar. Selain fasilitasnya mewah dan bertaraf internasional, stadion renang ini memiliki desain modern yang elegan.

22. Museum Negeri Balaputra Dewa

Alamat: Jalan Sriijaya I No.288 KM 5.5, Alang Alang Lebar, Sukaramai, Srijaya
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.2.000/orang
Telepon: (0711) 412636
Jam Operasional: 08.30 – 15.00

museum negeri balaputra dewa (foto: triptrus.com)

Museum ini dibangun sejak tahun 1978 dan baru diresmikan oleh pemerintah Sumatera Selatan pada tanggal 5 November 1984. Saat ini Balaputra Dewa dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Fungsi dari museum ini untuk menyimpan 10 macam koleksi seperti koleksi Geologika, Biologika, barang tradisional Palembang dan masih banyak lagi lainnya.

23. Fantasy Island Palembang

Lokasi: Jalan Prameswara, Karya Jaya, Kertapati 30862
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.35.000 (Senin – Jumat), Rp.45.000 (Sabtu – Minggu)
Telepon: 0819-9563-2424
Jam operasional: 09.00 – 17.00

fantasy island palembang (foto: kotawisataindonesia.com)

Fantasy Island di Palembang merupakan tempat bermain air yang seru bersama dengan keluarga Anda. Harga tiket masuk nya pun lebih murah dibandingkan dengan water park yang lainnya.

Wahana yang bisa di coba di sini adalah kolam luncur, kolam arus dan sungai tsunami. Khusus Balita ada kolam khusus dengan kedalaman setengah meter atau 50 cm saja. Bagi yang tidak ingin bermain air bisa bermain go kart dan kereta gantung.

24. Air Terjun Bedegung

Alamat: Bedegung, Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.5.000/orang, Rp.10.000 – Rp 25.000 (Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional)

air terjun bedegung sumatera selatan (foto: gosumatra.com)

Tidak hanya Air Terjun Lematang Indah saja, namun ada juga Air Terjun Bedegung. Air terjun ini memiliki tinggi air sekitar 99 meter sehingga dinobatkan sebagai salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Sepanjang jalan menuju air terjun Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Untuk menuju ke tempat ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama 1 jam namun setelah itu perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki.

25. Canton Park

Lokasi: Jl. Sinar Raga No.110, 8 Ilir, Ilir Tim. II
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.10.000/orang
Telepon: 0821-7857-4635
Jam Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 21.30)

canton park (foto: nunik99.wordpress.com)

Canton Park merupakan wahana seru yang bisa mejadi sarana untuk belajar dan tertawa gembira. Fasilitas yang disediakan oleh tempat ini adalah cafe, kolam renang, arena untuk main bola basket dan masih banyak lagi lainnya.

Konsep outdoor pun diusung oleh tempat ini. Pengunjung yang datang kesini bisa bermain paintball, berenang, ngopi bareng atau bermain basket bersama dengan teman-teman.

26. Bundaran Air Mancur

Alamat: 16 Ilir, Ilir Tim. I
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 24 Jam

bundaran air mancur Palembang (foto: palembang-link.com)

Tidak hanya Bundaran HI saja yang dimiliki oleh Indonesia, namun Palembang pun memiliki Bundaran Air Mancur yang sangat menarik jika dikunjungi.

Dulunya di lokasi tersebut hanya ada bundaran saja namun lambat laun terdapat air mancurnya. Air mancur tersebut akan sangat indah saat malam hari sebab dihiasi dengan berbagai macam sorotan lampu.

Bundaran Air Mancur sudah ada sejak tahun 1970an, bahkan lokasinya pun sangat strategis dan dekat dengan tempat yang menyimpan sejarah seperti Masjid Agung, MONPERA, Jembatan AMPERA, Benteng Kuto Besak atau BKB dan pasar 16.

27. Pasar 16 Ilir

Lokasi: Jalan Pasar 16 Ilir No.53, 16 Ilir, Ilir Timur I
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 18.00)
Tarif: Gratis

pasar 16 ilir (foto: rmolsumsel.com)

Berkunjung ke suatu tempat tidak akan terasa lengkap tanpa berwisata belanja di tempat tersebut. Oleh sebab itu ketika Anda mengunjungi Palembang jangan pernah lupa untuk mampir ke tempat ini.

Pasar 16 ilir Palembang ini disebut-sebut sebagai Tanah Abangnya Sumatera Selatan. Tidak mengherankan jika aktivitas di pasar ini sangat ramai. Pasar 16 termasuk dalam pasar terbesar di Palembang.

Di bangun dengan 4 lantai, pasar ini menjual berbagai macam barang yang menarik. Anda bisa menemukan produk yang sudah bermerek misalnya saja sepatu, pakaian branded dan perhiasan emas pun bisa Anda temukan di sini.

Untuk harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan di tempat perbelanjaan lainnya di Palembang. Anda pun bisa membeli secara grosir di pasar ini.

28. Taman Rusa Pusri

Alamat: Sei Selayur, Kalidoni, Kota Palembang
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Gratis

Taman Rusa Pusri (foto: hellopalembang.com)

Ditempat ini Anda bisa melihat rusa secara langsung, sekaligus bisa memberi makan hewan tersebut. Dinamakan Rusa Pusri karena taman tersebut dikelola oleh PT Pupuk Sriwijaya (PUSRI).

Letak dari taman ini berada di kompleks perumahan dan juga di wilayah pabrik pupuk tersebut. Juga berdekatan dengan rumah sakit Pusri tepatnya ada didepan RStersebut. Saat hari libur nasional atau saat weekend taman ini akan selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

29. Kampoeng Kapitan

Lokasi: Jl. Kapten Marzuki, 7 Ulu, Seberang Ulu I
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0813-2116-4470
Jam Operasional: Senin – Minggu (24 Jam)

kampoeng kapitan (foto: infokitonian.blogspot.co.id)

Kampoeng artinya adalah desa dan nama desanya adalah Kapitan. Sesuai dengan namanya kampung ini dihuni oleh masyarakat berdarah Tionghoa.

Pembatas dari kampung ini adalah Sungai Musi di bagian utara, di bagian selatan berbatasan dengan Jalan K.H.A Azhary dan di sebelah barat berbatasan dengan Sungai Kelenteng.

Munculnya kampung ini erat kaitan nya dengan keruntuhan Kerajaan Sriwijaya dan setelah itu muncul Dinasti Ming pada abad XIV. Untuk bentuk rumah yang ada di kampung ini mengadopsi bentuk rumah tradisional atau rumah adat Palembang.

Namun pada bagian tengah rumahnya mengadopsi dari rumah China yaitu adanya ruang terbuka serta berfungsi untuk masuknya cahaya dan hawa segar kedalam rumah.

Sedangkan desain interior dalam rumah ini pun mengusung etnis China dimana banyak meja yang digunakan sebagai altar untuk memuja leluhur.

30. Taman Purbakala Sriwijaya

Alamat: Karang Anyar, Gandus
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp.3.000/orang

Taman Purbakala Sriwijaya (foto: palembanghistory.blogspot.co.id)

Taman ini termasuk taman kota yang lokasinya ada di Kecamatan Gandus. Pengunjung yang datang ke sini akan melihat pemandangan yang asri dan udara yang sejuk. Dalam kompleks bagian purbakala ada tiga gedung inti seperti kepengurusan, museum dan pelataran.

Sesuai dengan namanya, pengunjung yang datang ke sini bisa melihat benda purbakala dan bersejarah milik Kerajaan Sriwijaya seperti tombak, payung, kayu dan juga arca.

One thought on “30 Daftar Tempat Wisata di Palembang Sumsel Yang Terkenal Pulau Kemaro Kota Terbaru 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *