15 Objek Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat dan Sekitarnya Daerah Pantai Singkawang Bersejarah

Posted on

Objek tempat wisata di pontianak kalimantan barat dan sekitarnya daerah pantai singkawang bersejarah alam malam yang ada air terjun angker cari gambar kabupaten terkenal nyantai baru daftar nama travel paket agen perjalanan destinasi pulau kota ambawang
Pulau Kalimantan memiliki pesonanya sendiri, salah satunya kota Pontianak. Ibu kota Kalimantan Barat ini dikenal karena dilalui oleh khatulistiwa. Kota ini dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Ada berbagai tempat wisata yang ditawarkan mulai dari alam, sejarah,  dan lain-lain. Kita tak membahas tempat yang angker di sini namun obyek wisata yang layak dikunjungi.

Jika tak berani sendiri maka bisa menghubungi agen travel untuk melihat paket perjalanan ke tempat ini. Berikut ini daftar tempat wisata di Pontianak dan sekitarnya lengkap dengan keterangan dan gambar:

1. Taman Alun-Alun Kapuas

Alamat: Jalan Rahadi Usman, Tengah, Pontianak, Kalimantan Barat
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 05.00 – 22.00
Telepon: 0896-6891-0320

Taman Alun-Alun apuas berada di tengah kota Pontianak. Taman ini merupakan salah satu proyek ‘Waterfront City’. Letaknya berada di tepi Sungai Kapuas, depan kantor walikota Pontianak.

Taman ini memiliki desain yang tertara rapi. Masyarakat menjadikannya sebagai tempat untuk berekreasi. Ada fasilitas air mancur yang tampak indah serta replika Tugu Khatulistiwa. Datang ke Pontianak tak lengkap jika tak berkungjung ke sini apalagi lokasinya strategis.

2. Museum Tugu Khatulistiwa

Lokasi: Jl. Khatulistiwa, Siantan, Pontianak Utara, Batu Layang
Koordinat: KlikDisini
Jam Operasional: 08.00 – 16.30
Telepon: (0561) 881643

Tugu Khatulistiwa didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Tempat ini menjadi penanda letak nol derajat garis khatulistiwa. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 3 September akan diperingati hari kulminasi matahari.

Saat itu benda-benda tegak di sekitar Tugu Khatulistiwa tidak memiliki bayangan. Di dalam tugu, terdapat beberapa koleksi yang berhubungan dengan sejarah tempat itu.

Ada tugu asli yang pertama berdiri diletakkan di tengah ruangannya. Koleksi lain berupa objek fotografi dan teks yang menjelaskan tentang Tugu Khatulistiwa.

3. Museum Kalimantan Barat

Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Selatan
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 3.000/orang
Jam Operasional: Sabtu, Minggu/Libur Nasional (08.00 – 14.00), Selasa – Kamis (08.00 – 15.00), Jum’at (08.00 – 11.00, 13.00 – 15.00)

Museum Kalimantan Barat menyimpan benda-benda bersejarah yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Beberapa peninggalan yang dipamerkan berasal dari beebrapa suku bangsa yang hidup di Kalbar, misalnya Suku Melayu, Dayak, dan Tionghoa.

Terdapat 3 buah rungan yaitu Ruang Pengenalan, Ruang Budaya Kalimantan Barat, dan Ruang Keramik. Selain memamerkan benda-benda, diadakan berbagai aktivitas seperti bimbingan, survei, ceramah, sarasehan, diskusi, lomba, dan lain-lain.

4. Masjid Raya Mujahidin

Lokasi: Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan
Koordinat: KlikDisini
Telepon: (0561) 732093

Masjid Raya Mujahidin terletak di pusat Pontianak. Masjid yang nampak megah ini dapat menampung sampai 9 ribu jamaah. Halaman luar masjid juga dapat menampung sekitar 1.600 mobil.

Masjid Mujahidin bisa dijadikan tempat wisata religi dan sudah sering menjadi pusat kajian Islam di Pontianak.

5. Istana Kadriah

Alamat: Jl. Tanjung Raya No.1, Dalam Bugis, Pontianak Timur
Koordinat: KlikDisini

Istana Kadriah bisa menjadi tujuan wisata sejarah saat berkunjung ke Pontianak. Istana ini sudah dibangun sejak tahun 1771 oleh Syarif Abdurrahman Aladrie dari Kerajaan Mempawah. Sampai sekarang bangunannya masih berdiri mega.

Letaknya dekat dengan pertemuan tiga sungai yaitu Sungai Landak, Kapuas Kecil, dan Kapuas Besar. Dari luar Istana Kadriah tampak mencolok karena berwarna kuning keemasan. Istana ini dibangun dari kayu pilihan. Tak jauh dari sana terdapat Masjid Jami Sultan Abdurrahman.

6. Taman Fantasia KalBar

Lokai: Jl.Ahmad Yani 2 / Arteri Supadio, Arang Limbung, Pontianak,
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 25.000/orang
Telepon: (0561) 6726430

Taman Fantasia menyediakan waterboom yang cukup lengkap. Tak hanya tempat berenang, namun pengelola juga memiliki penginapan dan resort. Bagi yang ingin paket wisata lengkap bisa berkunjung ke Gardenia Resort and Spa dan Taman Fantasia.

7. Kolam Renang Muara Kapuas

Alamat: Sungai Beliung, Pontianak Barat
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 15.000/orang
Jam Operasional: 10.00 – 17.00, Jumat 13.00 – 17.00

Kolam Renang Muara Kapuas berada di tepi Sungai Kapuas dan merupakan waterboom terbesar di Pontianak. Tempat yang dibangun sejak 2012 ini baru dibuka pada tahun 2015. Di sana terdapat dua kolam utama dengan kedalaman berbeda.

Kolam pertama untuk anak-anak dilengkapi dengan 3 seluncuran dan ember tumpah. Kolam kedua memiliki kedalaman 1,5 meter untuk orang dewasa. Tak hanya berenang, pengunjung dapat berwisata melihat area sekitar sungai.

8. Taman Akcaya

Lokasi: Jalan Sultan Syahrir, Akcaya, Pontianak Kota
Koordinat: KlikDisini

9. Taman Digulis

Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.110F, Pontianak Tenggara, Bansir Laut
Koordinat: KlikDisini 
Jam Operasional: 08.00 – 09.00

Taman ini berada di bagian tenggara Tugu Digulis yang merupakan bangunan untuk mengenang pahlawan. Taman ini banyak dikunjungi warga untuk sekedar nyantai atau berolahraga.

Tersedia arena atraksi sepeda BMX  sehingga taman ini menjadi semakin ramai. Pohon-pohon  yang ditanam di sana berasal dari Kalbar seperti Tengkawanng, Belian, Pelaik, dan lain-lain.

10. Wisata Nusantara

Lokasi: Pasir, Mempawah Hilir, Pontianak
Koordinat: KlikDisini
Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang
Jam Operasional: 08.00 – 22.00
Telepon: 0811-5669-600

Wisata Nusantara merupakan destinasi rekreasi berupa pantai yang berada di Mempawah,Pontianak. Pada hari libur ada berbagai wahana permainan yang dibuka antara lain kolam renang, kolam pancing, perahu bebek, motor roda 4, boogey jumping, dan lain-lain.

Bagi yang ingin menginap, terdapat fasilitas hotel  atau penginapan. Jadi pengunjung bisa datang sampai malam hari.

11. Pantai Kijing

Alamat: Sungai Kunyit Laut, Pontianak
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 5.000/orang

Pantai Kijing telah lama menjadi obyek wisata terkenal di Pontianak. Pantai dengan pasir putih yang landai dan pasir putihnya mampu menarik banyak pengunjung.

Letaknya dapat dilihat dari jalan raya, memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Pontianak. Dahulu pantai ini merupakan habitat alami hutan mangrove.

12. Danau Biru

Lokasi: Wonosari, Roban, Singkawang Timur, Pajintan, Kalbar
Koordinat: KlikDisini
Telepon: 0813-4521-1234

Danau Biru berada 6 km dari pusat kota Singkawang. Pemandangan alam dengan danau berwarna biru yang indah akan menyambut para wisatawan. Wisatawan juga bisa melihat deretan Pegunungan Pasi Raya.

Dahulu daerah ini merupakan bekas tambang emas ilegal. Orang-orang biasanya datang sore hari atau pagi hari. Selain warna airnya yang biru, terdapat padang pasir bergunduk dan bebatuan yang terbentuk oleh air hujan.

Wisatawan perlu berhati-hati karena air danau dikhawatirkan berbahaya bagi tubuh sehingga tidak boleh berenang di sana. Namun bagi cari pemandangan indah saja bisa berkunjung ke sini.

13. Pantai Pasir Panjang

Alamat: Singkawang, Kalimantan Barat
Koordinat: KlikDisini
Tarif: Rp. 15.000 – 25.000/orang

Pantai Pasir Panjang berada di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang. Dinamai Pasir Panjang karena membentang sepanjang 3 kilometer. Dari sini, wisatawan bisa menikmati panorama laut yang indah serta beberapa pulau yang dibatasi perairan laut Natuna.

Ombak pantai ini cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Wisatawan juga bisa memancing karena ada banyak ikan di pantai ini. Harga tiket masuknya memang terbilang cukup mahal dibanding wisata pantai lainnya.

14. Air Terjun Riam Merasap

Lokasi: Desa Batang Air, Sahan, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang
Koordinat: KlikDisini

Air Terjun Riam Merasap memiliki ketinggian 20 meter dan lebar 8 meter. Didekatnya terdapat aliran air terjun yang beranma Riam Naik Kubik setinggi 8 meter.

Selain sebagai tempat wisata, air terjun ini dipakai juga sebagai sumber tenaga listrik. Tersedia beberapa fasilitas seperti kantin, penginapan, toko souvenir, arung jeram, dan lain-lain.

15. Hutan/Pegunungan Sungai Ambawang

Alamat: Kubu Raya, Kalimantan Barat
Koordinat: KlikDisini

Hutan dan pegunungan di Kecamatan Sungai Ambawang bisa jadi pilihan wisata alternatif. Akses  jalan sudah dipermudah sehingga tidak terlalu sulit untuk mencapai ke lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *