20 Obyek Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah: Pantai, Air Terjun, Hutan Mangrove Terbaru

Posted on
Obyek tempat wisata di rembang jawa tengah pantai air terjun hutan mangrove terbaru pantai caruban dampo awang kota lasem jateng pati air terjun karang jahe beach punjulharjo kabupaten kab juwana kecamatan daerah sale terkenal baru ada hutan mangrove lokasi sarang gunem malam religi bahari rumah pohon
Tempat Wisata di Rembang (foto: panoramio.com)

Kabupaten Rembang terletak di bagian ujung Provinsi Jawa Tengah, tepatnya berbatasan langsung dengan Kab. Tuban di Jawa Timur. Lebih lengkapnya batas yang dimiliki Kab Rembang yaitu di sebelah barat berbatasan dengan Kab. Pati, di selatan dengan Kab. Blora sedangkan di utara langsung dengan Laut Jawa. Letak inilah yang membuat Rembang memiliki beberapa objyek wisata yang wajib didatangi.

Selain tempat wisata bahari yang sudah sangat terkenal, di Rembang, Jateng ini juga memiliki destinasi wisata sejarah dan religi. Nah, kali ini kami tim Jejakpiknik.com akan merekomendasikan beberapa obyek wisata mulai dari yang sudah lama hingga terbaru yang wajib kamu kunjungi.

1. Makam Raden Ajeng Kartini

Alamat: Jl. Rembang – Blora, Kec. Bulu, Rembang
Koordinat:
Klik Disini
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Makam Raden Ajeng Kartini (foto: youtube.com)

Siapa yang tak kenal dengan sosok pahlawan yang terkenal emansipasi wanitanya, beliau yang memperjuangkan hak kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Ya, dia adalah Raden Ajeng Kartini, ternyata makam beliau ada di Kabupaten Rembang. Tempat ini sudah lama dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah setempat karena banyaknya pengunjung yang ingin berziarah.

Disekitar lokasi makam juga telah disediakan beberapa fasilitas umum seperti toilet, masjid dan beberapa kios dan pedagang yang menjual pernak-pernik tentang R.A Kartini. Tentu saja bisa dijadikan oleh-oleh dan kenangan untuk kerabat di rumah.

2. Pantai Dampo Awang

Lokasi: Desa Tasikagung, Kecamatan Lasem
Map:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Buka Tutup: 07.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:
0856 0416 5011

Pantai Dampo Awang (foto: wisatarembangblog.wordpress.com)

Ketika kita membicarakan tentang Rembang, orang pasti langsung kenal dengan pantai Dampo Awang. Pantai ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Rembang. Letaknya sangat strategis dan mudah sekali untuk dijangkau karena terdapat di pusat kota. Dulunya pantai ini bernama Taman Rekreasi Pantai Kartini. Tetapi sekarang sudag berubah menajdi pantai Dampo Awang.

Terdapat banyak sekali fasilitas yang ada di Pantai Dampo Awang. Karena pemerintah daerah Kab. Rembang juga sangat menjaga dan membangun perbaikan untuk pantai ini. Beberapa fasilitas tersebut adalah Taman bermain anak, Anjungan, Perahu wisata, Kolam buaya dan masih banyak yang lainnya.

3. Karang Jahe Beach

Alamat: Jl. Rembang-Lasem, Punjulharjo, Kecamatan Rembang
Peta:
Klik Disini
Harga Tiket Masuk:
Rp 5.000 / orang

Karang Jahe Beach (foto: googleusercontent.com)

Pantai Karang Jahe adalah salah satu obyek wisata yang diunggulkan oleh pemerintah daerah Rembang. Dengan menanam beberapa pohon cemaran membuat pantai Karang Jahe semakin indah. Selain pengunjung warga lokal yang datang, tak jarang juga dari luar kota dan turis asing yang datang. maka dari itu semakin hari pantai ini berubah nama menjadi Karang Jahe Beach.

Karang Jahe Beach memiliki akses yang sangat mudah dilalui. Lokasi pantai berada di Desa Punjulharjo Jalan Rembang – Lasem Km 7. Pasir putih yang ada serta pohon cemara membuat para pengunung betah dan lama berada di pantai ini.

4. Pantai Caruban Lasem

Alamat: Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem
Koordinat:
Klik Disini
HTM:
Rp 8.000 / orang

Pantai Caruban Lasem (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Satu lagi nih pantai yang indah dan tak kalah dengan pantai Karang Jahe, yaitu pantai Caruban. Pantai ini terletak di Desa  Gedong Mulyo Kecamatan Lasem. Pantai ini selalu ramai pengunjung banyak sekali yang datang dengan rombongan dari luar kota. Akses menuju pantai ini jika menggunakan mobil dan motor sangat mudah, tetapi jika menggunakan bis kamu harus parkir agak jauh dan berjalan kaki sekitar 10 menit.

BacaJuga:  Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara Vihara Buddhagaya Watugong Lokasi Semarang + Jam Buka

Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah lengkap, seperti toilet umum yang bersih. Kamu bisa menggunakan toilet ini untuk bilas setelah bermain air di laut. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar sebesar 8 ribu rupiah per orang.

5. Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang (foto: wikimedia.org)

Alamat: Desa Bonang, Kecamatan Lasem
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
24 jam

Di Kabupaten Rembang juga dikenal sebagai kota wisata religi dengan makam Sunan Bonang. Tepatnya berada di Desa Bonang, Kecamatan Lasem. Banyak sekali yang datang ke Petilasan Sunan Bonang ini dari luar kota bahkan ada yang dari luar pulau Jawa. Mereka datang dengan romobongan menggunakan bis yang besar.

Makam Sunan Bonang ini berada di sebuah bangunan kayu dan memiliki atap genting. Terlihat sekali bahwa tempat ini sangat dirawat dan dijaga oleh pemerintah daerah setempat. Bahkan kamu dapat melihat beberapa monyet yang ada di sekitar makam Sunan Bonang.

6. Hutan Mangrove Pasar Banggi

Alamat: Pasarbanggi, Kecamatan Rembang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 10.000 / mobil
Jam Operasional:
06.00 17.30 WIB

Hutan Mangrove Pasar Banggi (foto: panoramio.com)

Nah kali ini tempat wisata alam di Hutan Mangrove yang sudah terkenal di Kabupaten Rembang. Para pengunjung yang datang bukan hanya dari warga lokal, bahkan dari luar pulau Jateng juga banyak yang berkunjung ke tempat ini.

Akses untuk kesini juga sangat mudah. Jika kamu berangkat dari kota, cukup menuju arah Lasem kemudian belok ke kiri. Nah disana kamu akan menemukan petunjuk arah yang menunjukkan kalau kamu sudah sampai. Tidak ada restribusi tiket masuk ke tempat ini, hanya perlu bayar parkir kendaraan saja.

7. Waduk Panohan

Alamat: Desa Panohan, Kecamatan Gunem
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 15.000 / orang

Waduk Panohan (foto: qu-tutorial.blogspot.com)

Di Desa Panohan, terdapat sebuat tempat wisata yang amat bagus dan wajib dikunjungi. Waduk Panohan memiliki daya tarik yang sungguh indah pemandangannya. Sebetulnya waduk ini diangun oleh pemerintah setempat untuk memenuhi air di area persawahan warga sekitar.

Uniknya di waduk ini ada sebuah tebing dan bukit yang bisa kamu naiki. Dan diatas tebing kamu bisa menikmati pemandangan waduk yang begitu luas dari atas. Disekitar waduk banyak sekali pepohonan membuat udara begitu sejuk dan nyaman.

8. Air Terjun Pasucen

Alamat: Pasucen, Gunem, Kabupaten Rembang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 16.00 WIB
Telepon:
0852 7833 3355

Air Terjun Pasucen (foto: rembang.info)

Di kalangan media sosial saat ini Air Terjun Pasucen tengah ramai dibicarakan. Bagaimana tidak, temapy wisata ini memang sudah sangat terkenal di Rembang. Yang datang bukan hanya dari warga lokal saja tetapi dari luar kota juga banyak yang datang.

Ketinggian air terjun ini kurang lebih sekitar 25 meter dengan debit air yang cukup besar. Meski demikian tak jarang juga para pengunjung mandi disini. Akses untuk dapat samapi ke tempat ini kamu perlu berjalan kaki dari tempat parkir. Tidak begitu jauh, hanya sekitar 150 meter saja.

9. Air Terjun Kalimancur

Alamat: Desa Gowak, Kecamatan Lasem
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Air Terjun Kalimancur (foto: rembangfokus.blogspot.com)

Air Terjun Kalimancur ini memiliki ketinggian tak lebih dari 150 meter. Disekitaran air terjun banyak sekali tebing-tebing. Sering kali lokasi ini dijadikan sebagai panjat tebing oleh beberapa komunitas pecinta alam. Selain terdapat tebing dan bebatuan, banyak juga tumbuhan disekitar air terjun. Kamu juga akan mendapati burung walet yang terbang disini karena banyak sekali goa-goa kecil sebagai sarangnya.

BacaJuga:  Wisata Watu Gunung Lerep Ungaran, Harga Tiket Masuk Obyek Lokasi Semarang + Alamat Peta

10. Taman Wisata Alam Sumber Semen

Alamat: Desa Gading, Jinanten, Kecamatan Sale
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang

Taman Wisata Alam Sumber Semen (foto: destinasialam.com)

Taman Wisata Alam Sumber Semen adalah tempat wisata alam tertua di Kabupaten Rembang. Tentu saja sudah sangat dikenal oleh masyarakat Rembang. Secara administrasi, Taman Wisata Alam Sumber Semen berada di daerah desa Gading Kecamatan Sale. Banyak sekali potensi yang dimiliki oleh taman wisata ini, yaitu banyaknya Flora dan Fauna yang dilindungi.

11. Rumah Pohon Igir Wringin

Alamat: Desa Panusupan, Rajawana, Kecamatan Rembang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
07.00 – 18.00 WIB

Rumah Pohon Igir Wringin (foto: ngadem.com)

Rumah Pohon Igir Waringin berada di daerah perbatasan Karang Moncol, secara administrasi memang masuk di Kota Purbalingga. Tetapi tempat wisata ini sangat dekat sekali dengan Kabupaten Rembang. Beberapa waktu belakang, Igir Wringin memang banyak sekali didatangi oleh wisatawan. Meski tergolong baru, tempat ini memiliki akses dan fasilitas yang memadai.

Pemandangan yang ditawarkan disini sangat bagus. Kamu juga bisa langsung masuk ke rumah pohon serta mengambil foto agar bisa dijadikan kenang-kenangan.

12. Juwana Water Fantasy

Alamat: Jl. Juwana Rembang KM 7, Bumimulyo, Pati
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 45.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 17.00 WIB
Telepon:
0813 2602 5244

Juwana Water Fantasy (foto: lutfiputra36.wordpress.com)

Juwana Water Fantasy memang berada di Kabupaten Pati secara administratif. Tetapi lokasi ini lebih dekat jika kamu berangkat dari Kabupaten Rembang. Tepatnya berada di Jalan Juwana – Rembang km 8 di Desa Bumimulyo, Kecamatan Batangan. Juwana Water Fantasy atau yang lebih sering disebut JWF adalah wahana permainan air yang sangat lengkap dan digemari oleh keluarga. Di JWF kamu akan mendapati 37 wahan air. Terlengkap di Jawa Tengah. Jadi kamu diwajibkan datang kesini jika berkunjung ke Kabupaten Rembang atau Pati.

13. Embung Lodan

Alamat: Lodan Kulon, Kec. Sarang, Kabupaten Rembang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Telepon:
0857 4080 0462

Embung Lodan (foto: rembang.info)

Panomara indah akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke Embung Lodan di Kecamatan Sarang. Embung Lodan adalah sebuah bendungan terbesar di Kabupaten Rembang dan mempunyai sumber mata air dengan kualitas terbaik. Di sekeliling Embung Lodan adalah pegunungan dan hutan yang sangat asri. Mungkin itu salah satu yang membuat hawa di Embung Lodan begitu sejuk dan dingin.

Selain memiliki pemandangan dan suasana nyaman, Embung Lodan dimanfaatkan sebagai penyedia air bersih bagi masyarakat setempat.

14. Bumi Perkemahan Karangsari Park

Alamat: Desa Sulang, Kecamatan Seren
Koordinat: 
Klik Disini

Bumi Perkemahan Karangsari Park (foto: caffedesa.blogspot.com)

Memiliki luas lahan seluas sekitar 20 hektar membuat Bumi Perkemahan yang ada di Desa Karangsari ini jadi tempat favorit untuk berkemah. Selalu ramai pengunjung bahkan tak hanya di hari libur, di hari-hari biasa banyak sekali yang datang. Selain itu, banyak sekali fasilitas yang tersedia seperti Café, Mushola, Toilet bersih dan lainnya.

Tak hanya para komunitas pramuka saja yang datang melakukan perkemahan disini. Pengunjung pribadi pun juga sering datang.

15. Puncak Argopuro

Alamat: Desa Rakitan, Kecamatan Sluke
Koordinat: 
Klik Disini

Puncak Argopuro (foto: rembangfokus.blogspot.com)

Bagi kamu pecinta alam dan suka wisata yang menantang, mendaki adalah pilihan yang tepat. Di Kabupaten Rembang ada sebuah destinasi wisata yang wajib kamu datangi yaitu Puncak Argopuro Gunung Gede.puncak ini memiliki ketinggian sekitar 806 mdpl. Pada saat liburan datang, puncak Argopuro selalu ramai.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Kolam Renang Marina Semarang 2017 + Buka Jam Berapa

Di puncak kamu bisa merasakan pemandangan keindahan yang sangat luar biasa. Banyak sekali yang mendirikan tenda dan bermalam disini. Kamu bisa melihat kota Rembang di malam hari saat di puncak.

16. Situs Sejarah Kota

Alamat: Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Situs Sejarah Kota (foto: rembanghitscomunity.blogspot.com)

Di Kabupaten Rembang terdapat sebuah kecamatan yang memiliki banyak sekali cerita sejarahnya. Salah sah satunya di kecamatan Lasem. Di tempat ini banyak sekali di huni oleh etnis tionghoa dan arab. Tentu saja kedua etnis ini memiliki perbedaan kebudayaan. Sehingga menyebabkan masing-masing etnis meninggalkan budaya seperti bangunan rumah dan benda-benda bersejarah. Di kecamatan Lasem sendiri mempunyai kurang lebih 400 situs sejarah. Jadi jika kamu penasaran dengan sejarah yang dimiliki oleh Lasem, harus menyempatkan datang.

17. Taman Wisata Sumber Semen

Alamat: Desa Jinanten, Kecamatan Sale
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 2.000 / orang
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB

Taman Wisata Sumber Semen (foto: triptrus.com)

Taman Wisata Sumber Semen merupakan obyek wisata yang digemari keluarga di Rembang. Tak hanya anak-anak yang ramai datang kemari, banyak sekali orang dewasa yang datang untuk mandi dan berenang di kawasan sumber mata air ini. Meski kondisi pemandian dinilai kurang terawat tak jarang pengunjung masih menyempatkan datang untuk merasakan segarkan air langsung dari mata air.

18. Pantai Binangun Indah

Alamat: Desa Binangun, Kecamatan Lasem
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis

Pantai Binangun Indah (foto: rembangfokus.blogspot.com)

Pantai Binangun Indah tergolong destinasi wisata terbaru di Kabupaten Rembang. Pasalnya sampai saat ini pemerintah setempat masih melakukakn beberapa pengembangan di area pantai. Seperti bidangunnya Rest Stop Area yang terletak di depan hotel disekitar Pantai. Keunikan lain dari pantai ini adalah memiliki panorama yang indah dan kamu bisa melihat dari atas bukit Petilasan Sunan Bonang. Karena pantai ini masih menadi satu kawasan dengan makan Sunan Bonang.

19. Pantai Jatisari

Alamat: Desa Jatisari, Kecamatan Sluke
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
08.00 – 18.00 WIB

Pantai Jatisari (foto: rembangfokus.blogspot.com)

Pantai Jatisari berada di kawasan jalur pantura atau pantai utara di pulau Jawa. Letaknya sangat dekat dengan kota, sekitar 30 menit waktu yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tiket masuk untuk pantai ini, hanya dibebankan untuk membayar karsis parkir saja. Pantai Jatisari memiliki spot pemandangan yang indah, serta beberapa fasilitas yang dimiliki membuat pengunjung merasa senang dan nyaman.

20. Wana Wisata Kartini Mantingan

Alamat: Jl. Rembang – Blora, Mantingan, Bulu
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 5.000 / orang
Jam Operasional:
10.00 – 17.00 WIB

Wana Wisata Kartini Mantingan (foto: tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Wana Wisata Kartini Mantingan adalah tempat wisata favorit bagi keluarga, mengapa tidak, tempat ini selalu ramai saat lebaran dan hari libur sekolah tiba. Lokasi Wana Wisata Kartini ini berada di Jalan Rembang Blora, dekat sekali dengan pusat kota sehingga mudah dijangkau dan ditemukan.

Banyak sekali wahana yang disediakan disini, seperti papan seluncuran yang menjadi favorit anak-anak. meski dirasa cukup tinggi, papan seluncuran ini masih terbilang aman.

One thought on “20 Obyek Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah: Pantai, Air Terjun, Hutan Mangrove Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *